JAGAT RAYA

Nama kelompok 1. Vindia Dwi Syafitri 2. Teresa Elika 3. Ester Yanti 4. Lala Sri Fadila 5. Rachmad Karoni 6. Rudi Intan 7. M. Rizal 8. Mei Styawati

PENGERTIAN JAGAT RAYA 1. Jagat raya terdiri dari galaksi-galaksi atau sistem-sistem bintang yang jumlahnya ribuan. yang membentuk sistem bintang-bintang kecil. Salah satu anggota dari tata surya adalah planet bumi . salah satu diantaranya adalah galaksi bima sakti 4. Jagat raya diduga bentuknya melengkung dalam keadaan memuai 3. Galaksi-galaksi terdiri atas benda-benda langit yang ada. tetapi ada batas-batas nya yang belum dapat diketahui 2. alam semesta atau antariksa yaitu ruangan Yang meluas kesegala arah . Yang disebut jagat raya . tidak terhinggga.

Keberadaan jagat raya dapat dilihat dengan teleskop. Satu tahun cahaya kurang lebih 10. Susunan atau isi jagat raya adalah kabut-kabut ekstra galaksi.000 tc samapai 10 juta tc (tc=tahun cahaya). Teleskop yang kuat mampu mendeteksi 1.ruangan jagat raya ini luasnya ada batas-batasnya juga. dengan ukuran dari tepi ke tepi mulai dari 1.000 milyar km.Di dalam jagat raya terdapat ribuan galaksi. Bentuk spiral. yang tak dapat diketahui atau dibayangkan luasnya. sedang bintang. Secara umum bentuk-bentuk galaksi dibedakan menjadi 4 macam: 1. Bentuk spiral berpalang Bentuk elips Bentuk tak beraturan . 3.000 juta galaksi. Namun demikian. bentuknya melengkung dan dalam keadaan memuai. menurut para ahli dari hasil penenelitian mereka dapat menyatakan bahwa. Jadi dapat disimpulkan bahwa jagat raya adalah ruangan yang maha luas. 2.bintang atau benda langit hanyalah kelompok kabut ini. 4.

misalnya : spiral. Zat ini terdiri dari proton. elektron dan ion lain yang bergerak simpang siur dalam jagat raya ini . elips.Ciri-ciri galaksi ‡ Galaksi mempunyai cahaya sendiri bukan cahaya pantulan ‡ Galaksi-galaksi lainnya dapat terlihat berada di luar Galaksi Bimasakti ‡ Jarak antara galaksi yang satu dengan yang lainnya jutaan tahun cahaya ‡ Galaksi mempunyai bentuk-bentuk tertentu. dan tidak beraturan Zat inter galaxy adalah ruang antara galaksi yang satu dengan galaksi yang llainnya tidak kosong tetapi mengandung materi.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful