KANDUNGAN KAPUR DALAM AIR SUMUR

Oleh: Ismu Reni Septantia Kurniasih Mata Kuliah Dosen : 0913024047 : 0913024101 : Pengetahuan Lingkungan : Pramudiyanti, S.Si, M.Si

PENDIDIKAN BIOLOGI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS LAMPUNG BANDAR LAMPUNG

W.kami mencoba untuk membuat tugas ini sebaik mungkin.dan kesimpulan.W. Mei 2010 Penyusun .Oleh karena itu segala kritik dan saran yang bersifat membangun akan kami terima dengan senang hati. Bandar Lampung. Dalam tugas ini terdapat 3 bagian yaitu mulai dari pendahuluan.Tugas Biologi Pengetahuan Lingkungan ditulis utamanya untuk mengerjakan tugas yang diberiakan oleh Dosen/pengajar.pembahasan.T atas limpahan rakhmad dan karunia-NYA sehingga tugas ini dapat terselesaikan penulisannya.2010 KATA PENGANTAR Puji syukur kami panjatkan kepada ALLAH S.T.walaupun disadari masih banyak kekurangan yang belum bisa ditutupi. seandainya masih ada Akhirnya walaupun kami telah berusaha kekurangan.adalah hal yang sangat sekuat tenaga dan pikiran untuk mewujudkan tugas ini. Semoga ilmu yang telah diberikan kepada kami dicatat sebagai amal shaleh oleh ALLAH S.namun manusiawi.Berdasarkan bahan yang ada.Semoga tugas ini dapat bermanfaat terutama bagi yang membutuhkannya.

............. IV......DAFTAR ISI HALAMAN JUDUL............................................................................................................ 3.................. II................................................................... KESIMPULAN DAFTAR PUSTA .................................................... PENDAHULUAN Latar Belakang......................................................................... PEMBAHASAN 3...............................................................ii DAFTAR ISI..........3 Pengujian Kualitas Air Secara Sederhana..................................... TINJAUAN PUSTAKA III...2 Persyaratan Air Sehat.............iii I.. Tujuan........................................................................................... 3............................................1 Kandungan Air Kapur................................................................................................................................................................i KATA PENGANTAR..

kurap dan borok dapat mudah disebarkan melalui air. tipus dan disentri. Pemukiman yang padat memungkinkan tercemarnya air sumur oleh kotoran.I. Penggunaan air yang berkualitas kurang baik untuk keperluan mandi maupun mencuci juga berakibat langsung pada kesehatan mata dan kulit. PENDAHULUAN 1. dapat mengakibatkan muntaber. Air juga dapat dicemari oleh logam-logam berat yang bersifat racun atau karena kandungan ion besi dan mangan yang tinggi. kerusakan ginjal dan hati.1 Latar Belakang Air merupakan kebutuhan vital dalam kehidupan kita. maka akan tersebar ke sumber air yang dipakai keperluan rumah tangga. Penggunaan air yang berkualitas kurang baik seperti itu untuk dikonsumsi. Dalam jangka panjang dapat mengakibatkan penyakit keropos tulang. kering. kolera. Bila air tanah dan air permukaan tercemar kotoran. Hal ini dapat terjadi bila sanitasi lingkungan kurang baik. karena letak sumur berdekatan dengan septic tanK (WC) atau berdekatan dengan saluran pembuangan limbah rumah tangga/pabrik. sebagaimana terjadi pada sebagian besar wilayah Bandung. dalam jangka pendek. diare. Kulit dapat mengalami iritasi. Kuman kudis. Air yang mengandung bakteri patogen atau zat-zat terlarut lainnya dapat berakibat langsung pada kesehatan. kusam dan kehitaman bila menggunakan air dengan . Air yang digunakan untuk keperluan sehari-hari misalnya minum. kerusakan gigi. mandi dan keperluan mencuci pakaian dan peralatan dapur harus memenuhi syarat kesehatan. Penyakit mata juga mudah ditularkan lewat air.

pengujian kualitas air secara sederhana dan pengolahan air.kandungan ion besi dan mangan yang tinggi. Mengetahui dampak dari mengkonsumsi air sumur yang mengandung kapur . Mengetahui jenis-jenis air yang mengandung kapur 3. Oleh karena itu air yang digunakan untuk keperluan sehari-hari harus dilakukan pengolahan air terlebih dahulu agar dapat memenuhi syarat kesehatan/ Berikut ini dibahas lebih lanjut mengenai persyaratan air sehat. Makanan yang kita makan dapat terkontaminasi akibat peralatan dapur/makan yang dicuci dengan air yang tercemar. Mengetahui pengertian air 2. Tujuan Adapun tujuan dari paper ini adalah sebagai berikut : 1.

muka air tawar. Air sebagian besar terdapat di laut (air asin) dan pada lapisan-lapisan es (di kutub dan puncak-puncak gunung). hujan. dan aliran air di atas permukaan tanah (runoff. sungai. Indonesia telah memiliki undang-undang yang mengatur sumber daya air sejak tahun 2004. meliputi mata air. monopolisasi serta privatisasi dan bahkan menyulut konflik. tetapi tidak di planet lain. Air merupakan satu-satunya zat yang secara alami terdapat di permukaan bumi dalam ketiga wujudnya tersebut.II. serta pada bulan-bulan Europa dan Enceladus.Air menutupi hampir 71% permukaan bumi. Selain di bumi. yaitu: melalui penguapan. sungai. Air dapat berwujud padatan (es).4 triliun kilometer kubik (330 juta mil³) tersedia di bumi. akan tetapi juga dapat hadir sebagai awan. sejumlah besar air juga diperkirakan terdapat pada kutub utara dan selatan planet Mars. Terdapat 1. Air bersih penting bagi kehidupan manusia. TINJAUAN PUSTAKA Air adalah zat atau materi atau unsur yang penting bagi semua bentuk kehidupan yang diketahui sampai saat ini di bumi. muara) menuju laut. dan lautan es. danau. hujan. Di banyak tempat di dunia terjadi kekurangan persediaan air. cairan (air) dan gas (uap air).Pengelolaan sumber daya air yang kurang baik dapat menyebakan kekurangan air. uap air. yakni Undang Undang nomor 7 tahun 2004 tentang Sumber Daya Air . Air dalam obyek-obyek tersebut bergerak mengikuti suatu siklus air.

beberapa jenis gas dan banyak macam molekul organik. yang mengisyaratkan bahwa air seharusnya berbentuk gas. yang memiliki kemampuan untuk melarutkan banyak zat kimia lainnya. Gaya tarik-menarik ini disebut sebagai ikatan hidrogen. terlebih lagi dengan memperhatikan hubungan antara hidrida-hidrida lain yang mirip dalam kolom oksigen pada tabel periodik. air dapat dideskripsikan sebagai sebuah ion hidrogen (H+) yang berasosiasi (berikatan) dengan sebuah ion hidroksida (OH-). Dengan memperhatikan tabel periodik. Dalam bentuk ion. sulfur dan klor. Semua elemen-elemen ini apabila berikatan dengan hidrogen akan menghasilkan gas pada temperatur dan tekanan normal. flor. Tingginya konsentrasi kapur terlarut membuat warna air dari Air Terjun Havasu terlihat berwarna turquoise.Air adalah substansi kimia dengan rumus kimia H2O: satu molekul air tersusun atas dua atom hidrogen yang terikat secara kovalen pada satu atom oksigen. Air bersifat tidak berwarna. gula. Gaya tarik-menarik listrik antar molekul-molekul air akibat adanya dipol ini membuat masing-masing molekul saling berdekatan. sebagaimana hidrogen sulfida. Air berada dalam kesetimbangan dinamis antara fase cair dan padat di bawah tekanan dan temperatur standar. Keadaan air yang berbentuk cair merupakan suatu keadaan yang tidak umum dalam kondisi normal. dan fosfor. asam. seperti garam-garam. Alasan mengapa hidrogen berikatan dengan oksigen membentuk fasa berkeadaan cair. membuatnya sulit untuk dipisahkan dan yang pada akhirnya menaikkan titik didih air. tidak berasa dan tidak berbau pada kondisi standar. terlihat bahwa unsur-unsur yang mengelilingi oksigen adalah nitrogen. Zat kimia ini merupakan suatu pelarut yang penting. . Air sering disebut sebagai pelarut universal karena air melarutkan banyak zat kimia. meninggalkan jumlah muatan positif pada kedua atom hidrogen. Adanya muatan pada tiap-tiap atom tersebut membuat molekul air memiliki sejumlah momen dipol. Tarikan atom oksigen pada elektron-elektron ikatan jauh lebih kuat dari pada yang dilakukan oleh atom hidrogen. adalah karena oksigen lebih bersifat elektronegatif ketimbang elemen-elemen lain tersebut (kecuali flor). dan jumlah muatan negatif pada atom oksigen.15 K (0 °C). yaitu pada tekanan 100 kPa (1 bar) and temperatur 273.

