P. 1
Pending in An Bunga Sayur Dan Buah

Pending in An Bunga Sayur Dan Buah

|Views: 162|Likes:
Published by ayyin

More info:

Published by: ayyin on Oct 27, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as RTF, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/14/2015

pdf

text

original

Proses Pendinginan buah-buahanan, sayuran dan bunga

Gambar 1 bisa digunakan pada produk-produk yang lain seperti persik ( peaches).Ketika rasio temperature berpengaruh pada waktu pendinginan dan ukuran produk telah diketahui . Gambar 2 diilustrasikan dengan hubungan perbandingan dengan perbedaan dari temperature dan rasio temperature. Waktu pendinginan untuk diameter persik 62mm,diameter apple dan jeruk 70mm dan jagung manis 50mm, ketika proses pendinginan dibawah kondisiideal berarti hambatan untuk heat transfer bisa ditiadakan.

Rata-rata Pendinginan
Dan untuk rata-rata pendinginan biasanya digunakan dengan istilah cooling coefisient ( C ) dan half cooling time ( Z ).temperatur rasio adalah perubahan temperature yang tidak tercapai dengan hubungan waktu dan perubahan total waktu yang digunakan pada proses pendinginan itu bisa dihitung dengan persamaan:

Kebalikan dari rasio temperature dengan denotasi waktu yaitu 100 yang disesuaikan dengan perubahan temperature pada persen.Nilai coefisien pendinginan dengan nilai yang sama. Coefisien pendinginan di denotasikan dengan perubahan produk dalam temperature atau unit perubahan waktu setiap derajat perbedaan temperature antara produk dengan lingkungan yang paling penting trnsformasi logarithmic dengan rasio tmperatur yang dihasilkan hamper akurat lurus dengan data point yang dipasang jika heat transfer terjadi ( Gradien temperature bisa ditiadakan dalam produk selama pendinginan ). Dan garis asymtot menahan temperature ratio untuk waktu nol koefisien pendinginan boleh dihitung dengan rumus C = Ln Y / Ѳ Ketika hasilnya pembekuan kondisi sesuai dengan hukum Newton yang jarang dipergunakan sebab kondisi gradient temperatur sering dikembangkan ke dalam produk. Tergantung dengan properties dan rata-rata dari permukaan heat transfer. Zero asymtot menahan temperetur rasio dengan nilai yang sama kurang lebih sama dengan unit,dalam masalah ini coepisien pendinginan konstan dihitung dengan persamaan:

Diman subscript 1 dan 2 di denotasikan titik sepanjang garis asymptote pada kurva pendinginan.

Dan berat rata-rata temperature yang diambildan perbedaan kedalaman pada penyimpanan membutuhkan waktu pendinginan 20 menit untuk melon dengan ukuran 36 hanya . Dengan perhitungan bisa dicari dengan rumus : Z = ln (0.temperature permukaan zat menjadi sumber yang sama seperti pada air. Prosedur ini bisa dipakai pada produk yang berbentuk bulat menggunakn perbedaan solusi dan pada persamaan yang berbeda. Hydrocooling Dari factor kesederhanaan.khususnya dalam system pendinginan udara.5)/C Dimana C adalah nilai negative Solusi yang digunakan dengan produk dalam unit dan spesipikasi lingkungan jugs di isolasi dari pengaruh material. Metode pendinginan Prinsip pendinginan hydrocooling dan air cooling. Cara ini bisa digunakan dengan dihitung temperature pada jenis produk dan kedalaman penyimpanan p-ada beban wadah dengan waktu yang sama selama jarak pendinginan yang diharuskan dalam cara ini produk dimasukan juga bentuknya.produk yang sama bisa didinginkan oleh metode yang sama tanpa mendapatkan pengaruh rugi dari yang lain.Dimana pengaruh material dengan proses pendinginan.Rata – rata internal cooling dibatasi dengan ukuran dan bentuk ( volume pada permukaan area ) dan properties temperature yang ditunjukan dengan perbedaan zat pada half time untuk ukuran 36 dan 46 semangka. Itu dijelaskan heat transfer antara kedalaman buah-buahab tiap jenis dan pebedaan level pada beban wadah yang besar. Kemudian setiap unit diberikan pengaruh astimasi / perkiraan untuk beban dengan jumlah yang besar.Temperatur properties pada produk.dan alat-alat dengn berhubungn pada komponen-komponenpendinginan pada saat proses packing dan konsumen. ekonomis dan keefektifan hydrocooling sering digunakan pada metode ini.Waktu pertengahan pendinginan adalah waktu yang harus mengurangi perbedaan temperature antara produk dan lingkungan sekitar.evaporative cooling.package icing dan vacuum cooling. Baird dan Gaffney (1976) mengembangkan dengan menggunakan teknik untuk menghitung pendinginan rata-rata pada jumlah besar untuk buah-buahan dan sayur-sayuran. Beberapa pendinginan dilakukan dengan pengepakan di central pendinginan. Untuk produk ini metode pendinginan sering di pertimbangkan pada fakto ekonomi. Yang jarang dipermasalahkan sering produk didinginkan dengan jumlah besar dalam wadah beberapa lapis. Ketika film air pendingin dengan kecepatan aliran an sebagian dari permukaan memanas dari pengaruh zat.dengan koefisien konveksi dan aliran rata-rata medium yang diinginkan.

Nozle penyembur yang lain atau flood pan boleh digunakan dengan aliran 25l/s pada water chilled pada setiap cerobong.lobak. Type hydrocooler mengharuskan ruangan yang kecil dari pada type-type yang lain.6-1.Produk immersion hydrocooler digunakan pada pendinginan persik (peaches). Jenis – jenis hydrocoolers Hydrocooled terdiri dari jenis flooding.chilled .7 l/s.wadah pendingin dibolehkan menggunakan wadah flexible dari pada flooded cooler.dalam masalah yang sama.setiap hydrocolled bisa menyembur rata-rata 14-17l/s per m2pada lantai.drenching dan immersingpada produk yang di gunakan pada water chiller. Banyak sayuran yang sukses menggunakan system hydrocooling ini seperti jagung manis.10c rata-rata air yang dihasilkan pada air yang mengalir pada lubang conveyor.Pans flood suhunya 0. Penyusiaian terdiri dari produk yang dibawa pada pipa dalam wadah ke tempat penyimpanan.10 menit . A Bulk cooler menggunakan kombinasi immersion dan flooded half itu mengalir langsung pada pipa pendingin dibandingkan dengan alat pembantu yang perlahan – lahan mengangkat buah-buahan keluar dari air kemudian dipindahkan langsung dengan menyirami dari atas . Sistem beban yang lain dengan cerobong pendinginan. disesuaikan pada hydrocooler pada kondisi air atau bagian pendingin prioritas ke refrigerated hydrocooler untuk mengurangi pendinginan dan biaya energy. Air diletakan antara cerobong yang isinya 30-40 crates (Grizzell dan Bennett 1966). Salah satu nozzle penyembur kira-kira 5. Khususnya dimana hasil temperature yang tinggi itu dengan harga pembesaran.salah satu system waterchilled disemburkan pada wadah sayuran dalam ruang refrigerasi air diletakan pada lantai yang kering menuju air dan dihitung berapa produk yang masuk. Water shower hydrocooler dengan alat pembawa barang digunakan pada sayuransayuransebelum proses packing. Beberapa sayuran di pindahkan ke truck dalam beban unit adalah A0 wadah.tapi jenis ini tidak flexible disbanding yang lain.Air didinginkan dengan proses refrigerant plate atau pipa coilyang diletakan berdekatan dengan panskemudian diletakan di atas dekat conveyor.celedry.dan wortel.A flooded hydrocooler mendinginkan wadah produk dengan flooded sebagai pembawa kealiran pendinginan melewati pipa.dengan saringan yang kembali pompa dan pipa ke chiller.Hydrocooling tidak biasa digunakan untuk buah jeruk disebabkan system ini rentan pada kerusakan pada kulit bahkan pembusukan yang menyebabkan menurunkan kualitas jeruk tersebut. Persik dengan bijinya yang disimpan dalam kalemg dan kue tar chery juga semangka didinginkan dengan beberapa buah appledan jeruk.

