ANALISIS STANDAR KOMPETENSI, KOMPETENSI DASAR MATAPELAJARAN PKN KELAS IV SEMESTER I

Standar Kompetensi : 1. Memahami sistem pemerintah desa dan pemerintah kecamatan Program I Kompetensi Dasar 1.1 Mengenal lembaga lembaga dalam susunan Pemerintahan desa dan pemerintah kecamatan

Indikator 1.1.1 Siswa dapat menyebutkan lembagalembaga dalam susunan pemerintahan desa, kelurahan, dan kecamatan
• •

Tujuan Pembelajaran Dengan mengunjungi kantor kepala desa siswa dapat menyebutkan lembaga-lembaga dalam susunan pemerintahan desa dengan benar. Dengan membaca buku sumber hal 8-10 siswa dapat menyebutkan lembaga-lembaga dalam susunan pemerintahan kelurahan dengan benar. dapat menyebutkan lembaga-lembaga dalam susunan pemerintahan kecamatan dengan benar.

Materi Pokok Lembagalembaga dalam susunan pemerintahan desa dan kecamatan

Sumber Belajar Prayoga dan Ati. 2008. PKN Menjadi Warga Negara yang Baik Kelas IV. Jakarta: Depdiknas Lingkungan

Alokasi Waktu 2 X 35 menit

Dengan membaca buku sumber hal 11-13 siswa pemerintah

Dengan mengkaji materi yang sudah dipelajari tentang lembaga-lembaga dalam susunan pemerintahan desa, kelurahan, dan kecamatan siswa dapat melaporkan lembaga-lembaga dalam susunan pemerintahan desa, kelurahan,

Program

Kompetensi Dasar

Indikator

Tujuan Pembelajaran dan kecamatan dengan benar. • Dengan menggunakan laporan tentang sistem pemerintahan desa, kelurahan, dan kecamatan siswa dapat membuat bagan tentang sistem pemerintahan desa, kelurahan, dan kecamatan dengan benar.

Materi Pokok

Sumber Belajar

Alokasi Waktu

Dengan mengklasifikasikan bagan sistem pemerintahan desa, kelurahan, dan kecamatan secara berkelompok siswa dapat menguraikan perangkat pada masing-masing lembaga dalam sistem pemerintahan desa, kelurahan, dan kecamatan dengan benar.

Dengan melihat kembali materi yang sudah dipelajari siswa dapat menuliskan lembagalembaga dalam pemerintahan desa, kelurahan,

II

1.1 Mengenal lembaga lembaga dalam susunan

1.1.2 Siswa dapat mengidentifikasi fungsi lembaga-lembaga dalam susunan pemerintahan

dan kecamatan dengan benar • Dengan mewawancarai petugas desa siswa dapat mengidentifikasi fungsi lembagalembaga dalam susunan pemerintahan desa dengan benar.

Lembagalembaga dalam susunan

Prayoga dan Ati. 2008. PKN Menjadi Warga

2 X 35 menit

kelurahan. kelurahan. • Dengan mendengarkan penjelasan dari berbagai kelompok mengenai fungsi lembagalembaga dalam susunan pemerintahan desa. dan kecamatan dengan benar. dan kecamatan • Pokok Dengan membaca buku sumber hal 15-21 siswa pemerintahan dapat mengidentifikasi fungsi lembagalembaga dalam susunan pemerintahan kelurahan dan kecamatan dengan benar. dan kecamatan dengan benar. dan kecamatan siswa dapat menjelaskan fungsi lembaga-lembaga dalam susunan pemerintahan desa. kelurahan. kelurahan. • Dengan mengerjakan buku sumber hal 24 siswa dapat memecahkan masalah yang berhubungan dengan fungsi lembaga-lembaga dalam susunan . dan kecamatan siswa dapat menghubungkan fungsi antar lembaga dalam susunan pemerintahan desa. desa dan pemerintah kecamatan Tujuan Pembelajaran Materi Sumber Belajar Negara yang Baik Kelas IV.Program Kompetensi Dasar Pemerintahan desa dan pemerintah kecamatan Indikator desa. Jakarta: Depdiknas Lingkungan Alokasi Waktu • Dengan berdiskusi kelompok mengenai fungsi lembaga-lembaga dalam susunan pemerintahan desa. kelurahan.

dan kecamatan dengan benar III 1.1 Mengenal lembaga lembaga dalam susunan Pemerintahan desa dan pemerintah kecamatan 1. dan kecamatan • Lembagalembaga dalam susunan pemerintahan desa dan pemerintah kecamatan Prayoga dan Ati. kelurahan. kelurahan. siswa dapat menyajikan ciri khas dari masing-masing lembaga dalam susunan pemerintahan desa. • Materi Pokok Sumber Belajar Alokasi Waktu Dengan berdiskusi kelompok mengenai fungsi lembaga-lembaga dalam susunan pemerintahan desa. dan kecamatan. kelurahan. Dengan merespon apersepsi yang diberikan guru mengenai fungsi lembaga-lembaga dalam sistem pemerintahan desa. dan kecamatan siswa dapat mengingat kembali fungsi lembaga-lembaga dalam sistem pemerintahan desa.1.Program Kompetensi Dasar Indikator Tujuan Pembelajaran pemerintahan desa. kelurahan. dan kecamatan minimal 80% benar. kelurahan. Jakarta: Depdiknas 2 X 35 menit • Dengan berdiskusi kelompok tentang lembaga – lembaga dalam susunan pemerintahan desa. kelurahan.3 Siswa dapat membandingkan antara lembaga – lembaga dalam susunan pemerintahan desa. PKN Menjadi Warga Negara yang Baik Kelas IV. dan kecamatan dengan benar . dan kecamatan siswa dapat menyimpulkan funsi dari masing-masing lembaga dengan benar. 2008. kelurahan.

dengan benar • Dengan merespon apersepsi yang diberikan guru mengenai lembaga-lembaga dalam sistem pemerintahan desa. 2008.1 Mengenal lembaga lembaga dalam 1. kelurahan. • Materi Pokok Sumber Belajar Alokasi Waktu Dengan menemukan perbedaan antara lembaga – lembaga dalam susunan pemerintahan desa.4 Siswa dapat menjelaskan pengertian sistem pemerintahan desa. dan kecamatan Lembagalembaga dalam Prayoga dan Ati. dan kecamatan siswa dapat menemukan perbedaan antara lembaga – lembaga dalam susunan pemerintahan desa. kelurahan. kelurahan. kelurahan. kelurahan. PKN Menjadi 2 X 35 menit .Program Kompetensi Dasar Indikator • Tujuan Pembelajaran Dengan membandingkan ciri khas dari masingmasing lembaga dalam sistem pemerintahan desa. kelurahan. dan kecamatan IV 1.1. dan kecamatan dengan benar. dan kecamatan siswa dapat mengklasifikasikan perbedaan antara lembaga – lembaga dalam susunan pemerintahan desa. dan kecamatandengan benar • Dengan membaca materi yang sudah dipelajari siswa dapat menyimpulkan perbedaan antara lembaga – lembaga dalam susunan pemerintahan desa.

Program Kompetensi Dasar susunan Pemerintahan desa dan pemerintah kecamatan Indikator kelurahan. Jakarta: Depdiknas Alokasi Waktu Dengan berdiskusi kelompok mengenai sistem pemerintahan desa siswa dapat menafsirkan pengertian sistem pemerintahan desa dengan benar • Dengan berdiskusi kelompok mengenai sistem pemerintahan kelurahan siswa dapat menafsirkan pengertian sistem pemerintahan kelurahan dengan benar • Dengan berdiskusi kelompok mengenai sistem pemerintahan kecamatan siswa dapat menafsirkan pengertian sistem pemerintahan kecamatan dengan benar • Dengan menganalisis berbagai pendapat antar anggota dalam kelompok mengenai penafsiran pengertian sistem pemerintahan desa. dan kecamatan Tujuan Pembelajaran siswa dapat mengingat kembali perbedaan lembaga-lembaga dalam sistem pemerintahan desa. kelurahan. dan kecamatan siswa dapat menggeneralisasikan pengertian sistem . dan kecamatan dengan benar • Materi Pokok susunan pemerintahan desa dan pemerintah kecamatan Sumber Belajar Warga Negara yang Baik Kelas IV. kelurahan.

dan kecamatan dengan benar organisasi desa dan kecamatan V 1. kelurahan. dan kecamatan dengan benar. Jakarta: Depdiknas Media bagan struktur organisasi 2 X 35 menit • Dengan melihat media mengenai bagan struktur organisasi desa. kelurahan. kelurahan. dan kecamatan siswa dapat menggambarkan mengenai bagan struktur organisasi desa. kelurahan. Dengan melihat media mengenai bagan struktur Struktur organisasi desa. • Dengan melihat media mengenai bagan struktur organisasi desa. dan kecamatan siswa dapat menyimpulkan pengetian sistem pemerintahan desa. kelurahan.Program Kompetensi Dasar Indikator Tujuan Pembelajaran pemerintahan desa. kelurahan. kelurahan. kelurahan. dan kecamatan siswa dapat mengidentifikasi struktur organisasi desa. kelurahan. dan kecamatan .1 Siswa dapat menuliskan struktur organisasi desa. • Materi Pokok Sumber Belajar Alokasi Waktu Dengan mendengarkan penjelasan dari masingmasing kelompok mengenai pengertian sistem pemerintahan desa.2 Menggambarkan struktur organisasi desa dan Pemerintahan kecamatan 1. dan kecamatan • Prayoga dan Ati. dan kecamatan dengan benar. dan kecamatan dengan benar. PKN Menjadi Warga Negara yang Baik Kelas IV. 2008.2.

dan kecamatan dengan benar. kelurahan. dan kecamatan siswa dapat menuliskan struktur organisasi VI 1. dan kecamatan dengan benar Dengan berdiskusi kelompok tentang struktur organisasi pemerintah desa. kelurahan. dan kecamatan dengan benar.2.2 Siswa dapat membedakan struktur organisasi pemerintah desa. dan kecamatan dengan benar Dengan merespon apersepsi yang diberikan guru mengenai struktur organisasi desa. Jakarta: Depdiknas 2 X 35 menit . kelurahan. kelurahan. kelurahan. kelurahan. kelurahan. • Dengan melihat bagan mengenai struktur organisasi desa. 2008. dan kecamatan Alokasi Waktu Dengan diskusi kelompok mengenai bagan struktur organisasi desa. dan kecamatan siswa dapat menghubungkan struktur organisasi antara desa. dan Struktur organisasi desa dan kecamatan Prayoga dan Ati. • Materi Pokok Sumber Belajar desa. kelurahan.Program Kompetensi Dasar Indikator Tujuan Pembelajaran siswa dapat membuat bagan mengenai struktur organisasi desa.2 Menggambarkan struktur organisasi desa dan Pemerintahan kecamatan • 1. dan kecamatan siswa dapat mengingat kembali struktur organisasi pemerintah desa. kelurahan. kelurahan. dan kecamatan • desa. PKN Menjadi Warga Negara yang Baik Kelas IV.

Program Kompetensi Dasar Indikator Tujuan Pembelajaran kecamatan siswa dapat menyajikan ciri khas dari masing-masing struktur organisasi pemerintah desa. dan kecamatan . dan kecamatan siswa dapat menemukan perbedaan antara struktur organisasi pemerintah desa. kelurahan. dan kecamatan dengan benar • Dengan menganalisis materi yang sudah dipelajari siswa dapat menyimpulkan perbedaan antara struktur organisasi pemerintah desa. • Dengan menemukan perbedaan antara struktur organisasi pemerintah desa. kelurahan. dan kecamatan dengan benar. kelurahan. dan kecamatan dengan benar • Materi Pokok Sumber Belajar Alokasi Waktu Dengan membandingkan ciri khas dari masingmasing struktur organisasi pemerintah desa. kelurahan. kelurahan. kelurahan. dan kecamatan siswa dapat mengklasifikasikan perbedaan antara struktur organisasi pemerintah desa.

Program Kompetensi Dasar Indikator Tujuan Pembelajaran dengan benar Materi Pokok Sumber Belajar Alokasi Waktu .

• pemerintahan kabupaten provinsi Dengan membaca buku sumber hal 31-32 siswa kota dan Dengan menggunakan laporan tentang sistem pemerintahan kabupaten. dan provinsi Program VII Kompetensi Dasar 2. dapat menyebutkan lembaga-lembaga dalam susunan pemerintahan provinsi dengan benar. kota. dan provinsi • • Indikator 2. dan provinsi siswa dapat melaporkan lembaga-lembaga dalam susunan pemerintahan kabupaten. PKN Menjadi Warga Negara yang Baik Kelas IV. Memahami sistem pemerintahan kabupaten.Standar Kompetensi : 2. dan provinsi . kota.1 Siswa dapat menyebutkan lembaga lembaga dalam susunan pemerintahan kabupaten. Jakarta: Depdiknas Alokasi Waktu 2 X 35 menit lembaga susunan pemerintahan kabupaten dengan benar. 2008. dalam Dengan membaca buku sumber hal 29-30 siswa susunan dapat menyebutkan lembaga-lembaga dalam susunan pemerintahan kota dengan benar. dan provinsi Pokok • Dengan membaca buku sumber hal 28-29 siswa Lembagadapat menyebutkan lembaga-lembaga dalam • Tujuan Pembelajaran Materi Sumber Belajar Prayoga dan Ati.1. kota. kota. Dengan mengkaji materi yang sudah dipelajari tentang lembaga-lembaga dalam susunan pemerintahan kabupaten. kota.1 Mengenal Lembaga – lembaga dalam susunan pemerintahan kabupaten. kota. dan provinsi dengan benar. dan provinsi siswa dapat membuat bagan tentang sistem pemerintahan kabupaten. kota.

PKN Menjadi Warga Negara yang Baik Kelas IV.1. VIII 2. dan provinsi dan provinsi dengan benar • Dengan menganalisis media mengenai fungsi lembaga-lembaga dalam susunan pemerintahan kabupaten siswa dapat mengidentifikasi fungsi lembaga-lembaga dalam susunan pemerintahan kabupaten dengan benar. kota.1 Mengenal Lembaga – lembaga dalam susunan pemerintahan kabupaten. • Dengan melihat kembali materi yang sudah dipelajari siswa dapat menuliskan lembagalembaga dalam pemerintahan kabupaten. kota. Jakarta: Depdiknas 2 X 35 menit • Dengan membaca buku sumber hal 35-39 siswa kabupaten . dan provinsi 2. dan provinsi secara berkelompok siswa dapat menguraikan perangkat pada masing-masing lembaga dalam pemerintahan kabupaten. • Materi Pokok Sumber Belajar Alokasi Waktu Dengan mengklasifikasikan bagan sistem pemerintahan kabupaten.Program Kompetensi Dasar Indikator Tujuan Pembelajaran dengan benar. kota. 2008. kota. Lembagalembaga dalam susunan pemerintahan kota dan provinsi Prayoga dan Ati. dapat mengidentifikasi fungsi lembagalembaga dalam susunan pemerintahan kota dan provinsi dengan benar. dan provinsi dengan benar. kota.2 Siswa dapat mengidentifikasi fungsi lembaga-lembaga dalam susunan pemerintahan kabupaten.

kota. dan provinsi siswa dapat menjelaskan fungsi lembaga-lembaga dalam susunan pemerintahan kabupaten.Program Kompetensi Dasar Indikator Tujuan Pembelajaran • Dengan berdiskusi kelompok mengenai fungsi lembaga-lembaga dalam susunan pemerintahan kabupaten. dan provinsi dengan benar. • Dengan mengerjakan buku sumber hal 40 siswa dapat memecahkan masalah yang berhubungan dengan fungsi lembaga-lembaga dalam susunan pemerintahan kabupaten. kota. dan provinsi siswa dapat menghubungkan fungsi antar lembaga dalam susunan pemerintahan kabupaten. kota. • Dengan berdiskusi kelompok mengenai fungsi lembaga-lembaga dalam susunan pemerintahan Materi Pokok Sumber Belajar Gambar peta konsep fungsi lembaga kabupaten Alokasi Waktu . dan provinsi minimal 80% benar. • Dengan mendengarkan penjelasan dari berbagai kelompok mengenai fungsi lembagalembaga dalam susunan pemerintahan kabupaten. kota. dan provinsi dengan benar. kota.

dan provinsi siswa dapat mengingat kembali fungsi lembaga-lembaga dalam sistem pemerintahan kabupaten. dan provinsi siswa dapat menyimpulkan fungsi dari masing-masing lembaga dengan benar.1 Mengenal Lembaga – lembaga dalam susunan pemerintahan kabupaten. 2008. dan provinsi Lembagalembaga dalam susunan pemerintahan kabupaten kota dan provinsi Prayoga dan Ati. kota. dan provinsi siswa dapat menemukan perbedaan antara lembaga – lembaga dalam susunan pemerintahan Materi Pokok Sumber Belajar Alokasi Waktu IX 2. dan provinsi siswa dapat menyajikan ciri khas dari masing-masing lembaga dalam susunan pemerintahan kabupaten. Jakarta: Depdiknas 2 X 35 menit . kota. • Dengan merespon apersepsi yang diberikan guru mengenai fungsi lembaga-lembaga dalam sistem pemerintahan kabupaten. kota. kota. dan provinsi dengan benar • Dengan berdiskusi kelompok tentang lembaga – lembaga dalam susunan pemerintahan kabupaten. kota. dan provinsi dengan benar • Dengan membandingkan ciri khas dari masingmasing lembaga dalam sistem pemerintahan kabupaten.1. kota.Program Kompetensi Dasar Indikator Tujuan Pembelajaran kabupaten. kota. PKN Menjadi Warga Negara yang Baik Kelas IV.3 Siswa dapat membandingkan antara lembaga – lembaga dalam susunan pemerintahan kabupaten. dan provinsi 2. kota.

dan provinsi dengan benar. kota. • Dengan menemukan perbedaan antara lembaga – lembaga dalam susunan pemerintahan kabupaten. 2008. dan provinsi dengan benar • Dengan berdiskusi kelompok mengenai sistem pemerintahan kabupaten siswa dapat Materi Pokok Sumber Belajar Alokasi Waktu X 2. dan provinsi siswa dapat mengklasifikasikan perbedaan antara lembaga – lembaga dalam susunan pemerintahan kabupaten.1. dan provinsi dengan benar • Dengan merespon apersepsi yang diberikan guru mengenai lembaga-lembaga dalam sistem pemerintahan kabupaten.4 Siswa dapat menjelaskan pengertian sistem pemerintahan kabupaten. kota. PKN Menjadi Warga Negara yang Baik Kelas IV. kota. dan provinsi 2. kota. dan provinsi dengan benar • Dengan membaca materi yang sudah dipelajari siswa dapat menyimpulkan perbedaan antara lembaga – lembaga dalam susunan pemerintahan kabupaten. dan provinsi siswa dapat mengingat kembali perbedaan lembaga-lembaga dalam sistem pemerintahan kabupaten. kota.1 Mengenal Lembaga – lembaga dalam susunan pemerintahan kabupaten. dan provinsi Lembagalembaga dalam susunan pemerintahan kabupaten kota dan provinsi Prayoga dan Ati. kota.Program Kompetensi Dasar Indikator Tujuan Pembelajaran kabupaten. kota. kota. Jakarta: 2 X 35 menit .

dan provinsi dengan benar. • Dengan mendengarkan penjelasan dari masingmasing kelompok mengenai pengertian sistem pemerintahan kabupaten. kota.Program Kompetensi Dasar Indikator Tujuan Pembelajaran menafsirkan pengertian sistem pemerintahan kabupaten dengan benar • Dengan berdiskusi kelompok mengenai sistem pemerintahan kota siswa dapat menafsirkan pengertian sistem pemerintahan kota dengan benar • Dengan berdiskusi kelompok mengenai sistem pemerintahan provinsi siswa dapat menafsirkan pengertian sistem pemerintahan provinsi dengan benar • Dengan menganalisis berbagai pendapat antar anggota dalam kelompok mengenai penafsiran pengertian sistem pemerintahan kabupaten. dan provinsi siswa dapat menggeneralisasikan pengertian sistem pemerintahan kabupaten. kota. kota. dan provinsi Materi Pokok Sumber Belajar Depdiknas Alokasi Waktu .

dan provinsi dengan benar.2. kota. dan provinsi Materi Pokok Sumber Belajar Alokasi Waktu XI 2. kota. dan provinsi dengan benar organisasi kabupaten. kota. PKN Menjadi Warga Negara yang Baik Kelas IV. Jakarta: Depdiknas Media bagan struktur organisasi kabupaten. dan provinsi 2 X 35 menit • Dengan melihat media mengenai bagan struktur provinsi . kota. dan provinsi 2. dan provinsi siswa dapat menggambarkan mengenai bagan struktur organisasi kabupaten. kota dan Prayoga dan Ati. dan provinsi dengan benar. dan provinsi dengan benar. kota.1 Siswa dapat menuliskan struktur organisasi kabupaten. • Dengan melihat media mengenai bagan struktur Struktur organisasi kabupaten. dan provinsi siswa dapat membuat bagan mengenai struktur organisasi kabupaten. kota.2 Menggambarkan struktur organisasi kabupaten. dan provinsi siswa dapat menghubungkan struktur organisasi kabupaten. • Dengan diskusi kelompok mengenai bagan struktur organisasi kabupaten. kota.Program Kompetensi Dasar Indikator Tujuan Pembelajaran siswa dapat menyimpulkan pengetian sistem pemerintahan kabupaten. kota. 2008. kota. dan provinsi siswa dapat mengidentifikasi struktur organisasi kabupaten. kota. kota. • Dengan melihat media mengenai bagan struktur organisasi kabupaten.

kota.2 Siswa dapat membedakan struktur organisasi kabupaten. dan provinsi Struktur organisasi kabupaten. dan provinsi dengan benar • Dengan berdiskusi kelompok tentang struktur organisasi pemerintah kabupaten.2. dan provinsi siswa dapat mengingat kembali struktur organisasi pemerintah kabupaten. PKN Menjadi Warga Negara yang Baik Kelas IV. kota. dan provinsi dengan benar • Dengan merespon apersepsi yang diberikan guru mengenai struktur organisasi kabupaten. dan provinsi dengan benar • Dengan membandingkan ciri khas dari masingmasing struktur organisasi pemerintah kabupaten. • Dengan melihat bagan mengenai struktur organisasi kabupaten. kota.Program Kompetensi Dasar Indikator Tujuan Pembelajaran organisasi antara kabupaten. kota. dan provinsi siswa dapat menuliskan struktur organisasi kabupaten. dan provinsi dengan benar. kota. kota. kota. dan provinsi siswa dapat menyajikan ciri khas dari masing-masing struktur organisasi pemerintah kabupaten. kota dan provinsi Prayoga dan Ati. 2008. kota. dan provinsi siswa dapat menemukan perbedaan antara struktur Materi Pokok Sumber Belajar Alokasi Waktu XII 2. kota. kota. dan provinsi 2.2 Menggambarkan struktur organisasi kabupaten. Jakarta: Depdiknas 2 X 35 menit .

dan provinsi dengan benar. kota. dan provinsi dengan benar Materi Pokok Sumber Belajar Alokasi Waktu .Program Kompetensi Dasar Indikator Tujuan Pembelajaran organisasi pemerintah kabupaten. dan provinsi dengan benar • Dengan menganalisis materi yang sudah dipelajari siswa dapat menyimpulkan perbedaan antara struktur organisasi pemerintah kabupaten. kota. • Dengan menemukan perbedaan antara struktur organisasi pemerintah kabupaten. kota. dan provinsi siswa dapat mengklasifikasikan perbedaan antara struktur organisasi pemerintah kabupaten. kota.

Aditya Pamungkas Prahara 2. Syafi’ati Nugrahayu 100151405900 100151405845 100151405939 100151405893 UNIVERSITAS NEGERI MALANG FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN JURUSAN KSDP PRODI S1 PGSD UPP III BLITAR September 2010 .ANALISIS STANDAR KOMPETENSI. KOMPETENSI DASAR MATA PELAJARAN PKN KELAS IV SEMESTER I Untuk Pengembangan Bahan Ajar Berprogram Disusun untuk memenuhi tugas matakuliah Pengembangan Bahan Ajar Yang dibina oleh Dra. M. Lina Rianingrum 4. Bagus Ari Nugroho 3.Wasih DS.Pd Oleh: Kelas G Kelompok J 1.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful