P. 1
LAMBANG DEPARTEMEN AGAMA

LAMBANG DEPARTEMEN AGAMA

|Views: 2,777|Likes:
Published by Ardy Dudud Parker

More info:

Published by: Ardy Dudud Parker on Oct 24, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/10/2013

pdf

text

original

Putra Zarviansyah LAMBANG DEPARTEMEN AGAMA MAKNA ISI LAMBANG Bintang bersudut lima yang melambangkan sila Ketuhanan

Yang Maha Esa dalam Pancasila, bermakna bahwa karyawan Departemen Agama selalu menaati dan menjunjung tinggi norma-norma agama dalam melaksanakan tugas Pemerintahan dalam Negara Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila. 17 kuntum bunga kapas, 8 baris tulisan dalam Kitab Suci dan 45 butir padi bermakna Proklamasi Kemerdekaan republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945, menunjukkan kebulatan tekad para Karyawan Departemen Agama untuk membela Kemerdekaan Negara Kesatuan republik Indonesia yang diproklamirkan pada tanggal 17 Agustus 1945. Butiran Padi dan Kapas yang melingkar berbentuk bulatan bermakna bahwa Karyawan Departemen mengemban tugas untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera, adil, makmur dan merata. Kitab Suci bermakna sebagai pedoman hidup dan kehidupan yang serasi antara kebahagiaan duniawi dan ukhrawi, materil dan spirituil dengan ridha Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa. Alas Kitab Suci bermakna bahwa pedoman hidup dan kehidupan harus ditempatkan pada proporsi yang sebenarnya sesuai dengan potensi dinamis dari Kitab Suci. Kalimat Ikhlas Beramal bermakna bahwa Karyawan Departemen Agama dalam mengabdi kepada masyarakat dan Negara berlandaskan niat beribadah dengan tulus dan ikhlas. Perisai yang berbentuk segi lima sama sisi dimaksudkan bahwa kerukunan hidup antar umat beragama RI yang berdasarkan Pancasila dilindungi sepenuhnya sesuai dengan UndangUndang Dasar 1945 Kelengkapan makna lambang Departemen Agama melukiskan motto : Dengan Iman yang teguh dan hati yang suci serta menghayati dan mengamalkan Pancasila yang merupakan tuntutan dan pegangan hidup dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara, karyawan Departemen Agama bertekad bahwa mengabdi kepada Negara adalah ibadah.

1.

2.

3.

4. 5. 6. 7.

8.

Arti Logo Kementerian Negara Pemuda dan Olahraga

1. Tangan Kanan Mengepal : Merupakan wujud Tekad, Semangat, Kokoh, Teguh, Kemauan kuat Pemuda untuk menjaga Negara Kesatuan Repubik Indonesia (NKRI) yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 serta Bhineka Tunggal Ika Tiga pilar pada tangan mengepal mempunyai makna ketiga peristiwa sejarah yaitu: Kebangkitan Nasional 1908, Sumpah Pemuda 1928 dan Kemerdekaan Indonesia 1945 yang Pelaku utamanya adalah Pemuda. Warna Biru mempunyai makna lambang/simbolik : Keliasan Pandangan dan Pikiran, Smart, Bergerak Maju, Inovatif dan Inspiratif, Kedewasaan, Kematangan, Penguasaan Ilmu Pengetahuan, dan Dinamis 2. Api Obor merupakan perwujudan semangat/spirit Nasionalisme yang tak pernah padam sejak dikobarkan oleh Boedi Oetomo tahun 1908 yang menjadi momentum Kebangkitan Indonesia sebagai Bangsa(Nation) 3. Tiga Cincin warna Merah melambangkan semangat Kesatupaduan untuk mengembangkan ruang lingkup bidang Olahraga : Olahraga Pendidikan, Olahraga Rekreasi dan Olahraga Prestasi serta Semangat untuk mengharumkan dan memperjuangkan kehormatan Bang Indonesia dan sa mendorong Keolahragaan Nasional yang bertujuan memelihara dan meningkatkan kesehatam dan kebugaran, prestasi, kualitas manusia, menanamkan nila moral dna akhlak mulia, sportivitas, disiplin,

Warna Putih mempunyai arti niat suci tulus ikhlas sebagai landasan pijak dalam semua gerak langkah Kemenpora untuk berkarya nyata dalam mengemba amanah Bangsa Indonesia untu menjadi Bangsa yang Besar. serta mengangkat harkat dan martabat dan kehormatan bangsa 4. serta menumbuhkembangkan Pote Pemuda nsi dan semangat Olahraga Indonesia untuk terus mengukur prestasi dalam bidang -bidang pembangunan dan prestasi di bidang keolahragaan.Putra Zarviansyah mempererat dna membina Persatuan dan Kesatua Bangsa. mempertahankan. kemampuan. Kuat. putih dan hijau : Padi sepanjang 17 butir. Gada. Bernurani. Berbudaya dan Disegani di Dunia. Susunan: . Berdedikasi Tinggi yang membidangi Pemuda dan Olahraga yang dilandasi oleh rasa cinta dan tanggungjawab demi bakti kepada Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Bermartabat. Lingkaran oval dengan tulisan melingkar Kementerian Negara Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia dan bagian dalam berwarna merah di bagian atas dan putih di bagian bawah: Lingkaran adalah bentuk bidang yang sempurna. kuning emas. Warna Merah mempunyai makna kekuatan. dan semangat yang tidak pernah pudar untuk terus memperjuangkan. Seluruh unsur-unsur tersebut tergambar dalam ruang segi lima. ini menggambarkan bahwa Kementerian Pemuda dan Olahraga adalah Lembaga Negara yang Solid. Smart. Kapas sepanjang 8 butir. Logo Departemen Keuangan Republik Indonesia Keterangan Umum: Motto Bentuk Tata warna Lukisan : Negara Dana Rakca : Segi lima : Biru kehitam-hitaman. Kokoh. Sayap. 4 buah berlengkung 5. terdiri dari: 4 buah berlengkung 4. memperkukuh Ketahanan Nasional.

dan (f) kenangan. . Warna ungu melambangkan kekuatan jiwa dalam membangun kebudayaan dan kapariwisataan Indonesia. Makna: Padi dan kapas melambangkan cita-cita upaya kita untuk mengisi kesejahteraan Bangsa dan sekaligus diberi arti sebagai tanggal lahirnya Negara Republik Indonesia. Atap candi berjumlah 7 (tujuh) melambangkan Sapta Pesona. 4. (c) sejuk . 2. Ruang segi lima melambangkan dasar negara Pancasila ArtiKeseluruhan: Makna dari lambang tersebut adalah ungkapan sesuatu daya yang mempersatukan dan menyerasikan dalam gerak kerja. Bokor kuning emas. 5. (d) indah. Sayap kuning emas.Putra Zarviansyah Dasar segi lima berwarna biru kehitam-hitaman. 6. Padi kuning emas. digunakan sejak 2002. (e) ramah-tamah. (c) bersih. Anak tangga berjumlah 5 (lima) melambangkan dasar negara Pancasila sebagai landasan dalam membangun kebudayaan dan kepariwisataan Indonesia. Kapas putih dengan kelopak hijau. Arti Logo Departemen Kebudayaan dan Pariwisata Logo Departemen Kebudayaan dan Pariwisata seperti gambar ini. Candi merupakan hasil karya budaya nenek moyang yang sudah lama dikenal di Indonesia. yaitu (a) aman. Pintu candi menunjukkan lambang senantiasa terbuka bagi para wisatawan yang akan berkunjung ke Indonesia sekaligus menggambarkan keterbukaan hati dan keramahtamahan masyarakat Indonesia. mengerahkan. Jawa Timur. mengamankan keuangan negara. Pita putih. Candi ini merupakan stilisasi dari Gapura Bajang Ratu yang terletak di Mojokerto. Sayap melambangkan ketagkasan dalam menjalankan tugas. Bagian-bagian logo beserta artinya adalah sebagai berikut: 1. Motto (semboyan) biru kehitam-hitaman. Candi dilingkari dengan dunia yang sedang bergerak melambangkan bahwa kebudayaan dan kepariwisataan Indonesia selalu dinamis mengikuti perkembangan global tetapi tetap menjaga identitas budaya bangsa Indonesia. 3. untuk melaksanakan tugas Departemen Keuangan. Gada melambangkan daya upaya menghimpun. (b) tertib. Gada kuning emas.

kekompakan dan keterpaduan dalam melaksanakan tugas yang diemban Departemen Perhubungan untuk mencapai cita-cita Bangsa dan Negara.Putra Zarviansyah LAMBANG DEPARTEMEN PERHUBUNGAN Lambang Departemen Perhubungan adalah gambar atau tanda sebagai pengikat batin dan kesatuan jiwa seluruh aparatur serta merupakan pengejawantahan keluhuran missi DEPHUB dalam keikutsertaan mewujudkan cita-cita bangsa dan negara. Citra untuk mampu memelihara ketertiban dan kebersihan di segala bidang . Unsur lambang tersebut terdiri dari : y y y y y y y Sayap tujuh helai disebelah kiri dan tujuh helai di sebelah kanan Jangkar yang menyatu dengan sayap dan ekor Bola dunia warna biru dengan garis-garis warna emas yang menyatu dengan roda gigi sebanyak 12 buah warna emas dan 12 buah warna biru Ekor warna emas lima helai Padi 45 butir dan kapas 17 buah seluruhnya berwarna emas yang tangkainya diikat dengan pita warna emas berbentuk angka delapan Seloka "Wahana Manghayu Warga Pertiwi" diletakkan di dalam jangkar warna biru Pita warna emas dan biru diletakkan dibawah lingkaran warna mas dengan tulisan Departemen Perhubungan Republik Indonesia Arti unsur-unsur pada lambang ialah : y y y y y y y Burung merupakan simbolis sarana tercepat untuk mencapai sasaran dan jangkauan perhubungan juga melambangkan Perhubungan Udara Jangkar merupakan sarana kokoh dan kuat menggambarkan missi perhubungan dapat menjangkau Kepulauan Nusantara maupun seluruh dunia dengan tabah dan tenang sekaligus melambangkan Perhubungan Laut Bola dunia menggambarkan tugas dan fungsi Perhubungan melayani jasa Perhubungan ke seluruh penjuru dunia Padi dan kapas berarti sandang dan pangan yang merupakan cita -cita Bangsa Indonesia yaitu masyarakat adil dan makmur Roda bergigi 24 terdiri dari 12 warna emas dan 12 warna biru perlambang aparatur perhubungan menjalankan tugas selama 24 jam terus menerus sekaligus melambangkan Perhubungan Darat Lingkaran luar warna emas perlambang keseluruhan aparatur Departemen berfungsi dalam kesatuan sistem Perhubungan Nasional Pita pengikat padi dan kapas melambangkan keadilan dan kemakmuran dua hal yang tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Lambang terdiri dari bentuk lingkaran dan pita bertuliskan Departemen Perhubungan Republik Indonesia yang menggambarkan satu kesatuan. Makna unsur-unsur pada lambang ialah : y y y tujuh helai sayap kiri dan kanan bermaknakan Sapta Prasetya KORPRI 24 jam gigi roda bermaknakan aparatur perhubungan menjalankan tugasnya selama 24 jam terus menerus melayani masyarakat lima helai ekor bernamakan 5 Citra manusia Perhubungan yaitu : 1.

cepat. bulan dan tahun proklamasi RI yaitu 17-8-1945 Warna lambang terdiri dari warna biru tua yang melambangkan suasana kedamaian yang terwujud dengan pelayanan jasa angkutan yang dilayani dengan tertib. Mampu memberikan kenyamanan dan keamanan kepada masyarakat pengguna jasa Perhubungan 4. teratur. . Mampu membudayakan tepat waktu dalam pemberian jasa Perhubungan 3. Peka terhadap keluhan masyarakat namun tetap memancarkan kepribadian yang ramah y 45 butir padi 17 buah kapas yang diikat oleh simpul pita berbentuk angka bermakna tanggal.Putra Zarviansyah 2. aman dan nyaman dan warna kuning emas melambangkan kejayaan dan keagungan alam semesta. tepat. Mampu bertindak gesit tidak berlaku lamban 5.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->