P. 1
Tanaman Toga : Daun Sirih

Tanaman Toga : Daun Sirih

|Views: 732|Likes:
Published by fiqa_28feb

More info:

Published by: fiqa_28feb on Oct 25, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/21/2013

pdf

text

original

2010

Tanaman TOGA
Daun Sirih & Manfaatnya

Rafiqa Nur aini Al Hakim IX H
1

Kata Pengantar

Puji syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT, karena hanya dengan limpahan rahmat dan perkenan-Nya, saya dapat menyelesaikan makalah ini. Makalah ini disusun untuk memenuhi tugas dari mata pelajaran Tanaman Hias dan berisikan tentang salah satu tanaman TOGA, yaitu daun sirih. Di laporan ini, saya akan menulis tentang definisi daun sirih dan cara praktis mengolahnya menjadi obat tradisional yang murah dan aman dikonsumsi. Saya menyadari, bahwa penulisan laporan ini masih jauh dari kesempurnaan. Namun, saya merasa bersyukur karena pada batas kesanggupan dan kemampuan yang ada pada saya, akhirnya saya dapat menyelesaikannya walaupun dalam bentuk yang paling sederhana. Penulisan laporan ini, tidak akan berjalan dengan lancar tanpa adanya berbagai bantuan, dorongan, serta petunjuk dari berbagai pihak. Oleh karena itu pada kesempatan ini, saya menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar ± besarnya kepada : 1. Ibu Rompi Bunga, selaku guru Tanaman Hias SMP Negeri 3 Luwuk, yang telah memberikan tugas ini. 2. Berbagai media yang telah memberikan sumbangan ilmu pengetahuan. 3. Orang tua dan rekan-rekan saya yang telah mendorong dan menyemangati saya dalam menyelesaikan makalah ini.

Semoga Allah S.W.T berkenan mengaruniakan rahmatnya kepada mereka. Akhir kata dari saya. Semoga isi laporan ini dapat memberikan sumbangan yang positif terhadap perkembangan pendidikan. Luwuk, Mei 2010

Penulis

2

Daftar Isi

Judul ........................................................................................... 1 Kata Pengantar .......................................................................... 2 Daftar Isi .................................................................................... 3 Bab I Daun Sirih ........................................................................ 4 A.Deskripsi Tanaman ......................................................... 4 B.Penyakit yang Dapat Diobati .......................................... 5 a) b) c) d) e) f) g) Hidung Berdarah (Mimisan)..................................... 5 Sakit Jantung ............................................................ 5 Bisul ......................................................................... 5 Batuk Rejan.............................................................. 6 Sakit Gigi ................................................................. 6 Sakit Tenggorokan ................................................... 6 Alergi ....................................................................... 7

C. Manfaat Lain.................................................................. 7 a) Bau Mulut ................................................................ 7 b) Obat Pencuci Mata ................................................... 7 c) Mengurangi produk ASI Berlebihan......................... 7 Bab II Daftar Pustaka ............................................................... 8

3

BAB I PENDAHULUAN
A. Deskripsi Tanaman
Sirih merupakan tanaman asli Indonesia yang tumbuh merambat atau bersandar pada batang pohon lain. Sebagai budaya daun dan buahnya biasa dimakan dengan cara mengunyah bersama gambir, pinang dan kapur.Sirih digunakan sebagai tanaman obat (fitofarmaka); sangat berperan dalam kehidupan dan berbagai upacara adat rumpun Melayu. Tanaman merambat ini bisa mencapai tinggi 15 m. Batang sirih berwarna coklat kehijauan, berbentuk bulat, beruas dan merupakan tempat keluarnya akar. Daunnya yang tunggal berbentuk jantung, berujung runcing, tumbuh berselang-seling, bertangkai, dan mengeluarkan bau yang sedap bila diremas. Panjangnya sekitar 5 - 8 cm dan lebar 2 - 5 cm. Bunganya majemuk berbentuk bulir dan terdapat daun pelindung 1 mm berbentuk bulat panjang. Pada bulir jantan panjangnya sekitar 1,5 - 3 cm dan terdapat dua benang sari yang pendek sedang pada bulir betina panjangnya sekitar 1,5 - 6 cm dimana terdapat kepala putik tiga sampai lima buah berwarna putih dan hijau kekuningan. Buahnya buah buni berbentuk bulat berwarna hijau keabu-abuan. Akarnya tunggang, bulat dan berwarna coklat kekuningan.Tanaman ini tumbuh di daerah dengan ketinggian mencapai 300 m di atas permukaan laut, tumbuh subur pada tanah yang kaya zat organik dan cukup air. Sirih mengandung zat antiseptik yang mampu membunuh kuman. Kandungan fenol dalam sifat antiseptiknya lima kali lebih efektif dibandingkan dengan fenol biasa. Dengan sifat antiseptiknya, sirih sering digunakan untuk menyembuhkan luka pada kaki karena mengandung styptic untuk menahan pendarahan dan vulnerary. Dari hasil penelitian sebagaimana dikutip oleh buku tanaman obat terbitan Kebun Tanaman Obat Karyasari diungkapkan bahwa sirih juga mengandung arecoline di seluruh bagian tanaman. Zat ini bermanfaat untuk merangsang saraf pusat dan daya pikir, meningkatkan gerakan peristaltik, dan meredakan dengkuran. Daunnya mengandung eugenol yang mampu mencegah membasmi jamur Candida albicans, dan bersifat analgesik (meredakan rasa nyeri).

4

B. Penyakit yang Dapat Diobati
Seperti yang telah tertulis di atas, sirih mengandung berbagai macam zat yang sangat berguna untuk menyembuhkan penyakit. Tumbuhan inipun sangat mudah ditemukan di sekitar kita. Inilah penyakit-penyakit yang dapat di sembuhkan oleh daun sirih beserta cara pengolahannya :

a. Hidung Berdarah (Mimisan)
Bahan Cara membuat : 1 lembar daun sirih. : Daun sirih digulung sambil ditekan-tekan sedikit supaya keluar minyaknya.

Cara menggunakan : Masukan kedalam lubang hidung yang berdarah. Lakukan sampai darah tidak keluar dari hidung.

b. Sakit Jantung
Bahan : 3 lembar daun sirih, 4 pasang biji kemukus, 3 siung bawang merah, 1 sendok jintan putih. : Semua bahan tersebut ditumbuk sampai halus, ditambah 4 sendok makan air panas, dibiarkan beberapa menit, kemudian diperas dan disaring.

Cara membuat

Cara menggunakan : Diminum 2 kali sehari pagi dan sore secara teratur.

c. Bisul
Bahan :1 tangkai daun sirih, minyak kelapa, kapur sirih

Cara membuat

: Tumbuk tangkai daun sirih, kemudian celupkan tangkai daun sirih tersebut kedalam minyak kelapa. Kemudian panggang dengan api dan bubuhilah dengan sedikit kapur sirih.

Cara menggunakan : Oleskan tangkai daun sirih tersebut pada kulit yang terinfeksi. Untuk bisul yang kecil, hanya dengan beberapa olesan saja niscaya akan lenyap. Tetapi pada bisul yang sudah agak parah, ulangilah 3 malam berturut-turut menjelang tidur.

5

d. Batuk Rejan
a. Bahan Cara membuat :7 lembar daun sirih, gula batu, segelas air. : Semua bahan tersebut direbus secara bersamaan. Biarkan sampai mendidih sampai air yang ada di dalam tinggal ½ gelas. : Tiap kali diminum 3 sendok makan dan diulangi selama 4 hari berturut-turut

Cara menggunakan

b. Bahan Cara membuat Cara menggunakan

: 4 lembar daun sirih. : Direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih : Setelah dingin dipakai untuk kumur, diulang secara teratur sampai sembuh.

e. Sakit Gigi
a. Bahan Cara membuat Cara menggunakan : 1 lembar daun sirih. : Direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih : Setelah dingin dipakai untuk kumur, diulang secara teratur sampai sembuh.

b. Bahan

: 2 lembar daun sirih diremas, Garam ½ sendok, segelas air : Panaskan air, seduh daun sirih dan garam dengan air panas, aduk sampai garam larut, biarkan sampai dingin : Setelah dingin dipakai untuk kumur, diulang secara teratur sampai sembuh.

Cara membuat

Cara pemakaian

f. Sakit Tenggorokan
Bahan : 10 tangkai bunga sirih, 5 lembar daun sirih, 3 sendok gula pasir : Rebus semua bahan diatas hingga mendidih, saring dan biarkan hingga dingin

Cara membuat

Cara menggunakan : Minum air saringan tersebut setiap pagi dan sore.

6

g. Alergi
Bahan Cara membuat Cara menggunakan : 6 lembar daun sirih, 1 potong jahe kuning, ¾ sendok minyak kayu putih. : Semua bahan tersebut ditumbuk bersama-sama sampai halus. : Dioleskan/digosokkan pada bagian badan yang gatal-gatal.

C. Manfaat Lain
a. Bau Mulut
Bahan Cara membuat Cara menggunakan : 3 lembar daun sirih : Daun sirih diremas-remas, kemudian tuang air dan saring. : Gunakan air sirih tersebut untuk kumur. Lakukan beberapa hari berturut-turut.

b. Obat Pencuci Mata
Bahan Cara membuat : 3 lembar daun sirih, air panas : Remas-remaslah daun sirih sampai lemas. Kemudian masukan kedalam air panas dan diamkan air sampai menjadi hangat. : Rendamlah kedua mata dengan menggunakan air tersebut sambil mengedip-kedipkan mata agar kotoran yang ada di mata terbawa oleh air sirih tersebut. Lakukan secara rutin selang beberapa jam.

Cara menggunakan

c. Mengurangi produk ASI Berlebihan
Bahan Cara membuat Cara menggunakan : 4 lembar daun sirih dan minyak kelapa secukupnya. : Daun sirih diolesi dengan minyak kelapa. Kemudian dipanggang dengan api. : Dalam keadaan masih hangat ditempelkan di seputar buah dada.

7

BAB II DAFTAR PUSTAKA
(1) Anief, Moh. 1990. Ilmu Meracik Obat : Teori dan Praktik. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press. (2) Mursito, Drs. Bambang. 2001. Tampil Percaya Diri dengan Ramuan Tradisional. Jakarta : PT. Penebar Swadaya. (3) Susilowati, Eko. 2007. TOGA (Tanaman Obat Keluarga). Jakarta : CV. Sinar Cemerlang Abadi. (4) Somad, Raden, Maret 2009, Herbal : Manfaat Daun Sirih, http://radensomad.com/manfaat -daun-sirih-herbal.html, dikunjungi 20/8/2010. (5) Wikipedia, Sirih, http://id.wikipedia.org/wiki/Sirih, dikunjungi 20/8/2010.

8

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->