Pendahuluan

Kita wajib bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena telah diciptakan d alam bentuk tubuh yang paling sempurna. Coba rabalah tubuhmu, mulai dari ujung jari kaki hingga ujung kepala! Adakah bagian yang terasa keras?. Bagian apa sajakah itu?. Bagian yang terasa keras tersebut menunjukkan adanya tulang. Tulang-tulang tersebut bersambungan dan tersusun secara teratur. Tulang-tulang yang tersusun secara teratur disebut rangka. Tulang membantu melindungi bagian-bagian tertentu pada tubuh kita. Misalnya, bagian yang lunak dan organ-organ dalam penting seperti hati, jantung, paru-paru, dan ginjal. Tulang juga membantu kita bergerak atau melakukan kegiatan. Selain itu, tulang merupakan kerangka tubuh yang menahan dan menjaga bentuk tubuh. Coba bayangkan bila tubuh kita tidak memiliki rangka! Apa yang terjadi?. Tentu tubuh kita akan jatuh terkulai dan tidak bias berdiri tegak. Apa yang menghubungkan antara tulang yang satu dengan tulang yang lainnya?. Antar tulang dihubungkan oleh sendi. Sendi menjadikan tulang terikat kuat pada tempatnya. Apa yang menggerakkan rangka tubuh?. Bagian yang dapat menggerakkan rangka disebut otot. Pada kehidupan sehari-hari otot sering disebut daging.

Sistem Gerak
Bergerak merupakan salah satu ciri yang dimiliki oleh makhluk hidup. Merupakan sistem yang dapat menggerakan tubuh makhluk hidup tersebut. Pada semua makhluk hidup vertebrata, gerakan tubuhnya melibatkan tulang dan otot. Mari kita lihat pembahasan yang pertama yaitu gerak pada manusia. 1.GERAK PADA MANUSIA Manusia memiliki kemampuan yang sangat baik untuk melakukan berbagai macam variasi gerakan. Oleh karena itu, kita akan mempelajari adanya gerakan kontraksi pada tulang dan otot. - Rangka tubuh manusia Rangka tersusun dari tulang. Jumlah tulang yang menyusun rangka manusia jumlahnya 206 potong tulang. Tulang berhubungan dengan tulang lain pada sambungan tertentu. Sambungan tersebut yang membantu kelancaran gerakan tubuh. Maka rangka ini disebut rangka dalam (endoskeleton). Fungsi rangka: - membuat gerakan tubuh - menopang berdirinya tubuh - memberi bentuk tubuh

2 tulang pipi. 2 tulang mata.SUSUNAN RANGKA TUBUH MANUSIA Tulang-tulang yang menyusun rangka tubuh manusia dapat dikelompokkan menjadi tiga bagian yaitu : A. dll . .tempat pembentukan sel darah merah 2.. 1 tulang dahi.Tul Tengkorak Fungsi tulang tengkorak adalah melindungi otak. 2 tulang langit-langti dan 1 tulang pangkal lidah.Tulang tengkorak bagian muka Tulang tengkorak bagian muka terletak pada bagian muka. 2 tulang hidung. 2 tulang ubun-ubun. kepala. jantung. Tulang tengkoraktersusun atas 22 tulang pipih yang saling berhubungan dan membentuk suatu rongga. .Tulang tengkorak bagian kepala Tulang tengkorak bagian bagian kepala mengelilingi dan melindungi organ yang sangat vital yaitu otak.meli i organ penting t yang l nak Ct : Otak.tempat melekatnya otot rangka . Tersiri dari 2 tulang rahang atas. 2 tulang pelipis. . Tulang tengkorak dibagi menjadi 2 yaitu tulang tengkorak bagian kepala dan tulang tengkorak bagian muka. Terdiri dari 10 tulang yaitu 1 tulang tengkorak belakang. 2 tulang baji. paru. 2 tulang tapis. 2 tulang rahang bawah.

3 pasang tulang rusuk palsu dan 2 pasang tulang rusuk melayang. dan 4 ruas tulang ekor. -Tulang gelang bahu Terdiri dari dua tulang belikat dan dua tulang selangka. -Tulang rusuk Terdiri dari 7 pasang tulang rusuk sejati. .Tulang Badan Tulang badan berfungsi untuk menopang tubuh secara keseluruhan. 5 ruas tulang kelangkang. menyokong tubuh. dan tulang gelang panggul. -Tulang dada Tempat melekatnya tulang rusuk bagian depan. Berbentuk segitiga pipih dan memiliki tonjolan yang disebut paruh gagak. 12 ruas tulang punggung. dan taju pedang. dan tulang gelang bahu. badan. -Tulang belakang Berperan menyangga tulang tengkorak. menjaga kestabilan tubuh dan tempat melekatnya tulang-tulang rusuk. Tulang badan dibagi menjadi 5 yaitu tulang belakang. yaitu bagian hulu. tulang rusuk. Terdiri dari 33 ruas tulang belakang.B. 5 ruas tulang pinggang. yaitu 7 ruas tulang leher. tulang dada. Terdiri dari 3 bagian.

sepuluh tulang telapak tangan dan 28 tulang jari tangan. Tulang Anggota Gerak Tulang anggota gerak terdiri dari dua kelompok. -Tulang anggota gerak bagian atas Terdiri dari dua tulang lengan atas. . enam belas tulang pergelangan tangan. dua tulang hasta.-Tulang gelang panggul Terdiri dari dua tulang panggul. yaitu tulang anggota gerak bagian atas dan tulang anggota gerak bagian bawah. dua tulang duduk dan dua tulang kemaluan. dua tulang pengumpil. C.

Tempat pembentukan sel-sel darah (HEMOPOIESIS).Kerangka sumbu   tengkorak dan badan .Kerangka apendiks   anggota gerak 1. Sebagai alat gerak pasif. Sebagai tempat melekatnya otot rangka. Menahan dan menegakkan tubuh. Endoskeleton pada manusia (vertebrata) dibagai menjadi 2 yaitu . Melindungi dan menegakkan tubuh. Kranium (tengkorak). sepuluh tulang telapak kaki dan 28 tulang jari kaki.-Tulang anggota gerak bagian bawah Terdiri dari dua tulang paha. dua tulang betis. Meliputi : NEUROCRANIUM (tengkorak pelindung otak) SPHLANCHNOCRANIUM (tengkorak pembentuk wajah) . RANGKA Tulang-tulang Vertebrata membentuk rangka dalam (ENDOSKELETON) yang berfungsi : Memberi bentuk tubuh. dua tulang kering. empat belas tulang pergelangan kaki. dua tulang tempurung lutut.

bersambungan dengan gelang bahu tungkai belakang/anggota gerak bawah .2. Meliputi : COLLUMNA VERTEBRALIS (tulang belakang) STERNUM (dada) COSTAE (iga) COXAE (Wang pinggul) GELANG BAHU 3.bersambungan dengan gelang pinggul. Apendiks Meliputi : tungkai depan/anggota gerak atas . . Badan.