P. 1
Sejarah Menurut Para Ahli

Sejarah Menurut Para Ahli

|Views: 1,673|Likes:
Published by subuh_hari

More info:

Published by: subuh_hari on Oct 23, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/19/2012

pdf

text

original

SEJARAH MENURUT PARA AHLI

(1) Menurut "Bapak Sejarah" Herodotus, Sejarah ialah satu kajian untuk menceritakan suatu
perputaran jatuh bangunnya seseorang tokoh, masyarakat dan peradaban. (2) Mengikut definisi yang diberikan oleh Aristotle, Sejarah merupakan satu sistem yang meneliti suatu kejadian sejak awal dan tersusun dalam bentuk kronologi. Pada masa yang sama, menurut beliau juga Sejarah adalah peristiwa-peristiwa masa lalu yang mempunyai catatan, rekod-rekod atau bukti-bukti yang konkrit. (3) Menurut R. G. Collingwood, Sejarah ialah sebuah bentuk penyelidikan tentang halhal yang telah dilakukan oleh manusia pada masa lampau. (4) Patrick Gardiner menyatakan sejarah sebagai ilmu yang mempelajaria apa yang telah diperbuat oleh manusia. (5) Drs. Sidi Gazalba mencoba menggambarkan sejarah sebagai masa lalu manusia dan seputarnya yang disusun secara ilmiah dan lengkap meliputi urutan fakta masa tersebut dengan tafsiran dan penjelasan yang memberi pengertian dan kefahaman tentang apa yang berlaku. (6) SEJARAH, menurut E.H. Carr dalam buku teksnya What is History, adalah dialog yang tak pernah selesai antara masa sekarang dan lampau, suatu proses interaksi yang berkesinambungan antara sejarawan dan fakta-fakta yang dimilikinya. (7) Menurut Muthahhari, ada tiga cara mendefinisikan sejarah dan ada tiga disiplin kesejarahan yang saling berkaitan, yaitu: a. sejarah tradisional (tarikh naqli) adalah pengetahuan tentang kejadian-kejadian, peristiwa-peristiwa dan keadaan-keadaan kemanusiaan di masa lampau dalam kaitannya dengan keadaan-keadaan masa kini. b. sejarah ilmiah (tarikh ilmy), yaitu pengetahuan tentang hukum-hukum yang tampak menguasai kehidupan masa lampau yang diperoleh melaluipendekatan dan analisis atas peristiwa-peristiwa masa lampau. c. filsafat sejarah (tarikh falsafi), yaitu pengetahuan tentang perubahan-perubahan bertahap yang membawa masyarakat dari satu tahap ke tahap lain, ia membahas hukumhukum yang menguasai perubahan-perubahan ini. Dengan kata lain, ia adalah ilmu tentang menjadi masyarakat, bukan tentang mewujudnya saja. (8) Shefer juga berpendapat bahwa Sejarah adalah peristiwa yang telah lalu dan benarbenar berterjadi. (9) Sejarah adalah ilmu pengetahuan dengan umumnya yang berhubungan dengan cerita bertarikh sebagai hasil penfsiran kejadian-kejadian dalam masyarakat manusia pada waktu yang telah lampau atau tanda-tanda yang lain. (Muhammad Yamin) (10) History is the memory of human experience (Robert V. Daniels) (11) All past event is history (history as actuality). History can help student to understand human behaviour in the past, present and future (new goals for historical studies). (J.Banks)

8. 1955). menjelaskan kekuatan interaksi antara manusia dan alam. 11. 1967).. Hasil seminar dan lokakarya di Semarang (1988) Geografi adalah ilmu yang mempelajari persamaan dan perbedaan fenomena geosfer dengan sudut pandang kewilayahan dan kelingkungan dalam konteks keruangan. Prof. Ia juga berpendapat bahwa peta sangat penting untuk menjawab pertanyaan “di mana” dari berbagai aspek dan gejala geografi. 10. is a mountain top of human knowledge from whence the doings of our generation may be scanned and fitted into proper dimensions (Gustafson. 6. proses. kelingkungan. 12. 4. (13) History is what one age finds worthy of note in another (Burckhardt. 5. Maurice Le Lannou (1959) Objek study geografi adalah kelompok manusia dan organisasinya di muka bumi. Paul Claval (1976) Geografi selalu ingin menjelaskan gejala gejala dari segi hubungan keruangan. 1958) happened to people (Nugent. James Fairgrive (1966) Geografi memiliki nilai edukatif yang dapat mendidik manusia untuk berpikir kritis dan bertanggung jawab terhadap kemajuan-kemajuan dunia. Strabo (1970) Geografi erat kaitannya dengan faktor lokasi. karakterisitik tertentu dan hubungan antar wilayah secara keseluruhan. menemukan hubungan antara kehidupan manusia dengan lingkungan fisik. . baik yang bersifat fisik maupun yang menyangkut kehidupan makhluk hidup beserta permasalahannya melalui pendekatan keruangan. GEOGRAFI 3. Preston e James Geografi dapat diungkapkan sebagai induk dari segala ilmu pengetahuan” karena banyak bidang ilmu pengetahuan selalu mulai dari keadaan muka bumi untuk beralih pada studinya masing-masing. Frank Debenham (1950) Geografi adalah ilmu yang bertugas mengadakan penafsiran terhadap persebaran fakta. Bintarto (1981) Geografi mempelajari hubungan kausal gejala-gejala di permukaan bumi. Ullman (1954) Geografi adalah interaksi antar ruang 7.. dan regional untuk kepentingan program. 9. Pendapat ini kemuadian di sebut Konsep Natural Atrribut of Place. dan keberhasilan pembangunan.(12) History . Lobeck (1939) Gegografi adalah suatu studi tentang hubungan – hubungan yang ada antara kehidupan dengan lingkungan fisiknya..

yang berbeda dari keadaanya di tempat lain. atau “menjelaskan”). penduduk. 15. penduduk. Harstone Geografi adalah sebuah ilmu yang menampilkan relitas deferensiasi muka bumi seperti apa adanya. flora. . flora. 14. fauna. Herioso Setiyono (1996) Geografi merupakan suatu ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik antara manusia dengan lingkungannya dan merujuk pada pola persebaran horisontal dipermukaan bumi. Bisri Mustofa (2007) Geografi merupakan ilmu yang menguraikan tentang permukaan bumi. 18. Ferdinand von Richthoven Geografi adalah ilmu yang mempelajari gejala dan sifat pemukaan bumi dan penduduknya. serta hasil yang diperoleh dari bumi.13. tetapi juga dalam arti kombinasi keseluruhan fenomena di setiap tempat. Kata geografi berasal dari Bahasa Yunani yaitu gê (”Bumi”) dan graphein (”menulis”. Jhon Alexander Geografi merupakan disiplin ilmu yang menganalisis variasi keruangan dalam veriabel kawasan-kawsandan hubungan antar variabel – variabel keruangan. faquna serta basil-basil yang diperoleh dari bumi. Depdikbud (1989) Geografi merupakan suatu ilmu tentang permukaan bumi.tidak hanya dalam arti perbedaan – perbedaan dalam hal tertentu. disusun menurut letaknya. 17. 19. iklim. Wikipedia Geografi adalah ilmu tentang lokasi dan variasi keruangan atas fenomena fisik dan manusia di atas permukaan bumi. iklim. menerangkan baik tentang terdapatnya gejala – gejala dan sifat – sifat itu. 16.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->