Solusi pada windows untuk mengetik Hangeul

I. Masalah yang pertama muncul saat mempelajari bahasa korea secara online yaitu pada komputer kita, apakah komputer kita sudah bisa membaca huruf hangeul (한글) ? Artinya kalau program bahasa pada windows kita berbasis inggris, biasanya kurang cerdas baca hangeul. Yang muncul gambar kotak-kotak saja, terutama untuk membaca tulisan yang kecil-kecil, maka solusinya kita

harus menginstal software pendukungnya dan kita bisa downloadnya di : http://www.download.com/Office-XP-Tool-Korean-Language-Pack/30002064_4-10059779.html. bahas tips selanjutnya. II. Rasanya belajar bahasa korea tidak cukup kalau kita hanya bisa membaca saja bukan..? kalau begitu kita juga harus bisa menulisnya. Tapi masalahnya sebagian komputer dari Solusinya kita ada yang belum mau untuk menulis hangeul (한글). Tentunya gratis lho…. Ok kalau udah beres, kita

mungkin kita ikuti sebagai berikut :

Bila kita menginginkan set up untuk menulis hangul dan kita telah mendukungnya ( ada install windowsnya, 1.

keybord computer

hangulnya ), namun belum di set up waktu

maka langkah yang bisa kita ikuti yaitu : “ Date,

bukalah menu “ start “ dan pilihlah “ control panel “ kemudian klik options”. Time, Language and regional options

2.

Kemudian pilihlah

“ add other languages “.

Kemudian kita bisa melihat kotak dialog pada kotak “Regional and "Install files for East Language Options”. kita centang kotak Asian Languages” lalu kita klik “ Details “ Kita bisa melihat kotak dialog seperti gambar dibawah ini : .2.

. Klik berikut : "Add.. pilihlah "Keyboard layout/IME" dan System (IME 2002)" dan akhiri dengan klik “ OK “. plihlah "Korean" di "Input language" seperti gambar dibawah ini : Pilihlah pada kotak dialog "Add Input Language" pilihan bahasa korea (Korean ) ." seperti gambar Sekarang kita bisa melihat kotak dialog "Add Input Language". pilih "Korean Input .Di kotak dialog "Text Services and Input Languages" kita bisa memasukkan Korean IME dan Korean keyboard.

Kemudian kita akan masuk pada “ Installed Services “ ketahui bahwa pada dialog ini kita akan memilih English dan perlu kita ( US ) dan "Korean Input System (IME 2002)"bukan hanya “ Korean “. Sebagaimana yang bisa kita lihat pada tampilan sebagai berikut : .

Lho mungkin belum Kita kadang diperintahkan untuk memasukkan CD install Windows XP kita pada CD drive.? “ OK “. Kita klik Beress……….Akhirnya ….. …. .

jangan hanya minta tolong. kita lihat tips ke III. mungkin jauh. Ok…. disebelah tombol spasi . maka kita bisa latihan memakai keyboard online untuk latihan mengetik hangul. ya bawa aja ke tukang computer. Tips ini juga untuk yang pada tips kedua masih ada kendala. Terlalu saying uangnya… ? 나) Pinjem CD windows agak asli. Untuk memulai menulis korea. berat bawanya. Masalah yang sering muncul yaitu ketika kita diminta memasukkan pada CD drive. dan kemudian kita akan melihat ikon IME pada taskbar kita. kalau tidak ada boleh dech yang instalkan. Bila anda tidak memiliki keyboard hangul karena mungkin berdomisili di Indonesia. padahal kita tidak punya CD install windows. . solusinya kita pakai yang sederhana saja III. kita klik saja ikon itu maka akan nampak : Untuk menulis hangul. bayar untuk temen yang asli. kita bisa melihat dengan kebutuhan tulisan kita.. repot lagi dan….Ya gampang saja khan tinggal memasukkan dan windows akan mengkopi filenya setelah itu computer kita akan rebooting. kemudian di keyboard. kita klik opsi Korean . 라) Kalau masih ada alasan lagi. 다) Klo tidak ada yang punya. kita bisa merubah sesuai 가) Beli CD install windows yang asli ( kurang lebih harganya $ 325 ). Solusinya …? Ikuti tips berikut : ada tombol 한/영 .

myhp. Ini hanya sebuah upaya untuk berbagi pengalaman dalam belajar bahasa korea mudah-mudahan bermanfaat.gate2home.ch/hangul/ atau kita bisa di : http://www.com/?language=ko Sebenarnya mungkin masih banyak solusi untuk belajar bahasa korea khususnya mengetik/ menulis Hangeul . . untuk selanjutnya insyaallah akan kita bahas pada artikel selanjutnya.Caranya adalah kita akses di : http://www.