BAB I PENDAHULUAN

Makalah bisnis ini mengungkapkan tentang pengertian dan pengelolaan bisnis yang mencakup semua bidang usaha, dengan metode bisnis yang baik akan menghasilkan pendapatan yang menguntungkan bagi pelaku usaha. bisnis yang tepat serta sumber daya atau pelaku bisnis sangat menentukan maju mundurnya sebuah usaha bisnis. Kondisi sosial, termasuk bisnis, pada dasarnya terbentuk akibat keputusan yang diambil dan dijalankan oleh sekumpulan orang. Kondisi yang terjadi memengaruhi penilaian, pemahaman, ekpektasi hingga keputusan lebih lanjut, di mana keduanya memiliki hubungan yang timbal balik. Kondisi bisnis dapat dibagi atas dua siklus, yaitu resesi dan boom, merujuk pada Pigou dalam Pigou's Theory of cycles (1926). Namun, dalam teori ini ada dua persyaratan yang harus dipenuhi jika hendak mengembangkan satu model siklus Pigou.

Pembatasan ini agar diperoleh responden yang memiliki pengetahuan dan peran penting dalam pengambilan keputusan dan tindakan bisnis, yang lebih jauh dapat memengaruhi kondisi bisnis pada masa depan. Dengan demikian, jawaban yang diberikan relatif relevan. Selain itu, lima variabel yang ditanyakan selalu ada dalam konteks bisnis dan ekonomi. Lebih jauh, kondisi variabel itu akan memengaruhi keputusan bisnis. Dalam Hal ini fungsi bisnis adalah untuk menciptakan nilai (kegunaan) suatu produk, yang semula kurang bernilai, setelah diubah atau diolah menjadi menjadi dapat memenuhi kebutuhan masyarakat / konsumen.Nilai kegunaan (utility Value) yang diciptakan oleh kegiatan bisnis, sehingga dapat memenuhi kebutuhan masyarakat adalah terangkum dalam fungsi utama bisnis.

1

sehingga dapat memenuhi kebutuhan masyarakat adalah terangkum dalam fungsi utama bisnis. Hal tersebut tidak akan melakukan atau menciptakan produk yang tidak laku dijual dipasar. yang tidak lain dari fungsi produksi Memindahkan tempat produk itu (place utility). Fungsi Bisnis Fungsi utama bisnis adalah untuk menciptakan nilai (kegunaan) suatu produk. setelah diubah atau diolah menjadi menjadi dapat memenuhi kebutuhan masyarakat / konsumen. maka jauh hari sebelumnya pelaku bisnis tersebut sudah melakukan penelitian dan survey pasar tentang produk-produk apa yang dapat diproduksi sesuai dengan kebutuhan dan keinginan selera konsumen (pasar). yaitu fungsi penjualan Menunda waktu kegunaan (time utility). yaitu : Mencari bahan mentah (acquiring raw material) Mengubah bahan mentah menjadi barang jadi(manufacturing raw materials into product) ‡ Menyalurkan barang yang sudah jadi tersebut ketangan konsumen (distributing product to consumers) prinsip utama kegiatan bisnis adalah memproduksi barang atau jasa yang dibutuhkan oleh konsumen.BAB II PEMBAHASAN 1. Nilai kegunaan (utility Value) yang diciptakan oleh kegiatan bisnis. atau fungsi pemasaran Steinhoff menyebutkan ada tiga fungsi utama bisnis. 2 . yang semula kurang bernilai. atau fungsi distribusi Mengubah kepemilikan (possessive utility). Fungsi utama bisnis adalah menciptakan nilai suatu produk atau jasa dengan cara : ‡ Fungsi utama bisnis adalah menciptakan nilai suatu produk atau jasa dengan cara : ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ Mengubah bentuknya (form utility). karena dapat mendatangkan kerugian yang besar. Agar kegiatan bisnis itu tidak menghadapi risiko seperti itu.

Namun bila ia saling berinteraksi akan diperoleh manfaat yang lebih besar dalam rangka mencapai tujuan bersama.1 Sistem Dan Sub Sistem Bisnis. Masingmasing bagian yang disebut sub sistem itu sudah dapat bekerja secara mandiri tanpa terkait pada sistem keseluruhan.2 Ciri Ciri Kegiatan Bisnis. ketrampilan yang digunakan untuk mengkoordinir dan mengkombinasikan sub-sub sistem yang lain) ‡ ‡ Sistem Bisnis Dengan Sub-sub Sistemnya Macam Macam Kegiatan Dalam Bisnis Dalam menciptakan nilai manfaat suatu produk. ada tiga aktivitas yang harus dilakukan oleh usaha bisnis. Dalam sistem bisnis tentu ada sub-sub sistem yang menjadi pendukung berfungsinya sistem untuk mencapai tujuannya. Tanpa dukungan dari masingmasing sub sistem. ‡ ‡ ‡ ‡ Dilihat dari jenis produk yang diproduksi. ada 3 macam jenis produksi : Produk primer (dasar) Produk sekunder (lanjutan) Produk tersier (diluar produk primer dan sekunder) 1. maka sistem bisnis akan menjadi lumpuh dan tidak berfungsi. termasuk juga tenaga listrik) Methods (yang disamakan dengan manajemen atau skill. sehingga kepentingan kedua belah pihak (prodsen dan konsumen) terpenuhi.1. Sistem dalam pengertian umum adalah sekelompok bagian-bagian yang saling berinteraksi sesamanya secara teratur untuk mencapai tujuan tertentu. Ciri-ciri yang melekat dengan kegiatan bisnis antara lain : ‡ ‡ ‡ ‡ Kegalauan dan keanekaragaman produk Penuh tantangan dan perubahan lingkungan Banyak ketergantungan Menuntut ketahanan mental spiritual 3 . ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ Sub sistem dalam sistem bisnis adalah : Man (Sumaber Daya Manusia) Money (Uang atau modal) Material (Bahan baku) Machine (Mesin.

Sistem Informasi Bisnis Bisnis berasal dari business busy sibuk ³Sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan´ ³suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya´ (ilmu ekonomi) Konteks: individu.2. komunitas ataupun masyarakat.1990] Bisnis merupakan suatu organisasi yang menyediakan barang atau jasa yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan [Griffin & Ebert] Dari pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa Bisnis adalah kegiatan yang dilakukan oleh individu dan sekelompok orang (organisasi) yang menciptakan nilai (create value) melalui penciptaan barang dan jasa (create of good and service) untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan memperoleh keuntungan melalui transaksi. Fungsi Mikro Bisnis Kontribusi terhadap pihak yang berperan langsung Pekerja / Karyawan Pekerja menginginkan gaji yang layak dari hasil kerjanya sementara manajer menginginkan kinerja yang tinggi yang ditunjukkan besarnya omzet penjualan dan laba Dewan Komisaris Memantau kegiatan dan mengawasi manajemen. memastikan kegiatan akan berjalan mencapai tujuan Pemegang Saham Pemegang saham memiliki kepentingan dan tanggung jawab tertentu terhadap perusahaan 4 .2 Fungsi bisnis dilihat dari kepentingan mikroekonomi dan makroekonomi 1. Bisnis dalam arti luas adalah istilah umum yang menggambarkan semua aktifitas dan institusi yang memproduksi barang & jasa dalam kehidupan seharihari Bisnis sebagai suatu sistem yang memproduksi barang dan jasa untuk memuaskan kebutuhan masyarakat (bussiness is then simply a system that produces goods and service to satisfy the needs of our society) [Huat. 2. T Chwee.1 Aspek-aspek bisnis : Kegiatan individu dan kelompok Penciptaan nilai Penciptaan barang dan jasa Keuntungan melalui transaksi 2.

3 Jenis Kegiatan Bisnis Production Distribution Consumption 2. Fungsi Makro Bisnis Kontribusi terhadap pihak yang terlibat secara tidak langsung Masyarakat sekitar perusahaan Memberikan kontribusi kepada masyarakat sekitar sebagai bentuk tanggung jawab perusahaan Bangsa dan Negara Tanggung jawab kepada bangsa dan negara yang diwujudkan dalam bentuk kewajiban membayar pajak Elemen dan Sistem Bisnis. perseroan. persekutuan.2.4 Karakteristik Sistem Bisnis Kompleksitas & keanekaragaman Saling ketergantungan Perubahan dan inovasi Bentuk dasar kepemilikan bisnis : Perusahaan perseorangan. Modal (capital) Sejumlah uang yang digunakan dalam menjalankan kegiatan bisnis Bahan-bahan (materials) Merupakan faktor produksi yang diperlukan dalam melaksanakan aktifitas bisnis untuk diolah menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan masyarakat Sumber Daya Manusia (SDM) Kualifikasi SDM : Memiliki kemampuan kompetitif dan berkualitas tinggi Ketrampilan Manajemen (Management Skill) Sistem manajemen yang dijalankan berdasarkan prosedur dan tata kerja manajemen 2. 5 . koperasi.

2 Saran Tanggung-jawab sosial dimana bisnis diharapkan memberikan arti bagi komunitas pada umumnya. Hal tersebut tidak akan melakukan atau menciptakan produk yang tidak laku dijual dipasar. Ketidakpedulian etika bisnis dalam kasus ini. 3. 6 . Karena penanganan isu yang tidak tepat. Misalnya tumpahan minyak Exxon Mobil.1 Kesimpulan Kesimpulan yang dapat diambil dari fungsi bisnis adalah : prinsip utama kegiatan bisnis adalah memproduksi barang atau jasa yang dibutuhkan oleh konsumen. maka hubungan masyarakat menjadi mimpi buruk perusahaan. hewan dan lingkungan dimana sumber digunakan. Agar kegiatan bisnis itu tidak menghadapi risiko seperti itu.BAB III PENUTUP 3. maka jauh hari sebelumnya pelaku bisnis tersebut sudah melakukan penelitian dan survey pasar tentang produk-produk apa yang dapat diproduksi sesuai dengan kebutuhan dan keinginan selera konsumen (pasar). akan mengakibatkan citra negatif perusahaan di masyarakat dan tuntutan hukum. Saat ini Exxon telah diperintahkan untuk membersihkan area yang semestinya dijaga dari kerusakan. khususnya ditempat bisnis berada atau memiliki kepentingan. karena dapat mendatangkan kerugian yang besar. Sudah menjadi tanggung-jawab bisnis untuk melindungi kepentingan orang banyak.

Daftar Pustaka http://www.com 7 .multiply.bocahupd.bestmanagementarticles.com http://images.multiplycontent.