perlindungan hydrocooler dari sumber-sumber ini.Coil pendingin diisi dalam tank yang alirannya telah dihitung temperature refrigerannya. dengan gain panjas bisa dipertimbangkan efficiensinya. Beban radiasi matahari dari permukaanya yang panas. juga crate bisa diletakan disamping setelah pendinginan sampai proses ini selesai. kebusukan dalam organism disimfectant chlorine kan mengurangi perkembangbiakan bakteri dan fungus spora.sama menggunakan pendingin pembantu.5k.yang boleh dioperasikan dibawah temperature.Nilai rata-rata perbedaan pada heat transfer dengan batas lapisan 0. Nilai h dengan jenis-jenis substantially.itu mengalir kepermukaan dengan perbedaan temperature pada lapisan pembatas kurang dari 0. Buah-buahan dan sayuran .hambatan dari heat transfer pada permukaan dinggap tidak ada.pada sisi coil pendingin kira-kira -20C.konversi dari lingkungan dan konveksi dari lingkungan sekitar bisa berpengruh pada beban pendingin.tapi skan membunuh infeksi setelah produk ini steril (bersih) air permukaanproduk.masalah ini paling principle dalam maintenance. dalam idealnya hydrocooling dengan rata-rata maximum film coefficient pada heat transfer dengan kekasaran 680 w/m2k.dalam masalah ini panas dipindahkan secara cepat. Ketika hydrocooler dihitung.tergantung banyaknya kondisi bagaimanapun sebab dari batas temperature water dan produk temperature properties dan kesamaan antara produk buah-buahan dan sayuran cepat didinginkan oleh air.Dengan cara seperti itu buah-buahan terjaga dari kandungn kimia. biasanya dalam masalah mekanik dalam unit refrigrasi. Design dan operasi hydrocoller Rata –rata heat transfer q langsung dibagi kedalam permukaan heat transfer coefficient h.Sistem flooded ammonia sering digunakan untuk pendinginan air untuk hydrocooler pada panjang wadah.4 = 270 w/m2 produk area.idel (maximum) pengaruh temperature pada kurva untuk hydrocooling memilih buah-buahan dan vegetable produk ditunjukan dalam gambar 2 berdasarkan kedua masa rata-rata temperature.Yang biasaterdapat dalam hydrocooler.khususnya peralatan alat-alat refrigersi sebab cairan yang menjadi es di9tambah hydrocooler menunjukan panas dan sampah .refrigeration cafacity yang berlebih dan pendinginan dengan temperaturdi bawah dari yang diperlukan juga mengurangi efisiensi.Kecuali dalam system dengan ice building coil.Bacteri brown dan rhizopus spores pada permukaan dibawah kulit persik bisa di musnahkan dengan cara direndam buah-buahan pada air pada temperature 520c selama 2-3menit (smith dan redit 1968).dan perbedaan temperature antara permukaan pada pemukaan sekelilingnya ΔT.water bisa disemburkan pada produk tapi tergantung pada keadaan dan temperature product yang ada.dalam hal ini rata-rata heat transfer per menit area h = 680 x 0.rata –rata berat produk temperature yang diharuskan sebelum digunakan.4k.total permukaan area A. Jika kecepatan fluida dengan gravitasi aliran dan kelebihan konveksi .Dijelaskan pada refrigeration syarat-syarat dan ketentuanya.Dalam packing dengan central plans.

Bagaimana kofisien ini. disebabkan pada saat proses pendinginan wadahnya di bawah dari kondisi kecepatan ucara dan temperature aliran.disebabkan luas permukaan akan telindung dari permukaan pendingin.70c perbedaan temperature rata-rata dan permukaan lapisan oleh karena itu 81.Bersih akan berpengaruh pada nilai effisiensi yang maksimum.seperti ditunjukan pada apple yang dipindahkan pada lorong pendingin dengan sabuk wadah dengan kecepatan pendinginan udara bertemoeratur -6.Itu harus diperhatikan bagaimanapun temperatur udara itu sulit dikendalikan tanpa control yang baik dibawah temperature 10c.8 w/m2 Untuk kondisi ini. Berdasarakan salah satu contoh isolasi dari buah-buahan.20c kira-kira temperaturenya 1. Q/A =37.7m/s ( bennet et al .untuk contoh pendinginan persik secara cepat dari pada kentang.k).Udara dengan jumlah yang maksimum yang nilai effisiensi pada perpindahan panas pada permukaan dapat dipertimbang kan.juga rata-rata evaporasi produk berpengaruh pada rata-rata pendinginan. Permukaan coefficient heat transfer untuk rata-rata diatas dari 62 w/(m2.1 sampai 1. Dalam evaluasi coefisien film dari heat trnfer untuk bentuk yang normal Smith(1970).5 h.k) untuk apple pada pendinginan ini kecepatan aliran yang dicapai 8m/s.dalam pengecilan pendinginan terhadap air.Dengan berat 450kg dan diameter 72mm temperature yang tercapai 80cdalam 1 jam kecepatan yang tercapai 1.Koefisien permukaan nya 50 sampai 68 w/(m2. Penyebab dari karakteristik physical adalah geometrikdengan jenis buah-buahan dan sayuran berpengaruh dari perbedaan dan keadaan yang sama kecepatan aliran dan temperature udara.k)sumber dari soul et al (1966) untuk wadah jeruk dan Orlando tangelos dengan kecepatan kudara nya antara 1.8 m/s .itu bisa dihilang kan sampai 10c waktu selama pendinginan air akan mengurang.Untuk kondisi ini air cooling dihitung dengan rata koefisien dari heat transfer 41 w/m2k catatan dari kerugian udara pada temperature rendah.4k dan rata-rata heat transfer/m2 pada permukaan.8 w (m2. perbandingan penjdinginan uap dengan hasil yang hydrocooling yang ideal.Buah-buahan yang rendah disimpan diwadah dengan persamaan aliran rata-rata nilainya akan kurang. Forced air cooling Secara teori pendinginan udara dengan perbandingan hdrocooling bisa dihasilkan dari bkeadaan produk dan temperature udara dalam pendinginan.1966).70c.screen yang digunakn sehari-hari.Rata –rata aliran ini adalah dengan temperature permukaan pada apple selama 0.dengan panjang temperature selama pendinginan . Koefisien permukaan heat transfer adalah sensitive sekali dalam keadaan fisik yang meliputi antara objek dan temperature sekitar.daihasilkan dari tiap percobaan adalah 37.4 = 3.8 x 8.70c dan kecepatan aliran 3m/sdari pad dengan iis yang disemburkan mencapai temperature 1.dalam temperature air -6.

996.Baird dan Gaffney (1976) heat transfer yang digunakan 8. Perry et al ( 1968) dihasilkan bahwa pada saat proses pendingina pertengahan pada kentang membutuhkan waktu 0.5jam dengan kecepatan aliran udara 1.K) untuk kecepatan 0.32 jam dibandingkan baik yaitu o. Ishibashi et al (1969) dirancang dari forced – air cooler pada buah-buahan dan perkembangan pada nya temperature turun (10.1 m/s. .6m/s.dengan system ini pendinginan pada jeruk yang diameternya 65mm mencapai temperature 25 sampai 50c dalam 1 jam.3 m/s dibandingkan dengan persik membutuhkan waktu 0.1 m/s di hubungkan dengan Nu = 1.4jam.055 dan 2.025 sampai 2.30 jam mirip dengan pendinginan pada apple kecepetan yang tercapai 2m/s ( Bennet at al 1969). Pada pertengahan pada pendinginan yaitu 0.5 dan 51 w/ (m2.6.0 dan 100C) sehingga buah-buahan di bawa langsung ke lorong pendinginan.70C dengan waktu 970s. Hubungan data dari experiment pendinginan dari jeruk yang berdiameter 70mm disimpan dalam wadah dihitung dengan model matematicaly. masing –masing di bandingkan dengan heat transfer pada A Nussalt-Reynolds yang mewakili data dari 6 akli experiment pada anggur yang berdiameter 107mm kecepatan aliran udara yang tercapai 0.529 dan coefisient 0. Rata kecepatan udara yang tercapai 3.17 Re0.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->