P. 1
Teknik Bermain Ping Pong

Teknik Bermain Ping Pong

|Views: 8,317|Likes:
Published by Mimiey Shermiemy

More info:

Published by: Mimiey Shermiemy on Oct 21, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/11/2015

pdf

text

original

NUR SHARMIMI BT BAKAR-NORMASHEEDA BT SALLEH

NUR SHARMIMI BT BAKAR-NORMASHEEDA BT SALLEH

3 Tanggapan Push 1. Bola ke-2 biasanya yaitu return dilakukan: serve.

2. Bola2 ke-n ketika ketika kedua pemain saling membiarkan dan menunggu lawannya merencanakan sesuatu. Bentuk pukulan push:

1. Bola datang backspin pendek dalam meja, push berbentuk dorongan raket relatif dari bawah ke atas (tampak samping) sampai flat (rata).

2. Bola sidespin, push dengan mendorong raket secara mendatar ke arah bola itu datang. 3. Bola Topspin, push dgn mendorong relatif dari atas ke bawah dan sedikit menekan. 4. Bola keriting (curl), campuran dari ketiga sebelumnya Push Yang Efektif Selain tingkat gerakan (pace) dalam permainan, perbedaan terbesar antara seorang pemain top dan rata2 dalam tournament adalah seringnya mereka melakukan push. Pemain top tidak mempush untuk menjaga bola dalam permainan, tetapi dia push dengan maksud memenangkan poin. Bagaimana dia melakukannya ? Dia melakukannya dengan push efektif agar lawan tidak memiliki bola mudah untuk diserang. Lawan terpaksa menyerang lemah atau bahkan tidak teratur, atau terpaksa melakukan push mudah lagi ± yang berpotensi memberikan sebuah bola mudah untuk diserang, jika push itu tidak efectif. Bagaimana seorang pemain top melakukan push efektif ? Ada empat perbedaan push yang dilakukan pemain top dan dibawah rata2: 1. Push yang rendah dan teratur (konsisten) 2. Push singkat setelah bola memantul (off the bunce), agar lawan tidak sempat bereaksi.

NUR SHARMIMI BT BAKAR-NORMASHEEDA BT SALLEH

3. Push dengan penempatan bagus, biasanya melebar ke backhand, dengan kadang2 push singkat (quick push) ke forehand. 4. Pemain top bisa membuat push panjang dan pendek. Secara umum, Poin #1 mudah dilatihkan. Poin #2 terdapat masalah tehnis ± kebanyakan pemain melakukan push pada saat bola jatuh (drop), seperti pemain pemula pelajari. Jika kamu ingin memiliki push tingkat lanjutan ini, kamu harus melakukan push singkat saat bola off the bounce. (Kamu boleh saja mengambil bola lebih lama setelah off the bounce sebagai variasi), atau jika kamu mencoba benar membuat backspin berat). Poin #3 adalah kebiasaan mudah untuk dikembangkan dengan banyak latihan. Poin #4 adalah lebih sukar dipelajari, karena push yang singkat memerlukan ketelitian sentuhan (quite a bit of touch). Kamu harus memulai mengmebangkan kebiasan ini sekarang jika berencana menggunakannya suatu hari kelak. Kaki dan Footwork

Footwork ± digunakan agar pemain dapat memainkan stroke dengan tepat (memukul secara sempurna) sedini mungkin, dengan tubuh tetap seimbang (balanced, siap, nyaman) dan bisa kembali semula setelah membuat pukulan untuk siap distroke

NUR SHARMIMI BT BAKAR-NORMASHEEDA BT SALLEH

berikutnya. Pemain yang melakukan footwork itu juga bisa dengan baik mengatasi serta bergerak ke lokasi (posisi) yang tepat untuk pukulan berikutnya secara tepat waktu tanpa tergesa-gesa bahkan terlambat.__ + memainkan stroke dengan tepat = contohnya memainkan stroke saat berlatih 1 pukulan misalnya topspin saja dengan sparing partner yang memblok saja. Maka dapat dirasakan bgmn ³puasnya´ topspin itu dilakukan. Pemain yg berlatih itu BEBAS mengatur kadar topspinnya (power, speed, spin, curve, places, efek lainnya). Kronologi FW

+ sedini mungkin = contoh pemain yang akan serve berada di sudut kiri meja berencana akan melakukan forehand topspin pada bola ke3 setelah lawan mereturnserve dengan push di bola ke2. Maka footwork SUDAH HARUS dimulai sejak setelah serve atau sebelum lawan memukul bola ke2nya dan diikuti footwork lanjutan setelah kepastian arah bola ke2 dari lawan tadi. Jika lawan ternyata mengirim bola ke sisi jauh kanan meja maka footwork lanjutan sudah diterapkan yang diikuti memainkan stroke dengan tepat mengontak bola. + bisa kembali semula untuk siap stroke berikutnya = setelah membuat topspin menyilang ke sisi kanan meja lawan di bola ke3 tadi, secepatnya tubuh relaks diatur ke posisi siap (menonton, melihat, menunggu selama lawan berusaha berfootwork memukul bola) dan ketika bola ke4 dipukul dan dipastikan kembali menyilang lagi, footwork sisipan dilakukan untuk menyesuaikan bola datang dan footwork lanjutan agar dapat memainkan stroke dengan tepat. Bila setiap memukul bola terasa seperti memukul saat berlatih 1 pukulan dgn sparing, maka footwork boleh dikatakan sudah baik, KECUALI footwork lawan memiliki tehnik yang lebih baik maka hasilnya dia akan lebih cepat akibatnya anda merasa terlambat memukul bahkan kesulitan memukul bola.

NUR SHARMIMI BT BAKAR-NORMASHEEDA BT SALLEH

Tujuan Kaki dan Footwork Tujuannya untuk bisa bergerak bermain TM dengan bagus (movement, quickness) agar selalu mendahulu bola dan tidak terlambat memukul dan tidak mudah letih, lain lagi latihannya: 1. Selain dari dua cara di atas ada lagi tambahannya. 2. Ada 5 titik dgn bola yang wajib ; dilihat, yaitu: diikuti bola iramanya ketika (rhytm) dipukul, dan diatas

sesuaikan

gerak

tubuh

titik

net, tepat menyentuh meja lawan, dipukul lawan, mementul di meja sendiri. 3. Lakukan jump dan side step sesuai 5 titik tadi, caranya coba temukan sendiri ! (ini tantangan!) 4. Sesuaikan tinggi tubuhmu (dengan menekuk lutut dan bahu telapak

kaki) sesuai dgn tinggi-rendah bola yg berubah2 seperti gunung itu.

Kaki Terpaku Coba juga yang begini dalam menggunakan tubuh saat bermain TM:

1. Automatic reflex motor muscle = diperlukan berlatih kecukupan fisik spt yang lain sarankan, skipping, jogging, pushup, dll.

2. Slow-reacting brain = diperlukan latihan pikiran mengirama terbang bola pada 5 titik di atas meja dan menyesuaikan dengan gerak tubuh. Melihat, mengirama 6 titik bola, dengan memasukkannya kedalam pikiran, artinya tubuh sudah bermain menggunakan #2. slow reaction brain itu:

1 saat kontak dgn raket, 2 saat diatas net, 3 saat menyentuh meja lawan, 4 saat kontak dgn raket lawan, 5 saat diatas net, 6 saat menyentuh di meja sendiri.

NUR SHARMIMI BT BAKAR-NORMASHEEDA BT SALLEH

Dari 6 titik diatas dapat kita gambar dalam bentuk grafis terbangnya bola itu. Kemudian, Secara gabungkan umum, dengan Titik #1. bola

selang +123 adalah lamanya mengayunkan pukulan, dan selambatnya pada titik +3 tubuh sudah kembali siap. Ini saatnya ³menonton´ apa yang lawan sedang lakukan. +4 lawan kontak

Lakukan jumpup n jumpdown secepatnya sebelum bola mencapai titik +5. +6 bola menyentuh meja

Sudah melakukan backswing dan siap menunggu waktu yang diinginkan utk mengeksekusi

Penempatan Bola Kapanpun kamu berlatih, selalu tempatkanlah bola dgn penempatan seolah dalam pertandingan sebenarnya. Karena apa yang kamu lakukan saat berlatih, itu yang akan terjadi di dalam pertandingan. Tetapi kemana seharusnya penempatan bolamu ? Sekarang, mari kita contohkan sebuah rally dgn fast-topspin (tmk: topspin yg waktu ayunan eksekusinya singkat) atau counter-driving (tmk: pukulan drive yg bersifat membalas pukulan drive dari lawan).

Dalam kasus itu, banyak pemain-pemula dan menengah menempatkan bola pada dua titik (spot) meja : yaitu pertengahan backhand, dan pertengahan forehand. Sedangkan para pemain-atas menempatkan bola pada tiga titik: sudut melebar di backhand (wide backhand), sudut melebar di forehand (wide forehand), dan pertengahan (midle).

NUR SHARMIMI BT BAKAR-NORMASHEEDA BT SALLEH

Jika penempatanmu ke area pertengahan FH atau BH, sementara lawanmu tidak bergerak ataupun menjangkau bola tsb, maka dia tidak akan menghasilkan rata2 pukulan yang kuat. Penempatan ke area pertengahan adalah penempatan permainan yang licik karena bagian tengah merupakan bagian meja yang berbeda sesuai posisi tubuh lawan terhadap meja. Pertengahan lawan, secara umum adalah siku pemegang raketnya, yaitu titik tengah antara FH dan BHnya.

Ketika kamu menempatkan bola secara agresif kesana, lawanmu harus: 1. Memutuskan apakah bermain dgn FH ataupun BH. 2. Bergerak. Inilah ³kesulitan-ganda (double-whammy), dimana pukulan keras ke midle sering lebih bagus dibanding ke sudut-sudut. (Penempatan ke midle, bbrp pemain menyukai menempatkan agak sedikit ke FH atau BH, jadi ³midle´ berarti sedikit ke sisi siku. Kebiasan sangat buruk dari kebanyakan pemain adalah menempatkan bola ke pertengahan meja BH atau FH ketika berlatih drill (tmk: drill = latihan yang berfokus pada 1 bagian saja, misalnya latihan loop melawan backspin), dan tidak pernah melatih pukulan2 ke arah midle yang berubah sesuai posisi tubuh lawan. Saya katakan lagi: apa yang kamu lakukan dalam latihan akan terbawa dalam pertandingan. Ubahlah cara berlatih sepert itu, agar ratingmu meningkat ! Bahasan yang berhubungan: bagaimana kamu mengembalikan pukulan2 yang diarahkan ke midlemu ? jika kamu memiliki footwork yang bagus dan FH yang bagus, kamu sebisa mungkin akan bermain FH. (Dan sangat jarang pemain dengan backhand bagus bermain dengan backhandnya).

Aturan umum akan seperti ini: Jika kamu pemain dekat meja atau tidak sempat bergerak saat rally, gunakanlah backhandmu; jika kamu jauh dari meja, atau sangat sempat bergerak, mainkan forehandmu. Ketika bermain FH, ingatlah untuk bergerak menjauhi bola datang agar memiliki daerah pukulan yang bagus.

NUR SHARMIMI BT BAKAR-NORMASHEEDA BT SALLEH

NUR SHARMIMI BT BAKAR-NORMASHEEDA BT SALLEH

NUR SHARMIMI BT BAKAR-NORMASHEEDA BT SALLEH

Tehnik Menyerang dan Bertahan Dekat Meja Menggunakan Long Pipes Banyak siswa senior saya (di atas 40 thn) memintaku membuat sebuah artikel tentang cara menggunakan long pipe untuk permainan close-to-the-table. Gaya ini sangat populer di kalangan pemain2 tua karena memberi mereka kesempatan untuk melambatkan permainan dan untuk berfokus pada keahlian2 tangan daripada banyak gerakan dan tenaga besar dalam perebutan poin2. Berlatih longpips dgn robot bermanfaat sekali ketika mempelajari dan mempraktekkan teknik2 ini seperti karena hanya sedikit lawan yang dapat secara konsisten menyerang gaya ini. Sebenarnya, ketika Anda mempelajari gaya ini banyak teman bermain anda menjadi frustasi dan tidak ingin berlatih dengan anda. Marilah kita perhatikan enam pukulan dasar yang harus menjadi senjata wajib bagi pemain longpipe dekat meja (close-to-the-table). Semua pukulan ini digambarkan sbg LP disisi backhand. 1. Lift against backspin, Pukulan Lift melawan backspin: Pukulan ini dibuat dengan raket sedikit terbuka. Pukulannya sangat sederhana. Saat kontak terjadi, dorong maju dan sedikit keatas. Gunakan banyak lengan bawah dengan sedikit atau tanpa gerakan pergelangan tangan. Pukulan ini, ketika dieksekusi dengan LP, memberi anda kesempatan dapat memanfaatkan backspin lawanmu untuk menghasilkan sebuah serangan topspin yang terkendali. Ini adalah satu-satunya pukulan di mana anda dapat menghasilkan topspin yang cukup dengan pukulan yang cepat. 2. Sidespin attack against backspin, Serangan sidespin melawan backspin: Ini adalah satu pukulan tidak biasa bagi sebagian besar pemain2 pengguna karet

NUR SHARMIMI BT BAKAR-NORMASHEEDA BT SALLEH

inverted. Pukulan ini dieksekusi banyak kemiripan dgn lift lurus melawan backspin, tetapi saat kontak, raket didorong maju dan ditarik ke sebelah kanan (untuk righthander). Tergantung pada sudut raket, pengembalian dengan cara ini akan menghasilkan properti bola dgn cakupan luas (wide range) dari no-spin, sidespin, atau topspin ringan, semuanya dalam bentuk mirip sidespin. Pukulan ini dapat memaksa lawan2mu banyak membuat kesalahan. 3. Attacking backspin by pushing, Menyerang backspin dengan dorongan: Mendorong (push) dengan LP bisa menghasilkan pengembalian bola yang sangat agresif. Ketika membuat push, jika kontak ringan pada bola dilakukan LPr, maka pengembalian berikutnya dari lawan akan menjadi bola mati (dead ball, no-spin, tanpa putaran teratur). Jika kontak raket lebih keras dibuat (lebih banyak force/kekuatan benturan), maka suatu topspin ringan dapat dihasilkan lawan. Hal ini menuntun anda pada pengembalian dari lawan yang sangat bisa anda serang. 4. Controlled counter attacks, Pukulan balas yang terkendali: Kunci keberhasilan untuk memukul balas dengan LP melawan topspin adalah dengan

mengendalikan kecepatan (speed) dari setiap pengembalian2mu. Jangan terlalu kuat memukul. Pengembalian2mu akan mengarah pd backspin, jadi harus selalu membatasi kadar kecepatan yang anda hasilkan. Secara umum, jika anda menggunakan LP tanpa spon, bola yang diihasilkan akan sungguh lambat dan mengarah pada backspin yang lebih berat dibanding LP dgn spon. Jika anda menggunakan LP dengan spons, bola yang dihasilkan akan lebih laju tetapi tak terlalu banyak putaran. Sekali lagi, jaga pukulan tetap sederhana dengan menggunakan hanya gerakan mendorong ke depan, dengan menggunkan lengan bawah. Ingat, ketika memukul balas dengan LP, biarkan raket itu melakukan tugasnya untuk anda. Pemaikaian LP bertujuan untuk menghasilkan spin yang berubah2 di setiap pengembalianmu sehingga akan memaksa kesalahan dari lawanmu, bukan sekedar kecepatan dari pengembalian2mu yang menguntungkan. 5. Defensive chop blocks, Blok2-chop yang bersifat bertahan: Penjelasan pukulan ini tampak seperti namanya ² blok-chop yaitu pukulan blok/menahan disertai

NUR SHARMIMI BT BAKAR-NORMASHEEDA BT SALLEH

satu gerakan memotong mengarah ke bawah. Ketika digunakan melawan topspin berat, pukulan ini dapat menghasilkan pengembalian chop yang berat. Sering kali lawanmu akan terpaksa melakukan push (mendorong) dari kembalian bola ini, yang mana akan membiarkan anda mudah untuk menyerang lagi dibola berikutnya dari pengembalian lawan. 6. Pullback block, Blok tarik kebelakang: Sekali lagi, namanya menjelaskan caranya. Melawan satu serangan topspin dari lawan, caranya yaitu dengan sederhana anda hanya menarik raketmu sedikit kebelakang saat terjadi kontak bola dan raket, dengan demikian mengambil hampir semua gaya bola (tmk: menghilangkan gaya gerakan maju bola yang sedang mengarah ke anda). Pukulan Ini dapat digunakan untuk menghasilkan pengembalian yang sangat pendek/singkat membuatnya mustahil bagi lawanmu untuk melanjutkan

serangannya. Teknik ini bekerja paling baik menggunakan LP tanpa spon. Itulah keunggulan2 LP yang bisa anda miliki, yaitu untuk tehnik2 bermain close-to-thetable. Ketika digunakan dengan tepat, pukulan2 diatas dapat menyiksa lawan2mu. Untunglah, robotmu tidak berurusan dengan anda selama berlatih dan

menyempurnakan teknik-teknik ini.

NUR SHARMIMI BT BAKAR-NORMASHEEDA BT SALLEH

Jenis Pukulan

Ada beberapa jenis pukulan (stroke) yang dikenal dalam olahraga tenis meja; tidak kurang pula berbagai bentuk pukulan yang hampir serupa na,un mempunyai nama yang berbeda-beda. Pada garis besarnya, jenis-jenis pukulan itu antara lain : 1. Drive 2. Push 3. Blok 4. Smash 5. Hit 6. Servis 7. Servis return 8. Hal volley 9. Side slip shot 10. Loop 11. Flick 12. Drop shot 13. Short cut 14. Long cut 15. Lobbing

NUR SHARMIMI BT BAKAR-NORMASHEEDA BT SALLEH

Bermain dengan pemain yang lebih lemah dan kuat. Banyak pemain yang ingin memperbaiki diri membuat kesalahan dengan mencoba bermain dengan pemain2 yang kebanyakan lebih kuat darinya. Hasilnya adalah lawan yang mengontrol permainan, dan dia hanya bermain reaktif terhadap pukulan2 pemain kuat itu, atau membuat pukulan2 liar yang tak terkendali. Seorang pemain memang bisa meningkat berkembang dengan cara seperti ini (tmk: bermain lawan lebih kuat), tetapi akan sangat sulit mengembangkan pukulan2 baru atau mempelajari bagaimana cara menerapkan pukulan baru ke dalam situasi permainan.

Michelle Do's Backhand Loop Jika kamu sedang memperbaiki permainanmu, kamu biasanya menguji-coba pukulan2 terbaru yang sedang kamu kembangkan dan juga menguji-coba kombinasi2 dan strategi2 terbaru. Kamu tak akan tahu caranya bgmana pukulan2 baru, kombinasi atau strategi bisa berhasil selama bermain dengan pemain lebih kuat, dimana mereka dgn mudah mengumpulkan poin sementara kamu sedang mencoba2 sesuatu yang baru yang belum begitu nyaman bagimu. Sebagai ganti kesulitan2 diatas (yakni tak berkembang jika bermain dgn pemain-kuat), uji-cobalah hal2 baru dengan cara melawan pemain lebih-lemah dibanding kamu. Kembangkan hal2 baru itu ketika melawan pemain2 lemah, dalam satu kondisi dimana kamu bisa lebih baik mengontrol permainan (dibanding melawan pemain-kuat), dan

NUR SHARMIMI BT BAKAR-NORMASHEEDA BT SALLEH

kamu bisa menilai apakah hal2 baru itu berhasil baik. Jangan khawatir dgn menang dan kalah ± ini hanya latihan ± memang bisa dipastikan akan sering kalah ketika mencoba hal2 baru, walaupun melawan pemain-lemah. (Bayangkan mana yang lebih merugikanmu, kalah dgn pemain kuat tapi tak berkembang, atau kalah dgn pemainlemah tapi bisa berkembang). Ketika tehnik terbarumu mulai berhasil melawan pemain lemah, sekarang saatnya untuk mencoba hal2 baru itu melawan pemain-seimbang dan pemain-lebih kuat. Contoh: Andaikan kamu ingin mengembangkan pukulan loop melawan backspin. Cara terbaik 1. 2. 3. kemudian dan berikan melakukannya buatlah lawan loop serve mereturn thd push dgn lawan adalah : backspin, push, tadi.

Seorang pemain-kuat boleh jadi melakukan flip thd servemu (tmk: flip = pukulan kibas, menyerang bola pendek diatas meja), atau membuat push pendek, atau push cepat ke sudut, atau push sangat berat ± akibatnya kamu tidak bisa mengembangkan pukulan loopmu dengan baik.

Tetapi, seorang pemain-lemah sering akan memberimu bola2 mudah yang bisa kamu loop, inilah yang kamu butuhkan selama uji-coba sampai loopmu benar2 berhasil berkembang. Kamu harus belajar cara mengembangkan pukulan dan insting, juga cara meningkatkannya, dll. Ketika kamu berhasil melakukannya melawan pemain-lemah, sekarang saatnya untuk uji-coba melawan persaingan yang lebih berat.

NUR SHARMIMI BT BAKAR-NORMASHEEDA BT SALLEH

Para Pemain Kidal Para pemain-kidal lebih banyak bermain dengan pamain-kanan, tetapi pemain kanan bermain relatif sedikit dengan pemain-kidal. Ini terlihat tak adil, disebabkan kenyataan jumlah pemain kidal dan kanan yang memang tidak berimbang. Coba pikir kenapa ? Untuk kedua pemain ketika dalam pertandingan kanan vs kidal, situasi itu mirip seperti permainan di depan bayangan-cermin, ada dua hal yang penting.

Pertama, kebanyakan pukulan yang anda perlukan adalah lebih banyak mengarahkan pada sudut lurus (staright) dibanding menyilang (crosscourt), khususnya ketika bermain backhand ke backhand lawan. (tmk: Saat situasi cermin, dari backhnadmu mengarahkan bola ke backhandnya, maka arah bola adalah straight). Banyak pemainkanan melupakan hal ini, dimana instingnya hanya tersetting bermain dengan counter backhand dan blok ke arah datangnya bola ketika pemain-kidal melakukan forehand. (tmk: Dengan seeting ini, pemain-kanan tak saja dirugikan karena hanya memberikan bola2 nyaman ke arah forehand pemain-kidal yang dengan bebas mengakhiri poin (ending) kemenangan untuknya). Kedua, anda harus menyiapkan berbagai bentuk sidespin dibanding dari yang biasa dipakai utnuk melawan sesams pemain-kanan. Catatan, Saya katakan berbagai bentuk spin bukan kadar spin2, karena pemain kidal mempnyai sidespin yang sama dengan bakchandnya pemain kanan ± lebih banyak ragam sidepsin (tmk: Biasanya pukulan backhand yang dipukul cross akan menghasilkan left-sidespin, yaitu bola berputar dari kanan ke kiri dengan curva cembung ke kanan. ³Berbagai bentuk sidespin´, berarti dgn pukulan yang sama yaitu backhand crosscourt BISA juga menghasilkan bola berputar

NUR SHARMIMI BT BAKAR-NORMASHEEDA BT SALLEH

dari kiri kekanan dgn kurva cekung ke kanan, dan bahkan varisi2 lainnya). Berfikirlah dengan bentuk seperti itu, dan selalu memberi putaran bola yang kuat (extraspin). Selama pengumpulan poin, saran saya untuk kedua pemain (kanan, atau kidal) mempertimbangkan suatu pendekatan sederhana:

Bermain bertahan arah menyilang ke backhand, dan bermain menyerang menyilang ke forehand. Untuk pukulan return serve, push keras, dan blok2, dilakukan menyilang ke backhand akan membatasi gerakan lawanmu dan memaksa mereka menjadi bermain menyilang ke forehand. Ide2 trsbt akan berhasil bagus.

Pilihan lain untuk kedua pemain, ketika kamu sedang menyerang, pukulan ke forehand lebar akan merebut poin, tetapi khususnya backhand ± dimana kamu bisa mengambil bola lebih awal (early) dari atas meja, kamu bisa bebas bermain mengarahkan pukulan ke sudut lawanmu.

Masalah taktik bermain untuk kedua pemain adalah sama yaitu mirip pertandingan di depan cermin. Dan pemain-kidal lebih sering bertemu melawan pemain-kanan.

NUR SHARMIMI BT BAKAR-NORMASHEEDA BT SALLEH

NUR SHARMIMI BT BAKAR-NORMASHEEDA BT SALLEH

PEMAIN SEDANG BERMAIN DENGAN DISELIAKAN OLEH JURULATIH

PEMAIN PING PONG BERMAIN DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK YANG BETUL

NUR SHARMIMI BT BAKAR-NORMASHEEDA BT SALLEH

NUR SHARMIMI BT BAKAR-NORMASHEEDA BT SALLEH

y y y y y y y y y

www.schoolforchampions.com www.ehow.com tenismejakita.wordpress.com srisbn.edu.my id.shvoong.com www.slideshare.net www.schoolforchampions.com www.schoolforchampions.com tabletennis.about.com

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->