P. 1
Bilyet Giro

Bilyet Giro

|Views: 6,586|Likes:
Published by Ahsin Fuadi

More info:

Published by: Ahsin Fuadi on Oct 19, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/30/2013

pdf

text

original

BAB I

PENDAHULUAN
Pada dasawarsa terakhir ini, terjadi perkembangan yang sangat pesat dalam dunia ekonomi, yang kemudian menjadi ekonomi yang global. Kemajuan ilmu pengetahuan dan tekologi juga berdampak luas, khususnya dalam bertransaksi guna memenuhi kebutuhan akan barang dan jasa. Keadaan ini menyebabkan banyaknya transaksi dan dekaligus interaksi yang dilakuka oleh masyarakat baik dengan cara yang sudah diatur dengan hukum dan perundangan, maupun yang belum diatur oleh perangkat hukum di Indonesia. Sebagai contoh, dengan munculnya berbagai alat dan sarana pembayaran yang memudahkan seseorang untuk bertransaksi tanpa harus membawa sejumlah uang, bahkan dengan teknologi internet yang maju, seseorang dapat mengadakan transaksi dengan rekanan bisnisnya tanpa harus bertemu secara langsung, atau cukup dengan perangkat elektronik saja. System pembayaran yang dulu harus menggunakan uang kartal, kini dapat menggunakan uang giral yang tentunya lebih mudah, praktis dan aman. Pembayaran dengan uang kartal ini dapat disebut dengan pembayaran dengan surat berharga. Surat berharga adalah surat yang diadakan oleh seseorang guna melaksanakan sebuah prestasi yang merupakan pembayaran dengan harga uang, namun diwakilkan dengan suatu surat berharga yang didalamnya mengandung perintah kepada pihak ke tiga atau pernyataan sanggup untuk membayarkan sejumlah uang kapada pemegang surat tersebut. Misal: pembayaran dengan menggunakan bilyet giro, cek, wesel, LC, dll Bilyet giro sendiri adalah surat perintah dari nasabah kepada bank penyimpan dana untuk memindahbukukan sejumlah dana dari rekening yang bersangkutan kepada rekening pemegang yang disebut namanya. Bilyet giro sendiri tidak diatur dalam KUHD, melainkan dalam SE BI no 28/332/UPG/1995.

Tak ada yang ganjil dalam perjalanan. 3. Akhirnya saya bersedia mengirim barang pada 2 hari setelah PO diterima yaitu tgl 23 Februari 2007. Dia tertarik terhadap barang yang saya pasang di internet dengan situs http://prima- consumable. Sehabis dari Masjid saya langsung menuju Toko Laris Jaya tersebut. Saya kurang tau alamat dari rukonya jadi saya minta di jemput di dekat kantor pemasaran. Pembayaran pun selesai saya segera pamit tanpa ada merasa yang aneh. kemudian mengantar saya ke rukonya. Yang menjemput saya adalah µseorang office boy suruhan¶. Berkali2 kali dia tanya tentang harga saya.3. 23 Februari 2007 Menggunakan mobil Taruna teman saya. Hingga akhirnya saya menerima Purchase Order (PO) pada tanggal 21 Februari 2007..co. Sekitar tanggal 20 Februari 2007 Ibu Sisca yang mengaku dari Laris Jaya ± Cibubur .suplier yang bergerak dalam usaha ATK &Seminar menelpon ke hp saya.id . Barang yang dia beli dari saya pun bernilai Rp.BAB II PERMASALAHAN Penipuan Transaksi menggunakan Bilyet Giro Author: Muhammad Dimas Sasongko (MDS) ± dimas@itnetcamp. Dan tertulis tanggal jatuh tempo pencairan Bilyet giro adalah tanggal 27 Februari 2007.indonetwork. Nego hargapun terjadi. Sebelumnya pun saya melakukan Sholat Jumat bersama teman2 di Masjid Kota Wisata.Pembayaran dilakukan oleh ibu Sisca dia menuliskan Bilyet Giro Permata Bank sebesar Rp.845.semoga menjadi pelajaran buat semuanya. Silakan baca dan ikuti .845. Lanjut ke pembayaran. Barang saya kirim hari jumat. Perjalananpun menuju alamat Komplek Maison Avenue Blok MA 89 ±Kota wisata cibubur.000 sesuai dengan transaksi. Barangpun diturunkan dari mobil 10 Kardus kertas Fax + 19 Box Karbon Fax . ²²²²²²²²²²²²²²²²²²²²²²²²²²²²²²²²²²²² Begini ceritanya. .com Date : 3 Maret 2007 Hati-hati menerima pembayaran dengan menggunakana Bilyet Giro.000 . Jangan sampai kejadian yang menimpa saya terulang kembali oleh anda.

Saya memilih bank Lippo ±Cabang Tommang Tol karena Bilyet giro tidak bisa dicairkan tunai melaikan harus di cairkan di rekening . Saya proses dan akhirnya saya menerima bukti pencairan.Kemudian keterangan saya korek juga dari Pengurus POS Keamanan Kota Wisata disitu saya mendapat informasi bahwa penipuan tersebut benar adanya dan pelakunya Adalah si setan Syamsir Darwis .Saya berkali2 telpon ke Toko tersebut dengan nomor 021-82482458 ternyata tidak diangkat. Satpam pun berbincang kepada saya. dimana sudah waktunya untuk mencairkan duitnya di bank. Alangkah kagetnya ketika tahu bahwa tidak ada duit masuk di rekening saya.5 Juta 2) Toko Kursi Lipat sebanyak 250 Kursi . Lansung dech pukul 10. Transaksi jutaan kini berupa kertas di tanggan saya.30 Saya pun meninggalkan Cibubur dengan hati yang sedikit tidak tenang.dan kata tellernya Bilyet Giro ini asli. Ternyata pelaku sudah kabur.Namun di ketika di mobil saya merasa aneh ± karena takut Bilyet Giro ini kertasnya palsu. Dia berkata bahwa penyewa ruko ini sudah kabur beserta isinya sekitar hari Minggu tanggal 25 Februari 2007. Saya mendatangi rukonya ternyata hanya ada ruko yang tertutup rapat dengan teralis. Jam sudah menunjukkan pukul 14. Mereka adalah kompolotan penipuan kelas kakap. Yang ada hanya duit gaji yang baru di transfer perusahaan tempat saya bekerja. Kemudian saya mengecek Ke Bank Permata Cabang Times Square Cibubur. Namun dia tidak menjelaskan ada atau tidak dananya. *** Tanggal sudah menunjukkan tanggal 27 Februari 2007 . Tanggal tak terasa sudah lewat 1 Hari yaitu 28 Februari 2007 dimana duit kata mbak2 teler bisa di ambil di ATM .YaAllah« Jantungku berdetak keras « seperti ada yang tidak beres. Gila« Gue ketipu. Tak cuman saya ternyata yang tertipu juga: 1) Pemilik Ruko Bpk. Dan ternyata aku menerima Penolakan Bilyet Giro dengan alasan Saldo dari pemilik bilyet giro tidak cukup . Tanggal 1 Maret 2007 aku kembali ke Bank Lippo menemui customer Service. istrinya Titin Darwis (alias bu sisca) dan 1 wanita mungkin namanya maryana.00 saya tancap gas ke Cibubur ± Berniat untuk mengejar pelaku.Bangun Sebesar Rp.

45.3) Toko komputer dan alat mesin hitung sebanyak Rp. Saya memberikan keterangan kepada pihak kepolisian dengan harapan pelaku dapat ditangkap. Di kantor polisi ini saya juga bertemu dengan Bpk. kertas fax.betapa sialnya dan Menderitanya saya.0187 Pelaku atas nama Syamsir Darwis beralamat di Teluk Gong Pejagalan ± Pejaringan .38 Juta 8) Pak Haji yang dibeli kiosnya di daerah cileungsi Rp.09. 100 Keturunan ibu mukannya akan hitam seperti hitamnya karbon fax yang anda curi dari saya. Dari Pos Keamanan saya bertolak ke Polsek Cileungsi .75 Juta 4) Penjual Beras sebanyak 1 truk seharga 40 Juta 5) Catering makanan selama komploton tersebut makan 6) Tukang Roti Bolu (tetangga rukonya) 7) Baju muslin (tetangga rukonya ) sebanyak Rp. bangku . Juta 9) Dll Saya bertemu dangan bapak Asfuri dan Unggar Di POS Keamanan Kota wisata ± sudah banyak laporan yang berkaitan dengan kejadian tersebut . Duch «. Kami bercerita satu sama lain . Kalo mo bertobat silakan hubungi saya di 02192630359 Untuk ²²²²Bu Titin Darwis : Semoga Perut Ibu mandul dengan usus ususnya yang dimakan belatung. Kejadian ini adalah benar adanya .75 Juta. Untuk²²²²-Bpk Syamsir Darwis : Semoga anda tidak dapat tidur tenang . saya temukan juga foto copy KTP No.5102. Madi ± dari toko komputer yang rugi Rp. membuat BAP ±yang kesemuanya memakan waktu 4 jam « gile « ada acara mati lampu juga lagi . memikirkan kekayaan anda yang banyak sekali .komputer . .10 ± dimulai dengan membuat laporan. Semoga Beras . roti.051167.baju muslim ±menjadi batu bara anda di Neraka nanti . Saya datang ke kantor polisi jam 12. saya hanya dapat µmendoakan¶ pelaku & kompolotannya yaitu Syamsir Darwis dan Titin Darwis agar sehat walafiat dan serba kecukupan dan cepat kaya.

Untuk ²²²²Asistennya Bu Gendut : Saya tau dari perut anda yang gendut tukang makan bolu «dan roti «.Hubungi kantor polisi jika terjadi hal hal yang mencurigakan . Tangan anda yang membuat bilyet giro untuk saya . BAB III PEMBAHASAN A. Pengalaman adalah pelajaran yang paling berharga. Pengertian .net atau telp saya di 021-92630359(HP). Jika ada yang simpati dengan saya dan ingin mengirimkan uang untuk menutupi uang saya yang ludes bisa kirim ke dimassasongko@telkom. Semoga badan anda semakin gendut hingga meletus«. Bantuan anda InsyaAllah akan dibalas secepatnya. Tiada orang yang baik di sisiNya selain orang yang menolong sesamanya yang sedang tertimpa musibah. Dan jari jari tanggan anda akan menempel semua. Jangan pernah terima pembayaran dengan bilyet giro dari customer yang baru dikenal .

Pengertian tenggang waktu penawaran adalah sama dengan cek.B. Dalam bilyet giro dapat dicantumkan tenggal efektif dengan ketentuan harus dalam tenggang waktu penawaran.I no 28/32/UPG/4/7/1995 tentang Bilyet Giro.I no 4/470/UPBB/PbB (24/1/1972) jo SKDIR BI no 28/32/KEP/DIR jo S. Pemindahbukuan tersebut dilakukan secara kliring oleh Bank Indonesia.E. maka pengiriman dana kepada rekening pemegang tersebut menggunakan sarana transfer.E. apabila bilyet giro tersebut ditujukan kepada rekening pemegang yang bersangkutan kepada bank lain. Perintah yang jelas untuk memindahbukukan dana atas beban penarik. nasabah cabang lain dari bank yang sama atau nasabah bank lain diluar bank tertarik. Syarat formal bilyet giro meliputi:         Nama bilyet giro dan nomor bilyet giro Nama tertarik. Apabila tanggal penarika efektif tersebut tidak . Jumlah dana yang dipindahbukukan. Nama dan nomor pemegang rekening. Dalam praktik. Pengertian bilyet giro menurut pasal 1 huruf d adalah surat perintah dari nasabah kepada bank penyimpan dana untuk memindahbukukan sejumlah dana dari rekening pemegang yang disebutkan namanya. Nama bank penerima.B.Bilyet giro secara khusus diatur dalam S. baik rekening nasabah pada cabang bank itu sendiri. yaitu nasabah giro cabang bank yang bersangkutan yang ditunjuk pada bilyet giro tersebut. Tempat dan tanggal penarikan. Sedangkan tujuan pembayaran diberikan kepada rekening yang disebutkan. hal ini diatur dalam peraturan Bank Indonesia. Penarikan bilyet giro dibebankan kepada rekening penarik. Tanda tangan. baik dalam angka dan huruf selengkap-lendkapnya. nama jelas dan atau dilengkapi dengan cap atau stempel sesuai persyaratan pembukuan rekening. yaitu 70 hari sejak tanggal waktu penarikan. Bilyet giro merupakan salah satu alat penarikan rekening giro.

3. menarik 1 (satu) lembar bilyet giro kosong senilai Rp. termasuk cek/biyet giro kosong. B. 2.000. Dananya tidak cukup tidak digolongkan sebagai penolakan bilyet giro kosong.(satu miliar rupiah) atau lebih. Termasuk cek bilyet giro kosong jika bilyet giro kosong yang diunjukkan kepada bank ditolak dengan alasan lainya. persyaratan formal bilyet giro tidak terpenuhi. nemun pemilik rekening yang bersangkutan tidak diperkenankan melakukan penarikan. maka tanggaj penarikan berlaku sebagai tangal efektif.dicantumkan. Tidak termasuk bilyet giro kosong jika bilyet giro yang diunjukkan kepada bank ditolak dengan alasan: 1. Ketentuan tersebut tidak menjelaskan apakah terhadap penarikan rekening pinjaman/ kredit yang ternyata dananya tidak cukup. Terdapat pihak yang menafsirkan bahwa hal tersebut dikecualikan dari piñatausaha cek/bilyet giro kosong.. apabila yang bersangkutan: 1. menarik biyet giro kosong sebanyak 3 kali atau lebih dalam waktu 6 (enam) bulan. bilyet giro dibatalkan oleh penarik setelah berakhirnya tenggang waktu penawaran. 4. Kewajiban tertarik (bank) menutup rekening dimaksud dalam angka 1 tidak berlaku untuk rekening pinjaman. yaitu. perhitungan/encode tidak sesuai dengan nominal yang sebenarnya. sudak kadaluarsa. atau 3. a. tanggal efektif bilyet giro belum sampai. tetapi terdapat pihak lain yang menafsirkan bahwa keduanya merupakan perbuatan hukum yang berbeda. Syarat penolakan biyet giro kosong dicantumkan secara limitatif oleh undang-undang. . Pengertian dan Perhitungan bilyet Giro kosong Penutupan rekening nasabah oleh tertarik (bank) wajib dilakukan.000. Bilyet giro tidak boleh dibatalkan selama dalam tenggang waktu penawaran. 2. Rekening telah di tutup. 5. 1000. namanya tercantum dalam daftar hitam yang masih berlaku.

Coretan/perubahan tidak ditandatangani oleh penarik. Cara perhitungan frekuensi penarikan biyet giro kosong dimaksud adalah berdasarkan atas jumlah lembat yang ditolak berikut. g. Namun. Stempel kliring tidak ada. e.b. Hal ini biasanya sudah diantisipasi dengan di cantumkan dalam perjanjian yang dibuat antara bank dengan nasabah giro. Beberapa bilyet giro yang ditarik oleh seorang nasabah dan ditolak pembayaranya oleh satu atau beberapa bank pada tanggal yang sama dihitung sebanyak jumlah lembar penarikan biyet giro kosong. a. Tandatangan tidak cocok dengan specimen \. fasilitas cerukan atau fasilitas cross clearing yang diberikan oleh bank sepanjang memenuhi ketentuan yang berlaku. d. . f. c. Warkat diblokir pembayarannya (surat keterangan kepolisian terlampir). Satu lembar bilyet giro yang sama tetapi diajukan (dikliringkan) berulang-ulang dan ditolak pembayaranya dihitung sebagai satu lembar penarikan bilyet giro kosong. Sanksi tersebut diberikan kepada nasabah yang telah menarik cek/bilyet giro kosong selama 3 kali dalam waktu 6 bulan atau menarik 1 (satu) lembar cek/bilyet giro dengan jumlah minimal Rp 1 miliar atau lebih. Endosemen pada cek atas nama. b. Bilyet giro kosong adalah bilyet giro yang diunjukkan dan ditolak tertarik dalam tenggang waktu dananya kewajiban penyediaan dana oleh penarik karena saldo tidak cukup atau rekening telah ditutup. dananya tidak cukup kemudian digolongkan sebagai penolakan cek/bilyet giro kosong. j. Rekening diblokir eleh instansi yang berwenang. i. saldo fasilitas krdit yang belum digunakan. Stempel kliring tidak sesuai dengan bank penerima. Warkat bukan untuk kami. Sedangkan yang dimaksud dana nasabah yang dapat diperhitungkan sebagai dana yang tersedia pada bank adalah saldo giro yang efektif. Bea materai belum lunas. h.

mengingat pihak bank tidak menolak saat penerima melakukan cek ulang tehadap bilyet giro tersebut. Toko Kursi Lipat sebanyak 250 Kursi 3. Penjual Beras sebanyak 1 truk seharga 40 Juta 5. Tukang Roti Bolu (tetangga rukonya) 8. Baju muslin (tetangga rukonya ) sebanyak Rp. Juta .Saksi terhadap nasabah yang melakukan pelanggaran tersebut adalah dengan dimasukkanya nasabah tersebut dalam daftar hitam yang berlaku selama 1 tahun terhitung sejak diterbitkan bilyet giro kosong sebanyak 3 kali atau setelah surat peringatan yang ketiga. Pemilik Ruko Bpk. C.45. Sedangkan bu Sisca tadi akan dimasukkan kedalam daftar hitam karena telah melakukan penerbiatan bilyet giro kosong selama lebih dari satu kali atas nama berbeda yakni masingmasing terdiri atas: 1. Hal ini berakibat bahwa pihak bank/tertarik akan otomatis melakukan penolakan terhadap pemindahbukuan saldo tersebut. Yang menjadi permasalahan utama disini adalah bahwa bilyet giro yang diterbitkan atas nama Muhammad Dimas Sasongko ditolak oleh bank karena alasan bahwa Saldo dari pemilik bilyet giro (bu Sisca) tidak cukup. Sedangkan syarat formal terhadap bilyet giro pun telah sesuai dengan ketentuan.75 Juta 4.Bangun Sebesar Rp. Jawaban Kasus Diatas Apabila dikaitkan dengan permasalahan diatas. Dan apabila dalam tenggang waktu tersebut nasabah melakukan penarikan biyet giro kosong lagi maka akan langsung dimasukkan ke daftar hitam untuk tahun selanjutnya. sehingga dapat dikatakan bahwa bu sisca telah menerbitkan bilyet giro kosong. Toko komputer dan alat mesin hitung sebanyak Rp.5 Juta 2. dapat dilihat bahwa prosedur penerbitan bilyet giro sudah benar. Catering makanan selama komploton tersebut makan 6. Pak Haji yang dibeli kiosnya di daerah cileungsi Rp. karena pihak penerbit sudah memiliki kuasa untuk menerbitkan bilyet giro atas namanya.38 Juta 7.

Jakarta. Yogyakarta. Joko Prakoso. PT Bina Aksara. 2005 Joni Emirson. b. 3. c. 1987. Abd. Aspek Hukum Operasional Transaksi Produk Perbankan Di Indonesia. Hukum Dagang Tentang Surat-Surat Berharga. Dan terakhir adalah atas nama Muhammad Dimas Sasongko sendiri untuk 10 Kardus kertas Fax + 19 Box Karbon Fax senilai Rp. Bahsan. PT Citra Aditya Bakti. seperti halnya untuk kasus bu Sisca di atas. Jakarta. Jakarta. Sistem Perbankan Modern. Imam Prajogo Suryo Hadi Broto & Djoko Prakoso. Giro dan Bilyet Giro Perbankan Indonesia. Surat Berharga Pembayaran dalam Masyarakat Modern. yang karena kemudian ia menerbitkan 6 kali lagi. 1 miliar adalah akan dimasukkan ke dalam ³DAFTAR HITAM´ Bank Indonesia selama 1 tahun. Bina Aksara. maka hukuman bertambah menjadi 7 (tujuh) tahun dalam Daftar Hitam. Kadir Muhammad.Ghalogor 2006 F. SH.E. 1993. Daftar Hitam menyebabkan seseorang tidak dapat melaksanakan aktivitas yang berkaitan dengan perbankan sampai tuntas masa hukumannya. Perry. sedang untuk sanksi lain yaitu sanksi administrasi dari Bank Indonesia dengan memasukkan Bu Sisca ke dalam Daftar Hitam Bank Indonesia selama 1 tahun.000. Try Widiyono.9. KESIMPULAN a. Jakarta. Bandung. PT Raja Grafindo Persada. su sisca dapat dituntut dengan pasal penipuan. DAFTAR PUSTAKA Imam Prayogo Suryohadi kusumo. 1984 M. Surat Berharga. konsekuensinya disini adalah bahwa bu Titin Darwis (alias bu sisca) tidak dapat melakukan transaksi apapun yang berkaitan dengan bank selama masa hukuman administrasi tersebut. Sanksi terhadap penerbitan bilyet giro kosong adalah ulanya si berikan surat peringatan dari Bank Indonesia yang kemudian apabila menerbitkan sampai 3 kali dalam waktu kurang dari 6 bulan atau lebih dari Rp. Hukum Surat Berharga dan Perkembangannya di Indonesia. PT Prenhallindo.845. Hanindita. Penerbitan bilyet giro yang dananya tidak cukup digolongkan sebagai syarat untuk dapat dikatakan sebagai bilyet giro kosong.Untuk aspek pemindanaanya. 2002 .

Moch. Chidir Ali. Makalah Undang-Undang Nomor 10 tahun 1998 tentang Perbankan. Makalah Zulkifli. Penggunaan Bilyet Giro dalam Lalulintas Pembayaran.B.E. MCO Surat Berhaga Sebagai Alat Transaksi Dalam Penerbangan Internasional. Surat Berharga-Cek. S.I no 28/32/UPG/4/7/1995 tenteng Bilyet Giro . 1994 Iwan Bayu aji. Wesel dan GiroBilyet. Mashudi. CV Mandar Maju.

MAKALAH KASUS PENIPUAN PEMBAYARAN DENGAN BILYET GIRO KOSONG NAMA: AHSIN FUADI (REG 1) NIM: B2A007022 MATA KULIAH: HUKUM SURAT BERHARGA (SP) KELAS: A FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->