Usaha dan Energi

Untuk SMA kelas XI
(Modul ini telah disesuaikan dengan KTSP)

Lisensi Dokumen:
Copyright © 2008 GuruMuda.Com Seluruh dokumen di GuruMuda.Com dapat digunakan dan disebarkan secara bebas untuk tujuan bukan komersial (nonprofit), dengan syarat tidak menghapus atau merubah atribut penulis dan pernyataan copyright yang disertakan dalam setiap dokumen. Tidak diperbolehkan melakukan penulisan ulang, kecuali mendapatkan ijin terlebih dahulu dari GuruMuda.Com.

Penulis
Alexander San Lohat (San) Saya berasal dari Waienga, Lembata – Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT). Saat ini kuliah pada Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. Saya mendirikan GuruMuda.Com, situs elearning fisika SMA – gratis. Aktiv sebagai penulis materi pelajaran fisika SMA, mengelola konsultasi tugas sekolah dan bimbingan belajar fisika online pada situs saya. Semua-nya gratis ☺ Email : gurumudaweb@gmail.com Website : GuruMuda.com Visit http://www.gurumuda.com – Gudang Ilmu Fisika Gratis

Menganalisis hubungan antara usaha dan energi kinetik d. Merumuskan bentuk hukum kekekalan energi mekanik Tujuan pembelajaran di atas merupakan tuntutan dari Depdiknas RI dalam KTSP. Kalau tidak bisa. Selamat Belajar ☺ Visit http://www. gaya dan perpindahan b.Materi Pembelajaran : Usaha dan Energi Tujuan Pembelajaran : Kompetensi Dasar : Menganalisis hubungan antara usaha. Menganalisis hubungan antara usaha dengan energi potensial e. kali ini Gurumuda membimbing dirimu untuk bisa mencapai tujuan pembelajaran di atas. Menghitung besar energi potensial (gravitasi dan pegas) dan energi kinetik c. Mendeskripsikan hubungan antara usaha.gurumuda. ntar dapat nilai merah :) alias tidak lulus. Nah. Jadi dirimu harus mencapai Kompetensi dasar dan Indikator tersebut. perubahan energi dengan hukum kekekalan energi mekanik Indikator : a.com – Gudang Ilmu Fisika Gratis .

F adalah gaya yang sejajar dengan perpindahan dan s adalah perpindahan. maka usaha yang dilakukan oleh gaya pada benda didefinisikan sebagai perkalian antara perpindahan dengan komponen gaya yang searah dengan perpindahan. digambarkan sebagai sesuatu yang dihasilkan oleh Gaya (F) ketika Gaya bekerja pada benda hingga benda bergerak dalam jarak tertentu. Komponen gaya yang searah dengan perpindahan adalah F cos θ . Hal yang paling sederhana adalah apabila Gaya (F) bernilai konstan (baik besar maupun arahnya) dan benda yang dikenai Gaya bergerak pada lintasan lurus dan searah dengan arah Gaya tersebut. Apabila gaya konstan tidak searah dengan perpindahan.Usaha dan Energi Usaha Usaha alias Kerja yang dilambangkan dengan huruf W (Work-bahasa inggris). Secara matematis dirumuskan sebagai berikut : Visit http://www.gurumuda.com – Gudang Ilmu Fisika Gratis . Secara matematis. Persamaan matematisnya adalah : W=Fs W adalah usaha alias kerja. Jika benda tidak bergerak maka gaya yang dikerjakan pada benda tersebut dikatakan tidak melakukan usaha. sebagaimana tampak pada gambar di bawah. usaha yang dilakukan oleh gaya yang konstan (konstan = tetap) didefinisikan sebagai hasil kali perpindahan dengan gaya yang sejajar dengan perpindahan.

. Energi potensial pada tiga contoh ini disebut energi potensial elastik.lb. Contoh lain adalah pegas yang ditekan atau diregangkan. Definisi yang sederhana ini sebenarnya kurang tepat untuk beberapa jenis energi (misalnya energi panas atau energi cahaya tidak dapat melakukan kerja).cm. Secara sederhana.7376 ft.m). Demikian juga busur yang ditarik oleh pemanah dapat menggerakan anak panah. Mari kita pelajari kedua jenis energi ini secara lebih mendalam. satuan usaha disebut erg. yang besarnya tetap alias kekal.. Pada kesempatan ini kita akan mempelajari dua jenis energi yang sebenarnya selalu kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Banyak sekali contoh energi potensial dalam kehidupan kita. Visit http://www. karena terdapat energi potensial pada busur yang diregangkan. yakni energi potensial dan energi kinetik translasi. usaha diukur dalam footpound (kaki-pon). Total kedua energi ini disebut energi mekanik. Dalam sistem British. 1 Joule = 107 erg = 0. Definisi tersebut hanya bersifat umum. Karet ketapel yang kita regangkan memiliki energi potensial. energi merupakan kemampuan melakukan usaha.gurumuda. tanpa energi kita tidak dapat melakukan kerja. menggunakan sistem CGS (Centimeter Gram Sekon). Satuan newton-meter juga biasa disebut Joule ( 1 Joule = 1 N.W = (F cos θ ) . Energi potensial dapat berubah bentuk menjadi energi kinetik dan sebaliknya energi kinetik juga bisa berubah bentuk menjadi energi potensial.com – Gudang Ilmu Fisika Gratis . 1 erg = 1 dyne. s = F. Karet ketapel dapat melontarkan batu karena adanya energi potensial pada karet yang diregangkan.s cos θ Satuan Usaha dalam Sistem Internasional (SI) adalah newton-meter. Secara umum. ENERGI POTENSIAL Energi potensial merupakan energi yang dihubungkan dengan gaya-gaya yang bergantung pada posisi atau wujud benda dan lingkungannya. Konsep yang sangat erat kaitannya dengan usaha adalah konsep energi. ENERGI Energi merupakan salah satu konsep yang paling penting dalam fisika.

Setiap benda yang memiliki energi potensial gravitasi dapat melakukan kerja apabila benda tersebut bergerak menuju permukaan bumi (misalnya buah mangga jatuh dari pohon). EP elestis berhubungan dengan benda-benda yang elastis.) atau di dalam pesawat). terdapat juga energi potensial gravitasi. Besarnya Energi Potensial Elastis dinyatakan dengan persamaan : EP = ½ kx2 Catatan : Tidak ada rumus umum untuk Energi Potensial.gurumuda.com Visit http://www. Berbeda dengan energi kinetik yang memiliki satu rumus umum. tampak bahwa makin tinggi (h) benda di atas permukaan tanah. Energi Potensial Gravitasi Energi potensial gravitasi sebuah benda merupakan hasil kali gaya berat benda (mg) dan ketinggiannya. Energi Potensial Elastis Sebagaimana dijelaskan pada bagian awal tulisan ini. Secara matematis ditulis : EP = mgh Berdasarkan persamaan ini. misalnya pegas.com – Gudang Ilmu Fisika Gratis . Demikian juga ketika anda berada pada ketinggian tertentu dari permukaan tanah (misalnya di atap rumah . EK = ½ mv2. Buah mangga yang lezat dan ranum memiliki energi potensial gravitasi ketika sedang menggelayut pada tangkainya. selain energi potensial gravitasi terdapat juga energi potensial elastis. makin besar EP yang dimiliki benda tersebut. Penjelasan sangat lengkap mengenai EP dan EK bisa dibaca di http://www. Energi potensial gravitasi dimiliki benda karena posisi relatifnya terhadap bumi.Selain energi potensial elastis.gurumuda.

