P. 1
Akuntansi Dan Lingkungannya

Akuntansi Dan Lingkungannya

|Views: 803|Likes:
Published by iznuwardi

More info:

Published by: iznuwardi on Oct 23, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/09/2011

pdf

text

original

TUGAS INDIVIDU DASAR-DASAR AKUNTANSI AKUNTANSI DAN LINGKUNGANNYA

Oleh : M. ADNAN

JURUSAN AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS GUNUNG RINJANI 2010

.] 2.AKUNTANSI DAN LINGKUNGANNYA Dewasa ini peranan akuntansi sebagai alat pembantu dalam pengambilan keputusan-keputusan ekonomi dan keuangan semakin disadari oleh para usahawan. deregulasi di bidang perbankan. Infomasi akuntasi yang dihasilkan adalah informasi tentang organisasi. oleh kreditur . dan perkembangan yang sangat pesat dalam pasar modal. dan penganalisaan data keuangan suatu organisas. Dari definisi ini dapat disimpulkan hal-hal sebagai berikut : 1. informasi akuntansi sangat penting dalam menyelenggarakan kegiatan perusahaan.yaitu orang yang diberi tugas untuk memimpin perusahaan) dan juga untuk pengambilan keputusan oleh pihak ekstern organisasi (oleh investor-yaitu orang yang menanamkan uangnya dalam perusahaan untuk mendapatkan laba. Informasi ini digunakan dalam pengambilan keputusan intern organisasi (oleh manajemen.yaitu orangorang yang memberi pinjaman kepada perusahaan dan pihak lainnya) Definisi Dari Sudut Proses Kegiatan apabila ditinjau dari sudut kegiatannya. DEFINISI AKUNTANSI Definisi Dari Sudut Pemakai Ditinjau dari sudut pemakainya. akuntansi dapat didefinisikan sebagai “suatu disiplin yang menyediakan informasi yang diperlukan untuk melaksanakan kegiatan secara efisien dan mengecaluasi kegiatan-kegiatan suatu organisasi. Beberapa kejadian penting yang erat kaitannya dengan perkembangan akuntansi adalah lahirnya undang-undang perpajakan yang baru. Akuntansi diselenggarakan dalam suatu organisasi (biasanya berupa organisasi perusahaan). akuntansi dapat didefinisikan sebagai proses pencatatan penggolongan peringkasan pelaporan.

Instansi pemerintah. Pemakai lainnya. manajer perusahaan menggunakan akuntansi untuk menyusun perencanaan perusahaannya. baik dari kalangan intern maupun dari luar organisasi yang menyelenggarakan akuntansi tersebut. Badan-badan pemerintah tertentu seperti pelayanan pajak atau badan pengembangan pasar modal. Manajer. yayasan atau lembaga-lembaga pendidikan juga membutuhkan informasi akuntansi seperti halnya organiasi yang bertujuan mencari laba.Akuntansi Dan Tata Buku Tata buku sebenarnya merupakan proses akuntansi. khususnya yang berkaitan dengan proses pencatatan. Akuntansi Sebagai Suatu Sistem Informasi Sebagai suatu sistem informasi. misalnya oleh organisasi buruh. . akuntansi diperulukan oleh berbagai piak. BIDANG-BIDANG AKUNTANSI Akuntansi Publik Pemeriksaan laporan keuangan (auditing) adalah bidang pekerjaan profesi akuntansi paling utama diberikan kepada publik (umum) Akuntansi Perpajakan adalah jasa akuntan publik yang banyak dibutuhkan masyarakat. Organisasi nirlaba. Konsultasi manajemen adalah pemberian jasa yang meliputi aspek yang luas. Organisasi-organisasi yang tidak bertujan mencari laba seperti organisasi keagamaan. Informasi akuntansi diperlukan juga oleh berbagai pihak lain untuk kepentingan-kepentingan tertentu. Kreditur. Kreditur hanya bersedia memberikan kredit kepada calon penerima kredit yang dipandang mampu mengembalikan bunga dan mengembalikan kredit tepat pada waktunya. dan melakukan tindakan-tindakan koreksi yang diperlukan Investor. mengevaluasi kemajuan yang dicapai dalam usahan mencapai tujuan. Para investor melakukan penanaman modal dalam perusahaan dengan tujuan untuk mendapat hasil yang sesuai dengan harapannya.

(5) penganilisisan data keuangan dari suatu organisasi BENTUK-BENTUK ORGANISASI PERUSAHAAN Dalam hal-hal tertentu prosedur akuntansi tergantung pada bentuk organisasi. Persekutuan adalah suatu organisasi perusahaan yang merupakan gabungan dari beberapa orang (lebih dari satu orang) pemilik untuk menyelenggarakan usaha dengan menggunakan nama bersama. . Perseroan adalah perusahaan yang modalnya terdiri atas saham-saham. Dalam definisi di atas disebutkan bahwa akuntansi merupakan suatu proses yang meliputi (1) pencatatan. Perancangan sistem informasi mengindentifikasikan kebutuhan informasi untuk kepentingan intern maupun ekstern.(2) penggolongan.Akuntansi Intern Akuntunsi Biaya. (3) peringakasan. Serta perencanaan yagn terinci untuk mencapai sasaran tersebut.Pemeriksaan intern adalah pemeriksaan yang dilakukan oleh akuntan intern perusahaan Akuntansi Keuangan adalah akuntansi yang bertujuan utama menghasilkan laporan keuangan untuk kepentingan pihak luar. Setiap pemegang saham adalah pemilik perusahaan yang tanggung jawabnya terbatas sebesar saham yang dimilikinya. Penganggaran menetapkan sasaran penjualan dan laba. Oleh karena itu sebelum mempelajari akuntansi perlu difahami dahulu tentang bentuk-bentuk organisasi perusahaan yang sering dijumpai dalam masyarakat yaitu : Perusahaan Perseorangan adalah perusahaan yang dimiliki oleh satu orang. Menganalisis biaya perusahaan untuk membantu manajemen dalam pengawasan biaya. Akuntansi manajemen adalah akuntansi yang bertujuan utama menghasilkan informasi untuk kepentingan manajemen. PROSES AKUNTANSI Laporan keuangan adalah hasil proses akuntansi. (4) pelaporan.

perusahaan membutuhkan sarana dan daa. Catatan dan laporan akuntansi harus didasarkan data yagn bisa dipercaya sebagai laporan yang menyajikan infomasi yang tepat dan berguna. . tiga aturan di antaranya. perusahaan berusaha untuk menghasilkan barang dan jasa yang akn dijual kepada konsumen dengan harga yang menguntungkan. Prinsip Obyektivitas. Untuk dapat melaksanakan kegiatan-kegiatan tersebut. TRANSAKSI KEUANGAN Sebagai organisasi yang bertujuan memperoleh laba.PRINSIP-PRINSIP AKUNTANSI Dari sekian banyak aturan yang terdapat dalam prinsi akuntansi indonesia. Keberhasilan perushaan untuk memperoleh laba yang diinginkan ditentukan oleh berbagai faktor yang saling berkaitan. Konsep Entitas. Prionsio cost atau prinsip biaya menetapkan bahwa harta atau jasa yang dibeli atau diperoleh harus dicatat atas dasar biaya yang sesungguhnya. Konsep yang paling mendasar di dalam akuntansi adalah entitas atau kesatuan usaha. Data yang bisa dipercaya adalah data yang diverifikasi (diperiksa kebenarannya) Prinsip Cost (biaya).

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->