PENGARUH SUHU TERHADAP LAJU REAKSI

Tujuan : Untuk mengetahui pengaruh suhu terhadap laju reaksi pada reaksi larutan natrium tiosulfat dengan asam klorida Manfaat : Siswa dapat mengetahui dan memahami pengaruh suhu terhadap kelajuan reaksi suatu larutan melaui percobaan. Landasan teori :  Pengertian laju reaksi Reaksi kimia adalah proses perubahan zat pereaksi menjadi produk. Seiring dengan bertambahnya waktu reaksi, maka jumlah zat pereaksi akan semakin sedikit, sedangkan produk semakin banyak. Maka laju reaksi dapat dinyatakan sebagai laju berkurangnya pereaksi atau laju terbentuknya produk.  Faktor faktor yang mempengaruhi laju reaksi. Faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi adalah : 1. Luas permukaan Luas permukaan sentuh memiliki peranan yang sangat penting dalam banyak, sehingga menyebabkan laju reaksi semakin cepat. Begitu juga, apabila semakin kecil luas permukaan bidang sentuh, maka semakin kecil tumbukan yang terjadi antar partikel, sehingga laju reaksi pun semakin kecil. Karakteristik kepingan yang direaksikan juga turut berpengaruh, yaitu semakin halus kepingan itu, maka semakin cepat waktu yang dibutuhkan untuk bereaksi ; sedangkan semakin kasar kepingan itu, maka semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk bereaksi. 2. Konsentrasi pereaksi Dari berbagai percobaan menunjukkan bahwa makin besar konsentrasi zat-zat yang bereaksi makin cepat reaksinya berlangsung. Makin besar konsentrasi makin banyak zat-zat yang bereaksi sehingga makinbesar kemungkinan terjadinya tumbukan dengan demikian makin besar pula kemungkinan terjadinya reaksi. 3. Tekanan Banyak reaksi yang melibatkan pereaksi dalam wuud gas. Kelajuan dari reaksi seperti itu dipengaruhi oleh tekanan. Penambahan tekanan dengan memperkecil volume akan memperbesar konsentrasi dengan demkian dapat memperbesar laju reaksi.

1

Pengaruh suhu terhadap laju reaksi

Secara matematis hubungan antara nilai tetapan laju reaksi (k) terhadap suhu dinyatakan oleh formulasi ARRHENIUS: k = A .0821. setiap reaksi 2 Pengaruh suhu terhadap laju reaksi .Fungsi katalis adalah memperbesar kecepatan reaksinya (mempercepat reaksi) dengan jalan memperkecil energi pengaktifan suatu reaksi dan dibentuknya tahap-tahap reaksi yang baru. Dengan menaikkan suhu maka energi kinetik molekul-molekul zat yang bereaksi akan bertambah sehingga akan lebih banyak molekul yang memiliki energi sama atau lebih besar dari Ea.4. Katalis Katalisator adalah zat yang ditambahkan ke dalam suatu reaksi dengan maksud memperbesar kecepatan reaksi. Dengan demikian lebih banyak molekul yang dapat mencapai keadaan transisi atau dengan kata lain kecepatan reaksi menjadi lebih besar.314 joule/moloK T : suhu reaksi (oK) 5. Dengan menurunnya energi pengaktifan maka pada suhu yang sama reaksi dapat berlangsung lebih cepat. Suhu Pada umumnya reaksi akan berlangsung lebih cepat bila suhu dinaikkan. dengan kata lain pada akhir reaksi katalis akan dijumpai kembali dalam bentuk dan jumlah yang sama seperti sebelum reaksi. Katalis terkadang ikut terlibat dalam reaksi tetapi tidak mengalami perubahan kimiawi yang permanen.atm/moloK = 8. e-E/RT dimana: k : tetapan laju reaksi A : tetapan Arrhenius yang harganya khas untuk E : energi pengaktifan R : tetapan gas universal = 0.

Letakkan gelas kimia itu diatas kertas bertanda silang. Na2S2O3 Na2S2O3 + HCl Na2S2O3 (dipanaskan) + Suhu 28 27. PENGAMATAN : NO Zat Reaksi 1. semakin cepat pula larutan itu bereaksi. 2 3. Ukur suhu larutan dan catat. Larutan lebih cepat bereaksi pada suhu yang tinggi. Tambahkan 2.5 HCl 38 23 detik 17 detik Waktu KESIMPULAN : Laju reaksi dipengaruhi oleh suhu.5 ml larutan HCl 2 M. jadi semakin tinggi suhu suatu larutan.5 ml lautan hCl 0. Letakkan gelas kimia ini di ats kertas bertanda silang. Kemudian ta. ukur dan cata waktu yang diperlukan sejak penambahan larutan HCl sampai tanda silang tidak terlihat lagi.5 ml larutan Na2S2O3 0. DISKUSI . 3) Masukan 2.2 M ke daam gelas kimia. 3 Pengaruh suhu terhadap laju reaksi .bahkan 2.2 m dan catat waktu seperti di atas.Praktikum : Alat dan bahan : y Sehelai kertas y Gelas kimia y Thermometer y Larutan na2S2o3 y Larutan HCl y Kaki tiga y y y y y Kaca asbes Gelas ukur Spirtus Korek api Kain lap Cara kerja : 1) Buatlah tanda silang pada sehelai kertas 2) Masukan 25 ml larutan Na2S2O3 0. Catat suhu itu.2 M ke dalam gelas kimia yang lain. Panaskan hingga 10 C di atas suhu kamar (10 c di taas suhu pada langkah 2).

sehingga laju reaksi semakin kecil. Apabila suhu pada suatu rekasi yang berlangusng dinaikkan. Sebaliknya. 4 Pengaruh suhu terhadap laju reaksi .Pertanyaan dan jawaban : Bagaimanakah pengaruh suhu tehadap kecepatan reaksi antara larutan Na2S2O3 dengan larutan HCl ? Jealskan sebabnya ! Jawab : Suhu merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi laju reaksi suatu larutan. maka menyebabkan partikel semakin aktif bergerak. sehingga tumbukan yang terjadi semakin sering. apabila suhu diturunkan. menyebabkan laju reaksi semakin besar dan cepat. maka partikel semakin tak aktif.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful