P. 1
1. Sejarah Perbankan Syariah

1. Sejarah Perbankan Syariah

|Views: 68|Likes:
Published by elprasetiyo

More info:

Published by: elprasetiyo on Oct 20, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/20/2010

pdf

text

original

Sejarah Perkembangan Perbankan Syariah

Oleh Luhur Prasetiyo, M.E.I.

Mata Kuliah Manajemen Perbankan
2009

LEMBAGA KEUANGAN Bank Pasar Modal Pasar Uang Pegadaian Leasing Koperasi Asuransi Factoring Modal Ventura Dana Pensiun BMT dll .

BANK KONVENSIONAL SYARIAH BANK UMUM BANK SYARIAH BPR (Bank Perkreditan Rakyat) BPRS (Bank Pembiayaan Rakyat Syariah) .

Instrumen Pasar Modal Saham (Stocks) Obligasi (Bonds) .PASAR MODAL (Bursa Efek) Bursa efek atau bursa saham adalah sebuah pasar yang berhubungan dengan pembelian dan penjualan efek atau saham perusahaan serta obligasi pemerintah.

Bursa valuta asing atau disingkat bursa valas merupakan suatu jenis perdagangan atau transaksi yang memperdagangkan mata uang suatu negara terhadap mata uang negara lainnya (pasangan mata uang/pair) yang melibatkan pasar-pasar uang utama di dunia selama 24 jam secara berkesinambungan. .PASAR UANG & PASAR VALAS Pasar Uang adalah pasar untuk perdagangan jangka pendek berupa surat berharga yang berjangka waktu tidak melebihi 360 hari. Pasar uang dikontraskan kepada pasar modal yang berhubungan dengan perdagangan jangka panjang.

PASAR UANG & PASAR VALAS Instrumen Pasar Uang Interbank Call Money Sertifikat Bank Indonesia Sertifikat Deposito Surat Berharga Pasar Uang Banker¶s Acceptance Foreign Exchange Market dll .

PEGADAIAN Pegadaian adalah kegiatan menjaminkan barang-barang berharga kepada pihak tertentu guna memperoleh sejumlah uang dan barang yang dijaminkan akan ditebus kembali sesuai dengan perjanjian antara nasabah dengan lembaga gadai. .

.SEWA GUNA USAHA (Leasing) Leasing adalah perjanjian antara lessor (perusahaan leasing) dengan lessee (nasabah) di mana pihak lessor menyediakan barang dengan hak penggunaan oleh lessee dengan imbalan pembayaran sewa untuk jangka waktu tertentu.

Iuran pokok 3. Lembaga swasta .KOPERASI Sumber Dana Dari anggota: 1. Badan Pemerintah 2. Iuran wajib 2. Perbankan 3. Iuran sukarela Dari Luar anggota: 1.

ASURANSI Jenis Asuransi Asuransi Kerugian Asuransi Jiwa .

ANJAK PIUTANG (Factoring) Factoring adalah perusahaan yang kegiatannya melakukan penagihan atau pembelian. atau pengambilalihan atau pengelolaan hutang piutang suatu perusahaan dengan imbalan atau pembayaran tertentu milik perusahaan. .

2. Perusahaan anjak piutang melakukan penagihan kepada debitur sesuai dengan kesepakatan yang telah dibuat dengan kreditur 3. Debitur membayar kepada perusahaan anjak piutang 4. Perusahaan anjak piutang membayar sesuai tanggung jawabnya kepada kreditur sesudah sesudah semua persoalan utang piutang diselesaikan . Kreditur menyerahkan persoalan piutangnya kepada perusahaan anjak piutang.ANJAK PIUTANG (Factoring) FACTORING 2 3 1 4 KREDITUR DEBITUR 1. baik dengan cara memberitahukan kepada debitur maupun tidak.

.MODAL VENTURA Modal Ventura adalah badan usaha yang melakukan suatu pembiayaan dalam bentuk penyertaan modal ke dalam suatu perusahaan yang menerima bantuan pembiayaan.

MODAL VENTURA Karakteristik ‡Kegiatan bersifat penyertaan langsung ‡Penyertaan bersifat jangka panjang dan biasanya di atas 3 tahun ‡Bisnis yang dimasuki memiliki resiko tinggi ‡Keuntungan diperoleh dari capital gain. deviden atau bagi hasil ‡Kegiatan lebih banyak dalam usaha pembentukan usaha baru atau pengembangan suatu usaha .

MODAL VENTURA Jenis Pembiayaan Equity Financing Semi Equity Financial Mendirikan Perusahaan baru Bagi Hasil .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->