PERISTIWA-PERISTIWA PENTING MENJELANG DAN SETELAH PERANG DINGIN PERISTIWA-PERISTIWA DINGIN A.

1937: Perang Sino-Jepang Konflik perang mulai di Asia beberapa tahun sesudah pertikaian di Eropa. Jepang telah menginvasi Cina pada tahun 1931, jauh sebelum Perang Dunia II dimulai di Eropa. Pada 1 Maret, Jepang menunjuk Henry Pu Yi menjadi kaisar di Manchukuo, negara boneka bentukan Jepang di Manchuria. Pada 1937, perang telah dimulai ketika Jepang mengambil alih Manchuria. Roosevelt menandatangani sebuah perintah eksekutif yang tidak diterbitkan (rahasia) pada Mei 1940 mengijinkan personel militer AS untuk mundur dari tugas, sehingga mereka dapat berpartisipasi dalam operasi terselubung di Cina sebagai "American Volunteer Group" (AVG), juga dikenal sebagai Harimau Terbang Chennault. Selama periode tujuh bulan, kelompok Harimau Terbang berhasil menghancurkan sekitar 600 pesawat Jepang, menenggelamkan sejumlah kapal Jepang, dan menghentikan invasi Jepang terhadap Burma. Dengan adanya tindakan Amerika Serikat dan negara lainnya yang memotong ekspor ke Jepang, maka Jepang merencanakan serangan terhadap Pearl Harbor pada 7 Desember 1941 tanpa peringatan deklarasi perang; sehingga mengakibatkan kerusakan parah pada Armada Pasifik Amerika. Hari berikutnya, pasukan Jepang tiba di Hong Kong, yang kemudian menyebabkan menyerahnya pasukan Inggris pada Hari Natal di bulan itu. B. 1940: Jajahan Perancis Vichy Pada 1940, Jepang menduduki Indocina Perancis (kini Vietnam) sesuai persetujuan dengan Pemerintahan Vichy meskipun secara lokal terdapat kekuatan Pembebasan Perancis (Forces Françaises Libres/FFL), dan bergabung dengan kekuatan Poros Jerman dan Italia. Aksi ini menguatkan konflik Jepang dengan Amerika Serikat dan Britania Raya yang bereaksi dengan boikot minyak. PENTING MENJELANG PERANG

D. Setelah serangan ini. Bersamaan dengan serangan terhadap Pearl Harbor. AS dengan segera mengumumkan perang terhadap Jepang. Borneo dan Birma. yang dianggap oleh Churchill sebagai salah satu kekalahan dalam sejarah yang paling memalukan bagi Britania. Malaya.C. dengan maksud selanjutnya menguasai ladang minyak Hindia Belanda. Jepang juga menyerang pangkalan udara AS di Filipina. invasi Jepang di Asia Tenggara Pada 7 Desember 1941. 1941: Pearl Harbor. pangkalan angkatan laut AS terbesar di Pasifik. Sejak peristiwa ini. A. Pasukan Jepang menghadapi perlawanan kecil dan menghancurkan pelabuhan tersebut. pesawat Jepang dikomandoi oleh Laksamana Madya Chuichi Nagumo melaksanakan serangan udara kejutan terhadap Pearl Harbor. Palembang. 1942: Invasi Hindia-Belanda Penyerbuan ke Hindia Belanda diawali dengan serangan Jepang ke Labuan. dan juga koloni-koloni Inggris di Hong Kong. Australia) yang berkedudukan di Bandung. Brunei. Seluruh wilayah ini dan daerah yang lebih luas lagi. Tarakan dan Balikpapan yang merupakan daerahdaerah sumber minyak. Jepang mengadakan serangan laut besar-besaran ke Pulau Jawa pada bulan Februari-Maret 1942 dimana terjadi Pertempuran Laut Jawa antara armada laut Jepang melawan armada gabungan . Sekutu akhirnya memindahkan basis pertahanannya ke Australia meskipun demikian Sekutu masih mempertahankan beberapa kekuatannya di Hindia Belanda agar tidak membuat Hindia Belanda merasa ditinggalkan dalam pertempuran ini. Jepang menginvasi Filipina. jatuh ke tangan Jepang dalam waktu beberapa bulan saja. Markas Britania Raya di Singapura juga dikuasai. turut serta dalam perang. Serangan-serangan itu mengakibatkan kehancuran pada armada laut ABDA khususnya Australia dan Belanda.S. Semenanjung Malaya. Singapura. Jepang sengaja mengambil taktik tersebut sebagai taktik gurita yang bertujuan mengisolasi kekuatan Hindia Belanda dan Sekutunya yang tergabung dalam front ABDA (America (Amerika Serikat). British (Inggris). Dutch (Belanda).

Pada Awalnya Belanda bermaksud menyerahkan kota Bandung namun tidak mengadakan kapitulasi atau penyerahan kekuasaan Hindia Belanda kepada Pihak Jepang. Namun setelah Jepang mengancam akan mengebom kota Bandung akhirnya Jendral Ter Poorten setuju untuk menyerah tanpa syarat kepada Jepang. kota Bandung yang menjadi pusat pertahanan Sekutu-Hindia Belanda terancam. Armada Gabungan sekutu kalah dan Karel Doorman gugur. Pada saat Filipina sedang direbut kembali pada akhir tahun 1944.yang dipimpin oleh Laksamana Karel Doorman. Pada saat itu posisi Panglima tertinggi angkatan perang Hindia Belanda tidak lagi berada pada Gubernur Jendral namun diserahkan kepada Ter Poorten sehingga dilain waktu Belanda menganggap bahwa kedudukan di Hindia Belanda masih tetap sah dilanjutkan. Tjarda van Starkenborgh Stachouwer. New Guinea dan Hindia Belanda. Seluruh Kepulauan Solomon direbut kembali pada tahun 1943. kemudian terus menembus Subang dan berhasil menembus garis pertahanan Lembang-Ciater.W. Pertempuran Teluk Leyte berkecamuk. Terancamnya kota Bandung yang menjadi pusat pertahanan dan pengungsian membuat panglima Hindia Belanda Letnan Jendral Ter Poorten mengambil inisiatif mengadakan perdamaian. Kemudian diadakannya perundingan antara Tentara Jepang yang dipimpin oleh Jendral Hitoshi Imamura dengan pihak Belanda yang diwakili Letnan Jendral Ter Poorten dan Gubernur Jendral jhr A. 1943–45: Serangan Sekutu di Asia dan Pasifik Pasukan Australia and AS melancarkan kampanye yang panjang untuk merebut kembali bagian yang diduduki oleh Pasukan Jepang di Kepulauan Solomon. E. New Britain dan New Ireland pada tahun 1944. tentara Jepang berhasil menyerang Surabaya sehingga kekuatan Belanda ditarik sampai garis pertahanan Porong. dan mengalami beberapa perlawanan paling sengit selama perang. Jepang menyerbu Batavia (Jakarta) yang akhirnya dinyatakan sebagai kota terbuka.L. yang disebut sebagai perang laut terbesar sepanjang . Sementara di front Jawa Timur.

induk dari tentara Jepang di kawasan perang ini berperang sampai terhenti di perbatasan Burma-India oleh Tentara ke-14 Inggris yang dikenal sebagai "Forgotten Army". yang ditujukan untuk mengucilkan sisa-sisa pasukan Jepang di Asia Tenggara. Konflik kedua kekuatan ini telah lama terjadi jauh sebelum Perang Dunia II dimulai. walaupun lebih tidak kelihatan. memutuskan Jalan Burma yang digunakan oleh Sekutu untuk memasok Tentara Nasionalis Cina.sejarah. Tentara Nasionalis Cina (Kuomintang) dibawah pimpinan Chiang Kai-shek dan Tentara Komunis Cina dibawah Mao Zedong. yang menyebabkan industri di Jepang kekurangan bahan baku. Hal ini menyebabkan Sekutu harus menyusun suatu logistik udara berkelanjutan yang besar. Setelah merebut kembali seluruh Burma. serangan direncanakan ke semenanjung Malaya ketika perang berakhir. membersihkan Burma utara dari pasukan Jepang sehingga Jalan Ledo dapat dibangun untuk menggantikan Jalan Burma. Pasukan Jepang telah merebut sebagian dari Burma. Lebih ke selatan. tetapi tidak pernah benar-benar bersekutu untuk melawan Jepang. Divisi-divisi Cina yang dipimpin dan dilatih oleh AS. keduanya sama-sama menentang pendudukan Jepang terhadap Cina. Serangan besar terakhir di area Pasifik barat daya adalah kampanye Borneo pertengahan tahun 1945. yang terus berlanjut. yang lebih dikenal sebagai "flying the Hump". yang dipimpin oleh Mayor Jendral Wingate yang kemudian melancarkan serangan balik dan berhasil dengan taktik gerilyanya yang terkenal dan bahkan dijadikan acuan bagi Tentara dan Pejuang Indonesia pada tahun 1945-1949. Kapal selam dan pesawat-pesawat Sekutu juga menyerang kapal dagang Jepang. dan menyelamatkan tawanan perang Sekutu. satu divisi Inggris. Bahan baku industri sendiri merupakan salah satu alasan Jepang memulai perang di Asia. Keadaan ini semakin efektif setelah Marinir AS merebut pulau-pulau yang lebih dekat ke kepulauan Jepang. dan beberapa ribu tentara AS. Afrika dan Timur Tengah . sampai batasan tertentu selama perang. G.

di mana mereka kemudian bekerja sama dengan Hitler untuk menyingkirkan orang Inggris dan orang Yahudi. 1941: Suriah. sementara Rashid Ali dan Mufti Besar Yerusalem melarikan diri ke Iran. Tujuan utama operasi ini adalah merebut kontrol terhadap Maroko dan Aljazair melalui pendaratan . Inggris mendatangkan bala bantuan dari India dan menduduki Irak. Pasukan Australia dan Inggris di kota tersebut berhasil bertahan hingga serangan Axis berhasil merebut kota tersebut dan memaksa Divisi Ke-8 (Eighth Army) mundur ke garis di El Alamein. 1942: Operasi Obor (Operation Torch). merebut kota pelabuhan Tobruk. Pemberontakan didukung oleh Mufti Besar Yerusalem. Pemerintahan proInggris kembali berkuasa. Di Irak. Tetapi pasukan Jerman yang belakangan dikenal sebagai Korps Afrika di bawah pimpinan Erwin Rommel mendarat di Libya. Namun kemudian Inggris dan Uni Soviet menduduki Iran serta menggulingkan shah Iran yang proJerman. terjadi penggulingan kekuasaan atas pemerintah yang proInggris oleh kelompok Rashid Ali yang pro-Nazi. Oleh karena merasa garis belakangnya terancam. melanjutkan serangan terhadap Mesir. Tentara Inggris. merebut Damaskus pada 17 Juni. dan Australia sebagian melancarkan besar serangan balik dengan sandi Operasi Kompas (Operation Compass). Afrika Utara Perancis Untuk melengkapi kemenangan ini. Kedua tokoh Arab yang pro-Nazi di atas kemudian melarikan diri ke Eropa melalui Turki. India. ketika sejumlah kecil pasukan Inggris di Mesir memukul balik serangan pasukan Italia dari Libya yang bertujuan untuk merebut Mesir terutama Terusan Suez yang vital.1940: Mesir dan Somaliland Pertempuran di Afrika Utara bermula pada 1940. pada 8 November 1942 dilancarkanlah Operasi Obor (Operation Torch) dibawah pimpinan Jendral Dwight Eisenhower. Lebanon. yang terhenti pada 1941 ketika pasukan Persemakmuran (Commonwealth) dipindahkan ke Yunani untuk mempertahankannya dari serangan Jerman. Haji Amin al-Husseini. Korps Afrika merebut Tobruk Pada Juni 1941 Angkatan Darat Australia dan pasukan Sekutu menginvasi Suriah dan Lebanon. Korps Afrika dibawah Rommel melangkah maju dengan cepat ke arah timur.

Oran. dengan memanfaatkan sungai dan musim panas di yang menyebabkan perbatasan rawa-rawa wilayah Polandia kering yang memudahkan gerak laju pasukan lapis baja Jerman serta mengerahkan ratusan pembom tukik yang terkenal Ju87 Stuka. Invasi Finlandia Perang Dunia II mulai berkecamuk di Eropa dengan dimulainya serangan ke Polandia pada 1 September 1939 yang dilakukan oleh Hitler dengan gerak cepat yang dikenal dengan taktik Blitzkrieg. Setelah mengalami kehancuran disana sini oleh pasukan Nazi. Ribentrop-Molotov. sebelum akhirnya bersedia bernegosiasi dan mengakhiri perlawanan mereka. gerbang menuju Tunisia. Pasukan lokal di bawah Perancis Vichy sempat melakukan perlawanan terbatas. Perancis dan kerajaan Inggris menyatakan perang terhadap Jerman pada 3 September sebagai komitment mereka terhadap Polandia pada pakta pertahanan Maret 1939. kekurang siapan pasukan garis belakang Polandia dan koordinasinya dan lemahnya sukar Angkatan Udara menyebabkan Polandia memberi perlawanan meskipun masih memiliki 100 pesawat tempur namun jumlah itu tidak berarti melawan Angkatan Udara Jerman "Luftwaffe". Kekurangan pasukan lapis baja. sementara sisa sisa pemimpin Polandia melarikan diri diantaranya ke Rumania. Eropa dan Rusia (Uni Soviet) 1939: Invasi Polandia. . tiba tiba Polandia dikejutkan oleh serangan Uni Soviet pada 17 September dari timur yang akhirnya bertemu dengan Pasukan Jerman dan mengadakan garis demarkasi sesuai persetujuan antara Menteri Luar Negeri keduanya. Polandia yang sebelumnya pernah menahan Uni Soviet di tahun 1920-an saat itu tidak memiliki kekuatan militer yang berarti. Tentara Polandia terakhir dikalahkan pada 6 Oktober. H.simultan di Casablanca. Sementara yang lain ditahan baik oleh Uni Soviet maupun Nazi. yang dilanjutkan beberapa hari kemudian dengan pendaratan di Bône. Akhirnya Polandia menyerah kepada Nazi Jerman setelah kota Warsawa dihancurkan. dan Aljazair.

dan Luxemburg untuk menghindari Garis Maginot dan berhasil memecah pasukan Sekutu dengan melaju sampai ke Selat Inggris. Invasi ke Polandia ini juga mengawali praktek-praktek kejam Pasukan SS dibawah Heinrich Himmler terhadap orang orang Yahudi. Yunani. menyebabkan Perancis mendeklarasikan gencatan senjata pada 22 Juni dan terbentuklah pemerintahan boneka Vichy. dan Narvik untuk membantu Norwegia. yang kemudian melanjutkan tahap berikutnya dengan menyerang Expeditionary Perancis. semua tentara Sekutu dievakuasi dan Norwegia-pun menyerah. . Republik-republik Baltik. Namun juga menyebabkan jatuhnya kabinet Neville Chamberlain di Inggris yang digantikan oleh Winston Churchill. Pada tahap awal invasi. invasi Benelux dan Perancis. Tentara Jerman tidak terbendung. Hitler juga memanfaatkan pejuang-pejuang Finlandia untuk melakukan serangan ke kota St. mengakhiri apa yang disebut dengan "Perang Pura-Pura" (Phony War) dan memulai Pertempuran Perancis. Belanda. Ketika Hitler menyatakan perang terhadap Uni Soviet. Ketika Hitler menyerang Rusia (Uni Soviet). Pada awal Juni. Negara-negara Benelux dengan cepat jatuh ke tangan Jerman. Operasi Fall Gelb. dan Polandia mendarat di Namsos. 1940: Invasi Eropa Barat. yang terlihat untuk mencegah serangan Sekutu melalui wilayah tersebut. Perancis.Jatuhnya Polandia dan terlambatnya pasukan sekutu yang saat itu dimotori oleh Inggris dan Perancis yang saat itu dibawah komando Jenderal Gamelin dari Perancis membuat Sekutu akhirnya menyatakan perang terhadap Jerman. Uni Soviet akhirnya membebaskan tawanan perang Polandia dan mempersenjatainya untuk melawan Jerman. Force) Pasukan yang Ekspedisi di Inggris utara (British kemudian terperangkap dievakuasi melalui Dunkirk dengan Operasi Dinamo. Pasukan Inggris. melaju melewati Garis Maginot sampai ke arah pantai Atlantik. tentara Jerman menyerang Belgia. Balkan Dengan tiba-tiba Jerman menyerang Denmark dan Norwegia pada 9 April 1940 melalui Operasi Weserübung. dilakukan oleh Jerman pada 10 Mei 1940. Andalsnes. Petersburg.

Hitler kemudian mengirim tentara untuk membantu Mussolini berperang melawan Yunani. Perancis. yang merupakan konflik laten di daerah itu sepeninggal Kerajaan Ottoman. Namun Pasukan Nazi mendapat perlawanan hebat dari kaum Nasionalis yang didominasi oleh Serbia dan beberapa etnis lainnya yang dipimpin oleh Josip Broz Tito. Italia menyerbu Yunani pada 28 Oktober 1940 melalui Albania. tetapi Uni Soviet merayakan hari kemenangan pada tanggal 9 Mei dengan tujuan politik. Denmark dan Belanda menyerah tanggal 4. Pada tanggal 2 Mei. dan setelah mati memerintah pengawalnya untuk membakar mayatnya. Sisa pasukan Jerman dibawah pimpinan Alfred Jodl menyerah tanggal 7 mei di Rheims. Pasukan Jerman di wilayah Jerman Utara. Adolf Hitler bunuh diri bersama dengan istrinya Eva Braun didalam bunkernya. Italia. . Karl Dönitz diangkat menjadi pemimpin menggantikan Adolf Hitler dan menyatakan Berlin menyerah pada tanggal itu juga. penduduk di negara-negara sekutu merayakan hari kemenangan. sehari sebelumnya Adolf Hitler menikahi Eva Braun. Lituania. ibukota Jerman yaitu Berlin sudah dikepung oleh Uni Soviet dan pada tanggal 1 Mei 1945. tetapi dapat ditahan oleh pasukan Yunani yang bahkan menyerang balik ke Albania.Pada Juni 1940. dan Estonia serta menganeksasi Bessarabia dan Bukovina Utara dari Rumania. Pertempuran dengan kaum Nazi merupakan salah satu bibit pertempuran antar etnis di wilayah bekas Yugoslavia pada dekade 1990-an. dan Jepang yang secara formal membentuk persekutuan dengan nama (Kekuatan Poros). Disusul Pasukan Jerman di Italia yang menyerah pada tanggal 2 juga. Pertempuran juga meluas hingga wilayah yang dikenal sebagai wilayah bekas Yugoslavia. Pada 27 September 1940. Uni Soviet memasuki Latvia. Tanggal 8 Mei. 1945: Runtuhnya Kerajaan Nazi Jerman Pada akhir bulan april 1945. Setelah menyalami setiap anggotanya yang masih setia. ditanda tanganilah pakta tripartit oleh Jerman. Pasukan NAZI mendapat dukungan dari sebagian Kroasia dan Bosnia.

Matyas Rakosi. yang bermaksud mereformasi partai komunis Hongaria dan programpenyerahan beberapa posisi penting (misal: Kementerian Dalam Negeri) dalam susunan kabinet ke kalangan . Koalisi Independent Small Holders dan Peasants Party berhasil mengalahkan perolehan suara partai komunis Hongaria. di tempat inilah patung Joseph Stalin setinggi 10 meter didirikan dengan megahnya. Di tahun 1951. polisi rahasia Hongaria. Di sisi lain ada Imre Nagy. Ia didukung birokrat partai dan AVH. Dua kubu dalam tubuh partai komunis terbentuk. kesejahteraan rakyat tidak diperhatikan. Pendudukan Uni Soviet di sana berhasil memaksakan komunis. Perdana Menteri (PM) Hongaria. Perang dunia 2 telah berakhir. mencakup nasionalisasi perusahaan asing. Salami tactic dan penangkapan anti-komunis pun dilakukan. Stabilitas regional mulai memanas pada tahun 1951. Saya berdiri memandang monumen berbentuk pilar-pilar tinggi dari kayu. Sebuah konstitusi yang sangat menggelikan ditulis pada tahun 1949. penghapusan pluralisme partai politik. Revolusi Hongaria 1956 Keinginan untuk menikmati udara hangat dan angin yang berhembus perlahan menghantarkan saya ke sebuah taman di tengah kota Budapest. rakyat Hongaria pada tanggal 23 Oktober 1956 mengamuk dan melakukan demonstrasi anti-Soviet besar-besaran. pun bersikap acuh menyikap masalah ketidaksejahteraan rakyat. Moscow pun tidak memberikan tunjangan finansial kepada mereka. hingga intervensi besar-besaran pemerintah dalam aktivitas ekonomi. pemimpin partai komunis Hongaria sekaligus pengikut setia Stalin. Berbagai cara digunakan partai komunis demi memperlemah koalisi. Patung Stalin pun dirubuhkan. sebuah pemilu demokratis diadakan di Hongaria pada tahun 1945. Mereka menang kali ini. blok Timur mempersiapkan diri untuk berperang. Mereka sukses memaksakan pemilu ulangan pada tahun 1947 dan Kementerian Dalam Negeri memberikan ratusan ribu tiket khusus bagi anggota partai komunis agar bisa memberikan suaranya lebih dari sekali.PERISTIWA-PERISTIWA PENTING SETELAH PERANG DINGIN A. Di tempat ini juga.

programnya dengan memperkenalkan sektor swasta. dan mengembalikan kekuasaan ke negara (bukan lagi ke partai). Memasuki tahun 1956. dengan dukungan kaum pekerja dan para pemuda. G-30S/PKI. Peristiwa G 30 S / PKI Gerakan 30 September atau yang sering disingkat G 30 S PKI. Sebuah pidato rahasia Nikita Khruschev. partai kalang kabut. AVH dan tentara Soviet yang memang ditempatkan di Budapest maju mengangkat senjata menghadapi para demonstran. sebagian anggota partai sudah membelot menjadi pendukung Nagy. Ia didukung oleh kalangan intelektual. Pada tanggal 30 Oktober. revolusi telah mencapai tujuannya. Nagy membentuk pemerintahan multipartai sesuai hasil pemilu 1945. Untuk sementara. pengganti Stalin di Uni Soviet. Kadar akhirnya menghentikan serangan AVH. Janos Kadar. Nagy bahkan membubarkan partai komunis Hongaria. Nagy diangkat lagi. Rakosi yang juga bergaya diktator dicopot. mereka bahkan sekalian menuntut kebebasan berpolitik dan berekonomi. Gestok . menutup camp konsentrasi. Pada tanggal 28 Oktober. Erno Gero digantikan oleh anak muda didikan Moscow. Gestapu (Gerakan September Tiga Puluh). Saat itu. Angin seakan bertiup ke kamu reformis. kebebasan pers. dan membubarkannya. menambah semangat reformasi masyarakat Hongaria. Blok Timur terguncang dan mencoba menyesuaikan diri. Imre Nagy dicabut dari jabatannya dan digantikan oleh Erno Gero. pemilu yang bersih. Kebablasan. Persahabatan erat kedua negara yang sudah berlangsung lebih dari seratus tahun memicu demonstrasi pada 23 Oktober 1956 yang didalangi oleh kalangan intelektual. Soviet malah memanggil pulang tentaranya dari Budapest. menyatakan keluar dari Pakta Warsawa dan menyatakan kemerdekaan pada 1 November. menciptakan sistem peradilan yang sehat. Ia mengkritik sistem diktator ala Stalin. kondisi juga memanas di Polandia. Mereka mengambil alih radio dan mengumumkan semua ini. reformasi ekonomi. dan Imre Nagy sebagai PM.

sekali lagi dengan dukungan penuh dari PKI. PKI juga mengontrol pergerakan serikat buruh yang mempunyai 3. Ia memperkuat tangan angkatan bersenjata dengan mengangkat para jendral militer ke posisi-posisi yang penting. Agama dan Komunis yang dinamakan NASAKOM. Pada era "Demokrasi Terpimpin". ditambah 3 juta dari pergerakan pemudanya. foreign reserves menurun. PKI mempunyai lebih dari 20 juta anggota dan pendukung. Kudeta yang bertujuan untuk menggulingkan Republik Islam Iran yang baru saja berdiri itu.5 juta. Sukarno menjalankan sistem "Demokrasi Terpimpin". kolaborasi antara kepemimpinan PKI dan kaum burjuis nasional dalam menekan pergerakan-pergerakan independen kaum buruh dan petani. Anggotanya berjumlah sekitar 3. PKI menyambut "Demokrasi Terpimpin" Sukarno dengan hangat dan anggapan bahwa dia mempunyai mandat untuk persekutuan Konsepsi yaitu antara Nasionalis. yang bekerja sama dengan AS. dan rezim Ba’ats Irak. Termasuk pergerakan wanita (Gerwani). Pendapatan ekspor menurun. Kudeta AS di Iran Terbongkar 12 JULI 1980–Rencana kudeta di Iran yang didalangi AS terbongkar dan berhasil digagalkan oleh tentara Republik Islam Iran. PKI merupakan partai komunis yang terbesar di seluruh dunia.(Gerakan Satu Oktober) adalah sebuah peristiwa yang terjadi pada tanggal 30 September 1965 di mana enam pejabat tinggi militer Indonesia beserta beberapa orang lainnya dibunuh dalam suatu usaha pemberontakan yang disebut sebagai usaha Kudeta yang dituduhkan kepada anggota Partai Komunis Indonesia. organisasi penulis dan artis dan pergerakan sarjananya.5 juta anggota dan pergerakan petani Barisan Tani Indonesia yang mempunyai 9 juta anggota. di luar Tiongkok dan Uni Soviet. gagal memecahkan masalah-masalah politis dan ekonomi yang mendesak. inflasi terus menaik dan korupsi birokrat dan militer menjadi wabah. Kudeta ini direncanakan oleh pihak-pihak dalam negeri yang terkait dengan mantan rezim Syah. . rezim Zionis. Pada bulan Juli 1959 parlemen dibubarkan dan Sukarno menetapkan konstitusi di bawah dekrit presiden .

Lebanon. Invasi Finlandia 1940: Invasi Eropa Barat.S.terjadi dua bulan setelah kegagalan AS dalam serangan militernya ke Tabash. Namun kudeta ini berhasil terbongkar sebelum sempat dilaksanakan. Korps Afrika merebut Tobruk 1942: Operasi Obor (Operation Torch). turut serta dalam perang. dengan berpangkalan di pangkalan angkatan udara Iran “Nuzhe” di dekat kota Hamedan. mereka akan melancarkan serangan milter ke berbagai gedung penting di Teheran. A. antara lain gedung Radio dan Televisi Iran dan rumah Imam Khomeini. antara lain: 1937: Perang Sino-Jepang 1940: Jajahan Perancis Vichy 1941: Pearl Harbor. Para pelaku kudeta ini berencana. Republik-republik Baltik. Kesimpulan Peristiwa-peristiwa penting sebelum perang dingin. Afrika Utara Perancis Eropa dan Rusia (Uni Soviet) 1939: Invasi Polandia. Yunani. invasi Jepang di Asia Tenggara 1942: Invasi Hindia-Belanda 1943–45: Serangan Sekutu di Asia dan Pasifik Afrika dan Timur Tengah 1940: Mesir dan Somaliland 1941: Suriah. antara lain: Revolusi Hongaria 1956 Peristiwa G 30 S / PKI 1965 Kudeta AS di Iran Terbongkar 1980 . di wilayah timur Iran. Balkan 1945: Runtuhnya Kerajaan Nazi Jerman Peristiwa-peristiwa penting setelah perang dingin.