P. 1
1. Ruang Lingkup Manajemen Keuangan

1. Ruang Lingkup Manajemen Keuangan

|Views: 227|Likes:
Published by Dewi Murni Susanti

More info:

Published by: Dewi Murni Susanti on Oct 26, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/27/2014

pdf

text

original

RUANG LINGKUP MANAJEMEN KEUANGAN

SEMESTER III PERTEMUAN I

Tujuan Perusahaan
1. Mencapai/ memperoleh laba maksimal Mencapai/ 2. 3.
untuk kemakmuran pemilik perusahaan Menjaga kelangsungan hidup perusahaan Mencapai kesejahteraan masyarakat sebagai tanggungjawab sosial perusahaan

TIGA BENTUK UTAMA PERUSAHAAN BISNIS

1.Kepemilikan Perseorangan 2.Persekutuan / Firma 3.Perseroan Terbatas

Kepemilikan Perseorangan (sole proprietorship)
Keunggulan Kepemilikan Perseorangan: Perseorangan: 1. Dapat dibentuk dengan mudah dan murah 2. Menjadi subjek dari sedikit peraturan pemerintah 3. Bisnis ini dapat terhindar dari pajak penghasilan (pajak badan) badan)

Kelemahan Kepemilikan Perseorangan: Perseorangan:
1.

2.

3.

Sulit bagi satu kepemilikan perseorangan untuk mendapatkan modal jumlah besar. besar. Pemilik memiliki kewajiban pribadi yang tidak terbatas untuk hutang bisnisnya yang dapat mengakibatkan kerugian lebih besar dari uang yang diinvestasikan Usia dari suatu bisnis yang diorganisasikan dalam suatu kepemilikan terbatas dengan usia individu pemiliknya. pemiliknya.

Persekutuan (partnership)
Suatu persekutuan terjadi ketika dua atau lebih orang bekerjasama untuk melakukan suatu bisnis nonkorporasi. nonkorporasi. Kelemahan persekutuan: persekutuan: 1. Kewajiban yang tidak terbatas 2. Usia organisasi yang tidak terbatas 3. Sulit dalam memindahkan kepemilikan 4. Kesulitan mendapatkan modal yang lebih besar

Persekutuan dibagi 2 bagian
a.

b.

Persekutuan umum, dimana setiap sekutu umum, bertanggungjawab penuh atas semua kewajiban yang timbul dari para sekutunya. sekutunya. Bentuk kerjasama ini diatur dalam sebuah perjanjian baik secara lisan maupun resmi tertulis. tertulis. Persekutuan komanditer, sekutu ada yang komanditer, bertanggungjawab sebatas modal yang ditanamkan saja dalam perusahaan (investor) dan ada sekutu yang bertanggungjawab penuh dalam perusahaan. perusahaan.

Perseroan Terbatas

(corporation)
Adalah badan hukum yang didirikan berdasarkan perjanjian, perjanjian, melakukan kegiatan usaha dengan modal dasar yang seluruhnya terbagi dalam saham, saham, dan memenuhi persyaratan yang ditetapkan dalam undang2 serta undang2 peraturan pelaksanaanya. pelaksanaanya.

Keunggulan Perseroan Terbatas
1.

2.

3.

Usia yang tidak terbatas, PT dapat terus ada walau manajer/pemilik pertama meninggal dunia. Kemudahan dalam perpindahan kepemilikan, kepemilikan dapat dibagi menjadi lembar saham dan dapat dimiliki oleh individu / perusahaan Kewajiban yang terbatas, sebatas dana yang diinvestasikan dalam saham

Syarat sebuah perseroan terbatas; terbatas;
a. b. c. d.

Dibentuk berdasarkan perjanjian antara dua orang/lebih orang/ Dibuat dengan akta otentik didepan notaris Mempunyai modal dasar minimal 20 juta dalam bentuk saham Pengambilan bagian saham oleh para pendiri pada saat perseroan didirikan berupa setoran modal minimal 2,5 juta. juta.

PENGERTIAN MANAJEMEN KEUANGAN

Manajemen keuangan adalah segala aktifitas yang berhubungan dengan usaha untuk mendapatkan dana dan menggunakan/ menggunakan/mengalokasikan dana tersebut untuk mencapai tujuan perusahaan. perusahaan. Jadi, Jadi, manajemen keuangan tersebut merupakan manajemen terhadap fungsifungsi-fungsi keuangan yaitu fungsi mendapatkan dana dan fungsi mengalokasikan dana. dana.

Tujuan manajemen keuangan
Secara normatif (seharusnya) tujuan manajemen seharusnya) keuangan berkaitan dengan keputusan dibidang keuangan untuk memaksimalkan nilai perusahaan. perusahaan. Jika perusahaan yang go public (dalam bentuk PT yang terbuka), maka nilai perusahaan akan terbuka), tercermin dari nilai pasar saham. saham. Semakin tinggi nilai saham maka semakin tinggi nilai suatu perusahaan. perusahaan. Jika perusahaan tidak go public, nilai perusahaan bisa diketahui pada saat perusahaan tersebut dijual. dijual.

´Nilai perusahaan merupakan harga yang terbentuk jika perusahaan dijual (non go public) atau nilai saham yang dimiliki perusahaan (go public)µ
Vf = B + S Vf = value of the firm B = nilai hutang S = nilai modal sendiri
S = jumlah harga saham X harga pasar saham

Tiga keputusan / fungsi yang dilakukan dalam manajemen keuangan
1. Keputusan

investasi merupakan keputusan untuk menggunakan atau mengalokasikan dana. Penggunaan dana yang tepat adalah penggunaan dana yang dapat membuat pemilik dana menjadi makmur.

Langkah-langkah dalam keputusan investasi:
(a). Perlu dilakukan penetapan berapa aset secara keseluruhan (total assets) yang diperlukan perusahaan. (b). Perlu ditetapkan komposisi berapa aktiva lancar (current assets) dan aktiva tetap (fixed assets) (c). Perlu kaji ulang terhadap aset yang tidak ekonomis, apakah dikurangi, dihilangkan atau diganti.

Tiga keputusan / fungsi yang dilakukan dalam manajemen keuangan

2. Keputusan pendanaan merupakan keputusan untuk memilih jenis dana yang akan digunakan oleh perusahaan. perusahaan. keputusan yang tepat adalah jika keputusan tersebut dapat menurunkan biaya modal/biaya modal/biaya dana yang ditanggung perusahaan

Keputusan ini berkenaan dengan: dengan:
(a). (a). Keputusan mengenai penetapan sumber dana yang diperlukan untuk membiaya investasi (b). (b). Penetapan tentang perimbangan pembelanjaan yang terbaik / struktur modal yang optimum. optimum. struktur modal yang optimum adalah perimbangan hutang jangka panjang dan modal sendiri dengan biaya modal rata-rata rataminimum. minimum.

Tiga keputusan / fungsi yang dilakukan dalam manajemen keuangan
Keputusan dividen merupakan keputusan untuk membagikan laba dalam bentuk dividen atau menahan laba dalam bentuk laba ditahan untuk diinvestasikan kembali. kembali. Kebijakan dividen yang tepat yaitu kebijakan yang akan membuat pemilik perusahaan jadi lebih makmur. makmur. 3.

Kegiatan utama manajer keuangan

2
Aktiva perusahaan Manajer keuangan

1 4b
Pasar keuangan

3

4a

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->