Besarnya EK dinyatakan dengan persamaan : EK = ½ mv2 HUKUM KEKEKALAN ENERGI MEKANIK Gaya Konservatif : Secara umum. ketika benda bergerak. sebuah gaya bersifat konservatif apabila usaha yang dilakukan oleh gaya pada sebuah benda yang melakukan gerakan menempuh lintasan tertentu hingga kembali ke posisi awalnya sama dengan nol.. maka bisa dipastikan kendaraan akan digiring ke bengkel untuk diperbaiki. Setiap benda yang bergerak memberikan gaya pada benda lain dan memindahkannya sejauh jarak tertentu. karenanya dapat dikatakan memiliki energi. kita dapat menyimpulkan bahwa energi kinetik merupakan energi yang dimiliki benda karena gerakannya atau kecepatannya. maka kita akan tiba pada kesimpulan yang sangat sederhana dan menarik yang melibatkan energi. benda pasti memiliki kecepatan.gurumuda. Energi pada benda yang bergerak disebut energi kinetik. Benda yang bergerak memiliki kemampuan untuk melakukan kerja. Apabila hanya gaya-gaya konservatif yang bekerja pada sebuah sistem. Kerusakan akibat tabrakan terjadi karena kedua mobil yang pada mulanya bergerak melakukan usaha / kerja satu terhadap lainnya. Batu yang bergerak tersebut memiliki energi. Ketika dua buah kendaraan yang sedang bergerak saling bertabrakan.) Kendaraan beroda yang bergerak dengan laju tertentu di jalan raya juga memiliki energi kinetik. Dengan demikian. Jika diarahkan pada ayam tetangga maka kemungkinan besar ayam tersebut lemas tak berdaya akibat dihajar batu. Kata kinetik berasal dari bahasa yunani.. Pada contoh ini batu melakukan kerja pada ayam .com – Gudang Ilmu Fisika Gratis .. Sebuah gaya bersifat tak-konservatif apabila usaha yang dilakukan oleh gaya tersebut pada sebuah benda yang melakukan gerakan menempuh lintasan tertentu hingga kembali ke posisi semula tidak sama dengan nol. yang artinya ”gerak”.ENERGI KINETIK Setiap benda yang bergerak memiliki energi. Ketapel yang ditarik lalu dilepaskan sehingga batu yang berada di dalam ketapel meluncur dengan kecepatan tertentu. Visit http://www. kinetikos.

gurumuda.. 2001. Hugh D.gurumuda. & Freedman. P.. Douglas C. Roger A. Jakarta : Penerbit Erlangga Halliday dan Resnick. Jakarta : Penerbit Erlangga Visit http://www.1998. Jakarta : Penerbit Erlangga Tipler. Secara matematis kita tulis : EM1 = EM2 EP1 + EK1 = EP2 + EK2 mgh1 + ½ mv12 = mgh2 + ½ mv22 Catatan : Penjelasan sangat lengkap mengenai usaha dan energi bisa dibaca di http://www.. Fisika untuk Sains dan Teknik–Jilid I (terjemahan). Fisika Jilid I (terjemahan). Fisika Universitas (terjemahan).com Referensi : Giancoli.Hukum Kekekalan Energi Mekanik : Apabila tidak ada gaya tak-konservatif yang bekerja pada benda.com – Gudang Ilmu Fisika Gratis . 1991. maka Energi Mekanik benda pada posisi awal sama dengan Energi Mekanik benda pada posisi akhir. Jakarta : Penebit Erlangga Young. Terjemahan.A. Fisika Jilid I. 2002.

.gurumuda..com – Gudang Ilmu Fisika Gratis . Banyak teman2mu dari seluruh Indonesia sudah dan sedang mengikuti bimbel bersama gurumuda. Gabung yuk....com Visit http://www..gurumuda.. mudah dan asyik. nanti kita bahas soal bareng :) 100 % GRATIS Hanya di http://www.. Kita akan belajar fisika dengan cara yang benar.Pembahasan Soal Anda punya kesulitan dalam menyelesaikan soal fisika ? Nilai ulangan fisika hancur lebur ? Ikut bimbingan belajar fisika gratis online.

co.gurumuda.Ingin mendapatkan Uang melimpah dari internet ? Temukan 3 Langkah ampuh yang telah teruji dalam menghasilkan uang melimpah dari internet… Best Seller Hanya di http://www.cc Visit http://www.com – Gudang Ilmu Fisika Gratis .? Temukan solusinya di http://www.co.masgurumuda..cc Cara Jitu atasi kerusakan Handphone Ingin menjadi Teknisi Handphone dalam waktu singkat ? Atau anda ingin tahu berbagai macam jenis kerusakan HP secara umum dan bagaimana pula cara mengatasinya dengan cepat.masguru.