INFO 23 PEBRUARI 2010 UPAYA PENINGKATAN KAPABILATAS DAN PROFESIONAL MAHASISWA DALAM PENELITIAN ILMIAH KOMPETENSI ILMU ADMINISTRASI

NEGARA

1. Apa yang menarik / latar belakang saudara meneliti seperti pada skripsi saudara ?
2. Penelitian itu berangkat dari masalah ? 3. Bagaimana saudara menemukan masalah ini ? 4. Masalah dr 2 sumber: Pure Research / Applied Research ? 5. Apakah masalah yang saudara teliti ini pernah diteliti orang lain ? 6. Originalitas research ?

7. Apa jaminan bahwa penelitian saudara ini bukan duplikasi / plagiat ?
8. Formalitas surat keterangan bermaterai 6000 rupiah ! 9. Apa sebenarnya latar belakang yang terjadi pada masalah tersebut ? 10. 11. Ada berapa masalah, sebutkan ? Mengikuti variabel ? Dari masalah tersebut bagaimana Judulnya judul yang saudara buat? Apa konsekwensi judul tersebut ? Ada di kata depan, terukur / statistik, tdk terukur / deskriptif ? Apa latar belakang saudara memilih masalah atau menentukan judul penelitian ? Bagaimana saudara merumuskan masalahnya ? KATA KUNCI 5 W + 1 H, BAGAIMANA DST ! Apa konsekwensi rumusan masalah tersebut ? Terjawab dalam kesimpulan ! Bagaimana rumus menyusun masalah ? Masuk kompetensi apa penelitian saudara ini ? Kebijakan publik, kepemimpinan dst; Apa hubungan dengan program studi Ilmu Administrasi Negara ? Apa tujuan penelitian saudara ? Dapat diketahui dari kata depan judul, terukur / tdk ! Berapa tujuan penelitian saudara ? Terjawab di kesimpulan ? Apa akibat dari tujuan tersebut ? Saya hrs membuktikannya ! Bagaimana caranya ! melalui penelitian / research ! Tunjukkan hasilnya di mana ? misalkan pd tabel no 1, primer / sekunder ! Bagaimana hubungan dengan perumusan masalah ? Hubungan nampak pada variabel ! Apa manfaat penelitian saudara ? dalam karya ilmiah, ciri terakhir bermanfaat bagi manusia ! Mana yang kamu sebut manfaat itu ? tunjukkan ! Kesimpulan dpt mendeskripsikan .....%......ttg apa ? Untuk apa itu ! Saudara menggunakan Kerangka Dasar Teori atau Tinjauan Pustaka ? Ya ! dg KDT / TP, sbg alat bantu menjawab masalah ! Teori, akan Variabel, dan menjadi Indikator, menjadi Instrument Penellitian !

12.
13. 14. 15. 16.

17.
18. 19. 20. 21. 22. 23. 24. 25. 26. 27. 28. 29. 30.

31.
32.

33.
34. 35. 36. 37. 38. 39. 40. 41. 42.

73. 45. 66. 60. 61. Apa maksudnya ? Untuk apa ? Sebutkan Kerangka Dasar Teori / Tinjauan Pustaka yang Saudara Gunakan ? Halaman berapa ? Bagaimana Bunyinya ? Milik siapa ? Dari mana sumbernya ? Buku Apa ? dari lain ? Apa alasan saudara menggunbakan teori tersebut ? Subyektif / Obyektif. 50. 79. Judul penelitian ? b. 69. 64. 67. 59. 58. 52. 72. jelaskan apa maksudnya ? Apa arti populasi ? Definisi ! Mengapa disebut populasi ? Apa ciri / karakter populasi ? 46. 65. 78. Interpretasi data f. 74. 44. 54. 76. Masalah penelitian ? c. Analisis Data ? e. karakter apa yang nampak pada : a. . 53. 51. Dan kesimpulan serta saran ? Saudara faham dengan Variabel ? Apa arti dan kegunaannya ? Mengapa disebut variabel Pengaruh / Dependent / Variabel Bebas / X ? Mengapa yang lain disebut variabel Terpengaruh / Independent / Variabel Terikat ? / Y? Bagaimana hubungan dari keduanya ? Dari kata yg sdr gunakan dalam judul ! Apa yang akan dicari dari hubungan tersebut ? Dapat saudara tunjukkan hubungan antar variabelnya ? Apa hubungan antara variabel dengan kesimpulan ? Terjawab pd kesimpulan terakhir ! Seperti yang ditulis pada skripsi saudara apa arti indikator itu ? Darimana diperoleh indikator itu ? Apa kegunaan indikator ? Indikator dapat dipecah menjadi sub indikator atau data. 68. 57.43. 55. kualitatif dan kuantitatif. 49. 47. 48. 56. 62. 80. Penyajian data ? d. 77. berlapis berulang ! Ciri yang menonjol menggunakan Kerangka Dasar Teori itu apa? tidak hrs nampak penelitian pendahuluan ! Ciri pokok pada Tinjauan Pustaka itu apa ? Apakah saudara menggunakan Hipotesis ? Kalau ya apa alasannya ? Kalau tidak apa sebabnya ? Apa gunanya hipotesis ? Bagaimana rumus hipotesis itu ? Masuk jenis penelitian apa. 75. 70. penelitian saudara ini ? Apa arti jenis penelitian tersebut ? Bagaimana hubungan antara jenis dengan teknik yang lain ? Bila saudara mengambil deskriptif. 71. 63.

119. 90. 112. 89. . 104. tujuan dan manfaat penelitian penyajian data ? Rumus apa yang digunakan untuk mengintepretasikan data ? Interval / skala likert ! Apa makna langsung interpretasi data ? Tunjukkan hubungan antara interpretasi data dengan kesimpulan ? Mengapa itu disebut interpretasi data ? Dasar apakah disusunnya kesimpulan dan saran ? dengan 92. 87. 82. 114. 118. dokumentasi apa keuntungan dan kelebihannya ? Karakter pokok apa yang terdapat pada observasi. 93. 101. 99. intervew. 111. 83. kuesioner. 113. 109. kuesioner. 85. 94. 117.81. 107. 97. 98. 110. dan ternyata ada responden yang tidak bersedia menjawab kuesioner saudara apa yang saudara lakukan ? Bagaimana cara saudara mengukur Variabel dan Indikator saudara Valid dan Representatif ? Penyajian. diwakili ! Bagaimana sifat populasi penelitian saudara ? Homogin / hiterogin ! Apakah penelitian saudara penelitian populasi ? Mengapa dapat disebut penelitian populasi ? Apa itu sampel ? Mengapa disebut sampel ? Karena bagian dr keseluruhan ! Saudara menggunakan sampel dalam penelitian ini ? Teknik sampel apa yang dipergunakan ? Apa alasan / keuntungan menggunakan teknik tersebut ? Dengan teknik tsb responden tdk hrs banyak krn sampel sudah memenuhi karakter yg Apakah dapat dikatakan bahwa penelitian saudara penelitian sampel? Berapa jumlah sampelnya ? Yakinkah bahwa sampel tersebut benar-benar mewakili populasi ? Sumber data penelitian ada berapa dan apa artinya ? Mengapa dinamakan data primer dan data sekunder dan apa maknanya ? Tunjukkan mana yang dimaksud data primer dan data sekunder. 116. 84. 96. intervew dan dokumentasi? Mengapa anda menggunakan kuesioner ? Mewakili peneliti dengan karakter khusus ! Bila saudara mengambil data dengan teknik Kuesioner. 88. pada halaman berapa ? Instrumen penelitian yang digunakan berapa macam dan apa saja ? Apa maksud digunakan observasi. 105. 103. 100. analisis dan interpretasi data yang digunakan modelnya apa ? Tunjukkan pada halaman berapa yang saudara maksud data primer? Dan bagaimana data tersebut bisa terjadi atau saudara tampilkan ? Tunjukkan mana yang dimaksud analisis data ? Mengapa itu disebut analisis data ? Apa alasan menggunakan model tersebut ? Tunjukkan pada halaman berapa ? Apa hubungan instrumen penelitian dengan penyajian data ? Apa hubungan antara rumusan masalah. 115. 102. 108. 91. 86. 95. 106.

benarkah ada manfaatnya ? 127. sebutkan ! 123. Tunjukkan bahwa saudara menghindari sikap subyektif pada penelitian ini ! d.? 128. dan mana data nya ?.. Bagaimana bila ada yang mengatakan bahwa penelitian saudara tidak general tetapi studi kasus ? e. Apa ciri yang menonjol pada daftar pustaka ? Apa hubungan antara daftar pustaka dengan footnote / kutipan? Tunjukkan pada halaman berapa ? Hasil akhir / karya besar apa yang saudara dapat dari penelitian ini. Apa hubungan rumusan masalah dengan kesimpulan ? Apa hubungan data sekunder dengan kesimpulan ? Apa hubungan manfaat penelitian dengan kesimpulan dan saran ? Karakter apa yang terdapat pada saran ? Apakah kesimpulan saudara menjawab perumusan masalah ? Tunjukkan pada kuesioner no .. Prediktif. 122. 126.. 129.. Dapatkan saudara tunjukkan dimana letak generalnya pada penelitian saudara ? ii. apa masud dan tunjukkan pada skripsi saudara ? g. Apa bukti ilmiahnya ? c. mana bukti dalam penelitian saudara ? h. 121. Dapatkah penelitian bila tidak memperhatikan masalah ini ? f. 132. Ada masalah ? apakah benar yang saudara teliti ini memang bermasalah ? b... Pada halaman berapa apa hubugannya dengan interpretasi data ? iii. PRODI ILMU ADMINITRASINEGARA BERTUGAS MENCETAK PEMIMPIN MASA DEPAN DENGAN KEMAMPUAN OPTIMAL DALAM MENGAMBIL KEPUTUSAN PADA ORGANISASI PUBLIK DAN MENEMPATKAN PELAYANAN PUBLIK / PRIMA KERAKYATAN MENINGGALKAN AROGANSI DAN PATOLOGI ORGANISASI/ADMINISTRASI BERBASIS RESEARCH ... 124. i... Ciri penelitian saudara dapat dikatakan ilmiah antara lain: a.... tunjukkan ? Hasil akhir berupa Konsep. Sebutkan urutan-urutas sistemtisnya ? ii.. Pada waktu menyusun instrumen.. Verivikatif. apa dan mana tunjukkan generalisasinya ! i. Ilmiahkah metode yang saudara gunakan ? ii. Teori. Sistematis jelaskan secara metodologis ! i. Obyektif.... 131.120. 130. menyajikan data dll tunjukkan obyektifitasnya ? ii.. General....... Bermanfaat bagi manusia.. mana tunjukkan obyektivitas saudara dalam meneliti? i...... Memiliki metode untuk memecahkannya. Bagan yang akan dipasang di Lab IAN – OTODA ! . 125.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful