TUGAS MATEMATIKA

MATRIKS

MATRIKS INVERS ‡ Semua bilangan real yang bukan 0 selalu memiliki invers perkalian rumus: n (n-1) = 1 dan (n-1) n= 1 Contoh perkalian matriks ber ordo 2x2: jika A = maka AB = BA = dan B = = = =I =I .

‡ Dari hasil di atas terlihat AB = BA = I maka B bisa disebut matriks invers perkalian dari matriks A yang di notasikan dengan A-1 dan sebaliknya A bisa disebut dengan invers perkalian dari matriks B yang dinotasikan dengan B-1 ‡ Invers perkalian suatu matriks A cukup disebut dengan invers dari matriks A .

‡ Rumus A= maka. AA-1= = dan A-1= =I = sehingga diperoleh: ap+br = 1 cp+dr = 0 aq+bs = 0 cq+ds = 1 «(1) «(2) «(3) «(4) .

‡ Dengan menyelesaikan sistem persamaan linier tersebut. diperoleh: ‡ Jadi. invers matriks A adalah ‡ A-1= = .

A-1= ‡ Dalam hal ini. ‡ Jika (ad bc) = 0 maka matriks tidak mempunyai invers. (ad-bc) disebut determinan matriks A dan dinotasikan dengan |A|.‡ Jadi.Matriks yang determinannya = 0. dinamakan matriks Singular .

sehingga diperoleh bentuk penyelesaian X = B.A-1 . lihat tabel berikut: AX = B (A-1AX) = A-1 B (A-1A)X = A-1 B IX =A-1 B X = A-1 B XA = B (XA)A-1 = B A-1 X(AA-1) = B A-1 XI = B A-1 X = B A-1 ‡ Seperti langkah tersebut. persamaan XA = B. masing-masing ruas dikalikan dari kanan dengan A-1.‡ Untuk menyelesaikan persamaan matriks berbentuk AX = B.

Contoh Soal ‡ Contoh 1: Matriks A= ‡ Tentukan Nilai dari A-1 Jawab: .

‡ Contoh 2: Matriks A= . maka didapatkan .B= . Maka = ‡ Ini membuktikan bahwa (AB) 1 . AB = ‡ Dengan menggunakan rumus. =B 1A 1 .

‡ Contoh 3: X= carilah matriks X Jika AX = B => maka dapat ditulis X = A-1 B => A => B X = A-1 B = = = .

‡ Oleh Kelompok 6: Daniel Pranoto/XII IPA2/04 Johan Julian/XII IPA2/09 Yove Suwarangi/XII IPA2/15 Samuel Putra Anugerah/XII IPA2/19 Zlatika Wibowo/XII IPA2/35 .

THANK YOU .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful