BAB I PENDAHULUAN

Kita sering mendengar dan memakai kata ³SENI´ dan ³KESENIAN´. Seni merupakan ekspresi jiwa, ide, emosi, dan perasaan manusia yang terwujud melalui ketrampilan atau daya kreativitas manusia dalam bentuk karya-karya yang bersifat indah dan simbolis. Melalui karya-karya seni, para pnciptanya mengungkapkan ide dan perasaan tentang manusia dan alamnya. Tari adalah gerak tubuh secara berirama yang dilakukan di tempat dan waktu tertentu untuk keperluan pergaulan, mengungkapkan perasaan, maksud, dan pikiran. Seni tari sangat berhubungan dengan keadaan masyarakat dan budaya setempat. Bahkan dalam perkembangannya, seni tari dipengaruhi oleh perkembangan masyarakat dan budayanya.

A. ALASAN PEMILIHAN JUDUL 1. Memperkenalkan salah satu contoh seni tari, untuk menambah ilmu pengetahuan dan wawasan penyusun kesenian. 2. Seni Tari memiliki banyak manfaat bagi para siswa, yaitu memiliki sifat pendidikan, nilai sejarah dan pengetahuan, serta sebagai hiburan. B. TUJUAN PENYUSUNAN MAKALAH 1. Merupakan salah satu syarat dalam pengambilan tugas seni budaya. 2. Mempelajari dan menerapkan teori-teori yang telah diajarkan oleh guru kami.

CERITA DI DALAMNYA Dari namanya. tari Srimpi mengalami perubahan. Serimpi merupakan seni yang adhiluhung serta dianggap pusaka Kraton. yakni pada saat menyambut tamu kenegaraan atau tamu agung. Srimpi ditarikan dengan durasi kurang lebih 11-15 menit saja dengan menghilangkan gerakan pengulangan dalam tari srimpi. Selain itu kata ³srimpi´ juga diartikan dengan akar kata ³impi´ [dalam bahasa Jawa] atau mimpi. B. merupakan ciri khas dari tarian Serimpi. ASAL KESENIAN Tarian Serimpi merupakan tarian bernuansa mistik yang berasal dari Yogyakarta. . Menurut Kanjeng Brongtodiningrat. Tarian srimpi sangopati karya Pakubuwono IX ini. Tema yang ditampilkan pada tari Serimpi sebenarnya sama dengan tema pada tariBedhaya Sanga. antara benar dan salah antara akal manusia dan nafsu manusia. sebenarnya merupakan tarian karya Pakubuwono IV yang memerintah Kraton Surakarta Hadiningrat pada tahun 1788-1820 dengan nama Srimpi sangopati kata sangapati itu sendiri berasal dari kata ³sang apati´ sebuah sebutan bagi calon pengganti raja. untuk setiap penampilan di depan umum [menyambut tamu negara]. Salah satu penyesuaian yang dilakukan yakni pada segi durasi. yaitu menggambarkan pertikaian antara dua hal yang bertentangan antara baik dengan buruk. toya (air). angin (udara). Tarian ini dimainkan oleh dua orang penari wanita. sebagai penyesuaian terhadap kebutuhan yang ada di dalam masyarakat saat ini. Gerakan tangan yang lambat dan gemulai. Srimpi. Tarian Jawa yang berasal dari Yogyakarta ini kebanyakan ditarikan oleh penari dengan jumlah empat orang diiringi oleh musik gamelan Jawa. Srimpi bersinonimkan bilang empat. Tarian ini melambangkan bekal untuk kematian (dari arti Sangopati) diperuntukan kepada Belanda. Dahulu Tari Srimpi diperuntukan hanya untuk masyarakat di lingkungan istana Yogyakarta. Gerakan tangan yang lambat dan gemulai. komposisi penari Serimpi melambangkan empat unsur dari dunia.BAB II PEMBAHASAN A. Yakni grama (api). Sekarang. merupakan ciri khas dari tarian Serimpi. Dalam perkembanganya. Tarian ini diiringi oleh gamelan Jawa. dan bumi (tanah). versi zaman dahulu dalam setiap penampilannya bisa disajikan selama kurang lebih 1 jam.

Menurut Kanjeng Brongtodiningrat. Grama ( api) 2. Pendukung karya ini adalah penari yang sudah dikenal kualitas kepenariannya. kostum maupun cara penyajian. Bumi ( Tanah) Sebagai tari klasik istana di samping bedhaya. Serimpi merupakan seni yang adhiluhung serta dianggap pusaka Kraton. PELAKUSENI DAN TUGASNYA Perempuan sebagai penjaga warisan budaya Indonesia diimbaukan dalam sebuah karya tari tradisional yang dimodernkan (kontemporer) berjudul ³Srimpi Neyeng´. sebagian besar mereka juga menjadi pengajar tari Jawa di Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta. menarik dan mampu menyampaikan pesannya. semua dipikirkan untuk menghasilkan sebuah karya yang unik. Mugi mempersiapkan karya tari yang bermakna ajakan untuk nguri-uri warisan budaya. Mulai dari musik. Angin ( Udara) 3. Mugi atau Mugiyono Kasido adalah penata atau pencipta tari Srimpi Neyeng yang berdurasi sekitar 40 menit. koreografer berkelas internasional ini memadukan dalang wayang kulit perempuan dan tari Srimpi yang sudah dikembangkan. karena dari perempuanlah generasi baru terlahir. serimpi hidup di lingkungan istana Yogyakarta. Perempuan dinilai memiliki nilai strategis sebagai penjaga warisan budaya. yaitu menggambarkan pertikaian antara dua hal yang bertentangan antara baik dengan buruk. antara benar dan salah antara akal manusia dan nafsu manusia. Menjaga warisan benda maupun non benda dari kepunahan maupun dari usaha pihak lain yang kurang terpuji. tidak terbatas tari. Dalam ³Srimpi Neyeng´ . Selama setahun. sedang satunya lagi Wahyu ³Inong´ Widayati. C. Karya tari ini didukung oleh empat penari dan satu dalang. Pentingnya menjaga warisan budaya mencuat dari peristiwa diklaimnya tari Pendhet dan Reog sebagai kebudayaan negara tetangga beberapa waktu yang lalu. Hadawiyah Endah Utami dan Sri Setyoasih ³ting tong´. . Toya (air) 4. Tema yang ditampilkan pada tari Serimpi sebenarnya sama dengan tema pada tari Bedhaya Sanga. gerak. semuanya perempuan. Mereka adalah Rusini. Sedangkan dalang perempuan dipercayakan kepada Murharti yang tak lain adalah ibunda Mugi sendiri. komposisi penari Serimpi melambangkan empat mata angin atau empat unsur dari dunia yaitu : 1. Sajian yang dilakoni oleh empat penari ini digarap berbeda dengan tari tradisi Srimpi.

Kostum. namun dipadukan dengan unsur pedalangan seperti dodogan. Kokart 4. Tari ciptaan Mugi adalah tari kontemporer.´ papar koreografer berkelas internasional ini. Seperti yang dilakukannya dalam karya tergressnya ini. Giwang 6.. kain yang dulu biasanya hanya untuk menggendong dagangan. Sampur 11. sulukan maupun janturan. atau modernisasi tari. kini difungsikan sebagai kostum. Slepe 12. Bunga Melati . dari tradisi dikembangkan menjadi masa kini. Cunduk Mentul 5. Gelung Kadal Menek 2.³Gerakan tarinya terinspirasi dari tari tradisi Srimpi. Jarit atau Jarik 10. Urusan kostum digunakan kain lurik. seperti layaknya jarik dan samparannya. Totokan 13. Jambul 3. KOSTUM Kostum merupakan elemen penting terutama sebagai medium bantu khususnya tari. Begitu juga dalam tari Srimpi disini kostum berfungsi tidak hanya sebagai palengkap. D. Gelang 14. Kalung 8.dan Perhiasan yang dipakai dalam tari Srimpi ialah sebagai berikut: 1. tetapi kostum merupakan salah satu bagian untuk membangun suasana dan rasa. Centhung 7. Mekak 9.

KESIMPULAN Demikianlah yang dapat sedikit kami ulas mengenai seni tari ³Serimpi´ yang merupakan salh satu karya seni dari Jawa Tengah. Sekian yang dapat kami sampaikan. SARAN Sebagai generasi muda. mohon maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan ataupun dalam pengucapan yang kami sampaikan. melestarikan. Jadi jangan sekali-kali menyepelekan kebudayaan Jawa apalagi kebudayaan dimana tempat kita tinggal sekarang. dan tetap membudayakan kesenian yang telah di temurunkan oleh nenek moyang kita.BAB III PENUTUP A. Semoga apa yang telah kami sampaikan dapat menambah pengetahuan anda sekalian. ***TERIMA KASIH*** . marilah kita meneruskan. B.

Telepon. dan salah satu penerapan konsep analog. 2. Perhatikan gagang telepon ketika selesai menggunakannya. 6. Sampai dengan sekitar tahun 1960-an. dialing circuit (DTMF tone or Rotary). Setelah menggunakan telepon. mikropon. Selain itu. Perangkat ini biasanya digunakan untuk berkomunikasi antar jarak yang berjauhan. Perhatikan kabel telepon. dan kabel penghubung gagang dengan badan utama. 1. mulai mengarah kepada teknologi digital. Gunakan alas yang terbuat dari bahan kain lembut. juga memberikan konstribusi yang tidak sedikit terhadap perkembangan teknologi. Alat telekomunikasi yang dapat mengirimkan suara melalui sinyal listrik. Letak gagang yang salah akan mempersulit orang lain menelepon ke rumah Anda. Telepon. 7. yang pada awal ditemukan pada tahun 1876. Gagang. Tele=jauh. 5. Sebuah perangkat yang terdiri dari enam bagian utama. hingga setelah itu. Jangan sampai melintas di rumah sebab akan membuat anggota keluarga tersandung. penerapan analog ini masih tetap bertahan. kabel akan cepat putus. letakkan gagang secara terlahan. bel. Jangan menggunakan telepon pada saat tangan basah. . Bersihkan tombol-tombol telepon dengan tisu setiap hari agar terhindar dari debu. 3. diniatkan sebagai media untuk mengirimkan suara. Jangan dibanting! 4. speaker (perangkat untuk mendengarkan). phone=suara. Letakkanlah telepon di tempat yang aman dari jangkauan anak-anak dan tidak mudah jatuh.

MAYJEN SUTOYO 69. Melati Setianingrum (25) SMK THERESIANA SEMARANG PROGRAM KEAHLIAN FARMASI INDUSTRI JL.MAKALAH KESENIAN TRADISIONAL (TARI SERIMPI) Disusun oleh : 1. SEMARANG . Mutiara Nur Alifah (21) 2. Paulina Padmi Anggraeni (23) 4. Rizky Nur Utami (24) 5. VF. Nidya Lestari (22) 3.

membuat jadwal.1 Pekerjaan Tulis-menulis. yaitu kegiatan memperbanyak dengan berbagai cara dan alat. setiap hari banyak menerima maupun mengirirm surat yang jumlahnya tentu tergantung besar kecilnya kantor. b. Pada dasarnya semua pekerjaan kantor (tata kerja.2. grafik.4. antara lain berupa pekerjaa tulismenulis. Menggandakan. baik kantor pemerintah maupun sawasta. menjadi siap dipergunakan bila mana diperlukan. memudahkan pengawasan dan menghemat biaya. f. sebagi bahan laporan factual (keadaan sebenarnya). actual (hangat) dan reliable (nyata).1. agar memberi kesan yang baik dan menumbuhkan keprcayaan dari pihak luar / masyarakat. besar maupun kecil. yaitu macam-macam kegiatan mengerjakan keterangan dengan maksud menyajikan dalam bentuk yang lebih berguna. Mengumpulkan / meghimpun . e. yaitu kegiatan membubuhkan dengan berbagai macam peralatan sesuai dengan perkembangan teknologi modern dan kebutuhan keterangan yang diperlukan.4. sehingga membantu mutu pekerjaan. Kantor yang besar dan luas jangkauannya memerlukan lebih banyak surat yang harus ditangani dari pada knator yang sempit ruang lingkup usahanya. Mengolah. dan sebagai haislnya dapat menambah relasi / hubungan lebih luas. tenaga.2. mengetik. Pengelompokan Pekerjaan Kantor Di atas. sebanyak jumlah yang diperlukan. dan waktu.2 Jenis-jenis Pekerjaan Kantor Arti pekerjaan kantor adalah mengatur dan mencatat kejadiankejadian yang dijalankan sehingga menjadi keterangan yang berguna. dinyatakn secara tertulis dan disusun sistematis sebagai produk kantor yang siap disajikan bila mana diperlukan. Setiap kantor. yaitu kegiatan menaruh atau melekatkan dengan berbagai cara dan alat tempat tertentu sehingga sistematis dan aman. Melaksanakannya dilakukan dengan menggunakan alat baik mesinmesin maupun maual. Apabila diteliti lebih lanjut tentang kegiatan yang dapat dilakukan. Namum semua itu harus mendapatkan perhatian yang besar. Dari uaraian . Mencatat. prosedur kerja dan sistem kerja). 2. menghitung. dan chard.1. sehingga wujudnya langsung siap pakai. c. Kantor yang berhasil menciptakan kesan yang baik merupakan promosi secara tidak langsung. yaitu kegiatan mencari dan mengusahakan tersedianya segala keterangan yang tadinya belum ada atau berserakan di mana-mana. d. merupakan tugastugas rutin dan bekesinambungan serta dilakukan dengan berbagai cara sesuai dengan kebutuhan. Salah satu produk kantor tersebut adalah warkat yang setiap catatan tertulis maupun bergambar. Menyimpan. maka pekerjaan kantor dapat dibagi dalam kelompok sebagai berikut : a.

Bagi kantor pemerintah. e) Praktis. Biaya yang bersumber itu dari uang masuk.1. Pekerjaan kantor tidak pernah berhenti sepanjang oerganisasi tersebut masih berdiri. uang dikeluarkan itu disebut pengeluaran dan uang masuk disebut pendapatan atau penerimaan. seperti pembayaran gaji. naskah-naskah perjanjian. 2. hasil sewa atau kontrak barang dan bunga bank. .4. pasti terlibat dengan keluar sebab setiap kegiatan pasti membutuhkan biaya. dan sebagainya. nota. c) Tersedianya arsip warkat yang teratur dan sah. dikirim dan disimpan. sedangkan pengeluaran rutin (Pemerintah amupun swasta) antara lain terdiri dari : 1) Balanja pegawai. seperti pembelian alat tulis kantor. tunjangan kesehatan. d) Keseragaman dalam menjalin.2. pendapatan rutin bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) sedang bagi kantor atau jasa. Bahan yang diketik antara lain adalah warkat seperti surat. ini berarti masih ada pekerjaan-perkerjaan rutin setiap hari yang berarti ada pengeluaran rutin dan untuk membiayainya harus ada penerimaan rutin.di atas dapat disimpulkan bahwa pekerjaan tulis-menulis adalah kegiatan mencatat (menulis) surat dengan berbagai peralatan (alat-alat tulis) tentang keterangan yang diperlukan sehingga berwujud tulisan yang dapat dibaca. kantor atau badan usaha lainnya.4. 2. peralatan dan mesin-mesin. memo.3 Pekerjaan Menghitung Pekerjaan menghitung pada umumnya lebih banyak berhubungan dengan masalah uang. lembur. jenis-jenis kertas dan ukuran kertas. Setiap pegawai tata usaha (terutama juru tik) diharapakan memiliki kemampuan dengan kecepatan minimal 250 hpm selain itu harus memiliki pengetahuan tentang jenis-jenis mesin tik.2.2 Mengetik Pekerjaan mngetik pada dasarnya merupakan pekrjaan juru tulis. Sebagaimana di ketahui bahwa setiap organisasi. catatan neraca pembukuan dan laporan-laporan. terutama kalau jumlahnya banyak. Tujuan Pekerjaan Mengetik Antara Lain: a) Menghemat tenaga dan waktu dalam memperbanyak warkat. Juru tik yang efektif ialah mereka yang berketerampilan mengetik di atas 250 hentakan per menit. bentuk-bentuk surat (dinas maupun niaga). Dalam istilah pembukuan. b) Mempercepat pekerjaan itulis menulis. tanda-tanda koreksi. teknik yang baik. 2) Belanja barang. Keterampilan mengetik bagi pegawai tata usaha merupakan syarat dasar untuk melaksanakan pekrjaan kantor.1.

berikut diberikan satu contoh seerhana tentang cara mengerjakan buku kas. Dalam ilmu tata buku dikenal suatu golongan buku. biaya rapat. buku bank.lajur tanggal .lajur tanggal . menyimpan uang dibank.lajur jumlah uang yang diterima Sisi Kredit dibagi atas : .3) Biaya transportasi. yaitu buku untuk mencatat macammacam transaksi setiap hari yang terjadi di kantor atau perusahaan. membayar ongkos angkutan. yang dinamakan tata buku. buku penjualan dan sebagainya. seperti pemeliharaan peralatan kantor. membeli barang.lajur uraian penerimaan . Transaksi ialah kejadian atau perbuatan usaha. menjual barang. 2) Jumlahkan dulu Debet Dan Kredit pada kertas tersendiri. 4) Biaya lain-lain. seperti menerima tagiahan. biaya penataran. yaitu kolom sebelah kiri diberi nama Debet yang memuat penerimaan-peneriamaan sedang kolom kanan diberi nama Kredit yang memuat pengeluaranpengeluaran. pengiriman surat atau barang dan sebagainya. buku pembelian. selisihnya ditempatkan pada kolom kredit lebih besar. kemudian hitung selisih jumlahnya. Buku kas dibagi dua kolom. 3) Jika jumlah saldo Debet lebih besar dari jumlah kredit. Buku-buku yang termasuk golongan buku harian adalah buku kas. seperti antar jemput pegawai. selisihnya ditempatkan pada kolom Debet. biaya tamu dan sebagainya. .lajur uraian pengeluaran . membayar gaji. membayar utang. Keterangan : Sisi Debet di bagi atas : . mengambil uang simpanan dibank. Bentuk masing-masing buku tersebut berfariasi. jadi bisa saja buku kas dikantor buku A tidak sam degan bentuk buku kas dikantor B. lembur dan sebagainya. Semua penerimaan dan pengeluaran tersebut harus dihitung dan dibukukan menurut cara tertentu.lajur jumlah Menutup dan membukua kembali buku kas : 1) Menutup buku kas dilakukan tiap akhir bulan. yang dinamakan buku harian.

Pekerjaan kantor mempunyai peranan melancarkan kehidupan dan perkembangan organisasi sebagai suatu keseluruhan. 5) Buku kas akan dibuka kembali pada tanggal 1 bula berikutnya. peranan asala kata ³peran´ artinya sesuatu yang menjadi bagian atau yang memegang pimpinan. yang dimulia dengan saldo awal.4 Pekerjaan membuat jadwal. Bantuan bagi pimpinan (staff function) Pekerjaan kantor terdiri dari kegiatan-kegiatan membantu pimpinan dalam merencanakan dan mengendalikan kegiatan organisasi. Berdasarkan uraian diatas. prektis dan efisien. Jadwal Jadwal merupakan perencanaan terhadap penyelesaian pekerjaan yang memerlukan proses tindak lanjut. pada umumnya tentu menginginkan agar pekerjaan dapat dilakukan dengan cepat.jadwal juga diartikan sebagai pembagian setangkain pekerjaan berdasarkan waktu. a. 2. bertambah besarnya organisasi dan bertambahnya jumlah pegawai serat adanya perkembangan atau kemajuan yang dicapai. 2. penulis membahas peranan pekerjaan kantor dalam dua fungsi yaitu: 1. Jadwal yang telah disusun yang biasanya ditulis pada papan atau kertas yang lebar dan khusus dan digantung disekitar ruang kantor yang strategis. yang memberikan pengetahuan secara keseluruhan tentang perkembangan oerganisasinya. Untuk maksud tersebut maka diperlukan adalah analisis. Seorang pimpinan memerlukan informasi yang bersifat umum. pusat kegiatan dan sumber dokumen. dan chart Dengan bertambah luasnya kegiatan yang harus dilakukan. grafik dan chart (tabel). Pelayanan bagi masyarakat (public service) .4. tepat.4. jadi mungkin saja format jadwal pada kantor A berbeda dengan format kantor B.2 Peranan pekerjaan kantor Dalam kamus bahasa Indonesia susunan WIS Porwardarminta. Hasil penjumlahan dan garis dua tersebut harus terletak pada satu garis lurus. grafik. Format jadwal dibuat sesuai dengan kebutuhan kantor yang bersangkutan. antaranya dengan membuat jadwal. Setiap pegawai. Saldo Debet ditulis pada kolom Debet dan saldo Kredit ditulis pada kolom Debet. 2. agar tepat pada sasaran. Dalam mengambil tindakan dan keputusan.2. agar semua pegawai kegiatan-kegiatan apa saja yang akan dilakukan disamping pekerjaan rutin. mudah.4) Lajur jumlah Debet dan Kredit diberi garis dua.1. karena fungsinya sebagai pusat ingatan. tentu mengakibatkan pula bertambah banyaknya pekerjaan operasional yang harus dilakukan. Penyederhanan kerja secara rasional degan berbagai car.

Menyediakan keterangan bagi pimpinan organisasi bagi pimpinan organisasi untuk menetapkan keputusan atau melakukan tindakan yang tepat.R. Brecht menyebutkan. Namun produksi atau penjualan tersebut dapat berhasil dan menguntungkan. Peranan pekerjaan terhadap tugas-tugas operatif umumnya bersifat pelayanan dalam penyajian segenap bahan keterangan atau warkat sebagai pusat ingatan atau sumber dukumentasi. pekerjaan kantor berperan sebagai satua organisasi pelayanan (service unit) yang bertujuan memberikan pelayanan kepada bagian dalam organisasi atau perusahaan. bahwa pekerjaan kantor adalah melayani pelaksana pekerjaan operasional (tugas-tugas pokok kantor) dalam pencapaian tujuan organisasi. kegiatan lain yang sama pentingnya adalah melayani segenap kegiatan operatif (tugas-tugas pokok kantor). agar dapat berjalan lebih berdaya guna. 2.3 Ciri-ciri pekerjaan kantor 1. apabila pekerjaan kantor berhail melayani kebutuhan produksi atas penjualan tersebut. Berdasrkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa peranan pekerjaan kantor adalah : a. Bahkan tujuan kantor tidak akan tercapai bila mana data dan keterangan yang disiapkan kantor tidak sesuai.Pekerjaan kantor. Meskipun pekerjaan . Melayani pelaksanaan pekerjaan opersional. Yang berfungsi memudahkan dan meringankan. maka pekerjaan itu akan dilakukan oleh semua orang yang ada dalam organisasi tersebut. G. pekerjaan kantor tidak langsung mendatangkan laba. b. Bersifat pelayanan Seperti dijelaskan diatas. guna membantu melaksanakan pekerjaan induk untuk mencapai tujuan organisasi. c. kurabg tepat atau keliru. 2. baik yang bersifat intern maupun ekstern (pelayanan public). Terry menyebutkan bahwa pekerjaan kantor sebagai pekerjaan pelayanan (service work). Dilakukan semua pihak Sebagai akibat perembetan pekerjaan kantor ke segenap bagian organisasi. Dalam perusahaan. sebagaimana dilakukan oleh pekerjaan operatif atau lapangan misalnya bagian produksi atau penjualan. Tugas-tugas poko kantor tidak akan terlaksana tanpa adanya data dan keterangan yang disiapkan oleh pekerjaan kantor. Pekerjaaan kantor berperan membantu pekerjaan-pekerjaan lain. Herry L. Wilie dan Robert P. disamping merupakan kegiatan yang berperan membantu pimpinan dalam mengambil keputusan. Membantu melancarkan kehidupan dan perkembangan orgasasi sebagai suatu keseluruhan. 3.4. Merembes segenap bagian organisasi Olehkaren pekerjaan kantor bersifat pelayanan terhadap semua perkerjaan operatif.

penggerakan dan pengawasan. such as telephone. 5. membagi. messengerservice) 8.macam pekerjaan seperti penelepon. Soedaryonopekrjaan kantor dapat diperinci dalam kegiatan sebagai berikut: 1. Tugas-tugas khusus dengan maksud untuk menyederhanakan system. pengorganisasian. mengolah. Menurut leffingwell dan EM Robinson . mencatat. Seorang pegawai rendah. menerima tamu. mengirim dan menyimpan. Menyimpan warkat 4. . yang dikutip Drs. memperlihatkan kepada kita bahwa pekerjaan kantor pada umumnya merupakan suatu fungsi yang memberikan bantuan (facilitating function) dan merupakan urat nadi bagi setiap organisasi modern. 6. Misalnya seorang direktur menelepon kantor lain untuk menghimpun data atau keterangan yang diperlukan atau sebaiknya menerima telepon dari kantor lain. mengolah.4 Perincian pekerjaan kantor Pekerjaan kantor yang meliputi aktifitas manajerial yang didalamnya terdapat 5 jenis kegiatan pokok (menghimpun. 2. menghapuskan pekerjaan yang tidak perlu.4.kantor dapat menjadi tugas sekelompok pegawai (misalnya bagian tata usaha). Pekerjaan kantor akan dilakukan oleh pejabat pimpinan tertinggi (dengan tidak mengubah kedudukannay) sampai pegawai terendah. Seorang mandor pabrik mencatat para pekerja atau karyawan yang tidak masuk atau yang lembur tanpa mengurangi tugas pokoknya sebagai mandor. selain bertugas membersihkan kantor sering pula mendapat pekerjaan mengantar surat dan mengisi buku ekspedisi. menggandakan dan menyimpan). Menerima pesanan-peanan mengantarkan dan mengirimkan dengan kapal 2. akan tetapi pekerjaan itu akan menjadi monopoli kelompok pegawai tersebut. Pekerjaan memperbanyak warkat dan membutuhkan alat (duplicating and addressing work ) 7.bagi. mengirimkan dan menyurat pos. Sedangkan secara khusus (tugas operatif seharihari atau unit) pekerjaan kantor meliputi tugas-tugas menghimpun. Secara umum pekerjaan kantor meliputi aktivitas manajerial mulia dari perencanaan. receiving visitors. menggandakan. pekerjaan pesuruh ( meycelianecus. mencatat. Macam. Menyampaikan utang dan mengumpulkan perhitungan yang belum selesai. Apabila masingmasing jenis kegiatan diperinci merupakan pekerjaan kantor. Mengurus. Apabila kita simak kembali peranan dari ciri-ciri pkerjaan kantor sebagaimana yang telah diuraikan diatas. Membuat rekening 3.

Menghitung ( calculating) = 19.5% 3. pekerjaan senyatanya.Memeriksa ± Melekatkan . Menggandakan ( duplicating) = 6. surat menyurat. Terry di atas.Menghitung ± Memilah-milah ( sortir ) .5% ________________________ Jumlah =100% Berdasarkan penelitian pekerjaan kantor menurut Leffing Well dan GR.Menstensil ± Menandai .Menelepon ± Membagi.3% 4.6% 2.5% 8. mendikte.bagi . Terry telah mengadakan penyelidikan pada perusahaan. penullis menambahkan pekerjaan kantor senyatanya dengan bahan baku dan pembekalan serta hasil yang diperoleh. membuat warkat. lain-lain = 12.2% 5. Menyimpan warkat ( filling ) = 10.masing kegiatan pekerjaan kantor.4% 7.perusahaan di Amerika Serikat untuk mengetahui banyaknya masing. Mengetik ( typing ) = 24.sbb : 1. mengetik 10.9. diantara lain meliputi : . Hasil penyelidikan menunjukan bahwa waktu kerja itu mempergunakan tujuh macam kegiatan pekerjaan kantor yang pokok dengan perbandinngan waktu dalam presentase sebagai berikut : 1.Mengetik ± Menyalin .Membubuhkan cap / stempel ± Menyampul . menelpon ( telephoning ) = 8.8% 6. mencatat data yang diinginkan GR. Mengirim surat ( mailing ) = 5. Memeriksa ( checking ) =12.

Kesekretarisan Jilid 1 untuk SMK. Sheddy N.Angka ± Tanda hitunng. dan . 2008. h.Garis ± Tulisan Sumber : Tjandra. 25 ± 32.Abjad / huruf ± Tanda baca . Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.2. dkk. Bahan baku Bahan baku yang yang lajim digunakan delam pekerjaan kantor adalah : . .