6 BEKAL MENJADI MANAJER HANDAL

Web Admin | D a t e / T i m e : 09-06-2008 / 12:00 AM ----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Seorang bos atau manajer memiliki 'sesuatu' yang membedakan mereka dari orang lain di kantor. 'Sesuatu' itu sebenarnya bukan misteri, tapi sebuah kebiasaan positif yang bisa dilakukan siapa pun untuk meraih sukses, termasuk Anda. Inilah rahasianya: -. Disiplin Anda mungkin tahu, betapa mudahnya melakukan suatu pekerjaan ketika sedang bersemangat tinggi. Tapi, cobaan hidup biasanya datang saat Anda sedang tidak termotivasi atau tidak berenergi. Apakah hal- hal ini cukup sebagai alasan untuk memusuhi semua rekan kerja dan menyepelekan pekerjaan Anda? Tidak! Sebagai manajer, Anda bertindak sebagai role model. Anda menjadi standar bagi perilaku orang di kantor. Karena itu, pastikan standar yang Anda buat cukup tinggi. Satu detik saja Anda isi dengan impulsivitas Anda yang kadang-kadang memalukan itu, maka akibatnya akan segera terasa pada karir dan reputasi Anda. Untuk itu, cobalah baca buku Daniel Goleman, Working With Emotional Intelligence. Tanda-tanda bahwa Anda bisa mengontrol diri sendiri adalah dengan menangani sikap bermusuhan orang lain tanpa harus balas memusuhinya. - Konsisten Manajer yang baik tidak pernah mengintimidasi orang lain untuk memperoleh hasil. Semua pekerjaan - terutama posisi manajemen - melibatkan dukungan dan asistensi terhadap orang lain. Sendirian saja, akan membuat Anda tidak bisa menunjukkan performa sebenarnya, kecuali bila Anda memiliki tim yang tangguh. Apalagi bila Anda memperlakukan orang lain dan bawahan Anda dengan buruk. Entah Anda butuh atau tidak, memperlakukan orang lain dengan buruk akan mempengaruhi self-esteem. Bagaimana Anda bisa merasa senang bila Anda tahu bahwa Anda sedang memusuhi atau tak mengacuhkan orang lain? Dan bila Anda sedang tidak senang, bagaimana Anda bisa efektif? - Tujuan Jelas Sebagai manajer, Anda diharapkan lebih memperjelas maksud dan tujuan dari pekerjaan yang sedang dilakukan. Tulislah tujuan pribadi dan tujuan kantor Anda. Taruh di suatu tempat yang akan membuat Anda melihatnya setiap hari - sebagai reminder. - Bersahabat Ah, sudah bukan zaman lagi membungkam kritik. Memang menyakitkan, tapi Anda tak boleh menghindarinya. Lagi pula, cara apa lagi untuk meningkatkan diri selain mengetahui kelemahan diri? Dalam dunia bisnis, kredibilitas dan reputasi Anda memainkan peran penting atas sejauh mana - dan seberapa cepat - Anda maju. Bila Anda pandai, kritik akan membuat Anda melaju. - Solution Maker Jadilah pembuat solusi, bukan menjadi pihak yang mengidentifikasi masalah. Tak perlu ada bakat khusus untuk menemukan kesalahan, tapi perlu ada anugerah tertentu untuk menyelesaikan suatu masalah. Kalau Anda bisa, Anda telah menunjukkan suatu perilaku yang efektif. - Antusias Manajer seperti apa yang berjalan gontai, punggung dan bahu letih, serta kurang energi? Pastilah anak buahnya akan memberontak, dan tidak menghargai sama sekali. Karena itu, dalam posisi ini, Anda harus selalu penuh vitalitas, berenergi, dan selalu antusias.

Bawahan Anda akan menyerap energi Anda dan akan menunjukkan passion terhadap pekerjaan yang dilakukannya di bawah Anda.
Resensi 6 Langkah Menuju Manajer Handal Memanej sebuah institusi agar maju dan berkembang diperlukan kepiawaian. Bukan saja kecerdasan yang menjadi modal untuk memajukan sebuah perusahaan, tetapi bagaimana mampu mengelola sumber daya yang ada sehingga dapat memberdayakan mereka secara maksimal. Disamping mampu mengelola sumber daya manusia, bagi pemimpin perusahaan atau institusi, ia harus melakukan langkah-langkah strategis dalam mengelolanya. Buku ini secara gamblang memaparkan langkah-langkah strategis dalam mengelola sumber daya manusia. Setidaknya ada 6 langkah yang harus ditempuh. Pertama, mempunyai perencanaan (planning) yang matang. Perencanaan adalah awal dari segala sesuatu. Dia merupakan landasan tempat berpijak dari segala sesuatu yang akan diatur. Oleh karenanya perencanaan harus dipersiapkan secara matang (hal 3). Kedua, melakukan staffing yang akurat. Langkah ini amat penting. Seorang manajer dalam menjalankan roda organisasi harus dadampingi oleh stafstaf yang baik dan professional (hal 56). Ketiga, melakukan komunikasi yang efektif. Langkah ini cukup penting bagi seorang manajer. Dengan melakukan komunikasi secara efektif kepada orang lain, maka kesuksesan besar akan diraih (hal 115). Keempat, memotivasi sumber daya manusia. Kemajuan sebuah perusahaan atau institusi berkaitan erat dengan sumber daya manusia. Sumber daya manusia inilah yang harus terus dimotivasi atau didorong dalam rangka mencapai tujuan yang dikehendaki. Pemberian motivasi ini amat penting dilakukan oleh seorang manajer. Bila ini berjalan baik, insya Allah tujuan yang hendak dicapai akan terwujud. (hal 170) Kelima, menata tantangan. Konflik selalu ada dalam kehidupan. Begitu juga dalam

Dari evaluasi ini akan tergambarkan kekuatan dan kelemahan sebuah perusahaan atau institusi. Behaviour of the Manager is the main factor such as organising yourself. you must understand that there's no 'superman' in super team. However. Langkah ini amat penting dilakukan oleh seorang manajer. Anda adalah kapten dari team kerja Anda. Kepribadian dan penampilan Anda bukanlah kunci utama untuk menjadi seorang manajer yang handal. Dengan usaha yang konsisten. segera benahi segala sesuatu yang diperlukan. Prestasi yang gemilang adalah hasil kerja sama serta dukungan yang baik dari atasan dan bawahan. Salah satunya dalam hal karir. Langkah menata atau memanej konflik amat perlu dimiliki oleh seorang pimpinan (hal 219). Maulana Resensi ini telah dimuat di tabloid Jum’at Thn. Karena mulai saat ini Anda telah resmi memimpin bawahan dan tanggung jawab lebih besar ada di tangan Anda. sifat yang baik bisa dibentuk dan kemampuan bisa ditingkatkan. melakukan evaluasi. Anda dipercaya untuk menjadi seorang manajer berdasarkan penilaian bahwa Anda memiliki potensi untuk itu. Keenam. Evaluasi merupakan sebuah langkah yang harus ditempuh oleh seorang manajer dalam rangka menata kinerja sumber daya manusia.XXI-17 Shafar 1430 H-13 Februari 2009 Memasuki permulaan tahun baru berarti siap untuk menerima tantangan dan perjalanan baru. difficult people and awkward situations.sebuah perusahaan atau institusi. konflik pasti ada. congratulation! Anda patut bersyukur dan bangga atas pencapaian yang baru saja Anda dapatkan. insya Allah kita akan mampu menerima dengan suka hati setiap pekerjaan baru. leadership. Sangat penting bagi seorang manajer untuk mengetahui letak kekuatan dan kelemahan dirinya sendiri sebelum dia berinteraksi dengan orang lain. time management and how to deal with conflict. Dan untuk mengetahuinya maka . Seberapa baik Anda menjalin hubungan dengan bawahan dan atasan akan menentukan kualitas kinerja team dan tentunya kualitas kinerja diri Anda sendiri sebagai seorang manajer. Setelah merayakan keberhasilan Anda. Dan kita akan menjadi seorang manajer handal. Namun konflik dapat diredam bila seorang manajer mampu memanej konflik tersebut. Jika kita mampu melakukan 6 langkah tersebut. Apa saja yang sekiranya akan dihadapi dan yang harus disiapkan? First of all.

seperti sulitnya berbicara kepada sang manajer yang selalu bersikap kaku.Anda harus mengerti 3 dimensi yang akan dihadapi seorang manajer. ANAK BUAH Tidak semua orang memiliki sifat yang sama atau sesuai dengan apa yang kita inginkan. ingin diberi kepercayaan. jika Anda bisa mengambil keputusan dengan bijaksana dan mengerti akan kebutuhan mereka. mentoknya karir Anda karena manajer tidak menaruh simpati akan perkembangan karir bawahannya. Tentu Anda juga pernah merasakan posisi sebagai bawahan. ingin berhasil dan punya andil dalam suksesnya perusahaan. ingin merasa comfort dengan suasana kerja. ingin berkembang. sebab untuk menghadapi setiap orang yang memiliki karakter berbeda dibutuhkan teknik yang berbeda pula. improve their knowledge or skill. ingin didengar pendapatnya. 1. waktu Anda akan lebih banyak terpakai untuk menghadapi mereka ketimbang dengan keluarga di rumah. Begitu juga sebaliknya. Mereka juga mampu mengatur diri sendiri dalam melaksanakan tugas dan merasa ingin berarti dalam organisasi. boost up their self-confidence. You must listen to your employees' views and help them to elevate their value. Anda dan boss mempunyai kebutuhan dan goals yang sama. Hubungan atau komunikasi yang baik dengan boss adalah sama pentingnya dengan bawahan. 2. Boss Anda tidak dapat menggenapi targetnya tanpa dukungan dari bawahannya. Kenalilah karakter setiap bawahan Anda. There are so many effective ways to get the best out of your workers. Inilah tugas Anda sekarang. Kenapa? Karena boss Andalah yang akan menentukan . Anda dan teman-teman merasa menjadi salah satu pihak yang dirugikan akibat politik kantor dan merasa putus asa untuk bisa meraih keberhasilan dalam perusahaan. Sebab bisa juga terjadi . Sedangkan Anda harus mengurus mereka setiap hari kerja. Bahkan mungkin. Namun bukan berarti dengan memperlakukan mereka secara baik maka hasil kerja mereka otomatis akan menjadi lebih efektif. ingin mendapatkan penghargaan serta pujian. Apakah sulit untuk mengatur mereka? Sama sekali tidak. dimana semuanya itu saling berkesinambungan untuk menjadikan Anda seorang manajer yang baik. Tanpa bantuan Anda. Anda juga pasti masih ingat keluhan-keluhan apa saja yang sering diutarakan oleh teman-teman Anda atau mungkin Anda sendiri. Bawahan juga ingin dipandang oleh atasannya. hubungan kerja yang baik dengan boss juga dapat membuahkan hasil kerja yang efektif dan menguntungkan. Selain itu. BOSS / DIRECTOR Selain dengan bawahan. etc. Begitu juga dengan anak buah Anda. pasti juga ada harapan-harapan yang sering ditujukan kepada manajer Anda.pemberian motivasi dalam bentuk hadiah atau pujian malah mengakibatkan kecemburuan dan kekecewaan. Hal ini tidak boleh dianggap sepele.

Ada sebuah rencana mulia yang sedang terjadi dalam hidup Anda sebagai proses untuk membentuk diri Anda menjadi sempurna. maka manajer itu harus bisa memperlihatkan sikap-sikap yang patut ditiru. Sebagian manajer kurang bisa menjalin hubungan dengan boss mereka karena terlalu banyak menghabiskan energi ke pengurusan anak buah dan mereka bersikap seolah boss mereka tidak terlalu bergantung kepada mereka. menunda pekerjaan atau masalah yang harus dihadapi. tekanan dan konflik di tempat kerja. Sebaiknya ia juga bisa mengatasi kelemahan manusiawinya seperti mudah mengeluh. Karena itu berikanlah yang terbaik dari apa yang Anda miliki. Bukan suatu kebetulan Anda dipercaya untuk menjalani posisi baru di perusahaan. Padahal sebenarnya sang boss sangat memerlukan dukungan dan kerja sama dari mereka. Hal ini bisa berdampak buruk jika tidak diatasi. tegas dalam mengambil keputusan. namun tidak mudah menyelesaikannya. tidak pernah bingung atau gugup ketika menghadapi masalah. Akan tetapi seorang manajer diawasi sebagai panutan dari bawah ke atas oleh anak buahnya. pasti ia akan melihat reaksi yang positif dari bawahannya. mampu melihat dari sudut pandang anak buahnya. DIRI SENDIRI Sangat mudah mengutarakan masalah. Don't fail to see how much your boss needs your help and cooperation to do his/her job effectively. Memerlukan Anda sebagai partner yang bisa diandalkan. 3. That's a lot of work! Namun percayalah bahwa Anda bisa mengerjakannya. Selain harus bisa mendelegasikan tugas-tugas kepada bawahannya dengan efektif. Sebagai seorang manajer kita tidak lagi diawasi secara vertikal . Peranan Anda dalam kemajuan dan keselamatan perusahaan sangat penting. seorang manajer juga dituntut untuk bisa mencarikan solusi ketika datang permasalahan. Ketika seorang Manager mampu mengerjakan job desk-nya dengan cekatan. mau mengakui kesalahannya lalu meminta maaf dan memiliki integritas. Oleh karena itu untuk mendapatkan respek dari anak buah dan menginspirasi mereka untuk sejalan dengan goal dan tujuan seorang manajer.sukses atau tidaknya Anda sebagai seorang manajer. karena reaksi seorang atasan akan banyak ditiru oleh bawahannya. Anda memerlukan bantuan dari boss yang dapat menunjang performa Anda dalam bekerja. mampu mendukung pekerjaan mereka. Manajer SUKSES .atas ke bawah seperti seorang staff yang di-direct supervise oleh seorang supervisor.

baik kultur. Peka terhadap masalah.Kesuksesan manajer adalah kesuksesan anak buah dan sebaliknya kesuksesan anak buah adalah keberhasilan sang manajer. Kita sekarang menjadi pemimpin yang mulia. maka siapa pun orangnya. baik bergerak dibidang sosial kemanusiaan. Perencanaan (Planning) yang matang 2. penuh kasih sayang. merasa satu diri tetapi tetap berwibawa. politik. Disamping mampu mengelola sumber daya manusia. antisipatif. penderitaan dan kesulitan. kiat dan trik supaya target dan tujuan yg hendak dicapai dapat terealisasi. sehingga merasa nikmat dengan setiap tantangan baru yang menghadang. Melakukan staffing yang akurat 3. Berbahagialah bagi kita sebagai seorang manajer atau pemimpin yang mendapatkan kesuksesan dalam memimpin organisasi apa saja. tidak mudah puas. Dan. peduli dan lemah lembut. Melakukan komunikasi yang efektif 4. Melakukan Evaluasi Jika Kita dapat melakukan hal tersebut. Kita harus mampu menjadi seorang manajer yang handal dan profesional. Bukan hanya kecerdasan yng menjadi modal untuk memajukan sebuah organisasi. luas wawasan dan menguasai masalah. jika hal ini dilakukan dengan baik. bagi Kita yang berkeinginan untuk menjadi pemimpin sukses diharuskan memiliki ilmunya. pendidikan dan lain ssebagainya. maka kita akan mampu menerima dengan suka hati setiap pekerjaan baru. Cerdas. langkah-langkah tersebut adalah : 1. bagi pemimpin organisasi. ekonomi dan sosial. Maka. Bagi seorang manajer diperlukan kiat dan trik untuk memposisikan mereka sesuai dengan kapasitasnya. yang mampu memimpin organisasi dengan tanpa hambatan sama sekali. Sifat-sifat yang harus melekat pada seorang pemimpin adalah : Jujur dan punya integritas. . Sedangkan sikap pemimpin terhadap anak buah adalah : Merakyat. Memotivasi SDM 5. Komunikatif. Visioner. Memanaj orang lain mudah-mudah susah. Memanaj Pertentangan 6. ia akan menjadi seorang manajer yang sukses. ekonomi. ia harus melakukan langkah -langkah strategis dalam mengelolanya. tetapi bagaimana mampu mengolah sumber daya yang ada sehingga dapat memberdayakan mereka secara maksimal. Menghadapi latar belakang sdm yg berbeda dari berbagai sisi.Memanaj sebuah organisasi agar maju dan berkembang diperllukan kepiawaian. Terdapat langkah yang harus kita lakukan untuk memanaj sebuah organisasi. Bertanggung jawab dan dapat dipercaya. pendidikan. Dengan demikian. diperlukan ketrampilan yang mumpuni.

Dia yang bisa menaklukkan dirinya sendiri adalah manusia super. maka kekalahan bukan lagi kekalahan.Duduk diam dan tarik nafas panjang .2 menit. 25 Februari 2010 | 0 komentar Label: motivasi Berikut ini artikel untuk merubah Cara Pandang di dalam diri sendiri (Self Reframing) : 1. bukan? 2. ucapkan syukur dan hormat sebagai rasa kagum pada dia. Lakukan refleksi kegiatan hari ini secara cepat saja. Penulis M. Diam sejenak dan ambil keputusan untuk berubah. sesungguhnya Anda tidak kalah” ( Zig Ziglar ) Saat Anda “merasa” kalah. 2. BELAJAR DARI KEKALAHAN “Jika Anda belajar sesuatu dari kekalahan. lakukan berikut: . 8. PELAUT TANGGUH … (Bayangkan WS Rendra. 5. 3. Fathi) 9 Renungan Motivasi Diposkan oleh jutawan di 02:40 | Kamis. Malam hari sambil berbaring tidur. sesungguhnya Anda tidak kalah” Pasti ada hikmah dari setiap kejadian. misalnya: “Besok mau senyum aja aaah…” dan tidurlah dengan senyum… zzz…zzz… Karena jika dengan ikhlas kita mulai bisa menaklukkan diri sendiri. Bayangkan kejadian yang menimbulkan emosi negatif tersebut. 3. walau diberi nama “kalah”. Buang dan lepaskan dengan menghembuskan nafas sepanjang mungkin.Ambil pelajaran dari kekalahan itu . 6. Tanyakan ke dalam diri sendiri: “Apakah masih ada emosi negatif yang tersimpan dalam diriku saat ini ?” 4. sampai seluruh badan terasa rileks bak tanpa otot. . 7.TAKLUKKAN DIRI SENDIRI “Dia yang bisa menaklukkan orang lain adalah manusia kuat.Cari penyebab kekalahan tersebut (cepat saja) . ambil waktu 1 . tarik nafas yang dalam dan tahan nafas selama yang bisa Anda lakukan.Pejamkan mata: Tersenyumlah dan bersyukur .” (Lao Tze) Perenungan Diri: 1. dan makin perlahan. Lalu.Bangkit dan lompatlah setinggi mungkin “Jika Anda belajar sesuatu dari kekalahan. Lanjutkan dengan bernafas perlahan saja.(Source : Buku " 6 Kiat Menjadi Manajer SUKSES ".Hembuskan nafas secepat mungkin .

Yang paling penting adalah membuat kuat Otot Pikiran kita. Jika kita melihatnya sebagai peluang. Jika kita melihatnya sebagai masalah. bahkan “otot” di otak kita. Kita hanyalah berbeda. CHOOSE TO BE HAPPY … We always have a choice We can choose to be happy . Hidup adalah rangkaian tantangan. Keuletan. Tantangan membuat kita bertumbuh. (baca berikut ini sambil hembuskan nafas) Bersyukurlah jika kita mempunyai tantangan. sebuah peluang untuk Menang. Kegigihan akan membuat otot di seluruh tubuh kuat. justru akan membuat kita semakin bertambah makmur dan sejahtera. (tahan nafas di perut dan baca dengan keyakinan kuat) Ya. bak WS Rendra) Hidup adalah rangkaian masalah. tetapi nasib kita haruslah kita yang menentukan. itu saja. Hukum alam semesta mengenai sukses ini sebenarnya sederhana sekali. SIAPA YANG KAYA? “Siapa yang kaya? Dia yang bersukacita dengan apa yang dimilikinya. 6. Tantangan penting untuk otot pikiran. “Anda tidak mungkin memahami Work Smart. Kita cukup bergiat pada hal yang bisa kita kendalikan. Tetaplah bergandengan tangan. tidak menghasilkan pelaut yang tangguh” Atasilah masalah dengan: Tetaplah tersenyum. otot tangan.” (Benjamin Franklin) Perenungan Diri: Bersukacita dan bersyukur dengan apa yang kita miliki. Karena artinya kita memiliki peluang. otot kaki. 4.masuk ke dalam diri dia dan bacakan lirik di bawah ini. Pepatah kuno mengatakan: “Lautan yang tenang. Tantangan membuat kita kreatif. Kita hanya perlu keyakinan diri saja bahwa hal ini benar. Giat Bekerja Adalah Kuncinya” (George G Williams ) Perenungan Diri: Hasil penelitian mengatakan bahwa Ketekunan. 5. baik otot badan. GIAT BEKERJA KUNCI SUKSES “Tidak Ada Jalan yg Mulus utk Sukses. sebelum Anda memiliki mental Work Hard” (Krishnamurti) Situasi Indonesia boleh tidak menentu.

Boleh juga baca dalam hati dengan perasaan mantap. (bunda Teresa) Perenungan Diri: Bacalah pesan di atas berulang-ulang sampai meresap. SETIA PADA HAL KECIL Bukan tindakan besar dan hebat. tekad besar untuk menelannya. memang mudah untuk dibaca. Karena sang musuh adalah di ego diri. diulang-ulang dalam hati untuk bagian tertentu. yang menentukan hidup kita. Atau. Bisa dengan cara pelan. Tapi. Agar jadi bagian indah dalam gelora darah kita. sangat pelan. melainkan kesetiaan dalam menekuni pekerjaan-pekerjaan kecil dan tidak berarti …. lalu lanjutkan baca dengan keyakinan) impian kita hanya perlu diuji diuji untuk membangun keyakinan (baca berikut ini sambil hembuskan nafas panjang) . “kesetiaan menekuni pekerjaan-pekerjaan kecil” “kesetiaan menekuni pekerjaan yang tidak berarti” Ya.or we can choose to be grumpy But It’s always better. smarter and wiser to choose to be happy… (Melody Ross) Perenungan diri: (baca dalam hati dengan tempo lambat) “Bukankah hidup ini adalah pilihan?” (baca lebih lambat) “Bukankah hidup ini adalah pilihan?” (baca lebih lambat lagi) “Bukankah hidup ini adalah pilihan?” 7. namun perlu kebesaran hati untuk mencerna. Dan. IMPIAN PERLU UJIAN (Baca gaya retorik Bung Karno) kala impian membuat kita berbeda kala cara pikir kita ditertawakan kala senyuman kita disiniskan kala warna semangat mulai meluntur kala impian membuat hati bias justru teruslah maju dan berpegang teruslah berpegang pada impian kita bangunlah keyakinan demi keyakinan bukankah layang-layang terbang tinggi karena melawan arah angin (tarik nafas dalam dan tahan. bahkan sangat. sangat pelan. mungkin! 8.

TUM SPIRO. Kita Berusaha” Buanglah kata menyerah dalam hidup ini. Sedikit banyak tentunya hal itu mampu mengurangi jumlah pengangguran di negeri ini. Hidup ini sangat berarti. jadilah pengusaha. Bahkan mungkin bukan yang pertama kalinya juga Anda dengar nasehat seperti ini. Selain banyaknya orang yang berani menjadi pengusaha. Keberanian mereka untuk memiliki kehidupan yang lebih baik dan lebih berarti bagi banyak orang tidak bisa ditukar dengan apapun. 25 Februari 2010 | 0 komentar Label: sukses Posting terdahulu saya mengatakan kalau Anda ingin kaya. Dan satu hal yang lebih membahagiakan. banyak orang yang sudah berani memulai bisnis dan SUKSES! Mereka punya omset jutaaan bahkan ratusan juta.com. Hening membuat bening… Bening membuat jelas… 3 Rahasia yang akan Membuat Usaha Anda Sukses LUAR BIASA Diposkan oleh jutawan di 02:46 | Kamis. Mampu membuat banyak orang saling berhubungan tanpa harus bertemu langsung. Sungguh efisien dan efektif saya pikir teknologi ini. Sungguh bagi saya ini LUAR BIASA! . Untuk Diam. Teknologi ini mampu menghubungkan banyak orang di seluruh dunia. Hasilnya sungguh luar biasa. Para mentor saya seperti Bapak Purdi E Chandra juga selalu mengompori orang menjadi pengusaha. ada satu hal lagi yang membuat saya makin takjub. Untuk Meditasi. Untuk ssst… diaaam. agar hikmah terdengar bunyinya. Saya sungguh sangat bersyukur dengan semakin banyaknya orang yang berani menjadi pengusaha. yaitu kecanggihan internet. Baru setahun saya mengonlinekan usaha saya di www. lewat usahanya mereka mampu menyerap lapangan kerja. Sediakan waktu untuk sendiri. SPERO “Tum Spiro. Untuk Merenung. Spero” artinya: “Selama Kita Bernafas. Betul! Saya tidak bercanda dan mengada-ada. omset saya meningkat berkali-kali lipat.gepukfood. Lewat Entrepreneur University. makhluk luar biasa. Maka kemudian saya coba pasarkan produk yang saya punya lewat internet.keyakinan untuk mencapainya 9. Teruslah berjuang sampai nafas yang terakhir. berkaryalah. Karena kita adalah manusia. Sampai menembus angka ratusan juta setiap bulannya.

Biarkan mereka yang memutuskan sendiri untuk membeli atau tidak. Saya sangat bersyukur dengan nikmat yang diberikan Tuhan ini. Sampai kemudian ada seorang teman.”Berkomitmenlah untuk menjadi guru dan sahabat yang baik bagi pengunjung anda. ada tiga rahasia pemasaran modern yang akan membuat usaha apapun sukses. Jangan langsung brondong dan “tekan” mereka untuk membeli. kenapa? Bukankah jika tidak ada penjualan berarti tidak ada aliran uang? Lalu bagaimana produk kita bisa laku?” tanya saya.” “Apa saja itu Pak? Tolong katakan…” tanya saya. Buat mereka tahu apa yang seharusnya mereka tahu. Anda mengerti kan bedanya memasarkan dan menginformasikan?” “Ya Pak. Lalu yang ketiga apa Pak” . saya mengerti.”Menjual bukan yang paling penting. “Pertama. Yang terpenting Anda membuat hubungan baik terlebih dahulu. mereka akan membeli sendiri tanpa dipaksa. ini yang paling penting. Misalkan. apa saja manfaatnya. Dia menjawab. Barulah setelah mereka tahu produk anda.” “Lho. mereka berniat buka usaha kripik singkong. beritahu mereka jenis singkong yang baik untuk dibuat kripik. Renung punya renung. tapi informasikan!” “Apa maksudnya Pak?” tanya saya. Tularkan ilmu yang Anda miliki. Kemudian.Dan tidak ada istilah repot dalam menggunakannya. saya masih bingung dengan apa yang membuat upaya yang saya lakukan ini sukses besar. dia mengatakan seperti ini. dia pakar internet sekaligus pakar pemasaran. Saya cukup melakukannya dari rumah. biarkan mereka sekadar tahu apa produk anda. Jaga komitmen untuk tidak “menjual!”.” Teman saya itu melanjutkan perkataannya. Waktu bertemu dengan saya. “Pak Nugroho. “Tampilkan kesan bahwa anda tidak sedang memasarkan produk. Tiap hari selalu ada customer baru. Sebaiknya pemasar yang baik tidak meminta pengunjung untuk membeli produknya. Tinggal melakukannya dari depan komputer dan order datang sendiri. tapi ajarkanlah!” “Maksudnya Pak?” Teman saya itu melanjutkan perkataannya. Karena pengunjung bisa langsung angkat kaki. tetapi sekedar menginformasikan bahwa Anda memiliki produk yang istimewa.”Kemudian rahasia kedua adalah jangan “memasarkan”.

sehingga tidak mudah menyerah pada keadaan. Terkadang. Orang sukses mampu mengelola diri dari beban yang diemban. Hidup terasa sangat penat karena kerja terus tiada henti. namun hasilnya begitu-begitu saja. membuat perasaan kita lebih ringan. 25 Februari 2010 Kiat Menuju Sukses Diposkan oleh jutawan di 02:44 | Kamis. keadaan yang menekan menjadi suatu keharusan. tak akan tercapai jika kita merasa tertekan akibat tuntutan pekerjaan. semakin berat tekanan yang dihadapi. tetapi melalui proses belajar. tetapi oleh hampir seluruh pekerja yang ingin sukses. Tapi sekali lagi jangan paksa pengunjung anda untuk membeli produk Anda. Mereka selalu pada posisi yang siap menanggung beban berat. ada sebagian orang yang stress karena dikejar target pekerjaan. Kenali apa saja persoalan yang mereka hadapi dan bantulah mencarikan jalan keluarnya. Semakin kita sukses. Jaman sekarang. jatuh bangun dan harus melalui tekanan demi tekanan yang tahapannya berhasil mereka lalui. sulit sekali mencari orang dengan attitude dan mentalitas yang baik. Bagaimana cara mengejar target agar semua keinginan dan rencana kita tercapai? Tak ada yang tak mungkin dalam hidup ini. Kita memang harus menyediakan waktu untuk memeras otak. Cara pemasaran yang suka memaksa dan menakut-nakuti konsumen tidak lagi cocok untuk dunia saat ini. Cobalah kita lihat orang2 sukses. banyak sekali yang bernasib lebih buruk daripada kita bukan? Jadi jangan patah harapan.“Ketiga. Selalulah bersiap diri akan keadaan yang memang harus dijalani. Semoga bermanfaat… Kamis. Membantu usaha mereka agar lebih maju lagi. Lalu kita lihat sekitar. Berjuanglah untuk keluar dan berusaha menerima beban itu sebagai suatu keharusan. Cukup bantu mereka keluar dari persoalan yang dihadapinya. Solusi pencapaian target. Mentalitasnya sudah terlatih. Rata-rata banyak yang stress duluan saat menghadapi beban yang bertumpuk. Tekanan kerja dialami bukan hanya oleh kita2 saja. jika ingin sukses. jangan “memaksa” tapi bantulah! Yakinkan bahwa anda memang selalu siap membantu kesulitan konsumen. 25 Februari 2010 | 0 komentar Label: sukses Terkadang. saya rasa betul juga apa yang dikatakan kawan saya itu. Dapat menerima suatu beban. akan lebih mudah untuk membuat usaha kita lekat di hati konsumen. Carilah . Pendekatan pemasaran yang persuasif dan gemar membantu konsumen.” Setelah saya pikir-pikir beberapa waktu kemudian. padahal beban yang diemban tak seberapa. Kesuksesan yang mereka raih bukanlah turun dari langit. memeras tenaga yang kita punya.

Jadi. dan jangan sekali-kali goyah. jangan goyah sedikitpun. Saat berdoa. Buat apa tirakat? Buat mengekang hawa nafsu. Iman sebesar biji sesawi. (Ini kata2 bijak dari Jesus) Janganlah meragukan apa yang kita inginkan. karena malam itu sunyi dan senyap. karena saat kita ragu. Kalau sudah biasa tirakat. Hanya makan nasi putih saja tanpa lauk pauk. Seperti meditasi jadinya. misalnya olahraga. Rileks Rileks. konsentrasi bisa penuh. maka keinginan kita dapat tercapai. Tirakatnya mutih. Tak perlu bayar. Hal itu akan membantu menjernihkan kembali pikiran yang jutek. bagi mereka yang mempunyai beban berat. Kita berlatih menekan hawa nafsu. Semoga. yakinlah bahwa apa yang kita inginkan tercapai. atau melakukan hubungan seks. dapat memindahkan gunung. Bangun Malam Bangun malam bagus sekali untuk bekerja. Asal jangan senyum sendiri ya. Dengan senyum. Nafsu marah. Mereka adalah type wanita Jawa sejati. pencapaian keinginan itu malah akan menjauh. Carilah kegiatan yang berguna. Buatlah strategi pemecahan masalah pada waktu malam. Asal kita bisa yakin. Senyum Senyum itu gratis. nafsu selingkuh atau nafsu yang lainnya. yang masih suka melakukan tirakat. Tidak percaya? Coba saja. jangan cemberut terus. asal kita percaya. biasanya kita lebih sabar dan kuat dalam menghadapi gejolak nafsu. berkunjung ke tempat favourite. dapat merasa bahwa kita tidak . efeknya nanti ke kita juga. Hanya bermodalkan iman saja. Senyum adalah modal kekuatan hidup untuk menghadapi berbagai masalah. Tirakat Ini ajaran mama dan ibuku. Beberapa tips yang berguna buat menghadapi beban. kita dapat mencapai yang kita inginkan. tiap Senin dan Kamis. itu yang utama. orang sekitar akan merasa nyaman. nanti dikira orgil. Nafsu memang jangan selalu diumbar. seperti kita meyakini matahari yang akan terbit esok pagi. Berdoa Berdoa. adalah satu cara untuk dapat menyeimbangkan otak kiri dan kanan.problem solving atas permasalahan yang kita hadapi. Dan lihatlah nanti hasilnya seperti apa. Otak terasa jernih. Ada saatnya kita harus menahan diri dari nafsu. selama disertai usaha untuk mewujudkannya.

entrepreneur. Bev. Bentuk material berupa dana dan waktu merupakan hal yang pasti harus dipersiapkan. Beliau mengedepankan 10 unsur kepribadian seorang sukses (baik dari segi keuangan dan prestasi) yang berdasarkan pada komunikasi dan pergaulannya dengan para billionaire dan beberapa pengusaha sukses. Jennie S. 25 Februari 2010 | 0 komentar Label: sukses Suatu kesuksesan memiliki banyak definisi dan variasi tolok ukur. yaitu seorang konsultan. penulis dan edukator bertempat tinggal di San Francisco Bay Area dan Beliau merupakan seorang Indonesia yang “sukses” berkompetisi pada iklim “ketat” Amerika.sendirian.Beberapa dari kita meyakini.” – Mungkin…. Usaha untuk “memuluskan” kesuksesan tersebut. 10 Kiat Kepribadian Orang Sukses Diposkan oleh jutawan di 02:35 | Kamis. So pasti kan…. banyak hal yang perlu dipersiapkan. baik itu material dan sikap pribadinya. satu hal yang dapat disimpulkan bahwa :“Kesuksesan merupakan pencapaian impian melalui sebuah proses terstruktur dan terencana”. Tentu saja. Si Anu memutuskan untuk belajar kembali di institusi pendidikan S2 dan mengikuti beberapa seminar pemasaran. Menurut : Mr. Ada juga sebagian lagi mewujudkan kesuksesan sebagai sebuah predikat penghargaan dari kolega dan khalayak atas prestasinya. Dan berusaha mengubah beban menjadi suatu kewajiban yang harus memang diemban. bahwa : “Kesuksesan berarti mencapai posisi tertinggi di kantor. Alan Kay berpetuah : “The best way to predict the future is to create it. Dari bermacam definisi dan tolok ukur itu. lalu perlu juga ditunjang dengan sikap pribadi dalam menyikapi proses pencapaian kesuksesan itu sendiri. Sepuluh sikap yang harus dipunyai itu adalah sebagai berikut: . variasi lainnya bermakna memiliki kecukupan finansial tertentu”. Mari kita hadapi beban itu. Misalnya : Si Anu mendefinisikan sukses jika dia mampu mencapai manajer pemasaran di tempat kerjanya.

Memberikan perhatian lebih terhadap waktu merupakan pencerminan dari respek terhadap diri sendiri dan kolega dan mitra kita. Ketiga. bahkan di negara asalnya boneka Donald adalah sebuah icon dan produk laris selain buku-buku bestseller-nya. namun sebuah additional attribute dari sikap kepemimpinan adalah kebiasaan melayani dan memberi. terutama keberhasilan berbisnis dan berinteraksi. Seorang yang menepati janji dan tepat waktu menunjukkan bahwa dia adalah seorang yang memiliki kemampuan mengatur/manage sesuatu yang paling terbatas tersebut. Kemampuan untuk hadir sesuai janji adalah kunci dari semua keberhasilan. Kita tentu mengenal serial TV The Apprentice. kontes Miss Universe. Ini mungkin bisa dibilang sebagai bonus saja! Tetapi. Kedua. the more respect you get in return” Dan. Keberanian untuk berinisiatif : Kekuatan yang sebenarnya tidak lagi menjadi rahasia atas kesuksesan orang-orang terknenal yaitu mereka selalu punya ide-ide cemerlang! Lihat saja : Seorang Donald Trump yang “mendunia” karena superioritasnya di bidang Real Estate awalnya berproses dari status bangkrut dan akhirnya berpredikat Raja Real Estate. setidaknya dengan memberi dan melayani berarti menunjukkan kepada teman. Senang melayani dan memberi: Sebuah rumus sukses dari banyak orang sukses adalah mampu memimpin.Pertama. Tepat waktu : Sebuah hal yang pasti untuk semua orang di dunia ini tanpa terkecuali adalah bahwa kita memiliki jumlah waktu yang sama yaitu 24 jam sehari.com. Online University bernama TrumpUniversity. kolega serta rekan kita betapa suksesnya diri kita sehingga membuat orang lebih yakin bermitra dan bergaul dengan diri kita. . Kebaikan lain akan terus mengalir tanpa henti saat kita mampu memberi dan melayani dengan ikhlas. Dan inisiatif adalah kekayaan semua orang. Keempat. keikhlasan adalah kunci untuk sifat ini. “The more you give to others. tinggal orang itu mau atau tidak untuk berinisiatif mengemukakan ideidenya. Membuka diri terlebih dahulu: Barangkali kita pernah bertemu orang yang selalu mau tahu tentang hal pribadi orang lain namun dia terus menutup diri agar jati dirinya tidak terbuka. adalah contoh dari seorang yang jenius dan berani berinisiatif.

Mengapa? Karena setiap kali gagal. Senang mempelajari hal-hal baru: Ciputra dan Aburizal Bakrie adalah seorang yang bisa dikatakan sebagai orang sukses dalam bidangnya yaitu commerce. Adalah baik jika kita tidak pernah mengeluh. Trump akan memiliki sebuah tim yang sangat loyal dan bervisi sama dengan menciptakan jaringan kerja yang baik. Senang bekerja sama dan membina hubungan baik: Kemampuan bekerja sama dalam tim adalah salah satu kunci keberhasilan utama. Hari di mana kita . itu adalah kesempatan bagi diri kita untuk belajar mengatasi kegagalan itu sendiri sehingga tidak terulang lagi di kemudian hari. lantas tidak ada yang perlu ditutupi. betul kan? Kelima. “There are two kinds of days: good days and great days. mereka tetap seorang entrepreneur. Rasa percaya dan kebesaran hati untuk membuka diri terhadap lawan bicara merupakan cermin bahwa kita nyaman dengan diri sendiri. Keenam. Dunia bisnis ibarat sebagai tempat bermain yang laus dan tidak terbatas. walaupun suatu hari mungkin kita akan jatuh dan gagal.” Hanya ada dua macam hari: hari yang baik dan hari yang sangat baik. Trump memiliki tim yang loyal dan menjadi perpanjangan tangan dirinya dalam menemukan para calon “orang kepercayaan” yang baru. Ketujuh. Jarang mengeluh. maka dunia bisnis semakin terbuka luas baginya. itulah yang dicari oleh para partner sejati dan sebagian besar dari kita akan setuju bahwa tidak banyak orang yang mau bekerja sama dengan orang yang misterius.Mereka biasanya hidup dalam ketakutan dan kecurigaan. Pada akhirnya. dan selalu berprasangka buruk kepada siapa saja yang dijumpainya. sehingga jalan menuju sukses itu semakin terbuka lebar. Kembali kita mengambil contoh Donald Trump. Tapi saat mereka mendirikan universitas. apakah mereka beralih sebagai seorang pendidik? Atau mereka sendiri sebenarnya adalah profesor? Jelas tidak. profesionalisme adalah yang paling utama: Lance Armstrong pernah berkata. namun dengan kegemarannya mencari hal-hal baru serta langsung menerapkannya. Jadi senang belajar dan mencari hal baru adalah sebuah sikap kesuksesan. Sikap ini adalah unsur yang tidak dimiliki banyak orang sukses. Dalam serial TV The Apprentice.

Jadi. tanpa ini tidak ada kesempatan sama sekali untuk menuju sukses. sehingga hal positif akan semakin besar kemungkinannya. Resiko hanyalah akan berakibat dua macam: be a good or a great day. Dengan pikiran positif. Kedelapan. itu bukan karena kepribadian saya. Semakin positif kita menyikapi hambatan. Sikap dasar orang sukses tersebut di atas barangkali dapat menjadi cerminan dan memuluskan langkah kita untuk mencapai kesuksesan yang kita impikan. Jika mereka merasa tidak nyaman. mereka adalah mereka. Kenyamanan menjadi diri sendiri tidak perlu ditutup-tutupi supaya lawan bicara tidak tersinggung karena setiap orang mempunyai tempat tersendiri di dunia yang tidak bisa digantikan oleh orang lain. Sebenarnya setiap hari kita menanggung resiko. Dengan menjadi diri saya sendiri. Ok… sekarang Kita Siap untuk sukses? . namun karena mindset yang berbeda dan kekurangmampuan mereka dalam mencapai kenyamanan dengan diri sendiri. Tidak menunjukkan kekhawatiran (berpikir positif setiap saat): Berpikir positif adalah environment atau default state di mana keseluruhan eksistensi kita berada. Jika kita gunakan pikiran negatif sebagai default state. jadi tidak perlu dikhawatirkan lagi bukan? Kegagalan pun hanyalah kesempatan belajar untuk tidak mengulangi hal yang sama di kemudian hari dan tentunya ambang kepada kesuksesan akan lebih dekat. Kesembilan. tinggal kita yang memutuskan. Pernah bertemu dengan orang sukses yang rendah diri alias tidak nyaman dengan diri mereka sendiri? Tidak ada tentunya.gagal tetap sebagai a good day (hari yang baik). Kesepuluh: “Comfortable in their own skin” Menutup-nutupi sesuatu maupun supaya tampak “lebih” dari lawan bicaranya. maka perbuatan kita akan didasarkan oleh getaran positif. Saya adalah saya. Berani menanggung resiko: Jelas. maka semua perbuatan kita akan berdasarkan ini (kekhawatiran atau cemas). semakin besar kesempatan kita menemukan penyelesaian atas hambatan tersebut. walaupun tidak disadari penuh. saya tidak akan mengusik keberadaan mereka.

bagaimana tanggapan dari yang tua tentang kisah ini? “Ahhh… saya sudah terlalu tua. saya ini tugasnya sekolah-sekolah saja. yang punya banyak fasilitas. kita masih muda tugasnya ya sekolah atau kuliah dulu saja. orang-orang seperti ini. Ganti generasi gitu…” . harusnya yang tua lebih bisa. kalau yang muda yang negatif ngomong. masak yang tua belum menjadi jutawan. Malu dong yang tua belum juga jadi jutawan. saya sudah tua” Ada juga orang-orang yang menggunakan alasan bahwa ia terlalu muda untuk memulai wirausaha. “Ahh… ngapain usaha ? toh. itu mah di Amerika. nantilah. umur saya ini masih muda. kan sudah kewajiban orang tua. apalagi jadi jutawan. tentunya akan menanggapi dengan perkataan-perkataan seperti ini : “Wowww…. Jika yang muda saja bisa. kalau masih muda mah enakkk… Masih lincah. Kalau umur 14 tahun saja sudah jadi wartawan. Ini yang dikemukakan oleh beberapa anak muda yang masih sekolah atau kuliah. saya juga sebetulnya bisa kok.. nanti sajalah. masih kreatif. umur 14 tahun saja sudah bisa menjadi jutawan. Sampai jumpa lagi di puncak gunung kesuksesan! Yech… Kamis. sering berkata : “ahhh.” Atau ada lagi yang muda yang negatif akan bilang. baik yang merasa masih muda ataupun yang merasa sudah tua. Buat orang-orang positif. Cuma masa muda kan buat senang-senang. kisah jutawan berumur 14 tahun. biarlah anak cucu saya saja. “Wowww… hebat sekali ada anak muda 14 tahun sudah jadi jutawan.”Ahh. Apa tanggapan pemirsa nantinya? Silahkan sampaikan di sini.” Nah. sebuah kisah sukses wirausaha yang menginspirasi. “Ahh… ngapain juga seperti itu. Ada yang menggunakan alasan terlalu tua untuk memulai usaha. Terus bagaimana kalau orang-orang negatif ngomong bila baca atau dengar kisah ini? Ini nih. Haha… Bagaiamana seorang anak berumur 14 tahun sudah menjadi jutawan. saya harapkan benarbenar bisa menginspirasi pemirsa. 25 Februari 2010 | 0 komentar Label: jutawan Berapakah umur yang pas untuk memulai wirausaha? Kapan waktu yang tepat untuk meraih sukses? Terkadang ada banyak alasan yang menghambat untuk sukses. alasan itu malah menghambat untuk memulai. sebuah kisah nyata yang pernah saya baca dari buku yang ia tulis. Soal cari duit.” Ini kalau yang tua yang positif yang ngomong. Nah.. saya yang masih muda juga pasti bisa!” Ini kalau yang muda yang positif bilang.Mari kita coba dan terapakan dari sekarang.. toh selagi masih dibiayai orang tua. yang udah keturunan sukses. Bahkan bukan lagi alasan itu menghambat untuk sukses. masih gesit… Kalau saya sudah terlalu tua untuk memulai. 25 Februari 2010 Bagaimana Seorang Anak Berumur 14 Tahun Sudah Menjadi Jutawan Diposkan oleh jutawan di 02:29 | Kamis. di artikel ini.

ia merupakan keturunan kulit hitam Afrika Amerika. Di usianya yang ketika itu baru berumur 6 tahun (tahun 1990). Rasa sayang terhadap keluarganya. Woww…bukan batu-batuan untuk bangunan. Batu itu dilukisnya sehingga menarik. khususnya ibunya. CEO Abad 21″. haha. Farrah Gray mendapatkan “Law of Attraction” kesempatan bekerja sama dengan Roy Tauer untuk memulai sebuah usaha. Ia pun memulai usaha lotion. ini yang namanya Hoki. sehingga ia bisa pun bisa berkantor di Wall Street Journal.). ia berjualan batu. Farrah Gray ketemu seseorang bernama Roy Tauer. Farrah Gray telah menunjukkan keyakinan dirinya bahwa ia akan menjadi seorang CEO bahkan sejak di umur 6 tahun. Roy tertarik melihat kartu nama yang diberikan oleh seorang anak yang masih berumur 6 tahun. Ia belajar ini dari acaraacara televisi yang ditontonnya (tentunya bukan film Suster Keramas.. yaitu dengan membuat kartu nama. Farrah Gray dengan bekerja sama ini. Ia melihat adanya ambisi entrepreneur / wirausaha yang kuat di dalam diri anak itu. Pemirsa kira2 akan berkomentar yang mana nih? Ehmm…ngomong2. (keren sekali… yang sederhana yang membuat sukses). (Dari sini. . Hoki itu yakin dan terus berusaha). yaitu sebuah organisasi yang mendorong anak-anak muda menjadi wirausaha. bahwa berkat keyakinan yang kuat. kok jadi ngawur ke sini. Perjalanan karir bisnisnya pun terus mengalir. Yakin lebih daripada Percaya). inilah kisah bagaimana seorang anak muda 14 tahun sudah menjadi jutawan dengan memiliki beberapa usaha berskala internasional… Adalah kisah seorang muda yang bernama Farrah Gray. Keyakinan bertemu kesempatan. Di kartu nama itu tertulis “Farrah Gray. dan ia mengajak bekerja sama mendirikan sebuah klub bisnis yang diberi nama UNEEC (Urban Neighborhood Economic Enterprise Club).Nah. Dan ia pun bisa menghasilkan uang dengan ide yang sederhana itu.. yang ada Rin Sakuragi. (Salah satu Prinsip Sukses adalah Yakin. yang idenya tanpa sengaja ia temukan ketika ia bermainmain dengan lotion ibunya. ibarat mendapatkan daya ungkit kesuksesannnya. ceritanya sendiri gimana? Daritadi kok belum ada ceritanya… Oke. membuat ia ingin memberikan yang terbaik buat keluarganya. Siapakah Farrah Gray ini?? Farrah Gray ini berasal dari kaum minoritas di Amerika. Woww… Bagaimana buat yang sudah tua ya? Kok masih belum yakin juga??? Suatu ketika. kita bisa belajar. Ia pun tampil profesional walau baru berumur 6 tahun. namun ia berjualan batu untuk mengganjal pintu rumah.. Masa kecil pemuda yang kelahiran tahun 1984 ini tinggal di sebuah apartemen kelas bawah (mungkin lebih mirip rumah susun) yang toiletnya sering buntu dan banyak kecoaknya.

Ia memandu kita dalam mengambil sembilan langkah menuju kekayaan.. Bagaimana tanggapan pemirsa? Apakah faktor usia masih menghambat ? Bukankah faktor usia bisa menjadi pemicu sukses…. Memahami kekuatan sebuah nama. Dalam buku ini Farrah Gray membuka rahasianya sehingga bisa berubah dari seorang anak yang harus antre makanan dengan kupon bantuan publik. Memfokuskan waktu Anda pada apa yang Anda kuasai. 4. 5. Innercity. Di usia 19 tahun. Ia mulai membagikan kesuksesannya di usia 21 tahun dengan menulis buku tentang perjalanan suksesnya. bisa menghasilkan uang jutaan dollar per bulannya…) Nantikan kisah nyata ini juga. 2. Nanti akan saya sharingkan kisah seseorang yang sudah tua.Di usia ke-11. menjadi seorang pengusaha sukses di usia yang masih sangat muda.. Nah. ia diliput oleh stasiun TV KVBC Channel 3 dan mendapat gelar kehormatan dari Allen University. ia menjadi jutawan dengan meraih 1. Jangan menunggu terlalu tua ataupun masih muda. tanpa pengalaman membangun usaha sama sekali. Info Penting!! Dapatkan Paket Lengkap Video Modul Cara Memulai Usaha. 3 tahun kemudian. di antaranya: 1.antonhuang.5 juta dollar penghasilan dari perusahaannya Farr Out Food. untuk memulai sukses. (anak umur 11 tahun lohh…).com/modulsukseswirausaha. Bagaimana mengubah penolakan menjadi kesempatan.. . (yang sudah meninggal loh. pemirsa. Lihat infonya di www. namun bisa sukses. ia mengakuisisi sebuah majalah internasional. 3. Bagaimana mengikuti arus tapi tetap mengarah ke tujuan Anda. yang memulai usaha di umur 60 tahunan. ketika ia berumur 14 tahun. Nantikan kisah sukses bagaimana seorang kakek berumur 60 tahunan yang sudah meninggal bisa menghasilkan jutaan dollar. salah satu judul bukunya adalah Reallionaire. Bagaimana meraih setiap kesempatan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful