BAB 1 PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Obyek matematika adalah benda fikiran yang sifatnya abstrak dan tidak dapat diamati dengan pancaindra. Karena itu wajar apabila matematika tidak mudah di pahami oleh kebanyakan siswa SD,SMP bahkan SMA sekalipun. Untuk mengatasi hal tersebut, maka dalam mempelajari suatu konsep/ prinsip-prinsip matematatika diperlukan pengalaman melalui benda-benda nyata (konkret), yaitu alat peraga yang digunakan sebagai media pembelajaran dengan kata lain digunakan untuk jembatan bagi siswa untuk berfikir abstrak. Bagi siswa sekolah menengah pertama meskipun sudah melalui tahap ´operasi konkret, dan berada pada tahap awal ³operasi formal´, namun dalam pembelajaran matematika masih perlu penggunaan alat peraga secara intensif. Hal itu disebabkan karena konsep matematika yang telah diperoleh di sekolah dasar masih dikuasi secara samar-samar atau lemah sekali. Hal itu dimungkinkan karena usia sekolah dasar daya abstraksinya masih lemah. Di lain pihak, jika para siswa SMP memasuki pendidikan di tingkat SMA, mereka harus siap dan mampu berfikir secara 1.2 Batasan Masalah Dalam setiap penulisan salah satunya adalah makalah, agar tidak terjadi keracuan dan penyimpangan dalam pembahasannya perlu dilakukan perumusan dan batasan masalah; Dari rumusan masalah tersebut penulis melakukan pembatasan masalah dalam penulisan makalah ini yaitu sebagai berikut : 1. Pengertian media dan alat peraga 2. Macam-macam media pembelajaran 3. Ciri-ciri media Pendidikan 4. Macam-macam Alat Peraga 5. Syarat dan Kriteria Media Alat Peraga 6. Pentingnya (Fungsi) Alat Peraga
1.2 Metode Penulisan

1

Dengan selesainya penulisan serta pembahasan makalah ini diharapkan mempuntai manfaat antara lain : 1. Begitu juga dalam penulisan makalah ini. 1. jangka menengah ataupun jangka panjang. 1.3 Tujuan Penulisan Sudah menjadi kepastian bahwa setiap kegiatan yang dilakukan oleh manusia mempunyai tujuan yang ingin dicapai. dunia pendidikan. maupun penulis pribadi. 2 . Sebagai penambah bahan acuan bagi guru matematika dalam memberikan materi pelajaran. dapat penulis kemukakan tujuan penulis adalah: Memahami pengertian media pembelajaran. 2. alat peraga (manipulative materials) dan macam-macamnya serta dapat menggunakannya dalam pembelajaran matematika. Menambah ilmu dan wawasan penulis khususnya serta pembaca pada umumnya mengenai alat peraga dalam matematika.4 Manfaat Penulisan Dalam penulisan makalah ini agar isi dari makalah ini dapat bermanfaat bagi semua pihak yang berkepentingan baik rekan-rekan mahasiswa.Di dalam pembuatan makalah ini penulis menggunakan tehnik studi kepustakaan (study literatur) yaitu dengan cara mempelajari dari berbagai sumber buku yang berkaitan dengan judul makalah yang ada diperpustakaan. tujuan tersebut bisa berupa tujuan jangka pendek.

sajian slide tape dan sebagainya. Apa yang dimaksud dengan media pendidikan? Media pendidikan adalah media yang penggunaannya diintegrasikan dengan tujuan dan isi pengajaran yang biasanya sudah dimaksudkan untuk mengoptimalkan pencapaian suatu kegiatan belajar mengajar (Santoso S. (3) Adanya perbedaan ruang dan waktu antara guru sebagai komuikator dengan para siswa sebagai komunikan. (2) Adanya perbedaan daya tangkap para siswa sebagai komunikan. dan dipelajari dengan baik oleh komunikan. maka diperlukan media. maka komunikator harus memikirkan cara-cara komunikasi yang efektif. Dalam proses belajar mengajar tersebut. mencakup buku. serta suara guru dan prilaku non verbal. komunikator menyampaikan pesan kepada komunikan. atau gagasan) dapat ditangkap. Dalam proses belajar mengajar media yang digunakan disebut juga media penddikan. di antaranya: (1) Guru sebagai komunikator kurang mampu dalam cara menyampaikan pesan. Kesalahan komunikasi dalam proses belajar mengajar dapat terjadi karena beberapa sebab. dipahami. Media pendidikan adalah peralatan fisik untuk membawakan atau menyampaikan pengajaran. Jadi. media pendidikan adalah perangkat ³software´ dan atau ³hardware´ yang berfungsi sebagai alat belajar dan alat bantu belajar. karena kesalahan komunikasi akan menimbulkan masalah.BAB II PEMBAHASAN 2. Sedangkan media pendidikan matematika yang lebih cenderung disebut alat peraga (manipulative materials) matematika dapat didefinisikan sebagai suatu alat peraga yang 3 . (Briggs). dan (4) Jumlah siswa sebagai komunikan sangat besar. sebagai komunikannya adalah siswa dan sebagai komunikatornya adalah guru dan siswa. karena pada hakekatnya proses belajar mengajar merupakan proses komunikasi antara guru dan siswa. Dalam proses pembelajaran termasuk pembelajaran matematika terjadi komunikasi antara guru dengan siswa dan juga antara siswa dengan siswa. sehingga sukar dijangkau secara perorangan oleh guru sebagai komunikator. video tape.1 Pengertian Media dan Alat Peraga (manipulative materials) Berbicara tentang media tentu sangat erat kaitannya dengan komunikasi. Oleh karena itu agar komunikasi berjalan lancar. pengalaman. Agar pesan yang disampaikan (berupa pengetahuan. film. Dalam berkomunikasi. Hamidjojo).

Media audio 5. Adapun yang dimaksud alat adalah alat untuk menghitung. seperti kalkulator. Media grafis/ visual (poster. dsb.. Media audio visual Untuk materi ini mahasiswa berlatih membuat bahan sajian pembelajaran matematika untuk satu Bab dengan menggunakan transparansi. komputer. 2. dsb. Suatu benda dikatakan tidak mempunyai arti apa-apa akan terjadi jika benda tersebut tidak dikaitkan dengan topik dalam pembelajaran matematika. menggambar. pertanyaan. Dengan kata lain alat peraga matematika adalah alat yang digunakan untuk mempermudah menjelaskan konsep matematika. alat peraga) 2. yaitu: 1. busur derajat. mistar. chart. komputer. Suatu benda dalam pembelajaran matematika dapat menjadi alat peraga. klinometer. dll. Yang dimaksud alat peraga adalah alat untuk menerangkan atau mewujudkan konsep matematika. alat pembelajaran. papan tulis. mengukur. dsb. Media proyeksi 4. Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan transparansi. Buatlah sajian materinya secara sistematik dan membelajarkan siswa 4 . jangka. atau komentar) demi perbaikan tayangan power point tersebut. spidol/ kapur. Media objek fisik (model. Buatlah berwarna agar menarik 4.penggunaannya diintegrasikan dengan tujuan dan isi pengajaran yang telah dituangkan dalam GBPP bidang studi matematika dan bertujuan untuk mempertinggi mutu kegiatan belajar mengajar. Kata-kata dalam transparansi hanya berupa pointer-pointer 3. atau tidak mempunyai arti apa-apa. seperti OHP. pada minggu-minggu berikutnya secara bergiliran menyajikannya untuk didiskusikan (diberi masukan. Ukuran huruf disesuaikan dengan banyaknya audience 2.2 Macam-macan media pembelajaran Terdapat bermacam-macam media pembelajaran yang secara garis besarnya dapat digolongkan kedalam: 1.) 3. Setelah selesai pembuatann. alat. Sedangkan yang dimaksud alat pembelajaran yaitu alat bantu yang digunakan untuk memperlancar pembelajaran matematika.

disket komputer dan film. 4 Macam-macam Alat Peraga Terdapat macam-macam alat peraga yang dapat digunakan untuk menjelaskan konsep matematika. baik untuk aljabar.  Ciri Manipulatif Ciri manipulatif yaitu dimana suatu kejadian yang memakan waktu berhari hari dapat disajikan pada siswa dalam waktu dua atau tiga menit dengan tehnik pengambilan gambar time lapse recording. dan secara bersamaan kejadian tersebut disajikan kepada sejumlah besar siswa dengan stimulus pengalaman yang relatif lama mengenai kejadian ini. 2. aritmerika. statistika. logika. peluang. melestarikan dan merekonstruksi suatu peristiwa atau obyek. Beberapa alat peraga yang dapat dibuat untuk menjelaskan konsep aljabar di antaranya: Peraga a(b + c) = ab + ac Peraga a2 ± b2 = (a +b) (a ± b) Peraga (a + b)2 = a2 + 2ab + b2 Peraga (a + b)3 = a3 + 3a2 b + 3ab2 + b3 5 .  Ciri Distributif Ciri distributif yaitu suatu ciri dimana dimungkinkannya suatu objek ditransformasikan melalui ruang. menyimpan.2. video tape. Suatu obyek yang telah diambil gambarnya (direkam) dengan kamera dapat dengan mudah diproduksi kapan saja diperlukan. Adapun ciri-ciri media pendidikan tersebut antara lain :  Ciri Fiksatif Ciri ini menggambarkan kemampuan media merekam.3 Ciri-ciri media Pendidikan Gerlach dan Erly 91971) mengemukakan tiga ciri media yang merupakan petunjuk mengapa media dipergunakan dan apa saja yang dapat dilakukan oleh media yang guru mungkin tidak mampu atau kurang efisien untuk melakukannya. maupun geometri. suatu peristiwa atau obyek dapat diurut dan disusun kembali dengan media seperti fotografi.

Beberapa alat peraga yang dapat dibuat untuk menjelaskan konsep aritmetika di antaranya: Peraga untuk penjumlahan bilangan bulat Peraga untuk pengurangan bilangan bulat Peraga untuk perkalian bilangan bulat Peraga untuk KPK dan FPB Peraga untuk Bilangan Pecahan Peraga untuk penjumlahan dua buah bilangan pecahan Tulang Nafier Mistar hitung Nomograf Peraga jam 7-an Beberapa alat peraga yang dapat dibuat untuk menjelaskan konsep peluang di antaranya: Dadu Beberapa alat peraga yang dapat dibuat untuk menjelaskan konsep staristika di antaranya: Peraga diagram lingkaran Peraga diagram batang Gangsingan Beberapa alat peraga yang dapat dibuat untuk menjelaskan konsep logika di antaranya: Peraga untuk nilai kebenaran disjungsi Peraga untuk nilai kebenaran konjungsi Peraga untuk nilai kebenaran implikasi Beberapa alat peraga yang dapat dibuat untuk menjelaskan konsep geomatri di antaranya: Peraga luas daerah persegi panjang Peraga luas daerah persegi Peraga luas daerah jajargenjang Peraga luas daerah belahketupat Peraga luas daerah layang-layang Peraga luas daerah trapesium Peraga luas daerah lingkaran Peraga bangun ruang: balok. kerucut. bermacammacam limas Peraga Volume balok 6 . bermacan-macam prisma. kubus. bola.

Peraga diagonal ruang Peraga bidang diagonal Peraga Volume Pri ma tegak segitiga Peraga Volume Prisma tegak segienam Peraga Volume limas segiempat Peraga Volume kerucut Peraga Volume bola Peraga luas permukaan balok Peraga luas permukaan kubus Peraga luas selimut kerucut Peraga luas permukaan tabung Peraga luas permukaan bola Peraga besar sudut segitiga Peraga besar sudut segiempat Peraga besar sudut keliling = setengah sudut pusat Peraga eorema Pythagoras Papan berpaku Peraga simertri lipat Peraga simetri putar Peraga ranslasi Peraga rotasi Peraga irisan bidang datar dengan benda ruang 7 .

8 .

9 .

10 .

Bila mungkin alat peraga tersebut bisa berfaedah lipat (banyak) Kriteria menggunakan alat peraga sangat bergantung pada:  Tujuan (obyektif) Pemilihan kriteria alat peraga yang tepat dapat mempengaruhi tujuan pengajaran yang akan dicapai apakah alat peraga tersebut mampu meningkatkan domain. Dapat menyajikan konsep matematika baik dalam bentuk real gambar. Bentuk dan warnanya menarik 3. Sesuai dengan konsep matematika 7. Sederhana dan mudah dikelola 4. psikomotor yang merupakan tujuan dari sebuah pembelajaran. atau diagram 6.  Materi Pelajaran Alat peraga biasanya dipakai untuk membantu siswa dala memahami sebuah m konsep dasar dalam materi pembelajaran matematika sehingga memudahkan siswa dalam pemahaman materi dalam ruang lingkup dan kesukaran yang lebih 11 . cognitif. Tahan Lama 2. Menjadikan siswa belajar aktif dan mandiri dengan memanipulasi alat peraga 10. Ukurannya sesuai 5.2. Peragaan itu supaya menjadi dasar bagi tumbuhnya konsep berfikir abstrak bagi siswa 9.5 Syarat dan Kriteria Media Alat Peraga Menurut E. Rusefensi beberapa persyaratan alat peraga antara lain : 1. Dapat memperjelas konsep matematika kadan bukan sebaliknya 8.

2. karena: (1) objek matematika abstrak . Peragaan untuk konsep dasar digunakan untuk mempermudah konsep selanjutnya.perlu peragaan (2) sifat materi matematika tidak mudah dipahami (3) hirarkhi matematika ketat-kaku (4) aplikasi matematika kurang nyata (5) belajar matematika perlu fokus .6 Pentingnya (Fungsi) Alat Peraga Dalam pembelajaran matematika alat peraga (manipulative materials) itu diperlukan.tinggi. Pengunaan alat peraga merupakan strategi pengajaran dalam metode penemuan ataupun permainan.  Kondisi Media alat peraga membantu guru pada kondisi-kondisi tertentu misalnya saja pada kondisi kelas yang penuh dengan siswa sehingga diperlukan pengeras suara untuk mempermudah guru agar dapat didengar oleh siswanya saat menjelaskan materi.  Strategi Belajar Mengajar Dengan menggunakan alat peraga maka akan mempermudah guru di dalam menerapkan strategi di dalam mengajar.cepat lelah-bosan (6) citra pembelajaran matematika kurang baik (7) ( takut ± tegang ± bosan ± banyak pr ) (8) kemampuan kognitif siswa masih konkret (9) motivasi belajar siswa tidak tinggi 12 .  Siswa Pemilihan alat peraga disesuaikan dengan apa yang disukai oleh anak misalnya saja alat peraga yang berupa permainan namun hal tersebut tentunya tidak lepas dari tujuan pembelajaran.

13 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful