XC Tahun ajaran 2010/2011

Nama Kelompok y Ramadha Putra P y Riondi Bhaskara y Rizky Dyah P y Rosa Chandra W y Satria Yudha G y Setiawan Bagus I y Supatmi (17) (18) (19) (20) (21) (22) (23) .

Prinsip-Prinsip Dasar Geografi ‡ Prinsip Persebaran ‡ Prinsip Intelerasi {Timbal balik} ‡ Prinsip Kronolgi ‡ Prinsip Penggambaran .

Prinsip Persebaran y Geografi menganut prinsip ini karena adanya persebaran fenomena geografi yang tidak merata di muka bumi ini.kita juga dapat meramalkan kemungkinan apa yang akan terjadi kemudian.1. y Dengan mengkaji dan menggambarkan persebaran berbagai fenomena geosfer.kita dapat mengungkapkan hubungan satu dengan fenomena yang lain. y Selanjutnya. .

Contoh: y Banjir .

Pendangkalan dan penyempitan sungai .Gundulnya daerah hulu 6.Penataan kota yang salah 5.Hilangnya daerah resapan air yang menyebabkan turunnya atau amblasnya tanah 4.Penebangan hutan secara liar 3.Pembuangan sampah pada saluran air 2.Pembahasan Banjir ‡ Penyebab Banjir: 1.Pembangunan pemukiman di bantaran sungai 7.

Dampak Banjir y Menggangu perekonomian masyarakat y Hilangnya harta benda y Menimbulkan banyak wabah penyakit y Mencemari lingkungan y Kelangkaan air bersih .

Penanggulangan Banjir y Penghijauan (Reboisasi) y Penataan kota kembali y Tebang pilih y Penyuluhan terhadap masyarakat y Pengerukan lumpur didasar sungai y Merejemakan kembali tanaman yang sudah tua y Membuat Biopori y Membuat taman kota y Menanam tanaman di halaman rumah .

sosial dengan fisik dan fisik dengan fisik .Prinsip Interelasi y Prinsip Interelasi merupakan hubungan yang saling terkait antara gejala yang 1 dengan gejala yang lain atau faktor 1 dengan faktor yang lain pada suatu ruang tertentu terdapat suatu hubungan y Dapat hubungan antara faktor sosial dengan sosial.

Jika terjadi kelaparan di berbagai daerah sebagai dampak adanya gagal panen .Tingginya angka pengangguran meningkatkan angka kriminalitas 2.Contoh:  Hubungan antara faktor sosial dengan sosial 1.Ledakan penduduk di kota menyebabkan terbentuknya perumahan kumuh  Hubungan sosial dengan fisik 1.

2.tanah longsor dan sebagainya.Penebangan di daerah hulu menyebabkan banjir .Hujan yang terjadi secara terus menerus dapat menyebabkan banjir.2.Timbulnya terjadi berbagai penyakit akibat banjir  Hubungan antara faktor fisik dengan fisik 1.

katakata.Prinsip Deskripsi y Prinsip Deskripsi merupakan suatu penjelasan atau gejala-gejala yang dipelajari atau di selidiki.Deskripsi harus mampu memberikan penjelasan terhadap apa yang sedang di pelajari y Dalam pelaksanaanya prinsip-prinsip diatas dapat dipisahkan satu sama lain.Pengkajian suatu fenomena geosfer tidak mungkin mengabaikan salah satu atau beberapa prinsip .gambar dan peta.tabel.diagram.Deskripsi dapat diberikan melalui tulisan grafik.

y Pada prinsip ini khusus digunakan untuk menjelaskan sebab-sebab dari interelasi antara faktor yang satu dengan faktor yang lain.Dalam perencanaan geografi prinsip ini tidak boleh ditinggalkan .

Prinsip korologi mempelajari gejala.interelasinya dan integrasinya dalam ruang tertentu.sebab ruang akan memberikan karakteristik pada kesatuan gejala tersebut.yang dimaksud ruang disini adalah permukaan bumi baik keseluruhan maupun sebagian. .fakta atau masalah geografi di suatu tempat di lihat dari persebaranya.Prinsip Korologi y Korologi merupakan ilmu tentang wilayah-wilayah di permukaan bumi.

y Secara teoritis ke empat prinsip geografi ini dapat di pisahkan antara yang satu dengan yang lain.interelasi dan deskripsi .Prinsip korologi merupakan ciri dari geografi moderen karena memadukan prinsip persebaran.tetapi dilapangan atau prakteknya keempat prinsip ini digunakan secara bersama-sama atau terpisah-pisah secara beraturan.

Prinsip ciri kewilayahan y Dalam prinsip mengkaji persamaan dan perbedaan ciri-ciri suatu wilayah dengan wilayah dengan lainya melalui fenomena yang ada wilayah tersebut. .

Contoh y Mata pecarian pokok penduduk umumnya di sekitar y y y y pertanian dan nelayan Adanya persawahan.tegalan atau pegunungan yang subur Terdapat jaringan irigasi Bernuansa daerah atau perdesaan Adanya cuaca yang bagus .