METODE PENELITIAN LINGUISTIK PENELITIAN KUANTITATIF

Oleh: KELOMPOK 3 
Silvia Purnama Sari Dwi Firma Sari Firman Liyana Ruhanisa

METODE PENELITIAN KUANTITATIF y Pengertian .

rumus. analisis data dan kesimpulan data sampai dengan penulisannya mempergunakan aspek pengukuran. dari fisika dan biologi hingga sosiologi dan jurnalisme y Metode penelitian kuantitatif merupakan penelitian yang dalam usulan penelitian. dan kepastian data numerik .y Penelitian kuantitatif banyak dipergunakan baik dalam ilmu-ilmu alam maupun ilmu-ilmu sosial. hipotesis. proses. turun ke lapangan. perhitungan.

y Penelitian kuantitatif selalu on line process. obyektif dan harus apa adanya. teramati. y Pada dasar pandangan interaksi antara peneliti dengan obyek penelitiannya.yaitu : y Melihat realitas sebagai tunggal. y Penelitian kuantitatif melihat segala sesuatu bebas nilai. penelitian kuantitatif melihat sebagai independen. .KARAKTERISTIK PENELITIAN KUANTITATIF Menurut Williams (1988) ada 5 karakteristik. dualistic. bahkan mekanistik y Penelitiannya bebas dari ikatan konteks dan waktu. dan dapat di fragmentasi. konkrit.

1986). . (Dajan. Sebuah kuesioner adalah teknik penelitian yang terdiri dari serangkaian pertanyaan dan petunjuk lain untuk tujuan mengumpulkan informasi dari responden. Cara yang paling sering dipergunakan para ahli guna memperoleh data kuantitatif adalah sebagai berikut: y Wawancara Wawancara merupakan suatu bentuk cara guna memperoleh keterangan-keterangan dan cara itu sudah dikenal sejak berabad-abad lamanya.TEORI DALAM PENELITIAN KUANTITATIF ‡ Penelitian kuantitatif dibangun berlandaskan paradigma positivisme dari August Comte (1798-1857). y Kuesioner Kuesioner diciptakan pertamakali oleh Sir Francis Galton.

. bentuk pengukuran yang bersifat test atau skala ada beberapa macam: y Test kecerdasan dan bakat (intelligent y Test prestasi (achievement test) y Test kepribadian (personality test) y Skala tentang sikap (attitude scale) y Skala tentang nilai (value scale) y ObservasiTingkah laku and aptitude test) Pengumpulan data secara observasi tingkah laku merupakan penarikan kesimpulan tentang ciri-ciri individu dengan cara melihat dan mendengar sendiri peristiwanya. Dalam prakteknya.y Test dan Skala Obyektif Pengumpulan data dengan cara test dan skala obyektif merupakan penarikan kesimpulan tentang cirri-ciri individu atas dasar angka-angka yang diberikan pada individu tersebut melalui test tertentu.

dan sikap yang ada dalam dirinya kepada obyek diluar. Proyeksi dapat dilakukan dengan cara: Menggambar Menulis essay Bermain-main dengan boneka Menceritakan cerita Menjelaskan berkas-berkas tinta atau gambar-gambar yang samar Reaksi terhadap warna dan suara Menjelaskan music Dll. dan kebutuhan seseorang dengan jalan mengusahakan agar orang tersebut memproyeksikan motif. sikap. emosi. nilai. .‡ Metode Proyektif y y y y y y y y Metode proyeksi merupakan proses pengumpulan data dengan cara mempelajari motif.

STRATEGI DAN TEHNIK y Wawancara y Kuesioner y Test dan skala objektif y Observasi dan tingkah laku y Metode proyektif .

PENELITIAN KUANTITATIF DALAM LINGUISTIK MAKRO y Penelitian kuantitatif dalam Linguistik Makro. y Cara pendekatan terhadap makro linguistik. peran dari statistik sangat penting. leksikologi. menggunakan pedekatanpendekatan kuantitatif. bisa dilakukan dengan cara: y y y y y Wawancara Kuesioner Test dan skala objektif Observasi tingkah laku Metode proyeksi . Seperti dalam teknik pengumpulan data nya. dan sosiolinguistik y dalam pengolahan dan hasil analisis data. berarti kita memakai pendekatan-pendekatan kuantitatif dalam mengkaji hal-hal yang tercakup dalam linguistik makro seperti pragmatik.