SALINAN

PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL REPUBLIK INDONESIA NOMOR 22 TAHUN 2008 TENTANG RINCIAN TUGAS UNIT KERJA DI LINGKUNGAN SEKRETARIAT JENDERAL DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL,

Menimbang

:

a.

bahwa untuk memperlancar pelaksanaan tugas dan fungsi unit kerja sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 39 Tahun 2006 tentang Organisasi dan Tata Kerja Sekretariat Jenderal Departemen Pendidikan Nasional, perlu mengatur lebih lanjut rincian tugas unit kerja di Lingkungan Sekretariat Jenderal;

1

b. bahwa berdasarkan pertimbangan sebagaimana dimaksud dalam huruf a, perlu menetapkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional tentang Rincian Tugas Unit Kerja di lingkungan Sekretariat Jenderal; Mengingat : 1. Peraturan Presiden Nomor 9 Tahun 2005 tentang Kedudukan Tugas, Fungsi, Susunan Organisasi, dan Tata Kerja Kementerian Negara Republik Indonesia sebagaimana telah diubah terakhir dengan Peraturan Presiden Nomor 94 Tahun 2006; Keputusan Presiden Nomor 187/M Tahun 2004 mengenai Pembentukan Kabinet Indonesia Bersatu sebagaimana telah beberapa kali diubah terakhir dengan Keputusan Presiden Nomor 31/P Tahun 2007; Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 2006 tentang Organisasi dan Tata Kerja Sekretariat Jenderal Departemen Pendidikan Nasional; MEMUTUSKAN : Menetapkan : PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL REPUBLIK INDONESIA TENTANG
2

2.

3.

RINCIAN TUGAS UNIT KERJA LINGKUNGAN SEKRETARIAT JENDERAL. BAB I BIRO UMUM Pasal 1

DI

Rincian Tugas Bagian Perencanaan dan Penganggaran adalah : a. melaksanakan penyusunan program kerja Bagian dan penyiapan bahan penyusunan program kerja Sekretariat Jenderal; b. melaksanakan pengumpulan, pengolahan, dan penyajian data dan informasi program dan anggaran Sekretariat Jenderal; c. melaksanakan penyusunan bahan kebijakan perencanaan dan penganggaran Sekretariat Jenderal; d. melaksanakan penyiapan bahan koordinasi penyusunan rencana, program, dan anggaran Sekretariat Jenderal; e. melaksanakan penyusunan bahan rencana, program, dan anggaran Sekretariat Jenderal; f. melaksanakan penyusunan satuan biaya kegiatan di lingkungan Sekretariat Jenderal; g. melaksanakan penyusunan bahan rancangan nota keuangan; h. melaksanakan penelitian kebenaran dokumen pencairan anggaran dan ketersediaan dana sesuai dengan peraturan perundang-undangan; i. melaksanakan penyusunan bahan revisi kegiatan, sasaran dan anggaran Sekretariat Jenderal;

3

melakukan penyusunan program kerja Subbagian dan penyiapan penyusunan program kerja Bagian dan Sekretariat Jenderal. melaksanakan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan program dan anggaran Sekretariat Jenderal. pengolahan. dan penyajian data dan informasi program dan anggaran Sekretariat Jenderal. melaksanakan urusan pencairan. r. o. melaksanakan urusan pembukuan dan verifikasi pelaksanaan anggaran Sekretariat Jenderal. l. melakukan pengumpulan. melakukan penyiapan bahan kebijakan di lingkungan Sekretariat Jenderal. n. b. melaksanakan urusan perbendaharaan dan penerimaan negara bukan pajak di lingkungan Sekretariat Jenderal. melaksanakan urusan tuntutan perbendaharaan/ ganti rugi di lingkungan Sekretariat Jenderal. dan melaksanakan penyusunan laporan Bagian dan penyiapan bahan penyusunan laporan Sekretariat Jenderal. melaksanakan penyiapan usul bendahara dan calon pemegang uang muka kegiatan (PUMK) di lingkungan Sekretariat Jenderal.j. p. k. melaksanakan penyusunan laporan pelaksanaan program dan anggaran di lingkungan Sekretariat Jenderal. melaksanakan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Bagian. q. c. Pasal 2 Rincian Tugas Subbagian Penyusunan Program dan Anggaran adalah : a. 4 . pembiayaan dan pertanggungjawaban keuangan Sekretariat Jenderal. m.

j. melakukan penerimaan dan penyimpanan anggaran Sekretariat Jenderal. melakukan penyiapan penyusunan rencana kegiatan. c. melakukan penyiapan bahan koordinasi pelaksanaan anggaran di lingkungan Sekretariat Jenderal. g. melakukan penelitian kesesuaian dan ketersediaan dana sesuai dengan dokumen anggaran di lingkungan Sekretariat Jenderal. e. sasaran. i. melakukan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Subbagian. melakukan penyusunan rencana penggunaan anggaran di lingkungan Sekretariat Jenderal. f. melakukan penyiapan penyusunan rencana bahan nota keuangan Sekretariat Jenderal. Pasal 3 Rincian Tugas Subbagian Pelaksanaan Anggaran dan Perbendaharaan adalah: a. b. melakukan penelitian kebenaran dokumen pencairan anggaran sesuai dengan peraturan perundang-undangan. d. f. dan anggaran Sekretariat Jenderal. dan k. melakukan penyusunan program kerja Subbagian. e. melakukan penyiapan bahan koordinasi penyusunan rencana program di lingkungan Sekretariat Jenderal. melakukan penyiapan penyusunan rencana dan program Sekretariat Jenderal. 5 . melakukan penyiapan bahan penyesuaian dan revisi kegiatan. h.d. melakukan penyusunan laporan Subbagian. melakukan penyiapan bahan penyusunan satuan biaya kegiatan. sasaran. dan anggaran Sekretariat Jenderal.

b. pindah . berhenti. p. melakukan penyiapan bahan penyelesaian tuntutan perbendaharaan/ganti rugi dan permasalahan keuangan lainnya di lingkungan Sekretariat Jenderal. dan melakukan penyusunan laporan Subbagian. i. belanja modal. melakukan penelitian dan pengujian bukti dan/atau dokumen penerimaan dan pengeluaran anggaran. 6 . j.g. melakukan penyusunan bahan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan program dan anggaran di lingkungan Sekretariat Jenderal. n. melakukan pembayaran belanja pegawai. k. o. m. dan meninggal dunia. dan pembayaran lainnya. melakukan penyiapan bahan usul penghentian pembayaran gaji pegawai yang pensiun. melakukan pengelolaan penerimaan negara bukan pajak. melakukan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Subbagian. belanja barang. Pasal 4 Rincian Tugas Subbagian Evaluasi Pelaksanaan Program dan Anggaran adalah : a. melakukan penyusunan pertanggungjawaban penerimaan dan pengeluaran anggaran Sekretariat Jenderal. melakukan pencatatan dan penyimpanan bukti pengeluaran anggaran dan setoran dana penerimaan negara bukan pajak di lingkungan Sekretariat Jenderal. melakukan penyusunan program kerja Subbagian. h. melakukan penyiapan usul calon bendahara dan calon pemegang uang muka kegiatan (PUMK) di lingkungan Sekretariat Jenderal. l.

melakukan penyiapan bahan penyusunan tindak lanjut hasil evaluasi pelaksanaan program dan anggaran di lingkungan Sekretariat Jenderal. b. melakukan pengumpulan. melakukan penyusunan neraca Sekretariat Jenderal. Pasal 5 Rincian Tugas Bagian Tatalaksana dan Kepegawaian adalah . h. pengolahan. a. k. melakukan pembukuan dan verifikasi anggaran Sekretariat Jenderal. melakukan penyiapan bahan penyusunan penghitungan anggaran di lingkungan Sekretariat Jenderal. d. dan l. g. f. melaksanakan penyiapan bahan penyempurnaan organisasi dan usul pelembagaan di lingkungan Sekretariat Jenderal. dan analisis perkembangan pelaksanaan program dan anggaran Sekretariat Jenderal. e. j. melaksanakan penyusunan program kerja Bagian dan penyiapan penyusunan program kerja Biro. melakukan evaluasi pelaksanaan program dan anggaran di lingkungan Sekretariat Jenderal. melakukan penyusunan laporan Subbagian dan penyiapan penyusunan laporan Bagian dan Sekretariat Jenderal. 7 . melakukan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Subbagian. i.c. melaksanakan analisis jabatan dan analisis organisasi di lingkungan Sekretariat Jenderal. c. melakukan penyusunan laporan arus kas pelaksanaan anggaran Sekretariat Jenderal. melakukan penyiapan bahan penyusunan laporan pelaksanaan program dan daya serap anggaran Sekretariat Jenderal.

melaksanakan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Bagian. melaksanakan penerimaan. dan 8 . dan pemberian tanda kehormatan dan tanda penghargaan pegawai di lingkungan Sekretariat Jenderal. n. melaksanakan penyusunan bahan penilaian dan pertimbangan pengangkatan dalam jabatan struktural eselon III dan IV di lingkungan Sekretariat Jenderal. penempatan. pengangkatan. melaksanakan pendokumentasian peraturan perundangundangan di lingkungan Sekretariat Jenderal.d. melaksanakan pengelolaan arsip pegawai Sekretariat Jenderal. m. f. p. melaksanakan urusan disiplin. melaksanakan penyiapan bahan penyusunan rancangan keputusan dan peraturan perundang-undangan di lingkungan Sekretariat Jenderal. melaksanakan urusan pendayagunaan dan pengembangan pegawai di lingkungan Sekretariat Jenderal. melaksanakan urusan pemberhentian dan pemensiunan pegawai di lingkungan Sekretariat Jenderal. h. melaksanakan penelaahan dan penyusunan bahan pertimbangan hukum. kesejahteraan. l. dan pemindahan pegawai serta mutasi lainnya di lingkungan Sekretariat Jenderal. i. melaksanakan penyusunan rencana peningkatan kemampuan profesional dan karier pegawai di lingkungan Sekretariat Jenderal. melaksanakan penyusunan sistem dan prosedur kerja di lingkungan Sekretariat Jenderal. j. o. k. kepangkatan. g. e. melaksanakan penyusunan formasi dan rencana pengembangan pegawai di lingkungan Sekretariat Jenderal.

melakukan penyiapan bahan penyusunan sistem dan prosedur kerja di lingkungan Sekretariat Jenderal. d. melakukan penyiapan bahan telaahan dan pertimbangan hukum di lingkungan Sekretariat Jenderal. melakukan penyusunan laporan Subbagian dan penyiapan penyusunan laporan Bagian dan Biro. b. melakukan penyiapan bahan penyusunan rancangan keputusan dan peraturan perundang-undangan di lingkungan Sekretariat Jenderal. b. g. melakukan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Subbagian. c. f. Pasal 7 Rincian Tugas Subbagian Mutasi Pegawai adalah : a. melakukan penyusunan program kerja Subbagian dan penyiapan penyusunan program kerja Bagian dan Biro. melakukan penyusunan program kerja Subbagian. melakukan pendokumentasian peraturan perundangundangan di lingkungan Sekretariat Jenderal.q. h. melakukan penyiapan bahan analisis jabatan dan analisis organisasi di lingkungan Sekretariat Jenderal. melakukan penyiapan bahan penyusunan formasi pegawai di lingkungan Sekretariat Jenderal. Pasal 6 Rincian Tugas Subbagian Tatalaksana adalah : a. melakukan penyiapan bahan penyempurnaan organisasi dan usul pelembagaan di lingkungan Sekretariat Jenderal. 9 . melaksanakan penyusunan laporan Bagian dan penyiapan penyusunan laporan Biro. e. dan i.

pengangkatan. f. melakukan penyiapan peningkatan kualifikasi pendidikan pegawai di lingkungan Sekretariat Jenderal. g. melakukan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Subbagian. melakukan penyiapan bahan penyusunan rencana pengembangan dan pembinaan pegawai di lingkungan Sekretariat Jenderal. dan pemindahan pegawai serta mutasi lainnya di lingkungan Sekretariat Jenderal. melakukan penyiapan usul pegawai yang akan mengikuti latihan prajabatan. pendidikan dan pelatihan penjenjangan dan teknis pegawai di lingkungan Sekretariat Jenderal. d. melakukan penyusunan data dan informasi kepegawaian pegawai di lingkungan Sekretariat Jenderal. melakukan urusan arsip pegawai Sekretariat Jenderal. e. melakukan penyusunan laporan Subbagian. e. pelaksanaan pelantikan dan serah terima jabatan. sumpah/janji pegawai negeri sipil. penempatan. peserta ujian dinas tingkat II. b. dan h. melakukan penyiapan bahan peningkatan kemampuan profesional dan karir pegawai Sekretariat Jenderal. Pasal 8 Rincian Tugas Subbagian Pengembangan dan Disiplin Pegawai adalah : a. surat pernyataan menduduki jabatan. melakukan penerimaan. melakukan penyiapan bahan usul pengangkatan dalam jabatan struktural dan fungsional.c. d. 10 . kepangkatan. c. melakukan penyusunan program kerja Subbagian. dan surat pernyataan melaksanakan tugas.

i. kartu istri/kartu suami. k. j. q. melakukan pemrosesan usul pemberhentian dan pemensiunan pegawai di lingkungan Sekretariat Jenderal. melakukan penyiapan pelaksanaan ujian dinas tingkat I dan ujian penyesuaian ijasah di lingkungan Sekretariat Jenderal. melakukan pemrosesan usul penjatuhan hukuman disiplin pegawai di lingkungan Sekretariat Jenderal. melakukan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Subbagian. asuransi kesehatan serta pemrosesan tabungan asuransi pensiun. melakukan penyiapan usul pemberian tanda kehormatan dan tanda penghargaan pegawai di lingkungan Sekretariat Jenderal. melakukan penyiapan usul pembuatan kartu pegawai. h. 11 . dan melakukan penyusunan laporan Subbagian. melakukan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan disiplin pegawai Sekretariat Jenderal. l. melakukan penyiapan administrasi pemeriksaan kesehatan pejabat eselon I dan II di lingkungan unit utama Departemen Pendidikan Nasional. tabungan perumahan. melakukan penyiapan bahan penyusunan daftar penilaian prestasi/kinerja pegawai di lingkungan Sekretariat.f. melakukan urusan pemberian cuti pegawai di lingkungan Biro dan penyiapan usul cuti pejabat eselon II di lingkungan Sekretariat Jenderal. dan kesejahteraan pegawai lainnya di lingkungan Sekretariat Jenderal. g. o. n. m. melakukan penyiapan berkas pemeriksaan kasus kepegawaian di lingkungan Sekretariat Jenderal. p.

melaksanakan pengadaan dan pendistribusian perlengkapan di lingkungan Sekretariat Jenderal. g. dan pendayagunaan aset di lingkungan Departemen. i. l. melaksanakan penyusunan bahan rekomendasi pembebasan bea masuk barang bantuan. e. d. inventarisasi. hibah. melaksanakan inventarisasi barang milik negara di lingkungan Departemen. melaksanakan penyusunan program kerja Bagian. melaksanakan penyusunan bahan penetapan persetujuan penghapusan aset di lingkungan Departemen. b. melaksanakan penyusunan bahan kebijakan pengelolaan perlengkapan di lingkungan Departemen. dan hadiah dari negara/badan/orang asing. h. j. k. 12 . melaksanakan penilaian dan penyiapan usul penghapusan aset Departemen. melaksanakan pemantauan dan evaluasi pengadaan barang dan jasa. melaksanakan penyiapan bahan penetapan status rumah jabatan dan rumah dinas golongan I dan II di lingkungan Departemen. melaksanakan penyiapan bahan sertifikasi tanah Departemen. f. melaksanakan penyusunan bahan pembinaan pengelolaan perlengkapan di lingkungan Departemen.Pasal 9 Rincian Tugas Bagian Perlengkapan adalah: a. m. melaksanakan penyusunan rencana kebutuhan perlengkapan di lingkungan Sekretariat Jenderal. c. melaksanakan penyusunan bahan pembinaan dan pengendalian pengadaan barang dan jasa di lingkungan Departemen.

melakukan penyusunan bahan rekomendasi pembebasan bea masuk barang bantuan. melakukan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Subbagian. e.n. dan q. dan hadiah dari negara/badan/orang asing. melakukan penyusunan rencana kebutuhan perlengkapan di lingkungan Sekretariat Jenderal. b. d. Pasal 10 Rincian Tugas Subbagian Pengadaan adalah: a. melakukan penyusunan bahan pembinaan dan pengendalian pengadaan barang dan jasa di lingkungan Departemen. melakukan penyusunan program kerja Subbagian dan penyiapan penyusunan program kerja Bagian. melakukan penyusunan bahan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan pengadaan barang dan jasa di lingkungan Departemen. penyimpanan. o. melakukan penyiapan bahan penyusunan pedoman pengadaan barang dan jasa di lingkungan Departemen. melaksanakan penyusunan laporan barang milik negara di lingkungan Departemen. hibah. melaksanakan inventarisasi dan penyusunan usul penghapusan barang milik negara Sekretariat Jenderal. dan pendistribusian barang dan jasa di lingkungan Sekretariat Jenderal. melakukan penyiapan pengadaan. h. dan i. f. melakukan penyusunan laporan Subbagian dan penyiapan penyusunan laporan Bagian. melaksanakan penyusunan laporan Bagian. p. 13 . g. c. melaksanakan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Bagian.

melakukan penyiapan bahan penyusunan pedoman inventarisasi perlengkapan di lingkungan Departemen. melakukan penyiapan usul pengalihan rumah dinas golongan II ke golongan III di lingkungan Departemen. melakukan penyusunan program kerja Subbagian. melakukan penyiapan bahan pengumpulan dan pengolahan data barang milik negara di lingkungan Departemen. melakukan penyiapan bahan penilaian dan usul penghapusan aset Departemen. melakukan penyiapan bahan pemantauan dan evaluasi pendayagunaan dan penghapusan aset di lingkungan Departemen. melakukan penyusunan laporan Subbagian. f. 14 . melakukan penyiapan bahan penyusunan pedoman pendayagunaan dan penghapusan aset di lingkungan Departemen. g. e. c. melakukan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Subbagian. h. b. b. d. Pasal 12 Rincian Tugas Subbagian Inventarisasi adalah: a.Pasal 11 Rincian Tugas Subbagian Pendayagunaan dan Penghapusan adalah: a. dan i. melakukan penyiapan bahan pembinaan pendayagunaan aset di lingkungan Departemen. d. melakukan penyiapan kodefikasi barang milik negara di lingkungan Departemen. melakukan penyusunan program kerja Subbagian. melakukan penyiapan bahan sertifikasi tanah Departemen. c.

melakukan penyusunan laporan Subbagian. f. g. dan j. kendaraan dinas. f. wisma dan gudang di lingkungan Sekretariat Jenderal. 15 . rumah jabatan. h. melakukan penyusunan laporan inventaris barang milik negara di lingkungan Sekretariat Jenderal dan Departemen. dan fasilitas lainnya di lingkungan Sekretariat Jenderal. e. rumah jabatan.e. Pasal 13 Rincian Tugas Bagian Rumah Tangga adalah : a. perawatan. melakukan kodefikasi barang milik negara di lingkungan Sekretariat Jenderal. melaksanakan pemeliharaan. i. melaksanakan koordinasi dan pelaksanaan keamanan dan ketertiban kantor dan rumah jabatan di lingkungan Departemen. dan perbaikan kantor Departemen. melaksanakan pengelolaan kebersihan dan keindahan kantor Departemen. melaksanakan pengaturan penggunaan ruang kantor. wisma. d. c. melaksanakan penyusunan program kerja Bagian. melakukan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Subbagian. b. melakukan penyajian informasi barang milik negara di lingkungan Departemen. melakukan penyiapan bahan penetapan status rumah jabatan dan rumah dinas golongan I dan II di lingkungan Departemen. dan gudang di lingkungan Sekretariat Jenderal. melaksanakan pemeliharaan dan perawatan sarana dan prasarana kantor serta kendaraan dinas di lingkungan Sekretariat Jenderal.

dan 16 . lembur.g. c. Pasal 14 Rincian tugas Subbagian Urusan Dalam adalah: a. melaksanakan penyusunan laporan Bagian. b. dan gas di lingkungan Sekretariat Jenderal. f. listrik. kendaraan dinas. dan acara lainnya. i. melaksanakan penyiapan pelaksanaan dan pembayaran perjalanan dinas dalam dan luar negeri bagi pimpinan Departemen serta atase pendidikan. dan tunjangan pegawai lainnya di lingkungan Sekretariat Jenderal. melakukan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Subbagian. dan fasilitas lainnya di lingkungan Sekretariat Jenderal. wisma. ruang sidang. melakukan pengaturan penggunaan telepon. dan l. melakukan penyusunan program kerja Subbagian dan penyiapan penyusunan program kerja Bagian. melakukan pengaturan tempat dan pelaksanaan upacara. g. dan gudang di lingkungan Sekretariat Jenderal. listrik. rumah jabatan. dan gas di lingkungan Sekretariat Jenderal. melaksanakan pengaturan penggunaan telepon. air. melaksanakan urusan gaji. melakukan pengaturan penggunaan ruang kantor. k. j. d. melakukan pengelolaan keamanan. melaksanakan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Bagian. melakukan pengelolaan kebersihan dan keindahan kantor Departemen. air. h. rapat pimpinan Departemen. melaksanakan pengaturan tempat upacara dan rapat pimpinan Departemen. e. ketertiban kantor dan rumah jabatan di lingkungan Departemen. plaza.

rapel pegawai. rapel. dan perjalanan dinas pegawai dan darmasiswa. c. dan gudang di lingkungan Sekretariat Jenderal. melakukan penyusunan daftar gaji. tunjangan. perawatan. melakukan penyusunan rencana pemeliharaan. e. Pasal 16 Rincian tugas Subbagian Urusan Gaji adalah: a.h. dan darmasiswa. Pasal 15 Rincian tugas Subbagian Pemeliharaan dan Perawatan adalah: a. d. d. tunjangan. melakukan pemeliharaan. dan f. lembur. wisma. 17 . dan perbaikan kantor Departemen. perawatan. melakukan pencairan gaji. rumah jabatan. b. c. melakukan penyusunan laporan Subbagian dan penyiapan penyusunan laporan Bagian. melakukan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Subbagian. melakukan penyusunan biaya perjalanan dinas dalam dan luar negeri bagi pimpinan Departemen serta atase pendidikan. b. melakukan penyusunan program kerja Subbagian. dan perbaikan prasarana kantor dan kendaraan dinas di lingkungan Sekretariat Jenderal. dan perbaikan sarana dan prasarana kantor serta kendaraan dinas di lingkungan Sekretariat Jenderal. melakukan pemeliharaan. perawatan. melakukan penyusunan laporan Subbagian. melakukan penyusunan program kerja Subbagian. lembur.

tunjangan. melakukan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Subbagian. f. melaksanakan urusan penyelenggaraan rapat pimpinan. rapel. h. c. pencatatan. i. melaksanakan urusan keprotokolan pimpinan Departemen. melaksanakan penyiapan bahan pembinaan keprotokolan Departemen. rapel. e. dan Staf Ahli Menteri. melakukan pembayaran perjalanan dinas dalam dan luar negeri bagi pimpinan Departemen serta atase pendidikan. melaksanakan penyusutan dan pemusnahan arsip di lingkungan Departemen. melaksanakan penyusunan bahan dan risalah rapat pimpinan Departemen. b. dan pemeliharaan arsip di lingkungan Departemen. g. melaksanakan urusan tata usaha Menteri. Sekretaris Jenderal. perjalanan dinas pegawai dalam dan luar negeri serta atase pendidikan. h. 18 . j. melaksanakan penyusunan bahan pembinaan persuratan dan kearsipan di lingkungan Departemen. melaksanakan penyusunan program kerja Bagian. dan i. melaksanakan penerimaan. g. f. melakukan pembukuan pembayaran gaji. Pasal 17 Rincian Tugas Bagian Tata Usaha adalah: a. d. lembur. tunjangan. melakukan penyusunan laporan Subbagian. melaksanakan pengelolaan persuratan dan kearsipan Sekretariat Jenderal. lembur. melakukan penyusunan pertanggungjawaban pembayaran gaji.e. dan perjalanan dinas pegawai dalam dan luar negeri serta atase pendidikan.

dan h. melakukan pencatatan dan pengiriman surat keluar di lingkungan Departemen. melakukan penyusunan bahan pembinaan kearsipan di lingkungan Departemen. melakukan pemberian nomor surat keluar di lingkungan Sekretariat Jenderal. c. melakukan penyiapan bahan pembinaan persuratan di lingkungan Departemen. f. melakukan penyiapan bahan pengembangan kearsipan di lingkungan Departemen. melakukan penyusunan program kerja Subbagian.k. b. b. e. melakukan pencatatan dan pendistribusian surat masuk di lingkungan Sekretariat Jenderal. melakukan penyusunan program kerja Subbagian dan penyiapan penyusunan program kerja Bagian. d. dan l. melakukan penerimaan dan penyortiran surat masuk di lingkungan Sekretariat Jenderal. melakukan penyusunan laporan Subbagian dan penyiapan penyusunan laporan Bagian. melaksanakan penyusunan laporan Bagian. Pasal 19 Rincian Tugas Subbagian Kearsipan adalah: a. melaksanakan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Bagian. melakukan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Subbagian. g. Pasal 18 Rincian Tugas Subbagian Persuratan adalah: a. c. 19 .

melakukan pencatatan jadwal kegiatan Menteri dan Sekretaris Jenderal. e. g. melakukan penyusunan bahan dan risalah rapat pimpinan Departemen. melakukan pencatatan dan penyimpanan arsip inaktif di lingkungan Departemen. Pasal 20 Rincian Tugas Subbagian Tata Usaha Pimpinan dan Protokol adalah: a. i. melakukan penyiapan pelaksanaan pertemuan Menteri dan Sekretaris Jenderal dengan pihak lain. melakukan penerimaan dan pemilahan arsip inaktif yang diterima dari unit kerja di lingkungan Departemen.d. e. b. g. melakukan penyiapan pelaksanaan rapat dinas pimpinan Departemen. melakukan pengelolaan surat masuk. melakukan penyiapan bahan pembinaan keprotokolan Departemen. d. dan arsip pimpinan Departemen. h. c. melakukan pengelolaan arsip di lingkungan Sekretariat Jenderal. melakukan penyiapan penyerahan arsip Departemen ke Arsip Nasional. j. melakukan penyiapan bahan usul penyusutan dan pemusnahan arsip Departemen. melakukan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Subbagian. dan k. f. 20 . melakukan perawatan dan pemeliharaan arsip Departemen. melakukan penyusunan program kerja Subbagian. surat keluar. melakukan penyusunan laporan Subbagian. f.

melakukan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Subbagian. i. melakukan penyiapan perjalanan dinas Staf Ahli Menteri.h. dan arsip Staf Ahli Menteri. h. melakukan penyusunan laporan Subbagian. melakukan pencatatan jadwal kegiatan Staf Ahli Menteri. 21 . melakukan pengaturan dan pelayanan tamu Staf Ahli Menteri. g. c. b. melakukan penyusunan laporan Subbagian. melakukan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Subbagian. f. melakukan penyusunan program kerja Subbagian. dan i. d. melakukan pengelolaan surat masuk. melakukan penyusunan bahan dan risalah rapat Staf Ahli Menteri. melakukan penyiapan pelaksanaan upacara dan pelantikan pejabat di lingkungan Departemen. melakukan penyiapan pelaksanaan rapat dan pertemuan Staf Ahli Menteri. k. Pasal 21 Rincian Tugas Subbagian Tata Usaha Staf Ahli adalah: a. dan l. e. melakukan penyiapan pelaksanaan perjalanan dinas pimpinan Departemen. surat keluar. j. melakukan pengaturan dan pemberian layanan penerimaan tamu pimpinan Departemen.

c. h. melaksanakan penyusunan bahan rencana strategis pembangunan pendidikan. melaksanakan penyusunan laporan Bagian. melaksanakan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kebijakan kerja sama luar negeri. melaksanakan penyusunan pedoman pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kebijakan dan program Departemen. melaksanakan analisis dan pengkajian kebijakan Departemen. i. melaksanakan koordinasi dan sinkronisasi penyusunan kebijakan pendidikan nasional. g. 22 . melaksanakan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Bagian. melaksanakan penyiapan bahan perumusan. e. melaksanakan penyusunan program kerja Bagian. d. melaksanakan penyusunan pengembangan alternatif kebijakan bidang pendidikan. dan program Departemen. rencana. melakukan penyusunan program kerja Subbagian dan penyiapan penyusunan program kerja Bagian. melaksanakan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kebijakan. f. dan sinkronisasi kebijakan Departemen. koordinasi.BAB II BIRO PERENCANAAN DAN KERJA SAMA LUAR NEGERI Pasal 22 Rincian tugas Bagian Kebijakan adalah: a. Pasal 23 Rincian tugas Subbagian Kebijakan I adalah : a. b. j. dan k.

e. melakukan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Subbagian. dan kerja sama luar negeri bidang pendidikan dasar dan pendidikan menengah. program. g. melakukan penyusunan pedoman pelaksanaan dan evaluasi pelaksanaan kebijakan program bidang pendidikan dasar dan pendidikan menengah. dan kerja sama luar negeri bidang pendidikan dasar dan pendidikan menengah. melakukan penyusunan program kerja Subbagian. 23 . b. melakukan penyusunan laporan Subbagian dan penyiapan penyusunan laporan Bagian. melakukan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kebijakan. melakukan penyiapan bahan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kebijakan. melakukan penyusunan bahan koordinasi dan sinkronisasi kebijakan bidang pendidikan dasar dan pendidikan menengah.b. rencana. melakukan penyiapan bahan perumusan kebijakan bidang pendidikan tinggi dan penelitian dan pengembangan. i. c. melakukan analisis dan pengkajian kebijakan. Pasal 24 Rincian tugas Subbagian Kebijakan II adalah: a. melakukan penyiapan bahan perumusan kebijakan bidang pendidikan dasar dan pendidikan menengah. f. dan program bidang pendidikan dasar dan pendidikan menengah. rencana. dan j. d. program. melakukan penyiapan bahan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kerja sama luar negeri bidang pendidikan dasar dan pendidikan menengah. h.

24 d. Pasal 25 Rincian tugas Subbagian Kebijakan III adalah : a. . f. pelayanan administrasi. melakukan penyusunan pedoman pelaksanaan dan evaluasi pelaksanaan kebijakan program bidang pendidikan nonformal dan informal. program. melakukan penyusunan bahan koordinasi dan sinkronisasi kebijakan bidang pendidikan tinggi dan penelitian dan pengembangan. rencana. melakukan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Subbagian. program. j. dan program bidang pendidikan tinggi dan penelitian dan pengembangan. melakukan penyiapan bahan perumusan kebijakan bidang pendidikan nonformal dan informal. dan kerja sama luar negeri bidang pendidikan tinggi dan penelitian dan pengembangan. h. dan pengawasan. dan melakukan penyusunan laporan Subbagian. melakukan analisis dan pengkajian kebijakan. dan pengawasan. melakukan penyusunan program kerja Subbagian. rencana. b. g. i. c. melakukan penyiapan bahan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kebijakan. dan kerja sama luar negeri bidang pendidikan tinggi dan penelitian dan pengembangan. e. melakukan penyiapan bahan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kerja sama luar negeri bidang pendidikan tinggi dan penelitian dan pengembangan. melakukan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kebijakan. melakukan penyusunan pedoman pelaksanaan dan evaluasi pelaksanaan kebijakan program bidang pendidikan tinggi dan penelitian dan pengembangan.c. pelayanan administrasi.

pelayanan administrasi. dan kerja sama luar negeri bidang pendidikan nonformal dan informal. Pasal 26 Rincian tugas Bagian Perencanaan Program adalah: a. melakukan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kebijakan. program. melakukan penyiapan bahan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kebijakan. i. 25 . pelayanan administrasi. melakukan penyiapan bahan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kerja sama luar negeri bidang pendidikan nonformal dan informal. b. dan j. melakukan analisis dan pengkajian kebijakan. dan pengawasan. rencana. melakukan penyusunan bahan koordinasi dan sinkronisasi kebijakan bidang pendidikan nonformal dan informal. melakukan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Subbagian. h. pelayanan administrasi. e. melaksanakan penyusunan program kerja Bagian.d. f. dan kerja sama luar negeri bidang pendidikan nonformal dan informal. c. melaksanakan penyusunan bahan rencana kerja pemerintah (RKP) dan rencana kerja Departemen. dan pengawasan. melakukan penyusunan laporan Subbagian. g. dan program bidang pendidikan nonformal dan informal. dan pengawasan. melaksanakan penyusunan pedoman perencanaan Departemen. pelayanan administrasi. program. pelayanan administrasi. rencana. dan pengawasan. dan pengawasan.

i. melaksanakan analisis dan pengkajian usul rencana program Departemen. 26 . kegiatan. melaksanakan pemberian layanan teknis dan fasilitasi penyusunan rencana program. g. melakukan penyiapan penyusunan rencana program. melaksanakan penyusunan bahan koordinasi dan sinkronisasi pemantapan rencana program. melakukan penyusunan program kerja Subbagian dan penyiapan penyusunan program kerja Bagian. melakukan penyiapan penyusunan pedoman perencanaan bidang pendidikan dasar dan pendidikan menengah. dan sasaran bidang pendidikan dasar dan pendidikan menengah.d. j. dan sasaran bidang pendidikan. kegiatan. melaksanakan penyiapan usul revisi program. c. k. kegiatan. dan sasaran bidang pendidikan. d. melaksanakan penyiapan bahan pengesahan program. melaksanakan penyusunan rencana program. b. dan sasaran bidang pendidikan. kegiatan. melaksanakan penyusunan laporan Bagian. dan l. melaksanakan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Bagian. f. Pasal 27 Rincian tugas Subbagian Perencanaan Program I adalah: a. dan sasaran bidang pendidikan. kegiatan. h. e. melakukan analisis dan pengkajian usul rencana program pendidikan dasar dan pendidikan menengah. kegiatan. dan sasaran bidang pendidikan. dan sasaran bidang pendidikan. kegiatan. melaksanakan pembahasan rencana program.

melakukan penyiapan penyusunan pedoman perencanaan bidang pendidikan tinggi dan penelitian dan pengembangan. kegiatan. dan sasaran bidang pendidikan tinggi dan penelitian dan pengembangan. melakukan penyiapan bahan pembahasan rencana program. Pasal 28 Rincian tugas Subbagian Perencanaan Program II adalah: a. j. kegiatan. melakukan penyiapan bahan pengesahan program. melakukan penyusunan program kerja Subbagian. melakukan penyusunan laporan Subbagian dan penyiapan penyusunan laporan Bagian. melakukan penyiapan bahan koordinasi dan sinkronisasi pemantapan rencana program. dan sasaran bidang pendidikan dasar dan pendidikan menengah. i. d. c.e. kegiatan. dan sasaran bidang pendidikan dasar dan pendidikan menengah. kegiatan. kegiatan. dan sasaran bidang pendidikan dasar dan pendidikan menengah. dan sasaran bidang pendidikan dasar dan pendidikan menengah. melakukan analisis dan pengkajian usul rencana program pendidikan tinggi dan penelitian dan pengembangan. melakukan penyiapan penyusunan rencana program. dan k. g. f. b. melakukan penyiapan bahan usul revisi program. kegiatan. melakukan penyiapan bahan pemberian layanan teknis dan fasilitasi penyusunan rencana program. 27 . h. melakukan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Subbagian. dan sasaran bidang pendidikan dasar dan pendidikan menengah.

i. h. dan pengawasan. dan sasaran bidang pendidikan tinggi dan penelitian dan pengembangan. dan k. melakukan analisis dan pengkajian usul rencana program pendidikan nonformal dan informal. melakukan penyiapan bahan pengesahan program.e. 28 . kegiatan. melakukan penyiapan bahan usul revisi program. dan sasaran bidang pendidikan tinggi dan penelitian dan pengembangan. melakukan penyiapan bahan koordinasi dan sinkronisasi pemantapan rencana program. dan pengawasan. dan sasaran bidang pendidikan tinggi dan penelitian dan pengembangan. kegiatan. melakukan penyusunan laporan Subbagian. pelayanan administrasi. c. dan sasaran bidang pendidikan tinggi dan penelitian dan pengembangan. f. Pasal 29 Rincian tugas Subbagian Perencanaan Program III adalah: a. melakukan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Subbagian. j. melakukan penyiapan bahan pemberian layanan teknis dan fasilitasi penyusunan rencana program. g. b. dan sasaran bidang pendidikan tinggi dan penelitian dan pengembangan. kegiatan. kegiatan. melakukan penyiapan bahan pembahasan rencana program. pelayanan administrasi. kegiatan. melakukan penyiapan penyusunan pedoman perencanaan bidang pendidikan nonformal dan informal. melakukan penyusunan program kerja Subbagian.

g. pelayanan administrasi. melaksanakan pengumpulan dan pengolahan data dan informasi perencanaan pendidikan. dan sasaran bidang pendidikan nonformal dan informal. melakukan penyiapan bahan pemberian layanan teknis dan fasilitasi penyusunan rencana program. pelayanan administrasi. dan sasaran bidang pendidikan nonformal dan informal. melakukan penyusunan laporan Subbagian. pelayanan administrasi. melaksanakan penyusunan program kerja Bagian. kegiatan. dan k. j. melakukan penyiapan penyusunan rencana program. Pasal 30 Rincian tugas Bagian Sistem Informasi adalah: a. melakukan penyiapan bahan usul revisi program. kegiatan. dan pengawasan. dan sasaran bidang pendidikan nonformal dan informal. kegiatan. dan pengawasan. c. pelayanan administrasi. b. 29 . pelayanan administrasi. f. dan pengawasan. dan pengawasan.d. kegiatan. melakukan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Subbagian. melakukan penyiapan bahan pengesahan program. dan sasaran bidang pendidikan nonformal dan informal. melakukan penyiapan bahan pembahasan rencana program. kegiatan. dan pengawasan. pelayanan administrasi. dan sasaran bidang pendidikan nonformal dan informal. melaksanakan penyiapan bahan pengembangan sistem informasi perencanaan pendidikan. melakukan penyiapan bahan koordinasi dan sinkronisasi pemantapan rencana program. dan sasaran bidang pendidikan nonformal dan informal. e. i. dan pengawasan. h. kegiatan.

melaksanakan penyusunan laporan Bagian. d. melakukan penyusunan program kerja Subbagian dan penyiapan penyusunan program kerja Bagian. g. melakukan penyiapan bahan penyusunan pedoman dan standar pengelolaan informasi pendidikan. melaksanakan penyajian data dan informasi perencanaan pendidikan. j. i. melaksanakan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Bagian. melakukan penyiapan bahan pengembangan sistem informasi perencanaan pendidikan. f. 30 . melaksanakan penyusunan bahan pedoman dan standar pengelolaan informasi pendidikan. l. melakukan penyiapan bahan koordinasi perumusan bahan kebijakan sistem informasi perencanaan pendidikan.d. dan m. b. c. k. Pasal 31 Rincian tugas Subbagian Pengembangan Sistem adalah: a. melaksanakan penyiapan bahan pembinaan pengembangan sistem informasi pendidikan. melaksanakan penyiapan bahan evaluasi jaringan informasi pendidikan. melaksanakan penyusunan indikator pencapaian program kegiatan dan sasaran bidang pendidikan. e. melaksanakan penyiapan bahan koordinasi perumusan kebijakan sistem informasi perencanaan pendidikan. melaksanakan pemberian layanan data dan informasi kerja sama luar negeri bidang pendidikan. melaksanakan koordinasi dan fasilitasi pengembangan dan pengelolaan informasi pendidikan. h.

melakukan pengumpulan data dan informasi perencanaan bidang pendidikan dasar. e. b. melakukan penyusunan program kerja Subbagian. melakukan penyusunan indikator pencapaian target perencanaan bidang pendidikan dasar. f. melakukan penyiapan bahan pembinaan pengembangan sistem informasi pendidikan. melakukan penyusunan laporan Subbagian dan penyiapan penyusunan laporan Bagian. dan pengawasan. pendidikan menengah. melakukan analisis pencapaian target perencanaan bidang pendidikan dasar. melakukan penyajian data dan informasi perencanaan bidang pendidikan dasar. d. pendidikan menengah. g. Pasal 32 Rincian tugas Subbagian Pengolahan Data I adalah: a. melakukan penyiapan bahan evaluasi jaringan informasi pendidikan. melakukan penyusunan pedoman pengumpulan dan pengolahan data perencanaan bidang pendidikan dasar. melakukan penyiapan bahan koordinasi dan fasilitasi pengembangan dan pengelolaan informasi pendidikan. dan pengawasan. melakukan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Subbagian. dan pengawasan. g. melakukan pengolahan data dan informasi perencanaan bidang pendidikan dasar. pendidikan menengah. f. dan pengawasan. c. dan pengawasan. pendidikan menengah. dan pengawasan. dan i.e. pendidikan menengah. pendidikan menengah. 31 . h.

melakukan penyusunan indikator pencapaian target perencanaan bidang pendidikan tinggi. b. melakukan penyusunan program kerja Subbagian. d. f. melakukan pengolahan data dan informasi perencanaan bidang pendidikan tinggi. pendidikan nonformal dan informal. dan pengawasan. i. pendidikan menengah. dan pelayanan administrasi. penelitian dan pengembangan.h. c. dan pelayanan administrasi. 32 . melakukan penyusunan pedoman pengumpulan dan pengolahan data perencanaan bidang pendidikan tinggi. dan pelayanan administrasi. melakukan analisis pencapaian target perencanaan bidang pendidikan tinggi. e. dan pelayanan administrasi. dan j. Pasal 33 Rincian tugas Subbagian Pengolahan Data II adalah: a. penelitian dan pengembangan. pendidikan nonformal dan informal. melakukan penyajian data dan informasi perencanaan bidang pendidikan tinggi. penelitian dan pengembangan. pendidikan nonformal dan informal. melakukan penyusunan laporan Subbagian. melakukan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Subbagian. g. pendidikan nonformal dan informal. pendidikan nonformal dan informal. pendidikan nonformal dan informal. penelitian dan pengembangan. melakukan pemberian layanan data dan informasi perencanaan dan kerja sama luar negeri bidang pendidikan dasar. penelitian dan pengembangan. penelitian dan pengembangan. dan pelayanan administrasi. melakukan pengumpulan data dan informasi perencanaan bidang pendidikan tinggi. dan pelayanan administrasi.

h. melakukan pemberian layanan data dan informasi perencanaan dan kerja sama luar negeri bidang pendidikan tinggi, pendidikan nonformal dan informal, penelitian dan pengembangan, dan pelayanan administrasi; i. melakukan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Subbagian; dan j. melakukan penyusunan laporan Subbagian. Pasal 34 Rincian tugas Bagian Kerja Sama Luar Negeri adalah: a. melaksanakan penyusunan program kerja Bagian; b. melaksanakan penyiapan bahan penyusunan pedoman kerja sama luar negeri bidang pendidikan; c. melaksanakan penyusunan program kerja sama luar negeri bidang pendidikan; d. melaksanakan penyusunan bahan perjanjian kerja sama luar negeri bidang pendidikan; e. melaksanakan penyusunan bahan koordinasi pelaksanaan kerja sama luar negeri bidang pendidikan; f. melaksanakan program kerja sama luar negeri bidang pendidikan; g. melaksanakan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kerja sama luar negeri bidang pendidikan; h. melaksanakan koordinasi pengembangan kerja sama luar negeri bidang pendidikan; i. melaksanakan pemberian layanan teknis dan administrasi pelaksanaan kerja sama luar negeri bidang pendidikan; j. melaksanakan koordinasi penyiapan penyelenggaraan pertemuan, konferensi, seminar, lokakarya, pameran, dan lomba internasional dalam rangka kerja sama luar negeri bidang pendidikan;
33

k. melaksanakan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Bagian; dan l. melaksanakan penyusunan laporan Bagian. Pasal 35 Rincian tugas Subbagian Amerika dan Eropa adalah: a. melakukan penyusunan program kerja Subbagian dan penyiapan penyusunan program kerja Bagian; b. melakukan penyiapan bahan penyusunan pedoman kerja sama luar negeri bidang pendidikan yang bersifat bilateral di kawasan Amerika dan Eropa; c. melakukan penyiapan bahan penyusunan program kerja sama luar negeri bidang pendidikan yang bersifat bilateral di kawasan Amerika dan Eropa; d. melakukan penyiapan bahan perjanjian kerja sama luar negeri bidang pendidikan yang bersifat bilateral di kawasan Amerika dan Eropa; e. melakukan penyiapan bahan koordinasi pelaksanaan kerja sama luar negeri bidang pendidikan yang bersifat bilateral di kawasan Amerika dan Eropa; f. melakukan penyiapan pelaksanaan program kerja sama luar negeri bidang pendidikan di kawasan Amerika dan Eropa; g. melakukan penyiapan bahan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kerja sama luar negeri bidang pendidikan yang bersifat bilateral di kawasan Amerika dan Eropa; h. melakukan penyiapan bahan koordinasi pengembangan kerja sama luar negeri bidang pendidikan di kawasan Amerika dan Eropa; i. melakukan penyiapan bahan pemberian layanan teknis dan administrasi pelaksanaan kerja sama luar negeri bidang pendidikan di kawasan Amerika dan Eropa;
34

melakukan penyiapan bahan koordinasi penyelenggaraan pertemuan, konferensi, seminar, lokakarya, pameran, dan lomba internasional dalam rangka kerjasama luar negeri di bidang pendidikan di kawasan Amerika dan Eropa; k. melakukan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Subbagian; dan l. melakukan penyusunan laporan Subbagian. Pasal 36 Rincian tugas Subbagian Asia, Afrika, dan Australia adalah: a. melakukan penyusunan program kerja Subbagian; b. melakukan penyiapan bahan penyusunan pedoman kerja sama luar negeri bidang pendidikan yang bersifat bilateral di kawasan Asia, Afrika, dan Australia; c. melakukan penyiapan bahan penyusunan program kerja sama luar negeri bidang pendidikan yang bersifat bilateral di kawasan Asia, Afrika, dan Australia; d. melakukan penyiapan bahan perjanjian kerja sama luar negeri bidang pendidikan yang bersifat bilateral di kawasan Asia, Afrika, dan Australia; e. melakukan penyiapan bahan koordinasi pelaksanaan kerja sama luar negeri bidang pendidikan yang bersifat bilateral di kawasan Asia, Afrika, dan Australia; f. melakukan penyiapan pelaksanaan program kerja sama luar negeri bidang pendidikan di kawasan Asia, Afrika, dan Australia; g. melakukan penyiapan bahan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kerja sama luar negeri bidang pendidikan yang bersifat bilateral di kawasan Asia, Afrika, dan Australia;

j.

35

melakukan penyiapan bahan penyusunan program kerja sama luar negeri bidang pendidikan yang bersifat regional dan multilateral. melakukan penyiapan bahan penyusunan pedoman kerja sama luar negeri bidang pendidikan yang bersifat regional dan multilateral.dan l. Pasal 37 Rincian tugas Subbagian Regional dan Multilateral dan adalah: a. i. melakukan penyiapan bahan pemberian layanan teknis dan administrasi pelaksanaan kerja sama luar negeri di bidang pendidikan di kawasan Asia. melakukan penyusunan program kerja Subbagian. melakukan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Subbagian. Afrika. d. melakukan penyusunan laporan Subbagian. melakukan penyiapan bahan perjanjian kerja sama luar negeri bidang pendidikan yang bersifat regional dan multilateral. dan Australia. 36 . dan Australia. melakukan penyiapan bahan koordinasi pelaksanaan kerja sama luar negeri bidang pendidikan yang bersifat regional dan multilateral. melakukan penyiapan bahan koordinasi pengembangan kerja sama luar negeri bidang pendidikan di kawasan Asia. konferensi. k. Afrika. seminar. e. b. j. pameran. dan Australia. lokakarya.h. c. Afrika. melakukan penyiapan bahan koordinasi penyelenggaraan pertemuan. dan lomba internasional dalam rangka kerjasama luar negeri bidang pendidikan di kawasan Asia.

melaksanakan pengelolaan anggaran atase pendidikan dan wakil RI pada UNESCO. g. melakukan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Subbagian. i. j. melakukan penyiapan bahan pemberian layanan teknis dan administrasi pelaksanaan kerja sama luar negeri bidang pendidikan yang bersifat regional dan multilateral. dan lomba internasional dalam rangka kerja sama luar negeri bidang pendidikan yang bersifat regional dan multilateral.f. melakukan penyiapan pelaksanaan program kerja sama luar negeri bidang pendidikan yang bersifat regional dan multilateral. melakukan penyiapan bahan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kerja sama luar negeri bidang pendidikan yang bersifat regional dan multilateral. b. melakukan penyiapan bahan koordinasi pengembangan kerja sama luar negeri bidang pendidikan yang bersifat regional dan multilateral. dan l. melakukan penyiapan bahan koordinasi penyelenggaraan pertemuan konferensi. 37 . k. c. melakukan penyusunan laporan Subbagian dan penyiapan penyusunan laporan Bagian. Pasal 38 Rincian tugas Bagian Fasilitasi Layanan Internasional adalah: a. seminar. melaksanakan penyusunan program kerja Bagian dan penyiapan penyusunan program kerja Biro. h. pameran. melaksanakan penyusunan rencana dan anggaran atase pendidikan dan wakil RI pada UNESCO dan bantuan untuk Sekolah Indonesia di luar negeri. lokakarya.

keuangan. melaksanakan penyusunan rencana kebutuhan pejabat wakil RI pada UNESCO dan atase pendidikan. h. dan penarikan kembali guru dan kepala sekolah Indonesia di luar negeri. melaksanakan urusan kepegawaian. o. melaksanakan pelayanan administrasi peserta penerima beasiswa Pemerintah RI. dan kepala sekolah Indonesia di luar negeri. kerumahtanggaan. f. melaksanakan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Bagian.d. g. melaksanakan penyiapan bahan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan penerimaan beasiswa Pemerintah RI. penempatan. melaksanakan penyiapan koordinasi penilaian kinerja atase pendidikan dan wakil RI pada UNESCO dan sekolah Indonesia di luar negeri. k. melaksanakan penyiapan rencana kunjungan tamu asing kepada pimpinan Departemen. wakil RI pada UNESCO. j. perlengkapan. l. informasi perkembangan pendidikan. melaksanakan koordinasi pemberian layanan kepegawaian. melaksanakan penyusunan dokumen keberangkatan dan pemulangan atase pendidikan. m. i. p. guru. melaksanakan penyiapan bahan pengembangan dan penyebarluasan beasiswa Pemerintah RI. dan 38 . persuratan. e. melaksanakan koordinasi. n. melaksanakan dan koordinasi pelaksanaan pemberian beasiswa Pemerintah RI dan penerimaan tamu asing. melaksanakan penyiapan pertemuan dan kunjungan kerja atase pendidikan ke Indonesia. dan pengembangan program pendidikan pada atase pendidkan dan wakil RI pada UNESCO dan sekolah Indonesia di luar negeri. dan kearsipan Biro.

dan kepala sekolah Indonesia di luar negeri. i. menyusun laporan Bagian dan penyiapan penyusunan laporan Biro. melakukan penyiapan koordinasi penilaian kinerja atase pendidikan dan wakil RI pada UNESCO dan sekolah Indonesia di luar negeri. dan 39 . melakukan penyusunan program kerja Subbagian. melakukan pengurusan dokumen keberangkatan dan pemulangan atase pendidikan. melakukan penyiapan pelaksanaan pertemuan dan kunjungan kerja atase pendidikan di Indonesia. f. c. melakukan koordinasi. b. melakukan penyiapan bahan koordinasi pemberian layanan kepegawaian. h. Pasal 39 Rincian tugas Subbagian Atase Pendidikan dan Sekolah Indonesia adalah: a. melakukan penyiapan bahan penyusunan rencana dan anggaran atase pendidikan dan wakil RI pada UNESCO dan bantuan untuk sekolah Indonesia di luar negeri. d. dan penarikan kembali guru dan kepala sekolah Indonesia di luar negeri. j. e. melakukan layanan pengelolaan anggaran atase pendidikan dan wakil RI pada UNESCO.q. melakukan penyusunan rencana kebutuhan pejabat wakil RI pada UNESCO dan atase pendidikan. melakukan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Subbagian. g. guru. wakil RI pada UNESCO. informasi perkembangan pendidikan dan pengembangan program pendidikan pada atase pendidikan dan wakil RI pada UNESCO dan sekolah Indonesia di luar negeri. penempatan.

Pasal 40 Rincian tugas Subbagian Beasiswa RI dan Tamu Asing adalah : a.k. melakukan penyusunan laporan Subbagian. g. f. melakukan penyiapan bahan rencana kunjungan tamu asing kepada pimpinan Departemen. h. melakukan penyusunan laporan Subbagian. d. melakukan penyusunan program kerja Subbagian dan penyiapan penyusunan program kerja Bagian dan Biro. dan pendistribusian surat masuk dan surat keluar. melakukan pelayanan administrasi peserta penerima beasiswa Pemerintah RI. melakukan penyiapan bahan koordinasi pemberian beasiswa Pemerintah RI dan penerimaan tamu asing. melakukan pemberian layanan penerimaan tamu asing. e. c. pencatatan. melakukan penerimaan. 40 . Pasal 41 Rincian tugas Subbagian Tata Usaha adalah: a. i. melakukan penyusunan program kerja Subbagian. melakukan penyiapan pelaksanaan pemberian beasiswa Pemerintah Republik Indonesia. b. melakukan penyiapan bahan pengembangan dan penyebarluasan beasiswa Pemerintah RI. dan j. melakukan penyiapan bahan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan penerima beasiswa Pemerintah Republik Indonesia. b. melakukan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Subbagian.

melakukan daftar inventaris dan usul penghapusan perlengkapan Biro. j. dan l. kesejahteraan. i. disiplin. dan pemberhentian pegawai di lingkungan Biro. f. melaksanakan penyusunan bahan koordinasi dan sinkronisasi penganggaran kegiatan di lingkungan Departemen. c. melakukan urusan mutasi.c. melaksanakan penyusunan bahan pedoman anggaran Departemen. k. dan anggaran Biro. g. melakukan urusan penerimaan tamu dan rapat dinas. melaksanakan penyusunan program kerja Bagian. h. melakukan penyiapan bahan penyusunan rencana. melakukan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Subbagian. pengembangan. melakukan urusan penataan. d. BAB III BIRO KEUANGAN Pasal 42 Rincian tugas Bagian Anggaran adalah: a. pemeliharaan. melakukan penyusunan laporan Subbagian dan penyiapan penyusunan laporan Bagian dan Biro. melakukan pengelolaan perlengkapan Biro. melakukan urusan kerumahtanggaan Biro. program. e. b. dan penghapusan arsip di lingkungan Biro. 41 . melakukan pengelolaan anggaran Biro.

d. b. melaksanakan penyiapan konsep pengesahan dokumen pelaksanaan anggaran di lingkungan Departemen. melaksanakan penyusunan usul perubahan/revisi anggaran di lingkungan Departemen. melakukan penyiapan bahan penyusunan pedoman anggaran Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah dan Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Pasal 43 Rincian tugas Subbagian Anggaran I adalah: a. melaksanakan penelaahan usul anggaran kegiatan di lingkungan Departemen. melaksanakan penyusunan laporan Bagian. melakukan penyusunan program kerja Subbagian. melaksanakan penyiapan bahan pembinaan pengelolaan anggaran di lingkungan Departemen. e. melakukan penelaahan usul anggaran kegiatan di lingkungan Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan 42 . dan j. d. melaksanakan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Bagian. h. melaksanakan penyusunan bahan rencana anggaran Departemen. f. melakukan penyiapan bahan koordinasi dan sinkronisasi anggaran Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah dan Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan. e. i. c. g. melakukan penyiapan bahan pembinaan pengelolaan anggaran di lingkungan Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah dan Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan.

Menengah dan Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan. dan j. Pasal 44 Rincian tugas Subbagian Anggaran II adalah : a. 43 . g. dan Badan Penelitian dan Pengembangan. f. melakukan penyusunan program kerja Subbagian. b. melakukan penyiapan bahan koordinasi dan sinkronisasi anggaran Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. melakukan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Subbagian. i. Direktorat Jenderal Pendidikan Nonformal dan Informal. melakukan penyiapan bahan usul perubahan/revisi anggaran di lingkungan Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah dan Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan. melakukan penyusunan laporan Subbagian. melakukan penyiapan konsep pengesahan dokumen pelaksanaan anggaran di lingkungan Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah dan Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan. h. melakukan penyiapan bahan penyusunan pedoman anggaran Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. c. melakukan penyiapan bahan penyusunan rencana anggaran di lingkungan Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah dan Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan. dan Badan Penelitian dan Pengembangan. Direktorat Jenderal Pendidikan Nonformal dan Informal.

Pasal 45 Rincian tugas Subbagian Anggaran III adalah: a. melakukan penyusunan program kerja Subbagian dan penyiapan penyusunan program kerja Bagian. Direktorat Jenderal Pendidikan Nonformal dan Informal. i. melakukan penyiapan bahan pembinaan pengelolaan anggaran di lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. melakukan penelaahan usul anggaran kegiatan di lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. g. Direktorat Jenderal Pendidikan Nonformal dan Informal. dan Badan Penelitian dan Pengembangan. Direktorat Jenderal Pendidikan Nonformal dan Informal. melakukan penyusunan laporan Subbagian. melakukan penyiapan konsep pengesahan dokumen pelaksanaan anggaran di lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. e. dan j. dan Badan Penelitian dan Pengembangan. melakukan penyiapan bahan usul perubahan/revisi anggaran di lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. melakukan penyiapan bahan penyusunan pedoman anggaran Inspektorat Jenderal dan Sekretariat Jenderal. dan Badan Penelitian dan Pengembangan. h. melakukan penyiapan bahan penyusunan rencana anggaran di lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. f. dan Badan Penelitian dan Pengembangan. Direktorat Jenderal Pendidikan Nonformal dan Informal. 44 . Direktorat Jenderal Pendidikan Nonformal dan Informal. melakukan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Subbagian.d. dan Badan Penelitian dan Pengembangan. b.

f. h. 45 . g. d. dan j. melaksanakan pengujian kebenaran materiil dokumen surat permintaan pembayaran (SPP) dari Kantor/Satker Departemen. i. melakukan penyiapan bahan koordinasi dan sinkronisasi anggaran Inspektorat Jenderal dan Sekretariat Jenderal. melakukan penelaahan usul anggaran kegiatan di lingkungan Inspektorat Jenderal dan Sekretariat Jenderal. melakukan penyiapan bahan usul perubahan/revisi anggaran di lingkungan Inspektorat Jenderal dan Sekretariat Jenderal. melakukan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Subbagian. melakukan penyiapan konsep pengesahan dokumen pelaksanaan anggaran di lingkungan Inspektorat Jenderal dan Sekretariat Jenderal. melakukan penyiapan bahan pembinaan pengelolaan anggaran di lingkungan Inspektorat Jenderal dan Sekretariat Jenderal. melakukan penyiapan bahan penyusunan rencana anggaran di lingkungan Inspektorat Jenderal dan Sekretariat Jenderal. melaksanakan penyusunan bahan pedoman pembinaan pelaksanaan anggaran di lingkungan Departemen. d. melaksanakan pengumpulan dokumen pelaksanaan anggaran Kantor/Satker Departemen. e. c. Pasal 46 Rincian tugas Bagian Pembiayaan adalah: a. melaksanakan verifikasi terhadap dokumen-dokumen SPP dari Kantor/Satker di lingkungan Departemen. e. b. melaksanakan penyusunan program kerja Bagian. melakukan penyusunan laporan Subbagian dan penyiapan penyusunan laporan Bagian.c.

melakukan verifikasi terhadap dokumen-dokumen SPP dari Kantor/Satker di lingkungan Direktorat Jenderal Manajemen 46 . melakukan pengumpulan dokumen pelaksanaan anggaran Kantor/Satker di lingkungan Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah dan Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan. melaksanakan penyusunan laporan Bagian. d. melakukan pengujian kebenaran materiil dokumen surat permintaan pembayaran (SPP) dari Kantor/Satker di lingkungan Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah dan Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan. dan j. e. Pasal 47 Rincian tugas Subbagian Pembiayaan I adalah: a. melaksanakan fasilitasi dan koordinasi pelaksanaan anggaran Departemen. melakukan penyiapan bahan penyusunan pedoman pembinaan pelaksanaan anggaran di lingkungan Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah dan Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan. b. h. g. melakukan penyusunan program kerja Subbagian. melaksanakan penerbitan surat perintah membayar (SPM) di lingkungan Departemen. melaksanakan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Bagian. melaksanakan rekonsiliasi data pelaksanaan anggaran (SPM yang diterbitkan) dengan dokumen pencairan anggaran yang diterbitkan oleh KPPN dan Kantor/Satker.f. i. c.

Pendidikan Dasar dan Menengah dan Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan. melakukan penyiapan bahan fasilitasi dan koordinasi pelaksanaan anggaran di lingkungan Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah dan Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan. f. melakukan rekonsiliasi data pelaksanaan anggaran (SPM yang diterbitkan) dengan dokumen pencairan anggaran yang diterbitkan oleh KPPN dan Kantor/Satker di lingkungan Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah dan Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Direktorat Jenderal Pendidikan Nonformal dan Informal. dan Badan Penelitian dan Pengembangan. i. melakukan penyusunan laporan Subbagian. 47 . melakukan penerbitan surat perintah membayar (SPM) di lingkungan Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah dan Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan. melakukan penyusunan program kerja Subbagian dan penyiapan penyusunan program kerja Bagian. Pasal 48 Rincian tugas Subbagian Pembiayaan II adalah: a. melakukan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Subbagian. g. b. h. dan j. melakukan penyiapan bahan penyusunan pedoman pembinaan pelaksanaan anggaran di lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Direktorat Jenderal Pendidikan Nonformal dan Informal. 48 . d. h. melakukan penyusunan laporan Subbagian dan penyiapan penyusunan laporan Bagian. Direktorat Jenderal Pendidikan Nonformal dan Informal. Direktorat Jenderal Pendidikan Nonformal dan Informal. dan Badan Penelitian dan Pengembangan. dan Badan Penelitian dan Pengembangan. Direktorat Jenderal Pendidikan Nonformal dan Informal. i. melakukan pengujian kebenaran materiil dokumen surat permintaan pembayaran (SPP) dari Kantor/Satker di lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. dan Badan Penelitian dan Pengembangan. Direktorat Jenderal Pendidikan Nonformal dan Informal.c. f. dan Badan Penelitian dan Pengembangan. dan j. melakukan penerbitan surat perintah membayar (SPM) di lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. e. dan Badan Penelitian dan Pengembangan. melakukan verifikasi terhadap dokumen-dokumen SPP dari Kantor/Satker di lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. melakukan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Subbagian. melakukan pengumpulan dokumen pelaksanaan anggaran Kantor/Satker di lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. dan Badan Penelitian dan Pengembangan. melakukan penyiapan bahan fasilitasi dan koordinasi pelaksanaan anggaran di lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. melakukan rekonsiliasi data pelaksanaan anggaran (SPM yang diterbitkan) dengan dokumen pencairan anggaran yang diterbitkan oleh KPPN dan Kantor/Satker di lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. g. Direktorat Jenderal Pendidikan Nonformal dan Informal.

melakukan rekonsiliasi data pelaksanaan anggaran (SPM yang diterbitkan) dengan dokumen pencairan anggaran yang diterbitkan oleh KPPN dan Kantor/Satker di lingkungan Inspektorat Jenderal dan Sekretariat Jenderal. melakukan penyiapan bahan penyusunan pedoman pembinaan pelaksanaan anggaran di lingkungan Inspektorat Jenderal dan Sekretariat Jenderal. dan j. d. 49 . melakukan penyiapan bahan fasilitasi dan koordinasi pelaksanaan anggaran di lingkungan Inspektorat Jenderal dan Sekretariat Jenderal. melakukan penyusunan laporan Subbagian. melakukan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Subbagian. e. melakukan penerbitan surat perintah membayar (SPM) di lingkungan Inspektorat Jenderal dan Sekretariat Jenderal. melakukan penyusunan program kerja Subbagian. g. f. c. i.Pasal 49 Rincian tugas Subbagian Pembiayaan III adalah: a. b. melakukan pengumpulan dokumen pelaksanaan anggaran Kantor/Satker di lingkungan Inspektorat Jenderal dan Sekretariat Jenderal. melakukan verifikasi terhadap dokumen-dokumen SPP dari Kantor/Satker di lingkungan Inspektorat Jenderal dan Sekretariat Jenderal. melakukan pengujian kebenaran materiil dokumen surat permintaan pembayaran (SPP) dari Kantor/Satker di lingkungan Inspektorat Jenderal dan Sekretariat Jenderal. h.

50 . g. d. melaksanakan pembahasan rancangan tarif atas jenis PNBP di lingkungan Departemen dengan unit kerja dan instansi terkait. melaksanakan penyusunan bahan pedoman pengelolaan penerimaan negara bukan pajak (PNBP) di lingkungan Departemen. melaksanakan pengolahan data dan informasi pemberian bantuan kepada lembaga penyelenggara pendidikan yang diselenggarakan oleh masyarakat dan organisasi kemasyarakatan. e. j. melaksanakan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan anggaran PNBP di lingkungan Departemen.Pasal 50 Rincian tugas Bagian Penerimaan Negara Bukan Pajak dan Subsidi adalah: a. f. b. melaksanakan pengolahan data dan informasi PNBP di lingkungan Departemen. h. melaksanakan penyusunan target dan realisasi penerimaan dan penggunaan anggaran PNBP di lingkungan Departemen. c. melaksanakan penyusunan bahan pembinaan pengelolaan PNBP di lingkungan Departemen. melaksanakan penyusunan bahan penetapan sasaran dan anggaran pemberian bantuan kepada lembaga penyelenggara pendidikan yang diselenggarakan oleh masyarakat dan organisasi kemasyarakatan. melaksanakan penyusunan rancangan tarif atas jenis PNBP di lingkungan Departemen. melaksanakan penyusunan program kerja Bagian. i. k. melaksanakan koordinasi pemberian bantuan kepada lembaga penyelenggara pendidikan yang diselenggarakan oleh masyarakat dan organisasi kemasyarakatan.

Pasal 51 Rincian tugas Subbagian Penerimaan Negara Bukan Pajak dan Subsidi I adalah: a. m. melakukan pengumpulan dan pengolahan data PNBP di lingkungan Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah dan Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan. n. melaksanakan penyusunan laporan Bagian. dan o. melakukan penyusunan program kerja Subbagian dan penyiapan penyusunan program kerja Bagian. melaksanakan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Bagian. b. melakukan penyiapan bahan pembinaan pengelolaan PNBP di lingkungan Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah dan Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan. melakukan penyiapan bahan penyusunan pedoman pengelolaan penerimaan negara bukan pajak (PNBP) di lingkungan Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah dan Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan. melaksanakan penyusunan data realisasi pelaksanaan pemberian bantuan kepada lembaga penyelenggara pendidikan yang diselenggarakan oleh masyarakat dan organisasi kemasyarakatan. melaksanakan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan pemberian bantuan kepada lembaga penyelenggara pendidikan yang diselenggarakan oleh masyarakat dan organisasi kemasyarakatan. d.l. 51 . c.

f.e. j. k. h. l. melakukan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan anggaran PNBP di lingkungan Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah dan Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan. melakukan pembahasan rancangan tarif atas jenis PNBP di lingkungan Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah dan Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan. 52 . melakukan penyusunan target dan realisasi penerimaan dan penggunaan anggaran PNBP di lingkungan Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah dan Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan. melakukan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan pemberian bantuan kepada lembaga penyelenggara pendidikan dasar dan menengah yang diselenggarakan oleh masyarakat. melakukan penyusunan rancangan tarif atas jenis PNBP di lingkungan Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah dan Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan. i. melakukan koordinasi pemberian bantuan kepada lembaga penyelenggara pendidikan dasar dan menengah yang diselenggarakan oleh masyarakat. melakukan pengumpulan dan pengolahan data pemberian bantuan kepada lembaga penyelenggara pendidikan dasar dan menengah yang diselenggarakan oleh masyarakat. melakukan penyusunan bahan penetapan sasaran dan anggaran pemberian bantuan kepada lembaga penyelenggara pendidikan dasar dan menengah yang diselenggarakan oleh masyarakat. g.

c. melakukan penyusunan rancangan tarif atas jenis PNBP di lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi dan Badan Penelitian dan Pengembangan. melakukan penyiapan bahan penyusunan pedoman pengelolaan penerimaan negara bukan pajak (PNBP) di lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi dan Badan Penelitian dan Pengembangan. melakukan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Subbagian. melakukan penyusunan program kerja Subbagian. melakukan pengumpulan dan pengolahan data PNBP di lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi dan Badan Penelitian dan Pengembangan. melakukan penyusunan laporan Subbagian dan penyiapan penyusunan laporan Bagian. melakukan penyiapan bahan pembinaan pengelolaan PNBP di lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi dan Badan Penelitian dan Pengembangan. b.m. dan o. melakukan penyusunan data realisasi pelaksanaan pemberian bantuan kepada lembaga penyelenggara pendidikan dasar dan menengah yang diselenggarakan oleh masyarakat. d. e. n. Pasal 52 Rincian tugas Subbagian Penerimaan Negara Bukan Pajak dan Subsidi II adalah : a. melakukan pembahasan rancangan tarif atas jenis PNBP di lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi dan Badan Penelitian dan Pengembangan. f. 53 .

k. j. dan o. l. melakukan penyusunan laporan Subbagian. melakukan pengumpulan dan pengolahan data pemberian bantuan kepada lembaga penyelenggara pendidikan tinggi yang diselenggarakan oleh masyarakat. i. melakukan penyusunan data realisasi pelaksanaan pemberian bantuan kepada lembaga penyelenggara pendidikan tinggi yang diselenggarakan oleh masyarakat. melakukan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan bantuan kepada lembaga penyelenggara pendidikan tinggi yang diselenggarakan oleh masyarakat. n. melakukan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan anggaran PNBP di lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi dan Badan Penelitian dan Pengembangan. h. melakukan penyusunan bahan penetapan sasaran dan anggaran pemberian bantuan kepada lembaga penyelenggara pendidikan tinggi yang diselenggarakan oleh masyarakat. melakukan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Subbagian. m. Pasal 53 Rincian tugas Subbagian Penerimaan Negara Bukan Pajak dan Subsidi III adalah: a. melakukan koordinasi pemberian bantuan kepada lembaga penyelenggara pendidikan tinggi yang diselenggarakan oleh masyarakat. melakukan penyusunan program kerja Subbagian.g. 54 . melakukan penyusunan target dan realisasi penerimaan dan penggunaan anggaran PNBP di lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi dan Badan Penelitian dan Pengembangan.

b. dan Sekretariat Jenderal. melakukan penyiapan bahan penyusunan pedoman pengelolaan penerimaan negara bukan pajak (PNB) di lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Nonformal dan Informal. melakukan pembahasan rancangan tarif atas jenis PNBP di lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Nonformal dan Informal. d. dan Sekretariat Jenderal. 55 . dan Sekretariat Jenderal. f. dan Sekretariat Jenderal. dan Sekretariat Jenderal. Inspektorat Jenderal. c. e. Inspektorat Jenderal. h. i. melakukan penyusunan rancangan tarif atas jenis PNBP di lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Nonformal dan Informal. dan Sekretariat Jenderal. melakukan penyusunan target dan realisasi penerimaan dan penggunaan anggaran PNBP di lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Nonformal dan Informal. melakukan pengumpulan dan pengolahan data PNBP di lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Nonformal dan Informal. dan Sekretariat Jenderal. g. Inspektorat Jenderal. Inspektorat Jenderal. melakukan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan anggaran PNBP di lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Nonformal dan Informal. Inspektorat Jenderal. melakukan penyiapan bahan pembinaan pengelolaan PNBP di lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Nonformal dan Informal. melakukan pengumpulan dan pengolahan data pemberian bantuan kepada lembaga penyelenggara pendidikan nonformal dan organisasi penyedia sarana pendidikan informal. Inspektorat Jenderal. Inspektorat Jenderal.

56 . melaksanakan penyusunan bahan pedoman bagi pejabat perbendaharaan/ pengelola keuangan di lingkungan Departemen. melaksanakan penyusunan program kerja Bagian dan penyiapan penyusunan program kerja Biro. melakukan penyusunan data realisasi pelaksanaan pemberian bantuan kepada lembaga penyelenggara pendidikan nonformal dan organisasi penyedia sarana pendidikan informal. m. dan melakukan penyusunan laporan Subbagian. l. melaksanakan penilaian usul calon pejabat perbendaharaan/pengelola keuangan di lingkungan Departemen. melakukan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Subbagian. n. Pasal 54 Rincian tugas Bagian Kebendaharawanan dan Kerugian Negara adalah: a. k. melakukan penyusunan bahan penetapan sasaran dan anggaran pemberian bantuan kepada lembaga penyelenggara pendidikan nonformal dan organisasi penyedia sarana pendidikan informal. b.j. melakukan koordinasi pemberian bantuan kepada lembaga penyelenggara pendidikan nonformal dan organisasi penyedia sarana pendidikan informal. melakukan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan bantuan kepada lembaga penyelenggara pendidikan nonformal dan organisasi penyedia sarana pendidikan informal. c. o.

melaksanakan urusan persuratan. Pasal 55 Rincian tugas Subbagian Kebendaharawanan adalah : a. kepegawaian. j. perlengkapan dan kerumahtanggaan Biro. melaksanakan penyusunan laporan Bagian dan penyiapan penyusunan laporan Biro. k. f. kearsipan. i. melaksanakan penyusunan bahan koordinasi penyelesaian tindak lanjut laporan hasil pemeriksaan keuangan di lingkungan Departemen.d. melakukan penyusunan program kerja Subbagian. melaksanakan penyusunan bahan penetapan pengangkatan dan pemberhentian pejabat perbendaharaan/pengelola keuangan di lingkungan Departemen. melaksanakan pengolahan data dan penyiapan informasi kerugian dan piutang negara. melakukan pengumpulan data calon pejabat perbendaharaan/pengelola keuangan di lingkungan Departemen. keuangan. melakukan penyiapan bahan penyusunan pedoman pejabat perbendaharaan di lingkungan Departemen. melaksanakan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Bagian. melaksanakan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan penyelesaian kerugian negara dan tuntutan ganti rugi di lingkungan Departemen. melaksanakan penyusunan bahan pemantauan pelaksanaan tindak lanjut laporan hasil pemeriksaan keuangan. e. b. h. dan l. c. melaksanakan penyusunan bahan pertimbangan tuntutan perbendaharaan. 57 . g.

e. f.d. g. dan h. e. melakukan penyimpanan dan pemeliharan dokumen Subbagian. melakukan penyiapan bahan pemantauan pelaksanaan tindaklanjut laporan hasil pemeriksaan keuangan di lingkungan Departemen. b. melakukan penyiapan bahan penetapan pengangkatan dan pemberhentian pejabat perbendaharaan/pengelola keuangan di lingkungan Departemen. Pasal 56 Rincian tugas Subbagian Kerugian Negara adalah : a. melakukan penyiapan bahan pembinaan penyelesaian kerugian negara di lingkungan Departemen. melakukan pendataan pejabat perbendaharaan/pengelola keuangan di lingkungan Depertemen. g. d. 58 . melakukan penyiapan bahan koordinasi penyelesaian tindak lanjut laporan hasil pemeriksaan keuangan di lingkungan Departemen. f. melakukan pengumpulan data laporan hasil pemeriksaan keuangan. melakukan penyiapan bahan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan penyelesaian kerugian negara dan tuntutan ganti rugi di lingkungan Departemen. melakukan penilaian usul calon pejabat perbendaharaan/pengelola keuangan di lingkungan Departemen. melakukan pengumpulan dan pengolahan data kerugian dan piutang Negara di lingkungan Departemen. melakukan penyusunan program kerja Subbagian. c. melakukan penyusunan laporan Subbagian.

f. Pasal 57 Rincian tugas Subbagian Tata Usaha adalah : a. g. melakukan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Subbagian. pemeliharaan. d. melakukan penyiapan bahan penyusunan rencana. melakukan pengelolaan anggaran Biro. melakukan urusan mutasi. melakukan penyiapan bahan penetapan penyelesaian kerugian negara di lingkungan Departemen. melakukan penyusunan laporan Subbagian. melakukan urusan kerumahtanggaan Biro. dan k. b. c. melakukan penyusunan daftar inventaris dan usul penghapusan perlengkapan Biro. j. e. kesejahteraan. program. j. melakukan penyusunan program kerja Subbagian dan penyiapan penyusunan program kerja Bagian dan Biro.h. melakukan penerimaan. h. dan penyiapan usul penghapusan arsip di lingkungan Biro. melakukan penyusunan laporan Subbagian dan penyiapan penyusunan laporan Bagian dan Biro. melakukan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Subbagian. melakukan penyiapan bahan pertimbangan tuntutan perbendaharaan di lingkungan Departemen. i. dan anggaran Biro. pengembangan. melakukan pengelolaan perlengkapan Biro. melakukan urusan penerimaan tamu dan rapat dinas. k. pencatatan. 59 . dan pemberhentian pegawai di lingkungan Biro. dan l. melakukan urusan penataan. dan pendistribusian surat masuk dan surat keluar. disiplin. i.

f. melaksanakan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Bagian. Melaksanakan rekonsiliasi pelaporan anggaran Departemen. melaksanakan perhitungan anggaran di lingkungan Departemen. j.Pasal 58 Rincian tugas Bagian Pelaporan Keuangan adalah : a. melaksanakan penyusunan laporan keuangan Departemen. c. melaksanakan penyusunan bahan pembinaan pelaporan keuangan di lingkungan Departemen. melaksanakan verifikasi dokumen laporan keuangan di lingkungan Departemen. melaksanakan penyusunan program kerja Bagian. g. c. melakukan penyusunan program kerja Subbagian. h. melakukan penyiapan bahan pembinaan pelaporan keuangan di lingkungan Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah dan Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan. melaksanakan pemantauan pelaksanaan pelaporan keuangan di lingkungan Departemen. melakukan penyiapan bahan penyusunan pedoman pelaporan keuangan di lingkungan Direktorat Jenderal 60 . b. Pasal 59 Rincian tugas Subbagian Pelaporan Keuangan I adalah : a. d. dan k. melaksanakan penyusunan bahan pedoman pelaporan keuangan di lingkungan Departemen. melaksanakan penyusunan laporan Bagian. melaksanakan penyiapan bahan tindak lanjut laporan keuangan. e. i. b.

k. melakukan penyusunan program kerja Subbagian. e. j. g. melakukan perhitungan anggaran di lingkungan Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah dan Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan. b. melakukan penyiapan bahan rekonsiliasi anggaran Departeman: melakukan penyusunan laporan keuangan pada unit akuntansi pengguna anggaran (UAPA) Departemen. melakukan penyiapan bahan pembinaan pelaporan keuangan di lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan 61 . i.d. h. Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah dan Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan. melakukan pemantauan pelaksanaan pelaporan keuangan di lingkungan Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah dan Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan. f. melakukan penyiapan bahan tindak lanjut laporan keuangan Departemen. melakukan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Subbagian. melakukan verifikasi dokumen laporan keuangan di lingkungan Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah dan Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Pasal 60 Rincian tugas Subbagian Pelaporan Keuangan II adalah : a. dan melakukan penyusunan laporan Subbagian.

Direktorat Jenderal Pendidikan Nonformal dan Informal. melakukan verifikasi dokumen laporan keuangan di lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. 62 . dan Badan Penelitian dan Pengembangan. d. Direktorat Jenderal Pendidikan Nonformal dan Informal. Direktorat Jenderal Pendidikan Nonformal dan Informal. g. j. dan Badan Penelitian dan Pengembangan. melakukan penyiapan bahan tindak lanjut laporan keuangan hasil pemeriksaaan pelaksanaan anggaran wilayah Provinsi DKI Jakarta. Direktorat Jenderal Pendidikan Nonformal dan Informal. f. k. dan Badan Penelitian dan Pengembangan. Tinggi.c. melakukan penyiapan bahan rekonsiliasi pada unit akuntansi pembantu pengguna anggaran Wilayah Provinsi DKI Jakarta. melakukan pemantauan pelaksanaan pelaporan keuangan di lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. e. dan Badan Penelitian dan Pengembangan. melakukan perhitungan anggaran di lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. dan melakukan penyusunan laporan Subbagian. melakukan penyusunan laporan keuangan pada unit akuntansi pembantu pengguna anggaran Wilayah Provinsi DKI Jakarta. i. Direktorat Jenderal Pendidikan Nonformal dan Informal. melakukan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Subbagian. dan Badan Penelitian dan Pengembangan. h. melakukan penyiapan bahan penyusunan pedoman pelaporan keuangan di lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

melakukan perhitungan anggaran di lingkungan Inspektorat Jenderal dan Sekretariat Jenderal. melakukan penyiapan bahan rekonsiliasi pada unit akuntansi pembantu pengguna anggaran eselon I Sekretariat Jenderal. dan k. melakukan penyiapan bahan penyusunan pedoman pelaporan keuangan di lingkungan Inspektorat Jenderal dan Sekretariat Jenderal. i. melakukan penyiapan bahan pembinaan pelaporan keuangan di lingkungan Inspektorat Jenderal dan Sekretariat Jenderal. j. d. melakukan pemantauan pelaksanaan pelaporan keuangan di lingkungan Inspektorat Jenderal dan Sekretariat Jenderal. melakukan penyusunan program kerja Subbagian dan penyiapan penyusunan program kerja Bagian. melakukan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Subbagian. melakukan penyusunan laporan Subbagian dan penyiapan penyusunan laporan Bagian. melakukan verifikasi dokumen laporan keuangan di lingkungan Inspektorat Jenderal dan Sekretariat Jenderal. b. c. g. e.Pasal 61 Rincian tugas Subbagian Laporan Keuangan III adalah : a. melakukan penyusunan laporan keuangan pada unit akuntansi pembantu pengguna anggaran eselon I Sekretariat Jenderal. h. melakukan penyiapan bahan tindak lanjut laporan keuangan hasil pemeriksaaan pelaksanaan anggaran Sekretariat Jenderal. 63 . f.

melaksanakan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan perencanaan dan pengadaan pegawai di lingkungan Departemen. b. f. d.BAB IV BIRO KEPEGAWAIAN Pasal 62 Rincian Tugas Bagian Perencanaan dan Pengadaan adalah: a. i. k. melaksanakan penyusunan rencana. melaksanakan analisis kebutuhan pegawai di lingkungan Departemen. melaksanakan penyusunan bahan koordinasi penetapan alokasi formasi pegawai di lingkungan Departemen. 64 . g. dan anggaran Biro. melaksanakan penyiapan bahan koordinasi penyusunan usul pengangkatan dan penetapan pengangkatan calon pegawai negeri sipil (CPNS) di lingkungan Departemen. melaksanakan penyusunan bahan pedoman perencanaan dan pengadaan pegawai di lingkungan Departemen. c. j. melaksanakan penyusunan bahan pengendalian formasi dan pengadaan pegawai di lingkungan Departemen. melaksanakan penyusunan formasi pegawai di lingkungan Departemen. melaksanakan penyusunan bahan pelaksanaan dan koordinasi pengadaan pegawai di lingkungan Departemen. melaksanakan penyusunan bahan rencana alokasi formasi pegawai di lingkungan Departemen. melaksanakan penyusunan program kerja Bagian dan penyiapan penyusunan program kerja Biro. h. program. e.

l.

melaksanakan urusan kepegawaian, keuangan, perlengkapan, persuratan, kerumahtanggaan dan kearsipan Biro; m. melaksanakan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Bagian; dan n. melaksanakan penyusunan laporan Bagian dan penyiapan penyusunan laporan Biro. Pasal 63 Rincian Tugas Subbagian Perencanaan adalah:

a. melakukan penyusunan program kerja Subbagian; b. melakukan penyiapan bahan pedoman perencanaan c. d. e. f. g. h. i. j.
kebutuhan pegawai di lingkungan Departemen; melakukan penyiapan bahan analisis kebutuhan pegawai di lingkungan Departemen; melakukan penyiapan bahan penyusunan formasi pegawai di lingkungan Departemen; melakukan penyiapan bahan rencana alokasi formasi pegawai di lingkungan Departemen; melakukan penyiapan bahan koordinasi penetapan alokasi formasi pegawai di lingkungan Departemen; melakukan penyiapan bahan pengendalian formasi pegawai di lingkungan Departemen; melakukan penyiapan bahan pemantauan dan evaluasi perencanaan kebutuhan pegawai di lingkungan Departemen; melakukan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Bagian; dan melakukan penyusunan laporan Subbagian.

65

Pasal 64 Rincian Tugas Subbagian Pengadaan adalah: a. melakukan penyusunan program kerja Subbagian; b. melakukan penyiapan bahan penyusunan pedoman pengadaan pegawai di lingkungan Departemen; c. melakukan penyiapan bahan pelaksanaan pengadaan pegawai di lingkungan Departemen; d. melakukan penyiapan bahan koordinasi pengadaan pegawai di lingkungan Departemen; e. melakukan penyiapan bahan pengendalian pelaksanaan pengadaan pegawai di lingkungan Departemen; f. melakukan penyiapan bahan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan pengadaan pegawai di lingkungan Departemen; g. melakukan penyiapan bahan koordinasi penyusunan usul pengangkatan dan penetapan pengangkatan CPNS di lingkungan Departemen; h. melakukan penyiapan bahan hasil seleksi calon pegawai; i. melakukan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Subbagian; dan j. melakukan penyusunan laporan Subbagian. Pasal 65 Rincian Tugas Subbagian Tata Usaha adalah: a. melakukan penyusunan program kerja Subbagian dan penyiapan penyusunan program kerja Bagian dan Biro; b. melakukan penerimaan, pencatatan, dan pendistribusian surat masuk dan surat keluar;
66

c. melakukan pengiriman berkas mutasi kepegawaian di lingkungan Departemen dan instansi terkait; d. melakukan urusan penataan, pemeliharaan, dan penyiapan usul penghapusan arsip di lingkungan Biro; e. melakukan penyusunan rencana, program, dan anggaran Biro; f. melakukan urusan mutasi pengembangan, disiplin, kesejahteraan, dan pemberhentian pegawai di lingkungan Biro; g. melakukan pengelolaan anggaran Biro; h. melakukan urusan penerimaan tamu dan rapat dinas; i. melakukan urusan kerumahtanggaan Biro; j. melakukan pengelolaan perlengkapan Biro; k. melakukan penyusunan daftar inventaris dan usul penghapusan perlengkapan Biro; l. melakukan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Subbagian; dan m. melakukan penyusunan laporan Subbagian dan penyiapan penyusunan laporan Bagian dan Biro. Pasal 66 Rincian Tugas Bagian Penetapan Jabatan dan Mutasi Tenaga Fungsional Lainnya adalah: a. melaksanakan penyusunan program kerja Bagian; b. melaksanakan penyusunan pedoman pengangkatan dalam jabatan pimpinan perguruan tinggi negeri dan fungsional selain guru dan dosen di lingkungan Departemen; c. melaksanakan penyusunan kualifikasi jabatan struktural yang dibutuhkan di lingkungan Departemen;

67

pimpinan perguruan tinggi negeri. dan eselon II di lingkungan Sekretariat Jenderal. melaksanakan penyiapan bahan pelantikan pejabat eselon I dan II di lingkungan Departemen. melaksanakan penyusunan surat pernyataan pelantikan. melaksanakan penyiapan bahan pengangkatan dan pemberhentian anggota Majelis Wali Amanat pada perguruan tinggi Badan Hukum Milik Negara. i. pimpinan perguruan tinggi negeri. melaksanakan penelaahan data jabatan struktural. g. dan Koordinator Kopertis. k. melaksanakan penyiapan bahan pertimbangan kepada pimpinan unit kerja terkait dalam rangka pengangkatan dan pemberhentian dalam dan dari jabatan eselon II dan III di lingkungan Departemen. wakil Republik Indonesia di UNESCO dan kepala sekolah Indonesia di luar negeri. h. melaksanakan penyiapan bahan pertimbangan Baperjakat Departemen dalam rangka pengangkatan dan pemberhentian dalam dan dari jabatan eselon II di lingkungan Departemen. pimpinan perguruan tinggi negeri. j. melaksanakan penyiapan bahan pertimbangan dan pengusulan calon Rektor dan pejabat eselon I di lingkungan Departemen kepada pimpinan unit kerja terkait dan Presiden. dan fungsional selain guru dan dosen di lingkungan Departemen. e.d. atase pendidikan pada kedutaan besar Republik Indonesia di luar negeri. pimpinan perguruan tinggi negeri. dan Koordinator Kopertis. pimpinan perguruan tinggi negeri. surat pernyataan menduduki jabatan dan surat pernyataan melaksanakan tugas pejabat eselon I di lingkungan Departemen. Koordinator Kopertis. dan Koordinator Kopertis. 68 . melaksanakan penyiapan bahan penetapan pengangkatan dan pemberhentian dalam dan dari jabatan eselon II dan III di lingkungan Departemen. f.

penarikan. pamong belajar. melakukan penyiapan bahan penyusunan pedoman pengangkatan dalam jabatan pimpinan perguruan tinggi negeri dan fungsional selain guru dan dosen di wilayah Provinsi Nanggroe Aceh Darusalam.SEAMOLEC. serta kenaikan jabatan dan pangkat bagi pejabat fungsional selain guru dan dosen yang menjadi kewenangannya. melaksanakan penyiapan bahan pemrosesan penetapan angka kredit pejabat fungsional pengawas sekolah. dan penempatan kembali atase pendidikan pada kedutaan besar Republik Indonesia di luar negeri. r. dan daerah pemekarannya. dan Direktur SEAMEO . Jawa Tengah. Sulawesi Barat. o. b. melaksanakan penyiapan bahan pemrosesan penilaian prestasi kerja pejabat eselon I di lingkungan unit utama. Banten. Jawa Barat. m. Lampung. 69 . dan pemberhentian. dan melaksanakan penyusunan laporan Bagian. Sulawesi Tenggara. wakil Republik Indonesia di UNESCO.l. dan penilik serta pejabat fungsional lainnya selain guru dan dosen yang menjadi kewenangannya. pembebasan sementara. p. melaksanakan penyiapan usul dan penetapan pengangkatan pertama. melaksanakan penyiapan bahan pemberian cuti pejabat eselon I di lingkungan Departemen dan Rektor. Bangka Belitung. Nusa Tenggara Timur. Maluku. melaksanakan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Bagian. q. Pasal 67 Rincian Tugas Subbagian I adalah: a. n. melakukan penyusunan program kerja Subbagian. Bengkulu. melaksanakan pemrosesan perbantuan. Kalimantan Tengah. dan kepala sekolah Indonesia di luar negeri.

dan Koordinator Kopertis di wilayah kerjanya. pimpinan perguruan tinggi negeri. pimpinan perguruan tinggi negeri. pimpinan perguruan tinggi negeri. melakukan penyiapan bahan penetapan pengangkatan dan pemberhentian dalam dan dari jabatan eselon II dan III di lingkungan Departemen. k. d. melakukan penyiapan bahan pengangkatan dan pemberhentian anggota Majelis Wali Amanat pada perguruan tinggi badan hukum milik negara di wilayah kerjanya. j. melakukan pengumpulan dan pengolahan data jabatan pimpinan perguruan tinggi negeri dan fungsional selain guru dan dosen di wilayah kerjanya. melakukan penyiapan bahan pertimbangan bagi Baperjakat Departemen dalam rangka pengangkatan dan pemberhentian dalam dan dari jabatan eselon II di lingkungan Departemen dan kepala sekolah Indonesia di luar negeri. h. i. surat pernyataan menduduki jabatan dan surat pernyataan melaksanakan tugas pejabat eselon I. dan Koordinator Kopertis di wilayah kerjanya. melakukan penyiapan bahan penyusunan kualifikasi jabatan struktural yang dibutuhkan di lingkungan Departemen. f. dan Koordinator Kopertis di wilayah kerjanya. melakukan penyiapan bahan pertimbangan kepada pimpinan unit kerja terkait dalam rangka pengangkatan dan pemberhentian dalam dan dari jabatan eselon II dan eselon III di lingkungan Departemen. e. 70 . melakukan penyiapan surat pernyataan pelantikan. dan Koordinator Kopertis di wilayah kerjanya. pimpinan perguruan tinggi negeri.c. melakukan penyiapan bahan pertimbangan dan pengusulan calon Rektor dan pejabat eselon I di lingkungan Departemen kepada pimpinan unit kerja terkait dan Presiden di wilayah kerjanya. melakukan penyiapan bahan pelantikan pejabat eselon I dan II di lingkungan Departemen. g.

jambi. dan penilik serta pejabat fungsional lainnya selain guru dan dosen yang menjadi kewenangannya di wilayah kerjanya. kenaikan jabatan dan pangkat bagi pejabat fungsional selain guru dan dosen yang menjadi kewenangannya di wilayah kerjanya.l. melakukan penyiapan usul dan penetapan pengangkatan pertama. b. melakukan penyiapan bahan pemrosesan penilaian prestasi kerja pejabat eselon I di lingkungan unit utama. o. melakukan penyiapan bahan pengusulan kenaikan jabatan dan pangkat bagi pejabat fungsional selain guru dan dosen yang menjadi kewenangannya di wilayah kerjanya. melakukan penyiapan bahan penyusunan pedoman pengangkatan dalam jabatan pimpinan perguruan tinggi negeri dan fungsional selain guru dan dosen di wilayah Provinsi Sumatera Utara. 71 . D. Pasal 68 Rincian Tugas Subbagian II adalah: a. q. p. melakukan pemrosesan perbantuan. melakukan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Subbagian. dan melakukan penyusunan laporan Subbagian. penarikan. melakukan penyiapan bahan pemberian cuti pejabat eselon I dan Rektor di wilayah kerjanya. pamong belajar.Yogyakarta. pembebasan sementara. dan penempatan kembali kepala sekolah Indonesia di luar negeri. dan pemberhentian.I. m. Sulawesi Utara. s. Kepulauan Riau. n. Kalimantan Barat. melakukan penyusunan program kerja Subbagian. dan Direktur SEAMEO-SEAMOLEC. melakukan penyiapan bahan pemrosesan penetapan angka kredit pejabat fungsional pengawas sekolah. DKI Jakarta. r.

pimpinan perguruan tinggi negeri. melakukan pengumpulan dan pengolahan data jabatan pimpinan perguruan tinggi negeri dan fungsional selain guru dan dosen di wilayah kerjanya. dan pemberhentian dalam dan dari jabatan eselon II dan III. dan Koordinator Kopertis di lingkungan Departemen di wilayah kerjanya. surat pernyataan menduduki jabatan dan surat pernyataan melaksanakan tugas pejabat eselon I. i. Bali. f. j. melakukan penyiapan bahan pertimbangan bagi Baperjakat Departemen dalam rangka pengangkatan dan pemberhentian dalam dan dari jabatan eselon II di lingkungan Departemen. kepala bidang/atase pendidikan pada Kedutaan Besar Republik Indonesia. Gorontalo. melakukan penyiapan bahan pelantikan pejabat eselon I dan II di lingkungan Departemen. melakukan penyiapan bahan pertimbangan kepada pimpinan unit kerja terkait dalam rangka pengangkatan. dan Koordinator Kopertis di wilayah kerjanya. melakukan penyiapan bahan penyusunan kualifikasi jabatan struktural yang dibutuhkan di lingkungan Departemen. kepala sekolah Indonesia di luar negeri dan wakil Republik Indonesia di Unesco. e. Nusa Tenggara Barat. pimpinan perguruan tinggi negeri. g. pimpinan perguruan 72 . melakukan penyiapan bahan pertimbangan dan pengusulan calon Rektor dan pejabat eselon I di lingkungan Departemen kepada pimpinan unit kerja terkait dan Presiden di wilayah kerjanya. melakukan penyiapan surat pernyataan pelantikan. dan pimpinan perguruan tinggi negeri di wilayah kerjanya. melakukan penyiapan bahan penetapan pengangkatan dan pemberhentian dalam dan dari jabatan eselon II dan III di lingkungan Departemen. h.c. dan daerah pemekarannya. d.

p. n. dan melakukan penyusunan laporan Subbagian. q.k. melakukan penyiapan bahan pemberian cuti bagi pejabat eselon I dan Rektor di wilayah kerjanya. penarikan. melakukan penyiapan bahan pemrosesan penetapan angka kredit pejabat fungsional pengawas sekolah. l. melakukan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Subbagian. pembebasan sementara. melakukan pemrosesan perbantuan. melakukan penyiapan bahan penyusunan pedoman pengangkatan dalam jabatan pimpinan perguruan tinggi 73 . dan Koordinator Kopertis di wilayah kerjanya serta eselon II di lingkungan Sekretariat Jenderal. melakukan penyiapan bahan pengusulan kenaikan jabatan dan pangkat kepada Presiden bagi pejabat fungsional selain guru dan dosen yang menjadi kewenangannya di wilayah kerjanya. dan pemberhentian. Pasal 69 Rincian Tugas Subbagian III adalah: a. dan penilik serta pejabat fungsional lainnya selain guru dan dosen yang menjadi kewenangannya di wilayah kerjanya. tinggi negeri. melakukan penyiapan usul dan penetapan pengangkatan pertama. o. melakukan penyusunan program kerja Subbagian dan penyiapan penyusunan program kerja Bagian. m. dan penempatan kembali kepala bidang/atase pendidikan pada kedutaan besar Republik Indonesia di luar negeri dan wakil Republik Indonesia di Unesco. kenaikan jabatan dan pangkat bagi pejabat fungsional selain guru dan dosen yang menjadi kewenangannya di wilayah kerjanya. pamong belajar. b.

h. dan Koordinator Kopertis di wilayah kerjanya. melakukan penyiapan bahan pertimbangan Baperjakat Departemen dalam rangka pengangkatan dan pemberhentian dalam dan dari jabatan eselon II di lingkungan Departemen. Papua. melakukan penyiapan bahan pertimbangan dan pengusulan calon Rektor dan pejabat eselon I di lingkungan Departemen kepada pimpinan unit kerja terkait dan Presiden di wilayah kerjanya. negeri dan fungsional selain guru dan dosen di wilayah Provinsi Riau. pimpinan perguruan tinggi negeri. melakukan penyiapan bahan pelantikan pejabat eselon I dan II di lingkungan Departemen. Sumatera Barat. Kalimantan Timur. surat pernyataan menduduki jabatan dan surat pernyataan 74 . melakukan penyiapan bahan pertimbangan kepada unit kerja terkait dalam rangka pengangkatan dan pemberhentian dalam dan dari jabatan eselon II dan III di lingkungan Departemen. pimpinan perguruan tinggi negeri. dan Koordinator Kopertis di wilayah kerjanya. j. f. dan Koordinator Kopertis di wilayah kerjanya. Maluku Utara. Irian Jaya Barat. Sulawesi Selatan. melakukan penyiapan bahan penetapan pengangkatan dan pemberhentian dalam dan dari jabatan eselon II dan III di lingkungan Departemen. e. g. Kalimantan Selatan.c. dan daerah pemekarannya. Sumatera Selatan. melakukan pengumpulan dan pengolahan data jabatan pimpinan perguruan tinggi negeri dan fungsional selain guru dan dosen di wilayah kerjanya. dan kepala sekolah Indonesia di luar negeri. melakukan penyiapan surat pernyataan pelantikan. melakukan penyiapan bahan penyusunan kualifikasi jabatan struktural yang dibutuhkan di lingkungan Departemen. pimpinan perguruan tinggi negeri. Jawa Timur. d. i. Sulawesi Tengah.

dan Koordinator Kopertis di wilayah kerjanya serta eselon II di lingkungan Sekretariat Jenderal. 75 . melakukan penyiapan bahan pemrosesan penetapan angka kredit pejabat fungsional pengawas sekolah. p. q. melakukan penyiapan bahan pengusulan kenaikan jabatan dan pangkat kepada Presiden bagi pejabat fungsional selain guru dan dosen yang menjadi kewenangannya di wilayah kerjanya. melaksanakan penyusunan program kerja Bagian. pamong belajar. melakukan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Subbagian. pimpinan perguruan tinggi negeri.k. melaksanakan tugas pejabat eselon I. dan pemberhentian. Pasal 70 Rincian Tugas Bagian Pengembangan dan Mutasi Tenaga Administrasi adalah: a. dan melakukan penyusunan laporan Subbagian dan penyiapan penyusunan laporan Bagian. n. m. dan penempatan kembali kepala sekolah pada sekolah Indonesia di luar negeri. melakukan pemrosesan perbantuan. kenaikan jabatan dan pangkat bagi pejabat fungsional selain guru dan dosen yang menjadi kewenangannya di wilayah kerjanya. o. pembebasan sementara. l. dan penilik serta pejabat fungsional lainnya selain guru dan dosen yang menjadi kewenangannya di wilayah kerjanya. melakukan penyiapan bahan pemberian cuti bagi pejabat eselon I dan Rektor di wilayah kerjanya. penarikan. melakukan penyiapan usul dan penetapan pengangkatan pertama.

76 . f. diklatpim. ijin belajar. perbantuan/dipekerjakan. melaksanakan penyusunan laporan Bagian. melaksanakan penyiapan usul dan penetapan kenaikan pangkat pegawai administrasi di lingkungan Departemen. melaksanakan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Bagian. melaksanakan penyiapan bahan koordinasi pelaksanaan diklat prajabatan. cuti di luar tanggungan negara. c. dan tunjangan belajar di lingkungan Departemen. tunjangan tugas belajar. melaksanakan penyiapan seleksi peserta diklatpim di lingkungan Departemen.b. dan m. k. e. g. penarikan dan pengaktifan kembali pegawai administrasi di lingkungan Departemen. melaksanakan penyiapan bahan penetapan pengangkatan calon pegawai negeri sipil tenaga administrasi menjadi pegawai negeri sipil tenaga administrasi di lingkungan Departemen. melaksanakan penyiapan bahan koordinasi penyelenggaraan ujian dinas tingkat II dan ujian kenaikan pangkat penyesuaian ijasah di lingkungan Departemen. melaksanakan penyiapan bahan penetapan pemindahan. melaksanakan penyiapan bahan penetapan tugas belajar. h. peninjauan masa kerja. alih status. d. l. melaksanakan penyiapan bahan penyusunan pedoman pengembangan karir pegawai di lingkungan Departemen. diklat teknis dan fungsional di lingkungan Departemen. i. melaksanakan analisis pengembangan pegawai di lingkungan Departemen. melaksanakan penyusunan rencana pembinaan dan pengembangan karir pegawai di lingkungan Departemen. j.

melakukan penyusunan laporan Subbagian dan penyiapan penyusunan laporan Bagian. melakukan penelaahan usul calon peserta diklat. diklatpim.Pasal 71 Rincian Tugas Subbagian Pengembangan adalah: a. c. dan k. melakukan pemantauan pelaksanaan diklat prajabatan di lingkungan Departemen. f. melakukan penyusunan program kerja Subbagian dan penyiapan penyusunan program kerja Bagian. melakukan penyiapan bahan koordinasi pelaksanaan diklat prajabatan. melakukan penyiapan bahan koordinasi penyelenggaraan ujian dinas tingkat II dan ujian kenaikan pangkat penyesuaian ijazah di lingkungan Departemen. b. e. h. tunjangan tugas belajar. i. 77 . tugas belajar. g. dan ujian dinas di lingkungan Departemen. dan tunjangan belajar di lingkungan Departemen. melakukan pengumpulan data dan informasi pelaksanaan pengembangan pegawai di lingkungan Departemen. j. melakukan penyiapan bahan analisis dan evaluasi hasil pengembangan karir pegawai di lingkungan Departemen. melakukan penyiapan bahan penetapan tugas belajar. diklat teknis dan fungsional di lingkungan departemen. izin belajar. d. melakukan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Subbagian. melakukan penyiapan bahan penyusunan pedoman pengembangan pegawai di lingkungan Departemen.

cuti di luar tanggungan negara. Sulawesi Tenggara. d. Sumatera Selatan. 78 . alih status. Kepulauan Riau. e. Banten. melakukan penyusunan program kerja Subbagian. Yogyakarta. melakukan penyusunan laporan Subbagian. Jawa Tengah. dan f. Bengkulu. Lampung. melakukan penyiapan bahan penetapan pengangkatan calon pegawai negeri sipil tenaga administrasi di lingkungan Departemen di wilayah Provinsi Riau. melakukan penyiapan bahan pengangkatan calon pegawai negeri sipil tenaga administrasi di lingkungan Departemen di wilayah Provinsi Nangroe Aceh Darussalam. Sumatera Utara.I. Kalimantan Selatan. Bali. Pasal 73 Rincian Tugas SubBagian Tenaga Administrasi II adalah: a. Kalimantan Tengah. Papua. Bangka Belitung. melakukan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Subbagian. b. penarikan dan pengaktifan kembali bagi tenaga administrasi Departemen di wilayah kerjanya. perbantuan/dipekerjakan. Gorontalo. Maluku Utara. melakukan usul dan penetapan kenaikan pangkat tenaga administrasi Departemen di wilayah kerjanya. DKI Jakarta. Irian Jaya Barat. Maluku. Sulawesi Utara. D. Jambi. b. melakukan penyusunan program kerja Subbagian. Sulawesi Tengah. melakukan penyiapan bahan penetapan pemindahan. dan daerah pemekarannya. c.Pasal 72 Rincian Tugas Subbagian Mutasi Tenaga Administrasi I adalah: a. Jawa Timur. peninjauan masa kerja. Sumatera Barat. Jawa Barat. Kalimantan Barat.

e. h. melakukan usul dan penetapan kenaikan pangkat tenaga administrasi Departemen di wilayah kerjanya. melaksanakan penyusunan program kerja Bagian. melaksanakan fasilitasi penilaian angka kredit jabatan fungsional guru. dan f. melakukan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Subbagian. 79 . f. melaksanakan urusan pemindahan guru antar Provinsi. e. melaksanakan penyiapan bahan penilaian penetapan angka kredit guru golongan IV/b dengan pangkat Pembina Tk. Pasal 74 Rincian Tugas Bagian Mutasi Guru adalah: a. melaksanakan urusan perbantuan/penarikan guru. melakukan penyusunan laporan Subbagian. g. c. melakukan penyiapan bahan penetapan pemindahan. d. Nusa Tenggara Timur. dan i. alih status. melaksanakan penyiapan bahan penetapan pangkat dan jabatan Guru Pembina Tk. Sulawesi Barat.I. melaksanakan penyiapan usul penetapan jabatan Guru Utama Muda sampai dengan Guru Utama. b. perbantuan/dipekerjakan. d. Sulawesi Selatan. cuti di luar tanggungan negara. melaksanakan penyusunan laporan Bagian. dan daerah pemekarannya. Kalimantan Timur. melaksanakan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Bagian. c.Nusa Tenggara Barat. penarikan dan pengaktifan kembali bagi tenaga administrasi Departemen di wilayah kerjanya. I ke atas dan guru sekolah Indonesia di luar negeri. peninjauan masa kerja.

f. Bangka Belitung. melakukan penyiapan bahan perbantuan/penarikan guru di wilayah kerjanya. melakukan penyiapan usul penetapan jabatan Guru Utama Muda sampai dengan Guru Utama di wilayah kerjanya. b. g. melakukan penyusunan program kerja Subbagian. Nusa Tenggara Timur. Bengkulu. c.I ke atas di wilayah Provinsi Nangroe Aceh Darussalam. melakukan penyiapan bahan penilaian penetapan angka kredit guru golongan IV/b dengan pangkat Pembina Tk. Sulawesi Tengah. dan daerah pemekarannya termasuk guru di lingkungan Departemen Agama dan departemen lain. d. b. Maluku.I ke 80 . melakukan penyusunan laporan Subbagian. melakukan fasilitasi penilaian angka kredit jabatan fungsional guru di wilayah kerjanya. melakukan penyiapan bahan penilaian penetapan angka kredit guru golongan IV. Banten. melakukan penyiapan bahan penetapan pangkat dan jabatan Guru Pembina Tk. melakukan penyusunan program kerja Subbagian. Kalimantan Timur. melakukan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Subbagian. dan i. e.b dengan pangkat Pembina Tk. Jawa Barat. melakukan urusan pemindahan guru antar Provinsi di wilayah kerjanya. Pasal 76 Rincian Tugas Subbagian II adalah: a.I di wilayah kerjanya. Gorontalo. Jawa Timur.Pasal 75 Rincian Tugas Subbagian I adalah: a. h.

Maluku Utara. d. e. f. g. Kalimantan Selatan. Papua. i. Jawa Tengah. melakukan penyiapan bahan penetapan pangkat dan jabatan Guru Pembina Tk.I. atas dan guru sekolah Indonesia di luar negeri di wilayah Provinsi Sumatera Utara. Sulawesi Barat. Pasal 77 Rincian Tugas Subbagian III adalah: a. Sulawesi Tenggara. Yogyakarta. Kepulauan Riau.c.I di wilayah kerjanya. Sulawesi Selatan. Sulawesi Utara. Kalimantan Tengah. Sumatera Barat. Jambi. DKI Jakarta. Sumatera Selatan. melakukan penyiapan usul penetapan jabatan Guru Utama Muda sampai dengan Guru Utama di wilayah kerjanya dan guru sekolah Indonesia di luar negeri. melakukan penyiapan bahan perbantuan/penarikan guru di wilayah kerjanya. h. dan daerah pemekarannya termasuk guru di lingkungan Departemen Agama dan departemen lain. 81 . D. Kalimantan Barat. b. melakukan penyiapan bahan penilaian penetapan angka kredit guru golongan IV/b dengan pangkat Pembina Tk. melakukan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Subbagian. Nusa Tenggara Barat. Bali.I ke atas di wilayah Provinsi Riau. melakukan urusan pemindahan guru antar Provinsi di wilayah kerjanya. melakukan fasilitasi penilaian angka kredit jabatan fungsional guru di wilayah kerjanya. Lampung. melakukan penyusunan program kerja Subbagian dan penyiapan penyusunan program kerja Bagian. dan melakukan penyusunan laporan Subbagian.

melaksanakan penyiapan usul pengangkatan calon pegawai negeri sipil dosen di lingkungan Departemen. f. c. e. b. melakukan penyiapan usul penetapan jabatan Guru Utama Muda sampai dengan Guru Utama di wilayah kerjanya melakukan urusan pemindahan guru antar Provinsi di wilayah kerjanya. 82 . dan daerah pemekarannya termasuk guru di lingkungan Departemen Agama dan departemen lain. melaksanakan penyiapan bahan penetapan pengangkatan calon pegawai negeri sipil dosen di lingkungan Departemen. d. d. e. melakukan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Subbagian.c. Irian Jaya Barat. melaksanakan penyusunan program kerja Bagian. dan melakukan penyusunan laporan Subbagian dan penyiapan penyusunan laporan Bagian. Pasal 78 Rincian Tugas Bagian Mutasi Dosen adalah: a. melakukan penyiapan bahan perbantuan/penarikan guru di wilayah kerjanya. g. melakukan fasilitasi penilaian angka kredit jabatan fungsional guru di wilayah kerjanya.I di wilayah kerjanya. melaksanakan penyiapan bahan penetapan angka kredit dan kenaikan jabatan fungsional dosen untuk jabatan Lektor Kepala ke atas di lingkungan Departemen dan departemen lain/LPND. h. melakukan penyiapan bahan penetapan pangkat dan jabatan Guru Pembina Tk. melaksanakan penyiapan usul penetapan angka kredit jabatan fungsional dosen untuk jabatan Lektor Kepala ke atas di lingkungan Departemen dan departemen lain/LPND. i.

melaksanakan penyiapan bahan penetapan kenaikan pangkat dosen golongan III/d ke bawah bagi dosen yang menduduki jabatan Lektor Kepala ke atas di lingkungan Departemen. melaksanakan penyiapan bahan usul dan bahan penetapan perpanjangan batas usia pensiun guru besar dan pengangkatan guru besar emeritus di lingkungan Departemen dan departemen lain/LPND. k.f. n. cuti di luar tanggungan negara. melaksanakan penyiapan bahan usul pembebasan sementara dari tugas jabatan fungsional dosen dan pengaktifan kembali bagi dosen yang menduduki jabatan Lektor Kepala ke atas di lingkungan Departemen. h. melaksanakan penyiapan usul penetapan kenaikan pangkat dosen golongan IV/c ke atas di lingkungan Departemen. j. 83 . melaksanakan penyiapan bahan penetapan kenaikan pangkat dosen golongan IV/a dan IV/b di lingkungan Departemen. melaksanakan penyiapan usul kenaikan pangkat dosen golongan III/a ke atas di lingkungan Departemen. peninjauan masa kerja. melaksanakan penyiapan bahan usul pemindahan pegawai Departemen atau instansi lain dengan alih tugas/fungsi sebagai dosen di lingkungan Departemen. serta perbantuan/dipekerjakan ke luar instansi bagi dosen di lingkungan Departemen. i. l. g. dan pengangkatan kembali setelah selesai cuti di luar tanggungan negara. melaksanakan penyiapan bahan penetapan pembebasan sementara dari tugas jabatan fungsional dosen dan pengaktifan kembali bagi dosen yang menduduki jabatan Lektor Kepala ke atas di lingkungan Departemen. m. melaksanakan penyiapan bahan usul dan penetapan pemindahan.

Maluku. p. e. melakukan penyiapan bahan usul pembebasan sementara dari tugas jabatan fungsional dosen dan pengaktifan kembali bagi dosen yang menduduki jabatan Lektor Kepala ke atas di lingkungan Departemen di kerjanya. Nusa Tenggara Timur. Kalimantan Tengah. Bangka Belitung. dan q. f. melaksanakan penyusunan laporan Bagian. Sulawesi Selatan. d. melaksanakan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Bagian. Jawa Barat. melakukan penyusunan program kerja Subbagian dan penyiapan penyusunan program kerja Bagian. c. Bengkulu. melakukan penyiapan bahan usul pengangkatan calon pegawai negeri sipil dosen di wilayah Provinsi Nanggroe Aceh Darusalam.o. melaksanakan penyiapan bahan pemberian ijin bagi dosen yang bertugas sebagai pejabat struktural di luar unit kerjanya atau pejabat struktural pada instansi lain. melakukan penyiapan usul penetapan angka kredit jabatan fungsional dosen untuk jabatan Lektor Kepala ke atas di lingkungan Departemen dan departemen lain/LPND di wilayah kerjanya. melakukan penyiapan bahan penetapan pengangkatan calon pegawai negeri sipil dosen di wilayah kerjanya. Jawa Tengah. melakukan penyiapan bahan penetapan angka kredit dan kenaikan jabatan fungsional dosen untuk jabatan Lektor Kepala ke atas di lingkungan Departemen dan departemen lain/LPND di wilayah kerjanya. b. Lampung. dan daerah pemekarannya. Banten. 84 . Pasal 79 Rincian Tugas Subbagian I adalah: a.

j.g. h. l. peninjauan masa kerja. cuti di luar tanggungan negara. melakukan penyiapan usul kenaikan pangkat dosen golongan III/a ke atas di lingkungan Departemen di wilayah kerjanya. dan pengangkatan kembali setelah selesai cuti di luar tanggungan negara. melakukan penyiapan bahan penetapan kenaikan pangkat dosen golongan IV/a dan IV/b di lingkungan Departemen di wilayah kerjanya. melakukan penyiapan bahan usul dan penetapan pemindahan. i. melakukan penyiapan bahan penetapan pembebasan sementara dari tugas jabatan fungsional dosen dan pengaktifan kembali bagi dosen yang menduduki jabatan Lektor Kepala ke atas di lingkungan Departemen di wilayah kerjanya. k. m. melakukan penyiapan bahan penetapan kenaikan pangkat dosen golongan III/d ke bawah bagi dosen yang menduduki jabatan Lektor Kepala ke atas di lingkungan Departemen di wilayah kerjanya. serta perbantuan/dipekerjakan ke luar instansi bagi dosen di lingkungan Departemen di wilayah kerjanya. melakukan penyiapan bahan usul dan bahan penetapan perpanjangan batas usia pensiun guru besar dan pengangkatan guru besar emeritus di lingkungan Departemen dan departemen lain/LPND di wilayah kerjanya. melakukan penyiapan bahan usul pemindahan pegawai Departemen atau instansi lain dengan alih tugas/fungsi sebagai dosen di lingkungan Departemen di wilayah kerjanya. 85 . n. melakukan penyiapan bahan usul kenaikan pangkat dosen golongan IV/c ke atas di lingkungan Departemen di wilayah kerjanya.

Yogyakarta. 86 . Kepulauan Riau. dan daerah pemekarannya. D. f. e. Pasal 80 Rincian Tugas Subbagian II adalah: a. melakukan penyiapan bahan usul pembebasan sementara dari tugas jabatan fungsional dosen dan pengaktifan kembali bagi dosen yang menduduki jabatan Lektor Kepala ke atas di lingkungan Departemen di wilayah kerjanya. melakukan penyiapan usul penetapan angka kredit jabatan fungsional dosen untuk jabatan Lektor Kepala ke atas di lingkungan Departemen dan departemen lain/LPND di wilayah kerjanya. c. p. Kalimantan Barat. Sulawesi Utara. DKI Jakarta. Nusa Tenggara Barat. melakukan penyiapan bahan usul pengangkatan calon pegawai negeri sipil dosen di wilayah Provinsi Sumatera Utara. Bali. dan q. melakukan penyiapan bahan penetapan pengangkatan calon pegawai negeri sipil dosen di wilayah kerjanya. d. melakukan penyiapan bahan penetapan angka kredit dan kenaikan jabatan fungsional dosen untuk jabatan Lektor Kepala ke atas di lingkungan Departemen dan departemen lain/LPND di wilayah kerjanya. melakukan penyusunan laporan Subbagian dan penyiapan penyusunan laporan Bagian. melakukan penyiapan bahan pemberian ijin bagi dosen yang bertugas sebagai pejabat struktural di luar unit kerjanya atau pejabat struktural pada instansi lain di wilayah kerjanya. melakukan penyusunan program kerja Subbagian. melakukan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Subbagian.I.o. Jambi. Gorontalo. b.

n. melakukan penyiapan bahan penetapan kenaikan pangkat dosen golongan IV/a dan IV/b di lingkungan Departemen di wilayah kerjanya.jabatan fungsional dosen dan pengaktifan kembali bagi dosen yang menduduki jabatan Lektor Kepala ke atas di lingkungan Departemen di wilayah kerjanya. m. melakukan penyiapan bahan usul kenaikan pangkat dosen golongan IV/c ke atas di lingkungan Departemen di wilayah kerjanya. melakukan penyiapan bahan usul dan bahan penetapan perpanjangan batas usia pensiun guru besar dan pengangkatan guru besar emeritus di lingkungan Departemen dan departemen lain/LPND di wilayah kerja. dan pengangkatan kembali setelah selesai cuti di luar tanggungan negara serta perbantuan/dipekerjakan ke luar instansi bagi dosen di lingkungan Departemen di wilayah kerjanya. h. melakukan penyiapan bahan penetapan pembebasan sementara dari tugas. j. melakukan penyiapan bahan usul dan penetapan pemindahan. cuti di luar tanggungan negara. melakukan penyiapan bahan usul pemindahan pegawai Departemen atau instansi lain dengan alih tugas/fungsi sebagai dosen di lingkungan Departemen di wilayah kerjanya. kerjanya. 87 . peninjauan masa kerja. melakukan penyiapan bahan penetapan kenaikan pangkat dosen golongan III/d ke bawah bagi dosen yang menduduki jabatan Lektor Kepala ke atas di lingkungan Departemen di wilayah kerjanya.g. k. i. l. melakukan penyiapan usul kenaikan pangkat dosen golongan III/a ke atas di lingkungan Departemen di wilayah.

o. dan daerah pemekarannya. melakukan penyusunan program kerja Subbagian. Jawa Timur. melakukan penyiapan usul penetapan angka kredit jabatan fungsional dosen untuk jabatan Lektor Kepala ke atas di lingkungan Departemen dan departemen lain/LPND di wilayah kerjanya. Kalimantan Selatan. Irian Jaya Barat. Sumatera Selatan. melakukan penyiapan bahan penetapan pengangkatan calon pegawai negeri sipil dosen di wilayah kerjanya. Sulawesi Tengah. Maluku Utara. melakukan penyiapan bahan pemberian ijin bagi dosen yang bertugas sebagai pejabat struktural di luar unit kerjanya atau pejabat struktural pada instansi lain di wilayah kerjanya. Pasal 81 Rincian Tugas Subbagian III adalah: a. melakukan penyusunan laporan Subbagian. melakukan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Subbagian. f. melakukan penyiapan bahan usul pembebasan sementara dari tugas jabatan fungsional dosen dan pengaktifan kembali bagi dosen yang menduduki jabatan Lektor Kepala ke atas di lingkungan Departemen di wilayah kerjanya. Sulawesi Tenggara. Sulawesi Barat. b. d. Sumatera Barat. melakukan penyiapan bahan usul pengangkatan calon pegawai negeri sipil dosen di wilayah Provinsi Riau. Papua. c. e. 88 . melakukan penyiapan bahan penetapan angka kredit dan kenaikan jabatan fungsional dosen untuk jabatan Lektor Kepala ke atas di lingkungan Departemen dan departemen lain/LPND di wilayah kerjanya. Kalimantan Timur. p. dan r.

h. j. melakukan penyiapan bahan penetapan kenaikan pangkat dosen golongan III/d ke bawah bagi dosen yang menduduki jabatan Lektor Kepala ke atas di lingkungan Departemen di wilayah kerjanya. cuti di luar tanggungan negara. melakukan penyiapan usul kenaikan pangkat dosen golongan III/a ke atas di lingkungan Departemen di wilayah kerjanya. melakukan penyiapan bahan penetapan kenaikan pangkat dosen golongan IV/a dan IV/b di lingkungan Departemen di wilayah kerjanya. l. i. melakukan penyiapan bahan usul dan penetapan pemindahan. melakukan penyiapan bahan penetapan pembebasan sementara dari tugas jabatan fungsional dosen dan pengaktifan kembali bagi dosen yang menduduki jabatan Lektor Kepala ke atas di lingkungan Departemen di wilayah kerjanya. dan pengangkatan kembali setelah selesai cuti di luar tanggungan negara serta perbantuan/dipekerjakan ke luar instansi bagi dosen di lingkungan Departemen di wilayah kerjanya. peninjauan masa kerja. m. melakukan penyiapan bahan usul kenaikan pangkat dosen golongan IV/c ke atas di lingkungan Departemen di wilayah kerjanya. n. k. 89 . melakukan penyiapan bahan usul pemindahan pegawai Departemen atau instansi lain dengan alih tugas/fungsi sebagai dosen di lingkungan Departemen di wilayah kerjanya. melakukan penyiapan bahan usul dan bahan penetapan perpanjangan batas usia pensiun guru besar dan pengangkatan guru besar emeritus di lingkungan Departemen dan departemen lain/LPND di wilayah kerjanya.g.

melaksanakan penyiapan bahan tanggapan keberatan atas hukuman disiplin. dan berat. melaksanakan sosialisasi peraturan perundang-undangan di bidang kepegawaian. g. p. f. melakukan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Subbagian. melaksanakan penyiapan usul penjatuhan hukuman disiplin pegawai di lingkungan Departemen jenis ringan. melaksanakan penyiapan bahan penyusunan peraturan perundang-undangan di bidang kepegawaian. melaksanakan penyiapan bahan tanggapan atas pengaduan masyarakat dan lembaga di bidang kepegawaian di lingkungan Departemen. c. d. melaksanakan penyusunan program kerja Bagian.o. melaksanakan penyiapan bahan penetapan hukuman disiplin pegawai di lingkungan Departemen. e. b. Pasal 82 Rincian Tugas Bagian Disiplin dan Pemberhentian Pegawai: a. sedang. dan q. j. melaksanakan pengkajian peraturan perundang-undangan di bidang kepegawaian. melaksanakan penyiapan bahan pertimbangan hukum di bidang kepegawaian. melakukan penyusunan laporan Subbagian. melakukan penyiapan bahan pemberian ijin bagi dosen yang bertugas sebagai pejabat struktural di luar unit kerjanya atau pejabat struktural pada instansi lain di wilayah kerjanya. melaksanakan penyiapan bahan penetapan pemberhentian dan pemensiunan pegawai golongan IV/b ke bawah di lingkungan Departemen 90 . i. h.

m. melaksanakan penyiapan usul pemberhentian dan pemensiunan pegawai di lingkungan Departemen. melaksanakan penyiapan bahan penetapan status pegawai negeri sipil di lingkungan Departemen yang mengikuti pemilihan Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah dan yang menjadi Pejabat Negara. Pasal 83 Rincian Tugas Subbagian Disiplin : a. o. Anggota Komisi Pemilihan Umum/Panitia Pengawas Pemilihan Umum/Komisi Penyiaran Indonesia dan lain sejenisnya. dan r. melaksanakan penyusunan bahan penetapan pemberian izin perceraian. melaksanakan penyusunan laporan Bagian. Hakim Ad hoc dan lain sejenisnya serta pengaktifannya. anggota partai politik. l. melaksanakan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan peraturan perundang-undangan di bidang kepegawaian. n. q. melaksanakan penyiapan bahan penetapan status kepegawaian pegawai negeri sipil.k. melaksanakan penyiapan bahan tanggapan atas keberatan keputusan pemberhentian dan pemensiunan pegawai di lingkungan Departemen. p. Hakim pada Mahkamah Konstitusi. melakukan penyusunan program kerja Subbagian dan penyiapan program kerja Bagian. calon anggota Dewan Perwakilan Daerah. beristri lebih dari satu dan atau penolakan izin untuk melakukan perceraian dan atau beristri lebih dari satu. 91 . melaksanakan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Bagian.

melakukan penyiapan bahan pemberian pertimbangan hukum terhadap penjatuhan hukuman disiplin pegawai di lingkungan Departemen. melakukan penyiapan bahan tanggapan atas keberatan penjatuhan hukuman disiplin pegawai negeri sipil di lingkungan Departemen. melakukan penyiapan bahan penetapan pemberian atau penolakan ijin perceraian dan/atau beristeri lebih dari satu bagi pegawai di lingkungan Departemen. melakukan pengumpulan peraturan perundang-undangan bidang kepegawaian di lingkungan Departemen. h. c. melakukan penyiapan bahan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan penjatuhan hukuman disiplin pegawai negeri sipil di lingkungan Departemen. l. d. melakukan penyiapan bahan tanggapan atas pengaduan masyarakat dan lembaga di bidang kepegawaian di lingkungan Departemen. k. 92 .b. melakukan penyiapan bahan usul penetapan penjatuhan hukuman disiplin pegawai negeri sipil di lingkungan Departemen. melakukan penyiapan bahan sosialisasi peraturan perundang-undangan di bidang kepegawaian di lingkungan Departemen. g. i. e. melakukan penyiapan bahan telaahan dan penilaian peraturan perundang-undangan di bidang kepegawaian di lingkungan Departemen. j. melakukan penyiapan bahan penelaahan usul penjatuhan hukuman disiplin pegawai negeri sipil di lingkungan Departemen. melakukan penyiapan bahan rancangan peraturan perundang-undangan di bidang kepegawaian di lingkungan Departemen. f.

Bengkulu. Jawa Tengah. Lampung. melakukan penyiapan bahan penetapan status pegawai negeri sipil di lingkungan Departemen yang mengikuti pemilihan Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah dan menjadi Pejabat Negara. Riau. Sulawesi Tenggara. melakukan penyusunan laporan Subbagian dan penyiapan penyusunan laporan Bagian. o. Hakim Ad hoc dan yang sejenis lainnya. anggota partai politik. Banten. melakukan penyiapan bahan penelaahan usul pemberhentian dan pemensiunan pegawai negeri sipil dan guru di wilayah Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. anggota Komisi Pemilihan Umum/Panitia Pengawas Pemilihan Umum/Komisi Penyiaran Indonesia dan yang sejenis lainnya. dan daerah pemekarannya. b. Bangka Belitung. melakukan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Subbagian. Kalimantan Timur. Irian Jaya Barat. Jawa Barat. n. Hakim pada Mahkamah Konstitusi. melakukan penyiapan bahan penilaian pelaksanaan peraturan perundang-undangan di bidang kepegawaian di lingkungan Departemen. calon anggota Dewan Perwakilan Daerah. dan p. melakukan penyusunan program kerja Subbagian. Kalimantan Tengah. Sulawesi Selatan. Sulawesi Barat. Maluku. Sumatera Barat. Nusa Tenggara Timur.m. Pasal 84 Rincian Tugas Subbagian Pemberhentian dan Pemensiunan I adalah: a. 93 .

h. dan j. tunjangan cacad karena dinas. melakukan penyiapan bahan penelaahan usul pemberhentian dan pemensiunan pegawai negeri sipil dan guru di wilayah Provinsi Sumatera Utara. surat pernyataan hilang dan lain sejenisnya pegawai negeri sipil di lingkungan Departemen di wilayah kerjanya. melakukan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Subbagian. Sumatera 94 . melakukan penyiapan bahan penetapan kenaikan pangkat pengabdian serta pemberhentian dan pemensiunan pegawai negeri sipil di wilayah kerjanya. f. b. d. melakukan penyiapan bahan pemberhentian pegawai negeri sipil yang menjadi anggota dan pengurus partai politik. melakukan penyiapan bahan tanggapan atas keberatan keputusan pemberhentian dan pemensiunan pegawai negeri sipil di lingkungan Departemen. i. Jambi. melakukan penyiapan bahan usul/penetapan kenaikan pangkat anumerta dan pensiunnya. g. melakukan penyusunan laporan Subbagian. e.c. Pasal 85 Rincian Tugas Subbagian Pemberhentian dan Pemensiunan II adalah: a. uang duka tewas. melakukan penyiapan bahan penetapan pemberhentian dan pemensiunan pegawai negeri sipil yang belum mencapai batas usia pensiun di lingkungan Departemen. melakukan penyiapan bahan penetapan pemberian uang tunggu pegawai negeri sipil di lingkungan Departemen. Kepulauan Riau. melakukan penyusunan program kerja Subbagian.

melakukan penyiapan bahan pemberhentian pegawai negeri sipil yang menjadi anggota dan pengurus parpol. e. Papua. surat pernyataan hilang dan lain sejenisnya pegawai negeri sipil di lingkungan Departemen di wilayah kerjanya. Maluku Utara. h. dan daerah pemekarannya. i. melakukan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Subbagian. f. Sulawesi Utara. DKI Jakarta. Jawa Timur. g. Nusa Tenggara Barat. Sulawesi Tengah. Yogyakarta. dan melakukan penyusunan laporan Subbagian. d. uang duka tewas. Gorontalo. melakukan penyiapan bahan penetapan pemberhentian dan pemensiunan pegawai negeri sipil yang belum mencapai batas usia pensiun di lingkungan Departemen. Kalimantan Barat. D.c. tunjangan cacad karena dinas. Pasal 86 Rincian Tugas Bagian Dokumentasi dan Tanda Jasa adalah: a. melakukan penyiapan bahan penetapan pemberian uang tunggu pegawai negeri sipil di lingkungan Departemen. melakukan penyiapan bahan penetapan kenaikan pangkat pengabdian serta pemberhentian dan pemensiunan pegawai negeri sipil di wilayah kerjanya. Kalimantan Selatan. melaksanakan penyusunan program kerja Bagian. Bali.I. Selatan. melakukan penyiapan bahan usul/penetapan kenaikan pangkat anumerta dan pensiunnya. 95 . melakukan penyiapan bahan tanggapan atas keberatan keputusan pemberhentian dan pemensiunan pegawai negeri sipil di lingkungan Departemen. j.

h. c. melaksanakan penyusunan laporan Bagian. melaksanakan penyiapan usul penerbitan kartu pegawai. g. melaksanakan sosialisasi pedoman pemberian tanda kehormatan dan tanda penghargaan di lingkungan Departemen. j. melaksanakan pemeliharaan dokumen kepegawaian di lingkungan Departemen. melaksanakan penyiapan bahan usul pemberian tanda kehormatan dan tanda penghargaan di lingkungan Departemen. melaksanakan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Bagian. kartu istri. e. d. melaksanakan pengembangan sistem informasi kepegawaian di lingkungan Departemen. melaksanakan pengolahan data pegawai di lingkungan Departemen. l. f. melaksanakan penyajian data dan informasi kepegawaian di lingkungan Departemen. 96 . melaksanakan penyusunan pedoman pemberian dan penetapan tanda kehormatan dan tanda penghargaan pegawai di lingkungan Departemen. dan kartu suami. dan m. melaksanakan penyiapan bahan rekomendasi pemberian ijin bagi penerima tanda penghargaan di lingkungan Departemen dari badan/lembaga/negara asing.b. i. k. melaksanakan penyiapan bahan penetapan pemberian tanda kehormatan dan tanda penghargaan yang menjadi kewenangan Menteri.

a. melakukan penyiapan bahan pengembangan sistem informasi kepegawaian di lingkungan Departemen. dan j. d. f. melakukan inventarisasi dan klasifikasi dokumen kepegawaian di lingkungan Departemen. melakukan pengumpulan dan pencatatan dokumen kepegawaian di lingkungan Departemen. melakukan penyiapan bahan petunjuk aplikasi sistem informasi kepegawaian di lingkungan Departemen. c. melakukan pemutakhiran data kepegawaian di lingkungan Departemen. c. Pasal 88 Rincian Tugas Subbagian Dokumentasi adalah : a. melakukan sosialisasi aplikasi sistem informasi kepegawaian di lingkungan Departemen. g. h. melakukan penyusunan program kerja Subbagian dan penyiapan penyusunan program kerja Bagian. melakukan penyajian data dan informasi kepegawaian di lingkungan Departemen. b. b. melakukan penyusunan laporan Subbagian dan penyiapan penyusunan laporan Bagian. melakukan validasi data kepegawaian pegawai negeri sipil Departemen ke seluruh unit kerja di lingkungan Departemen. melakukan pengolahan data kepegawaian di lingkungan Departemen. melakukan penyusunan program kerja Subbagian. 97 . melakukan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Subbagian. e. i.Pasal 87 Rincian Tugas Subbagian Informasi Kepegawaian adalah .

d. melakukan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Subbagian. dan kartu suami. c. b. Pasal 89 Rincian Tugas Subbagian Tanda Jasa adalah: a. f. e. melakukan pengumpulan data dan informasi calon penerima tanda kehormatan dan tanda penghargaan di lingkungan Departemen. f. melakukan penyiapan usul calon penerima tanda kehormatan dan tanda penghargaan di lingkungan Departemen. g. melakukan penyimpanan dan penataan arsip/dokumen kepegawaian di lingkungan Departemen. 98 . kartu istri. melakukan penyusunan program kerja Subbagian. e. melakukan penelaahan berkas usul calon penerima tanda kehormatan dan tanda penghargaan di lingkungan Departemen. g. h. melakukan urusan kearsipan Biro. melakukan penyiapan usul pembuatan kartu pegawai. melakukan penyiapan bahan rekomendasi pemberian ijin bagi penerima tanda penghargaan di lingkungan Departemen dari badan/lembaga/negara asing. melakukan pendistribusian tanda kehormatan dan tanda penghargaan ke seluruh unit kerja di lingkungan Depdiknas. dan i. melakukan penyiapan bahan penyusunan pedoman pemberian dan penetapan tanda kehormatan dan tanda penghargaan di lingkungan Departemen. melakukan pemeliharaan arsip/dokumen kepegawaian di lingkungan Departemen.d. melakukan penyusunan laporan Subbagian.

c. melakukan penyiapan bahan usul penetapan pemberian tanda kehormatan dan tanda penghargaan di bidang pendidikan kepada masyarakat atau lembaga. i. dan pendidikan nonformal dan informal. 99 . d. k. melaksanakan penyusunan program kerja Bagian. b. pendidikan menengah. dan kartu suami. melakukan pemantauan pelaksanaan pemberian tanda kehormatan dan tanda penghargaan di lingkungan Departemen.h. dan l. j. kartu istri. melaksanakan penelaahan usul rancangan peraturan perundang-undangan dan perjanjian kerja sama di bidang pendidikan dasar. dan pendidikan nonformal dan informal. BAB V BIRO HUKUM DAN ORGANISASI Pasal 90 Rincian tugas Bagian Penyusunan Rancangan Peraturan Perundang-Undangan dan Bantuan Hukum I adalah : a. melakukan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Subbagian. dan pendidikan nonformal dan informal. melakukan penyusunan laporan Subbagian. melaksanakan penyusunan bahan pembinaan penyusunan rancangan peraturan perundang-undangan bidang pendidikan dasar. melakukan penyiapan usul penerbitan kartu pegawai. pendidikan menengah. melaksanakan penyiapan bahan koordinasi penyusunan rancangan peraturan perundang-undangan dan perjanjian kerja sama di bidang pendidikan dasar. pendidikan menengah.

e. dan Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan. dan pendidikan nonformal dan informal. pendidikan menengah. pendidikan menengah. j. dan pendidikan nonformal dan informal. dan pendidikan nonformal dan informal. dan pendidikan nonformal dan informal. f. dan pendidikan nonformal dan informal. melaksanakan penyusunan bahan pertimbangan terhadap penyelesaian kasus hukum di lingkungan Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah. i. Direktorat Jenderal Pendidikan nonformal dan informal. melaksanakan penyusunan rancangan peraturan perundang-undangan dan perjanjian kerja sama di bidang pendidikan dasar. pendidikan menengah. melaksanakan pengkajian terhadap kasus hukum dan hak asasi manusia di bidang pendidikan dasar. m. pendidikan menengah. g. l. melaksanakan penyusunan rancangan perjanjian kerja sama di bidang pendidikan dasar. melaksanakan penyusunan saran penyempurnaan peraturan perundang-undangan di bidang pendidikan dasar. melaksanakan pemberian layanan informasi peraturan perundang-undangan di bidang pendidikan dasar. dan pendidikan nonformal dan informal. melaksanakan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan peraturan perundang. pendidikan menengah. h. melaksanakan penelaahan peraturan perundang-undangan yang telah dilaksanakan di bidang pendidikan dasar.undangan dan perjanjian kerja sama di bidang pendidikan dasar. k. pendidikan menengah. pendidikan menengah. melaksanakan pemberian bantuan hukum kepada satuan organisasi dan pegawai dalam penyelesaian kasus hukum di 100 . dan pendidikan nonformal dan informal.

melakukan penyiapan bahan pembinaan penyusunan rancangan peraturan perundang-undangan bidang pendidikan dasar dan pendidikan nonformal dan informal. o.lingkungan Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah. dan Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan. melaksanakan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Bagian. melaksanakan pemberian layanan konsultasi hukum dan hak azasi manusia kepada satuan organisasi dan pegawai di lingkungan Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah. b. melakukan penelaahan usul rancangan peraturan perundang-undangan di bidang pendidikan dasar dan pendidikan nonformal dan informal. c. n. 101 . dan Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Direktorat Jenderal Pendidikan nonformal dan informal. melakukan penyusunan program kerja Subbagian. d. Direktorat Jenderal Pendidikan nonformal dan informal. melaksanakan penyusunan laporan Bagian. dan p. e. Pasal 91 Rincian tugas Subbagian Penyusunan Rancangan I adalah a. melakukan penyiapan bahan koordinasi penyusunan rancangan peraturan perundang-undangan di bidang pendidikan dasar dan pendidikan nonformal dan informal. melakukan pengumpulan dan pengolahan bahan pembinaan penyusunan rancangan peraturan perundang-undangan di bidang pendidikan dasar dan pendidikan nonformal dan informal.

f.

melakukan penyiapan bahan penyusunan rancangan peraturan perundangundangan di bidang pendidikan dasar dan pendidikan nonformal dan informal; g. melakukan penyiapan bahan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan peraturan perundang-undangan di bidang pendidikan dasar dan pendidikan nonformal dan informal; h. melakukan penelaahan peraturan perundang-undangan yang telah dilaksanakan di bidang pendidikan dasar dan pendidikan nonformal dan informal; i. melakukan penyiapan bahan penyusunan saran penyempurnaan peraturan perundang-undangan di bidang pendidikan dasar dan pendidikan nonformal dan informal; j. melakukan pemberian layanan informasi peraturan perundang-undangan di bidang pendidikan dasar dan pendidikan nonformal dan informal; k. melakukan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Subbagian; dan l. melakukan penyusunan laporan Subbagian. Pasal 92 Rincian tugas Subbagian Penyusunan Rancangan II adalah: a. melakukan penyusunan program kerja Subbagian; b. melakukan pengumpulan dan pengolahan bahan pembinaan penyusunan rancangan peraturan perundang-undangan di bidang pendidikan menengah; c. melakukan penyiapan bahan pembinaan penyusunan rancangan peraturan perundang-undangan bidang pendidikan menengah;

102

d. melakukan penelaahan usul rancangan peraturan perundang-undangan di bidang pendidikan menengah; e. melakukan penyiapan bahan koordinasi penyusunan rancangan peraturan perundang-undangan di bidang pendidikan menengah; f. melakukan penyiapan bahan penyusunan rancangan peraturan perundangundangan di bidang pendidikan menengah; g. melakukan penyiapan bahan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan peraturan perundang-undangan di bidang pendidikan menengah; h. melakukan penelaahan peraturan perundang-undangan yang telah dilaksanakan di bidang pendidikan menengah; i. melakukan penyiapan bahan penyusunan saran penyempurnaan peraturan perundang-undangan di bidang pendidikan menengah; j. melakukan pemberian layanan informasi peraturan perundang-undangan di bidang pendidikan menengah; k. melakukan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Subbagian; dan l. melakukan penyusunan laporan Subbagian. Pasal 93 Rincian tugas Subbagian Bantuan Hukum adalah: a. melakukan penyusunan program kerja Subbagian dan penyiapan penyusunan program kerja Bagian; b. melakukan pengumpulan data dan informasi penyelesaian kasus hukum dan hak azasi manusia di wilayah kerjanya meliputi Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar
103

c. d. e.

f.

g. h. i.

j. k.

dan Menengah, Direktorat Jenderal Pendidikan nonformal dan informal, dan Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan dan di wilayah Provinsi Riau, Bangka Belitung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, dan Irian Jaya Barat serta daerah pemekarannya; melakukan pengkajian terhadap kasus hukum dan hak asasi manusia di wilayah kerjanya; melakukan penyiapan bahan pertimbangan terhadap penyelesaian kasus hukum di wilayah kerjanya; melakukan pemberian bantuan hukum kepada satuan organisasi dan pegawai dalam penyelesaian kasus hukum di wilayah kerjanya; melakukan penyiapan bahan pemberian layanan konsultasi hukum dan hak azasi manusia kepada satuan organisasi dan pegawai di wilayah kerjanya; melakukan penyiapan bahan inventarisasi perkara dan pembuatan yurisprudensi; melakukan penelaahan usul penyusunan rancangan perjanjian kerja sama di wilayah kerjanya; melakukan penyiapan bahan penyusunan rancangan perjanjian kerja sama di bidang pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan nonformal dan informal; melakukan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Subbagian;dan melakukan penyusunan laporan Subbagian dan penyiapan penyusunan laporan Bagian.

104

d. penelitian dan pengembangan serta pelayanan administrasi. c. penelitian dan pengembangan serta pelayanan administrasi. melaksanakan penyiapan bahan koordinasi penyusunan rancangan peraturan perundang-undangan dan perjanjian kerja sama di bidang pendidikan tinggi. g.undangan dan perjanjian kerja sama di bidang pendidikan tinggi. b. melaksanakan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan peraturan perundang. penelitian pengembangan serta pelayanan administrasi. pengawasan. rancangan peraturan dan perundang-undangan dan perjanjian kerja sama di bidang pengawasan. penyusunan tinggi. melaksanakan pendidikan penelaahan tinggi. melaksanakan penyusunan program kerja Bagian. penelitian dan pengembangan serta pelayanan administrasi. pengawasan. 105 . melaksanakan penyusunan rancangan perjanjian kerja sama di bidang pendidikan tinggi. pengawasan. usul rancangan peraturan dan perundang-undangan dan perjanjian kerja sama di bidang pengawasan.Pasal 94 Rincian tugas Bagian Penyusunan Rancangan Peraturan Perundang-Undangan dan Bantuan Hukum II adalah: a. penelitian pengembangan serta pelayanan administrasi. penelitian dan pengembangan serta pelayanan administrasi. e. melaksanakan pendidikan f. melaksanakan penyusunan bahan pembinaan penyusunan rancangan peraturan perundang-undangan bidang pendidikan tinggi. pengawasan.

l.h. pengawasan. Inspektorat Jenderal. pengawasan. m. melaksanakan pemberian di layanan bidang informasi peraturan tinggi. melaksanakan penelaahan peraturan perundang-undangan yang telah dilaksanakan di bidang pendidikan tinggi. melaksanakan penyusunan saran penyempurnaan peraturan perundang-undangan administrasi. k. melaksanakan pemberian layanan konsultasi hukum dan hak azasi manusia kepada satuan organisasi dan pegawai di lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. perundang-undangan administrasi. penelitian dan pengembangan serta pelayanan pengawasan. penelitian dan pengembangan serta pelayanan 106 . Inspektorat Jenderal. n. dan Sekretariat Jenderal. penelitian dan pengembangan serta pelayanan administrasi. Badan Penelitian dan Pengembangan. dan Sekretariat Jenderal. i. melaksanakan pemberian bantuan hukum kepada satuan organisasi dan pegawai dalam penyelesaian kasus hukum di lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. pendidikan di bidang pendidikan tinggi. melaksanakan penyusunan bahan pertimbangan terhadap penyelesaian kasus hukum di lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. melaksanakan pengkajian terhadap kasus hukum dan hak asasi manusia di bidang pendidikan tinggi. penelitian dan pengembangan serta pelayanan administrasi. pengawasan. Badan Penelitian dan Pengembangan. j.

melakukan penyusunan program kerja Subbagian. o. g. dan p. e. i. d. dan Sekretariat Jenderal.Inspektorat Jenderal. melaksanakan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Bagian. melakukan penyiapan bahan penyusunan saran penyempurnaan peraturan perundang-undangan di bidang pendidikan tinggi. 107 . melakukan penyiapan bahan penyusunan rancangan peraturan perundangundangan di bidang pendidikan tinggi. b. melakukan penelaahan usul rancangan peraturan perundang-undangan di bidang pendidikan tinggi. Badan Penelitian dan Pengembangan. melakukan penyiapan bahan koordinasi penyusunan rancangan peraturan perundang-undangan di bidang pendidikan tinggi. melakukan penyiapan bahan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan peraturan perundang-undangan di bidang pendidikan tinggi. melakukan penelaahan peraturan perundang-undangan yang telah dilaksanakan di bidang pendidikan tinggi. c. melaksanakan penyusunan laporan Bagian Pasal 95 Rincian tugas Subbagian Penyusunan Rancangan I adalah: a. h. melakukan pengumpulan dan pengolahan bahan pembinaan penyusunan rancangan peraturan perundang-undangan di bidang pendidikan tinggi. f. melakukan penyiapan bahan pembinaan penyusunan rancangan peraturan perundang-undangan bidang pendidikan tinggi.

melakukan penyiapan bahan koordinasi penyusunan rancangan peraturan perundang-undangan di bidang pengawasan. melakukan pengumpulan dan pengolahan bahan pembinaan penyusunan rancangan peraturan perundang-undangan di bidang pengawasan. dan pelayanan administrasi. penelitian dan pengembangan. dan pelayanan administrasi. b. dan pelayanan administrasi. d. penelitian dan pengembangan. melakukan penyiapan bahan layanan informasi peraturan perundang-undangan di bidang pendidikan tinggi. melakukan penyiapan bahan pembinaan penyusunan rancangan peraturan perundang-undangan di bidang pengawasan. k. Pasal 96 Rincian tugas Subbagian Penyusunan Rancangan II adalah: a. melakukan penyiapan bahan penyusunan rancangan peraturan perundangundangan di bidang pengawasan. dan pelayanan administrasi. dan pelayanan administrasi. dan l. melakukan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Subbagian. melakukan penyusunan laporan Subbagian. c.j. f. penelitian dan pengembangan. 108 . penelitian dan pengembangan. melakukan penyiapan bahan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan peraturan perundang-undangan di bidang pengawasan. e. dan pelayanan administrasi. g. melakukan penelaahan usul rancangan peraturan perundang-undangan di bidang pengawasan. penelitian dan pengembangan. melakukan penyusunan program kerja Subbagian. penelitian dan pengembangan.

serta daerah pemekarannya dan di luar unit utama di wilayah DKI Jakarta. Jambi. Sumatera Barat. Sumatera Selatan. DI. Nusa Tenggara Timur. k. penelitian dan pengembangan. Lampung. Inspektorat Jenderal. dan pelayanan administrasi. melakukan pemberian layanan informasi peraturan perundang-undangan di bidang pengawasan. dan pelayanan administrasi. penelitian dan pengembangan. Sulawesi Barat. melakukan penyusunan program kerja Subbagian dan penyiapan penyusunan program kerja Bagian. Kalimantan Timur. Badan Penelitian dan Pengembangan dan di wilayah Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. melakukan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Subbagian. Papua. melakukan pengkajian terhadap kasus hukum dan hak asasi manusia di wilayah kerjanya. Sekretariat Jenderal. melakukan penyusunan laporan Subbagian. b. j. c. Pasal 97 Rincian tugas Subbagian Bantuan Hukum adalah: a. Yogyakarta. 109 . Kepulauan Riau.h. melakukan penelaahan peraturan perundang-undangan yang telah dilaksanakan di bidang pengawasan. melakukan pengumpulan data dan informasi penyelesaian kasus hukum dan hak asasi manusia di wilayah kerjanya meliputi Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Bengkulu. Bali. penelitian dan pengembangan. melakukan penyiapan bahan penyusunan saran penyempurnaan peraturan perundang-undangan di bidang pengawasan. i. dan l. Kalimantan Tengah. Sumatera Utara. dan pelayanan administrasi.

penyempurnaan. melakukan penyiapan bahan pemberian layanan konsultasi hukum dan hak asasi manusia kepada satuan organisasi dan pegawai di wilayah kerjanya. melakukan pemberian bantuan hukum kepada satuan organisasi dan pegawai dalam penyelesaian kasus hukum di wilayah kerjanya. melakukan penelaahan usul penyusunan rancangan perjanjian kerja sama di wilayah kerjanya. c. dan penutupan organisasi di lingkungan Departemen. h. melakukan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Subbagian. g. melaksanakan penyusunan pedoman pembentukan. penelitian dan pengembangan serta pelayanan administrasi. melaksanakan analisis usul pembentukan. melaksanakan pengolahan dan penyajian data kelembagaan di lingkungan Departemen. j. dan k. melakukan penyusunan laporan Subbagian dan penyiapan penyusunan laporan Bagian. dan penutupan organisasi di lingkungan Departemen. Pasal 98 Rincian tugas Bagian Kelembagaan adalah: a. d. i. 110 . b. f.d. pengawasan. melaksanakan penyusunan program kerja Bagian. e. penyempurnaan. melakukan penyiapan bahan inventarisasi perkara dan pembuatan yurisprudensi. melakukan penyiapan bahan pertimbangan terhadap penyelesaian kasus hukum di wilayah kerjanya. melakukan penyiapan bahan penyusunan rancangan perjanjian kerja sama di bidang pendidikan tinggi.

melakukan penyusunan program kerja Subbagian dan penyiapan penyusunan program kerja Bagian. melaksanakan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Bagian. melaksanakan penyusunan rincian tugas unit kerja di lingkungan Departemen.dan m. i. melaksanakan penyusunan bahan pembahasan usul pembentukan. melakukan penyiapan bahan penyusunan pedoman pembentukan. j. dan penutupan unit organisasi di lingkungan Departemen. melaksanakan fasilitasi pengembangan organisasi unit pengelola pendidikan. melaksanakan penyusunan usul pembentukan. dan Badan Penelitian dan Pengembangan. h. melaksanakan penyusunan rancangan pengembangan organisasi di lingkungan Departemen. melaksanakan koordinasi pembentukan.e. penyempurnaan. Pasal 99 Rincian tugas Subbagian I adalah: a. dan penutupan unit organisasi di lingkungan Departemen. penyempurnaan. penyempurnaan. f. melaksanakan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan tugas dan fungsi unit organisasi di lingkungan Departemen. l. penyempurnaan. k. 111 . Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan. melaksanakan penyusunan laporan Bagian. g. b. dan penutupan organisasi di lingkungan Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah. dan penutupan kelembagaan di lingkungan Departemen.

c. dan Badan Penelitian dan Pengembangan. Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan. melakukan pengumpulan dan pengolahan data kelembagaan di lingkungan Direktorat Jenderal Manajernen Pendidikan Dasar dan Menengah. melakukan penyiapan bahan usul pembentukan. dan penutupan organisasi di lingkungan Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah. penyempurnaan. dan Badan Penelitian dan Pengembangan. melakukan analisis usul pembentukan. dan penutupan unit organisasi di lingkungan Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah. Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan. dan Badan Penelitian dan Pengembangan. melakukan penyiapan bahan koordinasi pembentukan. penyempurnaan. e. Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan. g. dan Badan Penelitian dan Pengembangan. Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan. melakukan penyiapan bahan penyusunan rincian tugas unit organisasi di lingkungan Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah. Direktorat Jenderal 112 . f. h. penyempurnaan. d. dan Badan Penelitian dan Pengembangan beserta unit pelaksana teknis binaannya. dan penutupan unit organisasi di lingkungan Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah. melakukan penyiapan bahan pembahasan usul pembentukan. Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan. penyempurnaan. dan penutupan unit organisasi di lingkungan Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

dan Badan Penelitian dan Pengembangan. dan penutupan organisasi di lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi dan Inspektorat Jenderal. c. k. Pasal 100 Rincian tugas Subbagian II adalah : a. melakukan penyusunan laporan Subbagian dan penyiapan penyusunan laporan Bagian. i. dan Badan Penelitian dan Pengembangan. melakukan pengumpulan dan pengolahan data kelembagaan di lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi dan Inspektorat Jenderal beserta unit pelaksana teknis binaannya. melakukan penyiapan bahan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan tugas dan fungsi unit organisasi di lingkungan Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah. melakukan penyiapan bahan penyusunan pedoman pembentukan. 113 . j. Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan. b. melakukan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Subbagian. melakukan penyiapan bahan penyusunan rancangan pengembangan organisasi di lingkungan Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah. penyempurnaan. dan m. melakukan penyiapan bahan fasilitasi pengembangan organisasi unit pengelola pendidikan. dan Badan Penelitian dan Pengembangan. Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan. melakukan penyusunan program kerja Subbagian.Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan. l.

dan penutupan unit organisasi di lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi dan Inspektorat Jenderal.d. dan penutupan unit organisasi di lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi dan Inspektorat Jenderal. penyempurnaan. melakukan penyiapan bahan pembahasan usul pembentukan. melakukan penyiapan bahan koordinasi pembentukan. g. melakukan penyiapan bahan penyusunan rancangan pengembangan organisasi di lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi dan Inspektorat Jenderal. melakukan penyusunan laporan Subbagian. melakukan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Subbagian. melakukan penyiapan bahan penyusunan rincian tugas unit organisasi di lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi dan Inspektorat Jenderal. k. h. dan penutupan unit organisasi di lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi dan Inspektorat Jenderal. l. e. melakukan penyiapan bahan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan tugas dan fungsi unit organisasi di lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi dan Inspektorat Jenderal. penyempurnaan. j. dan penutupan organisasi di lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi dan Inspektorat Jenderal. 114 . i. melakukan penyiapan bahan fasilitasi pengembangan organisasi unit pengelola pendidikan. melakukan analisis usul pembentukan. penyempumaan. melakukan penyiapan bahan usul pembentukan. dan m. f. penyempurnaan.

d. e. melakukan pengumpulan dan pengolahan data kelembagaan di lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Nonformal dan Informal dan Sekretariat Jenderal beserta unit pelaksana teknis binaannya. dan penutupan organisasi di lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Nonformal dan Informal dan Sekretariat Jenderal. penyempurnaan. melakukan penyiapan bahan usul pembentukan. melakukan penyusunan program kerja Subbagian. f. penyempurnaan. i. g. melakukan penyiapan bahan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan tugas dan fungsi unit organisasi di lingkungan 115 . dan penutupan unit organisasi di lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Nonformal dan Informal dan Sekretariat Jenderal. melakukan penyiapan bahan penyusunan pedoman pembentukan. dan penutupan unit organisasi di lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Nonformal dan Informal dan Sekretariat Jenderal. melakukan penyiapan bahan koordinasi pembentukan. melakukan analisis usul pembentukan. c. h.Pasal 101 Rincian tugas Subbagian III adalah: a. dan penutupan unit organisasi di lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Nonformal dan Informal dan Sekretariat Jenderal. melakukan penyiapan bahan pembahasan usul pembentukan. penyempurnaan. dan penutupan organisasi di lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Nonformal dan Informal dan Sekretariat Jenderal. b. penyempurnaan. penyempurnaan. melakukan penyiapan bahan penyusunan rincian tugas unit organisasi di lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Nonformal dan Informal dan Sekretariat Jenderal.

dan m. melaksanakan pemantauan dan evaluasi ketatalaksanaan di lingkungan Departemen. melaksanakan penyajian informasi jabatan di lingkungan Departemen. melaksanakan penyusunan pedoman ketatalaksanaan dan pelaksanaan analisis jabatan di lingkungan Departemen. 116 . d. f. melaksanakan penyusunan program kerja Bagian dan penyiapan penyusunan program kerja Biro. melaksanakan pengumpulan dan pengolahan data jabatan di lingkungan Departemen. l. g. melakukan penyiapan bahan penyusunan rancangan pengembangan organisasi di lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Nonformal dan Informal dan Sekretariat Jenderal. Pasal 102 Rincian tugas Bagian Ketatalaksanaan adalah: a. melakukan penyiapan bahan fasilitasi pengembangan organisasi unit pengelola pendidikan. melakukan penyusunan laporan Subbagian. b. j. melaksanakan fasilitasi analisis jabatan di lingkungan Departemen. melaksanakan analisis dan evaluasi jabatan di lingkungan Departemen. i. e. melaksanakan penyiapan bahan pembinaan ketatalaksanaan di lingkungan Departemen. melakukan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Subbagian.Direktorat Jenderal Pendidikan Nonformal dan Informal dan Sekretariat Jenderal. c. melaksanakan pengkajian dan pengembangan ketatalaksanaan di lingkungan Departemen. h. k.

melaksanakan pengelolaan jaringan dokumentasi dan informasi hukum di bidang pendidikan. Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan.j. c. melaksanakan evaluasi penyelenggaraan analisis jabatan di lingkungan Departemen. Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan. k. melaksanakan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Bagian. melakukan penyiapan bahan pengkajian dan pengembangan ketatalaksanaan di lingkungan Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah. Direktorat Jenderal Pendidikan Nonformal dan Informal. m. dan melaksanakan penyusunan laporan Bagian dan penyiapan penyusunan laporan Biro. dan Badan Penelitian dan Pengembangan. 117 . kerumahtanggaan. Pasal 103 Rincian tugas Subbagian I adalah : a. keuangan. p. dan kearsipan Biro. melakukan penyusunan program kerja Subbagian. Direktorat Jenderal Pendidikan Nonformal dan Informal. melaksanakan urusan persuratan. melaksanakan pengadministrasian peraturan perundang-undangan di bidang pendidikan. melakukan penyiapan bahan penyusunan pedoman ketatalaksanaan di lingkungan Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah. o. melaksanakan pendokumentasian peraturan perundang-undangan di bidang pendidikan dan produk hukum lainnya. b. perlengkapan. kepegawaian. n. l. dan Badan Penelitian dan Pengembangan.

e. dan Badan Penelitian dan Pengembangan. dan Badan Penelitian dan Pengembangan. melakukan penyiapan bahan pembinaan ketatalaksanaan di lingkungan Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah. Direktorat Jenderal Pendidikan Nonformal dan Informal. Direktorat Jenderal Pendidikan Nonformal dan Informal. melakukan analisis dan evaluasi jabatan di lingkungan Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah. Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan. melakukan penyiapan bahan penyajian informasi jabatan di lingkungan Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah. dan Badan Penelitian dan Pengembangan. dan Badan Penelitian dan Pengembangan. Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan. melakukan pengumpulan dan pengolahan data jabatan di lingkungan Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah. Direktorat Jenderal Pendidikan Nonformal dan Informal. melakukan penyiapan bahan pemantauan dan evaluasi ketatalaksanaan. Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan. g. dan Badan Penelitian dan Pengembangan. Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan. di lingkungan Direktorat Jenderal 118 . Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan. f. h. Direktorat Jenderal Pendidikan Nonformal dan Informal. i. melakukan penyiapan bahan fasilitasi analisis jabatan di lingkungan Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah. Direktorat Jenderal Pendidikan Nonformal dan Informal.d.

dan Sekretariat Jenderal. Direktorat Jenderal Pendidikan Nonformal dan Informal. Direktorat Jenderal Pendidikan Nonformal dan Informal. dan Sekretariat Jenderal. 119 . Inspektorat Jenderal. dan l. Inspektorat Jenderal. b. melakukan pengumpulan dan pengolahan data jabatan di lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. c. Inspektorat Jenderal.Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah. k. melakukan penyusunan program kerja Subbagian. dan Sekretariat Jenderal. dan Sekretariat Jenderal. e. melakukan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Subbagian. dan Badan Penelitian dan Pengembangan. melakukan penyiapan bahan pengkajian dan pengembangan ketatalaksanaan di lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. j. melakukan penyusunan laporan Subbagian. melakukan penyiapan bahan evaluasi penyelenggaraan analisis jabatan di lingkungan Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah. d. dan Badan Penelitian dan Pengembangan. Inspektorat Jenderal. melakukan penyiapan bahan pembinaan ketatalaksanaan di lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan. melakukan penyiapan bahan penyusunan pedoman ketatalaksanaan di lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Pasal 104 Rincian tugas Subbagian II adalah: a.

melakukan analisis dan evaluasi jabatan di lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. dan Sekretariat Jenderal. Inspektorat Jenderal. melakukan penyiapan bahan fasilitasi analisis jabatan di lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. melakukan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Subbagian. i. melakukan penerimaan. Inspektorat Jenderal. pencatatan. melakukan penyusunan program kerja Subbagian dan penyiapan penyusunan program kerja Bagian dan Biro. g. dan Sekretariat Jenderal. Inspektorat Jenderal. pengembangan. melakukan penyusunan laporan Subbagian. dan penyiapan usul penghapusan arsip di lingkungan Biro. h. d. dan Sekretariat Jenderal. 120 . b. dan Sekretariat Jenderal.f. pemeliharaan. dan l. melakukan penyiapan bahan pemantauan dan evaluasi ketatalaksanaan di lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. c. Pasal 105 Rincian tugas Subbagian Tata Usaha adalah: a. kesejahteraan. dan pemberhentian pegawai di lingkungan Biro. melakukan urusan penataan. k. j. melakukan urusan mutasi. Inspektorat Jenderal. Inspektorat Jenderal. disiplin. melakukan penyiapan bahan penyajian informasi jabatan di lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. dan Sekretariat Jenderal. dan pendistribusian surat masuk dan surat keluar. melakukan penyiapan bahan evaluasi penyelenggaraan analisis jabatan di lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

melaksanakan penyusunan program kerja Bagian. d. melakukan urusan kerumahtanggaan Biro. melaksanakan pengumpulan dan pengolahan data kinerja unit organisasi di lingkungan Departemen. melakukan pengadministrasian peraturan perundang-undangan bidang pendidikan. dan o. melakukan pengelolaan jaringan dokumentasi dan informasi hukum di bidang pendidikan. k. 121 . h. melaksanakan evaluasi kinerja unit organisasi di lingkungan Departemen. f. melakukan penyusunan daftar inventaris dan usul penghapusan perlengkapan Biro. dan anggaran Biro. i. melakukan pengelolaan anggaran Biro. melakukan pengelolaan perlengkapan Biro. m. l. melakukan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Subbagian. j. melakukan urusan penerimaan tamu dan rapat dinas. melakukan pendokumentasian peraturan perundang-undangan bidang pendidikan dan produk hukum lainnya. c. program. Pasal 106 Rincian tugas Bagian Evaluasi Kinerja adalah: a. melakukan penyusunan laporan Subbagian dan penyiapan laporan Bagian dan Biro. b. g. n.e. melakukan penyiapan bahan penyusunan rencana. melaksanakan penyusunan bahan pedoman evaluasi kinerja di lingkungan Departemen.

b. melaksanakan penyusunan konsep laporan kinerja di lingkungan Departemen. h. Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan serta Badan Penelitian dan Pengembangan. Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan serta Badan Penelitian dan Pengembangan. melaksanakan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Bagian. melakukan evaluasi kinerja unit organisasi di lingkungan Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah. melakukan pengumpulan dan pengolahan data kinerja unit organisasi di lingkungan Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah. melaksanakan fasilitasi penyusunan dan evaluasi kinerja unit organisasi di lingkungan Departemen. melakukan penyusunan program kerja Subbagian dan penyiapan penyusunan program kerja Bagian. Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan serta Badan Penelitian dan Pengembangan.e. c. g. d. dan i. melaksanakan penyusunan laporan Bagian. melaksanakan penyusunan bahan pembinaan pelaksanaan evaluasi kinerja unit organisasi di lingkungan Departemen. Pasal 107 Rincian tugas Subbagian I adalah: a. f. melakukan penyiapan bahan penyusunan pedoman evaluasi kinerja di lingkungan Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah. 122 .

e. melakukan penyusunan laporan Subbagian dan penyiapan penyusunan laporan Bagian. melakukan pengumpulan dan pengolahan data kinerja unit organisasi di lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi dan Inspektorat Jenderal. f. dan h. d. melakukan fasilitasi penyusunan dan evaluasi kinerja unit organisasi di lingkungan Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah. c. Pasal 108 Rincian tugas Subbagian II adalah: a. 123 . melakukan penyusunan konsep laporan kinerja unit organisasi di lingkungan Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah. Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan serta Badan Penelitian dan Pengembangan. melakukan penyusunan program kerja Subbagian. melakukan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Subbagian. g. Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan serta Badan Penelitian dan Pengembangan. melakukan penyiapan bahan penyusunan pedoman evaluasi kinerja di lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi dan Inspektorat Jenderal. melakukan evaluasi kinerja unit organisasi di lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi dan Inspektorat Jenderal. b.

c. melakukan evaluasi kinerja unit organisasi di lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Nonformal dan Informal dan Sekretariat Jenderal. melakukan penyusunan program kerja Subbagian. melakukan penyusunan konsep laporan kinerja unit organisasi di lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi dan Inspektorat Jenderal. f. melakukan fasilitasi penyusunan dan evaluasi kinerja unit organisasi di lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi dan Inspektorat Jenderal. melakukan penyusunan konsep laporan kinerja unit organisasi di lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Nonformal dan Informal dan Sekretariat Jenderal. dan h. f. melakukan penyusun laporan Subbagian. 124 . g. melakukan pengumpulan dan pengolahan data kinerja unit organisasi di lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Nonformal dan Informal dan Sekretariat Jenderal.e. d. e. melakukan fasilitasi penyusunan dan evaluasi kinerja di lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Nonformal dan Informal dan Sekretariat Jenderal. melakukan penyiapan bahan penyusunan pedoman evaluasi kinerja di lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Nonformal dan Informal dan Sekretariat Jenderal. melakukan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Subbagian. Pasal 109 Rincian tugas Subbagian III adalah: a. b.

Ditetapkan di Jakarta pada tanggal 10 Juni 2008 MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL. Bambang Haryadi. dan h. Bagian.H. Pasal 111 Peraturan Menteri ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan. NIP 131597936 125 . Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 0138/O/1989 tentang Perincian tugas Koordinator. S. Kepala Bagian Penyusunan Rancangan Peraturan Perundang-undangan dan Bantuan Hukum II. Pasal 110 dokumen Pada saat mulai berlakunya Peraturan Menteri ini. melakukan penyusunan laporan Subbagian. melakukan penyimpanan dan pemeliharaan Subbagian. TTD BAMBANG SUDIBYO Salinan sesuai dengan aslinya Biro Hukum dan Organisasi Departemen Pendidikan Nasional. dan Sub Bagian di lingkungan Sekretariat Jenderal Departemen Pendidikan dan Kebudayaan dinyatakan tidak berlaku.g. TTD.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Cancel anytime.