Mata Pelajaran Satuan Pendidikan Kelas/Semester

: fisika : SMA/MA : XII/1

Standar Kompetensi: 1. Menerapkan konsep dan prinsip gejala gelombang dalam menyelesaikan masalah. Kompetensi Dasar: 1.3 menerapkan konsep dan prinsip gelombang bunyi dan cahaya dalam teknologi Indikator Menerapkan konsep gelombang bunyi dalam prinsip kerja kaca mata tunanetra Menentukan kedalaman laut dengan konsep gelombang bunyi Menjelaskan aplikasi konsep gelombang bunyi dalam menentukan retakretak pada struktur logam Menggunakan prinsip gelombang bunyi unruk mencuci benda dengan gelombang ultrasonic Menentukan survey geofisika dengan prinsip gelombang bunyi Menerapkan konsep gelombang bunyi untuk proses ultrasonografi Menjelaskan aplikasi konsep gelombang bunyi untuk mmengukur laju aliran darah Menunjukan aplikasi konsep gelombang cahaya pada LCD Menggunakan prinsip gelombang cahaya pada kaca mata polarisasi Menerapakn konsep gelombang cahaya pada mesin foto copy Menjelaskan aplikasi konsep gelombang cahaya pada CD dan DVD Menunjukan aplikasi konsep gelombang cahaya pada scanner Menggunakan prinsip gelombang bunyi pada laser Materi Pokok Aplikasi gelombang bunyi dan cahaya

Fisika Sekolah 3

Page 1

Konsep prasyarat Gelombang bunyi Gelombang elektromagnetik Optic geometris Konsep esensial Aplikasi gelombang bunyi dalam teknologi Aplikasi gelombag cahaya dalam teknologi Bagan Materi Gelombang Mekanik Elektromagnetik Kedokteran Industri Teknologi o Ultrasonogra fi o Mengukur laju aliran darah o Kaca mata tunanetra o Mengukur kedalamn laut o Mendeteksi retak-retak pada struktur logam o Mencuci benda dengan Ultrasonik o Survei Geofisika o LCD o Kaca mata polarisasi o Mesin photo copy o Compact Disc dan Digital Vidio Disc o Scaner o Laser Fisika Sekolah 3 Page 2 .

Dengan mengukur waktu yang diperlukan dari gelombang dipancarkan sampai gelombang diterima lagi. Fisika Sekolah 3 Page 3 . maka dapat diketahui jarak yang ditentukan. Prinsip kerja SONAR berdasarkan prinsip pemantulan gelombang istilah SONAR ( inilah yang banyak digunakan ultrasonik. Alat ini diperkenalkan pertama kali oleh Paul Langenvin. Pada saat itu Paul dan pembantunya membuat alat yang dapat mengirim pancaran kuat gelombang bunyi berfrekuensi tinggi (ultrasonik) melalui air. Pada dasarnya SONAR memiliki dua bagian alat yang memancarkan gelombang ultrasonik yang disebut transmitter dan alat yang dapat mendeteksi datangnya gelombang pantul ( gema ) yang disebut sensor ( receiver). kemudian akan dipantulkan kembali dan ditangkap oleh pesawat penerima ( receiver ). Teknik SONAR dalam bidang industry. Gelombang ultrasonik dipancarkan oleh transmitter ( pemancar ) yang diarahkan ke sasaran. Penerapan Gelombang Bunyi dalam Teknologi Anda telah mengetahui bahwa teknik pantulan bunyi ultrasonik yang dikirim oleh kelelawar digunakan kelelawar untuk menentukan navigasi di sekitar kegelapan goa tempat tinggalnya dengan menggunakan gema ( bunyi pantul ) ultrasonik. Pantulan bunyi untuk navigasi ini dikenal dengan sound navigation and ranging ).Uraian Materi A. seorang ilmuan prancis pada tahun 1914.

A. dengan gelombang pantul datang adalah indeks bias air dan kedalaman laut adalah maka kedalaman lau tersebut dapat dicari dengan persamaan : Dengan : Fisika Sekolah 3 Page 4 . dan keluaran suara dari earphone.1 Aplikasi dalam bidang Industri 1. Sinar infra merah yang dipancarkan akan memantul kembali bila mengenai halangan. Pantulan itu akan diterima oleh komponen dioda peka cahaya(photodioda). dalamnya air dapat dihitung dari panjang waktu antara pancaran yang turun dan naik setelah digemakan. Cara kerjanya sangat sederhana. yaitu sensor yang terletak infra di merah(infrared) kacamata. Kaca mata tunanetra Terdiri dari tiga komponen utama. Mengukur kedalaman laut Untuk mengukur kedalaman laut. SONAR diletakkan di bawah kapal. Pantulan akan meningkatkan tegangan yang kemudian dikirimkan ke mikrokontroler dalam bentuk pulsa. mikrokontroler akan mengaktifkan data suara berupa saran arah yang telah disimpan sebelumnya. 2. Berdasarkan pulsa itu. komponen pengontrol. Dengan pancaran ultrasonik diarahkan lurus ke dasar laut. Apabila cepat rambat gelombang bunyi di udara waktu antara gelombang selang dipancarkan .

5. Suatu objek (berlian. Mendeteksi retak-retak pada struktur logam Untuk mendeteksi retak dalam struktur logam atau beton digunakan scanning ultrasonik. Gelombang ultrasonik kemudian dikirim melalui cairan. Mungkin kita heran bahwa getaran-getaran ultrasonik dapat frekuensi tinggi dari untuk dimanfaatkan merontokkan kotoran-kotoran dari suatu objek. menyebabkan cairan bergetar dengan sangat kuat.= Jarak yang diukur ( m ) = waktu yang diperlukan gelombang dari dipancarkan sampai diterima kembali (s ) = kecepatan rambat gelombang ultrasonik ( m/s ) = indeks bias medium 3. Dalam pemeriksaan rutin. 4. Getaran cairan akan merontokkan kotoran yang menempel pada objek tanpa harus menggosok kotoran itu dengan keras. Teknik scaning ultrasonik inilah yang digunakan untuk memeriksa retak-retak tersembunyi pada bagian-bagian pesawat terbang. Jika ada retakan dalam logam. Perusahaan kereta api Inggris juga menggunakan scanning ultrasonik untuk memeriksa ada tidaknya retakan pada rel yang akan dilintasi kereta. yang dapat membahayakan penerbangan pesawat. bagian-bagian penting dari pesawat discanning secara ultrasonik. Mencuci benda dengan ultrasonik Beberapa benda seperti berlian dan bagian-bagian mesin sangat sukar dibersihkan menggunakan spon kasaar atau detergen keras. komponenkomponen elektronik atau bagian-bagian mesin) dicelupkan dalam suatu cairan. Survey geofisika Fisika Sekolah 3 Page 5 . Retakan ini kemudian diperiksa dan segera diatasi sebelum pesawat diperkenankan terbang. pantulan ultrasonik dari retakan akan dapat dideteksi.

Jika getaran-getaran ini dicatat oleh seismograf di berbagai tempat di permukaan bumi. Seperti semua gelombang. Dalam tubuh manusia. Ada empat tipe gelombang seismic. gelombang permukaan love dan gelombang permukaan Reyleigh. Pulsa-pulsa dipantulkan ketika mengenai suatu perbedaan massa jenis. Pemantulan gelombang-gelombang bunyi ketika melalui lapisan-lapisan batuan bumi dapat digunakan oleh ahli geofisika bersama ahli geologi untuk mendeteksi lapisan-lapisan batuan yang mengandung endapanendapan minyak atau mineral. Grafik waktu perjalanan dapat digunakan untuk menentukan jarak stasiun seismograf dan episenter gempa bumi. pulsa-pulsa ultrasonik dipantulkan oleh jaringanjaringan. dan kerapatan medium. A. ketegaran. rigiditas.2 Aplikasi dalam bidang kedokteran Ketika pulsa-pulsa ultrasonik menumbuk sebuah dinding. laju gelombang seismic bergantung pada sifat medium. menentukan lokasi dan mengklasifikasikan gangguan-gangguan atau untuk memberikan informasi tentang struktur bumi.Suatu gempa atau ledakan dahsyat membangkitkan gelombang-gelombang bunyi yang dapat menempuh perjalanan yang sangat jauh melalui bumi. tulang dan cairan tubuh dengan massa jenis berbeda.mineral berharga. pulsa-pulsa tersebut sebagian dipantulkan dan sebagian lagi diteruskan. Pergeseran tiba-tiba segmen-segmen kerak bumi yang dibatasi zona patahan dapat menghasilkan gelombang seismic. catatan-catatan ini dapat digunakan untuk mendeteksi. gelombang badan S. Ini memungkinkan para ahli geologi dan geofisika untuk memperoleh pengetahuan tentang keadaan bagian dalam bumi dan membantu mencari sumber bahan bakar fosil baru. Alat yang digunakan untuk mendeteksi gelombang-gelombang ini disebut seismograf. yaitu gelombang badan P. yang biasanya digunakan untuk mendeteksi adanya gempa bumi. yaitu pada bidang batas antara udara dan dinding. Membaliknya pulsa-pulsa ultrasonik yang dipancarkan dapat menghasilkan gambar-gambar Fisika Sekolah 3 Page 6 .

ultrasonografi Pemeriksaan untuk melihat bagian dalam tubuh manusia pulsa-pulsa dengan ultrsonik USG ( menggunakan dinamakan pemeriksaan ). yaitu : 1) Ultrasonik jauh lebih aman daripada sinar-X. sementara gambar yang dihasilkan senar-X adalah datar tanpa ada petunjuk tentang kedalamanya. Ultrasonik lebih aman digunakan untuk melihat janin dalam perut ibu daripada sinar-X. dokter dapat memonitor pertumbuhan. Sebagai ultrasonografi contoh. maka isebutlah pengujian ultrasonik adalah pengujian tak merusak ( non destructive testing. Tidak seperti pemeriksaan dengan sinar-X. Ultrasonik terutama hal. disingkat NDT ).bagian dalam tubuh yang dijumpai oleh pulsa-pulsa ultrasonik pada layar osiloskop. scanning ultrasonik dilakukan dengan menggerak-gerakan kulit perut ibu probe di sekitar hamil akan menampilkan gambar sebuah janin di layar monitor. a. Teknik scanning ultrasonik juga digunakan untuk memeriksa hati ( ada tidaknya indikasi kanker hati atau tidak ) dan otak. Fisika Sekolah 3 Page 7 . 2) Ultrasonik dapat digunakan teru menerus untuk melihat pergerakan berguna dalam diagnosis kedokteran karena beberapa sebuah janin atau lever sesorang. pemeriksaan ultrasonik adalah aman baik bagi ibu maupun janinnya karena pemeriksaan atau pengujian dengan ultrasonik tidak merusak material yang dilewati. Dengan mengamati gambar janin. yang dikenal dapat merusak sel karena ionisasi. 3) Ultrasonik dapat mengukur kedalaman suatu benda dibawah permukaan kulit dari selang waktu pulsa-pergi. tanpa melukai atau menimbulkan resiko terhadap pasien. perkembangan dan kesehatan janin.

Fase ini lebih dekat dengan fase cair karena dengan sedikit pemanasan. fasenya langsung berubah menjadi cair. Fisika Sekolah 3 Page 8 . Penerapan gelombang cahaya Aplikasi dalam bidang Industri 1. Mengukur laju aliran darah Efek Doppler telah digunakan cukup sukses untuk memonitor aliran darah melalui suatu pembuluh nadi utama. Liquid crystal diterjemahkan sebagai Kristal cair. Frekuensi tampak dari sinyal pantul yang diterima bergantung pada kecepatan aliran darah. Gelombang-gelombang ultrasonic frekuensi 5 – 10 MHz diarahkan menuju ke pembuluh nadi dan suatu penerima R akan mendeteksi sinyal hamburan pantul. Molekul – molekul zat padat tersebar secara teratur dan posisinya tetap. fase ini dinamakan Kristal cair. Molekul-molekulnya seperti benda padat tetapi dapat bergerak bebas seperti zat cair. Selanjutnya. Keunggulan metode ini dibandingkan dengan metode konvensional adalah lebih murah dan hanya memberikan sedikit ketidaksenangan pada pasien.b. sedangkan molekul-molekul zat cair letaknya tidak teratur dandapat bebas bergerak ke segala arah. Mengapa nama ini digunaka? Padat dan cair merupakan dua sifat benda yang berbeda. Pengukuran laju aliran darah dengan metode efek Doppler ini terutama efektif untuk mendeteksi trombosit ( penyempitan pembuluh darah ) karena trombosit akan menyebabkan perubahan yang cukup signifikan dalam laju aliran darah. Pada tahun 1888 seorang ahli botani yaitu Friedrich Reinitzer menemukan fase antara fase zat padat dan zat cair. Fase ini mempunyai sifat padat dan cair bersama-sama. B. LCD ( Liquid Crystal Displays ) Apakah yang dimaksud dengan LCD? Istilah ini sering muncul dalam bidang elektronika.

2. Dimensi kedalaman diperoleh dengan memainkan kedua warna ini pada proses pembuatan film. Warna lensa kiri berbeda dengan warna lenda kanan. Lensa untuk mata kanan berwarna merah sedangkan untuk mata kiri berwarna biru. masing-masing mata melihat dengan cara yang berbeda. Jenis kristal cair yang digunakan dalam pengembangan teknologi LCD adalah tipe nematic ( molekul-molekul yang mempunyai pola tertentu dengan arah tertentu ). Tipe yang paling sederhana adalah twised nematic (TN) yang memiliki struktur molekul terpilin secara alamiah sebesar 90˚. Mengapa warna merah dan biru yang dipilih? Pilihan ini ada hubungannya dengan panjang gelombang cahaya. Melihat tayangan 3D dengan kaca mata dua warna ternyata membuat gambarnya menjadi kurang menarik. Sifat inilah yang menjadi dasar pemanfaatan teknologi kristal cair. Beberapa peralatan yang memanfaatkan teknologi di antaranya adalah layar computer ( layar datar ). Dalam tayangan 3D. sedangkan warna biru akan membuat benda kelihatan di belakang. akan membuat benda kelihatan di depan. bayangan merah terlihat oleh lensa biru dan bayangan biru terlihat oleh lensa merah. Struktur TN ini dapat dilepas pilinannya dengan menggunakan arus listrik. Kaca mata polarisasi Sekarang ini ada beberapa tayangan di televise yang gambarnya 3D atau tiga dimensi. Ketika kaca mata digunakan. kalkulator dan arloji digital. Untuk menonton tayangan 3D kita harus menggunakan kaca mata khusus. Perhatikan kaca mata 3D yang dijual di tok-toko. Jadi. Mengapa demikian?kita tahu bahwa cahaya bergetar ke Fisika Sekolah 3 Page 9 .Jadi kristal cair sangat sensitif terhadap perubahan suhu.

cahaya itu dilewatkan melalui polarisator cahaya. buku. lensa mata kanan dibuat berwarna merah sedangkan lensa mata kiri dibuat berwarna biru seperti yang ada di pasaran. gambar pada dokumen kemudian akan dipantulkan melalui lensa. lensa mata kanan dipasangi filter yang akan menyerap(menahan ) gelombang cahaya vertical sedangkan lensa mata kiri dipasangi filter yang akan menahan gelombang cahaya horizontal. kemudian lensa akan mengarahkan gambar tersebut ke arah tabung drum. sedangkan pada cahaya yang yang lebih gelap akan menghasilkan tidak terjadi perubahan muatan. Sebagai pengganti. Polarisasi akan menyebabkan cahaya hanya bergetar ke salah satu arah saja. Mesin fotokopi lainnya dapat menggunakan tinta. Tabung drum adalah silinder dari bahan aluminium yang dilapisisi dengan selenium yang sangat sensitif terhadap cahaya. proses kering yang bekerja dengan bantuan listrik maupun panas. Supaya mata kiri dan mata kanan melihat benda yang agak berbeda. Pencahayaan. sehingga pada permukaan yang terang tidak ada elektron yang yang bermuatan. 3. Fisika Sekolah 3 Page 10 . Mesin fotokopi zaman sekarang menggunakan xerografi. Dengan menggunakan kaca mata ini warna gambar tayangan 3D menjadi legih indah. cahaya yang sangat terang yang dihasilkan dari lampu expose yang menyinari dokumen yang sudah diletakkan di atas kaca dengan posisi terbalik ke bawah pada kaca. Agar terpolarisasi. Polarisator/filter ini dipasang pada lensa kaca mata. tetap bermuatan positif. Photo Copy Mesin fotokopi adalah peralatan kantor yang membuat salinan ke atas kertas dari dokumen. Sayangnya lensa dengan polarisator sangat mahal. Gambar yang lebih terang pada permukaan drum akan mengakibatkan elektron-elektron muncul dan menetralkan ion-ion positif yang dihasilkan oleh kawat pijar ( corona wire ) sebelah atas drum ( kawat 1 ). maupun sumber lain.segala arah.

kawat pijar ( corona wire ) terdapat dua buah. seperti diilustrasikan pada gambar. grafik.peristiwa ini akan menghasilkan copian atau salinan gambar yang sama persis dengan aslinya. Tegangan tinggi DC yang diberikan pada kawat pijar ( corona wire ) membuat drum bermuatan positif. sehingga drum kembali bermuatan positif dan siap kembali disinari terus berulang-ulang.Serbuk berwarna hitam ( toner ) bermuatan positif yang berada pada depeloper. satu terdapat diatas drum ( kawat 1 ). akan tertarik oleh ion positif pada permukaan drum. 4. Selembar kertas yang dilewatkan di bawah drum ketika drum berputar. Tiap CD atau DVD memiliki lintasan spiral ( spiral track ) yang menyimpan informasi. sebelum kertas mencapai drum terlebih dahulu kertas dijadikan bermuatan positif oleh kawat 2. panas dari kedua rol tersebut akan melelahkan toner yang kemudian akan menempel erat ke kertas. Informasi diberi Fisika Sekolah 3 Page 11 . Compact Disc dan Digital Video Disc Compact disc ( CD ) dan digital video disc ( DVD ) telah merevolusi bagaimana teks. musikdan film bioskop disimpan untuk digunakan dalam computer. yang dideteksi ( dikenal ) dengan memakai seberkas laser yang memantul dari dasar cakram. karena gaya tarik muatan positif pada kertas lebih kuat dari pada muatan positif pada drum ditambah lagi dengan gaya gravitasi Berikutnya kertas akan di lewatkan melalui dua buah rol panas yang bertekanan. sehingga toner yang menempel pada kertas akan tertarik dengan sangat kuat ke kertas. Cara kerja cakram ( disc ) ini berdasarkan efek interferensi. Setelah toner turun ke kertas drum akan terus berputar sampai melewati blade(cleaning balde) pembersih drum kemudian melalui kawat 1 (primary corona wire). sistem suara stereo dan televisi. dan di bawah drum ( kawat 2 ).

Tetapi jam Fisika Sekolah 3 Page 12 . berkas laser memantul dari bawah cakram dan menuju ke sebuah detector. fluktuasi intensitas cahaya pantul yang terjadi sementara cakram berotasi adalah cukup besar untuk dideteksi oleh detector karena adanya efek interferensi destruktif. Sebagai hasil. Di bawah mikroskopp daerah naik ini tampil sebagai “ lubang-lubang “ ( pit ) ketika dipandang dari atas cakram. Scanner Scanner adalah alat yang membantu komputer mengubah gambar atau objek grafis ke dalam kode digital yang dapat ditampilkan dan digunakan kemampuan pada untuk komputer. Intensitas cahaya pantul berfluktuasi begitu “lubanglubang” dan “dataran “ dilewati. 5. ada perbedaan vukup mencolok antara intensitas cahaya pantulan ketika berkas laser jatuh pada tepi “ lubang “ daripada ketika jatuh pada tempat-tempat lainnya pada permukaan bawah cakram. Scanner memiliki menerjemahkan sinyal-sinyal listrik analog ke dalam kode-kode digital. Analog disini seperti jam tangan yang mempunyai jarum penunjuk menit dan jam yang berputar mengelilingi jam tersebut. Kedua lintasan ini memiliki beda lintasan 2t. Baik “lubang-lubang” maupun “ dataran” ditutupi oleh sebuah pelapis plastic transparan. Begitu cakram berotasi. supaya terjadi interferensi destruktif ketika kedua berkas ini bergabung. yang supaya gambarnya sederhana. Agar fluktuasi intensitas cahaya mudah dideteksi oleh detector. dan fluktuasi cahaya ini membawa informasi dalam bentuk sederet angka-angka biner ( 0 dan 1 ). Dengan demikian. maka dipilih 2t sama dengan setengah panjang gelombang dari berkas laser. Begitu berkas laser melintasi tepi-tepi sebuah lubang sebagian berkas laser dipantulkan dari daerah naik dan sebagian berkas sinar laser lainnya dipantulkan dari daerah datar. ketebalan lubang t ditentukan berdasarkan interferensi destruktif.kode dalam bentuk daerah naik pada permukaan bawah cakram. Antar “lubang-lubang” terdapat daerah datar disebut “ dataran (land) “.

Informasi tersebut dapat dimanipulasi dengan komputer. Scannner ada beberapa jenis. ia menangkap cahaya yang dipantulkan oleh daerah yang sedang disinari.digital menampilkan waktu dari satu frame ke frame waktu selanjutnya. Pengubah data analog ke digital yang tadi dijelaskan menyimpan pembacaan voltase analog ke dalam pixel yang digambarkan dengan daerah hitam atau putih. Warna putih atau daerah yang kosong memantulkan lebih banyak cahaya daripada yang bertinta atau daerah yang berwarna. hijau atau biru sebelum gambar lengkap. Mesin menggerakkan komponen scanner di bawah halaman. Lensa memfokuskan cahaya tersebut pada diode yang sensitif terhadap cahaya yang mengubah sejumlah cahaya menjadi arus listrik. Komputer tidak dapat memproses data analog sehingga harus diubah dulu ke dalam kode digital. Metode ini mirip dengan mesin Xerox. diantaranya : Flatbed scanners atau scanner yang posisinya mendatar memiliki area yang dilapisi kaca dimana objek yang akan discan diletakkan sementara komponen scanner melewati objek tersebut. Ketika komponen scanner bergerak. Besar arus tergantung seberapa banyak cahaya yang dipantulkan. Scanner yang lebih canggih melakukan 3 kali penyinaran untuk ditangkap oleh filter warna merah. penggunaan scanner portabel bergantung pada orang pada saat proses pengambilan gambar yaitu dengan menggerakkan scanner didepan objek yang akan discan. Handheld scanners atau scanner yang dapat digenggam berukuran kecil. Software ini dapat mengenali tulisan seperti yang tercetak atau tertulis. Cahaya dari halaman tadi dipantulkan masuk ke dalam sistem cermin yang rumit yang diarahkan pada suatu lensa. Cara kerja scanner Pada Flatbed scanner sumber cahaya dilewatkan di bawah gambar atau dokumen untuk menerangi gambar atau dokumen tersebut. Scanner dapat dipadukan dengan suatu software komputer untuk mengenali karakter yang discan namanya optical character recognition (OCR). Fisika Sekolah 3 Page 13 .

Teknologi laser telah banyak digunakkan. putih atau abu-abu. dimana merupakan alat yang mendeteksi perubahan voltase yang sangat kecil. Ketika gambar dipindahkan dari alat pengubah data analog ke digital. misalnya pada pembaca kode produk di took swalayan (pembaca bar code). Proses ini memperjelas warna hitam sehingga mata akan mudah mengenali bayangan dari gambar. atau 256 bayangan abu-abu. 6. Sebuah cermin pembalik dengan sudut tertentu yang berada di kanan atas layar scanner memantulkan gambar pada lensa yang berada di belakang scanner. Fisika Sekolah 3 Page 14 . Cahaya atau sinar laser memiliki warna yang sangat murni dan dapat diarahkan pada suatu titik dengan akurasi yang sangat tinggi karena berkas sinarnya sangat monokromatis. Pada kebanyakan handled scanner. ketika anda memekan tombol scan lampu LED menyinari gambar yang berada di bawah scanner. Pada scanner untuk warna abu-abu.Informasi digital tersebut kemudian dikirim ke komputer yang kemudian diubah ke dalam format yang dapat dibaca oleh program grafis. Kata laser merupakan singkatan dari Light Amplification by Stimulated Emission of Radiation. Ketika cahaya menyinari beberapa baris detektor yang diletakkan di CCD. Laser Laser adalah sebuah peralatan yang menghasilkan dan memperkuat cahaya. alat konversi menyimpan 8 bit setiap pixelnya. Lensa memfokuskan gambar dalam satu garis tunggal ke alat CCD (charge coupled device). Chip analog yang khusus menerima voltase yang dihasilkan CCD untuk koreksi gamma. masing-masing memberikan voltase yang diterjemahkan sama dengan hitam.

energi yang tersimpan tersebut dilepaskan secara tiba-tiba. Berkas foton-foton yang sama ini memiliki frekuensi yang sama juga. Dengan demikian. proses stimulasi emisi radiasi ini kan menghasilkan foton-foton yang memiliki arah gerak yang sama. Peristiwa ini disebut stimulasi emisi radiasi. Ketika energi atom-atom ini kembali ke posisi awal. Sinar laser sangat berbeda dengan sinar yang dihasilkan oleh.pemutar compact disc (CD). Fisika Sekolah 3 Page 15 . dan pada peralatan operasi di rumah sakit. memberikan kenaikan energi sampai kira-kira sejuta kali. maka atom-atom ini memancarkan foton-foton. misalnya lampu senter. Ketika energi dipompakan ke dalam peralatan pembangkit sinar laser. waktu pemompaan energi kirakira satu milisekon. printer laser. Daya yang kita gunakan untuk memompa balon kecil. Ketika balon meletus. Untuk memperkuat suatu sinar atau cahaya. atom-atom di dalam bahan-bahan laser tereksitasi. Tetapi energi tersebut dilepaskan dalam waktu satu nanosekon. menghasilkan daya yang besar. maka akan dihasilkan foton lainnya yang identik dengan foton pertama. diperlukan energy. misalnya pada laser jenis neodymium. Ibarat suara yang bisa diperkuat volumenya. Kedua foton identik ini dapat menghasilkan foton-foton lain lagi. Sinar laser tidak menyebar. dan proses ini berlanjut terus seperti sebuah proses yang kait-mengkait. yaitu memiliki energi yang lebih tinggi. Hal yang sama terjadi pada laser. Inilah yang disebut sinar laser. laser adalah sinar yang diperkuat intensitasnya. hanya terdiri dari suatu frekuensi saja. Proses pemberian energy tambahan pada sinar ini analaog dengan proses pemompaan sebuah balon. Jika satu dari foton-foton ini menumbuk atom yang tereksitasi. sehingga cahaya atau sinar yang dihasilkannya sangat fokus. tetapi balon dapat menyimpan energy total yang besar karena udara yang dipompakan ke dalam balon dimampatkan.

Jakarta : Erlangga. Buku Sekolah Elektronik Fisika untuk SMA/MA Kelas XII. Alat bantu penunjuk arah tunanetra [On-line]. Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.ac. Jakarta : Yudhistira.2008. 2009. ______. 2007. Fisika untuk SMA kelas XII semester 1. Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional. [ diakses 22 September 2010 ] Fisika Sekolah 3 Page 16 . Asas-asas Fisika SMA kelas XII semester pertama. Joko. Ruwanto. Buku Sekolah Elektronik Fisika SMA/MA Kelas XII jilid 3.untag-sby. 2004. Hand Out Fisika Umum. Budiyanto.Daftar pustaka : Kanginan. Bambang. Tersedia : http://www.id/. Marthen. Suharyanto dkk. ______. 2009. 2009.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful