P. 1
Riset Kesehatan

Riset Kesehatan

|Views: 50|Likes:
Published by Tomo Hadi Sutomo

More info:

Published by: Tomo Hadi Sutomo on Oct 22, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/03/2010

pdf

text

original

Hadi Sutomo, S.Kep., Ns.

LangkahLangkah-langkah Penelitian Langkah-langkah atau urutanurutan yang harus dilalui atau dikerjakan dalam suatu penelitian. Melakukan Studi Kepustakaan Mendefinisikan dan Merumuskan Masalah Tahapan Prosedur Penelitian: Merumuskan Hipotesis Menentukan Model atau Desain Penelitian .

Mengumpulkan Data Membuat Kesimpulan Membuat Laporan Mengolah dan Menyajikan Informasi Menganalisis dan Menginterpretasikan .

Melakukan Studi Kepustakaan ‚ Mengacu pada teori-teori yang berlaku dan dapat dicari atau ditemukan pada buku-buku teks ataupun penelitian orang lain.Prosedur Penelitian  Tahapan Prosedur Penelitian: Mendefinisikan dan Merumuskan Masalah ‚ Pendefinisian masalah harus jelas. .baik dari segi keluasannya maupun dari segi kedalamannya.

Berguna untuk membantu peneliti menuntun jalan pikirannya agar mencapai hasil penelitiannya. Yang dihipotesiskan adalah pernyataan yang ada pada rumusan masalah. Apakah deskriptif apakah analitik. ‚ Menentukan Model atau Desain Penelitian  Menentukan model/desain penelitian yang dipakai.Prosedur Penelitian ‚ Merumuskan Hipotesis  Hipotesis merupakan pernyataan atau anggapan yang sifatnya sementara tentang fenomena yang akan diselidiki. .

mendalam dan luas. . seperti menggunaan analisis statistik SPSS. ‚ Menganalisis dan Menginterpretasikan  Selanjutnya hasil olahan tersebut dianalisis lebih lanjut dengan menggunakan alat-alat analisis yang sesuai agar dapat dihasilkan kajian yang cukup tajam. grafik dan nilai statistik. misalnya dalam bentuk tabel.  Setelah data dikumpulkan selanjutnya diolah sehingga informasi yang tersaji lebih mudah diinterpretasikan dan dianalisis lebih lanjut.Prosedur Penelitian ‚ Mengumpulkan Data ‚ Mengolah dan Menyajikan Informasi  Data harus dicari dengan teknik yang sesuai.

Saran disajikan pula karena penelitian mempunyai keterbatasan-keterbatasan atau asumsi-asumsi.Prosedur Penelitian ‚ Membuat Kesimpulan  Pada tahap ini peneliti membuat kesimpulan yang sesuai dengan hipotesis yang diajukan. ‚ Membuat Laporan .

.

.

Kejadian kanker leher rahim pada wanita dewasa masih cukup tinggi.Contoh 1. .

Tinjauan Pustaka dan Teori genetik perilaku Kejadian Ca Cerviks Pelayanan kesehatan lingkungan .

Menyusun Hipotesis (Jika Penelitian analitik) Rumusan Masalah: Apakah ada hubungan perilaku menjaga kebersihan daerah kewanitaan dengan kejadian ca cerviks? .

Tinjauan Pustaka dan Teori genetik Teori Derajat Kesehatan Teori Perilaku Sikap perilaku Kejadian Ca Cerviks Pelayanan kesehatan Pengetahu an lingkungan .

Menyusun Hipotesis (Jika Penelitian analitik) Rumusan masalah: Apakah ada hubungan pengetahuan tentang pemeriksaan payudara sendiri dengan kejadian ca cerviks? .

Jika penelitian deskriptif ‡ Rumusan masalah: ‡ Bagaimana gambaran tingkat pengetahuan remaja putri tentang pemeriksaan payudara sendiri? ‡ Bagaimanakan gambaran tingkat .

i izi b r i r l si .MASALAH Contoh 1. A ti j i.

Masalah Gizi Penyebab Langsung Penyebab Tidak Langsung Makanan Yg Kurang Penyakit Ketahanan Pangan keluarga Pola Pengasuhan Anak Pelayanan Kesehatan Kesehatan Lingkungan .

.Menyusun Hipotesis (Jika Penelitian analitik) Rumusan masalah: Apakah ada hubungan pola pengasuhan anak dengan gangguan gizi.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->