P. 1
Macam macam sujud

Macam macam sujud

|Views: 1,277|Likes:
Published by PipitKomala Ikutan

More info:

Published by: PipitKomala Ikutan on Oct 24, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/10/2013

pdf

text

original

Macam macam sujud

1. Sujud Tilawah a. Pengertian Tilawah berasal dari kata tala yaitu tilawatan artinya ³Bacaan´. Jadi Sujud Tilawah adalah sujud bacaan atau mendengar ayat sajadah. Sujud tilawah dilakukan satu kali baik dalam shalat maupun luar shalat, barang siapa yang membaca atau mendengar ayat sajadah, disunatkan bertakbir lalu sujud dan membaca doa sujud Tilawah. Nabi bersabda : Dari Ibnu Umar ra. Berkata : ³Sesungguhnya Nabi SAW pernah membaca Alqur¶an di depan kami ketika beliau melalui (membaca) ayat sajadah beluai takbir, lalu sujud kamipun sujud pula bersama-sama beliau´. (HR. Turmudzi). Bagi orang yang tidak shalat tapi dia mendengarkan bacaan ayat sajadah maka dia pun disunatkan sujud tilawah semata-mata ikut imam yang melakukan shalat tilawah. Selanjutnya apabila ia mengikuti imam sujud atau makmum melakukan sujud tilawa tetapi imam tidak melakukannya maka batallah shalatnya kecuali makmum masbuk yang tidak tahu bahwa sujud yang dilakukan imam itu adlah sujud tilawah. Rukun Sujud Tilawah : - Niat Sujud Tilawah - Takbiratul Ihram - Memberi salam sesudah sujud Bacaan sujud tilawah adalah ³Subhaanallah Walhamdulillah Walaa Ilaaha Illallah Allahu Akbar´ 3x. Diantara ayat alqur¶an sebagai ayat sajadah antara lain : - Surat Al-A¶raf : 206 - Surat Maryam : 58 - Surah An-Najm : 62 - Surah Al-Alaq : 19 - Surah Insyiqaaf : 21

sesungguhnya Nabi SAW: ³ Apabila datang kepada Allah beliau mendapat suatu yang menggembirakan. setelah itu. hanya dilakukan sesudah shalat (salam) atau diluar shalat. Cara Shalat Syukur Cara melakukan sujud syukur berbeda dengan sujud tilawah dan sujud sahwi. (H. tapi yang lebih utama (afdhal) dilakukan sebelum melakukan aktifitas lainnya termasuk zikir sesudah shalat. takbir lagi untuk bangun/berdiri lalau rukuk seperti biasa sampai shalat selesai.R Abu Dawud dan Turmidzi). Cara Melakukan Sujud Tilawah .Bersujud satu kali sambil membaca bacan sujud tilawah . Bacaan sujud pertama adalah : ³Subhaanallah Walhamdulillah Walaa Ilaaha Illallah Allahu Akbar´ dibaca 10 x. Pengertian Kata syukur berasal dari kata bahasa Arab yang artinya terima kasih. Sujud kedua Do¶a sapu jagat : ³Rabbanaa Aatina Fiddunyaa hasanah waa fil aakhirati hasanah waa qinaa µazabannar´.Bangun dari sujud (duduk diantara dua sujud) kemudian salam Dan apabila sujud tilawah dilakukan dalam shalat maka cara melakukannya adalah : sehabis membaca surah yang didalamnya ayat sajadah (pad waktu berdiri dirakaat pertama atau kedua)o langsung bertabir untuk sujud dan sujudnya satu kali dan bacaan sujudnya.Dan banyak lagi surah yang lain. sujud syukur adalah sujud sebanyak 3 x dan sujud syukur tidak harus menghadap kiblat. Dibaca 10 x. 2. bahaya dan kesulitan. Sujud Syukur a.Sehabis membaca ayat sajadah posisi sebaiknya menghadp kiblat . b. beliau terus sujud berterima kasih kepada Allah´. keberhasilan dan juga terhindar dari musibah. Sujud ini dilakukan karena kita mendapatkan suatu keselamatan atau keberuntungan. b. atau kabar suka. . Nabi Muhammad SAW bersabda : Dari Abu Bakrah.Bertakbir sambil berniat dalam hati (niat sujud tilawah) .

. dengan catatan jika terjadi secara spontan. Lalu bangkit tanpa salam sebagaimana dalam shalat. Dibaca 10 x. maka kita sujud secara spontan juga di tempat yang bersih dan suci dengan bacaan alhamdulillah wa syukrillah.Sujud Ketiga adalah : ³Allahumma Shalli alaa Sayyidinaa Muhammad waa alaa aalihii washohbihii azma¶iin´.

barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu. .´ (QS. bentuk pelanggaran dengan kafaratnya antara lain : 1. maka ia harus melaksanakan puasa selama tiga hari. bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Qur¶an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). sebanyak hari yang ditinggalkannya itu. diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana telah diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu. Karena itu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu. Al Baqoroh: 185) b. Yurîdullohu bikumul-yusro wa lâ yurîdu bikumulµusro wa litukmilul-µiddata walitukabbirulloha µalâ mâ hadâkum wa la¶allakum tasykurûn ³(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan. Puasa Kafarat Puasa kafarat adalah puasa sebagai penebusan yang dikarenakan pelanggaran terhadap suatu hukum atau kelalaian dalam melaksanakan suatu kewajiban. wa man(g) kâna marîdhon aw µalâ safari(g) fa¶iddatum-min ayyâmin ukhor. Allah menghendaki kemudahan bagimu. maka (wajiblah baginya berpuasa). agar kamu terhindar dari keburukan rohani dan jasmani (QS. Yang termasuk ke dalam puasa fardhu antara lain: a. Apabila seseorang melanggar sumpahnya dan ia tidak mampu memberi makan dan pakaian kepada sepuluh orang miskin atau membebaskan seorang roqobah.yâ ayyuhal-ladzîna âmanûkutiba µalaykumush-shiyâmu kamâ kutiba µalal-ladzîna min qoblikum la¶allakum tattaqûn ± Wahai orang-orang yang beriman. .Macam macam puasa A. dan tidak menghendaki kesukaran bagimu.syahru Romadhônal-ladzî unzila fîhil-qurânu hudal-lin-nâsi wa bayyinâtim-minal-hudân walfurqôn(i). sehingga mengharuskan seorang mukmin mengerjakannya supaya dosanya dihapuskan. Puasa bulan Ramadhan Puasa dalam bulan Ramadhan dilakukan berdasarkan perintah Allah SWT dalam Al-Qur¶an sebagai berikut : . PUASA FARDHU Puasa fardhu adalah puasa yang harus dilaksanakan berdasarkan ketentuan syariat Islam. dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka). supaya kamu bersyukur. Faman syahida min(g)kumusy-syahro falyashumh(u). maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu. pada hari-hari yang lain. Al Baqarah: 183).

[2] 2. Ketika daging kelinci itu dihidangkan pada beliau maka beliau saw. maka seakan ± akan dia berpuasa selama setahun´. melainkan manusia sendiri yang telah menetapkannya bagi dirinya sendiri untuk membersihkan (Tazkiyatun Nafs) atau mengadakan janji pada dirinya sendiri bahwa apabila Tuhan telah menganugerahkan keberhasilan dalam suatu pekerjaan. PUASA SUNNAT Puasa sunnat (nafal) adalah puasa yang apabila dikerjakan akan mendapatkan pahala dan apabila tidak dikerjakan tidak berdosa.2. Menurut Imam Syafi¶I. Maliki dan Hanafi: Orang yang berpuasa berturut-turut karena Kafarat. Apabila dengan sengaja membatalkan puasanya dalam bulan Ramadhan tanpa ada halangan yang telah ditetapkan. Adapun puasa sunnat itu antara lain : 1. Apabila seseorang secara sengaja membunuh seorang mukmin sedang ia tidak sanggup membayar uang darah (tebusan) atau memerdekakan roqobah maka ia harus berpuasa dua bulan berturut-turut (An Nisa: 94). maka ia harus melakukan puasa tiga hari di Mekkah dan tujuh hari sesudah ia sampai kembali ke rumah. Mengerjakan puasa nazar ini sifatnya wajib. yang disebabkan berbuka puasa pada bulan Ramadhan. 4. Demikian pula. Puasa Nazar Adalah puasa yang tidak diwajibkan oleh Tuhan. lalu tidak mendapatkan binatang kurban. sesungguhnya Rasulallah saw. ia harus membayar kafarat dengan berpuasa lagi sampai genap 60 hari. 14. maka berpuasa pada hari-hari tersebut jadi wajib atasnya dan apabila dia pada hari-hari itu sakit atau mengadakan perjalanan maka ia harus mengqadha pada hari-hari lain dan apabila tengah berpuasa nazar batal puasanya maka ia bertanggung jawab mengqadhanya.a.. kemudian dia menyusulkannya dengan berpuasa enam hari pada bulan syawal . ia tidak boleh berbuka walau hanya satu hari ditengah-tengah 2 (dua) bulan tersebut. begitu juga tidak disunnahkan oleh Rasulullah saw. Apabila ia berbuka. baik karena uzur atau tidak.[1] c. dengan membawa kelinci yang telah dipanggang. Puasa 6 (enam) hari di bulan Syawal Bersumber dari Abu Ayyub Anshari r. 3. . 15) dari tiap-tiap bulan Qomariyah Pada suatu hari ada seorng Arabdusun datang pada Rasulullah saw. Hari-hari nazar yang ditetapkan apabila tiba. B. Barangsiapa yang melaksanakan ibadah haji bersama-sama dengan umrah. apabila dikarenakan suatu mudharat (alasan kesehatan dan sebagainya) maka berpangkas rambut. Puasa Tengah bulan (13. karena kalau berbuka berarti ia telah memutuskan kelangsungan yang berturut-turut itu. ia wajib memulai puasa dari awal lagi selama dua bulan berturut-turut. bersabda: ³ Barang siapa berpuasa pada bulan Ramadhan. maka ia akan berpuasa sekian hari. (tahallul) ia harus berpuasa selama 3 hari.

Turmudzi)[4] 4.[3] 3. (H. maka berpuasalah pada hari itu. apabila selang hari puasa tersebut masuk pada hari Jum¶at atau dengan kata lain masuk puasa pada hari Jum¶at. hal ini dibolehkan. bersabda: Hari Asyuro (yakni 10 Muharram) itu jika seseorang menghendaki puasa. Dan beliau berbuka sehingga kami mengatakan: beliau tidak berpuasa.hanya menyuruh orang-orang yang ada di sekitar beliau saw. PUASA MAKRUH Menurut fiqih 4 (empat) mazhab. mengapa engkau tidak ikut makan? Jawabnya ³aku sedang puasa tiga hari setiap bulan. Puasa hari Senin dan hari Kamis. empat belas dan ke lima belas. dari ayahnya berkata: Nabi saw.[8] C. Dari Aisyah ra.[6] 6. bersabda: ³Puasa hari Arafah itu menghapuskan dosa dua tahun. dia berkata : Sesungguhnya Rasulullah saw bersabda: ³Sesungguhnya puasa yang paling disukai oleh Allah swt. 7.´[7] Mengenai masalah puasa Daud ini. demikian pula ketika si arab dusun tidak ikut makan. Puasa tanggal 9 dan 10 bulan Muharam. Karena yang dimakruhkan adalah berpuasa pada satu hari Jum¶at yang telah direncanakan hanya pada hari itu saja. Muslim)[5] 5. Nabi saw. puasa makruh itu antara lain : 1. Puasa pada hari Jumat secara tersendiri . sedangkan beliau sendiri tidak ikut makan. Dari Salim. Saya tidaklah melihat Rasulullah saw. Sya¶ban dan pada bulan-bulan suci Dari Aisyah r. kemudian melakukan ibadah pada sepertiganya dan sisanya lagi dia gunakan untuk tidur. kembali Nabi Daud berpuasa sehari dan tidak berpuasa sehari. ³kalau engkau bisa melakukannya puasa tiga hari setiap bulan maka sebaiknya lakukanlah puasa di harihari putih yaitu pada hari ke tiga belas. sembahyang yang paling d sukai oleh Allah ialah sembahyang Nabi Daud as. Puasa hari Arafah (Tanggal 9 Dzulhijjah atau Haji) Dari Abu Qatadah. memilih puasa hari senin dan hari kamis. maka sebaiknya lakukanlah puasa di hari-hari putih setiap bulan´. bertanya padanya. Puasa nabi Daud as. Dan saya tidak melihat beliau berpuasa lebih banyak daripada puasa di bulan Sya¶ban. maka beliau saw. berpuasa sehingga kami mengatakan: beliau tidak berbuka. (satu hari bepuasa satu hari berbuka) Bersumber dari Abdullah bin Amar ra. R.R. Nabi saw. untuk menyantapnya.a berkata: Rasulullah saw. satu tahun yang tekah lalu dan satu tahun yang akan datang´ (H. menyempurnakan puasa sebulan kecuali Ramadhan. ialah puasa Nabi Daud as. Puasa bulan Rajab. Dia tidur sampai tengah malam.

Artinya. yaitu hari kamu semua berbuka dari puasamu (1 Syawwal) dan hari yang lain yang kamu semua makan pada hari itu. dari Nabi saw. PUASA HARAM Puasa haram adalah puasa yang dilarang dalam agama Islam.a dari Nabi saw. kecuali mendapat izin suaminya. hanya mengkhususkan hari Jumat saja untuk berpuasa. bersabda: ³Tidak boleh seorang wanita berpuasa sedangkan suaminya ada di rumah. Puasa sehari atau dua hari sebelum bulan Ramadhan Dari Abu Hurairah r. kecuali seseorang yang biasa berpuasa. jilid II. No. Untuk mengerjakan puasa. di suatu hari selain bulan Ramadhan. lalu didatangkan seekor kambing. maka berpuasalah hari itu. bersabda: ³Janganlah kamu berpuasa pada hari Jum¶at. Puasapuasa tersebut antara lain: a. beliau bersabda: ³Janganlah salah seorang dari kamu mendahului bulan Ramadhan dengan puasa sehari atau dua hari.[11] D.´[13](Sunan Ibnu Majah. lalu beliau berkata:´Ini adalah dua hari yang dilarang oleh Rasulullah saw. Maka µAmmar berkata: Barangsiapa yang berpuasa hari ini maka berarti dia mendurhakai Abal Qasim saw. No.´[10] 3. Dari Abu Hurairah ra. berkata: ³Saya mendengar Nabi saw. yaitu ibadah hajimu. Puasa pada hari syak (meragukan) Dari Shilah bin Zufar berkata: Kami berada di sisi Amar pada hari yang diragukan Ramadhannya. maka sebagian kaum menjauh.1901) b.Berpuasa pada hari Jumat hukumnya makruh apabila puasa itu dilakukan secara mandiri. jilid III.a.[12](Shahih Bukhari. Puasa yang diharamkan.1761) . melainkan bersama satu hari sebelumnya atau sesudahnya. Puasa pada dua hari raya Dari Abu Ubaid hamba ibnu Azhar berkata: Saya menyaksikan hari raya (yakni mengikuti shalat Ied) bersama Umar bin Khattab r. Puasa seorang wanita dengan tanpa izin suami Dari Abu Hurairah ra.´ [9] 2.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->