APA YANG DIMAKSUD DENGAN MASSA

Ada dua pengertian yakni massa abstrak dan massa. konkrit -Massa abstrak menurut Leopold von Wiese sejumlah orang berkumpul dalam suatu tempat,ataupun berpencar tetapi memiliki perhatian yang sama

 Contoh massa dalam ikatan pembaca surat kabar.pemirsa TV.penonton sepak bola TV.pendengar Radio.pengguna jalur on line internet dalam obyec yang sama. .pengikut partai politik.

 Mereka itu tersebar tetapi memiliki interest yang sama  Dalam hal ini komunikator tidak dapat mengawasinya. .

.penonton panggung terbuka. penyambut tamu agung. para demontrans. Massa Riel/konkrit adalah massa yang kelihatan oleh si komunikator berkumpul dalam suatu tempat yang sama :  Contoh .penonton sepak bola lapangan. pengikut kampanye.

artinya komunikator tidak mengenal siapa komunikannya.Sifat massa  Secara psikologis kejiwaan sifat massa adalah . bercampur tidak ada yang sama.artinya terdiri dari bermacam macam lapisan masyarakat.  Anonim (anominius) tidak dikenal oleh komunikator. .  Heterogen.

sehingga pada saat orde baru berkuasa tidak boleh ada demontrasi itu. Karena demontrasi adalah pengerahan massa yang jelas akan mudah destrukstif untuk merusak kondisi yang sudah mapan.mudah terbawa arus.( meski hal ini bertentangan dengan demokrasi) . Emosional sangat mudah tersinggung dan irasional.

kalau tujuannya telah terwujud akan bubar kumpulan itu. Berkumpul dalam suatu tempat yang hanya sementara./ Ingat kasus demontrasi mahasiswa untuk turunkan Suharto ketika Suharto lengser tahun 1998 yang lalu mahasiswa langsung membubarkan diri. .

 Personal yang mampu memobilisasi massa adalah orang orang yang memiliki pengaruh.kekayaan.kedudukan pengaruh.kedudukan .kekuasaan. kekuatan massa inilah yang disebut sebagai pendapat umum.kekayaan. Pendapat umum merupakan kekuatan demokrasi.Massa dapat dimobilisasi  Massa yang telah dimobilisasi akan menjadi suatu kekuatan.kekuasaan.

 Opini itu setiap individu bisa berbeda tetapi bisa juga sama dalam menanggapi suatu masalah  Perbedaan dan persamaan opini setiap individu dalam menanggapi suatu masalah lambat laun akan menguat atau memudar  Opini .Opini publik/pendapat umum adalah suatu expresi tentang sikap dalam menanggapi sesuatu masalah yang kontroversi.

Bisa dikatakan pendapat kelompok atau pendapat personal .Bisa itu. Kalau pendapat itu menguat bisa kemudian disebut sebagai pendapat umum tetapi kalau pendapat itu melemah dikatakan pudar pendapat umum itu.

. jika jalinan pendapat yang ada dalam masyarakat itu menguat lambat laun akan menjadi pendapat masyarakat atau yang disebut sebagai pendapat umum. Sehingga proses pendapat umum itu adalah.

 Opini umumnya ditentukan oleh kejadian bukan oleh omongan.  Opini .Hukum opini publik publik peka terhadap peristiwa penting.  Peristiwa yang datangnya belakangan bisa menggeser pendapat terdahulu.Kecuali omongan omongan.K tentang kejadian.Jika itu sangat penting.

( lihat kasus2 pilkada biasanya yang kalah mengerahkan massa) massa) . Umumnya opini publik tidak mendahului keadaan darurat. demokrasi cenderung mendahului kebijakan yang berwajib.  Opini tidak menetap lama  Di Neg berkembang.Bila kepentingan pribadi tersangkut.

 Bila dukungan khalayak terhadap opini itu tidak terlalu kuat biasanya fakta di masyarakat dapat dielimiir atau dibelokkan dalam waktu yang tidak terlalu lama. .

 Bila pemimpin yang mereka dukung tidak terlalu kuat mendapat dukungan. atau dukungan. pendukung fanatis akan rela memberi dukungan maksimal ( ini biasa untuk masyarakat fanatis tradisional) . Biasanya mereka. kurang memiliki dukungan kepercayaan dari konstituen mereka.

(model paternalis) .Masyarakat yang model demikian ini kurang memiliki jiwa menentang terhadap pemipin meskipun pemimpin itu salah. meskipun Ada pameo pejah gesang derek sang pemimpin.

.Uji sub kompetensi ke2  Carilah kasus yang berkait dengan salah satu dari 8 macam opini publik tersebut diatas.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful