LISTRIK STATIS DAN DINAMIS Listrik statis adalah muatan-muatan listrik yang diam pada suatu benda

. Sedangkan listrik dinamis adalah muatan-muatan listrik yang bergerak/mengalir melalui bahan-bahan konduktor. A. MUATAN LISTRIK Charles Agustin Coulomb (1736-1806) adalah sarjana Fisika Perancis pertama yang menjelaskan tentang kelistrikan secara ilmiah. Percobaan dilakukan dengan menggantungkan dua buah bola ringan dengan seutas benang sutra seperti Gambar 1.1a. Selanjutnya sebatang karet digosok dengan bulu, kemudian didekatkan pada dua bola kecil ringan yang digantungkan pada tali. Hasilnya adalah kedua bola tersebut tolak menolak (Gambar 1.1b). Beberapa saat kemudian bola dalam keadaan seperti semula. Kedua bola tersebut juga akan tolak menolak apabila sebatang gelas digosok dengan kain sutra dan kemudian didekatkan pada dua bola. Apabila sebatang karet yang telah digosok bulu didekatkan pada salah satu bola yang dan bola yang lain didekati oleh gelas yang telah digosok dengan kain sutra, maka bola-bola tersebut saling tarik menarik (Gambar 1.1c).

a)

b)

c)

Gambar 1. a) Kedua bola tidak bermuatan. b) Kedua bolabermuatan sejenis, tolakmenolak. c) Kedua bola bermuatan tidak sejenis, tarik-menarik.

Peristiwa tolak-menolak atau tarik-menarik antara benda-benda bermuatan seperti contoh diatas disebut interaksi elektrostatik. A. HUKUM COULOMB Bunyi: “gaya tarik-menarik atau tolak-menolak antara dua partikel bermuatan berbanding lurus dengan besar masing-masing muatan dan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak antara kedua muatan tersebut.” Secara matematis dapat dituliskan dengan:

Dimana Q1, Q2 = muatan masing-masing partikel (Coulomb = C) r = jarak antara kedua muatan k = tetapan coulomb = 9.109 N.m2/C2 F = gaya tarik atau tolak-menolak antara partikel brmuatan (N)

Tetapan Coulomb sering juga ditulis sebagai k = 1 / (4πε0) dimana ε0 adalah permitivitas ruang hampa dan besarnya 8.10-12 C2/N. Di udara terdapat buah muatan 10 μC dan 40 μC terpisah dalam jarak 20 cm.Q2r2 F=9 x 10910-5. Hitung besar gaya elektrostatis dari C! Penyelesaian: Diketahui: qA = +5 x 10-4 C qB = -2 x 10-4 C qC = +4 x 10-5 C . Sehingga gaya elektrostatik antara dua muatan yang berada medium lain (tidak berada dimedium udara/hampa) menjadi: Sedangkan arah dari gaya elektrostatistik dapat dilihat pada Gambar 2 berikut. masing-masing bermuatan listrik +5 x 10-4 C dan -2 x 10-4 C. Gambar 2. Titik C terletak di antara A dan B berjarak 3 m dari A dan bermuatan listrik +4 x 10-5 C. 1. Contoh Soal. Dimana K adalah tetapan dielektrik.10-5(2. yakni perbandingan antara permeativitas suatu medium dengan permeativitas hampa/udara. Berapakah besar gaya interaksi kedua muatan tersebut? Apabila kedua muatan ditempatkan di suatu medium yang konstanta dielektrikumnya 3.4. Dua titik A dan B berjarak 5 meter. Gaya interaksi atau gaya coulomb antara dua muatan listrik.10-1)2=90 N 2.m2 Untuk medium lain. Berapakah gaya yang dialami oleh muatan 40 μC ? Penyelesaian: Q1 = 10 μC = 10 x10-6 C Q2 = 40 μC = 40 x 10-6 C r = 20 cm = 20 x 10-2 m k = 9 x 109 N m2/C2 F=kQ1.85.

” Secara matematis dapat ditulis: .0) dan B (0. A..10) dalam suatu sistem koordinat kartesian. FAC = F1 dan ditarik muatan qB ke kanan karena berlawanan FCB = F2 Jadi. Hukum Gauss dapat digunakan untuk menghitung kuat medan medan listrik dari beberapa keping sejajar ataupun bola bermuatan. Berapa besar gaya tarik-menarik antara kedua muatan tersebut jika kedua muatan diletakkan: a) Di udara b) Di dalam medium dengan tetapan dielektrik = 3 2.. Hukum Gauss menjelaskan hubungan antara jumlah garis gaya yang menembus permukaan yang melingkupi muatan listrik dengan jumlah muatan yang dilingkupi. 1. Jika muatan titik A diletakkan 5 cm dari B dan 10 cm dari C. Dua buah muatan masing-masing 20 μC dan 24 μC. Muatan qA = -2 μC dan qB = 3 μC terletak masing-masing pada titik A (8. Selanjutnya didefinisikan flux listrik (φ) yaitu jumlah garis gaya dari medan listrik E yang menembus tegak lurus suatu bidang (A). Hitung besar dan arah gaya pada muatan qC = -1 μC yang diletakkan pada titik asal koordinat. Jarak antara keduanya 12 cm. HUKUM GAUSS Hukum Gauss diperkenalkan oleh Karl Friedrich Gauss (1777–1866) seorang ahli matematika dan astronomi dari Jerman. misal.. Muatan titik A 250 μC diletakkan pada garis hubung antara muatan titik B 50 μC dan muatan titik C -300 μC.? Jawab: Muatan qC ditolak qA ke kanan karena sejenis. Semua satuan panjang dalam sentimeter. Hukum Gauss berbunyi: “Jumlah garis medan yang menembus suatu permukaan tertutup sebanding dengan jumlah muatan listrik yang dilingkupi oleh permukaan itu. tentukan besar dan arah gaya yang bekerja pada muatan titik A! 3.Ditanya: FC = . gaya elektrostatis total di C adalah: Latihan 1.

maka persamaan diatas dapat dinyatakan sebagai dengan σ = muatan persatuan luas Contoh soal Hitung jumlah garis medan yang menembus suatu bidang persegi panjang yang panjangnya 30 cm dan lebarnya 20 cm.0.06 m2 E=200 N/C Φ = .06Cos 60=6 Wb B.. Medan listrik dapat digambarkan dengan garis-garis khayal yang dinamakan garisgaris medan (garis-garis gaya). bila kuat medan listrik sebesar 200 N/C dan arahnya membentuk sudut 600 dengan garis normal bidang! Penyelesaian: A=p x l = 30 cm x 20 cm = 600 cm2 = 0.dengan Φ = flux listrik (jumlah garis gaya listrik) (N/C. .? Jawab: Φ=E . Arah medan listrik di sekitar benda bermuatan listrik dapat dilihat pada Gambar 3.m2 atau Webber) E = kuat medan listrik pada permukaan tertutup (N/C) A = luas permukaan tertutup (m2) θ = sudut antara E dan garis normal bidang q = muatan yang dilingkupi permukaan tertutup (C) εo= permitivitas udara Jika E tegak lurus dengan bidang A. MEDAN DAN POTENSIAL LISTRIK 1.. MEDAN LISTRIK Adalah ruang atau daerah di sekitar muatan listrik dimana gaya listrik masih dapat dirasakan atau dialami muatan listrik tersebut.A Cos θ Φ=200.

pada titik tersebut ditempatkan muatan pengetes q’ yang sedemikian kecilnya sehingga tidak mempengaruhi muatan sumber/muatan penyebab medan listrik. Gaya yang dialami oleh muatan pengetes q’ adalah maka kuat medan listrik E pada jarak r didefinisikan sebagai hasil bagi gaya Coulomb yang bekerja pada muatan uji q’ yang ditempatkan pada jarak r dari sumber medan dibagi besar muatan uji q’ sehingga Dari persamaan diatas jelas bahwa kuat medan listrik sama dengan gaya pada muatan positif q’ dibagi dengan besarnya q’. berikan kesimpulan Kalian tentang medan listrik? Untuk menentukan kuat medan listrik pada suatu titik. maka kuat medan listrik pada suatu bahan dielektrikum adalah Contoh soal Hitung kuat medan listrik pada jarak 10 cm dari sebuah muatan Q1 = 20 μC. Penyelesaian: r = 10 cm = 0.1 m Q1 = 20 μC k = 9 x 109 N m2/C2 jawab: . Dengan memperhatikan persamaan di atas.Gambar 3. Arah medan listrik a) keluar dari muatan positif b) menuju muatan negatif Berdasarkan gambar 3 diatas.

2. maka besarnya usaha W12. Misalkan titik A. dapat ditentukan besaran skalar yang menyatakan potensial listrik di titik tersebut. maka energi potensial yang dimiliki (Ea) yang dimiliki muatan q’ tersebut adalah Apabila muatan q’ dipindahkan dari posisi awal (1) ke posisi akhir (2) seperti diperlihatkan pada Gambar 4. Besarnya usaha untuk perpindahan ini sama dengan ΔEp. Secara matematis dapat dinyatakan sebagai Dimana Va adalah potensial listrik (J/C atau Volt =V) W = usaha (Joule) Gambar 4. yang berada dalam medan listrik E dan berjarak r dari muatan q sebagai sumber medan listrik dapat dinyatakan sebagai Apabila di titik A ada muatan q’. POTENSIAL LISTRIK Pada setiap titik dalam medan listrik. Perpindahan muatan memerlukan usaha .

8. Sebuah kapasitor terdiri atas keping-keping logam yang disekat satu sama lain dengan isolator. Berapa besarnya usaha yang diperlukan untuk memindahkan muatan q = 5 μC dari titik A ke B jika muatan tersebut berjarak 10 cm dari titik A dan berjarak 20 cm dan titik B? 4. Berapakah jarak titik A dari muatan tersebut? 2. kertas. Berapa besarnya potensial listrik di titik P dan Q? Berapa besarnya usaha yang diperluka untk memindahkan muatan tersebut dari titik Q ke P? Penyelesaian : q = 40 μC = 40 x 10-6 C rP= 20 cm = 20 x 10-2 m rQ = 60 cm = 60 x 10-2 m WQP = q. dan elektrolit.Contoh soal Sebuah muatan q = 40 μC yang berjarak 20 cm dari titik P dan berjarak 60 cm dan titik Q. 3. (VP – VQ) = 40 x 10-6 (1.6. a. 1. Hitung kuat medan listrik pada Q2. plastik.105 – 3.5 106 N/C. Hitung medan medan listrik pada titik A.104) = 5. berdasarkan bentuknya dikenal beberapa kapasitor antara lain kapasitor variabel dan kapasitor pipih silinder gulung. keramik. Hitung potensial listrik di titik tengah garis hubung antara dua muatan titik +500 μC dan -200 μC yang terpisah 50 cm di udara! A. Kuat medan listrik pada suatu titik A yang diakibatkan oleh muatan 8 x 10-5 C adalah 4. b. Latihan 2. Titik A berjarak 20 cm dari Q1 dan 30 cm dari Q2. KAPASITOR Kapasitor atau kondensator adalah alat (komponen) yang dibuat sedemikian rupa sehingga mampu menyimpan muatan listrik yang besar untuk sementara waktu.76 Joule. antara lain kapasitor mika. ada beberapa jenis kapasitor. Sementara itu. Isolator penyekat disebut zat dielektrik Berdasarkan bahannya. Dua buah muatan Q1 = 30 μC dan Q2 = -40 μC dipisahkan pada jarak 50 cm satu sama lain. .

c. yang tidak mempunyai kutub. bila dipasang pada rangkaian arus bolak-balik (AC). yang mempunyai kutub positif dan kutub negatif. Dan juga kapasitor nonpolar. memadamkan bunga api pada sistem pengapian mobil. Kapasitor Pelat sejajar Besarnya kuat medan listrik dinyatakan dengan: . Secara matematis kapasitas kapasitor dapat dituliskan sebagai berikut: dengan: C = kapasitas kapasitor (farad) q = muatan listrik (coulomb) V = beda potensial (volt) Kapasitas 1 F sangat besar. Luas keping sejajar sama dan terpisah sejauh d. masing-masing pelat sejajar diberi muatan q sama besar tetapi berlawanan tanda seperti pada Gambar 5. Kapasitas Kapasitor Kapasitas kapasitor menyatakan kemampuan kapasitor dalam menyimpan muatan listrik. antara lain sebagai berikut: a.Menurut pemasangannya dalam rangkaian listrik. sebagai perata arus pada rectifier. sebagai filter dalam catu daya (power supply). kapasitor dibedakan menjadi kapasitor berpolar. menyimpan muatan listrik. Kapasitas atau kapasitansi (lambang C ) didefinisikan sebagai perbandingan antara muatan listrik (q) yang tersimpan dalam kapasitor dan beda potensial (V ) antara kedua keping. sebagai komponen rangkaian starter kendaraan bermotor. d. sehingga sering dinyatakan dalam mikrofarad (μF ) dan pikofarad (pF). e. Gambar 5. Beberapa kegunaan kapasitor. memilih gelombang radio (tuning). Kapasitas Kapasitor Pelat Sejajar Pada kapasitor pelat/keping sejajar. b. f. di mana 1 μF = 10-6 F dan 1pF = 10-12 F.

Rangkaian Paralel Rangkaian paralel kapasitor dapat dilihat pada Gambar 7. Rangkaian Seri Rangkaian seri kapasitor dapat dilihat pada Gambar 6.Hubungan antara kuat medan listrik dan beda potensial V antara dua keping sejajar yang berjarak d adalah V = E. Rangkaian seri Kapasitor 3. Kapasitas gabungannya dapat ditentukan dengan: a. Dalam rangkaian ini berlaku: . permitivitas ruang hampa atau udara (ε0) diganti dengan permitivitas zat dielektrik (ε). εr ) dan (ε = K . Dalam rangkaian ini berlaku: 1. ΔV = ΔV1 + ΔV2 Gambar 6. maka menjadi: dengan: C = kapasitas kapasitor (F) ε0 = permitivitas ruang hampa atau udara (8. Beda potensial pada ujung-ujung kapasitor gabungan sama dengan jumlah beda potensial ujung-ujung tiap kapasitor. Besarnya muatan pada masing-masing kapasitor sama q1 = q2 = q 2.d Maka Apabila di antara keping sejajar diberi zat dielektrik. ε0) d = jarak keping (m) A = luas penampang keping (m2) Rangkaian Kapasitor a.85× 10-12 C/Nm2) εr = permitivitas relatif bahan penyekat (ε = ε0 .

Apabila muatan masing-masing bidang 4. ΔV = ΔV1 + ΔV2 Muatan kapasitor gabungan sama dengan jumlah muatan masing-masing kapasitor q = q1 + q2 Kapasitas gabungannya dapat ditentukan dengan: Cp = C1 + C2 Gambar 7. tentukan: a. b. Jika muatan dan kapasitas kapasitor diketahui berturut-turut sebesar 5 μC dan 20 μF.. Besarnya beda potensial pada masing-masing kapasitor sama dan bernilai sama dengan potensial sumber.425 × 10-6 C .6 C C = 20 μF = 2 x 10-5 F Ditanya: V ..V Contoh soal 1. Penyelesaian: Diketahui: A = 4 cm2 = 4 × 10-4 m2 d = 0.85 × 10-12 C2N-1m-2.1. Untuk memberi muatan pada suatu kapasitor diperlukan usaha listrik.4 cm. Rangkaian Paralel Kapasitor A. kapasitas kapasitor.425 μC dan permitivitas listrik udara 8. dan usaha listrik ini disimpan di dalam kapasitor sebagai energi. 2. ENERGI DALAM KAPASITOR Muatan listrik ( q ) menimbulkan potensial listrik (V) dan untuk memindahkannya diperlukan usaha W.4 cm = 4 × 10-3 m q = 4. ? Jawab: 2. Usaha total untuk memuati kapasitor sebanyak Q adalah W=12q2C atau W=12C. Sebuah kapasitor mempunyai luas bidang 4 cm2 dan jarak kedua bidang 0. tentukan beda potensial kapasitor tersebut! Penyelesaian: Diketahui: q = 5 μC= 5 x 10.425 μC = 4.V2 atau W=12q. kapasitas kapasitor apabila diberi bahan dielektrik dengan K= 5. 3.

V2 = . V1 = ... ? b. Sebuah kapasitor mempunyai kapasitas 4 μF diberi beda potensial 25 volt. 3 μF. Tiga kapasitor masing-masing berkapasitas 2 μF.. kemudian diberi sumber listrik 13 volt...85 × 10-12 C2N-1m-2 K=5 Ditanya: a... ? c.. dan 4 μF disusun seri. ? Jawab: 3.C dengan K = 5 .. ? ..ε0 = 8. C = .. Tentukan potensial listrik masing-masing kapasitor! Penyelesaian: Diketahui: C1 = 2 μF C2 = 3 μF C3 = 4 μF V = 13 volt Ditanya: a. V3 = . ? jawab: 4. ? b. Berapakah energi yang tersimpan? Penyelesaian: Diketahui:C = 4 μF = 4 × 10-6 F V = 25 volt Ditanya: W = ..

10-6 ( 25)2=1.4. 3.18 μC dan -0.V2=12. b. diisi muatan hingga beda potensial 2 kV. Berapa muatan yang tersimpan dalam kapasitor itu? Sebuah kapasitor keping sejajar memiliki keping persegi panjang dengan sisinya 10 cm yang dipisahkan oleh jarak 1. kapasitas kapasitor penggantinya. Jika kapasitor itu dimuati oleh baterai 6 V. muatan pada masing-masing pelat adalah 30 nC! 2. dan c.18 μC terpisah sejauh 60 cm. Hitung: a. Tentukan besar dan arah kuat medan listrik ditengah-tengah kedua muatan ini! Tentukan besarnya potensial listrik pada jarak 20 cm dari muatan 4 μC! Tentukan usaha yang diperlukan untuk memindahkan muatan 6 μC dari titik C yang berjarak 40 cm ke titik D yang berjarak 80 cm dari muatan tersebut! Sebuah kapasitor 0.25× 10-3 Joule Latihan 3. masing-masing diisi muatan hingga 0. 2. dan b. Berapakah jarak titik dari muatan tersebut? Dua buah muatan 0. muatan pada masing-masing kapasitor.5 x 106 N/C. berapakah besar muatan tersebut? Dua muatan 1 nC dan 9 nC terpisah pada jarak 30 cm. Tiga kapasitor masing-masing dengan kapasitansi 120 pF. tentukan: a. Kapasitas kapasitor keping sejajar b. b. 2. 3. energi yang tersimpan di dalam sistem! Empat buah kapasitor dirangkai seperti pada gambar.Jawab W=12C. 4. Tentukan: a. berapa banyak muatan yang dipindahkan? 1. EVALUASI 1. beda potensial antara pelat ujung-ujungnya. . Dalam bahan yang memiliki permitivitas relatif 3 Kuat medan listrik pada suatu titik yang diakibatkan oleh muatan 80 μC adalah 4. Tentukan besar gaya listrik pada masing-masing muuatan ketika berada: a. 6.5 kV dan kemudian dihubungkan secara seri. Di udara b. jika: a. beda potensial listrik pada masing-masing kapasitor! Hitunglah energi yang tersimpan di dalam sebuah kapasitor 60 pF.9 N dan besar kedua muatan sama.5 mm. 5. Jika gaya tolak-menolak kedua muatan 0.4 μF dimuati oleh baterai 12 Volt. Dua buah muatan positif terpisah sejauh 50 cm. Jika beda potensialnya 12 V. 1.

Muatan masing-masing kapasitor c.1. 1. beda potensial masing-masing kapasitor d. Kapasitas kapasitor gabungan b. Energi yang tersimpan dalamkapasitor . beda potensial masing-masing kapasitor d. Muatan masing-masing kapasitor c. Dua buah kapasitor C1=2 μF dan C2=4 μF disusun secara seri dan ujung-ujungnya dihubungkan dengan sumber tegangan 12 Volt. Hitunglah: a. Kapasitas kapasitor gbungan b. Hitunglah: a. Energi yang tersimpan dalamkapasitor Dua buah kapasitor C1=20 μF dan C2=50 μF disusun secara paralel dan ujungujungnya dihubungkan dengan sumber tegangan 12 Volt.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful