Gambar Narkoba

Oleh: AsianBrain.com Content Team Apa yang membuat seseorang menyalahgunakan narkoba yang mengakibatkan kehilangan rumah, keluarga dan perkerjaan, hal tersebut biasanya diakibatkan berbagai faktor, diantaranya tidak mampu-nya sesorang untuk untuk menahan diri atau jiiwa, stress, kesendirian dan depresi. Dan jalan pintas yang diambil oleh orang kebanyakan yaitu dengan mengkonsumsi narkoba. Efek dari narkoba dapat bervariasi tergantung pada : * Jenis narkoba yang digunakan. * Berapa banyak obat yang diambil * Seberapa sering obt itu digunakan * Seberapa cepat obat itu naik ke otak. Efek Narkoba juga dapat berbeda satu sama lain, penyalahgunaan Narkoba akan mempengaruhi otak dan tubuh secara langsung, dari mulainya tekanan darah ke jantung. Dibawah ini adalah beberapa kumpulan gambar terhadap penyalahgunaan narkoba.

Gambar diatas Pecandu yang sudah mengkonsumsi ekstasi yang sedang trance, rasa malu dan cemas pun menghilang.

Gambar disebelah kiri merupakan efek heroin pada kulit yang digunakan dalam jangka waktu panjang, sedangkan yang disebelah kanan merupakan bubuk heroin.

Gambar diatas merupakan cairan dan pill dari Ampetamin, efeknya bisa memberikan rangsangan bagi perasaan manusia , pemakai akan terikat secara fisik dan mental walau tubuh sudah sangat lelah, jika tubuh tidak dapat lagi menanggung beban, bisa menyebabkan pingsan dan mati karena kelelahan.

paranoid. Efek psikologis dari crack jauh lebih kuat ketimbang kokain. akan tetapi sering membuat jiwa si pemakai merasakan ganjil & aneh sehingga sering membuatnya berubah menjadi brutal. gelisah. tidak nafsu makan. Penggunaan yang terus menerus dapat merusakan otot jantung dan bahkan menyebabkan kematian dan impoten. efeknya bagi si Pemakai akan lebih bersemangat. . Gambar di sebelah kiri merupakan daun kokain dan sebelah kanan adalah bubuk kokain. tidak bisa diam. cara pemakaian biasanya dengan dihisap seperti rokok. lever terganggu.Gambar diatas merupakan Crack Cocain.

hati. kerusakan jantung. Namun bisa merusak otak.Gambar diatas merupakan seorang perempuan yang meninggal akibat pengaruh Kokain ( shabu-shabu) yang berlebihan. paranoia. meningkat. . gangguan kejiwaan. efeknya si pemakai akan merasa gembira. Gambar diatas merupakan berbagai jenis tablet ekstasi. nyaman. depresi dan kematian.

atau nipam. membuat si pemakai malas. Efek bagi si pemakai. dan penglihatan kabur. mudah marah dan banyak bicara. pill BK. Gambar diatas merupakan tablet Magadon. lamban berfikir. dapat menimbulkan rasa senang yang berkepanjangan tanpa sebab. jalan sempoyongan. efek bagi si pemakai.Gambar diatas merupakanan tanaman Ganja. bicara jadi cadel. .

bukit. halusinasi ( fly ).Gambar diatas merupakan mashroom (jamur jenis Psilocybe). menekan aktivitas psikologi yang dapat menyebabkan tubuh tak sadarkan diri. berpengaruh pada tubuh sebagai analgetik atau mengurangi sakit. Pemakai opium dapat merasakan keadaan yang tenang dan semuanya serasa baik-baik saja. . Jamur ini tumbuh di alam liar khususnya di daerah yang lembab dan seperti hutan. Gambar diatas merupakan biji opium setelah disayat. atau di sekitar tinja dari hewan-hewan herbivora liar yang telah diproses oleh bakteri. magic atau jamur yang bisa membuat orang menjadi hilang kesadaran. yang sering diproses secara kimia untuk dijadikan heroin. nah getah ini mengandung 12 % morfin.

Gambar diatas merupakan pabrik untuk pembuatan tablet ekstasi. dalam memakai heroin. Gambar diatas merupakan berbagai cara pecandu. . baik itu dihisap. si pemakai akan merasakan ketenangan dan kesenangan yang lebih tinggi dibandingkan morfin. Molekul heroin lebih mudah masuk ke dalam otak melalui BBB (blood brain barrier) ketimbang molekul morphine itu sendiri. dibakar dan di suntik.

karena disesuaikan dengan jenis dan tindah kejahatan obat terlarang.com Content Team Fungsi dari Hukum Narkoba dalam suatu Negara untuk membatasi penyalahgunaan Narkoba sehingga lingkungan masyarakat menjadi yang aman dan nyaman. Hukum bersifat kompleks dan terus berubah. . akibat pengaruh heroin. Hukum Narkoba Oleh: AsianBrain. Meminimalis dampak negatif dari Narkoba dalam masyarakat.Gambar diatas merupakan seorang wanita tidak sadarkan diri sedang diseret oleh petugas Rehabilitasi. Begitupun dengan tingkat hukuman yang dijatuhkan sesuai dengan jenis kejahatan yang dilakukan. Beberapa fungsi dari hukum Narkoba : • • • Melindungi banyak orang dari bahaya. Menghukum para penjahat yang memperdagangkan atau menggunakan obat-obat terlarang.

mengekstraksi. dipidana dengan pidana penjara paling lama 10 tahun dan denda paling banyak Rp. Methadone.000.000. tingkatan kasus obat yang tidak berbahaya atau lebih rendah tingkatannya dari kelas B. mengolah. .1. dan hukumannya lebih ringan. tentu saja hukuman pun paling ringan. memiliki.000.000. mempunyai dalam persediaan.000. menyimpan. Kokain. memelihara.500.Undang-undang no.000. Pasal 81 ayat 1 (a) Membawa. depresi dan insomnia). Dextromoramide. contoh Narkoba yang disalahgunakan adalah: Opium. Contoh Narkoba yang disalahgunakan adalah: obat resep seperti Tranquillisers ( obat rasa cemas. atau menguasai narkotika golongan I dalam bentuk tanaman atau bukan tanaman. barbiturates dan dihydrocodeine. Kejahatan Narkoba tingkat C. nah tingkatan kasus obat yang dianggap tidak terlalu berbahaya atau lebih rendah dari tingkat A. Ketamine (obat bius yang berefek halusinogen dan melumpuhkan semua indera) .750. atau kelas 3.mengirim. Pasal 80 ayat 1(a) Memproduksi. 5 tahun 1997 tentang psikotropika Berikut salah satu kutipan dari Undang-undang no. Contoh Narkoba yang disalahgunakan adalah: Kodein. 22 tahun 1997 tentang Narkotika : Pasal 78 ayat 1(a) dan 1 (b) Menanam. dan LSD. nah tingkatan kasus obat yang paling berbahaya.(tujuh ratus lima puluh juta rupiah).Undang-undang no. 22 tahun 1997 tentang Narkotika dan . dan hukuman pun paling serius.mengangkut. dipidana dengan pidana mati atau pidana penjara seumur hidup atau pidana penjara paling lama 20 tahun dan denda paling banyak Rp. mengkonversi.atau mentransito narkotika golongan I dipidana dengan pidana penjara paling lama15 (lima belas) tahun dan denda paling banyak Rp..-(lima ratus juta rupiah). diantara lainnya.Hukuman yang dijatuhkan berdasarkan tingkat kasus Narkoba diantaranya : • • • Kejahatan Narkoba tingkat A atau kelas 1. GHB (obat penenang) dan cannabis (jenis tanaman untuk penenang). Kejahatan Narkoba tingkat B atau kelas 2. Morfin. Ampetamin.-(satu milyar rupiah). Heroin. Di Indonesia ada 2 undang-undang yang digunakan untuk permasalahan Narkoba yaitu : .000. Ecstasy. merakit. Methylamphetamin. atau menyediakan narkotika golongan I.

000. Pasal 88 ayat 2 Keluarga pecandu narkoba sebagai mana dimaksud dalam pasal 88 ayat 1 yang dengan sengaja tidak melaporkan pecandu narkotoka tersebut. penuntutan. Pasal 92 Barang siapa tanpa hak dan melawan hokum menghalang-halangi atau mempersulit penyidikan .. 1. 1.000.sedangkan ancaman hukuman bagi penyalahgunaan dan pengedar gelap Psikotropika. dipidana dengan penjara paling lama 5 (lima) tahun dan denda paling banyak Rp.(satu juta rupiah).000..(seratus lima puluh juta rupiah). Pasal 86 ayat 1 (a) Orang tua atau wali pencandu yang belum cukup umur.Pasal 82 ayat 1 (a) Mengimpor.000. 1. Pasal 85 ayat 1 (a) Menggunakan narkotika golongan I bagi dirinya sendiri... menyerahkan.dipidana dengan pidana penjara paling lama 15 (lima belas) tahun dan denda paling banyak Rp..(tujuh ratus lima puluh juta rupiah).000. dipidana dengan pidana penjara kurungan paling lama 6 (enam) bulan atau denda paling banyak Rp. 2. menyalurkan. Pasal 88 ayat 1 (a) Pecandu narkotika yang telah cukup umur dan dengan sengaja melaporkan diri sebagai mana dimaksud dalam pasal 42 ayat (2). 750.000. menawarkan untuk dijual.000.000. dipidana denga pidana kurungan paling lama 6 (enam) bulan atau denda paling banyak Rp.000. yang sengaja tidak melapor. atau menukar narkotika golongan I. membeli. seperti dikutip dari undang-undang nomor 5 tahun 1997 tentang Psikotropika.(satu milyar rupiah). mengekspor. menjadi perantara dalam jual beli. sbb: Pasal 60 ayat 1 (a) . atau pemeriksaan perkara tindak pidana narkotika dimuka siding pengadilan. dipidana dengan pidana kurungan paling lama 3 (tiga) bulan atau dengan denda paling banyak Rp. menjual. Pasal 84 ayat 1 (a) Memberikan narkotika golongan I untuk digunakan orang lain.(dua juta rupiah). dipidana dengan pidana mati atau pidana seumur hidup. menerima.dipidana dengan pidana penjara paling lama 4 (empat) tahun .000.000.(satu juta rupiah).000. 150. atau pidana penjara paling lama 20 (dua puluh) tahun dan denda paling banyak Rp.000.

(enam puluh juta rupiah)..000.000.(enam puluh juta rupiah). 60.000.. Pasal 6 ayat 4 dan 5 Menyerahkan dan menerima penyerahan psikotropika. dipidana penjara paling lama 3 (tiga) tahun dan pidana denda paling banyak Rp..000.000. Pasal 60 ayat 3 Menerima penyaluran psikotropika. Pasal 60 ayat 2 Menyalurkan psikotropika.(seratus juta rupiah). 60. 100. 60. 200. Pasal 62 Barang siapa tanpa hak memiliki... dipidana dengan pidana penjara paling lama 3 (tiga) tahun dengan pidana denda paling banyak Rp.(enam puluh juta rupiah). dipidana paling lama 3 (tiga) tahun dan pidana denda paling banyak Rp. . dipidana denga penjara paling lama 1a (satu) tahun denga pidana denda paling bvanyak Rp.(dua puluh juta rupiah). dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun dengan pidana denda paling vbnayk Rp.(dua puluh juta rupiah).Memproduksi atau mengedarkan psikotropika dalam bentuk obat yang tidak terdaftar pada department yang bertanggung jawab dibidang kesehatan.(enam puluh juta rupiah). dipidana dengan pidana penjara paling lama 15 (lima belas) tahun dan pidana denda paling banyak Rp.000.(dua ratus juta rupiah). Pasal 63 Melakukan pengangkutan psikotropika tanpa dilengkapi dokumen pengangkutan.000.000.000.000.000. Pasal 64 ayat (a dan b) Menghalang-halangi penderita syndrome ketergantungan untuk mengalami pengobatan dan atau perawatan pada fasilitas rehabilitasi atau menyelenggarakan fasilitas rehabilitasi tanpa memiliki izin. 20.000. 60.000. dipidana penjara paling lama 5 (lima) tahun dan pidana denda paling banyak Rp. Pasal 65 Tidak melaporkan penyalahgunaaan dan atau pemilikan psikotropika secara tidak sah. 20.000..000. menyimpan dan membawa psikotropika. dipidana dengan pidana penjara paling lama 1 (satu) tahu dengan pidana denda paling banyak Rp..000.

(HR Ibnu Majah dan Tirmidzi). Narkoba yang satu inai pastinya bukan Nasi Rames Kopi Bandrek lho. Sialnya. penjualnya. Gimana dengan negeri kita? Nah kalo di negeri kita kayanya masih adem ayem aja tuh. kudu siap-siap bikin surat wasiat tuh sebelum dieksekusi hukuman mati. negara yang paling berperan untuk menghentikan peredaran narkoba. Dalam hal ini. ‘xtc (extasy)’ atau ‘bo’at (obat)’. pembawanya. Sesungguhnya (meminum) khamar. Islam memerangi semua yang terlibat dalam peredaran barang haram itu. ngisep chimenk. membeli. Sabda Rasulullah SAW: “Bahwasanya Rasulullah SAW telah mendera orang yang meminum khamr dengan dua pelepah tamar empat puluh kali. tapi jangan salah. Tapi narkotika dan obat berbahaya yang punya nama beken ‘chimenk (ganja)’. (HR. Bukan cuman teori. Singapura. Biar para pelaku bisnis narkoba pada kapok tujuh turunan. (QS. Abdurrahman al-Maliki). Eh. (Sistem Sanksi dalam Islam. Ketegasan hukum dari negara nggak boleh setengah-setengah. Gembar-gembor hukuman mati bagi bandar narkoba juga masih setengah-setengah. Allah swt berfirman: Hai orang-orang yang beriman. penuangnya. meracik. mengutuk sepuluh orang karena khamr: pembuatnya. mereka malah berani buka cabang pabrik narkoba di Indonesia. Eit. Sementara orang yang menjual. Dan nggak tanggung-tanggung. atau menyimpan narkoba bakal kena sanksi jilid (cambuk) dan nginep di sel selama 5 tahun plus bayar denda yang ditetapkan oleh qadhy (hakim). Seperti di Thailand. Bagi peminum khamr atau pengguna narkoba hukumannya empat puluh kali dera di muka umum. Genderang perang terhadap narkoba ditabuh bertalu-talu di tiap negara. peperangan ini udah ditunjukkan oleh Rasul dan para shahabat. Rasulullah saw. atau nenggak miras. peminumnya. berjudi. Bayangin aja. Kalo ada yang ketangkep basah bawa narkoba. pembelinya dan pemesannya. narkoba termasuk zat memabukkan yang dalam al-Quran disebut khamr. Waduh! . Narkoba udah jadi musuh bersama penduduk dunia. Muslim). Seperti yang ditunjukkan oleh Islam. atau Malaysia.Berantas Sampai Tuntas Dalam Islam. Waduh. negara kita malah jadi tempat investasi. Di negara laen narkoba diperangi setengah mati. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan. dari tahun 2000 sampai kini ada 72 terpidana mati dalam kasus Narkoba. Lemahnya penegakkan hukum bikin nyali para bandar narkoba nggak ciut. pemakan hasil penjualannya. Al-mâidah [5]: 90) Lantaran udah jelas-jelas haram. ‘pete (putauw)’. (berkorban untuk) berhala. mengundi nasib dengan panah adalah termasuk perbuatan syaitan. perang terhadap narkoba udah lama dikampanyekan Islam. miris ya ngedengernya. Tapi dari jumlah tersebut baru 5 terpidana yang sukses dieksekusi. Dan Islam udah jelas melarang umatnya nyepet putaw. artinya sesuatu yang dapat menutup akal. pengirimnya. pengedarnya. mengedarkan.

setidaknya polisi menggerebek 5 pabrik sabu skala besar di Indonesia. Kepala Pelaksana Harian Badan Narkotika Nasional (BNN) Komisaris Jenderal Gories Mere bilang. 464 miliar yang terungkap Oktober 2007 silam. Diantaranya empat pabrik shabushabu di Batam dengan omzet Rp. Jakarta Barat. udah jadi produsen narkoba dalam jumlah besar. yang bisa bikin serbuk setan itu 10-20 Kg per hari. PENDIDIKAN. sepanjang tahun 2006 akhir 2008. PELATIHAN DAN PERTEMUAN ANGGOTA DEWASA DALAM GERAKAN PRAMUKA Pendidikan dan Pelatihan Anggota Dewasa. polisi juga berhasil membongkar pabrik shabu di Kebon Jeruk. terdiri atas: • • • • Karang Pamitran Gelang Ajar Pitaran Pelatih Susunan Organisasi Pramuka • SUSUNAN PENGURUS KWARTIR NASIONAL PERIODE 2003 � 2008 .Lahan Subur Peredaran Narkoba Awalnya. Bahkan 21 november kemaren. negara kita cuman jadi tempat transit peredaran narkoba di Asia. terdiri atas: • • • • • • • • • • • Orientasi Kepramukaan Kursus Pembina Pramuka Mahir Kursus Pelatih Pembina Pramuka Kursus Pembina Gugusdepan Kursus Instruktur Satuan Karya Pramuka Kursus Pamong Satuan Karya Pramuka Kursus Pimpinan Satuan Karya Pramuka Kursus Pembina Profesional Kursus Majelis Pembimbing Kursus Andalan Kursus Keterampilan Pertemuan Anggota Dewasa. Malah lebih parah lagi. Tapi kini. kedudukannya udah naik pangkat jadi pasar narkoba tingkat dunia.

Dik. Keanggotaan (Pensiunan) Dr.Amoroso Katamsi. Waka Bid. SpKj.Organisasi.Dr.RS Islam Cilacap) Ismeth Abdullah. Pendanaan Pjs. Azrul Azwar. Gubernur Kepulauan Riau (Ketua Otorita Batam) Parni Hadi Waka Bid. AbdiMas dan Humas (Wartawan) Endy R.dr. Depkes) dr. Atmasulistya Waka Bid. SE Waka Bid.H.Prof. PhD Waka Bidang Hub Luar Negeri (Dirjen PLS Depdiknas) . Ketua Kwarnas (Dirjen Binkesmas. Ren & Litbang (Dir.Fasli Jalal. MPH. & Pemb.

MSi Annas Roh. Sekjen DHN45) Drs.H. Muchtar Ali."Katholik (Pegawai Depag) A. MSc.U. MM Annas Bina Organisasi (Pegawai Dephut) Drs. Anang Suparman Annas Bina Anggota (Pegawai Pemda DKI) Susi Yuliati Annas Bina Anggota (Wk.H.dr. MS Annas Bina Organisasi (Dosen) Ir..Joedyaningsih SW. Protestan (Pegawai Depag) . Mariati Soetijono. MG Annas Bina Organisasi (Waka Kwarda Jabar) Dra.L.A. MSi Annas Bina Anggota (Yayasan) Drs.X.Tindigo.Nurwijono Annas Roh. SPak.(PH) Sekretaris Jenderal (Konsultan Depkes) P. Islam Pegawai Depag Drs. F. Zerry Novian. MHum Annas Roh.Agus Wahyudi.Kodrat P. SKM. MKes Wk.H.Muchtar MSi.Sekjen (Pegawai Depkes Drs.

Kimia Farma) . Nestle Indonesia) Ir. SAg Annas Roh.Drs. MPH Annas Ur. Humas (Wartawan) Drs. Budha (Pegawai Depag) I Wayan Sugimawa. Faizati Karim. Humas (Wartawan) Irwan Yulianto. Dasikin Annas Roh. Humas (Wartawan) Eny Hardjantho Annas Ur.Pendanaan (Dirut PT. Adi Pamungkas Annas Abdi Mas (Pegawai Swasta) dr. Hindu (Pegawai Depag) Brata Triyana Harjasubrata Annas Abdi Mas (Direksi PT. MPH Annas Abdi Mas (Dir Kesehatan Komunitas Depkes) Untung Widianto Annas Ur. Gunawan Pranoto Annas Ur.

Pendanaan (Direksi PT.MUN Kusumanti Annas Ur.Singgih Setyo Sayogo Annas Kor. Diklat (Kwarda Jabar) . Diklat (Purnawirawan Kowad) Ir. Sari Husada) Ir.Purnomo Annas Ur. MPD Annas Urs.Blue Bird) Annas Ur. Annas Ur.Suhardi Soeteja Hj. Indofood) Umar Lubis.Pt. Bayu Tresna Annas Ur. MSc.Unit Usaha (Kwarda Jatim) Drs.Victor S.Soemaryoto Annas Kor.Unit Usaha (Pensiunan) Turdja"i.Endang B.F.Hj.Ringo Ringo Annas Ur.H.Pendanaan (Kom.Pendanaan (Direksi PT.S.Drs.Pendanaan (Staf Ahli Otorita Batam) Drs.A. Diklat (Dosen) Dra.

Hublu (Ka Biro Protokol Kepresidenan) (Wiraswasta) . Annas Ur.Litbang (Pemb.Joko Mursito.Drs. Kerjasama Marietta Aisyah Widjonarko Annas Ur.R.Ahmad Rusdi Annas Ur. Hublu Drs.H. SH.Faried Wadjdi. MSi Annas Ur.Yudhi Antono. Lena Nuryanthi.MM Drs. MPd. Kerjasama (Pegawai Pertamina) Fahmi Assegaf. SE. Annas Ur.Litbang Dra. Litbang (Dosen) Drs.Kerjasama (Dosen UI) Ida Farida Surjadi Annas Ur. Rektor) Annas Ur. MPd Annas Ur.

Dahri Annas Korwil Kalimantan (Kwarda Kalsel) Dr.H. NTT (Kwarda NTB) H. SSos Annas Korwil Kalimantan (Kwarda Kalbar) Drs.HOK.dr.Noer Bahry Noer. MSc Annas Korwil Sulawesi (Kwarda Sulsel) . H. Sri Hardani Hadikusumo Annas Korwil Jawa (Kwarda DIY) Drs. NTT (Kwarda Bali) Jan Ridwan Bakary Annas Korwil Bali.H.Suryadi MS. MPd Annas Korwil Jawa (Kwarda DKI) Dra. NTB.Adang Rukhiyat.Drs. NTB.H. Nizami Jamil Annas Korwil Sumatera (Kwarda Riau) H.Mursyid Arsyad. Made Samba Annas Korwil Bali. SH Annas Korwil Sumatera (Kwarda Lampung) Drs.

Astika Pin Saka Bhayangkara (Pati Polri) (Pati TNI AL) Marsda TNI Eko Edi Santoso Pin Saka Dirgantara (Pati TNI AU) Sinis Munandar Pin Saka Tarina Bumi (Ka Badan Litbang Deptan) Ir. MBA Annas Korwil Sulawesi (Kwarda Gorontalo) Amos Asmuruf. Paula B.G.Abdullah Paneo. Wahyudi Wardoyo MS Pin Saka Wanabakti (Sesjen Dephut) Drs.Drs. MSc Pin Saka Kencana (Deputi Ketua BKKBN) .Dewa K. SH Annas Korwil Maluku & Papua (Kwarda Papua) Dra. Ranyaan Annas Korwil Maluku & Papua (Kwarda Maluku) Laksma TNI Agung Budi Raharjo Pin Saka Bahari Irjen Pol Drs.Imam Hariyadi.

satuan karya dan kwartir membentuk Majelis Pembimbing. Pamong Saka dan Ketua Kwartir secara ex-officio menjadi anggota . (4) Mejelis Pembimbing wajib mengadakan rapat konsultasi secara periodik dengan gudep/satuan/kwartir bersangkutan. material dan finansial kepada gudep/satuan/kwartir bersangkutan. organisatoris. setiap gugusdepan. (5) Majelis Pembimbing Satuan Karya Pramuka ada di tingkat Satuan Karya Pramuka. (3) Majelis Pembimbing bersidang sesuai dengan kebutuhan. (2) Majelis Pembimbing Ranting. (2) Majelis Pembimbing adalah suatu badan dalam Gerakan Pramuka yang memberi bimbingan dan bantuan moril. Organisasi Majelis Pembimbing (1) Majelis Pembimbing Gugusdepan dan Satuan Karya Pramuka berasal dari unsur-unsur orang tua anggota muda dan anggota dewasa muda/anggota saka dan tokoh masyarakat di lingkungan gugusdepan/saka yang memiliki perhatian dan rasa tanggungjawab terhadap Gerakan Pramuka serta mampu menjalankan peran Majelis Pembimbing. dan Nasional berasal dari unsur-unsur tokoh masyarakat pada tingkat masing-masing yang memiliki perhatian dan rasa tanggungjawab terhadap Gerakan Pramuka serta mampu menjalankan peran Majelis Pembimbing. (3) Pembina Gugusdepan. Daerah. dan ditentukan oleh Ketua Majelis Pembimbing.Rio Ashadi Ketua DKN (Mahasiswa) Ella Novrianti Wakil Ketua DKN (Mahasiswa) Majelis Pembimbing Nasional Majelis Pembimbing (1) Untuk mendukung pelaksanaan tugas pokok Gerakan Pramuka. Cabang.

b. Untuk jajaran ranting. Saka Keluarga Berencana (Kencana). MISI 1. c. (5) Ketua Majelis Pembimbing Gugusdepan/Satuan Karya Pramuka dipilih dari antara anggota Majelis Pembimbing Gugusdepan/Satuan Karya Pramuka yang ada. Seorang Ketua Harian. Saka Taruna Bumi. Membina anggota yang berjiwa dan berwatak Pramuka. Sekilas Organisasi Visi. dan daerah Ketua Majelis Pembimbing dijabat oleh Kepala Wilayah atau Kepala Daerah setempat. 2. berlandaskan iman dan . Saka Bhayangkara. e. d. Beberapa orang anggota. Saka Bahari. Seorang Wakil Ketua. (4) a. Yang dimaksud dengan mempramukakan tidak berarti bahwa seluruh kaum muda itu dimasukkan sebagai anggota Gerakan Pramuka tetapi lebih pada tataran jiwa dan prilaku kaum muda yang sesuai dengan pramuka sebagai bagian dari masyarakat indonesia. Saka Bhakti Husada. Jumlah Saka yang ada di dalam gerakan Pramuka saat ini sebanyak delapan Saka yang terdiri dari Saka Dirgantara. Saka Wanabhakti dan Saka Wira Kartika. Mempramukakan kaum muda. cabang.Majelis Pembimbing bersangkutan. sedangkan untuk tingkat nasional Ketua Majelis Pembimbing Nasional dijabat oleh Presiden Republik Indonesia. Seorang Sekretaris. Misi dan Strategi Kepengurusan Kwarnas Gerakan Pramuka Masa Bakti 2003-2008 VISI "Gerakan Pramuka sebagai wadah pilihan utama dan solusi handal masalah-masalah kaum muda". Majelis Pembimbing terdiri atas: Seorang Ketua.

Bahwa semua sendi program pendidikan yang dilaksanakan Gerakan Pramuka harus dilandaskan pada Iman dan taqwa dan selalu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga apapun yang dilakukan perlu mengikuti perkembangan yang disesuaikan dengan kebutuhan pada eranya. Bahwa untuk meningkatkan peran dan fungsi organisasi secara struktural diperlukan adanya konsolidasi yang baik dan teratur dan mendapatkan penyegaran organisasi sehingga dengan sendirinya akan berpengaruh pada kepemimpinan dan kesiapan sumber daya pramuka. dimaksudkan untuk menciptakan kader yang memiliki watak dan jiwa patriotisme. karena disadari bahwa perlunya pendidikan bela negara sebagai bagian dari kebutuhan bangsa dan negara. moralitas dan ketrampilan sebagai bekal bagi kader Pramuka yang juga diarahkan pada pemantapan Pramuka sebagai kader bangsa. 3. Hal ini dilakukan untuk memantapkan jati diri Gerakan Pramuka melalui kode kehormatannya dan sekaligus sebagai pencerminan anggota Pramuka yang tanggap terhadap permasalahan pada lingkungan sekitarnya. 4. 4.taqwa (Imtaq) serta selalu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek). memiliki integritas. misi dan strategi Kwartir Nasional Gerakan Pramuka masa bakti 2003 ? 2008 menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari hasil keputusan Musyawarah Nasional 2003. Mengembangkan kegiatan kepramukaan yang sesuai karakteristik dan minat kaum muda. Meningkatkan citra Pramuka. . STRATEGI 1. Biasanya anggota pramuka tingkat penggalang berusia dari 10-15 tahun. Hal ini diperlukan karena Gerakan Pramuka pada hakekatnya kegiatan kaum muda yang memiliki karakteritik dan minat yang khas. Membentuk kader bangsa patriot pembangunan yang memiliki jiwa bela negara. Penggalang Penggalang adalah sebuah tingkatan dalam pramuka setelah siaga. kepemimpinan dan sumberdaya Pramuka. Memantapkan organisasi. Bahwa program kegiatan Pramuka Peduli. 2. Hal ini diperlukan untuk dapat lebih dipahami dan sekaligus diminati oleh kaum muda untuk dapat ikut berpartisipasi didalamnya dan sekaligus dapat menjawab tantangan dan permasalahan yang dihadapi secara internal dan eksternal Gerakan Pramuka. 3. Mengembangkan program Pramuka Peduli. Untuk itu. dan sekaligus sebagai motivasi bagi anggota Pramuka dalam mengisi diri untuk selanjutnya dikembangkan melalui program Pramuka peduli sebagai bagian dari penjabaran program Pramuka secara menyeluruh. Gerakan pramuka memiliki salah satu tugas yakni menyiapkan kader bangsa sehingga diperlukan adanya pendidikan yang khusus. Rumusan visi. Menggerakkan anggota dan organisasi Gerakan Pramuka agar peduli dan tanggap terhadap masalah-masalah kemasyarakatan.

misalnya harimau. Taqwa kepada tuhan yang maha esa 2. Ramu Rakit Terap Penggalang Garuda Tingkatan Penggalang juga memiliki Syarat Kecakapan Umum (SKU) dan Syarat Kecakapan Khusus (SKK) yang harus dipenuhi untuk mendapatkan kenaikan tingkat atau pendapatkan Tanda Kecapakan Khusus TKK Sistem Kelompok Satuan Terpisah Satuan terkecil dalam Penggalang disebut regu. Dalam Gugus depan Penggalang yang dapat berisi lebih dari satu regu putra/putri. elang. Trisatya Janji Pramuka Penggalang (Trisatya) berbeda dengan Siaga dan Penegak/Pandega. Menepati Dasa Dharma Dasa Dharma adalah sepuluh janji seorang pramuka DASA DHARMA 1. 2. Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Mengamalkan Pancasila 2. kalajengking. 3. aku berjanji akan bersungguh sungguh: 1. Sedangkan nama regu putri diambil dari nama bunga. Berikut isi Trisatya Penggalang: TRISATYA Demi kehormatanku. mawar.Tingkatan dalam Penggalang Penggalang memiliki beberapa tingkatan dalam golongannya. Nama Regu Putra diambil dari nama binatang. Setiap regu diketuai oleh seorang Pimpinan Regu (PINRU)yang bertanggung jawab penuh atas regunya tersebut. yaitu : 1. Regu dalam penggalang mempunyai nama-nama untuk mengidentifikasi regu tersebut. semisal anggrek. anyelir. peserta didik itu disebut Pratama (untuk putra) atau Pratami (untuk putri). Cinta alam dan kasih sayang kepada manusia . 4. kobra. terdapat peserta didik yang bertugas mengkoordinir regu-regu tersebut. Menolong sesama hidup dan mempersiapkan diri membangun masyarakat 3. Menjalankan kewajibanku kepada Tuhan Yang Maha Esa. dan sebagainya. melati.

yang bertujuan memberikan pengetahuan dan pengalaman di bidang manajerial dan kepemimpinan. Disiplin. adalah pertemuan regu-regu Pramuka Penggalang dalam bentuk lomba kegiatan kepramukaan. Hemat cermat dan bersahaja 8. Rela menolong dan tabah 6. untuk mengevaluasi hasil latihan di gugusdepan. Patriot yang sopan dan kesatria 4. kwartir ranting atau kwartir cabang. seperti baris-berbaris. adalah pertemuan Pramuka Penggalang yang dilaksanakan secara reguler. ranting (LT-II).berani dan setia 9. Gladian Pimpinan Regu (Dianpinru). Rajin. Penjelajahan (Wide Game).3. Perkemahan diselenggarakan dalam • . Dianpinru diselenggarakan oleh gugusdepan. Kwartir Daerah dan Kwartir Nasional dapat menyelenggarakan Dianpinru apabila dipandang perlu. sandi. adalah pertemuan Pramuka Penggalang dalam bentuk mencari jejak (orienteenering) dengan menggunakan tanda-tanda jejak. adalah pertemuan Pramuka Penggalang bagi Pemimpin Regu Utama (Pratama). daerah (LT-IV). senam pramuka dan sejenisnya. Bertanggung jawab dan dapat dipercaya 10. PPPK. adalah pertemuan Pramuka Penggalang dari dua atau lebih gugusdepan yang berada dalam datu kwartir ranting atau kwartir cabang mapun kwartir daerah dengan tujuan untuk saling tukar menukar pengalaman. • • Dalam membuat peta. Setiap pos berisi kegiatan keterampilan kepramukaan seperti morse/semaphore. Meja lanan sendiri berbentuk papan seukuran kertas folio yang kemudian ditempel kertas yang digulung panjang • Latihan Bersama. cabang (LT-III). Perkemahan. Peta pita dibuat oleh dua atau tiga orang yang biasanya mencatat posisi atau titik dari kompas bidik. tali temali dan sejenisnya. Lomba tingkat dilaksanakan secara berjenjang dimulai dari tingkat gugusdepan (LT-I).terampil. Latihan gabungan ini dapat dilaksanakan dalam bentuk lomba. Pemimpin Regu (Pinru) dan Wakil Pemimpin Regu (Wapinru) Penggalang. mencatat berbagai situasi dan dibagi dalam pos-pos. Suci dalam pikiran perkataan dan perbuatan Kegiatan Pramuka Penggalang Kegiatan dalam tingkatan penggalang antara lain: • • Jambore Lomba Tingkat. Patuh dan suka bermusyawarah 5. pramuka penggalang memiliki teknik tersendiri seperti peta pita. nasional (LT-V).dan gembira 7. membuat peta. kemudian orang yang lain akan mencatat kondisi sekitar dalam sebuah meja jalan.

Karnaval. Darmawisata. seperti museum. PPPK. membuat konstruksi sederhana dari tongkat/bambu dan tali (pioneering). tempat bersejarah.bentuk Persami (Perkemahan Sabtu Minggu). perkemahan liburan dan sejenisnya. adalah kegiatan yang memamerkan hasil karya Pramuka Penggalang kepada masyarakat. adalah kegiatan yang menampilkan kreasi seni budaya para Pramuka Penggalang. • • • • . adalah kegiatan wisata ke tempat tertentu. dan sejenisnya. industri. Pameran. dan sejenisnya. Perjusami (Perkemahan Jum"at Sabtu Minggu). Pentas Seni Budaya. gerak dan lagu. • Gelar (Demonstrasi) Kegiatan Penggalang. adalah pertemuan Pramuka Penggalang dalam bentuk keterampilan di hadapan masyarakat umum. seperti baris-berbaris. adalah kegiatan pawai yang menampilkan hasil kreatifitas Pramuka Penggalang.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful