P. 1
Laporan Praktikum IPA Fisika

Laporan Praktikum IPA Fisika

|Views: 403|Likes:

More info:

Published by: Dhyla Permata Izdihar on Oct 25, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/21/2013

pdf

text

original

VII Aksel

Laporan Praktikum IPA Fisika
Praktikum asam, basa dan garam
KELOMPOK 1 : 1 Akbar Ramadhan 2 Dhyla Permata Izdihar 3 Heru Chris Sunariyanto 4 Meilia Nur Chrisandra

Dhyla Permata Izdihar SMPN 252 Jakarta Timur VII Aksel

Judul Praktikum : Praktikum asam. basa dan garam 2. Langkah Kerja 1) Memasukkan bahan ke platetes dengan pipet 2) Memasukkan lakmus merah ke semua larutan dan mencatat perubahannya 3) Membersihkan platetes 4) Memasukkan bahan ke platetes dengan pipet 5) Memasukkan lakmus biru ke semua larutan dan mencatat perubahannya 6) Membersihkan platetes 7) Memasukkan bahan ke platetes dengan pipet 8) Memasukkan pH meter ke semua larutan dan mencatat tingkat berdasarkan warnanya 5. Tujuan Praktikum : mengetahui tingkat asam / basa suatu zat / cairan 3. Tabel Data No. Alat dan Bahan :  Alat :  Platetes  Gelas kimia  Pipet  pH meter / Indikator Universal  Lakmus merah  Pinset  Lakmus biru  Bahan :  Perasan jeruk makan  Larutan sabun mandi  Perasan jeruk nipis  Larutan sabun pencuci piring  Jus mangga  Susu kotak  Larutan garam  Minuman bersoda  Larutan shampo  Cuka : 4.1. 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 : Perubahan Warna Lakmus Merah Lakmus Biru Merah Merah Merah Merah Merah Merah Merah Biru Merah Ungu kemerahan Merah Biru Biru Biru Merah Ungu kemerahan Merah Merah Merah Merah Nama Larutan Perasan jeruk makan Perasan jeruk nipis Jus mangga Larutan garam Larutan shampo Larutan sabun mandi Larutan sabun pencuci piring Susu kotak Minuman bersoda Cuka pH meter 4 3 4 4 8 9 10 7 3 3 .

lakmus biru yang dicelupkan kedalamnya berubah menjadi ungu kemerahan dan pH meter yang dimasukkan kedalamnya berubah warna dan saat dicocokkan menunjukkan angka 7 9) Minuman bersoda termasuk asam kuat.6. warna yang ditunjukkan adalah warna untuk angka 4 5) Larutan shampo termasuk basa lemah. Analisis Data : 1) Perasan jeruk makan termasuk asam kuat. dikarenakan lakmus merah yang dicelupkan kedalamnya tetap berwarna merah. lakmus biru yang dicelupkan kedalamnya berubah menjadi merah dan pH meter yang dimasukkan kedalamnya berubah warna dan saat dicocokkan menunjukkan angka 4 2) Perasan jeruk nipis termasuk asam kuat. dikarenakan lakmus merah yang dicelupkan kedalamnya tetap berwarna merah. lakmus biru yang dicelupkan kedalamnya berubah menjadi merah dan pH meter yang dimasukkan kedalamnya berubah warna dan saat dicocokkan menunjukkan angka 4 4) Larutan garam termasuk garam/netral. dikarenakan lakmus merah yang dicelupkan kedalamnya menjadi biru. namun saat diukur dengan pH meter. lakmus biru yang dicelupkan kedalamnya tetap berwarna biru. lakmus biru yang dicelupkan kedalamnya tetap berwarna biru dan pH meter yang dimasukkan kedalamnya berubah warna dan saat dicocokkan menunjukkan angka 10 8) Susu Kotak termasuk garam/netral. dikarenakan lakmus merah yang dicelupkan kedalamnya tetap berwarna merah. dikarenakan lakmus merah yang dicelupkan kedalamnya tetap berwarna merah. lakmus biru yang dicelupkan kedalamnya berubah menjadi ungu kemerahan dan pH meter yang dimasukkan kedalamnya berubah warna dan saat dicocokkan menunjukkan angka 8 6) Larutan sabun mandi termasuk basa lemah. namun lakmus merah yang dicelupkan kedalamnya tetap berwarna merah. dikarenakan lakmus merah yang dicelupkan kedalamnya tetap berwarna merah. lakmus biru yang dicelupkan kedalamnya berubah tetap berwarna biru sedangkan pH meter yang dimasukkan kedalamnya berubah warna dan saat dicocokkan menunjukkan angka 9 7) Larutan Pencuci Piring termasuk basa . lakmus biru yang dicelupkan kedalamnya berubah menjadi merah dan pH meter yang dimasukkan kedalamnya berubah warna dan saat dicocokkan menunjukkan angka 3 3) Jus mangga termasuk asam kuat. dikarenakan lakmus merah yang dicelupkan kedalamnya tetap berwarna merah. lakmus biru yang dicelupkan kedalamnya berubah menjadi merah dan pH meter yang dimasukkan kedalamnya berubah warna dan saat dicocokkan menunjukkan angka 3 . dikarenakan lakmus merah yang dicelupkan kedalamnya tetap berwarna merah.

Dan bisa diukur dengan banyak cara. kesimpulan : Larutan ² larutan memiliki tingkat asam. lakmus biru yang dicelupkan kedalamnya berubah menjadi merah dan pH meter yang dimasukkan kedalamnya berubah warna dan saat dicocokkan menunjukkan angka 3 7.10) Cuka termasuk asam kuat. dikarenakan lakmus merah yang dicelupkan kedalamnya tetap berwarna merah.basa ataupun garam yang berbeda. Antara lain dengan kertas lakmus dan pH meter .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->