TUGAS TERSTRUKTUR MATAKULIAH SEMINAR PEMASARAN Studi Kasus Lingkungan Pemasaran

GINANJAR EKO NUGROHO WAHYU FITRAYANTO NUGRAHA PANCA PRIBADI

C1B006054 C1B008008 C1B008017

UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN PURWOKERTO

1 Latar Belakang Salah satu karakteristik utama di akhir abad dua puluh adalah globalisasi bisnis. apalagi pasar negara sedang berkembang.2 Perumusan Masalah Peraturan atau kebijakan apa saja yang berkaitan dengan merokok diberbagai Negara? 1. Paling tidak. BMW Jerman dan sebagainya mendapatkan sambutan antusias di Negara-negara lain. pen Monte Blanc. sushi Jepang. Dengan komunikasi. Oleh karena itu tidak heran jika dikatakan bahwa bisnis masa depan adalah bisnis global. hamburger McDonald’s. analisis Lingkungan Pemasaran khususnya lingkungan politik bertujuan untuk mengetahui kebijakan setiap Negara dalam mengatur dan membatasi perkembangan industri rokok. transportasi. .BAB I PENDAHULUAN 1. Proses globalisasi telah mendapatkan momentum dan diperkirakan terus bergerak dengan tingkat eskalasi yang semakin tinggi dan intensitas yang lebih dalam pada awal abad dua puluh satu. 1. Globalisasi pasar menempati posisi yang paling tinggi dari berbagai persoalan yang dianggap signifikan oleh para eksekutif dunia. Globalisasi merambah semua jenis produk dan tidak menyisakan wilayah geografis tertentu. Hanya perusahaan yang memiliki skala operasi global yang dapat terus menerus memiliki peluang mempertahankan dan mempertinggi tingkat pertumbuhan perusahaan. perusahaan yang hanya beroperasi pada skala domestik (lokal) memiliki kendala yang cukup signifikan dalam menumbuh-kembangkan perusahaan secara terus menerus. dan arus keuangan yang lebih cepat. Besar pasar dan potensi daya beli konsumen global mengindikasikan adanya peluang bisnis yang hampir tidak terbatas. yang lebih cepat mencapai tahap kejenuhan. setelan Pierre Cardin. dunia menyusut dengan cepat sehingga tidak heran jika suatu produk yang dikembangkan di suatu Negara seperti dompet Gucci. Globalisasi dunia sering dikatakan akan memiliki implikasi ekonomis yang setara bahkan lebih besar dibanding Revolusi Industri.3 Tujuan Secara umum. Sepertinya perusahaan-perusahaan tersebut tidak memiliki batas pertumbuhan. jauh lebih besar dibanding pasar domestik satu Negara tertentu.

Secara keseluruhan.BAB II ISI Lingkungan Mikro Merupakan pelaku dan kekuatan di sekitar perusahaan.meliputi:         Demografi Ekonomi Politik Sosial Budaya Hukum Teknologi Alam .yang meliputi:      Pemasok Distributor Pesaing Pelanggan Pasar/Masyarakat. yangs secara langsung mempengaruhi kemampuan bisnis dan kinerja pemasaran perusahaan. Lingkungan Makro Merupakan kekuatan yang melingkupi dan berpengaruh secara langsung / tidak langsung terhadap perusahaan serta lingkungan mikro.

dan kejadian lain yang dapat menambah biaya penjualan dalam jangka pendek dan mengancam kepuasan pelanggan dalam jangka panjang. kekurangan pasokan. . Bagian pembelian berfikir tentang cara mendapatkan pasokan dan bahan mentah.Identifikasi Pasar dalam lingkup mikro : 1. Reseller termasuk pedagang besar dan pengecer yang membeli dan menjual kembali barang dagangannya. dan bagian akuntasi harus memastikan pendapatan dan biaya agar dapat mengetahui persentase kenaikan penjualan bagian pemasaran. distributor fisik. dan perantara keuangan. tujuan. 3. Selain itu. Pemasok Pemasok adalah suatu penghubung penting dalam keseluruhan sistem pemberian nilai kepada pelanggan. Yang termasuk didalamnya yaitu reseller. sementara bagian pabrik akan bertanggung jawab dalam menghasilkan mutu dan kualitas produk yang diharapkan. Mereka memberikan sumberdaya yang dibutuhkan perusahaan untuk memproduksi barang dan jasa-nya. banyak reseller yang semakin kuat dalam menumbuhkan organisasi reseller didalam perusahaannya. Perkembangan pemasok dapat mempengaruhi pemasaran secara serius. pengiriman. Perusahaan Kelompok yang saling berhubungan ini membentuk lingkungan internal. Manajemen tingkat atas menetapkan misi perusahaan. manajer pemasaran juga memonitor tren harga dari input-input utama mereka. Manajer pemasaran harus mengamati keadaan pasokan. dan terus tumbuh secra rutin untuk memiliki kekuatan yang cukup dalam hal-hal tertentu atau bahkan mengeluarkan perusahaan manufaktur dari pasar yang besar. dan mendistribusikan produknya ke pembeli akhir. dan harus diketahui terlebih dahulu sebelum diimplementasikan. Bagian keuangan menjalankan rencana pemasaran. disesuaikan dengan faktor-faktor seperti biaya. Bagian riset dan pengembangan berfokus untuk merancang produk yang aman dan menarik. kekurangan pasokan. Dalam kerjasama dengan perusahaan pergudangan dan transportasi. Seluruh bagian ini memiliki pengaruh pada rencana dan tindakan manajemen pemasaran. dan keamanan. agen pelayanan pemasaran. Perantara Pemasaran Perantara pemasaran membantu perusahaan dalam mempromosikan. Saat ini. perusahaan harus memutuskan cara terbaik menyimpan dan mengirimkan produknya. strategi secara luas dan kebijakan-kebijakan perusahaan. kecepatan. 2. Kemudian manajer pemasaran membuat kebijakan berdasarkan rencana yang dibuat oleh manajemen tingkat atas. Perusahaan distribusi fisik membantu perusahaan menyimpan dan memindahkan barang-barang dari asal ke tempat tujuannya.

tidak hnaya perusahaan lain yang menghasilkan produk sejenis. Untuk menjadi sukses.dll. Perusahan harus bekerjasama secara efektif dengan pemasok dan perantara untuk mengoptimalkan kinerja seluruh sistem.Agen pelayanan pemasaran antara lain perusahan riset pemasaran. perusahaan media massa. Pasar konsumen. seperti konsumen. Pasar pemerintah. Pasar internasional. perusahaan harus melakukan lebih banyak dari sekedar mengoptimalkan kinerjanya sendiri. Pemasar harus selalu memonitor tawaran pesaing dalam rangka menciptakan keunggulan strategik. 4. perusahaan harus memberikan nilai dan kepuasaan yang lebih besar kepada pelanggan daripada pesaingnya. prdusen. Saat ini batasan pesaing menjadi lebih luas. Pelanggan Ada lima jenis tipe pasar pelanggan : 1. 3. Perantara pemasaaran juga membentuk komponen yang penting dalam keseluruhan sitem pemberian nilai perusahaan. perusahaan asuransi. 2. Perantara keuangan termasuk bank. yang membeli barang dan jasa untuk dijual kembali dengan tingkat laba tertentu. Persaingan biasanya terdiri dari para pesaing langsung. 4. Pasar seller. yang terdiri dari pembeli-pembeli dari negara lain. agen-agen iklan. reseller. Pada dasarnya. dan konsultan pemasaran yang membantu perusahaan dalam menargetkan dan mempromosikan produknya pada pasar yang tepat. yang membeli barang atau jasa untuk di proses lebih lanjut atau digunakan pada proses produksi mereka. Daerah yang bersaing menunjukkan para pesaing yang sebenarnya dan potensial. Penting bagi pemasar untuk senantiasa melakukan analisis pesaing bagi keberhasilan perusahaan. dan perusahaan lainnya yang membantu membiayai transaksi atau menanggung resiko yang berkaitan dengan pembelian dan dan penjualan produk. Pesaing Analisis persaingan dimulai dengan mengidentifikasi struktur industri dimana organisasi akan bersaing dan menguraikan karakteristiknya. Dalam pencariaannya. perusahaan kredit. yang mambeli barang dan jasa untuk melakukan pelayanan masyarakat atau memberikannya pada orang-orang yang membutuhkan yang dilakukan oleh agen-agen pemerintah. yang membeli barang untuk dikonsumsi sendiri. bahkan produk lain yang sangat berbeda tetapi memperebutkan suatu anggaran yang terbatas. 5. Pasar bisnis. 5. tidak ada strategi pemasaran kompetitif . Mereka juga harus memikirkan keunggulan strategis dengan menempatkan posisi penawaran mereka kuat-kuat pada pikiran konsumen untuk melawan penawaran pesaing. untuk menciptakan hubungan pelanggan yang memuaskan.

kelompok minoritas. Termasuk tempat tinggal warga dan organisasi komunitas. 4. diantranya : . Mempengaruhi keemampuan perusahaan memperoleh dana. dll. Pemasar harus sering berkonsultasi dengan penasihat hukum perusahaan mengenai masalah-masalah keamanan produk. Sebuah perusahaan harus memperhatikan sikap masyarakat umum mengenai produk dan aktivitas perusahaan tersebut. Bank. Masyarakat lokal.yang paling baik yang berlaku bagi setiap perusahaan. Memberikan berita. Lingkungan ekonomi Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi perekonomian Indonesia. 6. Anggaplah. perusahaan menginginkan suatu tanggapan spesifik dari masyarakat khusus. maka perasaan yang baik ini akan menyebar ke masyarakat eksternal. 2. Manajemen harus memperhitungkan pembangunan pemerintah. 7. Identifikasi Pasar dalam lingkup makro : 1. kebenaran iklan. Masyarakat internal. atau sumbangan waaktu atau uang. dll. Masyarakat (public) Masyarakat adalah kelompok individu yang dapat mempengaruhi kemampuan organisasi dalam mencapai tujuannya. Perusahaan harus menentukan ukuran dan posisi industrinya sendiri dibandingkan dengan pesaingnya. Perusahaan harus dapat mempersiapkan rencana pemasaran untuk masyarakat utama ini sebaik untuk pasar pelanggan mereka. Perusahaan harus merancang penawaran yang cukup menarik kepada masyarakat untuk menghasilkan tanggapan yang diharapkan. pekerja. Masyarakat keuangan. Dan yang termasuk masyarakat internal yaitu. Masyarakat media. Masyarakat gerakan warga. Bagian hubungan masyarakat dalam suatu perusahaan dapat membantu untuk tetap berhubungan dengan kelompok konsumen dan warga 5. dan opini editorial. Sebuah keputusan pemasaran perusahaan mungkin dipertanyakan oleh organisasi konsumen. manajer. sukarelawan. seperti goodwill. rumah investasi. Ketika karyawan merasa baik mengenai perusahaan mereka. rumor yang baik. kelompok-kelompok lingkungan. Yang termasuk dalam masyarakat media adalah surat kabar. stasiun radio dan televisi. dan dewan direksi. Masyarakat pemerintah. 6. Perusahaan besar menggunakan laporan berkala dan media lain untuk memberikan informasi dan memotivasi masyarakat internal mereka. majalah. Tujuh tipe masyarakat : 1. dan pemegang saham merupakan masyarakat keuangan utama. 3. Citra perusahaan di mata masyarakat berpengaruh pada pembeliannya. topik. Masyarakat umum.

Jadi. banyak pemasar yang menemukan bahwa hal ini menjadi peluang bagi mereka yang menganggap bahwa konsumen akan semakin bergairah untuk membeli produk dalam memenuhi kebutuhannya karena masingmasing individu memiliki pendapatan tersendiri dan mereka berhak mendistribusikan pendapatan tersebut ke berbagai sumber. sehingga timbulnya persaingan harga diantara para produsen. Manfaat perdangan internasional yaitu : a. b.Pendapatan Pendapatan ada 5 (lima) macam pendapatan suatu negara yaitu : 1. 3. Akibatnya. atau mutu hidup. Maka dengan didasarkan hal tersebut. c. Lingkungan sosial-budaya a. P I (Personal Income) atau Pendapatan Perorangan Bruto 5. 2. maupun warga negara yang tinggal di luar negeri. banyak wanita yang lebih mementingkan karir dibandingkan hakikatnya menjadi seorang ibu rumah tangga. D I (Disposable Income) atau Pendapatan Perorangan Netto  Perdagangan Internasional Yaitu hubungan tukar-menukar barang atau jasa yang saling menguntungkan antara negara satu dengan negara yang lainnya.  . N I (National Income) atau Pendapatan Nasional 4. makna pekerjaan mengalami perubahan ketika lebih banyak orang mempertanyakan cara-cara tradisional dalam mendefinisikan keberhasilan. G N P (Gross National Product) atau Produk Nasional Bruto GNP adalah seluruh pendapatan negara baik yang berasal dari warga negara yang tinggal di negara tersebut. hilangnya kepercayaan pada institusi. Menjadikan para pemasar lebih jeli dalam melihat kondisi global saat ini. Dapat memperolah barang atau jasa yang lebih murah. Contohnya saat ini. d. dan perasaan tentang keterbatasan. nilai-nilai individu berbalik arah karena berbagai alasan. 2. Untuk memenuhi kebutuhan barang atau jasa yang masih terbatas dalam pnyediaannya ataupun yang belum tersedia di negara tersebut. diantaranya kekatukan menghadapi masa depan. individu lebih memperhatikan tentang aktualisasi diri. GDP (Gross Domestic Product) atau Produk Domestik Bruto GDP adalah seluruh pendapatan negara yang hanya berasal dari seluruh warga yang tinggal di negara tersebut. Perubahan dalam nilai individu Saat ini. Mendorong kegiatan ekonomi dalam negeri untuk memperluas cakupan pasar dalam lingkup internasional. Baik warga negara asli maupun warga negara asing.

pekerjaan. furnitur.  Tahap Hidup Orang-orang dalam bagian sikus hidup yang sama mungkin berbeda dalam tahap hidup mereka. saat ini sudah umum bagi seluruh anggota keluarga untuk mempengaruhi pembelian dari produkproduk seperti perumahan. banyak perusahaan makanan mengarahkan kembali sebagian komunikasi pemasaran mereka dari media yang ditunjukkan terutama bagi kaum wanita kepada kaum pria dan anak-anak. Perubahan dalam struktur keluarga evolusi keluarga secara nyata mengubah proses pembelian terhadap pembelian. wanita mungkin berelasi dengan produk lebih pada level personal. ukuran keluraga. . generasi. Pampers. baby diapers membagikan pasarnya menjadi perkelahiran. sedangkan wanita suka mengambilnya tanpa diminta.  Jenis kelamin Pria dan wanita cenderung memiliki orientasi sikap dan perilaku yang berbeda.b. cruiser (6-12 bulan). pasar dibagi menjadi kelompok-kelompok berdasarkan variabel seperti usia. ras. penghasilan. memutuskan hidup bersama dengan seseorang. kewarganegaraan. Wanita cenderung memperhatikan kebersamaan dan pria cenderung mengambil lebih banyak data lingkunga dekat mereka. mau menikah lagi. bayi (2-5 bulan). 3. Lingkungan Demografi Dalam segmentasi demografis. Variabelvariabel demogarafis merupakan dasar yang paling popular untukl membedakan kelompokkelompok pelanggan. dan perlatan rumah tangga. agama. Pria sering membaca informasi produk. Tahap hidup menentukan persoalan utama. pendidikan. seperti mau bercerai. kelahiran baru (0-1 bulan). menemukan bahwa pria sring harus diundang untuk menyentuh produk. Pengaruh pria dalam pembelian makanan dibandingkan dengan wanita telah meningkat di dalam rumah tangga dimana kedua pasangan suami-istri itu bekerja di luar rumah. dan lain-lain. sebagian didasarkan pada unsur genetik dan sebagian pada praktik sosialisasi. siklus hidup keluarga.  Usia Dan Tahap Siklus Hidup Keinginan dan kemampuan konsumen berubah sejalan dengan usia. mobil. Tahap hidup itu menyajikan peluang-peluang bagi pemasar yang dapat membantu orang menghadapi persoalan-persoalan utama mereka. merawat orang tua yan sudah berumur. Akibatnya. belajar jalan (13-18 bulan). Sebuah riset menunjukkan bagaiamana cara pria dan wanita berbelanja. jenis kelamin. dan kelas sosial.

perabot rumah. dan digunakan untuk mengembangkan produk-produk baru seperti jam tangan digiltal. radio. aktivitas rekreasi dan lainnya.Agrikultur : produksi lebih banyak ternak dan tanaman resistan. Elektronik pertama kali digunakan dalam komputer. Lingkungan Teknologi  Trend dalam biologi Revolusi biologis merupakan titik awal terkini.farmasi : produksi substansi farmasi seperti insulin dan interferon.  Kelas Sosial Kelas sosial memiliki pengaruh kuat terhadap preferensi seseorang atas mobil. produksi hormon pertumbuhan manusia untuk mencegah kekerdilan dan menghambat pembuangan otot. kamera otomatis. dan protein dengan fermentasi ganggang atau dengan aksi ragi terhadap hidrokarbob. Contohnya: tomat hasil rekayasa genetika yang lebih enak akan diujipasarkan.Diferensiasi menurut jenis kelamin telah lama diterapkan dalam pakaian. pakaian. seperti otomotif. dan jenis kanker tertentu.  Trend dalam elektronik Elektronik telah memainkan peranan penting dalam masyarakat sejak tahun 1950-an. termasuk AIDS. video games.  Penghasilan Segmentasi menurut penghasilan merupakan praktik lain yang bertahan lama dalam jenisjenis barang dan jasa. dan mikrokomputer. kosmetik. Dengan memodifikasis karakteristik hereditas bakteri. Namun. penataan rambut. dan pengenalan dari vaksin hasil rekayasa genetika untuk melenyapkan banyak penyakit infeksi. pestisida dan insektisida biologis non-polusi. . . perahu. . pakaian. dan majalah. Avon telah lama membangun sbuha bisnis lebih dari $ 6 miliar yang menjual produk-produk kecantikan pada wanita. pengghasilan tidak selalu menjadi peramal pelanggan terbaik bagi produk tertentu. 4. kosmetik. televisi. dan perjalanan. para ahli biologi telah membuka seluruh bidang riset baru yang berkaitan dengan subyek itu yang mempertajam kekuatan tubuh untuk menyembuhkan sendiri.

Organisasi-organisasi LSM dan buruh di satu sisi memberikan pengaruh positif kepada pekerja untuk menyuarakan berbagai aspirasi mereka. dan agama. pemetaan peluang bisnis juga perlu melihat berbagai aturan yang mengatur industri tersebut sehingga tidak terjadi bentrokan ataupun masalah di kemudian hari.  Kepercayaan. . dan agama yang berbeda mempunyai pola konsumsi dan gaya hidup yang berbeda dengan yang berlainan kepercayaan. tradisi. tradisi. Pada kelompok orang dengan kepercayaan.Lingkungan Politik  Aturan-aturan dalam sektor industri. Lingkungan Budaya  Perbedaan budaya pada masing-masing negara. Perbedaan budaya menjadikan gaya hidup masing-masing negara dan daerah berbeda juga. Dalam menjalankan bisnis. karena harus melakukan banyak kompromi dengan mereka. Dan pada hal-hal tertentu. Karena itu. aturan merupakan satu landasan mutlak.  Tumbuhnya organisasi-organisasi LSM dan buruh. Pemahaman budaya pada setiap daerah akan memudahkan pemasar menyesuaikan produk ataupun jasanya sesuai dengan kebutuhan daerah tersebut. agama mempunyai peran yang signifikan karena mengatur mana yang boleh dan mana yang tidak dalam hal mengkonsumsi produk ataupun jasa. Tetapi organisasi pekerja yang terlalu kuat akan menyulitkan perusahaan dalam beberapa proses pengambilan keputusan. 5.

A Menthol Lights Djarum BLACK Djarum BLACK Slimz Djarum BLACK Cappucino Djarum BLACK Tea The President (dicabutdariperedaran) 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 Inspiro (dicabutdariperedaran) Djarum Classic (dicabutdariperedaran) Djarum Vanilla Djarum Splash Djarum Original Djarum Cherry Djarum Menthol Djarum Special Djarum Filter (dicabutdariperedaran) Djarum Super Mezzo Filtra (dicabutdariperedaran) DjarumMerdeka (dicabutdariperedaran) .1 Profil PT Djarum PT. Djarum adalah sebuah perusahaan rokok di Indonesia yang bermarkas di Kudus. Produk 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 DjarumCoklat Djarum Istimewa Djarum 76 Nuu Mild Djarum Super L.A Lights L. Selain itu. di ikuti merek Djarum Super yang diperkenalkan pada tahun1981. Jawa Tengah. Tiga tahun kemudian Djarum memasarkan Djarum Filter. PB Djarum.Setelah kebakaran hampir memusnahkan perusahaan pada tahun 1963 (Oei meninggal tak lama kemudian). Djarum juga dikenal aktif terlibat dalam dunia bulu tangkis.BAB III PEMBAHASAN 3. yang dua-duanya merupakan putra Oei. Djarum merupakan salah satu dari tiga perusahaan rokok terbesar di Indonesia (dua lainnya adalah Gudang Garam dan HM Sampoerna). sejak tahun 1998 perusahaan Djarum juga telah menguasai sebagian besar saham Bank Central Asia. Selain dunia rokok. Pada tahun 1972 Djarum mulai mengeskpor produk rokoknya keluar negeri. merek pertamanya yang diproduksi menggunakan mesin. Djarum kembali bangkit dan memodernisasikan peralatan dipabriknya. Oei mulai memasarkan kretek dengan merek "Djarum" yang ternyata sukses dipasaran.Saat ini Djarum dipimpin Budi Hartono dan Bambang Hartono. Sejarah Djarum berawal saat Oei Wie Gwan membeli usaha kecil dalam bidang kretek bernama Djarum Gramophon pada tahun 1951 dan mengubah namanya menjadi Djarum. telah menghasilkan pemain-pemain kelas dunia seperti Liem Swie King dan Alan Budikusuma. Klub bulu tangkisnya.

Nitisemito yang ingin membuat lantai kamarnya dengan uang golden. (Lintasan Sejarah dan Peranan Bagi Pembangunan Bangsa dan Negara. Fokus pada pelanggan. rokok kretek diproduksi untuk dipasarkan. Organisasi yang terus belajar. Di sini ada dua pendapat yang belum bisa dipastikan. oleh Ong Hok Ham & Amen Budiman). ia menggunakan minyak cengkeh untuk mengobati penyakitnya. Pada tahun 2007. Ada tiga jenis rokok yang kita kenal selama ini.” Jelas Handojo Setyo dalam seminarnya pada acara Facktory Visit. tapi dengan diplomatis pemerintah mengungkapkan bahwa beliau dapat melanjutkan niatannya asal posisi uang golden tersebut dalam posisi berdiri. PT Djarum. PT. Pada tahun 1905. “Kenapa kita tidak mendapat Koperasi Teladan tahun 1997? Karena mau memberi kesempatan kepada koperasi yang lain. Djamhari (Kebangsaan Indonesia) pada tahun 1880 dikota Kudus (Kudus kota keretek). Pada tahun 2001 mendapatkan penghargaan dan ISO diperbaiki menjadi ISO 9001-2000. 3. 2. Karena hal itulah masalah keselamatan dan kesehatan bukan lagi menjadi masalah bagi perusahaan ini. Nitisemito tahu bahwa itu hanya penolakan halus pemerintah. Djamhari adalah seorang perokok dan ia sering merasa sesak napas. Program yang dimulai sejak tahun 1977 ini telah banyak berpengaruh untuk masyarakat sekitar. Terbukti pasar untuk produk ini sangat pesat. Karena ketekunannyalah. perusahaan ini juga memiliki kinerja yang sesuai dengan standar ISO (ISO tahun 9001-1994). koperasi ini juga memperoleh penghargaan sebagai Koperasi Teladan dari tahun 1993 sampai dengan 1996. Nitisemito adalah orang yang membangun perusahaan itu dan dinamakan BalTiga. 1 Rembang dan 2 di Jepara) ini cukup di akui masalah kesehatan dan keselamatan kerja karyawannya. 4. dengan adanya program ini akhirnya kota Kudus dapat hijau . Rokok Cerutu (Terbuat dari daun tembakau dan dibungkus dengan daun tembakau pula). Perusahaan pertama dari luar negeri yang memproduksi rokok ini adalah Nederland Indie Trade Bureau pada tahun 1908. Tanggung jawab social Perusahaan yang memiliki 76 lokasi kerja (70 di Kudus.Hal ini dibuktikan dengan niatan M. Alhasil percobaannya tersebut membuahkan hasil dan rokok tersebut disebut kretek karena letupan api yang membakar cengkeh menghasilkan bunyitektek-tek. Hal ini membuat pemerintahan (Saat itu jajahan Belanda) tersinggung. Saat itu H. Perusahaan ini mengolah dan menghasilkan jenis rokok kretek dan cerutu. M. perusahaan ini juga aktif dalam bidang koperasi. 5. Lambang jarum yang digunakan oleh perusahaan ini adalah jarum grama phone. Satu keluarga. Rokok kretek adalah sebuah produk yang racikannya ditemukan oleh H. Pendapat pertama rencana itu dilanjutkan dan pendapat kedua M. Karena hasil auditan yang memuaskan. Perusahaan ini juga memiliki program-program penghijauan. Pada tahun 1976. hasil auditan meningkat menjadi 93% dan tahun 2008 menunggu memperoleh Bendera Emas kembali. pad tahun 2005 memperoleh Bendera Emas. 3 di Pati. Koperasi yang memiliki anggota sebanyak 51 ribuan orang ini memiliki kas hingga 75 ribu miliaran hingga Januari 2008 ini. Djarum memiliki lima nilai inti. Kota Kudus yang dulu gersang. Saat ia menderita sesak. Hal ini dibuktikan dari perolehan Zero Accident Acknowledgement pada tahun 2002. koperasi karyawan dibuka. Pada tahun 2004 di Audit External Keselamatan dan Kesehatan dengan hasil 85%. Hingga suatu ketika ia mencoba meracik daun tembakau dan bunga cengkeh untuk rokoknya. Selain itu.PT Djarum adalah salah satu perusahaan rokok di Indonesia. Selaian masalah keselamatan dan kesehatan. yaitu : 1. dan rokok kretek (Terbuat dari tembakau ditambah daun cengkeh dan dibungkus dengan kertas sigaret). rokok putih (Terbuat dari daun tembakau dan dibungkus dengan kertas sigaret). Pada tahun 1983 Djarum menjadi perseroaan terbatas. Djarum sendiri adalah perusahaan yang berdiri pada saat Indonesia telah merdeka pada tahun 1951 (tepatnya 21 April 1951). Profesionalisme. Pendiri Djarum adalah Oei Wie Gwan.

Meskipun demikian. merokok Juli 2009 di mobil dengan seorang anak di bawah usia 16 tahun adalah melanggar hukum.1 milyar orang. PT Djarum membagikan bibit mangga kepada 59 Desadi Kudus. banyak negara yang mengadakan peraturan yang melarang perokok melakukan aktivitas menrokoknya. Sementara tingkat merokok telah mendatar atau menurun di negara-negara maju. klub dan pub berlisensi mulai berlaku pada bulan Juli 2007. dan dalam 4 meter dari pintu masuk bangunan non perumahan  Australian Capital Territory: Larangan merokok di tempat umum tertutup telah berlaku sejak Desember 2006  Victoria: Larangan merokok di tempat umum tertutup telah berlaku sejak Juli 2007  New South Wales: Sebuah larangan merokok di semua bidang yang tertutup di restoran. perkantoran. Tidak hanya itu pada tahun 1980-1985. bandara.  Northern Territory: Sebuah larangan merokok di semua bidang yang tertutup di restoran. Dari 1. Hingga saat ini pun program penghijauan itu terus berjalan. restoran dan tempat-tempat kerja. Pada tahun 1995 sesuai dengan data dari Pemerintahan Propinsi mencatat bahwa penghasilan warga dari penjualan mangga mencapai 2. restoran. A $ 250 pada denda tempat berlaku untuk pengemudi dan penumpang apapun yang melanggar hukum dan ini akan ditegakkan oleh Kepolisian NSW. Restoran yang ingin memperbolehkan merokok harus menyediakan . klub berlisensi dan pub diberlakukan pada 2 Januari 2010. transportasi umum. makan luar daerah komersial dan minum. klub. tempat umum di luar ruangan.kembali. Menurut Sucofindo pada Agustus 2007. dan secara keseluruhan wilayah publik dilarang merokok.4% pertahun. Indonesia Di Jakarta. Total tempat umum tertutup larangan merokok berlaku sejak November 2007  Western Australia: pembatasan Tambahan diperkenalkan pada Januari 2005 dengan total larangan merokok di ruang publik tertutup semua mengambil efek dari Juli 2006  Tasmania: Total larangan merokok indoor berlaku sejak Januari 2006 Sejak Januari 2008 larangan ini telah diperpanjang untuk memasukkan merokok dalam mobil dengan penumpang di bawah usia 18 tahun  Queensland: Komprehensif larangan yang berlaku sejak Juli 2006. Perusahaan yang memiliki nilai ekspor hampir 16 juta dolar Amerika (tahun 2007) ini juga telah mampu mengolah limbah pabrik dengan sangat baik. uji odorant dan juga uji emisi yang berhasil diolah jauh dibawah baku mutu yang ditetapkan. Ini adalah sebagian contoh dari beberapa negara tetangga yang melakukan larangan merokok. Rokok yang di isap oleh lebih dari 1. data menyebutkan limbah air. Kesehatan Masyarakat (Tembakau) Act 2008 menciptakan suatu pelanggaran baru merokok di mobil dengan anak di bawah usia 16 tahun di dalam kendaraan. di negara-negara berkembang konsumsi tembakau terus meningkat pada tingkat sekitar 3. Dalam urutan kronologis oleh negara:  South Australia: Merokok dilarang di semua area makan indoor sejak Januari 1999. Australia Di Australia larangan merokok ditentukan berdasarkan keadaan oleh Negara dasar. hotel. Merokok dilarang di semua pub.5 miliaran. Jadi perusahaan ini telah mampu untuk mengolah limbah dengan baik.

daerah latihan. halus ditempat-yang untuk merokok di tempat kerja adalah £ 50 ( ~ 70 € / ~ $ 100). meskipun mereka harus secara jelas ditandai untuk menghindari kebingungan. dan lobi angkat. termasuk rumah sakit / klinik.  Perokok ditemukan aturan-aturan yang dianggap perempuan didenda $ 200 sementara pemilik perusahaan yang didenda S $ 200 dan S $ 500 untuk pelanggaran berikutnya. Secara bertahap. pemerintah briefing rahasia yang diperoleh Independen pada surat kabar Minggu mengungkapkan bahwa ketentuan tersebut sesuai untuk memperluas larangan tersebut ke daerah luar. Istana juga dikecualikan. Merokok akan diizinkan untuk melanjutkan di mana saja di luar rumah. dan tahap / set televisi (jika diperlukan untuk kinerja) tidak termasuk. 10-20% wilayah dapat disisihkan untuk merokok. pusat perbelanjaan. Seperti banyak negara Asia. kafe internet dan kompleks perbelanjaan. meskipun anggota House of Commons dan House of Lords setuju untuk melarang semua merokok di Istana Westminster . seperti merokok di kamar hotel tertentu. transportasi umum. bangunan pemerintah. kopi-toko. larangan itu diperpanjang untuk bermain semua anak.  Pada tanggal 1 Juli 2007. lembaga pendidikan. Inggris Menjadi dilarang merokok di tempat umum dalam ruangan di Inggris . bar. pasar. . sejak 1 Juli 2007. panti jompo. Aturan ini memungkinkan untuk pembangunan Ruang bebas yang ditunjuk dapat berlangsung hingga 10% dari total ruang indoor. dan pemerintah berencana untuk mendapatkan lebih tegas terhadap pelanggar. kafe dan gerai makanan cepat saji mulai 1 Juli 2006. Hal ini juga diperluas ke daerah-AC non di kantor. Bangunan fasilitas yang terpisah untuk perokok hanya terjadi di setengah dari perusahaan pada bulan Juni 2007. Untuk instansi dengan daerah luar.000).700 ~ / ~ $ 5. penjara. itu masih harus dilihat apakah dapat ditegakkan atau tidak.ruang merokok yang terpisah dimulai 4 Februari 2006. larangan diperpanjang untuk hiburan malam hiburan.500 (€ 3. Namun. penegakan masalah. 19 daerah dilarang. Singapura  Sebuah tanda di Singapura untuk menunjukkan merokok yang diperbolehkan  Dilarang merokok di pusat-pusat jajanan. Namun. restoran ber-AC. parkir bawah tanah dan bertingkat. lift dan toilet umum. larangan telah diperpanjang sampai dengan simpang susun bus dan tempat penampungan. toilet umum dan kompleks renang umum. termasuk tempat-tempat kerja. Beberapa tempat. terminal feri dan dermaga. pengeboran minyak lepas pantai. toko pabrik. pompa bensin.  Pada tanggal 1 Januari 2009. sementara bisnis yang memungkinkan dapat didenda £ 2. £ 30 (~ 45 € / ~ $ 60) jika salah satu membayar dalam waktu 15 hari. klub dan restoran. Malaysia Secara keseluruhan. kapal selam.

2009.Daftar pustaka          Jiwalupatma12345: Analisis Lingkungan Pemasaran Global PT Djarum Suwarsono dan Lukia Zuraida. 1996. 1999. International Journal Of Management And Marketing Research Volume2 Number 1 Simon Bambang Sumarno & Mudrajad Kuncoro. Manajemen Pemasaran Global. Prenhallindo Jakarta Phillip Kotler. Revisiting Consumer Environmental Responsibility: A Five Nation Crosscultural Analysis And Comparison Of Consumer Ecological Opinions And Behaviors. Prenhallindo. Manajemen Pemasaran. dan Kluster Industri Rokok Kretek: Indonesia 1996-1999 . UPP AMP YKPN Warren J Keegan. Kinerja. 1998. 1998. Jakarta Cameron Montgomery & George Stone. Manajemen Pemasaran Global. Struktur.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful