10 SIFAT Allah DALAM ASMAUL HUSNA

Artinya
1. Al Ghaffaar 2. Al Hakiim

:
Yang Memiliki Mutlak sifat Pengampun. Yang Memiliki Mutlak sifat Maka Bijaksana . Yang Memiliki Mutlak sifat Perkasa . Yang Memiliki Mutlak sifat Maha Membuat Perhitungan Yang Memiliki Mutlak sifat Maha Menyaksikan. Yang Memiliki Mutlak sifat Maha Menjaga. Yang Memiliki Mutlak sifat Maha Mengabulkan. Yang Memiliki Mutlak sifat Maha Penerima Tobat. Yang Memiliki Mutlak sifat Maha Berkecukupan. Yang Memiliki Mutlak sifat Maha Adil.

3. Al Jabbar 4. Al Hasiib 5. As Syahiid 6. Al Hafizh 7. 8. Al Mujiib At Tawwaab

9. Al Ghaniyy 10. Al `Adl

Contoh Perilakunya
1. Al Ghaffar :

:

Hanya Allah yang dapat mengampuni dosa-dosa hamba-Nya. Maghfirah (ampunan) Allah SWT selalu dilimpahkan kepada makhluknya yang mau mengakui kesalahan dan bertaubat.

2. Al Hakim

:

Kebijaksanaan Allah SWT tidak terbatas kepada bentuk ciptaannya saja, tetapi mencakup segala hal. Sebagai contoh, segala yang diperintahkan Allah SWT, baik yang mengandung ibadah maupun muamalah, selalu mengandung hikmah dan bila dikerjakan akan mendapat pahala. Sebaliknya, sesuatu yang dilarang ada hikmahnya dan bila di tinggalkan akan mendapat pahala.

3. Al Jabbar

:

Allah Maha perkasa dalam menciptakan sesuatu atau menghancurkan sesuatu juga berdasarkan kehendak-Nya. Sebagai contoh, seseorang bisa meninggal tanpa seorang pun dapat mencegahnya.

Oleh karena itu. 8. dan Allah pun sangatlah Allah akan selalu menjaga Bumi dan alam semesta ini dengan sebaik pintar dalam menjaga rahasia apapun. Al Mujib : Allah akan selalu mengabulkan semua permintaan kita. sebaliknya jika manusia mengingkari-Nya maka siksaan yang pedih akan diterimanya.Berbagai bencana alam yang kadang merenggut banyak nyawa juga sebagian bukti akan Maha Keperkasaan-Nya. 10. maka manusia mesti saling membantu dan saling melengkapi antara satu dengan yang lain. As Syahid : Allah selalu menyaksikan semua kegiatan dan semua perbuatan manusia didunia ini. baik adil kepada diri sendiri dengan memenuhi hak lahir dan batin diri kita. Jika perbuatan manusia baik. karena Allah maha mengetahui mana dan apa yang terbaik untuk kita. dan Allah tidak memiliki sedikit kekurangan apapun. 6. Perhitungan Allah SWT selalu tepat dalam memberi pahala kepada orang yang bebruat kebajikan dan siksa kepada orang yang ingkar kepadanya. tetapi tidak semua. Al Hafizh : baiknya. setiap manusia yang Dia ciptakan memiliki kelebihan dan kekurangan. Al Ghaniyu : Allah selalu berkecukupan dalam bidang apapun. 9. Keadilan Allah juga terbukti dalam memberikan balasan kepada perbuatan manusia. . Oleh karena itu. Bahkan keadilan juga menjadi modal utama untuk membangun bangsa yang berperadaban tinggi. sebelum melakukan tindakan. kita harus memperhiutngkan baik buruknya secara cermat. 7. Karena memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda-beda. Keadilan tersebut sangat sempurna tanpa ada cacat sekalipun. Balasan yang berlipat ganda akan diberikan Allah SWT kepada orang-orang yang bersyukur dan berbuat baik. kita juga mesti berupaya untuk adil dalam kehidupan ini. Jadi sekecil apapun perbuatan kita. maka Allah akan membalasinya dengan kenikmatan yang sempurna. dan berjanji tidak akan melakukan hal yang telah kita tobatkan. Dan Sebesar apapun tobatan kita. 5. pasti Allah menyaksikannya. At Tawwab : Allah akan mengampuni dosa dosa kita jika kita bertobat dengan hati yang Tulus. Allah akan selalu menerima tobat kita. maupun adil kepada orang lain. 4. Keadilan Allah itu diberikan kepada seluruh makhluk-Nya tanpa pilih kasih. Al Adl : Allah sangat adil dalam segala apa yang Dia lakukan. sebab Allah SWT akan menghitung semua amal kita di dunia ini. Perhatikalah. Al Hasib : Segala sesuatu yang diciptakan Allah SWT tentunya sudah diperhitungkan dengan cermat dan tepat.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful