Proposal Penulisan Buku Ajar Hukum Perdata Islam Di Indonesia Mata Kuliah Jumlah SKS Program Syudi Jumlah

Halaman : Hukum Perdata Islam Di Indonesia II : 2 SKS : al-Ahwal al-Syakhshiyyah : 300 Halaman

A. Dasar Pemikiran Pelaksanaan kuliah dengan sistem active learning di STAIN MY Batusangkar membutuhkan bahan rujukan mata kuliah yang dapat membantu mahasiswa untuk menyelesaikan tugas perkuliahan baik tugas terstruktur maupun tugas mandiri. Mahasiswa membutuhkan buku ajar yang isinya sesuai dengan kurikulum mata kuliah yang diajarkan untuk mata kuliah yang disesuaikan dengan perkembangan ilmu pengetahuan serta menentukan para isntansi yang mendapatkan alumni Program Studi al-Ahwal al-Syakhshiyyah. Mata kuliah Hukum Perdata Islam Di Indonesia merupakan mata kuliah perilaku berkarya (MPB) yang merupakan bahan kajian dan pelajaran yang bertujuan untuk membentuk sikap perilaku yang diperlukan seseorang dalam berkarya menurut tingkat keahlian berdassarkan ilmu dan keterampilan yang dikuasai. Mata kuliah Hukum Perdata Islam Di Indonesia diberikan pada mahasiswa Program Syudi al-Ahwal al-Syakhshiyyah sebanyak 4 SKS yang dibagi menjadi Hukum Perdata Islam Di Indonesia I dan Hukum Perdata Islam Di Indonesia II. Materi pokok mata kuliah Hukum Perdata Islam Di Indonesia ini adalah hukum positif di Indonsia yang mengangkat materi Kompetensi Absolut hakim di Pengadilan Agama dan materi yang menyangkut tentang hukum kekeluargaan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia dan ditambah dengan fikih terapan yang bersifat kontemporer. Lahirnya Undang-undang No. 3 tahun 2006 sebagai perubahan Undangundang No. 7 tahun 1989 tentang Peradialn Agama yang menambah materi

Waris. i. Asuransi syari’ah. Bank syari’ah. antara lain meliputu: a. Reksa dana syari’ah. Lemaga keuangan mikro syariah. Semkuritas syari’ah.hukum tentang ekonomi. b. Dana pension lembaga keuangan syari’ah. Perkawinan. Wakaf. dan menyelesaikan perkara di tingakat pertama antara orang-orang yang beragama Islam di bidang : a. Reasuransi syari’ah. dan Ekonomi syari’ah Pasal 49 huruf (i) yang mencantumkan ekonomi syari’ah maksudnya adalah sebagaimana terdapat dalam penjelasannya berbunyi “yang dimaksud dengan ekonomi syari’ah adalah perbuatan atau kegiatan usaha yang dilaksanakan menurut prinsip syariah. Obligasi syari’ah dan surat berharga berjangka menengan . Wasiat. c. d. e. Shadaqah. h. i. g. b. syari’ah. d. j. Bisnis syari’ah. Sakat. Hibah. h. Infaq. Pegadaian syari’ah. g. c. memutus. 3 tahun 2006 yang berbunyi : Pengadilan Agama bertugas dan berwenang memeriksa. k. f. Pembiayaan syari’ah. e. f. sebagai kewenangan/kompetensi absolut di Peradilan Agama sebagaimana tercantum dalam Pasal 49 Undang-undang No.

Sepengetahuan penulis. Berdasarkan pertimbangan di atas dan untuk memenuhi bahan ajar bagi mahasiswa. terutama mata kuliah Hukum Perdata Islam Di Indonesia II yang memasukkan materi hukum ekonomi syari’ah minimal dalam 11 poin yang disebutkan dalam Undang-undang tersebut di atas. B. besar C. 2. . belum ada buku yang dapat dijadikan sumber bagi mahasiswa dalam membuat tugas mata kuliah Hukum Perdata Islam Di Indonesia ini yang lengkap dan sistematis sesuai dengan kurikulum yang diberikan kepada mahasiswa. Manfaat Buku ajar Hukum Perdata Islam Di Indonesia diharapkan dapat bermanfaat: 1. maka sangat dibutuhkan adanya buku ajar tentang mata kuliah Hukum Perdata Islam Di Indonesia II yang sesuai dengan ke butuhan pasar kerja dan alumni program studi Ahwalussyakhshiyyah dalam rangka mewujudkan alumni yang professional. Tujuan Tujuan dari pembuatan buku ajar Hukum Perdata Islam Di Indonesia ini adalah: 1. bagi mahasiswa untuk memudahkan dalam mendapatkan salah satu buku sumber dalam mata kuliah Hukum Perdata Islam Di Indonesia II. berkualitas dan menghasilkan sumber daya manusia dalam bidang Hukum Islam yang berdasarkan Alquran dan Hadis serta memahami hukum positif di Indonesia. kuliah 3.Penambahan kewenangan absolut Peradilah Agama punya implikasi terhadap perubahan kurikulum dan mata kuliah Hukum Perdata Islam Di Indonesia. Bahan pelengkap bagi penulis bahan untuk menjadi guru Supaya ada buku sumber utama dalam materi kuliah Buku ajar ini diharapkan sesuai dengan kurikulum mata Hukum Perdata Islam Di Indonesia II.

Kerangka penulisan Kerangka penulisan buku ajar Hukum Perdata Islam Di Indonesia II: BAB. 1. Subjek hukum B. pendataan bahan-bahan yang relevan b. a. pembuatan proposal pengumpulan bahan-bahan proses pengolahan a. revisi dan perbaikan 3. D. pengeditan materi c. memudahkan dosen yang mengajar mata kuliah Hukum Perdata Islam Di Indonesia II dalam menyampaikan materi kuliah kepada mahasiswa. bahan bacaan bagi masyarakat sebagai pedoman ilmu terapan di setiap aktifitasnya terutama materi yang terdapat dalam buku ini. proses perampungan. pembuatan naskah 2. Ketentuan umum tentang akad B. II Pendahuluan Subjek Hukum dan Harta A. percetakan naskah E. I BAB. Langkah-langkah pembuatan Proses pembuatan buku ajar Hukum Perdata Islam Di Indonesia II di antaranya adalah: 1. 2. Pengampuan Akad dan Masalahnya A. Akibat yang muncul dari suatu akad BAB. Bentuk-bentuk akad C. 4. 3. b. dapat dijadikan oleh praktisi hukum sebagai buku pedoman. terdiri dari. proses persiapan terdiri dari. III .2. Harta C.

Hubungan wasiat dengan warisan C. VI BAB. Ketentuan sanksi tentang gadai BAB. Pengelolaan harta wakaf D. Ketentuan umum tentang hibah B. Pelaksanaan wakaf E. Asuransi syariah Kontrak kerjasama (syirkah) A. Hubungan hibah dengan waris D. Pengelolaan zakat C. Ketentuan umum tentang kewarisan B. Lembaga keuangan ekonomi syari’ah B. Ketentuan umum tentang wasiat B. Hasil zakat dan pendistribusiannya D. Wasiat wajibah Hibah A. Menyelesaikan perselisihan harta wakaf F. Ketentuan umum tentang gadai B. Lembaga perbankan syari’ah C. Pemamfatan harta gadai D. Ketentuan sanksi tentang zakat Ekonomi syari’ah A. Pelaksanaan kewarisan C. VIII BAB. IX BAB. Menarik kembali hibah Wakaf A. Kerjasama dalam pengelolaan lahan pertanian C. V BAB. Ketentuan umum tentang wakaf B. Rukun hibah dan penerimaannya C. Perwakafan di Negara-negara lain zakat A. X BAB. Beberapa masalah dalam penyelesaian warisan Wasiat A. Kerjasama dalam modal dan usaha (mudarobah) Pegadaian syariah A. VII BAB. Bentuk-bentuk syirkah B. Pelaksanaan wasiat D. IV Kewarisan A.BAB. Hal-hal yang berhubungan dengan kontrak gadai C. Nazir dan kewajibannya C. XI . Ketentuan umum tentang zakat B.

Pelaksanaan Hukum Kewarisan Islam Dalam Lingkungan Adat Minangkabau. Jakarta. Bank Islam. Macam-macam asuransi BUKU SUMBER Abdul Azis Dahlan. Raja Grafindo Persada. 2007 Dirjen Pemberdayaan Wakaf. Jakarta : Depag RI.BAB XII Asuransi syariah A. 1984 Amiur Nuruddin. Tenggo. Jakarta : PT raja Grafindo Persada. Dasar hukum asuransi C. Fikih Wakaf. Hukum Perdata Islam Di Indonesia. Jakarta : IIIT. Jakarta : Depag RI. 2006 Adiwarman Karim. Problematika Hukum Islam Kontemporer. Strategi Pengembangan Wakaf Tunai Di Indonesia. Analisis Fikih dan Keuangan. 2003 Amir Syarifuddin. Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam. 2007 Dirjen Pemberdayaan Wakaf. Jakarta : Mumtaz Publishing. Jakarta : Depag RI. Jakarta. Panduan Pemberdayaan Tanah Wakaf Produktf Strategis Di Indonesia. Jakarta : Renaisan. 2007 Dirjen Pemberdayaan Wakaf. Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam. Jakarta : Depag RI. Pustaka Firdaus. Menuju Era Wakaf. 1996 Dirjen Pemberdayaan Wakaf. Jakarta : Prenada Media Grup. Pedoman Pengelolaan Wakaf Tunai. Kencana. Jakarta : Gunung Agung. Penerapan Hukum Acara Perdata Di Lingkungan Peradilan Agama. 2000 Chuzaimah Y. Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam. 1997 Abdul Manan. Jakarta. 2007 Fatwa-fatwa Ekonomi Syariah. 2007 Ahmad Ropiq. Jakarta : PT Ichtiar Baru van Hoeve. Garis-garis besar Fikih. Hukum Perdata Islam di Indonesia. Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam. 2003 Ahmad Djunaidi. Ensiklopedi Hukum Islam. Pengertian asuransi B. 2000 Amir Syarifuddin. 2005 .

Kholam Publishing.R. 38 tahun 1999 tentang pengelolaan zakat Yusuf Qardawi. Yogyakarta : Ekonisia. Jakarta. 2006 Haroen. menggali Akar Mengenai Surat Ekonomi Keuangan Islam.R. Fikih Muamalah.I.I. Beirut. Bandung : PT Alma’arif. 2004 Sayyid Sabiq. Jakarta. Gema Insani. 2006 Masjfuk Zuhdi. Bank Syariah dari Teori ke Praktek. Muassasah Arrisalah. 194 Muhammad Amin Suma.Gumala Dewi. Jakarta : CV Haji Masagung. Asuransi Menurut Hukum Islam. Persdiklat M. Kapita Selekta Perbankan Syariah. Fikih Aktual. Jakarta : Khairul Bayan. Fikih Sunnah. Masail Fiqhiyah. Padang : IAIN Press. Hukum Zakat. Bank dan Lembaga Keuangan Syariah. Jakarta : Gema Insani. Jakarta.A. Jakarta : Kencana Media Grup. 1991 Buku Yang Relevan . Ekonomi Islam. 2001 M. 2008 Nasrun Haroen. 2006 Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah M Syafi’i Antonio. 2000 Heri Sudarsono. Nasrun. 2003 Undang-undang No.A. 1999 Rifyal Ka’bah. Penegakan Syariat Ialam Di Indonesia. Jakarta : Gaya Medium Pratama. 1973 Setiawan Budi Utomo.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful