Permainan jawa timur Petak umpet Petak umpet menurut Wikipedia Indonesia adalah sejenis permainan mencari teman

yang bersembunyi, bisa dimainkan oleh minimal 2 orang, namun jika semakin banyak akan semakin seru.

Dimulai dengan hompimpah untuk menentukan siapa yang menjadi "kucing" (berperan sebagai pencari teman-temannya yang bersembunyi). Si kucing ini nantinya akan memejamkan mata atau berbalik sambil berhitung sampai 25, biasanya dia menghadap tembok, pohon atau apasaja supaya dia tidak melihat teman-temannya bergerak untuk bersembunyi. Setelah hitungan sepuluh, mulailah ia beraksi mencari teman-temannya tersebut.

Jika ia menemukan temannya, ia akan menyebut nama temannya yang dia temukan tersebut. Yang seru adalah, ketika ia mencari ia biasanya harus meninggalkan tempatnya (base?). Tempat tersebut jika disentuh oleh teman lainnya yang bersembunyi maka batallah semua teman-teman yang ditemukan, artinya ia harus mengulang lagi, di mana-teman-teman yang sudah ketemu dibebaskan dan akan bersembunyi lagi. Lalu si kucing akan menghitung dan mencari lagi.

Permainan selesai setelah semua teman ditemukan. Dan yang pertama ditemukanlah yang menjadi kucing berikutnya.

Ada satu istilah lagi dalam permainan ini, yaitu 'kebakaran' yang dimaksud di sini adalah bila teman kucing yang bersembunyi ketahuan oleh si kucing disebabkan diberitahu oleh teman kucing yang telah ditemukan lebih dulu dari persembunyiannya.

Ada banyak versi permainan petak umpet, mulai dari menggunakan pilar yang menjadi tempat / base, ada juga yang menggunakan pecahan genting yang ditumpuk dan ditaruh di tengah dan harus dijaga.

Jika menggunakan pecahan genting yang ditumpuk si kucing akan berusaha untuk menjaga agar genting-genting itu selalu menumpuk. Teman kucing yang akan menjatuhkannya dengan bola kasti. Dan aturan lainnya sama dengan permainan petak umpet yang kita kenal.

Eh sekarang. Minggu (5/10). "Badanku berat banget. mencari siapa yang akan menjadi nenek dan siapa yang akan menjadi . "Waktu kecil. Caranya. asalnya dari gasing biasa. Hanya saja. ya ampun. Akhirnya jatuh deh. sama sekali tidak mengenal permainan seperti itu. egrang itu mainan favorit gue." ujar Dede sambil geleng-geleng kepala. yang harus pakai tangga buat naiknya pun. Dede juga gemar bermain permainan anak tradisional. dengan membuatnya menjadi modern. ketika ditantang main egrang di Museum Nasional. Dia terjatuh ketika mencoba melangkah dengan egrang yang sebenarnya tidak begitu tinggi. Jakarta. Akan tetapi untuk bermain egrang. (ARN) Nenek ubi Permainan ini lebih menyenangkan jika dimainkan oleh banyak anak. "Sebenarnya. Bahkan egrang yang tinggi banget itu." kata aktor laga kelahiran Jakarta. Dede bersyukur karena dirinya sempat menikmati masa-masa indah memainkan permainan tradisional itu. banyak permainan tradisional yang bisa dikenalkan kepada anak sekarang. idenya diambil dari gasing Thailand. Mereka lebih pandai bermain sepak bola pada play station daripada di lapangan bola. nanti dulu. egrang pendek saja tidak bisa. Contohnya Beyblade." kata Dede Yusuf (37). "Wah. 14 September 1966 ini.Egrang TUBUHNYA yang kekar itu memang menjadi modal untuk aksi laganya dalam sinetron atau film layar lebar. Di awali dengan hompipah atau dikenal juga oleh anak-anak dengan istilah gambreng. kalau loncat tali. gue bisa. Anak-anak sekarang. lalu dibuat lebih modern dengan besi dan plastik. ini sih keberatan badan. yang menjadi mainan favoritnya pada masa kecil. Waktu mau mengangkat kaki. Selain egrang. seperti loncat tali dan galasin. gue juga jago tuh." kata Dede yang mengaku sampai SMA masih suka main galasin bersama teman-teman di sekitar rumahnya. sekitar 50 10 anak.

si pemilik ubi akan berusaha untuk menyelamatkan ubi-ubi yang diambil oleh si nenek.ubinya. Nenek ubi berada didepan barisan ubi sambil bernyanyi. Permainan ini sangat menyenangkan karena ada lagu berbalas yang menyertainya. Inti permainannya adalah menghadang lawan agar tidak bisa . ⼠ubinya belum mateng⼦⼠ujar serempak anak-anak sambil berusaha agar tak tertarik oleh si nenek.5 orang. Jawa barat Galah Asin Galah Asin atau di daerah lain disebut Galasin atau Gobak Sodor menurut Wikipedia Indonesia adalah sejenis permainan daerah yang berasal dari Indonesia. ⼠tuk tuk geneng keresek kedebong ⼠kata nenek ⼠apa itu⼠ujar ubi serentak ⼠gelondongan⼠kata nenek lagi ⼠minta apa?⼠ujar anak-anak serempak ⼠minta ubi⼠kata si nenek sambil melihat kebarisan belakang. Nenek ubi adalah anak yang kalah pada seleksi di hompipah. yang lainnya menjadi ubi dengan anak yang terbesar menjadi ketua dari barisan ubi. Ketika habis. Permainan ini adalah sebuah permainan grup yang terdiri dari dua grup. Jika ada anak yang dapat ditarik ubi itu akan menjadi milik nenek dan permainan dimulai lagi hingga habis ubi yang dimiliki. di mana masing-masing tim terdiri dari 3 .

biasanya sebuah tiang atau pilar sebagai 'benteng'. Masing . Permainan ini sangat mengasyikkan sekaligus sangat sulit karena setiap orang harus selalu berjaga dan berlari secepat mungkin jika diperlukan untuk meraih kemenangan. masing-masing terdiri dari 4 sampai dengan 8 orang. Galasin menjadi salah satu permainan yang sering dimainkan di lapangan ini. Anggota grup yang mendapat giliran untuk menjaga lapangan ini terbagi dua.lolos melewati garis ke baris terakhir secara bolak-balik. Benteng Benteng atau Bentengan menurut Wikipedia Indonesia adalah permainan yang dimainkan oleh dua grup. dan untuk meraih kemenangan seluruh anggota grup harus secara lengkap melakukan proses bolak-balik dalam area lapangan yang telah ditentukan. maka orang ini mempunyai akses untuk keseluruhan garis batas vertikal yang terletak di tengah lapangan. Demam piala Thomas dan Uber menjadi salah satu hal yang membuat lapangan ini bermunculan. Permainan ini biasanya dimainkan di lapangan bulu tangkis dengan acuan garis-garis yang ada atau bisa juga dengan menggunakan lapangan segiempat dengan ukuran 9 x 4 m yang dibagi menjadi 6 bagian.masing grup memilih suatu tempat sebagai markas. fungsinya berubah menjadi arena bermain anak-anak. hampir di setiap sudut perkampungan-perkampungan di Jakarta masih terdapat banyak lapangan bulu tangkis. Kemenangan juga bisa diraih dengan 'menawan' seluruh anggota lawan dengan menyentuh tubuh mereka. Tujuan utama permainan ini adalah untuk menyerang dan mengambil alih 'benteng' lawan dengan menyentuh tiang atau pilar yang telah dipilih oleh lawan dan meneriakkan kata benteng. Garis batas dari setiap bagian biasanya diberi tanda dengan kapur. Pada era tahun 1980an. Bagi anggota grup yang mendapatkan tugas untuk menjaga garis batas vertical (umumnya hanya satu orang). Ketika lapangan tersebut tidak digunakan. Di area benteng biasanya ada area aman dimana untuk group yang memiliki tiang atau pilar itu sudah berada di area aman tanpa takut terkena lawan. Untuk menentukan siapa yang berhak menjadi 'penawan' dan yang 'tertawan' ditentukan dari waktu terakhir saat si 'penawan' atau 'tertawan' . Bagi anggota grup yang mendapatkan tugas untuk menjaga garis batas horisontal. yaitu anggota grup yang menjaga garis batas horisontal dan garis batas vertikal. maka mereka akan berusaha untuk menghalangi lawan mereka yang juga berusaha untuk melewati garis batas yang sudah ditentukan sebagai garis batas bebas.

Jika bermain secara berkelompok biasanya melibatkan minimal 3 anak. Permainan ini sangat membutuhkan kecepatan berlari dan juga kemampuan strategi yang handal. Permainan secara soliter bisa juga dengan cara skipping. "main karet" mulai dilirik kembali antara lain karena ada sekolah dasar menugaskan murid-muridnya membuat roncean tali dari karet gelang untuk dijadikan sarana bermain dan berolahraga. Dua anak yang kalah akan memegang ujung tali. Lompat Tali Permainan lompat tali secara fisik akan menjadikan anak lebih kuat dan tangkas. Jika hanya bermain seorang diri biasanya anak akan mengikatkan tali pada tiang.menyentuh 'benteng' mereka masing-masing. batang pohon atau pada apa pun yang memungkinkan. 'pengganggu'. bisa dilakukan perorangan ataupun berkelompok. dan penjaga 'benteng'. Aturan permainannya simpel. biasanya masing . Lalu anak lainnya akan melompati tali tersebut. Dalam permainan ini. Diawali dengan gambreng atau hompipah untuk menentukan dua anak yang kalah sebagai pemegang kedua ujung tali. Lompat tali atau "main karet" pernah populer di kalangan anak angkatan 70-an hingga 80-an. yaitu memegang kedua ujung tali kemudian mengayunkannya melewati kepala dan kaki sambil melompatinya. Belum lagi manfaat emosional. lalu gagal melompati tali. lalu melompatinya. satu di bagian kiri. maka anak tersebut akan berganti dari posisi pelompat menjadi pemegang tali. 'mata-mata. Permainan lompat tali ini menjadi favorit saat "keluar main" di sekolah dan setelah mandi sore di rumah. Sekarang. Alat yang dibutuhkan cukup sederhana. bagi anak yang sedang mendapat giliran melompat.masing anggota mempunyai tugas seperti 'penyerang'. intelektual. dan sosialnya yang akan berkembang dalam diri anak tersebut. Bisa berupa tali yang terbuat dari untaian karet gelang atau tali yang banyak dijual di pasaran yang dikenal dengan tali skipping. . Orang yang paling dekat waktunya ketika menyentuh benteng berhak menjadi 'penawan' dan bisa mengejar dan menyentuh anggota lawan untuk menjadikannya tawanan. satu anak lagi di bagian kanan untuk meregangkan atau mengayunkan tali. Cara bermainnya masih tetap sama.

Permainan dapat diawali dengan hompimpah jika yang bermain lebih dari dua orang. Untuk pemain yang bermain terlebih dahulu. Cara bermainnya pun mudah. Selanjutnya diambil dua-dua. Dengan menggunakan bola karet kecil dan buah bekel yang berbentuk unik dan khas dengan jumlah sekitar lima sampai sepuluh buah. Apabila berhasil memukul dengan jarak lebih dari tiga kali panjang batang kayu yang panjang. Batang kayu berada diantara kedua kaki dan kemudian dipukul kebelakang menjauh hingga si pemain tak berhasil memukul batang kayu tersebut. dan terus bertambah satu hingga jumlah keseluruhan. Setelah ditemukan siapa yang bermain terlebih dahulu. Awalnya buah bekel tersebut diambil satu persatu dan pada buah terakhir dengan cepat dilemparkan berbarengan. Jika sudah tak berhasil memukul maka si pemain kemudian di gendong oleh pemain yang sejak tadi tak ikutan memukul. Bisa dengan hompimpah atau suit. dia harus melempar keatas kayu yang ditaruh miring dan memukulnya kedepan dan jaraknya harus melebihi tiga kali ukuran kayu yang panjang. Semakin banyak semakin menyenangkan. Di gendong ke arah batu tempat permainan dimulai. Seperti permainan lainnya permainan ini cukup sederhana dan mudah dilakukan. Dapat dimainkan oleh dua orang maupun lebih. pemain kemudian harus memukul batang kayu kecil itu seperti bermain golf.Keladi Alat permainannya cukup sederhana hanya dua buah batang kayu berukuran 30 sm dan 15 cm juga sebuah batu sebagai penyangga. pertama-tama batang kayu yang berukuran 15 cm ditaruh miring pada sebuah batu. Jika dia tak berhasil memukul atau jarak pukulannya tidak jauh pemain digantikan dengan pemain lainnya. Bekel Permainan yang dapat dilakukan perseorangan maupun beregu. permainan diawali dengan mencari siapa yang akan bermain terlebih dahulu. Tingkat kesulitan pada permainan ini adalah jika kita tak mampu memprediksi pantulan bola dan kemungkinan . Jika hanya dua orang permainan dapat diawali dengan suit untuk menentukan siapa yang jalan duluan. buah bekel di genggam dan dilemparkan ke lantai bersamaan ketika bola dilemparkan.

kemudian dirubah menjadi chin. kemudian posisi buah bekel yang memiliki titik disisinya (pheng) dan dilanjutkan sama seperti sebelumnya. Masing-masing pemain mengacungkan jari telunjuk dan menggesek-gesekkan telunjuk kanan dan kiri (gerakannya) persis seperti orang mengiris cabe. Maka mereka semua duduk melingkar. dan terakhir dirubah menjadi pheng. Mereka semua tetap menyanyikan Sir-sir pong dele gosong secara . Masing-masing orang menaruh telapak tangannya menghadap ke atas di punggung pak Empo. Setelah sampai di bait terakhir . begitu terus sampai lagu tersebut dinyanyikan beberapa kali (biasanya 2-3 kali). Setelah itu semua harus dilalui dengan melintasi melalui jari jempol dan telunjuk berbentuk U kebalik dan tak lupa memantulkan bola bekel. yaitu ngaspel. Tangan kanan dan kiri mereka tertutup rapat seperti menggenggam sesuatu. setelah itu posisi buah bekel yang tak memiliki titik disisinya (chin) kemudian diambil seperti sebelumnya. kemudian dirubah menjadi rho. Pada tahap ngaspel ini permainan sedikit berbeda. Salah seorang dari mereka mengambil kerikil atau benda (benda ini dianggap sebagai anting).. Setelah selesai semua biji diambil dan membentuk tandatangan sebelum bola jatuh kelantai. Lalu mereka semua bersama-sama menyanyikan cublak-cublak suweng sambil memutar kerikil dari telapak tangan yang satu ke yang lainnya. Tujuan dari permainan ini adalah Pak Empo menemukan anting (suweng) yang disembunyikan seseorang.. Setelah pengambilan satu-satu hingga jumlah keseluruhan. Ketika semua tahapan telah dilalui tahapan berikutnya adalah tahapan terakhir. Permainan jawa tengah Cublak-cublak suweng Permainan ini dimainkan olehbeberapa anak/orang. Pada awal permaianan beberapa orang berkumpul dan mengundi/ menentukan salah satu dari mereka untuk menjadi Pak Empo. tetapi minimal tiga orang.Sir-sir pong dele gosong pak Empo Bangun dan pemain lainnya purapura memegang kerikil. Biasanya pengundiannya melalui pingsut/encon/undian biasa. Sedangkan Pak Empo berbaring telungkup di tengah-tengah mereka. Akan tetapi lebih baik antara 6 sampai delapan orang. Hal ini untuk mengecoh pak Empo yang sedang mencari suwengnya . Ketika semua tahapan ini sudah dilalui berarti si pemain telah melalui satu rangkaian dan menang. Setelah chin menjadi rho dan kemudian teknik yang sama digunakan kembali.pengambilan biji yang tebarannya terlalu luas. Setelah ada yang berperan sebagai pak Empo. berikutnya adalah merubah semua buah bekel menjadi bentuk pit dan diambil satu-satu seperti sebelumnya dan meningkat hingga jumlah keseluhan. diawali dengan membentuk buah bekel menjadi barisan diawali dengan pit yang sejajar.

orang yang memakai egrang perlu melewati proses belajar dulu. Berbagai macam permainan tradisional tersebut memberi ruang ketrampilan bagi pemakainya. Karena itu. Bahan yang dipakai sebagai egrang adalah bambu. Salah satu jenis permainan tradisional Jawa apa yang dikenal sebagai egrang. pemakai egrang naik diatas bambu yang dibuat sebagai jenis mainan dan kemudian berjalan kaki. . Permainan ini mengandaikan pemakai/relasinya lebih tinggi posisinya.berulang-ulang sampai pak Empo menunjuk salah seorang yang dianggap menyembunyikan anting. Sebab. Permainan selesai ketika mereka sepakat menyelesaikannya. yang dibuat meyerupai tangga. Lebih dari itu harus aktif dan kreatif. Dan ketika pak Empo berhasil menemukan orang yang menyembunyikan antingnya maka orang tersebut berganti peran menjadi pak Empo. Ketika pak Empo salah menunjuk maka permainan dimulai dari awal lagi (pak Empo berbaring). untuk kemudian berjalan. Siapapun bisa menggunakan egrang. permainan tradisional Jawa tidak menempatkan relasinya hanya pasif. yang sekarang tidak lagi ditemukan. Dalam kata lain. tidak harus anak-anak. Jadi. orang dewasapun bisa menggunakannya. Kapan orang memakai egrang kakinya dinaikan di atas satu tangga. atau pustep kalau meminjam istilah sepeda motor. Egrang Orang Jawa mengenal berbagai macam jenis permainan tradisional. Kapan keseimbangan tidak terpenuhi orang bisa jatuh dari egrang. Diluar ukuran tinggi manusia. karena membutuhkan keseimbangan. permainan tradisional Jawa memberikan rangsangan kreatif bagi relasinya. tetapi tangganya hanya satu.

Egrang bentuknya bisa pendek. Namun lebih untuk memberikan referensi kultural pada anakanak sekarang yang terbiasa dengan permainan yang serba teknologis. Bukan yang utama untuk mengembalikan ³kisah masa lalu´. Namun permainan egrang sekarang tidak lagi mudah ditemukan. kapan orang bermain egrang. Tampaknya proses membentuk kreativitas telah menemukan formula yang sama sekali lain. Karena itu. atau naik di atas meja. posisi tubuhnya menjadi jauh lebih tinggi dari tubuh yang sebenarnya. egrang dan jenis permainan tradisional lainnya perlu untuk dihadirkan. tetapi bisa pula tinggi. Yang pasti. Egrang sepertinya memberikan ³rasa susah´ dari fasilitas teknologi. kembali untuk mengenalkan ingatan terhadap permainan tradisional Jawa. sulit meninggalkan teknologi. barangkali orang bisa menanapki jenis permainan tradisional Jawa lainnya yang sekarang sekedar sebagai kenangan. Persis seperti orang berdiri di tangga. Di tengah anak-anak terbiasa dengan eskalator yang tersedia di mall: hanya berdiri tangga bisa berjalan sendiri. egrang adalah masa lalu yang sekedar untuk dikenang dan sulit untuk ditemukan. Tidak berawal dari kesaadaran dan inisiatif dari dirinya sendiri dan hanya sedikit sekali memerlukan dorongan dari luar seperti egrang. Bagaimana pula cara memakainya. Kreativitas jaman sekarang memerlukan instrumen yang tidak lagi sederhana dan. . Mungkin. Mungkin malah sudah hilang. Atau barangkali. Dari egrang. Anak-anak tidak lagi ³mengenal´ apa itu egrang dan bagaimana bentuknya. permainan egrang tidak lagi relevan di jaman sekarang.

Permainan Tujuan utama permainan ini adalah untuk menyerang dan mengambil alih µbenteng¶ lawan dengan menyentuh tiang atau pilar yang telah dipilih oleh lawan dan meneriakkan kata benteng. Taktik Dalam permainan ini. Masing ± masing grup memilih suatu tempat sebagai markas.Bentengan Bentengan. Tawanan biasanya ditempatkan di sekitar enteng musuh. Tawanan Orang yang paling dekat waktunya ketika menyentuh benteng berhak menjadi penawan¶ dan bisa mengejar dan menyentuh anggota lawan untuk menjadikannya tawanan.com . µpengganggu¶. http://mainantempodoeloe. masing ± masing terdiri dari 4sampai dengan 8 orang. Kemenangan juga bisa diraih dengan menawan¶ seluruh anggota lawan dengan menyentuh tubuh mereka. batu atau pilar sebagai µbenteng¶. µmata ± mata. biasanya sebuah tiang. biasanya masing ± masing anggota mempunyai tugas seperti µpenyerang¶. adalah permainan yang dimainkan oleh dua grup. Tawanan juga bisa dibebaskan bila rekannya dapat menyentuh dirinya. 1. Permainan ini sangat membutuhkan kecepatan berlari dan juga kemampuan strategi yang handal. Untuk enentukan siapa yang berhak menjadi µpenawan¶ dan yang tertawan¶ ditentukan dari waktu terakhir saat si µpenawan¶ atau µtertawan¶ menyentuh µbenteng¶ mereka masing ± masing.wordpress. dan menjaga µbenteng¶. 3. 2.

bagi penjaga. dalam suatu perlombaan lari menuju lingkaran dengan pemain yang di´tekong´. Jawa Tengah. apabila penjaga . Permainan ini sudah terwariskan turun temurun di desa saya di Meger. Pertama. Sistem permaian ini. Selain itu. dibaca layaknya pengucapan ³tempe´. 14 January 2010 06:51 administrator ³Te´. dialah yang menjadi penjaga. tanda telah menyentuh lingkaran. sepanjang permainan permain harus berlari dan berkelit dengan cepat. dibutuhkan pemain lebih dari dua orang (minimal dua orang). Dan proses menuju lingkaran inilah yang menarik. Tidak selesai sampai di situ. saling sikut. dan pecahan genteng yang disebut dengan wingko²masing-masing pemain mempunyai satu wingko. Klaten. panjaga kemudian mencari pemain lainnya yang telah bersembunyi.Tekongan Thursday. membuat lingkaran di tanah sebagai pusat permainan. Kedua. Sebab. penjaga harus menuju lingkaran tempat wingko ditumpuk dan disertai teriakan ³Gong´. dia diwajibkan memekikan kata ³Tekong´ dan diikuti nama pemain yang ditemukan. Permainan dimulai dengan cara nuju (masing-masing pemain melemparkan wingko ke arah lingkaran dengan jarak tertentu). Aturannya. ketika menemukan pemain yang bersembunyi. entah sejak kapan. saat sudah diperoleh siapa yang menjadi penjaga. permainan ini pun melatih daya fisik para pemainnya. Hanya saja media permainannya yang lain. Permainan murah meriah²bahkan bisa dikatakan tak perlu mengeluarkan budget khusus²sekaligus membutuhkan keuletan dari para pemainnya. Sebab. Ceper. untuk menentukan siapa yang akan menjadi penjaga. Pemain yang wingko-nya jatuh dengan jarak paling jauh dari lingkaran. penjaga harus berjibaku. tidak berbeda jauh dengan aturan permaian petak umpet yang sangat fenomenal di Indonesia. sontak pemain lainnya langsung berlari mencari tempat persembunyian sembari penjaga menata wingko secara vertikal (ditumpuk) tepat di tengah lingkaran. tanah lapang. Setelah selesai merapikan wingko yang berserakan. Selanjutnya. Pemain yang mempunyai kemampuan berlari yang ³Siip´ sangat diperhitungkan.

dan berhari-hari dengan penjaga yang sama. dan pemain yang di´tekong´mempunyai kesempatan untuk bersembunyi lagi.belum menyentuh lingkaran pemain mempunyai kesempatan untuk meruntuhkan kembali tatanan wingko. Dan pemain lainnya pun boleh meruntuhkan tatanan wingko untuk membebaskan pemain yang tertangkap sekaligus melanggengkan pekerjaan si penjaga. sudah lazim seorang pemain menjadi penjaga ³abadi´. permainan akan selesai ketika penjaga telah menemukan semua pemain atawa si penjaga ngambek. http://dolananjadul. Hal ini disebabkan penjaga tidak dapat menemukan semua pemain. dibutuhkan kemampuan fisik yang fit. Dan tidak jarang permainan digelar berkalikali. penjaga harus mengamankan tatanan wingko supaya tidak ³dihancurkan´ pemain lainnya. Untuk itulah. ulet dan lari yang cepat. Untuk itu.com congklak .blogspot. Itu artinya penjaga harus menata ulang wingko. Dalam suatu permainan.

Regu yang menang sut akan menjadi pemain sementara yang kalah harus menjadi penjaga. Setiap penjaga harus mengawal garisnya dari ujung ke ujung..Cerita Singkat Slodoran Permainan ini memerlukan lapangan kurang lebih sebesar lapangan bulutangkis. Bandung: Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata. 2004. Pemainnya harus beregu dengan jumlah lima orang personel setiap regu. Lapangan tersebut dibagi dua memanjang kemudian dibagi tiga ke arah lebarnya. begitu seterusnya. yang dibagi menjadi enam ruangan dengan bentuk lapangan dua-dua memanjang. Budaya Tradisional pada Masyarakat Indramayu. jika ada lawan yang melewatinya harus itangkap. Yuzar. Jika dilakukan sut biasanya regu memilih salah seorang untuk mewakili regunya. sementara seorang lagi menjaga garis vertikal atau garis yang terletak di tengah-tengah lapangan yang memanjang. Penentuan regu yang menjadi pemain dan penjaga. harus diundi dengan jalan sut atau melempar uang logam. Adapun jika penentuannya menggunakan uang logam maka setiap regu harus menentukan muka mana yang ia pilih. Dan jika salah satu mengenainya maka penjaga akan menjadi pemain dan pemain menjadi penjaga. . Balai Kajian Sejarah dan Nilai Tradisional Bandung. Sumber: Purnama. dan jika setelah uang dilemar maka muka yang muncul di atas menunjukkan regu yang menang untuk menjadi pemain. Penjaga harus berdiri di setiap garis yang melebar dengan jumlah empat orang. Jika pemain berhasil melalui setiap garis dari depan ke belakang terus kembali ke depan atau ke awal permainan berarti ia menang satu point dari lawannya. dkk.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful