INTERAKSI SOSIAL

ARIEZA PUTRI DEA ESA AYU MAHABELLA KHOIRUNNISA MIRZA GILSTARI RAHMADANI YULIA YASMIN

KONSEP DASAR INTERAKSI SOSIAL

DEFINISI

SYARAT: ‡ KONTRAK SOSIAL ‡ KOMUNIKASI

CIRI-CIRI

maupun antara perorangan dengan kelompok.  Contoh : ketika dua orang saling bertemu dan kemudian mereka saling berjabat tangan dan berbicara. . kelompok denhan kelompok manusia.DEFINISI  Interaksi sosial adalah hubungan-hubungan yang dinamis antara orang-perorangan.

CIRI-CIRI : ‡ ‡ ‡ ‡ Adanya 2 orang pelaku atau lebih Adanya hubungan timbal balik antarpelaku Adanya tujuan dari masing-masing pelaku Adanya dimensi waktu yang menentukan sifat hubungan timbal balik yang sedang berlangsung .

Komunikasi .Kontak sosial .SYARAT TERJADINYA INTERAKSI SOSIAL ‡ Menurut Soerjono Soekanto dalam bukunya yang berjudul Sosiologi Suatu Pengantar .

. berkelahi) ‡ Bersifat sekunder bila melakukan hubungan dengan pihak lain tanpa menyentuhnya (suratmenyurat .Kontak sosial ‡ Adalah tahap pertama terjadinya interaksi sosial ‡ Bersifat positif bila mengarah pada terjadinya kerja sama ‡ Bersifat negatif bila mengarah pada suatu pertentangan ‡ Bersifat primer apabila pihak yang mengadakan hubungan langsung bertemu (bersalaman.

. Media (alat penyampaian informasi) 5.Komunikasi ‡ Adalah tafsiran yang diberikan seseorang terhadap perilaku orang lain sehingga terjadi aksi dan reaksi ‡ Lima unsur pokok komunikasi : 1. Komunikan (mendapat pesan) 3. Komunikator (menyampaikan pesan) 2. Pesan (sesuatu yang disampaikan komunikator) 4. Efek (perubahan setelah menerima pesan) .

FAKTOR-FAKTOR PENDORONG ATURAN TAHAPAN PENDEKATAN DAN PERENGGANGAN HUBUNGAN SUMBER INFORMASI YANG MENDASARI . DAN TAHAPAN PENDEKATAN SERTA PERENGGANGAN HUBUNGAN DALAM INTERAKSI SOSIAL.FAKTOR-FAKTOR PENDORONG. ATURAN. SUMBER INFORMASI.

Faktor pendorong interaksi sosial ‡ Imitasi : proses sosial untuk meniru apa saja yang dimiliki orang lain ‡ Sugesti : pengaruh yang diberikan kepada seseorang.. Karena otoritas ‡ Identifikasi : keinginan dalam individu agar sama dengan orang lain . Karena hambatan berfikir B. Karena disosiasi C. Macam : A.

‡ Simpati : tertariknya seseorang kepada orang lain karena sikap dan perilaku ‡ Empati : simpati yang mendalam sampai dapat mempengaruhi jiwa dan fisik seseorang ‡ Motivasi : dorongan yang diberikan kepada orang lain sehingga dapat melaksanakan apa yang diharapkan oleh pemberi motivasi .

Jarak intim : berlangsung pada jarak 0-45 cm 2.. Macam : 1.66 m 4. Jarak pribadi : berlangsung pada jarak 45 cm1.The rule of social interaction ‡ mengenai ruang dikemukakan Edward T. Jarak publik : berlangsung diatas 3.22 m 3. Jarak sosial : berlangsung pada jarak 1.66 m .22 m3. Hall (1982).

The rule of time ‡ Contoh : Masyarakat yang kurang disiplin cenderung tidak memiliki orientasi waktu yang biasa (jam karet) .. Contoh : menganggukkan kepala .The rule of body movement ‡ manusia mengenal bahasa non verbal sebagai media komunikasi yaitu penggunaan gerak tubuh.

.The information resource that undergrid are: A. namun dengan teman sebaya menggunakan bahasa ngoko . Age masyarakat jawa. skin colour Ketidak mauan warga kulit putih berinteraksi dengan warga kulit hitam di Afrika Selatan B.Based on Karl and Yoels . untuk menghormati orang yang lebih tua menggunakan bahasa kromo dalam interaksi.

Physical appearance orang akan melihat penampilan fisik sebagai hal pertama dalam interaksi sosial F. discourse Melalui pembicaraan kita dapat mengetahui informasi tentang seseorang . Body shape cenderung menganggap terdapat keterkaitan antara bentuk tubuh dengan sifat seseorang E. sex D.C. cloth pakaian mencerminkan karakter dan status sosial orang yang memakainya G.

menjajaki. menghindari.phenomenological phase and relation of estrange ‡ Tahap yang mendekatkan : tahap memulai.. dll. dll. meningkatkan. . ‡ Tahap yang merenggangkan : tahap membatasi. memutuskan.

STATUS SOSIAL macam-macam : 1. character and interaction between individu and social interaction .STATUS. Dicapai seseorang dengan disengaja dan sangat tergantung pada kemampuan seseorang dalam mencapai tujuannya 3. Dicapai dengan sendirinya tanpa memerhatikan aspek rohaniah dan kemampuan 2. Dicapai seseorang karena pemberian orang atau lembaga lain karena pretasasi yang ia peroleh .

.Social character perilaku yang diharapkan oleh pihak lain dalam menjalankan hak dan kewajiban sesuai dengan status yang dimilikinya .

Assimilation : ditandai dengan adanya usaha setiap pihak dalam menekan atau mengurangi perbedaan yang ada . antara kelompok dengan kelompok dengan maksud menguranagi kekacauan 3. coorperation: timbul apabila menyadari bahwa mereka mempunyai kepentingan yang sama. accomodation : proses penyesuaian antara individu dengan individu. Asosiatif Procces 1. 2.The form of action interaction a.

4. Acculturation : proses berpadunya dua kebudayaan yang berbeda untuk membentuk suatu kebudayaan baru dengan tidak menghilangkan ciri kepribadian masingmasing b. . Disosiatif Procces 1. competition : proses sosial antara individu maupun antar kelompok yang saling berlomba untuk mengejar suatu nilai agar lebih baik.

contraversi : bentuk proses sosial yang disebabkan oleh adanya gejala ketidakpastian cara berfikir seseorang.2. . conflict : bentuk proses sosial yang terjadi apabila seseorang atau kelompok merasa dirugikan oleh pihak lain. 3.

constancy 4. ‡ The elements of social orderliness: 1. Order 3. Pattern .The relationship between social orderliness and social interaction ‡ keteraturan sosial tidak akan tercipta tanpa adanya interaksi sosial yang selaras dan serasi dengan nilai-nilai dan norma-noram sosial yang ada. social order 2.

Social interaction and dynamics of social life ‡ ‡ ‡ ‡ Individu dengan kehidupan sosial Masyarakat terasing dengan kehiidupan sosial Desa dengan kehidupan sosial Kota dengan kehidupan sosial .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful