METODE PENELITIAN LINGUISTIK PENELITIAN KUANTITATIF

Oleh: KELOMPOK 3 
Silvia Purnama Sari Dwi Firma Sari Firman Liyana Ruhanisa

METODE PENELITIAN KUANTITATIF y Pengertian .

dan kepastian data numerik .y Penelitian kuantitatif banyak dipergunakan baik dalam ilmu-ilmu alam maupun ilmu-ilmu sosial. analisis data dan kesimpulan data sampai dengan penulisannya mempergunakan aspek pengukuran. perhitungan. dari fisika dan biologi hingga sosiologi dan jurnalisme y Metode penelitian kuantitatif merupakan penelitian yang dalam usulan penelitian. hipotesis. proses. turun ke lapangan. rumus.

KARAKTERISTIK PENELITIAN KUANTITATIF Menurut Williams (1988) ada 5 karakteristik. konkrit. . obyektif dan harus apa adanya. y Penelitian kuantitatif selalu on line process. bahkan mekanistik y Penelitiannya bebas dari ikatan konteks dan waktu. teramati. y Pada dasar pandangan interaksi antara peneliti dengan obyek penelitiannya. penelitian kuantitatif melihat sebagai independen. y Penelitian kuantitatif melihat segala sesuatu bebas nilai. dualistic.yaitu : y Melihat realitas sebagai tunggal. dan dapat di fragmentasi.

Cara yang paling sering dipergunakan para ahli guna memperoleh data kuantitatif adalah sebagai berikut: y Wawancara Wawancara merupakan suatu bentuk cara guna memperoleh keterangan-keterangan dan cara itu sudah dikenal sejak berabad-abad lamanya.1986). (Dajan. y Kuesioner Kuesioner diciptakan pertamakali oleh Sir Francis Galton. .TEORI DALAM PENELITIAN KUANTITATIF ‡ Penelitian kuantitatif dibangun berlandaskan paradigma positivisme dari August Comte (1798-1857). Sebuah kuesioner adalah teknik penelitian yang terdiri dari serangkaian pertanyaan dan petunjuk lain untuk tujuan mengumpulkan informasi dari responden.

. bentuk pengukuran yang bersifat test atau skala ada beberapa macam: y Test kecerdasan dan bakat (intelligent y Test prestasi (achievement test) y Test kepribadian (personality test) y Skala tentang sikap (attitude scale) y Skala tentang nilai (value scale) y ObservasiTingkah laku and aptitude test) Pengumpulan data secara observasi tingkah laku merupakan penarikan kesimpulan tentang ciri-ciri individu dengan cara melihat dan mendengar sendiri peristiwanya. Dalam prakteknya.y Test dan Skala Obyektif Pengumpulan data dengan cara test dan skala obyektif merupakan penarikan kesimpulan tentang cirri-ciri individu atas dasar angka-angka yang diberikan pada individu tersebut melalui test tertentu.

Proyeksi dapat dilakukan dengan cara: Menggambar Menulis essay Bermain-main dengan boneka Menceritakan cerita Menjelaskan berkas-berkas tinta atau gambar-gambar yang samar Reaksi terhadap warna dan suara Menjelaskan music Dll. . dan sikap yang ada dalam dirinya kepada obyek diluar. dan kebutuhan seseorang dengan jalan mengusahakan agar orang tersebut memproyeksikan motif.‡ Metode Proyektif y y y y y y y y Metode proyeksi merupakan proses pengumpulan data dengan cara mempelajari motif. emosi. nilai. sikap.

STRATEGI DAN TEHNIK y Wawancara y Kuesioner y Test dan skala objektif y Observasi dan tingkah laku y Metode proyektif .

bisa dilakukan dengan cara: y y y y y Wawancara Kuesioner Test dan skala objektif Observasi tingkah laku Metode proyeksi . y Cara pendekatan terhadap makro linguistik.PENELITIAN KUANTITATIF DALAM LINGUISTIK MAKRO y Penelitian kuantitatif dalam Linguistik Makro. menggunakan pedekatanpendekatan kuantitatif. leksikologi. peran dari statistik sangat penting. berarti kita memakai pendekatan-pendekatan kuantitatif dalam mengkaji hal-hal yang tercakup dalam linguistik makro seperti pragmatik. Seperti dalam teknik pengumpulan data nya. dan sosiolinguistik y dalam pengolahan dan hasil analisis data.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful