Sistematika Laporan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) Jurusan Ilmu Perpustakaan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro Semarang

1. Judul Laporan Penulisan pada halaman judul untuk laporan kegiatan KKL diseduaikan pada bidang observasi saaat pelaksannan kegiatan KKL. Pada bagian judul ini harus mencantumkan secara jelas peminatan yang dipilih ketika melakukan observasi pada saat pelaksanaan KKL. Adapun beberapa pokok yang harus ada dalam halamn judul meliputi: a b Judul Laporan; merupakan judul yang bersifat general Kegiatan Kuliah Kerja Lapangan (KKL)” Sub Judul; merupakan perluasan dari judul yang mencantumkan bidang peminatan dalam observasi yang dilakukan oleh masing-masing mahasiswa (kelompok). Pada sub judul ini juga harus dicantumkan secara rinci nama dan lokasi instansi yang menjadi tujuan observasi kegiatan KKL. Misalnya: Laporan Kegiatan Kuliah Kerja Lapangan Kegiatan Pengolahan (Katalogisasi) di UPT Perpustakaan MM UI, Jakarta c d e f g Logo Undip Tanggal, Bulan, Tahun Pelaksanaan KKL Identitas Penyusun Laporan; merupakan nama lengkap dan NIM dari masingmasing mahasiswa/kelompok yang menyusun laoran kegiatan KKL Identitas Jurusan Ilmu Perpustakaan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro Semarang Tahun pembuatan Laporan Kegiatan KKL yaitu ”Laporan

2. Latar Belakang Kegiatan Pada sub bagian latar belakang kegiatan diuraikan landasan, dan gambaran umum permasalahan yang melatarbelakangi perlunya dilakukan kegiatan KKL. Latar belakang ini juga mencakup alasan-alasan baik secara teoritis maupun praktis perlunya pelaksanaan kegiatan KKL khususnya bagi kompetensi mahasiswa. Selain itu diuraikan pula alasan yang melatarbelakangi pada pemilihan bidang peminatan pada saat observasi kegiatan KKL. Sehingga pada bagian latar belakang ini muncul alasan dan landasan yang kuat mengapa diperlukan pelaksanaan KKL khususnya bagi mahasiswa serta jurusan perpustakaan sendiri.

kepala bidang. Uraian manfaat kegiatan KKL hendaknya relevan dengan tujuan kegiatan KKL.” ”Melakukan pengamatan mengenai sistem penjajaran koleksi Kaset Video di Perpustakaan Sinematek Jakarta. dsb. . perserta KKL (mahasiswa) diharapkan menguraikan hasil yang diperoleh baik secara teoritis maupun praktis dari kegiatan KKL. Rumusan Kegiatan Bagian ini adalah perincian singkat dari rumusan inti pelaksanaan KKL sesuai dengan bidang peminatan masing-masing. Selain itu dapat pula diuraikan target-target spesifik yang diharapkan untuk dicapai dari proses kegiatan KKL terutama yang sesuai dengan bidang peminatan yang dilakukan pada saat melakukan KKL 4. Tujuan Kegiatan Pada sub bagian tujuan kegiatan diuraikan secara spesifik apa yang inigin dicapai oleh mahasiswa terhadap pelaksanaan kegiatan KKL. Manfaat Kegiatan Dalam sub bab manfaat kegiatan ini. tahun berdiri. Gambaran Umum dari Instansi Tujuan KKL Bagian ini diuraikan secara singkat gambaran umum dari institusi penaung dari sasaran kegiatan KKL. sehingga diharapkan mahasiswa dapat memperoleh hasil yang nyata dari kegiatan KKL manfaat yang diuraikan harus jelas.3. danlatar belakang pendidikan. jelas. alamat instansi. nomor kontak Struktur organisasi. Gambaran umum instansi ini meliputi: a b c d e Sejarah singkat.” 6. Profil singkat intasni. Melalui penegasan rumusan kegiatan dapat diketahui permasalah utam yang ingin dirumuskan oleh masing-masing peserta ketika melakukan pengamatan dan observasi. Manfaat yang diuraikan juga harus disesuaikan dengan peminatan masingmasing ketika melakukan KKL. Contoh rumusan kegiatan KKL: ”Mengobservasi bagaimanakah pelaksanaan layanan tertutup (Closed-accesed System) di UPT Perpustakaan Bung Karno. rinci. kepala seksi. Jumlah SDM yang mengelola. dan rinci. 5. Jumlah layanan yang disediakan. jumlah seksi. visi dan misi instansi. bidang. nama pimpinan. Rumusan kegiatan hendaknya diuraikan dalam satu kalimat pernyataanm yang padat. Tujuan ini menggambarkan secara rinci apa yang ingin diraih (dicapai) sehubungan dengan diperlukannya kegiatan KKL bagi mahasiswa terhadap instansi ayng menjadi sasaran. bentuk layanan jasa yang ada. Blitar. dan tepat sasaran sesuai dengan pelaksanaan KKL dan bidang peminatan yang ditentukan.

. bentuk-bentuk aktivitas yang diamati. rak. desain yang dipakai. luas bangunan. subyek yang ada. Saran-saran ini hendaknya diasajikan secara objektif dan relevan dengan hasil temuan pengamatan di lapangan. serta fenomena yang menarik pada saat KKL. terhadap instansi. 7. jumlah lantai. temuan-temuan di lapangan. Kesimpulan yang dihasilkan dari kegiatan KKL hendaknya relevan dengan dan sesuai dengan rumusan kegiatan . Macam fasilitas yang dimiliki. jenis dan bentuk koleksi. Dokumen yang perlu dilampirkan dalam Laporan Kegiatan KKL meliputi: a b Surat-surat perizinan. Lampiran Pada bagian lampiran ini disertakan seluruh dokumen yang terkait dan diperoleh selama pelaksanaan KKL oleh mahasiswa. pelayanan. Deskripsi Pelaksanaan Program. jumlah ruangan. 8. dsb. study carrel. Selain itu sub bab ini juga diuraikan saran-saran berkaitan dengan pengamatan terhadap instansi yang menjadi sasaran kegiatan KKL. Pada sub bab ini juga diharapakan muncul bentuk analisis sederhana dari mahasiswa peserta KKL terhadap temuan fakta dan data yang ada. pada bagian kesimpulan kegiatan ini disajikan secara singkat dan tidak bertele-tele sehingga dapat diperoleh rumusan mengenai esensi hasil pelaksanaan kegiatan KKL mulai dari awal hingga penyusunan proposal. ruang baca. Bentuk-bentuk kerjasama yang ada dalam instansi. Saran juga mencakup saran terhadap mahasiswa sendiri. jumlah koleksi. hasil wawancara dengan berbagai pihak. Bagian ini menguraikan secara rinci dan detail dari fokus utama kegiatan KKL meliputi langkah-langkah pengamatan. Deskripsi fisik. Kesimpulan dan Saran Kegiatan Pada sub bab ini adalah penarikan kesimpulan dari seluruh proses kegiatan KKL yang telah dilakukan oleh mahasiswa. Hasil analisis sederhana ini disesuaikan dengan fakta di lapangan dan juga dikombinasikan dengan pengetahuan teoritis masing-masing mahasiswa terhadap bidang observasi.f g h i Sumber daya informasi yang dimiliki. luas lahan. Deskripsi pelaksanaan ini hendaknya disesuaikan dengan bidang peminatan masing-masing mahasiswa (kelompok). data dan fakta yang diperoleh. fasilitas peminjaman. dokumen perizinan Foto-foto selama melakukan observasi di instansi tujuan. . juga terhadap jurusan ilmu perpustakaan sendiri. 9.

bawah 3 cm. berikut disampaikan spesifikasi teknis penulisan laporan: a b c d e f Ukuran Huruf Spasi Margin Ukuran kertas Cover Penjilidan : 12 Times New Roman : 1.5 spasi : kiri 4 cm.c d e f Copy-an brosur. pamflet. booklet yang diperoleh selama kegiatan KKL Transkrip wawancara (jika ada) Company profile (jika ada) Semua dokumen yang terkait kegiatan KKL yang diperoleh peserta. kanan 3 cm. atas 3 cm. : A4 (kwarto) : Biru Undip : Jilid Lem (Softcover) . Teknis Penulisan Laporan Agar diperoleh laporan kegiatan KKL yang berformat seragam antara satu peserta dengan peserta yang lain.

Jakarta. Kampus UI Depok Jakarta 23 – 25 Juli 2009 Oleh: 1. Nama (NIM) 3. Nama (NIM) JURUSAN ILMU PERPUSTAKAAN FAKULTAS ILMU BUDAYA UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG 2009 . Nama (NIM) 2.Laporan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) LOGO UNDIP Kegiatan Pengolahan (Katalogisasi) di UPT Perpustakaan MM UI.