Jika suatu zat tidak mampu menandingi gaya tarik-menarik antar molekul air. Proses ini disebut elektrolisis air. dan zat-zat yang tidak mudah tercampur dengan air (misalnya lemak dan minyak). disebut sebagai zat-zat "hidrofobik" (takut-air). Zat-zat yang bercampur dan larut dengan baik dalam air (misalnya garam-garam) disebut sebagai zat-zat "hidrofilik" (pencinta air). molekul-molekul zat tersebut tidak larut dan akan mengendap dalam air. . Ion H+ dan OH. dua molekul air lain terurai menjadi gas oksigen (O2). Gas hidrogen dan oksigen yang dihasilkan dari reaksi ini membentuk gelembung pada elektroda dan dapat Dikumpulkan. Prinsip ini kemudian dimanfaatkan untuk menghasilkan hidrogen dan hidrogen peroksida (H2O2) yang dapat digunakan sebagai bahan bakar kendaraan hidrogen. Kelarutan (solvasi) Air adalah pelarut yang kuat. Pada katoda. tereduksi menjadi gas H2 dan ion hidrokida (OH-). melarutkan banyak jenis zat kimia. melepaskan 4 ion H+ serta mengalirkan elektron ke katoda. Sementara itu pada anoda.Elektrolisis air Molekul air dapat diuraikan menjadi unsur-unsur asalnya dengan mengalirinya arus listrik. Reaksi keseluruhan yang setara dari elektrolisis air dapat dituliskan sebagai berikut. Kelarutan suatu zat dalam air ditentukan oleh dapat tidaknya zat tersebut menandingi kekuatan gaya tarikmenarik listrik (gaya intermolekul dipol-dipol) antara molekul-molekul air.mengalami netralisasi sehingga terbentuk kembali beberapa molekul air. Butir-butir embun menempel pada jaring laba-laba. dua molekul air bereaksi dengan menangkap dua elektron.

Adrian Parsegian dari National Institute of Health. Air juga dibutuhkan dalam fotosintesis dan respirasi. Fotosintesis menggunakan cahaya matahari untuk memisahkan atom hidroden dengan oksigen. Air merupakan zat pelarut yang penting untuk makhluk hidup dan adalah bagian penting dalam proses metabolisme. Air dapat memunculkan reaksi yang dapat membuat senyawa organic untuk melakukan replikasi. Pentingnya gaya-gaya ini dalam biologi telah dipelajari secara ekstensif oleh V. Gaya-gaya tersebut amat besar nilainya akan tetapi meluruh dengan cepat dalam rentang nanometer atau lebih kecil. permukaan-permukaan yang memiliki ketertarikan kuat terhadap air. Hidrogen akan digunakan untuk membentuk glukosa dan oksigen akan dilepas ke udara. yaitu. . Untuk melakukan dehidrasi suatu permukaan hidrofilik dalam arti melepaskan lapisan yang terikat dengan kuat dari hidrasi air perlu dilakukan kerja sungguh-sungguh melawan gaya-gaya ini. Dari sudut pandang biologi. air memiliki sifat-sifat yang penting untuk adanya kehidupan. yang disebut gaya-gaya hidrasi. air bersentuhan dengan membran dan permukaan protein yang bersifat hidrofilik. Semua makhluk hidup yang diketahui memiliki ketergantungan terhadap air.Dalam sel-sel biologi dan organel-organel. Gaya-gaya ini penting terutama saat sel-sel terdehidrasi saat bersentuhan langsung dengan ruang luar yang kering atau pendinginan di luar sel (extracellular freezing). Irvin Langmuir mengamati suatu gaya tolak yang kuat antar permukaan-permukaan hidrofilik.

masalah yang sering dihadapi oleh manusia adalah menemukan air yang bersih. asam. tingginya konsentrasi kapur terlarut membuat air dari air terjun Havasu terlihat berwarna turquoise. Namun. PEMBAHASAN 3. beberapa jenis gas dan banyak macam molekul organik. Dalam bentuk ion. Air bersifat tidak berwarna. tidak berasa dan tidak berbau pada kondisi standar. Zat kimia ini merupakan suatu pelarut yang penting. Sungai-sungai yang ada di sekitar kita saat ini sudah benar-benar tercemar.1 Kandungan Air kapur Air adalah substansi kimia dengan rumus kimia H2O: satu molekul air tersusun atas dua atom hidrogen yang terikat secara kovalen pada satu atom oksigen. gula. apalagi mungkin di daerah metropolitan seperti Jakarta. tidak semua masyarakat Indonesia menggunakan layanan . yaitu pada tekanan 100 kPa (1 bar) and temperatur 273. Berkaitan dengan air .III. air dapat dideskripsikan sebagai sebuah ion hidrogen (H+) yang berasosiasi (berikatan) dengan sebuah ion hidroksida (OH-). Air sering disebut sebagai pelarut universal karena air melarutkan banyak zat kimia. Pemerintah telah membuat suatu lembaga yaitu PDAM sebagai penyedia air bersih untuk masyarakat Indonesia. yang memiliki kemampuan untuk melarutkan banyak zat kimia lainnya. Air berada dalam kesetimbangan dinamis antara fase cair dan padat di bawah tekanan dan temperatur standar. seperti garam-garam.15 K (0 °C).

Air yang mengandung zat kapur bisa terdapat pada air pegunungan dan air sumur/sumur bor. Kadarnya semakin tinggi. dapat mengakibatkan muntaber. . Banyak sekali sekarang ini masyarakat yang membuat sumur bor untuk mendapatkan air bersih untuk kehidupan sehari-hari. kerusakn ginjal dan hati. jika tidak diatasi. Solusi untuk menurunkan kandungan zat kapur tunggi adalah dengan menggunakan Resin Softener yang jumlah atau (berat) resinnya harus disesuaikan dengan tingkat tingginya kandungan kapur itu sendiri. karena telah terjadi pendangkalan air. kerusakan gigi. Penyakit mata juga mudah ditularkan lewat air.dan rasanya sedikit pahit. Penggunaan air yang kurang berkualitas untuk keperluan mandi maupun mencuci juga dapat berakibat langsung pada kesehatan mata dan kulit. masyarakat yang mengkonsumsi air itu perlahan akan melemah. Dijelaskan. Apalagi saat musim kemarau. Sedangkan dalam jangka panjang dapat mnengakibatkan penyakit keropos tulang. Hal itu berdampak bagi kesehatan penggunanya. Sekitar 90 persen sumur yang ada ternyata mengandung zat besi dan kapur. Sebagian besar menggunakan sumur untuk mendapatkan air bersih tersebut. serangan jantung serta stroke bagi warga yang mengkonsumsi air sumur yang terdeteksi mengandung kapur dan zat besi. kolera. Kuman kudis. di samping ada juga yang masih menggunakan sumur biasa. Tanda air mengandung kapur adalah jika air tersebut dimasak maka akan menimbulkan kerak berwarna putih pada dinding panci .Hal Itu akan berpengaruh timbulnya penyakit kanker. diare. kurap dan borok dapat mudah disebarkan melalui air.PDAM untuk mendapatkan air bersih. penggunaan air yang berkualitas kurang baik seperti air yang mengandung kapur jika dikonsumsi dalam jangka pendek . tipus dan disentri.

Perairan Laut Perairan laut adalah air permukaan yang berada di lautan luas. empang. Air permukaan dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu : a. a. yakni air tanah preatis dan air tanah artesis. dan lain sebagainya. danau. b.  Air Permukaan Air pemukaan adalah air yang berada di permukaan tanah dan dapat dengan mudah dilihat oleh mata kita. sungai. kali. Air tanah dapat kita bagi lagi menjadi dua. dan lain sebagainya. Air Tanah Preatis Air tanah preatis adalah air tanah yang letaknya tidak jauh dari permukaan tanah serta berada di atas lapisan kedap air / impermeable. b. rawa. Contoh air permukaan seperti laut. sungai. Contohnya seperti air laut yang berada di laut. danau. Air Tanah Artesis Air tanah artesis letaknya sangat jauh di dalam tanah serta berada di antara dua lapisan kedap air.2 Persayaratan Air Sehat .Sedangkan pembagian jenis – jenis air di kategorikan menjadi dua bagian. 3. Perairan Darat Perairan darat adalah air permukaan yang berada di atas daratan misalnya seperti rawa-rawa. diantaranya ialah :  Air Tanah Air tanah adalah air yang berada di bawar permukaan tanah.

nitrat. 3. Air yang terasa asam. Rasanya tawar. Kekeruhan pada air biasanya disebabkan oleh adanya butir-butir tanah liat yang sangat halus. Rasa asin disebabkan adanya garam-garam tertentu yang larut dalam air. sedangkan bila pHnya tinggi terasa pahit. dan hati. sedangkan rasa asam diakibatkan adanya asam organik maupun asam anorganik. Karena dalam jangka panjang akan menimbulkan kerusakan pada ginjal. Air yang baik memiliki ciri tidak berbau bila dicium dari jauh maupun dari dekat. Derajat keasaman (pH) nya netral sekitar 6. Tubuh kita hanya memerlukan ion-ion tersebut dalam jumlah yang sangat sedikit sedikit sekali. ion magnesium. Air yang berwarna berarti mengandung bahan-bahan lain berbahaya bagi kesehatan.5 . Air yang pHnya rendah akan terasa asam. . atau asin menunjukan bahwa kualitas air tersebut tidak baik. Air yang berbau busuk mengandung bahan-bahan organik yang sedang didekomposisi (diuraikan) oleh mikroorganisme air. Tidak berwarna. selokan. Contoh air alam yang terasa asam adalah air gambut (rawa) 5. 6.5 – 8.Tidak berbau. air buangan dari pabrik . Kesadahan air dapat diakibatkan oleh kandungan ion kalsium (Ca2+) dan magnesium (Mg2+) . Kesadahannya rendah. pahit. Meskipun ion kalsium. Tidak mengandug zat kimia beracun. amoniak serta bahan radioaktif. Air harus jernih atau tidak keruh. Hal ini dapat dilihat bila sabun atau deterjen yang digunakan sukar berbusa dan di bagian dasar peralatan yang dipergunakan untuk merebus air terdapat kerak atau endapan. Air sadah dapat juga mengandung ion-ion Mangan (Mn2+) dan besi (Fe2+) yang memberikan rasa anyir pada air dan berbau. 2. air sumur yang tercemar dan lain-lain. 4. misalnya pada air rawa berwarna kuning . senyawa sulfida. ion besi dan ion mangan diperlukan oleh tubuh kita. Semakin keruh menunjukkan semakin banyak butir-butir tanah dan kotoran yang terkandung di dalamnya. senyawa fenolik. timbal.Air yang sehat harus memenuhi beberapa persyaratan antara lain : 1. manis. serta akan menimbulkan noda-noda kuning kecoklatan pada peralatan dan pakaian yang dicuci. misalnya arsen. Air sadah yang banyak mengandung ion-ion tersebut tidak baik untuk dikonsumsi. senyawa raksa.

seperti kekeruhan. dan hepatitis.Batas kadar ion besi yang diizinkan terdapat di dalam air minum hanya sebesar 0. paratyphus. Analisis kualitas air dapat dilakukan di laboratorium maupun secara sederhana.Kalsium untuk pertumbuhan tulang dan gigi.005 – 0. Bila perubahannya lambat atau baru berubah setelah pengamatan satu malam. ion kalsium : 75 – 200 ppm dan 1on magnesium : 30 – 150 ppm. bakteri tersebut akan mati 3. yaitu sebagai berikut : • • • Setengah gelas air yang akan diperiksa dicampurkan dengan segelas air teh. besi dibutuhkan untuk pembentukan sel darah merah.1 sampai 1 ppm ( ppm = part per million. Dengan memasak air terlebih dahulu hingga mendidih.3 Pengujian Kualitas Air Secara Sederhana Untuk menguji kualitas air. namun biayanya cukup mahal. kandungan kimiawinya lebih sedikit. typhus. lendir dan lapisan seperti minyak di permukaan. mangan dan magnesium merupakan zat yang membantu kerja enzim. berwarna dan berbau dapat langsung diseteksi dengan panca indera. Tidak boleh mengandung bakteri patogen seperti Escheria coli . yaitu kolera. Namun air yang terlihat jernih dan tidak berbau belum tentu aman untuk digunakan untuk minum. yaitu bakteri yang biasa terdapat dalam tinja atau kotoran. 0. 7.5 ppm. Semakin cepat perubahan yang terjadi pada air teh menunjukkan semakin tinggi kandungan kimiawi air tersebut. Selanjutnya didiamkan dalam keadaan terbuka hingga satu malam Periksalah apakah ada perubahan warna. Untuk ion mangan . namun tetap air itu kurang . Karenanya perlu diuji kualitasnya apakah memenuhi syarat kesehatan ataukah tidak. 1ppm = 1 mgr/1liter). Pemeriksaan di laboratorium akan menghasilkan data yang lengkap dan bersifat kuantitatif. Analisis secara sederhana dapat dilakukan sendiri di rumah untuk menguji kandungan kimia dalam air. serta bakteri-bakteri lain yang dapat menyebabkan penyakit usus dan limpa.

kecuali untuk dikonsumsi. maka secara kimia kualitas air itu baik. Gambar 1. Dapat digunakan untuk keperluan lain. maka air tersebut kurang baik secara biologis (mengandung mikroorganisme atau bakteri berbahaya). Apabila terdapat perubahan warna atau gumpalan warna (putih. Bila air tetap berwarna seperti air teh. Air yang baik akan tetap jernih meskipun disimpan selama 5 hari. Pengujian kandungan kimia air menggunakan air teh Pengujian air secara biologis dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut : • • • Air yang diuji dimasukkan ke dalam gelas kemudian ditutup. Semakin cepat terjadinya perubahan warna atau gumpalan pada air yang diperiksa menunjukkan semakin tinggi kadar mikroorganisme yang dikandungnya. ungu atau biru. hitam atau hijau). Air yang mengandung tingkat kesadahan dan kandungan logam tinggi dapat terlihat bila air teh berubah menjadi hitam. . Air tersebut dibiarkan sampai lima hari Setelah lima hari air diperiksa.baik dikonsumsi.

rasa dan warna menurunkan dan mematikan mikroorganisme (bakteri) megurangi kadar zat kimia yang terlaut dalam air. Pengujian Sifat Biologi Air Secara Sederhana 3.Gambar 2. Adapun tujuan pengolahan air adalah untuk : o o o o o menurunkan kekeruhan menghilangkan bau.4 Pengolahan Air Proses pengolahan air merupakan upaya untuk mendapatkan air yang bersih dan sehat untuk air ninum dan keperluan sehari-hari sesuai dengan standar mutu air untuk kesehatan. ion-ion penyebab kesadahan air (besi dan mangan) dan zat-zat terlarut lainnya. meurunkan kesadahan Memperbaiki derajat keasaman (pH) Berikut ini diuraikan pengolahan air dengan menggunakan proses dua tahap yaitu : pengendapan dengan cara kimia dan penyaringan. Tahap pengendapan dilakukan untuk mengendapkan kotoran berupa lumpur/tanah liat. Tahap penyaringan dilakukan untuk menghilangkan bau dan endapan. .

Penggunaan air yang kurang baik seperti air yang mengandung kapur jika dikonsumsi dalam jangka pendek. 4. kerusakan ginjal dan hati. Kandungan kapur dalam air sumur sangat tidak baik dikonsumsi oleh masyarakat karena berdampak negative bagi kesehatan. kolera. Penggunaan air yang kurang berkualitas untuk keperluan mandi maupun mencuci juga dapat brakibat langsung pada kesehatan mata dan kulit. tipus dan disentri. 2.IV. 3. kerusakan gigi. KESIMPULAN 1. dapat mengakibatkan muntaber. . diare. Sedangkan dalam jangka panjang dapat mengakibatkan penyakit keropos tulang.

unep. 1995.DAFTAR PUSTAKA http://arulalmy. Penebar Swadaya. Jakarta .com/detailnews.htm Kusnaedi. Mengolah air gambut dan air kotor untuk air minum.org/vitalwater/01.com/2009/07/28/cara-membuat-air-sumur-menjadi-bersih-danjernih/ http://www.beritajatim.wordpress.php/11/Pendidikan_&_Kesehatan/2009 http://www.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful