D I S U S U N

Oleh : Nama : Muhammad Balyan Kelas : XI ± IPA
4

MAN 1 MEDAN
T.P 2010 ± 2011

Proses Berdirinya Dinasti Bani Umayyah I Adanya Perselisihan Antara Ali Bin Abi Thalib Dengan Muawiyah Bin Abi Sufyan. . Karena Keduanya Keturunan Abdi Manaf. Terjadinya Prosesi Penyerahan Kekuasaan Dari Tangan Hasan Bin Ali Kepada Muawiayah Bin Abi Sufyan. Yang Terkenal Dengan Sebutan Amul Jama¶ah Atau Tahun Penyatuan ( 41 H/661 M) Terjadinya Perpindahan Pusat Pemerintahan Di Damaskus.Dinasti Bani Umayyah I A. Bani Umayyah Dan Nabi Muhammad Saw Memiliki Hubungan Darah. Asal Usul Dinasti Bani Umayyah I Bani Umayyah Merupakan Salah Satu Kabilah Dalam Masyarakat Arab Quraisy. UMAYYAH Abul Ash Harb AlHakam Affan Abu sufyan 1Mu awiyah 4-Marwan 5-Abdul Abdul Aziz Malik Usman Muhammad 2-yazid 10-Hisyam 3Mu awiyah II 6-Al-Walid 12-Yazid III Sulaiman 13-Ibrahim 9-Jazid II 11-Al-Walid II B. Turunan Nabi Dipanggil Dengan Keluarga Hasyim ( Bani Hasyim). Silsilah Keturunan Muawiyah Bin Abi Sufyan Bin Harb Bin Umayyah Bin Abdi Syamsi Bin Abdi Manaf Bertemu Dengan Nabi Muhammad Saw Pada Abdi Manaf. Keturunan Umayyah Dipanggil Dengan Keluarga Umayyah ( Bani Umayyah).

Rahman .Lahir Pada Tahun 5 Sebelum Kenabian (606 M). Bani Umayyah Merupakan Penguasa Islam Yang Telah Merubah Sistem Pemerintahan Yang Demokrtis Menjadi Monarchi Absolut (Kerajaan). Masa Pemerintahan Dinasti Bani Umayyah I Dengan Meninggalnya Khalifah Ali Bin Abi Thalib.Siasat. Pemilihannya Tidak Berdasarkan Musyawarah Kaum Muslimin. Bapaknya Bernama Abu Sofyan Ibunya Bernama Hindun Bintu Utbah Bin Rabi¶ah Bin Abd Syams Bin Abd Mahaf . Muawiyah Dapat Menduduki Kursi Kekuasaan Dengan Berbagai Cara. Tepatnya Selama 90 Tahun. Maka Pemerintahan Kekhalifahan Telah Berakhir Dan Dilanjutkan Dengan Bentuk Pemerintahan Kerajaan ( Dinasti ).Abdi Syams Merupakan Nenek Moyang Dari Ibu Dan Bapaknya Dan Muawiyah Dijuluki Abu Abd Al. Muawiyah Bin Abu Sofyan (41-60 H /661-680 M) Biografi Muawiyah Bin Abi Sofyan Bin Harb Bin Umayyah Bin Harb Bin Abd Syam Bin Abd Manaf AlQuraisyi Al. Dalam Kurun Waktu Pemerintahan Dipengaruhi 14 Khalifah ± Khalifah.Ia Dan Bapaknya Masuk Islam Pada Peristiwa Penaklukan Kota Mekah (Fath Al-Mekkah ) Ketika Ia Berusia 23 Tahun Ia Wafat Pada Bulan Rajab Tahun 60 H /680 M Dalam Usia 80 Tahun Dimakamkan Di Damaskus Pemakaman Bab Al-Shagier. Perkembangan Dan Perluasan Daerah Yang Dicapai. Usaha-Usaha Muawiyah Dalam Mempertahankan Kekuasaan Meminta Pengakuan Dari Para Pengikut Hasan Bin Ali Memindahkan Pusat Kekuasaan Ke Damaskus Mengangkat Para Pejabat Gubernur Kebijakan Muawiyah Dalam Masa Pemerintahannya Pembentukan Sebuah Lembaga Yang Bertugas Memberikan Pengawalan Kepada Khalifah (Diwanul Hijabah) Pembentukan Departemen Pencatatan /Diwanul Khatam Pembentukan Dinas Pos/Diwanul Barid Pembentukan Percetakkan Mata Uang Pembentukan Shahibul Kharraj (Pemungut Pajak) .Amawi. Politik. Dan Tipu Muslihat Yang Licik. Banyak Kemajuan.C. Khalifah-Khalifah Bani Umaiyah 1.Dinasti Umayyah Berkuasa Hampir 1 Abad.

Dalam Keadaan Sakit Jadi Dalam Masa Pemerintahannya Ia Tidak Ada Melakukan Usaha-Usaha Pengembangan Wilayah Kekuasaan Islam. 2. 7. 6. Muawiyah Bin Yazid (64-64 H/683-683 M Biografi Muawiyah Bin Yazid Menjabat Sebagai Khalifah Pada Tahun 683-684 M Dalm Usia 23 Tahun . Mendirikan Istana Untuk Kholifah. Meletakkan Dasar-Dasar Pemerintahan Yang Kuat Di Daerah Syam (Syria). 5.Lahir Pada Tahun 22 H/643 M .Yazid Menjabat Sebagai Khalifah Dalam Usia 34 Tahun . Membentuk Angkatan Bersenjata (Militer).Ia Meninggal Pada Tahun 64 H/683 M Dalam Usia 38 Tahun Dan Masa Pemerintahannya Ialah 3 Tahun Dan 6 Bulan Kebijkan Yazid Dalam Masa Pemerintahannya Membunuh Imam Husain Ibn Ali Pada Tahun Pertama Menyerbu Madinah Menjarah Makkah Dan Menyerang Ka¶bah 3.Ibunya Maysun Binti Bahdal Al-Kalbiyah Dan Ayahnya Muawiyah Bin Bi Sofyan . Mendirikan Percetakan Uang. Yazid Bin Muawiyah (60-64 H/680-683 M) Biografi Yazid Bin Muawiyah.Ia Memerintah Hanya Selama 6 Bulan Ketika Muawiyah Bin Yazid Diangkat Menjadi Khalifah Ra. Dan Mendirikan Pos Surat. 3. 2. Membuat Anjungan Di Dalam Masjid.Dalam Mempertahankn Kekuasaan Dan Kebijakan Dalam Masa Pemerintahanya. Menata Administrasi Pemerintahan Dengan Baik.Usaha-Usaha Muawiyah Dalam Mempertahankan Kekuassan Penaklukkan Afrika Utara (661-680 M) Penaklukan Konstantinopel Usaha Perluasan Wilayah Ketimur Jasa-Jasa Dan Peninggalan Muawiyah 1. . Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat.Pada Tahun 681 M. Yang Berguna Sebagai Pengaman. 4.

Abdul Malik Bin Marwan (65-86 H/685-705 M) Biografi Abdul Malik Bin Marwan Bin Al-Hakam Bin Abul µAsh Bin Umayah Bin Abdul Syam Bin Abdu Mahaf.Ia Wafat Pada Tahun 705 M Dalam Usia 60 Tahun Masa Pemerintahannya Berlangsung Selama 21 Tahun 8 Bulan.Politik. Ibnu Zubair Pasukan Mukhtiar Gerakan Khawariz .Ia Wafat Dalam Usia 63 Tahun Dan Masa Pemerintahannya Selm 9 Bulan 18 Hari Usaha-Usaha Marwah Dalam Mempertahankan Kekuasaan Berdiplomat Dengan Kelompok Himyariyah Di Syria.Abdul Malik Bin Marwah Lahir 26 H.Ibunya Bernama Aisyah Binh Muawiyah Bin Al-Mughirah Bin Abdul µAsh. Usaha-Usaha Abdul Malik Bin Marwan Dalam Mempertahankan Kekuasaan Menyatukan Kembali Wilayah Kekuasaan Dinasti Bani Umayyah Yang Hampir Terpecah Belah Menjadi Beberapa Wilayah Merdeka Melakukan Pembangunan Dalam Berbagai Bidang Kehidupan Sosial . 5. Melancarkan Serangan Terhadap Pengikut Ibnu Zubair.4.Ekonomi Kebijakan Abdul Malik Pada Masa Pemerintahannya Mengamankan Negerinya Dari Ancaman Pemberontakan Pemberontakan Golongan Syia`Ah Tahun 66 H/586m Pemberontakan Abdullah Bin Zubair Tahun 72h/692 M Pemberontakan Kaum Khawarij Pemberontakan Amruh Ibnu Said Tahun 70 H/692 M Usaha-Usaha Abdul Malik Dalam Pengembangan Wilayah Kekuasaan Islam Menumpas Gerakan ± Gerakan Dari Beberapa Kelompok Di Wilayahnya. Marwah Bin Al-Hakam (64-65 H/683-685 M) Biografi Marwan Adalah Seorang Diplomat.Budaya.

selain itu walid juga memliki panglima ± panglima yang mempunyai keberanian dan kecakapan.walid naik tahta setelah kematian ayahnya. Digali Sumur-Sumur Untuk Kebutuhan Masyarakat Yang Akan Memanfaatkan Air Untuk Minum.walid sangat beruntung karena pada masanya tidak terdapt permusuhan dalam negeri. Mengangkat umar bin abdul azis sebagai gubernur di saudi arabia Usaha-Usaha Walid Bin Abdul Malik Jaminan Sosial Bagi Anak-Anak Yatim Dan Penderita Cacat Pembangunan Jalan-Jalan. Walid Bin Abdul Malik (86-96/705-715 M) Biografi Walid Bin Abdul Malik Lahir Pada Tahun 50 H. Di Sepanjang Jalan Raya Tersebut. Yakni Mekah Dan Madinah. Jasa-Jasa Dan Peninggalan Walid Bin Abdul Malik Perhasiannya Terhadap Kaum Duafa . Gedung Dan Fasilitas Lain Pembangunan Jalan Raya Menuju Hijaz.Serta Orang-Orang Cacat Pembangunan Jalan-Jalan Raya N Pembuatan Sumur-Sumur Pembangunan Masjid Umawi Di Damaskus Dan Rehabilitas Bangunan Masjid Nabawi Di Madinah Penaklukan Spanyol .Fakir Miskin Dan Anak-Anak Yatim Serta Orang-Orang Yang Tidak Berdaya Dan Cacat Pembangunan Rumah Jompo Dan Yatim .Jasa-Jasa Dan Peninggalan Abdul Malik Bin Marwan Menjadikan Bahasa Arab Sebagai Bahasa Resmi Negara Penggantian Mata Uang Pembaharuan Ragam Tulisan Bahasa Arab Pengembangan Sistem Pos Membentuk Mahkamah Agung 6. Usaha-Usaha Walid Bin Abdul Malik Perbaikan Di Dalam Negeri Jaminan Sosial Bagi Anak-Anak Yatim Dan Penderita Cacat Pembangunan Jalan-Jalan Gedung Fasilitas Lain Kebijakan Walid Bin Abdul Malik Pada Masa Pemerintahannya Mendirikan masjid pada setiap kota.

Sulaiman Bin Abdul Malik (96-99 H/715-717 M) Biografi Sulaiman Bin Abdul Malik Lahir Pada Tahun 54 H . ³Muhammad Adalah Seorang Nabi.7.Yaitu Jurjan.Kelas Sosial Antara Muslim Arab Dan Muslim Non Arab Mengembalikan Uang Pensiun Anak-Anak Yatim Para Pejuang Islam Menghidupkan Kerukunan Dan Toleransi Beragama Mengurangi Beban Pajak Atas Penganut Kristen Najran Dari 2000 Keping Menjadi 200 Keping Melarang Pembelian Tanah Non Muslim Kepada Umat Islam Dan Jizyah (Pajak Jiwa) Kepada Non Muslim .Thurbrista Dan Kota Slavia Jasa-Jasa Peninggalan Sulaiman Bin Abdul Malik Menyelesaikan Dan Menyiapkan Pembangunan Jamiul Umawi Di Damaskus Yahya Al Ghassani Berkata.Hish AlHadid.Ia Menjadi Khalifah Usia 42 Tahun Masa Pemerintahannya Berlangsung Selama 2 Tahun 8 Bulan Usaha-Usaha Pengembangan Kekuasaan Islam Pada Masa Pemerintahannya Beberapa Daerah Bisa Ditaklukkan.Syaqa.Dekat Kairo. Umar Adalah Al Faruq. Dia Meninggal Pada Hari Jum¶at.Di Makamkan Di Deir Simon. Usaha-Usaha Yang Dilakukan Dalam Masa Pemerintahannya Menghapuskan Kelas. Tanggal 10 Shafar 99 H.Ia Meninggal Pada Tahun 720 M Dalm Usia 39 Tahun.´ Tak Sampai Sebulan Dari Peristiwa Itu Dia Meninggal Dunia. Sedangkan Mu¶awiyah Adalah Seorang Yang Sangat Penyantun. Umar Bin Abdul Aziz (99-101 H/717-720 M) BIOGRAFI Umar Bin Abdul Aziz Dilahirkan Pada Tahun 63 H Di Halwan. Yazid Orang Yang Sabar. Dia Sangat Terpesona Dengan Keperkasaan Dan Ketampanannya. Abdul Malik Sebagai Seorang Politikus. Dan Saya Adalah Seorang Raja Yang Sangat Muda Dan Perkasa. Dia Berkata. Abu Bakar Adalah Orang Shiddiq.Saradaniyah.Ayahnya Bernama Aziz Menjabat Sebagai Khalifah Pada Usia 37 Tahun . Sedangkan Al Walid Adalah Seorang Yang Kejam. Utsman Sebagai Lelaki Yang Sangat Pemalu. Ibunya Bernama Ummu µAshim Binti µAshim Bin Umar Bin Al-Khattab. 8. ³Sulaiman Pernah Melihat Wajahnya Di Cermin.

Basis Kekuatan Bani Umayyah.Masa Pemerintahannya Berlangsung Selama 19 Tahun 9 Bulan Usaha-Usaha Masa Pemerintahannya Mengatasi Konflik Dan Perselisihan Memperkuat Persatuan Dan Kesatuan Sikap Toleransi Yang Tinggi Terhadap Masyarakat Kristen Dan Yahudi Membangun Bendungan Dan Sungai Mendirikan Benteng-Benteng Pertahanan Membuka Sejumlah Perkebunan Membangun Pacuan Kuda .Sistem Keuangan Diperbaiki .Ia Mengurangi Pajak Beberapa Kelompok Kristen Dan Menghapuskan Konsesi Pajak Yang Ditanggung Orang-Orang Samara Sebagai Hadiah Untuk Pertolongan Yang Telah Disumbangkan Dihari-Hari Awal Penaklukan Arab. Hisyam Bin Abdul Malik (105-125 H/724-743 M) Biografi Hisyam Bin Abdul Malik Dilahirkan Pada Tahun 70 H. 10.Ia Juga Membayar Perhatian Berarti Pada Pertanian Dan Memperbaiki Sistem Irigasi Di Oasis Damsyik.Ia Menjabat Sebagai Khalifah Pada Usia 35 Tahun .Ia Wafat Pada Bulan Rabiul Awal Tahun 125 H Dalam Usia 55 Tahun .Ia Dilantik Menjadi Khalifah Pada Bulan Rajab Tahun 105 H/724 M. Yazid Bin Abdul Malik (101-105h/720-724 M) Biografi Yazid Bin Abdul Malik Lhir Pad Tahun 71 H .Ia Wafat Pad Usia 40 Tahun Masa Pemerintahannya Berlangsung Selama 4 Tahun . 1 Bulan Kebijakan Yazid Bin Abdul Malik Pada Masa Pemerintahannya Ia Memperkuat Struktur Adminstrasi Khilafah Dan Memperbaiki Pertahanan Militer Suriah.Kebijakkan Umar Bin Abdul Aziz Pada Masa Pemerintahannya Pada Masa Pemerintahannya Umar Bin Abdul Aziz Tidak Melakukan Perluasan Kekuasaan Islam Tetapi Prioritas Utama Umar Bin Abdul Aziz Adalah Pembangunan Dalam Negeri Jasa-Jasa Dan Peninggalan Umar Bin Abdul Aziz Mengirim Para Mubaligh Ke Berbagai Penjuru Wilayah Islam Meminta Para Gubernur Menyebarkan Ajaran Islam (Berdakwah) Membukukan Hadits 9.

Oleh Sebagian Ahli Sejarah Ia Tidak Dianggap Sebagai Khalifah Melainkan Sebagai Amir. Ibrahim Bin Walid (127-127 H/744-745 M) Biografi Ibrahim Bin Malik Memerintah Selama 3 Bulan. 14.Masa Pemerintahannya Penuh Dengan Kemelut Dan Pemberontakan .Ia Wafat Pada Bulan Jumadil Akhir Tahun 126 H.Palestina.Meninggalnya Marwan Maka Berakhirlah Kedaulatan Bani Umayyah .Dia Wafat Dalam Usia 46 Tahun.Jasa-Jasa Dan Peninggalan Membangun Sumur Dan Bendungan Membangun Perkebungan Kapas Dan Pendirian Pabrik Tenun Membangun Pabrik Senjata Diwilayah Utara Dan Afrika Utara 11.Pada Tanggal 27 Dzulhijjah 132 H/ 5 Agustus 750 M.Daerah Al-Fayyun Mesir.Dan Dilanjutkan Oleh Bani Abbasiyah Usaha ± Usaha Marwan Bin Muhammad Memindahkan Ibukota Dari Damaskus Ke Harran. Menumpas Para Pemberontakan Di Hims. 13.Damaskus Dan Irak . Walid Bin Yazid (125-126 H/743-744 M) Biografi Walid Bin Yazid Lahir Pada Tahun 90 H . Kebijakan Dalam Masa Pemerintahannya Melipatkan Jumlah Bantuan Sosial Untuk Memelihara Orang Buta Dan Lnsia Dan Menyediakan Perawat Bagi Setiap Orang 12.Dan Wafat Dalam Usia 40 Tahun.Masa Pemerintahannya Berlangsung Selama 16 Bulan .Masa Pemerintahannya Berlangsung Selama 1 Tahun 2 Bulan . Yazid Bin Walid (126-127/744-744 M) Biografi Yazid Bin Walid .Ibunya Bernama Syah Faraud Binti Fairuz Bin Yazdajir. Marwan Bin Muhammad (127-132 H/744-750 M) Biografi Marwan Dilahirkan Di Jazirah /Wilayah Hijaz Dia Dibunuh Oleh Shaleh Bin Ali Di Bushair .

Organisasi Ketentaraan (An-Nidzam Al-Harby) 4.Kemajuan-Kemajuan Yang Dicapai Dinasti Bani Umayyah (661-750 M) Kemajuan Dalam Bidang Adminstrasi Pemerintahan 1. Organisasi Politik (An-Nidham Al-Siyasi) 2. Organisasi Tata Usaha Negara (An-Nidham Al ±Idary) Diwan Al-Kharraj : Departemen Pajak Diwan Al-Rasail : Departemen Pos Diwan Al-Musytaghillat : Departemen Bertugas Menangani Berbagai Kepentingan Umum Diwan Al-Khatim : Departemen Menyimpan Berkas/Dokumen Penting Negara Organisasi Keuangan (An-Nidzam Al ±Mali) 3. Organisasi Kehakiman (An-Nidzam Al-Qadla) Al-Qadla Bertugas Menyelesaikan Perkara Yang Berhubungan Dengan Negara Al-Hisbah Bertugas Menyelesaikan Perkara Yang Berhubungan Dengan Negara Umum Dan Soal ±Soal Pidana Yang Memerlukan Tindakan Cepat Al ±Nadzar Fil Madllim : Mahkamah tertinggi atau mahkamah banding. Kemajuan Dalam Bidang Sosial Budaya Bidang Bahasa Dan Sastra Kemajuan Dalam Bidang Seni Rupa Seni Bangunan Atau Arsitektur Kemajuan Dalam Bidang Ilmu Pengetahuan Ilmu Kedokteran Ilmu Perbintangan Ilmu Pasti (Riyadiyat) Ilmu Farmasi Dan Kimia Ilmu Filsafat Ilmu Sejarah Ilmu Geografi Ilmu Sastra .

Karena Tidak Didasari Atas Syariat Islam. Sebab-Sebab Utama Terjadinya Keruntuhan Dinasti Bani Umayyah Terjadinya Persaingan Di Keluarga Bani Umayyah Tidak Ada Pemimpin Politik Dan Militer Yang Handal Yang Mengendalikan Kekuasaan Keutuhan Negara Munculnya Perlawanan Menentang Bani Umayyah dari Kelompok Syi¶ah Serangan Abu Muslim Al-Khurasani Dan Abdul Abbas Kepusat Pemerintahan .Kemajuan Di Bidanng Ilmu Agama Ilmu Tafsir Ilmu Hadits Ilmu Kalam Ilmu Tasawuf Ilmu Bahasa Ilmu Fiqih Kemajuan Di Bidang Politik Sistem Pemilihan Khalifah Wazir (Perdana Mentri) Tata Usaha Negara (Nidlam Al-Idary) Kemajuan Dibidang Militer Kemunduran Dinasti Bani Umayyah Khalifah Memiliki Kekuasaan Yang Absolut Gaya Hidup Mewah Para Khalifah Tidak Adanya Ketentuan Mengenai Sistem Pengangkatan Khalifah Banyaknya Pemberontakan Pada Masa-Masa Pertengahan Akhir Pemerintahan Bani Umayyah Pertentangan Antara Arab Utara Dan Arab Selatan Banyaknya Tokoh Agama Kecewa Dengan Kebijakan Bani Umayyah.

Adapun Sebab ± Sebab Utama Terjadinya Keruntuhan Dinasti Bani Umayyah Adalah Sebagai Berikut : a. c. 2. Golongan Zubaer Dari Pertentangan Politik Antar Golongan Itu. d. Ditandai Dengan Melemahnya Sistem Politik Dan Kekuasaan Karena Banyak Persoalan Yang Dihadapi Para Penguasa Dinasti Ini. Yaitu : 1. Tentu Saja Didukung Oleh Kekuatan Angkatan Bersenjata Yang Memadai. . Yaitu : 1. Lemahnya Pemerintahan Daulat Bani Umayyah Juga Disebabkan Oleh Sikap Hidup Mewah Di Lingkungan Istana Sehingga Anak-Anak Khalifah Tidak Sanggup Memikul Beban Berat Kenegaraan Tatkala Mereka Mewarisi Kekuasaan. Golongan Syi¶ah 2. Kelompok Bani Umayyah Yang Dipelopori Mu¶awiyyah Muncul Sebagai Pemenangnya Yang Selanjutnya Berdirilah Pemerintah Daulat Bani Umayyah. Golongan Jami¶iyah 4. Serangan Pasukan Abu Musim Al-Khurasani Dan Pasukan Abul Abbas Ke Pusat-Pusat Pemerintahan Dan Menghancurkannya.Lahirnya Daulat Bani Umayyah Ditengah-Tengah Terjadinya Pertentangan Politik Antara Golongan. Tidak Ada Pemimpin Politik Dan Militer Yang Handal Yang Mampu Mengendalikan Kekuasaan Dan Menjaga Keutuhan Negara. Kesimpulan Pendiri Dinasti Umayyah Adalah Muawiyah Bin Abi Sufyan. Angkatan Kepolisian Dinasti Bani Umayyah Mengalami Masa Kemunduran. Angkatan Darat. Lembaga Pertahanan Ini Memiliki 3(Tiga) Angkatan. Munculnya Berbagai Gerakan Perlawanan Yang Menentang Kekuasaan Bani Umayyah. Pemerintah Bani Umayyah Memiliki Berbagai Pertahanan Keamanan Yang Disebut ³An Nadhimul Harby´. Nenek Moyang Muawiyyah. Terjadinya Persaingan Kekuasaana Di Dalam Anggota Keluarga Bani Umayyah b. Antara Lain Gerakan Kelompok Syi¶ah. Angkatan Laut 3. Antaranya Adalah Masalah Politik. Kekuatan Bani Umayyah Yang Besar Dan Wilayah Kekuasaannya Yang Besar Itu. Ekonomi. Penisbatan Dinasti Kepada Umayyah Karena Umayyah Ialah Seorang Tokoh Terkemuka Yang Berpengaruh Besar Di Kalangan Bangsa Quraisy. Dan Sebagainya.Simpulan A. Golongan Khawarij 3.

pembuatan sepeda d. Pembentukan Departemen Pencatatan /Diwanul Khatam b.membangun sumur dan bendungan b. 100 tahun e. 99-101 H/718-724 M d. 99-101 H/717-720 M b.Pembentukan Shahibul Kharraj (Pemungut Pajak) e.Pembentukan Dinas Pos/Diwanul Barid c. Muawwiyah bin abi sufyan bin harb bin umayyah d. Kemajuan yang dicapai dalam bidang tekhnologi. 97-103 H/715-721 M . 80 tahun c. 70 tahun b.kecuali. 99-103 H/719-722 M c.membangun pabrik senjata d. 60 tahun 3. 90 tahun d.. pembuatan uang 6. a. pada masa Dinasti Bani Umayyah adalah « a. Jasa-Jasa Dan Peninggalan Abdul Malik Bin Marwan a. Kebijakan muawiyah bin abu sofyan dalam masa pemerintahannya adalah.Pembentukan Percetakkan Mata Uang d. Hasyim bin abdul malik 2. pembuatan computer e. Umar bin abdul azis menjadi khalifah dari tahun« a.pembentukan mata uang 4. Umar bin khottob c. Utsman bin affan e.membangun jalan raya c. Ali bin abi tholib b. 98-101 H/713-728 M e. Pendiri Dinasti Bani Umayyah adalah « a.membentuk mahkamah agung 5. penemuan kompas b. Dinasti Bani Umayyah memerintah selama « a.SOAL 1. pembuatan kendaraan bermotor c.membangun pacuan kuda e.

Mendirikan istana untuk khalifah .21 tahun 9 bulan c.Fakir Miskin Dan Anak-Anak Yatim Serta Orang-Orang Yang Tidak Berdaya Dan Cacat b.7. Mengembalikan Uang Pensiun Anak-Anak Yatim Para Pejuang Islam c.. Membukukan Hadits b. a. Pembangunan Rumah Jompo Dan Yatim .. Jasa ± jasa dan peninggalan umar bin abdul azis adalah« a...Serta Orang-Orang Cacat c. Membangun pacuan kuda 8.22 tahun 8 bulan d. 9. Melarang Pembelian Tanah Non Muslim Kepada Umat Islam Dan Jizyah (Pajak Jiwa) Kepada Non Muslim e.21 tahun 8 bulan b. Membangun kantor pos d.87H-97H/706M-716 M c. membangun bendungan e.86H-96H/705M-715 M b. Menghapuskan Kelas.22 tahun 9 bulan e..87H-99H/708M-718 M e. Jasa-Jasa Dan Peninggalan Walid Bin Abdul Malik adalah. Pembangunan Masjid Umawi Di Damaskus Dan Rehabilitas Bangunan Masjid Nabawi Di Madinah e. Menghidupkan Kerukunan Dan Toleransi Beragama d.86H-100H/709M-719 M 11. Walid bin abdul malik menjadi khalifah dari tahun.86H-98H/707M-717 M d.kecuali. Mendirikan benteng ± benteng pertahanan. a. Usaha-Usaha Yang Dilakukan Dalam Masa Pemerintahan umar bin abdul azis adalah. Pembangunan Jalan-Jalan Raya N Pembuatan Sumur-Sumur d. a.. Membangun jalan raya c. Masa pemerintahan abdul malik bin marwan berlangsung selama. Perhasiannya Terhadap Kaum Duafa . a.kecuali.20 tahun 8 bulan 10.Kelas Sosial Antara Muslim Arab Dan Muslim Non Arab b.

9 tahun 8 bulan 13.12.ilmu tafsir c.diwan al-musyatgillat d. 108H-126 H/721-747 M e. Membangun Pacuan Kuda e.diwan al-khatim e.19 tahun 9 bulan b.diwan al-qadi 17.18 tahun 8 bulan e.ilmu fiqih e. Mendirikan Benteng-Benteng Pertahanan c.ilmu balagah b.ilmu bahasa 16. Membangun mahkamah agung 15. adalah.18 tahun 9 bulan d. Membuka Sejumlah Perkebunan d. 106H-124 H/723-745 M c. 105H-125 H/724-743 M b. Ilmu pengetahuan yang berkembang pada masa dinasti umayyah.19 tahun 8 bulan c.ilmu hadits d. Hisyam bin abdul malik menjadi khalifah dari tahun« a.. Membangun Bendungan Dan Sungai b.kecuali. Departemen pajak pada masa dinasti bani umayyah adalah« a. Masa pemerintahan hisyam bin abdul malik berlangsung selama« a. An-Nidzam Al ±Mali . Organisasi politik disebut juga dengan« a. An-Nidham Al-Siyasi b.diwan ar-rasa¶il c. 109H-127 H/720-748 M 14. a.diwan al-Kharraj b.kecuali« a. Usaha-Usaha Yang Dilakukan Dalam Masa Pemerintahan umar bin abdul azis adalah. An-Nidham Al ±Idary c. 107H-125 H/722-746 M d.

An-Nidzam Al-Qadla e. Banyaknya Pemberontakan Pada Masa-Masa Pertengahan Akhir Pemerintahan Bani Umayyah e. Gaya Hidup Mewah Para Khalifah . Serangan Abu Muslim Al-Khurasani Dan Abdul Abbas Kepusat Pemerintahan b.al-musta¶sim 19. Memindahkan ibukota dari damaskus ke harran 20. Kemunduran dinasti bani umayyah ditandai dengan adanya. Khalifah Memiliki Kekuasaan Yang Absolut b. Gaya Hidup Mewah Para Khalifah c.al-hisbah c. Tidak Adanya Ketentuan Mengenai Sistem Pengangkatan Khalifah d.al-mustazir e.kecuali« a. Khalifah Memiliki Kekuasaan Yang Absolut e. Memindahkan ibukota dari damaskus ke harran c.al-qadla d.d. Tidak Adanya Ketentuan Mengenai Sistem Pengangkatan Khalifah d. Mahkamah tertinggi pada dinasti bani umayyah adalah« a.an-Nadar fil-madalim b. Sebab-Sebab Utama Terjadinya Keruntuhan Dinasti Bani Umayyah adalah« a. An-Nidzam Al-Harby 18.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful