Laporan Wawancara

Bersama: Metta Fenny Kosasih Tentang: Pekerjaan

Disusun oleh: Amedita Mitta Ayu (8B/4)

SMPK 4 PENABUR Kelapa Gading Jl. Hibrida Raya Blok QA. 3, Kelapa Gading Jakarta Utara

2. Ibu Fenny. Jakarta. Narasumber sekaligus Orangtua penulis yang telah meyediakan waktunya untuk diwawancarai. Diharapkan laporan ini dapat bermanfaat bagi pembaca untuk menambah wawasan-nya. atas gagasan dan dukungan yang mereka berikan. 3. Kakak dan Teman penulis. Orangtua. Penulis ingin mengucapkan terimakasih kepada pihak yang telah membantu penulis membuat Laporan ini. guru Bahasa Indonesia penulis yang telah membantu dan membimbing saya dalam pembuatan Laporan ini. Akhirnya. Laporan ini berisi wawancara penulis dengan ibu Fenny tentang pekerjaan-nya sehari-hari.KATA PENGANTAR Puji dan Syukur penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa karena hanya berkat rahmatNya Laporan ini dapat terselesaikan dengan baik dan tepat pada waktunya. yaitu: 1. penulis ingin meminta maaf atas kesalahan yang penulis lakukan dalam menulis laporan ini. Ibu Yuanita. 10 Agustus 2010 Penulis Laporan Wawancara 2 .

3 Metode Penelitian Isi 2.1 Kesimpulan 3...1 Latar Belakang 1.2 3 4 .2 Kerangka Teorirotis 1.5 1 .1 Suasana Wawancara 2..6 .7-9 .10 .DAFTAR ISI Judul Kata Pengantar Daftar Isi Pendahuluan 1..2 Hasil Wawancara Penutup 3..11 Laporan Wawancara 3 .2 Kritik dan Saran Lampiran-Lampiran Daftar Pustaka Riwayat Hidup .

1 Latar Belakang Laporan wawancara ini penulis buat karena ditugaskan guru Bahasa Indonesia. 1.3 Metode Penelitian Metode Penelitian berupa tanya jawab.2 Kerangka Teori Narasumber saya adalah seorang karyawati perusahaan rokok dalam bidang ekonomi/keuangan. Ibu Yuanita untuk mengenal sistematika laporan lebih baik dan mengenal Bahasa Indonesia lebih dalam. Laporan Wawancara 4 . Laporan wawancara ini dibuat supaya kita lebih paham kehidupan Narasumber. 1.PENDAHULUAN 1.

Ia juga tidak akan pindah ke perusahaan lain karena beliau sudah mulai tua.2 Hasil Wawancara Nama narasumber saya adalah Ibu Fenny.Ia adalah seorang karyawati berusia 47 tahun. dan jaminan sosial.ISI 2. Ia mulai bekerja karena alasan ekonomi keluarga. Dia berkata bahwa kantornya memiliki fasilitas seperti antarjemput gratis. 2. Ibu Fenny juga pernah pergi bersama dalam pelatihan yang diadakan oleh perusahaan rokok. Laporan Wawancara 5 . Ia berkata bahwa dirinya sangat senang dapat bekerja disana walau suka dan duka meyambut. Ibu Fenny berkata bahwa ia tidak akan pensiun dulu. Ia berkata kalau bekerja disana sangat menyenangkan walaupun gajinya kecil. Ia berkata bahwa dulu pemilik perusahaan itu bekerja untuk perusahaan rokok lain.1 Suasana Wawancara Ibu Fenny terlihat lelah mungkin karena ada masalah dengan pekerjaan beliau atau karena beliau baru saja pulang kerja waktu itu. Beliau bekerja di pabrik rokok selama 25 tahun. Wawancara berjalan baik. kemudian Ia berhenti dan membuat pabrik rokok sendiri. Ibu Fenny menjawab semua pertanyaan yang penulis tanya. Ia akan pensiun di usia 55 tahun.

Ia bekerja untuk memenuhi kebutuhan keluarga.PENUTUP 3.1 Kesimpulan Ibu Fenny adalah seorang karyawati di perusahhan rokok. Laporan Wawancara 6 .2 Kritik dan Saran Sebaiknya pertanyaan yang diajukan 10-15 soal saja. karena narasumber masih ada pekerjaan yang harus ditangani. 3.

: Kapan dan dimana ibu lahir? : Ibu lahir di Kediri. Pertama kali masuk tahun 85. Meskipun gajinya kecil tapi suasananya menyenangkan. Sekarang. apa pekerjaan ibu? : Kerja sebagai karyawati di perusahaan rokok. silahkan. : Berarti sekarang ibu berusia 47 tahun. : Apa hobi Ibu? : Ibu suka membaca. : Apa yang menarik atau menjadi tantangan sehingga anda bertahan begitu lama? : Pertama. saya Amedita dari penabur ingin mewawancarai tentang pekerjaan ibu. : Siapa nama ibu ? : Ibu namanya Metta Fenny Kosasih. : Menurut ibu apa manfaat dari pelatihan yang diadakan? : Itu akan menambah wawasan. : Apakah kantor ibu sering mengadakan pelatihan atau pergi bersama? : Tidak sering tapi pernah. mengapa ibu bekerja? : Untuk menambah penghasilan orangtua. : Sudah berapa lama ibu bekerja sebagai karyawati? : Sudah 25 tahun..LAMPIRAN-LAMPIRAN Amedita Ibu Fenny Amedita Ibu Fenny Amedita Ibu Fenny Amedita Ibu Fenny Amedita Ibu Fenny Amedita Ibu Fenny Amedita Ibu Fenny Amedita Ibu Fenny Amedita Ibu Fenny Amedita Ibu Fenny Amedita Ibu Fenny : Selamat sore. tanggal 4 November 1962. dan mengimbangi kemajuan jaman. : Apa pendidikan terahir ibu? : Pendidikan terakhir di Universitas Surabaya. : Awalnya. Sarjana Ekonomi. bolehkah ? : Ya. Laporan Wawancara 7 . Sering dipanggil Fenny saja. perusahaan itu sangat kuat tidak mungkin bangkrut. keterampilan.

Sebelum lulus kuliah ibu sudah bekerja disana. : Ibu kalau berangkat kerja naik apa? Laporan Wawancara 8 : : : : . dari awal memang sudah masuk perusahaan itu karena dekat dengan rumah di Kediri. : Sekarang ibu di Jakarta. : Apakah dikantor ibu ada pensiun dini? : Oh ya. : Kalau di kantor ibu. : Apa kerja ibu sebelum ibu bekerja di pabrik rokok? : Tidak.Lalu ibu minta permohonan pindah ke Jakarta karena mau menikah. : Di perusahaan ibu naik jabatan dan naiki gaji berapa tahun sekali? : Tidak ada naik jabatan atau naik gaji tergantung dari pusat. Apa sejarah dari tempat kerja ibu? Perusahaan ibu didirikan oleh Bapa Surya yang pada mulanya bapa surya adalah karyawan dari perusahaan rokok lain. : Apa ibu ada rencana pindah tempat kerja? : Tunggu pensiun saja.Amedita Ibu Fenny Amedita Ibu Fenny Amedita Ibu Fenny Amedita Ibu Fenny Amedita Ibu Fenny Amedita Ibu Fenny Amedita Ibu Fenny Amedita Ibu Fenny Amedita Ibu Fenny Amedita Ibu Fenny Amedita Kapan perusahaan ibu dibangun? Tahun 1958. penghasilan engga banyak sekali. Apakah dari dulu ibu sudah di Jakarta? : Awalnya di kantor pusat di Kediri selama 7 tahun. : Berapakah gaji ibu? : Yah. Cukup untuk membiayai sekolah anak dan makan. baru ada petunjuknya belum ada pelaksanaannya. : Apa anda pernah mengalami kesulitan selama bekerja? : Tidak ada semuanya bisa diatasi. lalu beliau keluar dari perusahaan tersebut dan mendirikan perusahaan sendiri. pensiunnya sampai usia berapa? : Sampai usia 55 tahun. Umur sekarang sudah tidak laku.

: Terimakasih ibu mau diwawancara. : Sama-sama. : Apa standard yang dipergunakan? : Untuk kesehatan mengunakan ASKES. Laporan Wawancara 9 . jaminan sosial untuk kesehatan dan keselamatan kerja. : Apakah disitu ada jaminan sosial? : Ada.Ibu Fenny Amedita Ibu Fenny Amedita Ibu Fenny Amedita Ibu Fenny Amedita Ibu Fenny Amedita Ibu Fenny : Kalau berangkat kerja naik mobil antarjemput gratis dari kantor. : Apa ada rumah dinas? : Ada tapi biasanya untuk yang belum menikah. kalau bias buka usaha sendiri. : Apa rencana anda untuk kedepan? : yah. Kalo untuk keselamatan kerja mengunakan Jaminan Sosial Tenaga Kerja.

id/userfiles/image/Logobpk.jpg.or.bpkpenabur. 2:26.DAFTAR PUSTAKA http://www. 10 Agustus 2010. Laporan Wawancara 10 .

Saya bercita-cita menjadi pelukis. Saya pernah menjuarai lomba menggambar di kain dan lomba melukis batik. Saya lahir di Jakarta tanggal 12 Mei 1997. Santo Yakobus kemudian saya meneruskan pendidikan ke SMPK 4 PENABUR. Saya adalah anak bungsu dari Ibu Metta Fenny Kosasih dan Bapak David Tanujaya. Saat ini saya berusia 13 tahun dan duduk di bangku SMP. Kelapa Gading Jakarta Utara. Laporan Wawancara 11 . Selama 6 tahun saya belajar di SD.RIWAYAT HIDUP Nama saya adalah Amedita Mitta Ayu. kelas 2. Selain itu saya hobi berhitung. saya pernah menjuarai lomba sempoa di sekolah. Hobi saya adalah menggambar.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful