“Kekuatan terbesar dalam perhitungan modern terdapat pada tiga penemuan: notasi [bilangan] Arab, bilangan berbasis sepuluh

dan logaritma” (The miracuolus powers of modern calculation are due to three inventions:the Arabic Notation, Decimal Fractions, and Logarithms) Florian Cajori Riwayat Signifikansi perkembangan matematika pada abad pertengahan di Eropa seiring dengan lahirnya Leonardo dari Pisa yang lebih dikenal dengan julukan Fibonacci (artinya anak Bonaccio). Bonaccio sendiri artinya anak bodoh, tapi dia bukan orang bodoh karena jabatannya adalah seorang konsul yang wewakili Pisa. Jabatan yang dipegang ini membuat dia sering bepergian.

Diperkirakan Pythagoras sudah melihat 7 keajaiban dunia (kuno). teristimewa. for we rule . Thales. untuk itu Number. seorang kakek tua. Menyeberangi selat dan beberapa mil ke utara adalah Turki. If “Number rules the universe. Sekarang.” Pythagoras Masa kecil Pythagoras lahir di pulau Samos. Pythagoras menjalin hubungan dengan ahli-ahli matematika. terdapat keajaiban lain yaitu: Ephesus. Di Babylon. Pada usia 18 tahun dia bertemu dengan Thales. Bilangan adalah kuasa yang diberikan kepada kita guna mendapatkan mahkota. Italia. mengenalkan matematika kepada Pythagoras lewat kita menguasai bilangan. dimana salah satunya adalah kuil Hera yang terletak di kota kelahirannya.“ Apabila bilangan mengatur alam semesta. Mesir dan diperkirakan pernah sampai di India. Dia sering melakukan perjalanan ke Babylon. seorang pedagang yang berasal dari Tyre. Pythagoras meninggalkan tanah kelahirannya dan pindah ke Crotona. kuil Hera sudah runtuh dan hanya tersisa 1 pilar yang tidak jauh dari kota Pythagorian (namanya dipakai untuk mengenang putra terbaiknya). Number is merely our delegate to the throne. Setelah lama menjelajah pulau kecil. Yunani selatan sekitar 580 SM (Sebelum Masehi). Pythagoras adalah anak Mnesarchus.

para ilmuwan mempergunakan abakus. . semacam daftar yang menunjukkan satuan. astronomi. 194 h/780 m-baghdad. hasil penemuan al-khawarizmi. sebenarnya nama algoritma diambil dari nama julukan penemunya yaitu al-khawarizmi seorang matematikawan muslim yang dilahirkan di khawarizm. dan geografi. nama lengkapnya adalah abu ja'far muhammad bin musa al-khawarizmi dan di barat ia lebih dikenal dengan nama algoarisme atau algorisme. 266 h/850 m). ilmuwan muslim. dan seterusnya. dalam bukunya al-khawarizmi memperkenalkan kepada dunia ilmu pengetahuan angka 0 (nol) yang dalam bahasa arab disebut sifr. puluhan. ribuan. termasuk angka nol). dalam kamus besar bahasa indonesia algoritma berarti prosedur sistematis untuk memecahkan masalah matematis dalam langkah-langkah terbatas. ratusan. ahli di bidang ilmu matematika. dengan demikian angka nol baru dikenal dan dipergunakan orang Barat sekitar 250 tahun setelah ditemukan al-Khawarizmi.uzbekistan.mungkin kita sudah sering mendengar istilah algoritma. akan tetapi. Uzbekistan al-khawarizmi (khawarizm. hitungan seperti ini tidak mendapat sambutan dari kalangan ilmuwan barat ketika itu dan mereka lebih tertarik untuk mempergunakan raqam al-binji (daftar angka arab. untuk menjaga agar setiap angka tidak saling tertukar dari tempat yang telah ditentukan dalam hitungan. sebelum al-khawarizmi memperkenalkan angka nol.

Ahmad. al-Kindi sendiri turut aktif dalam kegiatan penerjemahan ini. al-Kindi juga memperbaiki terjemahan-terjemahan sebelumnya. Salah satu kelebihan al-Kindi adalah menghadirkan filsafat Yunani kepada kaum Muslimin setelah terlebih dahulu mengislamkan pikiran-pikiran asing tersebut. Dan memang. adalah mukaddimah bagi siapa saja yang ingin mempelajari filsafat. harmoni. ia diangkat sebagai ahli di istana dan menjadi guru putra Khalifah alMu’tasim. Matematika di sini meliputi ilmu tentang bilangan. Mukaddimah ini begitu penting sehingga tidak mungkin bagi seseorang untuk mencapai keahlian dalam filsafat tanpa terlebih dulu menguasai matematika. sejak didirikannya Bayt al-Hikmah oleh al-Ma’mun. Ia adalah filosof berbangsa Arab dan dipandang sebagai filosof Muslim pertama. Tetapi. salah satu suku besar daerah Jazirah Arab Selatan. Hal ini disebabkan karena matematika. bagi al-Kindi. di antara sekian banyak ilmu. Al-Kindi telah menulis hampir seluruh ilmu pengetahuan yang berkembang pada saat itu. ia sangat menghargai matematika. secara etnis. al-Kindi lahir dari keluarga berdarah Arab yang berasal dari suku Kindah. . geometri dan astronomi. Memang. Karena keahlian dan keluasan pandangannya.Al-Kindi hidup pada masa penerjemahan besar-besaan karya-karya Yunani ke dalam bahasa Arab. Di samping menerjemah.

Al-Biruni adalah peletak dasar-dasar trigonometri modern. Al-Biruni telah membahas teori-teori perputaran (rotasi) bumi pada porosnya. ahli geografi. Dengan bantuan matematika. ahli fisika. dan memperkenalkan solusi persamaan kubus. Kendati ia lebih dikenal sebagai seorang penyair. terutama dalam bidang aljabar dan trigonometri. Al-Biruni juga memperkenalkan pengukuran-pengujuran geodesi dan menentukan keliling bumi dengan cara yeng lebih akurat. dia dapat menentukan arah kiblat dari berbagai macam tempat di Selain itu. . Dia seorang filsuf. namun Umar Khayyam memiliki kontribusi besar dalam bidang matematika. Enam ratus tahun sebelum Galgeo. dan pakar matematika. Ia merupakan matematikawan pertama yang menemukan metode umum penguraian akar-akar bilangan tingkat tinggi dalam aljabar. astronom. tokoh matematika lain yang tak kalah terkenal adalah Umar Khayyam.

dan memperkenalkan solusi persamaan . Kendati ia lebih dikenal sebagai seorang penyair. Ia merupakan matematikawan pertama yang menemukan metode umum penguraian akarakar bilangan tingkat tinggi dalam kubus. terutama dalam bidang aljabar dan trigonometri.Selain itu. namun Umar Khayyam memiliki kontribusi besar dalam bidang matematika. aljabar. tokoh matematika lain yang tak kalah terkenal adalah Umar Khayyam.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful