TREN KEAMANAN SISTEM KOMPUTER KONSEP dan PENCEGAHAN

DoS
Serangan DoS (denial-of-service attack) adalah jenis serangan terhadap sebuah komputer atau server di dalam jaringan internet dengan cara menghabiskan sumber (resource) yang dimiliki oleh komputer tersebut sampai komputer tersebut tidak dapat menjalankan fungsinya dengan benar sehingga secara tidak langsung mencegah pengguna lain untuk memperoleh akses layanan dari komputer yang diserang tersebut. Dalam sebuah serangan Denial of Service, si penyerang akan mencoba untuk mencegah akses seorang pengguna terhadap sistem atau jaringan dengan menggunakan beberapa cara, yakni sebagai berikut:

Membanjiri lalu lintas jaringan dengan banyak data sehingga lalu lintas jaringan yang datang dari pengguna yang terdaftar menjadi tidak dapat masuk ke dalam sistem jaringan. Teknik ini disebut sebagai traffic flooding.

Membanjiri jaringan dengan banyak request terhadap

sebuah

layanan jaringan yang disedakan oleh sebuah host sehingga request yang datang dari pengguna terdaftar tidak dapat dilayani oleh layanan tersebut. Teknik ini disebut sebagai request flooding.

Mengganggu komunikasi antara sebuah host dan kliennya yang terdaftar dengan menggunakan banyak cara, termasuk dengan mengubah informasi konfigurasi sistem atau bahkan perusakan fisik terhadap komponen dan server.

20

Bentuk serangan Denial of Service awal adalah serangan SYN Flooding Attack, yang pertama kali muncul pada tahun 1996 dan mengeksploitasi terhadap kelemahan yang terdapat di dalam protocol Transmission Control Protocol (TCP). Serangan-serangan lainnya akhirnya dikembangkan untuk mengeksploitasi kelemahan yang terdapat di dalam sistem operasi, layanan jaringan atau aplikasi untuk menjadikan sistem, layanan jaringan, atau aplikasi tersebut tidak dapat melayani pengguna, atau bahkan mengalami crash. Beberapa tool yang digunakan untuk melakukan serangan DoS pun banyak dikembangkan setelah itu (bahkan beberapa tool dapat diperoleh secara bebas), termasuk di antaranya Bonk, LAND, Smurf, Snork, WinNuke, dan Teardrop. Meskipun demikian, serangan terhadap TCP merupakan serangan DoS yang sering dilakukan. Hal ini disebabkan karena jenis serangan lainnya (seperti halnya memenuhi ruangan hard disk dalam sistem, mengunci salah seorang akun pengguna yang valid, atau memodifikasi tabel routing dalam sebuah router) membutuhkan penetrasi jaringan terlebih dahulu, yang kemungkinan penetrasinya kecil, apalagi jika sistem jaringan tersebut telah diperkuat. Serangan ini sering dilakukan “script kiddies” yang tidak dapat masuk ke sistem atau hanya sakit hati di komunitas. SYN Flood & UDP Flood, metode yang dilakukan oleh penyerang yang membuat sebuah server dipenuhi dengan permintaan dari paket-paket SYN yang tidak lengkap, Akhirnya akan membuat overhead pada server dan hasilnya adalah DoS, sedangkan UDP bersifat connectionless, tidak memperhatikan apakah paket telah diterima atau tidak mirip dengan ICMP flood, UDP flood dikirim dengan tujuan untuk memperlambat sistem sampai dengan sistem tidak bisa mengendalikan koneksi yang valid. Serangan ini umumnya Membanjiri syn (TCP/UDP syn Flood) hingga tidak bisa mengirimkan ACK (3 way handshake).
20

Serangan dilakukan dengan mesin lain yang disebut zombie. Pada gambar 2 dapat dilihat.Proses 3 way handshake seperti pada gambar adalah proses yang terjadi pada saat sumber dan tujuan melakukan komunikasi dimana proses ini menggunakan protocol TCP yang akan membagi-bagi paket data yang akan ditransmisikan sesuai dengan kesepakatan antara sumber dan tujuan. penyerang menguasai mesin server lain dahulu yang akan dijadikan zombie. zombie adalah mesin server yang telah dikuasai sebelumnya oleh penyerang untuk menyerang mesin server target lain. dimana server zombie dipilih oleh penyerang biasanya yang berada di backbone Amerika. kenapa backbone amerika ? karena bandwidth yang berada di 20 . hal ini dilakukan agar jejak yang berupa IP address di internet dapat ditutupi dengan menggunakan mesin zombie tersebut.

Serangan DoS akan membuat mesin menjadi bingung karena banyaknya paket data SYN yang datang sedangkan mesin tidak mengetahui mesin asal untuk mengembalikan ACK. mesin zombie menyerang server 20 . jika bandwidth mesin zombie kecil atau sama dengan bandwidth server yang akan diserang maka serangan DoS ini akan dapat dicegah oleh mesin firewall. Hal ini merupakan syarat mutlak untuk menyerang server tujuan. makanya DoS sering disebut SYN FLOOD.backbone amerika pasti besar. akibatnya mesin yang diserang disibukan dengan paket-paket data tersebut yang datangnya bertubi-tubi dan banyak. Akibatnya user yang absah yang akan benar-benar memanfaatkan resources pada server tersebut misalnya mail/ web menjadi tidak dapat dilayani karena mesin tersebut sedang sibuk melayani paket-paket serangan tadi.

Pada saat serangan datang dengan bandwidth misalnya saja totalnya 200 mbps maka serangan tersebut tidak hanya mematikan server perusahaan tersebut tapi juga akan mengganngu distribusi bandwidth di ISP A. hal ini dikarenakan bandwidth serangan dari zombie akan menyebabkan bootleneck dari aliran bandwidth ke server tujuan.DDoS Serangan yang lebih besar dari DoS adalah Destributed Denial Of Services (DdoS). Namun jika bandwidth serangan lebih kecil dari bandwidth yang disewa ke ISP A atau total bandwidht ISP A lebih besar dariserangan maka serangan tersebut dapat dengan mudah dilumpuhkan dengan mesin firewall. sebuah mail/web server yang berada di server farm sebuah perusahaan. apalagi jika ISP A mempunyai bandwidth lebih kecil dari bandwidth serangan. Akibatnya tidak hanya server tujuan menjadi down bahkan beberapa kasus provider / telco yang memberikan jasa koneksi internet bagi server tersebut juga terkena imbasnya seperti gambar. 20 . Bandwidth yang disewa kepada ISP A adalah 512 kbps. Misalnya. dimana perusahaan ini menyewa pada sebuah ISP A. dimana DDoS menggunakan banyak mesin zombie untuk menyerang server tujuan.

DDoS biasanya dilakukan oleh para penyerang bukan amatiran karena penyerang mempunyai banyak mesin zombie yang tersebar 20 . Semua komputer zombie yang mendengarkan perintah tersebut akan segera melakukan serangan terhadap komputer korban yang telah ditentukan oleh si Hacker. Slave. Ketika si Hacker ingin melakukan serangan DDoS.Serangan metode DDoS Hacker yang melancarkan serangan DDoS harus mempunyai banyak komputer yang siap diperintah. Serangan DDoS ini biasanya menggunakan mesin zombie yang tersebar dan diatur untuk menyerang secara serentak atau dalam jeda waktu tertentu.dari sana. Komputer inilah yang disebut sebagai Zombie. Hacker akan memerintahkan kepada komputer Zombie melalui komputer perantara yang bertindak sebagai master atau komputernya si Hacker.si hacker memberikan perintah kepada zombie-zombie. atau Budak. Nah.ia hanya perlu masuk ke komputer yang bertindak sebagai master tadi.

yang mengakibatkan beberapa server web di Internet mengalami "downtime". tercatat seperti Yahoo. dengan menggunakan serangan SYN Flooding. sebuah serangan yang besar dilakukan sehingga beberapa situs web 20 .diseluruh dunia. Pada awal Februari 2000. Biasanya serangan model ini menyerang server-server pada perusahaan / penyedia jasa yang besar. tiga tahun setelah serangan Denial of Service yang klasik muncul. Serangan DDoS pertama kali muncul pada tahun 1999. dan lain-lain telah pernah di DDoS yang tentu saja efeknya mendunia dimana banyak para user yang tidak dapat masuk ke layanan mereka. sehingga dapat mengakibatkan server atau keseluruhan segmen jaringan dapat menjadi "tidak berguna sama sekali" bagi klien. e-bay. yakni dengan meningkatkan serangan beberapa kali dengan menggunakan beberapa buah komputer sekaligus. overload pada ISP pada serangan DDoS Serangan DDoS ini menggunakan teknik yang lebih canggih dibandingkan dengan serangan Denial of Service yang klasik.

lalu lintas Internet pun tidak terlalu terpengaruh dengan serangan tersebut (setidaknya tidak semuanya mengalami kerusakan). TFN2K. 20 . CNN. tool tersebut dapat menginstalasikan salah satu jenis dari Trojan Horse yang disebut sebagai DDoS Trojan. dan Stacheldraht. dan Yahoo! mengalami "downtime" selama beberapa jam.terkenal seperti Amazon. beberapa server-server tersebut pada tiap detiknya mendapatkan lebih dari 150000 request paket Internet Control Message Protocol (ICMP). Menjalankan tool (biasanya berupa program (perangkat lunak) yang secara otomatis akan memindai jaringan untuk kecil) menemukan host-host yang rentan (vulnerable) yang terkoneksi ke Internet. Ketika si penyerang merasa telah mendapatkan jumlah host yang cukup (sebagai zombie) untuk melakukan penyerangan. Beberapa tool (software) yang digunakan untuk melakukan serangan serperti ini adalah TFN. yang dapat diunduh (download) secara bebas di Internet. eBay. Pada puncak serangan. Tidak seperti akibatnya yang menjadi suatu kerumitan yang sangat tinggi (bagi para administrator jaringan dan server yang melakukan perbaikan server akibat dari serangan). yang akan mengakibatkan host tersebut menjadi zombie yang dapat dikontrol secara jarak jauh (remote) oleh sebuah komputer master yang digunakan oleh si penyerang asli untuk melancarkan serangan. Untungnya. yakni sebagai berikut: 1. Setelah host yang rentan ditemukan. teori dan praktek untuk melakukan serangan DDoS justru sederhana. karena serangan hanya dilakukan selama setengah jam saja. Serangan yang lebih baru lagi pernah dilancarkan pada bulan Oktober 2002 ketika 9 dari 13 root DNS Server diserang dengan menggunakan DDoS yang sangat besar yang disebut dengan "Ping Flood". Trinoo. 2.

Hampir populer. Beberapa contoh Serangan DDoS lainnya adalah adalah:  Serangan Buffer Overflow.harus memiliki banyak zombie (pasukan 20 . tapi karena dilakukan oleh banyak host zombie. Serangan ini umumnya dilakukan dengan menggunakan beberapa bentuk SYN Flood atau skema serangan DoS yang sederhana. Sistem-sistem semacam Solaris. misalnya paket ICMP yang berukuran sangat besar. mengirimkan data yang melebihi kapasitas sistim. Linux. semua platform komputer dapat dibajak sebagai beberapa sebuah zombie untuk melakukan serangan seperti ini. "memakan habis" semua sumber dayaTransmission Control Protocol yang terdapat di dalam komputer atau jaringan target dan dapat mengakibatkan host atau jaringan tersebut mengalami "downtime".  ICMP Flooding Untuk melakukan serangan DDoS.  Serangan Smurf.  Serangan Teardrop.penyerang akan menggunakan komputer master untuk memberikan sinyal penyerangan terhadap jaringan target atau host target. mengirimkan data TCP SYN dengan alamat palsu. jika memang sistem tersebut atau aplikasi yang berjalan di atasnya memiliki kelemahan yang dieksploitasi oleh penyerang. maka jumlah lalu lintas jaringan sehingga yang diciptakan oleh mereka adalah sangat besar. mengirimkan paket IP dengan nilai offsetyang membingungkan.  Serangan SYN. mengirimkan paket ICMP bervolume besar dengan alamat host lain. Microsoft Windows dan varian UNIX dapat menjadi zombie.

Run . maka kekuatannya akan semakin besar.com Kemudian komputer akan mengirimkan paket informasi ke situs yang di tuju tadi.Sederhananya begini coba lakukan ini.000 komputer yang melakukan perintah tersebut secara bersamaan. Kemudian server situs yang di tuju tadi mengirimkan jawaban balik dengan mengatakan : "ya. dan tidak sanggup memproses kiriman data yang datang sehingga menyebabkan situs tersebut down. Ping -t www. Jika 312 MB/ detik data yang harus di proses oleh server. dalam waktu bersamaan melakukan perintah tersebut di situs yang di tuju. di sini ada orang" Sekarang bayangkan.situsyangdituju. pada dasarnya dengan perintah tersebut komputer mengirimkan ucapan "Oi. 1 komputer mengirimkan data sebesar 32 bytes / detik ke situs yang di tuju.zombie). Bisa di tebak. Dan server dari situs yang di tuju tadi pun harus merespon kiriman yang di kirim dari 10.000 komputer secara bersamaan. 20 .situsyangdituju. jika ada ribuan komputer. itu artinya ada kiriman data sebesar 312 Mega Bytes/ detik yang di terima oleh situs yang di tuju tadi.com atau bisa juga Start. situs yang di serang dengan metode ini akan mengalami Over Load / kelebihan data. dalam 1 menit saja. Semakin banyak pasukan zombie. server harus memproses kiriman data sebesar 312 MB x 60 detik = 18720 MB. ke situs yang di tuju tadi.ada orang di sana ? " .masuk ke Command Prompt kemudian ketikan : Ping -t www. Jika ada 10.

152/32 -d 0/0 -j DROP iptables -I FORWARD -s 67.152 33945 33903 # Oct 17 15:34:04 202.xxx.xx 222.xxx.238.152 # Oct 17 15:34:04 202.152 51457 33903 # Oct 17 15:34:04 202.xxx. seperti .238.152 1315 33903 # Oct 17 15:34:04 202. hal ini dilakukan untuk mengetahui ip address dari penyerang dan yang diserang. Lihat ip source dan destination yang diserang. Block IP address source dari Firewall. 1.238.xxx.Serangan DDoS ini adalah serangan yang paling menakutkan dari banyak jenis serangan lain. Untuk melihat ip source dan destinationsnya bisa dilakukan di server/router kita dengan memberikan command tertentu.xxx. contoh iptables -I FORWARD -s 222.xxx. pada saat serangan berlangsung pastilah terdapat ip address penyerang dan port yang digunakan oleh penyerang seperti contoh diatas.73.xxx. Metode penanganan DoS dan DDoS Ada beberapa cara penanganan untuk serangan ini.xx 222.73.18.73. Block IP address source & Port yang digunakan oleh penyerang dari mesin firewall/router kita.73.238.152 38455 33903 2.Situs-situs besar sekalipun tidak bisa menghindari serangan ini.84. Contoh : show log /var/tmp/sample | match 222.73.xx 222.xx 222.0/24 -d 0/0 -j DROP 20 .xxx.238.73.238.

metode block port dan ip address di router/server 3. jadi pada saat kita mengetahui IP Address sumber serangan maka secepatnya mengirimkan abuse ke pemilik IP tersebut agar bisa ditindaklanjuti lebih jauh.xx pemilik IP address tersebut.apnic.net/apnic-bin/whois. 5. contoh : % [whois.net node-1] % Whois data copyright terms 20 . Untuk mengetahui pemilik IP address tersebut bisa klik http://wq. Amati model serangan berikutnya. pengamatan ini dilakukan untuk melihat model serangan berikutnya dan mungkin saja ip address lain dari sumber daya jaringan kita.pl dan masukan IP tersebut. Kontak Provider untuk membantu block port dan ip source yang menyerang. makanya kontak teknis provider harus diketahui dan sangat berguna jika kita sewaktu-waktu kita membutuhkannya. kontak bisa berupa telpon langsung ke NOC/Admin atau bisa dilakukan dengan chat dari YM. Laporkan ke abuse@xxx. 4.apnic.

jingrong street.http://www.online. Lakukan kerjasama dengan admin pemilik IP add penyerang dan lakukan cek dan ricek sebelum membuat statement kalau memang IP Address tersebut adalah penyerangnya karena bisa saja itu adalah mesin zombie.255.cn 6.255 netname: CHINANET-SH descr: CHINANET shanghai province network descr: China Telecom descr: No1.cn.73. Catat semua kejadian metode untuk menjadi dan pembahasan jika untuk nanti pembelajaran serangan dokumentasi diperlukan pada saat penyelesaian secara hukum.Shanghai.31 .com 20070416 mnt-by: MAINT-CHINANET source: APNIC person: Wu Xiao Li address: Room 805.net/db/dbcopyright.222.64.net address: No.html inetnum: 222.beijing address: 100032 phone: +86-10-58501724 fax-no: +86-10-58501724 country: CN changed: dingsy@cndata.jin-rong Street descr: Beijing 100032 country: CN admin-c: CH93-AP tech-c: XI5-AP changed: hm-changed@apnic.PRC country: CN phone: +86-21-63630562 fax-no: +86-21-63630566 e-mail: ip-admin@mail.sh.0 .200085.net 20031024 mnt-by: APNIC-HM mnt-lower: MAINT-CHINANET-SH mnt-routes: MAINT-CHINANET-SH status: ALLOCATED PORTABLE source: APNIC person: Chinanet Hostmaster nic-hdl: CH93-AP e-mail: anti-spam@ns. 20 .apnic.61 North Si Chuan Road. 7.0.chinanet.

dengan menggunakan tools script kiddies biasanya penyerang melakukan scanning terlebih dahulu mesin tujuan. Edukasi user untuk memperhatikan “etika” di internet. Penangananya kita dapat menggunakan IDS yang akan dijelaskan nanti dan catat dari log system serta Tutup / close layanan yang tidak digunakan. Berguna untuk mengetahui port/ daemon/ aplikasi aktif yang berguna untuk mencari celah. dengan harapan sistem akan menjawab request. Kegiatan Port Scanning Mencoba-coba untuk mengetahui port / layanan yang tersedia di server.8. 20 . etika diinternet misalnya . Kegiatan ini diibaratkan ”mengedor” pintu jaringan kita dengan harapan ada jawaban dari dalam jaringan kita. untuk mengetahui layanan apa saja yang tersedia. • Jangan pernah mendownload dari stus-situs yang tidak Jangan melakukan kegiatan hacking dan lainnya dari internal Pada saat dikomunitas milist / forum jangan pernah terpecaya • jaringan kita • memancing kemarahan pihak lainnnya.

mengambil dan menampilkan script yang dikirimkan oleh hacker tanpa melakukan encoding atau perubahan sehingga script tersebut akan dijalankan 20 .port scanning yang dilakukan Serangan XSS XSS adalah singkatan dari kata Cross-Site Scripting yang artinya script yang dijalankan dengan memanfaatkan perantara. Permasalahan XSS Permasalahan XSS diakibatkan karena aplikasi server. Jika selama ini serangan yang dilakukan seringkali menargetkan server. XSS tidak menyerang korban secara langsung namun memanfaatkan perantara untuk melakukannya. namun serangan XSS menargetkan client atau pengunjung sebagai sasarannya.

serangan XSS akan dilancarkan. mengambil alih account internet banking dan mengambil uangnya.layaknya script yang memang disediakan oleh aplikasi web tersebut. 20 . Hacker bisa membuat link yang disertakan didalam sebuah email penipuan. tentunya ditujukan untuk korban dan bukan untuk diri sendiri atau server. Teknik Serangan XSS Serangan yang sebenarnya dengan XSS. Hacker bisa mengambil cookie dari korban dan mengambil alih account email. dan ketika korban mengklik link tersebut.

Stored XSS 20 .

sehingga karakter tersebut tidak dapat dimengerti oleh browser yang digunakan. situs yang memperbolehkan pengunjung memposting artikel atau situs yang memperbolehkan user memposting link/URL yang telah dimodifikasi sedemikian rupa adalah sangat rawan terkena serangan XSS. Hal ini telah dibuktikan oleh berbagai serangan yang pernah terjadi pada situs MySpace.Serangan XSS tidak harus selalu aksi melalui penipuan dengan meminta korban untuk mengklik link/URL yang telah dibuat oleh Hacker. Gambar berikut menunjukkan web dengan proses pengkodean yang baik. Sebagai contoh. Metode pencegahan XSS 1. situs yang memperbolehkan pengunjung memposting komentar. Pengkodekan Karakter Special Pada Link Untuk men-non aktifkan kode script yang diinjeksikan. Kelemahan yang sering dikategorikan sebagai stored XSS sama sekali tidak membutuhkan aksi penipuan ataupun interfensi dari Hacker maupun korban. Link yang dimasukkan pada field address dari browser adalah: 20 . Proses pengkodean juga harus mencakup HTML escape code (%hexnumber). kita perlu membuat aplikasi yang mampu mengkodekan karakter tersebut. Permasalahan ini biasanya terjadi karena situs yang mengalami masalah XSS tersebut memperbolehkan pengunjung memposting artikel ataupun informasi lainnya yang akan ditampilkan pada halaman web.

Untuk menggunakan metoda. Namun cookie tidak dapat diakses melalui script yang dieksekusi pada browser pengguna. pada kepala HTTP response tambahkan atribut HttpOnly. Jika kode yang diinjeksikan tersebut tidak dapat diinterpretasikan. browser pengguna masih dapat menerima cookie yang dikirimkan oleh penyedia layanan. HTTP-Only Cookie Metoda ini membatasi akses yang dapat dilakukan terhadap cookie. Kekurangan metoda ini tentu saja kegagalan fungsi-fungsi yang ditulis dengan mengunakan script untuk bekerja. halaman web dapat ditampilkan dengan aman. Dengan menggunakan HTTP-only cookie. Hilangkan Kemampuan Scripting Cross site scripting disebabkan keberhasilan penyerang menginjeksi kode pada halaman web yang dihasilkan. Jadi script yang diinjeksikan kepada browser pengguna tidak akan dapat melakukan transfer cookie yang ada. 20 .2. Metoda ini tersedia pada browser Internet Explorer 6 Service Pack 1. 3.

Kebiasaan yang baik utuk mengikuti link yang berasal dari link utama yang disediakan oleh penyedia layanan. Link – link selain daripada link utama sebaiknya dihindari. 20 . Ikuti Link Utama Metoda ini ditujukan bagi pengguna layanan yang menggunakan halaman web dinamis.4.

Yang terpenting.com/2009/06/11/about-xss/ http://blogs. Hal ini hanya akan membawa kerugian baik bagi pengguna maupun penyedia layanan. Kesimpulan adalah bahwa tidak memungkinkan untuk mengidentifikasi sumber yang riil serangan DDoS dengan investigasi lewat metode penelusuran. Pengguna sebagai konsumen harus lebih waspada dalam melakukan proses browsing.id/gdl. mencari informasi lebih lanjut mengenai sistem keamanan dari penyedia layanan yang akan atau sedang ia gunakan.wordpress.ac. Daftar Pustaka http://digilib. Pemilihan metoda pencegahan disesuiakan dengan kebutuhan dari penyedia layanan yang ada.KESIMPULAN Cross site scripting merupakan kelemahan yang dapat dieksploitasi dengan mudah.php?mod=browse&op=read&id=jbptitbpp-gdlmuhammadna-25072 http://onecoder.itb. penyedia layanan mampu menjamin keamanan data dari pengguna yang ada. Menanggulangi serangan DDoS hanya dapat sukses dengan implementasi pengamanan kerja sama antara ISP dan perusahaan host IRC. Selain itu pengguna juga harus proaktif.com/b/ie/archive/2008/07/02/ie8-security-part-iv-thexss-filter. Tindakan perbaikan terhadap sistem yang berjalan sebaiknya tidak terjadi.aspx CCNA Module Exploration 1 Chapter 5 20 .msdn.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful