P. 1
Nirmana 2 Dimensi

Nirmana 2 Dimensi

|Views: 3,514|Likes:

More info:

Published by: Vinsensius Viktor Limas on Oct 25, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/17/2013

pdf

text

original

Nirmana 2 Dimensi

Gambar 1

Sumber : www.google.com/nirmana2D Gambar di atas merupakan salah satu contoh gambar nirmana 2 dimensi. Gambar di atas dapat dikatakan sebagai nirmana dua dimensi disebabkan oleh berbagai alasan dalam penentuan pengolahan rupa dasar :
1. Gambar nirmana di atas mengandung Irama (rhythm). Pada gambar terjadi irama

berputar yang menuju ke pusat sehingga terkesan dasar pusat sangat dalam.
2. Gambar nirmana di atas mengandung Keseimbangan (balance). Di mana penempatan

unsure bidang diletakan secara beraturan ke arah bawah dan menghasilkan bentuk komposisi yang simetri.
3. Gambar nirmana di atas mengandung Harmoni (Harmony). Dapat dilihat dari

keteraturan bentuk di dalamnya yang membentuk keseimbangan, dan kepaduan yang saling mengisi dan selaras.

4. Gambar nirmana di atas mengandung Variasi. Dapat dilihat dari variasi bentuk yang

digunakan untuk member kesan ‘dalam’ yaitu bentuk huruf L dan seperti bentuk daun.
5. Gambar ini mengalami Gradasi warna. Dapat dilihat warna yang digunakan adalah

warna kuning-hijau-kuning-hijau. Gambar 2 Nirmana 2D

Sumber : www.google.com/nirmanawave Gambar di atas merupakan salah satu contoh gambar nirmana 2 dimensi. Gambar di atas dapat dikatakan sebagai nirmana dua dimensi disebabkan oleh berbagai alasan dalam penentuan pengolahan rupa dasar :
1. Gambar di atas memiliki unsur simetri (symmetry). Hal ini dapat dilihat dari bagian

terang-gelap gambar tersebut. Kedua bagian ini memiliki kesamaan atau kemiripan bentuk rupa. Satu gambar di bawah ini bagaikan dibelash menjadi dua potongan dengan kemiripan bagai dicerminkan.

2. Gambar ini juga mengandung irama. Terdapat pada bagian garis lengkung yang

berulang-ulang yang member kesan tidak monoton. Efek ketebalan pada garis lengkung yang hampir sama memberikan kesan pengulangan yang halus.
3. Gambar nirmana ini juga mengandung keseimbangan (Balance).

Keseimbangan pada gambar terletak pada keseimbangan komposisi warna hitam putih yang dipakai yang digunakan secara maksimal, dan juga keseimbangan pada bentuk akhir dari garis-garis lengkung. Selain itu, juga ada keseimbangan simetris yang menghasilkan rupa dan bidang yang simetri.
4. Gambar ini mengandung kesatuan (unity). Gambar di atas apabila dicermati akan

membentuk kesatuan di tengah, yang menghasilkan suatu bentuk yang mengikat antara yang satu dengan yang lain.
5. Gambar ini mengandung dinamika. Hal ini disebabkan gambar terseebut memiliki

variasi terang-gelap/ hitam-putih dalam gambar. Sehingga gambar pun memiliki variasi kontras tapi tetap merupakan satu kesatuan.
6. Nirmana di atas juga mengandung harmoni (Harmony). Hal in dapat dilihat dari

keteraturan dan adanya unsur-unsur keseimbangan yang membentuk kepaduan yang mampu saling mengisi.

Nirmana 3 Dimensi
Gambar 1

Sumber : www.google.com/nirmana3D Gambar di atas merupakan gambar nirmana 3 dimensi (trimatra). Efek 3D yang ditimbulkan dari gambar membentuk bentuk sebuah kincir yang berputar. Bahan yang digunakan pada trimatra di atas adalah kardus. 1. Desain trimatra pada gambar di atas berupa regangan dan rongga. Dapat di lihat pada penempelan kincir yang tidak ditempel seluruhnya melainkan hanya setengah bagian yang ditempel. Dan juga akibat dari bahan berupa kardus yang dipakai, menghasilkan rongga-rongga kecil pada trimatra tersebut.

2. Trimatra

di

atas

memiliki

kedalaman

atau

ketebalan

pada

saat

dipegang/disentuh/dijangkau berdasarkan bentuk dasarnya.
3. Trimatra di atas memiliki irama bentuk yang sama sehingga dapat dilihat sepasang

kincir yang terkesan bergerak berlainan arah. 4. Trimatra di atas memiliki keseimbangan bentuk antara kedua belah sisi. Keseimbangan gambar ini dicapai dengan penyusunan unsur yang simetri. 5. Trimatra di atas memiliki harmoni, dapat dilihat dari adanyan keselarasan bentuk di dalam gambar tersebut yang membentuk kesatuan dan keseimbangan di dalamnya. 6. Trimatra di atas menjadi satu kesatuan kincir yang menimbulkan kesan mengikat satu sama lain.

Gambar 2

Sumber : www.google.com/nirmana3D

Gambar nirmana di atas merupakan salah satu contoh trimatra. Di mana bahan yang digunakan adalah sedotan/pipet berwarna putih. Unsur-unsur trimatra yang terdapat pada gambar itu adalah : 1. Gambar trimatra di atas memiliki irama bentuk yang sama pada kedua sisi gambar. Dan secara keseluruhan tidak monoton, hal ini disebabkan tinggi kedua bentuk bangunan ini tidak sama. 2. Gambar trimatra di atas memiliki keseimbangan bentuk yang menghasilkan keseimbangan komposisi pada bentuk trimatra. 3. Gambar trimatra di atas juga memiliki harmoni, karena memiliki keselarasan pada satu bangunan dan unsur bentuk di dalamnya. Harmoni pada trimatra di atas terbentuk karena adanya keseimbangan dan kesatuan rangkaian pipet yang berulang-ulang menjadi satu kepaduan. 4. Gambar trimatra di atas memiliki kesatuan pada setiap pipet yang saling bertautan satu sama lain. Penumpukan pipet itu memberikan kesan mengikat antara yang satu dengan yang lainnya. 5. Gambar trimatra di atas memiliki dinamika. Dapat dilihat dari ukuran bentuk yang tidak sama tingginya. Tapi hasilnya tetap memperlihatkan kesatuan dan keseimbangan.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->