KOMUNIKASI DATA

Transmisi data analog dan digital
istilah analog dan digital berhubungan dengan Continuous dan Discrete yang dalam komunikasi data dipakai dalam tiga konteks : 1. Data, didefinisikan sebagai entitas yang mengandung suatu arti 2. Signaling (pensinyalan) adalah tindakan penyebaran sinyal melalui medium yang sesuai. 3. Transmission, adalah komunikasi data dengan penyebaran dan pemrosesan sinyal A. DATA Konsep – konsep mengenai data analog dan data digital cukup sederhana. Data analog menerima nilai yang terulang secara terus menerus dan kontinu dalam beberapa interval. Sebagai contoh suara dan video mengubah pola intensitas secara terus menerus. Sebagaian besar data yang dikumpulkan oleh sensor, seperti temperature dan tekanan, dinilai tanpa henti. Data digital menerima nilai yang berbeda – beda misalnya teks dan bilangan bulat. Contoh yang paling dikenal dari data analog adalh audio dimana dalam bentuk gelombang suara akuistik dan dapat dirasakan oleh manusia secara langsung. Dan contoh sinyal digital yang paling dikenal adalah teks atau karakter string kode yang dipakai secara umumadalah ASCII (American Standar Code for Information Interchange) yang menggunakan 8 bit karakter. B. SINYAL Sinyal Analog Adalah gelombang elektromagnetik kontinu yang disebarkan melalui Digital medium adalah tergantung serangkaian pada pulsa spektrumnya. Sinyal

Abdul Muis, S.Kom.,MM

Untuk jarak yang jauh dipakai amplifier yang akan menambah kekuatan sinyal sehingga menghasilkan distorsi yang terbatas. Sinyal digital adalah suatu rangkaian pulsa voltage yang bisa ditransmisikan melalui media kabel. Contohnya : Media kabel (ware) semacam Twisted Pair dan kabel Koaksial. Yang perlu diperhatikan dalam pengiriman dalam pengiriman sinyal adalah timing dari system dan bandwidth yang diperlukan untuk sinyal video karena sangat berpengaruh terhadap hasil dan resolusi gambar video. Beberapa tipe dari transmisi analog yaitu : Abdul Muis. Keuntungan dan kerugian sinyal digital adalah murah.MM sedangkan dengan data digital . DATA DAN SINYAL Data analog dapat merupakan sinyal analog.. C. peredaman lebih besar.KOMUNIKASI DATA tegangan yang dapat ditransmisikan melalui suatu medium. S. data disebarkan dari satu titik ke titik lain melalui sebauah alat sinyal elektrik. Sinyal analog merupakan aneka ragam gelombang elektromagnetik yang berlangsung terus menerus yang mungkin disebarkan lewat berbagai macam media tergantung pada spektrumnya. sedikit peka terhadap noise. Demikian pula data digital dapat merupakan sinyal digital. Dalam system komunikasi.Kom. Sinyal – sinyalnya dapat mewakili data analog maupun data digital. Contoh : suatu level voltase positif ditunjukkan sebagai biner 1 sedangkan level voltase negative konstan dengan biner 0. Kabel Serat Optic dan atmosfir atau ruang perambatan. Data digital dapat juga dijadikan sinyal analog dengan perantara analog perantara Modem dapat Codec (Motulator/demodulator) dijadikan sinyal (Coder/decoder) Transmisi analog adalah suatu upaya mentransmisikan sinyal analog tanpa memperhatikan muatannya.

MM . karena semua sinyal (data analog dan digital) diperlakukan secara digital maka mempunyai bentuk yang sama. sinyal yang diterima akan selalu berbeda dengan sinyal yang dikirim.Kom. Alasan digunakan teknik pensinyalan digital : 1. Telnologi digital adalah teknologi LSI dan VLSI menyebabkan penurunan biaya dan ukuran sirkuit digital 2. Pada sinyal analog hal ini berarti dihasilkan variasi pada modifikasi random yang Abdul Muis. Integrasi.KOMUNIKASI DATA 1. Keutuhan data lebih terjamin karena menggunakan repeater dibandingkan amplifier sehingga transmisi jarak jauh tidak menimbulkan banyak kesalahan 3. video dan data digital. Keamanan dan privasi teknik enkripsi dapat diaplikasikan ke data digital dan ke data analog yang sudah mengalami digitalisasi 5.. D. S. Data berupa data digital atau analog 3. Menggunakan amplifier untuk sinyal boost 5. Atuneasi setelah menempuh jarak tertentu 4. Dengan demikian secara ekonomis dapat di integrasikan dengan suara (voice). Memperkuat noise Transmisi digital berhubungan dengan muatan dari sinyal. Untuk mencapai jarak yang jauh dipakai repeater yang mengasilkan sinyal sebagai “1” atau “0” sehingga tidak terjadi distorsi. Sinyal analog dipancarkan tanpa melihat isi 2. Penggunaan kapasitas agar efektif digunakan tekni multiplexing yang mana lebih mudah dan murah dengan teknik digital dari pada teknik analog 4. PERMASALAHAN TRANSMISI Pada system komunikasi apapun.

Kom. Kelemahan – kelemahan tersebut secara umum adalah : 1. Sinyal harus mencapai suatu level yang lebih Atenuasi adalah suatu fungsi dari frekuensi dengan masalah menggunakan yang Ketiga sinyal digunakan dengan teknik tinggi dari noiseagar dapat diterima tanpa kesalahan CATATAN : Masalah Pertama dan Kedua dapat diatasi Untuk kekuatan yang mencukupi. Pada sinyal digital terjadi kesalahan bit artinya biner “1” akan menjadi biner “0” adan sebaliknya. Hal ini merupakan hal kritis bagi data digital yang dibentuk oleh sinyal – sinyal dengan frekuensi – frekuensi yang berbeda 3. Noise Abdul Muis. amplifier atau repeater.. Distorsi atenuasi merupakan problem kecil bila menggunakan sinyal digital di mana konsentrasinya pada frekuensi utama atau kecepatan bit dari sinyal. Ada tiga pertimbangan untuk perancangan transmisi : a.KOMUNIKASI DATA berakibat pada penurunan kualitas sinyal. 2. perataanatenuasi melalui band frekuensi rendah. S. c. Atenuasi dan distorsi oleh atenuasi Kekuatan sinyal akan melemah karena jarak melalui mediaum transmisi apapun.MM sehingga menyebabkan Intersymbol Interference . Sinyal yang diterima harus mempunyai kekuatan yang cukup sehingga penerima dapat mendeteksi dan mengartikan sinyal tersebut b. Distorsi oleh penundaan penundaan (delay distortion) terjadi akibat Distorsi kecepatan sinyal melalui medium berbeda – beda sehingga sampai pada penerima dengan waktu yang berbeda.

Disebabkan oleh sinyal pada frekuensi – frekuensi yang berbeda tersebar pada medium transmisi yang sama sehingga menghasilkan sinyal pada suatu frekuensi yang merupakan penjumlahan atau pengalian dari frekuensi – frekuensi asalnya. Crosstalk a. Disebabkan oleh agitasi termal electron dalam Sering dinyatakan sebagai white noise Tidak dapat dilenyapkan Besar termal noise (dalam watt) dengan suatu konduktor bandwidth W Hz Dapat dinyatakan sebagai : N = k TW Dimana N = Noise power density K = konstanta Boltzman = 1.3803 x 10 J/o K T = temperature (o K) 2. 3. b. Suatu penghubung antar sinyal yang tidak diinginkan b. Hal ini timbul karena ketidak-linearan transmiter. d. Impulse Noise Abdul Muis. e. Noise dibagi dalam empat kategori : 1. Thermal Noise a.. receiver atau system transmisi. Intermodulation Noise a. Dapat terjadi oleh hubungan elektrikal antar kabel yang berdekatan dan dapat pula karena energy dari gelombang mikro 4.KOMUNIKASI DATA Noise adalah tambahan sinyal yang tidak diinginkan yang masuk dimanapun diantara pengirim dan penerima. c.Kom. S.MM . b.

Data rata. Ada empat konsep yang saling berhubungan antara satu sama lainnya : 1.KOMUNIKASI DATA a.. Terdiri dari pulsa – pulsa tak beraturan atau spike noise dengan durasi pendek dan dengan amplitude yang relative tinggi b. adalah kecepatan dalam bit per second (bps) dimana data dapat dikomunikasikan 2. S. Bandwidth. kecepatan dimana kesalahan dapat terjadi Kecepatan data dapat ditingkatkan dengan meningkatkan kualitas sinyal atau bandwidth. oleh transmitter dan sifat dasar medium transmisi. Disamping itu dengan semakin lebarnya bandwidth maka noise akan semakin mudah untuk masuk ke system.Kom. Noise ini merupakan sumber utama kesalahan dalam komunikasi data digital dan hanya merupakan gangguan kecil bagi data analog E. Dihasilkan oleh kilat. kesalahan dan cacat pada system komunikasi c. Dibawah kondisi tertentu yang diberikan. adalah bandwidth dari sinyal transmisi yang dimiliki hertz 3. Tetapi dengan kekuatan sinyal yang meningkat maka akan timbul ketidak-linearan dalam system sehingga meningkatkan intermodulation noise. Error rate.MM . Kapasitas Kanal Kapasitas kanal (channel) menyatakan kecepatan yang mana data dapat ditransmisikan melalui suatu jalur komunikasi yang diberikan atau kanal. Noise. dinyatakan dalam cycles per second atau Abdul Muis. level noise rata – rata yang melalui jalur komunikasi 4.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful