P. 1
Pengelolaan Pendidikan

Pengelolaan Pendidikan

|Views: 2,024|Likes:
Published by ghaisanis

More info:

Published by: ghaisanis on Oct 25, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/25/2013

pdf

text

original

PENGELOLAAN PENDIDIKAN

Konsep-konsep Pengelolaan Pendidikan

komunikasi dan pengambilan keputusan yang dilakukan oleh setiap organisasi dengan tujuan untuk mengkordinasikan berbagai sumber daya yang di miliki oleh organisasi sehingga akan dihasilkan suatu produk atau jasa secara efisien. Millet : suatu proses pengarahan dan pemberian fasilitas kerja kepada orang yang diorganisasikan dalam kelompok formal untuk mencapai tujuan. Stoner (T. pemotivasian. Andrew F.Definisi Pengelolaan      Terry : usaha untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya melalui usaha orang lain John D. Harold & Cyril O Dannel : usaha untuk mencapai suatu tujuan tertentu melalui kegiatan orang lain . pengendalian. pengarahan. penempatan. Hani Handoko) : proses perencanaan. Siula : pengelolaan pada umumnya dikaitkan dengan aktifitas perencanaan. pengorganisasian. pengorganisasian. pengarahan.dan pengawasan usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber daya organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi yang ditetapkan.

mengorganisasikan. sarana dan prasarana untuk mencapai tujuan organisasi. mengendalikan dan mengembangkan segala upaya di dalam mengatur dan mendayagunakan sumber daya manusia.Kesimpulan  Pengelolaan adalah serangkaian kegiatan merencanakan.memotivasi. .

baik tujuan jangka pendek. maupun jangka panjang. Pengelolaan pendidikan juga dapat diartikan sebagai segala sesuatu yang berkenaan dengan penyelenggaraan proses pendidikan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. menengah. Made Pidarta : sebagai aktivitas memadukan sumbersumber pendidikan agar terpusat dalam mencapai tujuan pendidikan yang telah ditentukan sebelumnya. Gaffar : sebagai suatu proses kerjasama yang sistematik.Definisi Pengelolaan Pendidikan 1. 3. 2. sistemik dan komprehensif dalam rangka mewujudkan tujuan pendidikan nasional. .

mengorganisasikan. sarana prasarana untuk mencapai tujuan pendidikan.Kesimpulan Pengelolaan Pendidikan  Merupakan serangkaian kegiatan merencanakan. .pengorganisasian. dan mengembangkan segala upaya di dalam mengatur dan mendayagunakan sumber daya manusia. Atau  Sebagai serangkaian kegiatan atau keseluruhan proses pengendalian usaha kerjasama sejumlah orang untuk mencapai tujuan pendidikan yang di selenggarakan di lingkungan/organisasi pendidikan.  Proses pencapaian tujuan pendidikan melalui kegiatan perencanaan.memotivasi.pemotivasian dan pengendalian. mengendalikan.

Motiasi merupakan suatu kekuatan yang mendorong seseorang untuk melakukan suatu kegiatan .Fungsi-fungsi Pengelolaan Pendidikan     Fungsi Perencanaan . Fungsi Motivasi . Fungsi Pengorganisasian . Pengorganisasian merupakan aktivitas menyusun dan membentuk hubungan-hubungan kerja antara orang-orang sehingga terwujud suatu kesatuan usaha dalam mencapai tujuan-tujuan yang telah di tetapkan. Fungsi Pengawasan . Perencanaan merupakan keseluruhan proses pemikiran dan penentuan secara matang terhadap hal-hal yang akan dikerjakan pada masa yang akan datang dalam rangka mencapai tujuan yang telah di tentukan pada. pengawasan merupakan tindakan yang sangat penting dalam proses pengelolaan pendidikan. Pengawasan dapat diketahui keefektifan setiap kegiatan organisasi serta dapat dikeetahui kelemahan dan kelebihan selama berlangsungnya proses pengelolaan .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->