Hadi Sutomo, S.Kep., Ns.

Melakukan Studi Kepustakaan Mendefinisikan dan Merumuskan Masalah Tahapan Prosedur Penelitian: Merumuskan Hipotesis Menentukan Model atau Desain Penelitian .LangkahLangkah-langkah Penelitian Langkah-langkah atau urutanurutan yang harus dilalui atau dikerjakan dalam suatu penelitian.

Mengumpulkan Data Membuat Kesimpulan Membuat Laporan Mengolah dan Menyajikan Informasi Menganalisis dan Menginterpretasikan .

.Prosedur Penelitian  Tahapan Prosedur Penelitian: Mendefinisikan dan Merumuskan Masalah ‚ Pendefinisian masalah harus jelas. Melakukan Studi Kepustakaan ‚ Mengacu pada teori-teori yang berlaku dan dapat dicari atau ditemukan pada buku-buku teks ataupun penelitian orang lain.baik dari segi keluasannya maupun dari segi kedalamannya.

‚ Menentukan Model atau Desain Penelitian  Menentukan model/desain penelitian yang dipakai. Yang dihipotesiskan adalah pernyataan yang ada pada rumusan masalah. Apakah deskriptif apakah analitik.Prosedur Penelitian ‚ Merumuskan Hipotesis  Hipotesis merupakan pernyataan atau anggapan yang sifatnya sementara tentang fenomena yang akan diselidiki. Berguna untuk membantu peneliti menuntun jalan pikirannya agar mencapai hasil penelitiannya. .

 Setelah data dikumpulkan selanjutnya diolah sehingga informasi yang tersaji lebih mudah diinterpretasikan dan dianalisis lebih lanjut.Prosedur Penelitian ‚ Mengumpulkan Data ‚ Mengolah dan Menyajikan Informasi  Data harus dicari dengan teknik yang sesuai. grafik dan nilai statistik. seperti menggunaan analisis statistik SPSS. misalnya dalam bentuk tabel. ‚ Menganalisis dan Menginterpretasikan  Selanjutnya hasil olahan tersebut dianalisis lebih lanjut dengan menggunakan alat-alat analisis yang sesuai agar dapat dihasilkan kajian yang cukup tajam. . mendalam dan luas.

Prosedur Penelitian ‚ Membuat Kesimpulan  Pada tahap ini peneliti membuat kesimpulan yang sesuai dengan hipotesis yang diajukan. Saran disajikan pula karena penelitian mempunyai keterbatasan-keterbatasan atau asumsi-asumsi. ‚ Membuat Laporan .

.

.

Contoh 1. . Kejadian kanker leher rahim pada wanita dewasa masih cukup tinggi.

Tinjauan Pustaka dan Teori genetik perilaku Kejadian Ca Cerviks Pelayanan kesehatan lingkungan .

Menyusun Hipotesis (Jika Penelitian analitik) Rumusan Masalah: Apakah ada hubungan perilaku menjaga kebersihan daerah kewanitaan dengan kejadian ca cerviks? .

Tinjauan Pustaka dan Teori genetik Teori Derajat Kesehatan Teori Perilaku Sikap perilaku Kejadian Ca Cerviks Pelayanan kesehatan Pengetahu an lingkungan .

Menyusun Hipotesis (Jika Penelitian analitik) Rumusan masalah: Apakah ada hubungan pengetahuan tentang pemeriksaan payudara sendiri dengan kejadian ca cerviks? .

Jika penelitian deskriptif ‡ Rumusan masalah: ‡ Bagaimana gambaran tingkat pengetahuan remaja putri tentang pemeriksaan payudara sendiri? ‡ Bagaimanakan gambaran tingkat .

A ti j i. i izi b r i r l si .MASALAH Contoh 1.

Masalah Gizi Penyebab Langsung Penyebab Tidak Langsung Makanan Yg Kurang Penyakit Ketahanan Pangan keluarga Pola Pengasuhan Anak Pelayanan Kesehatan Kesehatan Lingkungan .

Menyusun Hipotesis (Jika Penelitian analitik) Rumusan masalah: Apakah ada hubungan pola pengasuhan anak dengan gangguan gizi. .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful