Menu

Definisi

Morfem

Morf & Alomorf

Prinsip-Prinsip

Klasifikasi

Kata

Rujukan

semutkesemutan@gmail.com

Selamat Datang!
Terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan. Laman ini didukung sepenuhnya oleh 1. susandi.wordpress.com dari Susandi, S.Pd. 2. endonesa.wordpress.com dari Didin Widyartono, S.S, S.Pd. 3. umiyulianti.wordpress.com dari Tutut Umi Yulianti, S.Pd.

MAAF, LAMAN INI HANYA UNTUK DEWASA. Jika Anda berusia lebih dari 18 tahun, klik untuk masuk laman ini.

Menu

Definisi

Morfem

Morf & Alomorf

Prinsip-Prinsip

Klasifikasi

Kata

Rujukan

semutkesemutan@gmail.com

A. Dasar-dasar Morfologi
1. 2. Definisi Morfem
A. B. C. D.

Pengertian Morfem Morf dan Alomorf Prinsip-prinsip Pengenalan Morfem Klasifikasi Morfem 
    

Morfem Bebas dan Terikat Morfem Segmental dan Suprasegmental Morfem Bermakna Leksikal dan Tak Bermakna Leksikal Morfem Utuh dan Terbelah Morfem Monofonemis dan Polifornemis Morfem Aditif, Replasif, dan Substraktif

Morfologi Lanjut B. Proses Morfemis Segmental: Afiksasi dan Klitisisasi C. Berbagai Jenis Fleksi D. Derivasi, Reduplikasi, Komposisi

3.

Kata

+do berhak dan undo > polimorfemis ber. ‡ Contoh: ± berhak = ber. yaitu ± morphe > bentuk ± logos > ilmu ‡ Morfologi adalah cabang linguistik yang mengidentifikasi satuansatuan dasar bahasa sebagai satuan gramatikal.com Definisi ‡ Berasal dari morphologie (Yunani).dan un.+ hak ± undo = un.Menu Definisi Morfem Morf & Alomorf Prinsip-Prinsip Klasifikasi Kata Rujukan semutkesemutan@gmail.> monomorfemis (Verhaar. 2008) .

(Bloomfield.) ± unsur terkecil dari pembentukan kata dan disesuaikan dengan aturan suatu bahasa. baik makna leksikal maupun makna gramatikal. 1974) ± unsur-unsur terkecil yang memiliki makna dalam tutur suatu bahasa (Hookett dalam Sutawijaya. baik bunyi maupun maknanya. dkk. Jadi.com Morfem Definisi ± suatu bentuk bahasa yang tidak mengandung bagian-bagian yang mirip dengan bentuk lain. .Menu Definisi Morfem Morf & Alomorf Prinsip-Prinsip Klasifikasi Kata Rujukan semutkesemutan@gmail. morfem adalah satuan gramatik yang terkecil yang mempunyai makna.

com Morfem Contoh: memperbesar = mem. per-.Menu Definisi Morfem Morf & Alomorf Prinsip-Prinsip Klasifikasi Kata Rujukan semutkesemutan@gmail. dan besar > morfem Analisis: besar > 1 morfem bebas mem-.> 2 morfem terikat .perbesar per-besar be-sar > tidak bermakna mem-. per.

Menu Definisi Morfem Morf & Alomorf Prinsip-Prinsip Klasifikasi Kata Rujukan semutkesemutan@gmail.com Morf dan Alomorf ‡ Definisi ± dua buah nama untuk untuk sebuah bentuk yang sama. atau enam buah Contoh . entah satu. setiap morfem tentu mempunyai almorf. Jadi. [bx]. [bxl] adalah alomorf dari morfem ber-) ± > anggota satu morfem yang wujudnya berbeda. dua. fungsi dan makna sama ± > perwujudan konkret (di dalam penuturan) dari sebuah morfem. ‡ Morf: nama untuk sebuah bentuk yang belum diketahui statusnya /distribusinya (misal: {i} pada kenai) ‡ Alomorf : nama untuk bentuk tersebut kalau sudah diketahui statusnya (misal [bxr].

/r/ = memeN.+ /l/ .+ ekasuku = menge- .com Contoh Morfem me-N : me-.+ /b/ . meny-. men-. /k/ = mengmeN.Menu Definisi Morfem Morf & Alomorf Prinsip-Prinsip Klasifikasi Kata Rujukan semutkesemutan@gmail.+ /s/ = menymeN. meng-. mem-. /p/ = memmeN.+ /g/ .+ /d/ . /t/ = menmeN. mengemeN.

kedengaran > struktur fonologis sama + makna beda = > satu morfem karena makna gramatikalnya berbeda .com Prinsip-prinsip Pengenalan Morfem (Ramlan. 1980) ‡ Prinsip Pertama: bentuk-bentuk yang mempunyai struktur fonologis dan arti/makna yang sama merupakan satu morfem ‡ Contoh: baca : membaca. membacakan > struktur fonologis sama + makna sama = satu morfem ke-an : kemanusiaan.Menu Definisi Morfem Morf & Alomorf Prinsip-Prinsip Klasifikasi Kata Rujukan semutkesemutan@gmail. kecepatan. bacaan. kedutaan. pembaca.

+ tarik = menarik meN.+ goyang = menggoyang meN.+ bor = mengebor .Menu Definisi Morfem Morf & Alomorf Prinsip-Prinsip Klasifikasi Kata Rujukan semutkesemutan@gmail.com Prinsip-prinsip Pengenalan Morfem (Ramlan.+ bawa = membawa meN. 1980) ‡ Prinsip Kedua: bentuk-bentuk yang mempunyai struktur fonologis berbeda merupakan satu morfem jika bentuk-bentuk itu memiliki arti sama dan perbedaan struktur fonologisnya dapat dijelaskan secara fonologi. ‡ Contoh: meN.+ sisir = menyisir meN.+ lembar = melempar meN.

beserta Kedudukan afiks ber. ‡ Contoh: ber ± : berkarya.yang tidak dapat bertukar tempat > distribusi kompelementer . beteriak. belunjur ber ± : bekerja. 1980) ‡ Prinsip Ketiga: bentuk-bentuk yang memiliki struktur fonologis yang berbeda. bercabang bel ± : belajar.com Prinsip-prinsip Pengenalan Morfem (Ramlan. dan mempunyai distribusi yang komplementer.Menu Definisi Morfem Morf & Alomorf Prinsip-Prinsip Klasifikasi Kata Rujukan semutkesemutan@gmail. bertani. masih dapat dianggap sebagai satu morfem apabila mempunyai makna yang sama. sekalipun perbedaannya tidak dapat dijelaskan secara fonologis.

Nenek menulis surat cinta > meNc.Menu Definisi Morfem Morf & Alomorf Prinsip-Prinsip Klasifikasi Kata Rujukan semutkesemutan@gmail.com Prinsip-prinsip Pengenalan Morfem (Ramlan. ‡ P verba aktif transitif b. Kakek membeli ganja. Jordan makan pecel. suatu bentuk berpararel dengan suatu kekosongan. ‡ struktur SPO d. Kakek membaca majalah Playboy. 1980) ‡ Prinsip Keempat: apabila dalam deretan struktur. ‡ P verba aktif transitif > e. maka kekosongan itu merupakan morfem. ‡ Contoh: ‡ struktur SPO a. Kakek minum susu. yang disebut morfem zero. kosong > MORFEM ZERO .

Buku itu sangat mahal. Toni membaca buku. makna buku sama > morfem sama b. Apabila bentuk yang mempunyai struktur fonologis yang sama itu berbeda maknanya. Toni membeli buku. a.Menu Definisi Morfem Morf & Alomorf Prinsip-Prinsip Klasifikasi Kata Rujukan semutkesemutan@gmail. maka tentu saja merupakan fonem yang berbeda. makna buku tidak sama > morfem berbeda . Toni makan buku tebu. 1980) ‡ Prinsip Kelima: bentuk-bentuk yang mempunyai struktur fonologis yang sama mungkin merupakan satu morfem.com Prinsip-prinsip Pengenalan Morfem (Ramlan. mungkin pula merupakan morfem yang berbeda.

ter.+ lari = berlari. adalah morfem. dan tinggi adalah morfem.com Prinsip-prinsip Pengenalan Morfem (Ramlan. Contoh ber. 1980) ‡ Prinsip Keenam: setiap bentuk yang tidak dapat dipisahkan merupakan morfem. ter.+ tinggi = tertinggi > tidak dapat dipisahkan lagi atas satuan-satuan yang lebih kecil > ber-.Menu Definisi Morfem Morf & Alomorf Prinsip-Prinsip Klasifikasi Kata Rujukan semutkesemutan@gmail. lari. ‡ Ini berarti bahwa setiap satuan gramatik yang tidak dapat dipisahkan lagi atas satuan-satuan gramatik yang lebih kecil. .

-kan.Menu Definisi Morfem Morf & Alomorf Prinsip-Prinsip Klasifikasi Kata Rujukan semutkesemutan@gmail. buku > morfem bebas ± ber-. pra. Morfem Segmental dan Suprasegmental ± Morfem segmental adalah morfem yang terjadi dari fonem atau susunan fonem segmental.com Klasifikasi Morfem 1. Contoh: morfem {rumah} berupa fonem [rumah] ± Morfem suprasegmental adalah morfem yang terjadi dari fonem suprasegmental Contoh: bapak wartawan bapak//wartawan ibu guru ibu//guru .> morfem terikat 2. Morfem Bebas dan Terikat ± saya. me-.

dan {se-} Morfem-morfem ini bermakna jika berada dalam pemakaian. Contoh : {ber-}. . Leksem: bahan dasar yang setelah mengalami pengolahan gramatikal menjadi kata ke dalam subsistem gramatika. {ter-}. berarti µtempat belajar¶. Contoh: {bersepatu} berarti µmemakai sepatu¶. Contoh: morfem {sekolah}.Menu Definisi Morfem Morf & Alomorf Prinsip-Prinsip Klasifikasi Kata Rujukan semutkesemutan@gmail. ‡ Morfem yang tak bermakna leksikal berupa morfem imbuhan.com Klasifikasi Morfem 3. Morfem Bermakna Leksikal dan Tak Bermakna Leksikal ‡ Morfem yang bermakna leksikal > satuan dasar bagi terbentuknya kata > merupakan leksem.

com Klasifikasi Morfem 4. {-er-}. {-in-}. {ber-an}. {-el-}. morfem-morfem itu terbelah oleh morfem yang lain. Morfem Utuh dan Terbelah ‡ Morfem utuh > morfem-morfem yang unsur-unsurnya bersambungan secara langsung.Menu Definisi Morfem Morf & Alomorf Prinsip-Prinsip Klasifikasi Kata Rujukan semutkesemutan@gmail. {-em-} . {tidur}. dan {pergi}. ‡ Morfem terbelah > morfem-morfem yang tidak tergantung menjadi satu keutuhan. Contoh: {makan}. Contoh : {ke-an}.

tiga. Contoh: morfem {un-} berarti µtidak¶ (Inggris) morfem {se-} berarti µsatu.com Klasifikasi Morfem 5.Menu Definisi Morfem Morf & Alomorf Prinsip-Prinsip Klasifikasi Kata Rujukan semutkesemutan@gmail. sama¶ (Indonesia) . Morfem Monofonemis dan Polifonemis ‡ Morfem Monofonemis > morfem yang terdiri dari satu fonem. Contoh: morfem {-i} pada kata datangi (Indonesia) morfem{a} pada kata asystematic (Inggris) ‡ Morfem Polifonemis > morfem yang terdiri dari dua. dan empat fonem.

Replasif. dan Substraktif ‡ Morfem Aditif: morfem yang ditambah atau ditambahkan. berbaju (Indonesia).com Klasifikasi Morfem 6. Morfem Aditif. houses (Inggris) ‡ Morfem Replasif: morfem yang bersifat penggantian Contoh: terdapat morfem penggantian yang menandai jamak. . childhood.Menu Definisi Morfem Morf & Alomorf Prinsip-Prinsip Klasifikasi Kata Rujukan semutkesemutan@gmail.morfem {un-} berarti µtidak¶ (Inggris) ‡ Morfem Substraktif : morfem yang alomorfnya terbentuk dari hasil pengurangan terhadap unsur (fonem) yang terdapat morf yang lain. {fut} {fi:t}. Contoh: mengaji. Biasanya terdapat dalam bahasa Perancis.

Kata-kata yang terbentuk dari gabungan huruf atau morfem baru kita akui sebagai kata bila bentuk itu sudah mempunyai makna. . kata adalah satuan terkecil sebagai bentuk bebas dan bermakna.com Kata ‡ satuan terkecil dari kalimat yang dapat berdiri sendiri dan mempunyai makna. (Lahmudin Finoza).Menu Definisi Morfem Morf & Alomorf Prinsip-Prinsip Klasifikasi Kata Rujukan semutkesemutan@gmail. (Kridalaksana). Jadi. ‡ morfem atau kombinasi morfem yang oleh bahasawan dianggap sebagai satuan terkecil yang dapat diujarkan sebagai bentuk yang bebas.

sepeda . ambil.com Kata Contoh: mobil. kata yang bermofem tunggal > kata dasar > kata yang tidak berimbuhan > dikembangkan menjadi kata turunan/berimbuahn 2.Menu Definisi Morfem Morf & Alomorf Prinsip-Prinsip Klasifikasi Kata Rujukan semutkesemutan@gmail. kuliah. rumah. libma. ninggib. haklab Keempat kata di atas > bukan kata > tidak bermakna Macam kata: 1. Keenam kata di atas > kata > mempunyai makna Bandingkan: adepes. kata yang bermorfem banyak > kata berimbuhan . dingin.

pengedaran. :pembuatan. juga mengubah makna. sapu penyapu penyapuan persapuan menyapu sapuan ‡ Terlihat perubahan kata dasar > kata turunan ‡ Selain mengubah bentuk. : buatan. edaran. ‡ Perubahan makna > perubahan jenis atau kelas kata. : perbuatan. . edar. pengedar. : pembuat.com Kata Kata Dasar Pelaku Proses Hal/tempat Perbuatan Hasil : buat. peredaran.Menu Definisi Morfem Morf & Alomorf Prinsip-Prinsip Klasifikasi Kata Rujukan semutkesemutan@gmail. mengedar. : membuat.

kiranya tidak pernah mempunyai kesamaan pendapat mengenai konsep apa yang di sebut dengan kata itu. pengajaran. terjar.com HAKIKAT KATA Para linguis yang sehari-hari bergelut dengan kata ini. misalnya: mengajar. pengajar. di ajar. melainkan varian dari sebuah kata yang sama. Satu masalah lagi mengenai kata ini adalah mengenai kata sebagai satuan gramatikal. . Menurut verhaar (1978) bentuk-bentuk kata bahasa Indonesia. dan ajarlah adalah lima kata yang berlainan.Menu Definisi Morfem Morf & Alomorf Prinsip-Prinsip Klasifikasi Kata Rujukan semutkesemutan@gmail. Tetapi bentuk-bentuk. mengajar. kauajar. dan ajarlah bukanlah lima buah kata yang berbeda. hingga dewasa ini.

terutama dalam bahasa indonesia. Dari pembicaraan kelas kata ini. bisa dikatakan penentuan kata-kata berdasarkan kelas atau galongan memang perlu dilakukan. karena. dicari yang betul-betul memang bisa mengungkapkan ciri yang paling hakiki dari setiap kelas kata . Hal ini terjadi.com KLASIFIKASI KATA Klasifikasi kata ini dalam sebuah linguistik selalu menjadi salah satu topik yang tidak pernah terlewatkan.Menu Definisi Morfem Morf & Alomorf Prinsip-Prinsip Klasifikasi Kata Rujukan semutkesemutan@gmail. dan kedua. sejak zaman aristoteles hingga kini. karena kriteria yang digunakan untuk membuat klasifikasi kata itu bisa bermacam-macam. persoalannya tidak pernah tertuntaskan. kiranya patokan atau kriterianya itu yang perlu dipikirkan kembali. Klasifikasi atau penggolongan kata itu memang perlu. maupun secara praktis dalam beratih keterampilan berbahasa. Besar manfaatnya bak secara teoretis dalam studi semantik. Namun. kalau sampai kini banyak menimbulkan persoalan. pertama setiap bahasa mempunyai cirinya masng-masing.termasuk juga dalam kajian linguistik Indonesia.

bahasa latin. dari kata air yang berkelas nomina dibentuk menjadi mengairi yang berkelas verba: dari kata makan yang berkelas verba dibentuk kata makanan yang berkelas nomina. INFLEKTIF Kata-kata dalam bahasa-bahasa berfleksi.Menu Definisi Morfem Morf & Alomorf Prinsip-Prinsip Klasifikasi Kata Rujukan semutkesemutan@gmail. kata yang identitas leksikalnya tidak sama dengan kata dasarnya. 2. yaitu membentuk kata-kata yang inflektif. seprti bahasa arab. 1. contoh dalam bahasa indonesia dapat diberikan. misalnya. untuk dapat digunakan di dalam kalimat harus disesuaikan dulu bentuknya dengan kategori-kategori gramatikal yang berlaku dalam bahasa itu.com PEMBENTUKAN KATA Pembentukan kata ini mempunyai dua sifat. DERIFATIF Pembentukan kata secara derivatif adalah membentuk kata baru. Apa yang dimaksud dengan inflektif dan derivatif akan dibicarakan berikut ini. dan kedua yang bersifat derivatif. . bahasa sansekerta.

(2) afiks. Afiks adalah sebuah bentuk. Bentuk dasar atau dasar adalah bentuk terkecil yang tidak dapat disegmentasikan lagi.Menu Definisi Morfem Morf & Alomorf Prinsip-Prinsip Klasifikasi Kata Rujukan semutkesemutan@gmail.com PROSES MORFEMIS Berikut ini akan dibicarakan proses-proses morfemis yang berkenaan dengan afiksasi. AFIKSASI Afiksasi adalah proses pembubuhan afiks pada sebuah dasar atau bentuk dasar. 2. 1. . ruduplikasi. yang diimbuhkan pada sebuah dasar dalam proses pembentukan kata. biasanya berupa morfem terikat. kiranya perlu jua dibicarakan produktifitas proses-proses morfemis itu. komposisi dan juga tentang konversi dan modifikasi intem. 1. (1) asar atau bentuk dasar. Dalam proses ini terlibat unsur-unsur.

maupun dengan perubahan bunyi. REDUPLIKASI Reduplikasi dalah proses morfemis yang mengulang bentuk dasar. MODIFIKASI INTENAL. sehingga terbentuk sebuah kontruksi yang memiliki identitas leksikal yang berbeda. dan SUPLESI Konversi adalah proses pembentukan kata dari sebuah kata menjadi kata lain tanpa perubahan unsur segmental. secara sebagian (parsial).com 2. 4. KOMPOSISI Komposisi adalah hasil dan proses penggabungan morfem dasar dangan morfem dasar. 3. KONVERSI. atau yang baru. baik yang bebas maupun yang terikat.Menu Definisi Morfem Morf & Alomorf Prinsip-Prinsip Klasifikasi Kata Rujukan semutkesemutan@gmail. baik secara keseluruhan. .

Boleh dikatakan bentuk dasar itu.Menu Definisi Morfem Morf & Alomorf Prinsip-Prinsip Klasifikasi Kata Rujukan semutkesemutan@gmail. . dalam proses suplesi perubahannya sangat ekstrem karena ciri-ciri bentuk dasar tidak atau hampir tidak tampak lagi. PEMENDEKAN Pemendekan adalah proses penanggalan bagian-bagian leksem atau gabungan leksem sehingga menjadi sebuah bentuk singkat.com Modifikasi internal (sering di sebut juga penambahan internal atau perubahan internal) adalah proses pembentukan kata dengan penambahan unsur-unsur (yang biasanya berupa vokal) ke dalam morfem yang berkerangka tetap (yang biasanya berupa konsonan). Suplesi. Dalam bahasa Indonesia pemendekan ini menjadi sangat produktif adalah karena bahasa indonesia sering kali tidak mempunyai kata untuk menyatakan suatu konsep yang agak pelik atau sangat pelik. tetapi maknanya tetap sama dengan makna bentuk utuhnya.

dan komposisi. Tidak adanya sebuah bentuk yang seharusnya ada di sebut Bloking. penutur suatu bahasa dapat membuat kata-kata baru dengan proses tersebut. Dalam bahasa Indonesia yang ada tanpaknya bukan kasus bloking. digunakan berulang-ulang yang secara relatif tak terbatas.Menu Definisi Morfem Morf & Alomorf Prinsip-Prinsip Klasifikasi Kata Rujukan semutkesemutan@gmail. terutama afiksasi. Proses derivasi besifat terbuka. artinya.ada kemungkinan menambah bentuk baru dengan proses tersebut.com PRODUKTIVITAS PROSES MORFEMIS Produktifitas proses morfemis adalah dapat tidaknya proses pembentukan kata itu. Artinya. kata yang identitas leksikalnya tidak sama dengan bentuk dasarnya. Lain halnya dengan derivasi. . tidak dapat dikatakan proses yang produktif.reduplikasi. melainkan ´persaingan´ antara kata derivatif dengan bentuk atau kontruksi frase yang menyatakan bentuk dasar dengan maknanya. karena tidak membentuk kata baru. Proses infektif atau paradigmatis. Dalam bahasa Indonesia kasus bloking tampaknya tidak sejalan dengan dalam bahasa Inggris.

Menu Definisi Morfem Morf & Alomorf Prinsip-Prinsip Klasifikasi Kata Rujukan semutkesemutan@gmail.com .