P. 1
Zaman Klasik

Zaman Klasik

|Views: 2,372|Likes:
Published by ShierlySusanto

More info:

Published by: ShierlySusanto on Oct 24, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/15/2013

pdf

text

original

Zaman Klasik (Musik

)
Sejarah musik klasik Barat Zaman Pertengahan (476 – 1450) Zaman Renaisans (1450 – 1600) Zaman Barok (1600 – 1750) Zaman Klasik (1740 – 1830) Zaman Romantik (1815 – 1910) Abad ke-20 (1900 – 2000) Abad ke-21 (2001 – sekarang) Zaman Klasik atau Periode Klasik dalam sejarah musik Barat berlangsung selama sebagian besar abad ke-18 sampai dengan awal abad ke-19. Walaupun istilah musik klasik biasanya digunakan untuk menyebut semua jenis musik dalam tradisi ini, istilah tersebut juga digunakan untuk menyebut musik dari zaman tertentu ini dalam tradisi tersebut. Zaman ini biasanya diberi batas antara tahun 1750 dan 1820, namun dengan batasan tersebut terdapat tumpang tindih dengan zaman sebelum dan sesudahnya, sama seperti pada semua batasan zaman musik yang lain. Zaman klasik berada di antara Zaman Barok dan Zaman Romantik. Beberapa komponis zaman klasik adalah Joseph Haydn, Muzio Clementi, Johann Ladislaus Dussek, Andrea Luchesi, Antonio Salieri dan Carl Philipp Emanuel Bach, walaupun mungkin komponis yang paling terkenal dari zaman ini adalah Wolfgang Amadeus Mozart dan Ludwig van Beethoven. Ciri Musik Pada Zaman Klasik: 1. Menggunakan peralihan dinamik dari lembut sampai keras atau (cressendo)dan dari keras menjadi lembut(decrssendo). 2. Perubahan-perubahan tempo dengan percepatan atau (accelerando) dan perlambatan(ritardando). 3. Hiasan / ornamentik diperhemat pemakaiannya. 4. Pemakaian akord 3 nada.

Bentuk musik klasik 1.Eksposisi Eksposisi adalah bagian awal dari lagu bentuk sonata yang biasa nya menggambarkan nuansa penuh semangat dan terbagi menjadi beberapa tema yaitu tema pokok. dan tema penutup. 4.A Mozart Bethoven J. sinkop perubahan not panjang ke not pendek.Fast movement 2. Komposisi instrument periode klasik terdiri dari beberapa bagian yang kontras dari tempo dan karakter. dari cepat berangsur menjadi lambat dan sebaliknya.Coda coda adalah penutup dari seluruh rangkaian lagu. tema kedua.Dance related movement 4. Pada masa ini juga ditandai dengan berahirnya komposisi yang menggunakan bass continue dan munculah tanda crescendo dan decrescendo.Slow movement 3. cikal bakal piano sebelum menjadi piano adalah Harpsicord. 2. penggunaan tanda isstirahat.Face movement Bentuk komposisi sonata terdiri dari tiga bagian 1. Haydn . Komponis terkenal pada zaman klasik W. Begitu pula dengan pola ritme . bridge.Pengembangan bagian ini adalah uraian tema atau pengembangan dari eksposisi di bentuk ke dalam motif motif 3. perubahan nuansa dalam dinamik dengan gaya berangsur-angsur dari lembut berangsur menjadi keras dan sebaliknya.•Zaman Klasik (1750 – 1820) Pada zaman klasik ini adalah zaman dimana instrument piano mulai muncul.Rekapitlasi pada bagian ini lagu kembali ke eksposisi akan tetapi mengalami modifikasi modifikasi pada bagian-bagian tertentu.

istilah tersebut juga digunakan untuk menyebut musik dari zaman tertentu ini dalam tradisi tersebut. 3. Walaupun istilah musik klasik biasanya digunakan untuk menyebut semua jenis musik dalam tradisi ini. namun dengan batasan tersebut terdapat tumpang tindih dengan zaman sebelum dan sesudahnya. sama seperti pada semua batasan zaman musik yang lain. Zaman klasik berada di antara Zaman Barok dan Zaman Romantik. Beberapa komponis zaman klasik adalah Joseph Haydn. 2. walaupun mungkin komponis yang paling terkenal dari zaman ini adalah Wolfgang Amadeus Mozart dan Ludwig van Beethoven. Pemakaian akord 3 nada. Ciri Musik Pada Zaman Klasik :1. Perubahan-perubahan tempo dengan percepatan atau (accelerando) dan perlambatan(ritardando). Hiasan / ornamentik diperhemat pemakaiannya. Johann Ladislaus Dussek. 4. Zaman ini biasanya diberi batas antara tahun 1750 dan 1820.Zaman Klasik atau Periode Klasik dalam sejarah musik Barat berlangsung selama sebagian besar abad ke-18 sampai dengan awal abad ke-19. Antonio Salieri dan Carl Philipp Emanuel Bach. Menggunakan peralihan dinamik dari lembut sampai keras atau (cressendo)dan dari keras menjadi lembut(decrssendo). . Andrea Luchesi. Muzio Clementi.

Pada tahun 1781 ia pindah ke kota Wina dan mengarang ciptaan-ciptaannya yang termaahur. Permainannya sangat menakjubkan. ia meninggal tanggal 31 Mei 1809 di Wina Austria. . Biarpun memperoleh banyak sukses. tapi ia sangat miskin dan dalam keadaan yang sengsara. Di Wina ia diakui sebagai Komponis Austria yang handal. Joseph Haydn termashur sebagai Bapak Simfoni yang mewujudkan bentuk orkes dan kuartet seperti yang kita kenal sekarang. Frans Joseph Haydn (1732 . 24 buah opera. Opera Don Geovani. Pada usia 3 tahun ia telah dapat menghasilkan melodi dan menerapkan accor pada hrpsikord.1791) Lahir pada tanggal 27 januari 1756 di Salzburg Austria. yang paling terkenal adalah The Surprisse Sympony.1809). 100 buah simfoni. 40 buah Simfony. Ia menulis banyak komposisi dalam bentuk yang berbeda-beda tetapi berpegang kuat pada gaya klasik murni. Dalam sejarah musik. Konserto Piano. Kuintet Biola Alto. sehingga dijiluki Anak Ajaib. Hasil karyanya adalah : Requiem Mars. 87 buah kuartet. 2. Pada usia 5 tahun ia telah mulai menciptakan lagu dan muncul didepan umum pada usia 6 tahun. ia meninggal di Wina dalam usia 35 tahun dan dikuburkan di pekuburan fakir miskin. Karya ciptaannya yaitu : Sonata Piano. kemudian bersama saudara perempuannya mengadakan Tour keliling Eropa. Wolfgang Amandeus Mozart (1756 . meninggal tanggal 5 Desember 1791 di Wina Austria.1. Lahir di Rohrau Austria.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->