Manufacturing Case Studies Manufaktur Studi Kasus

1. Kleinhardt, on behalf of the Investment Promotion Authority of Papua New Guinea, undertook the Integrated Investment Profiling Program (IIPP) to develop pre-feasibility studies, business and market plans for proposed enterprises including: Kleinhardt, atas nama Promosi Investasi Authority of Papua Nugini, melakukan Investasi Terpadu Profil Program (IIPP) untuk mengembangkan studi pra-kelayakan, rencana bisnis dan pasar bagi perusahaan yang diusulkan termasuk: o Forestry, timber processing and export Kehutanan, pengolahan kayu dan ekspor o Aquaculture Aquaculture o Rubber plantations and processing operations Perkebunan dan pengolahan karet operasi o Fishing and seafood processing Perikanan dan pengolahan makanan laut o Mining support facilities and services, Pertambangan fasilitas dan layanan dukungan, o Tourism Pariwisata o Hotels & hospitality Hotel & perhotelan o Coffee production and processing Produksi dan pengolahan kopi o Real estate development Pembangunan perumahan o Artifacts and cottage industries. Artefak dan industri rumah. This attracted investment and employment opportunities and Kleinhardt negotiated successful outcomes with several investors. Ini menarik investasi dan kesempatan kerja dan hasil sukses Kleinhardt bernegosiasi dengan beberapa investor.

CONTOH PROPOSAL KREDIT / PEMBIAYAAN
May 26th, 2009 | Rencana Bisnis |
Salam Sejahtera Bapak/Ibu/Saudar-Ku pelaku UMKM dimanapun berada Untuk memenuhi permintaan, berikut, penulis sampaikan contoh proposal pengajuan kredit/pinjaman secara sederhana, silahkan dipelajari dan di contoh, disesuaikan menurut usaha masing-masing. Sukses UMKM PROPOSAL BISNIS KERIPIK PISANG

. . 3. . . . . . . . . . . . Alamat Perusahaan : . . . . . . . . . . .. . MBA. .. . . . . Bidang Usaha : . . .Nama Pengusaha . . . . . . . . . .. . . . .. . . . . . . . . . . Data Perusahaan 1. .. . Nama Perusahaah : . . . . Jenis Produk : . MM KONSULTAN Sektor Riil & UMKM sinees Development Service Provider Sektor Rill & UMKM 2009 =============================================== PROPOSAL BISNIS KERIPIK PISANG A.. . . . . . . 2. .. . . . . .. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 4. . . . Deddy Edward.. . . .. . . . . Disusun oleh : Ir. . . . . . . . . . . .. . .. . . .. . . . . . . . ... . . . . . . . . .

. . 5. . . . merupakan salah satu daerah yang banyak ditanam oleh masyarakat adalah pohon pisang. . deddyedward@gmail. . 4. . . . Mayoritas buah pisang dijual dalam bentuk masih buah pisang asli belum diproses lebih lanjut. . . .5. . MBA. . . . . . Nomor Telephon : 0815. MM 2. . . . . . . . . . . . . . . Tempat Tanggal lahir : Bukittingi. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . Jabatan : . . . . . . Data Konsultan 1. . . . . . .com 7. . . Alamat Rumah : . 2. . . . . . Struktur Organisasi : contoh C. . . . . . . Tempat tanggal lahir : . . . . . . . sehingga sering terjadi para konsumen kesulitan mendapatkan KERIPIK pisang seperti yang diharapkan. . Nomor Telephon : . . . . . . . . . . . . .3808 6. . . Di samping alasan di atas saat ini para konsumen dari luar kota dalam membeli KERIPIK pisang belum dapat dipenuhi oleh industri yang saat ini ada. . Alasan Pemilihan bisnis KERIPIK PISANG Saat ini …………. . . . . .9136. . . . . Jabatan : Konsultan Sektor & UMKM 3. . . . Alamat E-mail . . . . . . B. . . Pengamalan Kerja : Konsultan Sektor Riil & UMKM A. . . . 3. . . . . Nomor Telepon : . . . Data Pemilik 1. . . . . . . . . . . . Nama Pemilik : . .0035 & 021. . . . di samping itu sering terjadi kerusakan buah pisang karena tidak langsung laku terjual atau menunggu kenaikan harga. . . . . . . . Deddy Edward. . . . . . . . . . . . . . . .1036. . . . . . . . . . Alamat : Depok. . . . Lampung 5. . . Hal itu menjadikan nilai tambah dari budi daya pisang belum optimal. . . . . . 3 Juli 1959 4. Nama Konsultan : Ir. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 6. . . . Pendidikan Terakhir : Magister Manajemen (S2) 8. . . . . . . . . Jawa Barat – Bandar Lampung. .

F. ii. Strata social yang berada di lingkungan usaha adalah mayoritas bermata pencaharian sebagai nelayan. Aspek Mikro i. Jenis produk yang dihasilkan dari usaha yang dilakukan adalah KERIPIK PISANG dari bahan baku pisang raja. Bandung dan kota besar lain di Indonesia. Untuk konsumsi local dan konsumen langsung dapat dicukupi industri rumah tanggal Sedangkan pelanggan pedagang seperti toko makanan atau swalayan dicukupi perusahaan KERIPIK pisang yang ada saat ini. Analisis Aspek Lingkungan Sebagian besar masyarakat di lingkungan rencana bisnis beragama islam taat. a. perusahaan yang dianggap cukup besar dan banyak industri rumah tangga pembuat KERIPIK pisang. Analisis Aspek Pemasaran a. Jakarta. Tingkat toleransi dengan agama lain dapat berjalan dengan baik. Sebagian kecil pegawai pengusaha dan bekerja di sector industri wilayah ………….. Untuk tingkat keamaan dalam arti pencurian. . Sementara aspirasi lainnya cukup merata pada beberapa partai politis lima besar lainnya. Pesaing produksi KERIPIK pisang saat ini berkisar ada …….Dari hal di atas dapat disimpulkan bahwa bisnis pembuatan KERIPIK pisang masih sangat memungkinkan tanpa merusak keseimbangan pasar yang sudah ada. Dalam kecondongan organisasi keagamaan mayoritas berafiliasi pada organisasi Nahdhatul Ulama. A. Aspirasi partai politik pada pemilu tahun lalu mayoritas adalah Partai Persatuan Pembangunan sebagai yang dominan. Pelanggan terbesar adalah dari daerah sekitar seperti Lampung. petani dan buruh. Aspek Makro Bahan baku utama dari KERIPIK Pisang adalah pisang yang didapatkan di daerah sekitar ……… . Perliku beli masyarakat …………… termasuk konsumtif yang ditandai dengan ramainya pertokoan di awal bulan dan menjadi sepi pada tanggal tua. Penetapan harga dari produk tersebut adalah berdasarkan pada biaya produksi di tambah mark-up sekitar 20%. perampokan maupun karena adanya bahaya lingkungan relatip baik.

keju) selanjutnya digoreng atau di oven. maka selalu mengamati perkembangan teknologi dan riset produk atau uji coba produk. Sedangkan kualitas hasil produksi ukuran kualitas dilihat dari keseragaman ukuran . Pada tingkat kekeringan yang disyaratkan selanjutnya di bungkus. kekeringan hasil penjemuran atau hasil oven. Proses Produksi sederhana meliputi pisang dikelupas selanjutnya diiris diberi campuran aroma dan rasa (asin. Disain produk Untuk meningkatkan kualitas output. . pengawasan proses dan pengawasan produk jadi. manis. Promosi yang dilakukan untuk mengenalkan produk tersebut adalah dengan promosi penjualan dengan mengenalkan produk pada toko penjual makanan di daerah sekitar Lampung. b. Untuk bahan baku pisang yang dibuat dengan ukuran kualitas harus sudah matang tetapi belum busuk. Bandung. Analisis Aspek Operasional a. a. Jakarta. iv. Pendistibusian barang di samping diambil para pedagang perusahaan akan mengirimkan langsung pada pasar sasaran dengan cara mengantar ke toko-toko makanan dan swalayan pada pasar sasaran.iii. Untuk pengawasan kualitas proses dilakukan dengan melihat ketebalan irisan. Pertimbangan utama penentuan lokasi usaha adalah ketersediaan bahan baku untuk proses produksi Luas usaha yang akan dikembangkan adalah kapasitas 2 (dua ) kwintal keripik pisang jadi per hari. A. Pola usaha yang dikembangkan adalah pola produksi kontinyu sehingga setiap waktu selalu menghasilkan keripik pisang tanpa terpengaruh waktu dan musim. kerapian pembungkusan dan waktu kadaluarsa. Pengawasan kualitas dilakukan untuk bahan baku. Semarang dan kota besar lainnya. coklat.

I.A. Di samping itu ada 35 orang pekerja borongan untuk mengelupas pisang mencetak dan mengemas. Analisis Aspek Sumber Daya Manusia Jumlah tenaga kerja yang dibuuhkan untuk perusahaan ini terdiri dari 3 orang pegawai kantor untuk administrasi dan marketing. Agar karyawan betah bekerja diberi asuransi kesehatan biaya rawat jalan jika berobat dan bantuan 50 % biaya rawat inap jika opname di kelas III. 5 orang bertugas memasak dan menggoreng. 3 orang petugas lapangan. Untuk meningkatkan keterampilan karyawan perlu ditambah bekal keterampilan dengan mengikutkan ke pelatihan-pelatihan. Analisis Aspek Keuangan LABA RUGI USAHA 4 TAHUN TERAKHIR (dalam juta rupiah) NERACA PER TANGGAL 31 DESEMBER 2008 . Sejak masuk karyawan sudah menandatangani kontrak perjanjian yang berisi hak dan kewajiban termasuk sanksi pelanggaran .

Tabel Rencana Anggaran Pendapatan dan Biaya / RAPB Tahun 2009 – 2013 (dalam juta rupiah) .

Manajemen tradisional 2. Sumberdaya manusia yang masih rendah pendidikan 4. Bahan baku Keripik Pisang mudah rusak Peluang : 1. Peluang dan Ancaman (analisa SWOT) Kekuatan : a. Kelemahan. Analisis Kekuatan. Pangsa pasar yang masih luas . c. d.A. Harga Terjangkau Kualitas terjamin Cita rasa bervariasi Kemasan berbagai ukuran Kelemahan : 1. Sarana dan prasarana sederhana 3. b.

Penutup Demikian rencana bisnis yang disusun dalam rangka untuk memenuhi pihak-pihak yang memerlukan dan bagi pemilik sebagai acuan pengembangan bisnis. Saya mempunyai keinginan kuat untuk berbisnis. Pak Valentino Terhormat. Deddy Edward. MM Bagi Bapak Ibu Saudara-Ku yang ingin memperoleh file sofecopy silahkan email kepada pengasuh blog ini.. Bahan baku yang mudah di dapat 3. Munculnya variasi makanan jajanan 2. Terimakasih Usaha Jual-Beli Ikan Laut Senin.000. 20 Mei 2009 Konsultan Sektor Riil & UMKM Ir. 75.000.2. Rencana Kebutuhan Pinjaman Modal (Kredit / Pembiayaan) Untuk melakukan ekspandi dan akselerasi perusahaan akan meningkatkan kapasitas 50 % dari usaha sekarang.Dana pinjaman tersebut akan diangsur selama tiga tahun per bulan.000. Saat ini perusahaan telah memiliki dana sebesar Rp 125. Walaupun saya tidak mempunyai pengalaman dalam usaha jual-beli ikan laut segar. Dengan peningkatan kapasitas tersebut diperlukan dana sebesar Rp 200. MBA. A. Bandar Lampung. 01/06/2009 14:06 WIB | email | print | share Assalammualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.Jumlah kebutuhan dana tambahan sebesar Rp.000. Pesaing besar relatip terbatas Ancaman : 1.-. saya saat ini berprofesi sebagai seorang karyawan swasta di Jakarta. Adapun agunan untuk pinjaman tersebut adalah tanah dan bangunan yang ada di atas tempat usaha.000. tapi saya mempunyai . Munculnya pesaing baru A.000.

kemudian ikan tersebut dibawa ke rumahnya. Lampung TImur. beliau setiap hari mengambil ikan di Labuan. mengingat perjalanan yang cukup jauh. . Ikhtiar kami adalah. PELUANG BISNIS IKAN AIR TAWAR DAN IKAN LAUT Pernahkah terbesit di benak Anda. Wassalammualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Teman saya yang berprofesi jual-beli ikan laut ini. memberikan proposal ke teman2. untuk bertemu dengan Bos Nelayan.teman yang berkemampuan komunikasi bagus (untuk marketing). Dengan hasil survey di Muara Baru. Insya Allah. Lampung Timur. bagaimana menurut Pak Valentino? Mohon sarannya. Jakarta. Terimakasih. jual-beli ikan laut segar ini cukup menjanjikan. Dan masalahnya juga adalah. Saya juga telah survey ke Labuan. Lampung. kini sebagian waduk dimanfaatkan sebagai tempat memancing rizki masyarakat setempat. diperlukannya modal yang cukup besar. jika Anda mampu mendapatkan penghasilan tambahan dari menjual ikan air tawar untuk dikonsumsi para tetangga-tetangga ataupun saudarasaudara Anda? Jika Anda berminat maka Anda perlu mengetahui bagaimana cara membeli ikan yang murah dan dimana membeli kedua ikan tersebut? Kawasan waduk Cirata kabupaten Cianjur-lah tempatnya yang telah tersohor sebagai sentral petani Keramba Jaring Apung (KJA) dan tempat pembudidayaan ikan air tawar. Beliau mempunyai link yang baik dengan para Bos Nelayan. dan siap untuk bermitra. dan bahkan menjadi orang kepercayaan Bos Nelayan tersebut. Ratusan keramba jaring apung terhampar luas di kawasan waduk Cirata. prospek ini cukup baik jika masuk ke pasar Jakarta. Dari Info Pak Karno. saya dikenalkan oleh "pemain" disana yang siap menampung ikan yang akan kita bawa. Dari pengalaman dan survey diatas. resiko yang cukup besar. Saya berfikir. Dari survey dan analisa cash flow. walau saya mencoba meminimallisir dengan memperkerjakan orang yang tahu medan di sana dan di jakarta. Waduk yang mulanya hanya sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air. Tapi permasalahan yang saya hadapi adalah. Selain petaninya Anda dapat juga menemukan penyalurnya yang memasok ikan nila. Saya mempunyai teman yang saudaranya (Pak Karno) bekerja di sana yang berprofesi sbg administrasi di Muara Baru. Tak hanya warga setempat saja pemilik KJA tersebut tapi ada sebagian pemiliknya adalah warga Jakarta. dan teman yang seharihari berprofesi jual-beli ikan laut segar di Labuan. mudah2an ada yang mau jadi investor. sekitar 20 Juta. dan para pengecer berdatangan untuk mengambil ikan dari Beliau.

5. Bekasi. Muara Angke tak pernah sepi dari pelanggan. hasil tangkapannya dijual baik ke pembeli putus. 2. Di Cirata Anda bisa membeli ikan dari petani. Bicara masalah kualitas. 500 – Rp. Jika Anda ingin membeli ikan dengan harga paling murah bisa membeli langsung ke petani KJA. Jika ingin membeli ikan dari nelayan maka harus datang waktu shubuh. Anda perlu mengantri karena jalannya berdesak-desakkan dan becek. Banyak pengusaha restoran berdatangan kesana. ikan masih segar dan hidup karena fresh hasil tangkapan nelayan setempat. Disamping harganya murah juga masih bisa ditawar lagi harganya. Sistem Pembayaran. Muara Angke sebagai tempat pelelangan ikan (TPI) termurah. karena gudang harus memasok ke beberapa agen di pasar induk beberapa kota. Bagi Anda yang menginginkan kepraktisan. bawal. Sistem Pembelian.000 / orang sekali jalan ke KJA. Garut. bahwa bulan Januari – Februari adalah bulan banjir ikan di Cirata sehingga harganya menjadi lebih murah daripada hari biasa. Tapi kebanyakan nelayan menjual kepada taoke yang biasa menampung hasil tangkapan mereka. Walau demikian disana masih banyak tengkulak yang siap membantu jika Anda ingin membeli ikan langsung secara mudah baik membeli putus atau berkelanjutan dan mereka juga melayani jika pembelian hanya 2-3 kwintal saja dan pengiriman akan diantar ke tempat Anda jika pembelian diatas 1 ton. hanya saja harganya agak sedikit lebih mahal.5 ton ikan. Tapi jika Anda telah menjadi langganan tetap petani.mas. Pada petani KJA Anda minimal harus membeli satu petak KJA ukuran 7x7m2 setara dengan 1-1. Lokasi. Hanya saja. gurame dsb ke daerah Jakarta. Dengan demikian Anda dapat membelinya kepada taoke atau Bandar ikan di TPI Muara Angke pada pagi sampai siang hari. Diantara mereka biasanya ada selisih harga Rp. tak usah diragukan lagi.000 dan ada beberapa jalur yang harus dilalui. pembayaran dapat dilakukan melalui transfer antar rekening dengan asas kepercayaan. Tapi itu semua tak berpengaruh kepada pelanggan karena pembeli berpendapat tak ada ruginya jika berbelanja kesana. pemasok. Bogor. tergantung si bandar ikan tersebut. Lain Cirata lain di Muara Angke. Sehingga tak heran. Dan perlu diketahui Anda yang suka akan bisnis ini. Bagi Anda sebagai pemula yang ingin membeli ikan air tawar atau ikan laut diharuskan membayar tunai. pemasok atau gudang. Surabaya sampai Papua. seusai nelayan melaut. taoke. Begitu juga jika Anda berlangganan. Pembelian dapat dilakukan dalam kiloan maupun kwintalan. Maka dibutuhkan beberapa kesepakatan kerjasama dulu dengan gudang jika akan mengambil ikan secara kontinyu dalam jumlah besar. bos dan bandar ikan. Hanya saja Anda perlu berkeliling mencari petani yang siap panen. Gudang tak sembarang bisa menjual ikan ke pembeli. Anda cukup menelpon saja dan memesan jumlah ikan yang dibutuhkan lalu tinggal menunggu pesanan datang ke rumah Anda. . Anda bisa membeli ikan ke pemasok atau gudang. gudang bandar atau taoke. Waktu berkeliling Anda harus menggunakan bargas (sampan) yang ongkosnya Rp.

hari dan tahun dua inci dari bagian atas halaman. Jl. Hp. menggunakan format tanggal Amerika. Karang Tengah. Cirata. Telp. Sumber Jaya Telp. desa Mande. 0818684992. tempatkan alamat satu baris di bawah tanggal. Bpk. Cirata. Namun. Jl. Jangan menulis nama pengirim atau judul. Anda dapat naik Kopani 12 jurusan Senen – Kalideres.08179199430.Cikalong Kulon. CDR Mulya (H. Jika Anda memilih untuk menyertakan hal itu. Desa Mande. Tanggerang. Hp. Eman). Dan jika Anda ingin ke Muara Angke. Kampung Seleur Erih Rt. Hp. Wisata Jangari Kampung. H. Cianjur. Hp. Saat menulis kepada perusahaan-perusahaan di Amerika Serikat. Tanggal Garis tanggal digunakan untuk mengindikasikan tanggal surat itu ditulis. 0260318521. Jafar (Warung Guruminda). 317195. Jl Raya Pantai Meleber. 081394478170. jika surat tersebut selesai selama beberapa hari. 081387913990. Dari terminal Cianjur Anda dapat menggunakan angkutan jurusan Jangari – Cianjur turun di waduk Ciputri. Telp.. Pilihan lain adalah dengan memasukkan alamat pengirim penutup langsung setelah tanda tangan. Selamat Mencoba…. Jika telah sampai disana sebut saja waduk Cirata maka para sopir angkot dengan senang hati akan mengantar Anda ke lokasi. Aziz Telp. Di Alamat . Info seputar bisnis ini dapat menghubungi: Petani Ikan : M Bahrul Fahmi (kolam MBN). baik kiri membenarkan tanggal atau tab untuk titik pusat dan jenis tanggal. Cidamar Bobojong. 085624544341). Alamat pengirim Termasuk alamat pengirim adalah opsional. Kampung Belah Raja no. Tapi jika Anda berminat mencari pusatnya ikan ini. 0263286342. Kampung Ciputri. 02632294314. Hanya Sertakan alamat jalan. gunakan tanggal itu selesai dalam garis tanggal.o4/09 Desa Sukamana. Haryanto (Kolam Maras). Anda dapat memulainya dari terminal kota Cianjur sebagai patokannya.0263318116. Telp. Cirata. 02632294419. kota dan kode pos. Pemasok dan Gudang : PD Sinar Pagi Jembar. Kampung Ciputri. seperti yang disertakan dalam surat penutup.Cirata. Hp. 085860143553. 081809096176. turun di Grogol lalu naik angkutan 01 jurusan Grogol – Muara Angke.Memang tak mudah untuk Anda menggambarkan lokasi waduk Cirata. Lilik. Tergantung format yang Anda gunakan untuk surat Anda. (hp.Cirata.26. (Amerika Serikat berbasis konvensi untuk memformat sebuah tempat tanggal bulan sebelum hari.) Tuliskan bulan. Sebagai contoh: 11 Juni 2001. Bpk. Banten.

Sertakan judul pribadi seperti Ms. Mrs. melakukan penelitian dengan menelepon perusahaan atau berbicara dengan para karyawan dari perusahaan. Alamat internasional. terus pembenaran dengan informasi latar belakang dan mendukung rincian. Ketika menulis surat bisnis. Dalam paragraf pertama. Dalam semua kasus lain. ketik nama negara-huruf kapital semua pada baris terakhir. koma harus mengikuti penutupan. Penutup Penutup dimulai pada titik horisontal yang sama seperti tanggal dan satu baris setelah tubuh terakhir paragraf. berhati-hatilah untuk mengingat bahwa keringkasan yg padat isinya sangat penting. Jika Anda tidak punya nama orang.Alamat dalam alamat penerima. Anda mungkin menulis Dear Chris Harmon: jika Anda tidak yakin Chris's gender. Jika Anda tidak tahu jenis kelamin pembaca. menggunakan gelar itu." Hal ini juga dapat diterima untuk menggunakan nama lengkap dalam salam jika Anda tidak dapat menentukan jenis kelamin. Jika Anda mengetahui orang dan biasanya alamat mereka dengan nama pertama mereka. Mr. Sebagai contoh. permintaan beberapa jenis tindakan. Dalam beberapa paragraf. Memanfaatkan hanya kata pertama (misalnya: Terima kasih) dan meninggalkan empat baris antara penutup dan nama pengirim untuk sebuah tanda tangan. Biasanya. menggunakan gelar pribadi dan nama lengkap diikuti dengan titik dua. tidak peduli format yang Anda gunakan. Enclosures . orang tidak akan keberatan ditangani oleh judul yang lebih tinggi daripada mereka benar-benar miliki. atau Dr Ikuti wanita preferensi dalam disapa sebagai Miss. Selalu yang terbaik untuk menulis surat kepada individu tertentu di perusahaan yang Anda tulis. satu ruang dan pergi membenarkan setiap ayat dalam tubuh surat. jika tidak. Paragraf penutup harus mengemukakan kembali tujuan surat dan. dalam beberapa kasus. Mrs. menggunakan nonsexist salam. seperti "Kepada yang berkepentingan. tidak ada tanda baca setelah penutupan. Jika kolon mengikuti salam. Alamat dimulai dalam satu baris di bawah alamat pengirim atau satu inci di bawah tanggal. Tinggalkan satu baris kosong setelah salam. gunakan Kantor Pos AS Format. Ini harus dibiarkan dibenarkan. Tinggalkan baris kosong di antara setiap paragraf. gunakan Ms Jika ada kemungkinan bahwa orang yang Anda menulis adalah Dr atau memiliki beberapa judul lainnya. Badan Untuk blok dan dimodifikasi format blok. termasuk gelar pribadi. Salam Gunakan nama yang sama dengan alamat di dalamnya. atau Ms Jika Anda tidak yakin wanita preferensi dalam disapa. hal itu dapat diterima untuk hanya menggunakan nama pertama dalam salam (misalnya: Dear Lucy:). bagaimanapun. Untuk menulis alamat. pertimbangkan yang ramah dan kemudian membuka pernyataan titik utama. Ayat berikutnya harus mulai membenarkan pentingnya titik utama.

tab untuk titik pusat dan mulai mengetik. alamat pengirim dan alamat penerima ke dalam format yang dipilih. Jika Anda mengetik surat sendiri. Pengetik inisial Pengetik inisial digunakan untuk menunjukkan orang yang mengetik surat itu. seluruh surat yang tersisa dibenarkan dan spasi tunggal kecuali untuk dua spasi di antara paragraf. Hal ini sangat mirip dengan gaya blok diubah kecuali bahwa setiap paragraf lebih menjorok bukannya kiri dibenarkan. tubuh surat yang tersisa dibenarkan dan satu spasi. mungkin ide yang baik untuk membuat daftar nama. Sebuah Catatan Tentang Format dan Font Block Format Saat menulis surat bisnis. jika Anda telah menyertakan banyak dokumen dan perlu untuk memastikan bahwa penerima menyadari setiap dokumen. maka format surat bisnis Anda mungkin perlu bersikap fleksibel untuk mencerminkan variabel seperti kop surat dan template. Meskipun contoh yang diberikan oleh OWL mengandung unsur-unsur umum untuk surat bisnis dasar (genre harapan). Perlu diingat bahwa organisasi yang berbeda memiliki persyaratan format yang berbeda untuk komunikasi profesional mereka. Anda dapat daftar nama setiap dokumen yang Anda sudah termasuk di dalam amplop. Sebagai pilihan. . Namun. menghilangkan pengetik inisial. Jika komputer Anda dilengkapi dengan Microsoft Office 2000. Dengan menggunakan format ini. seperti resume. Semi-Blok Terakhir. klik pada menu Tools dan kemudian pilih Surat Wizard. Contoh kita hanya panduan.Jika Anda memiliki dokumen apapun terlampir bersama dengan huruf. Surat Wizard hanya boleh digunakan jika Anda memiliki dasar mengerti tentang bagaimana menulis surat bisnis. Untuk mengakses Surat Wizard. Its template tidak berlaku dalam setiap pengaturan. Modified Block Format lain digunakan secara luas dikenal sebagai blok diubah format. Misalnya. Anda harus berkonsultasi dengan bisnis menulis buku pegangan jika Anda memiliki pertanyaan atau keraguan keakuratan Surat Wizard. Wizard akan menampilkan tiga gaya yang disebutkan di sini dan masukan tanggal. Dalam jenis ini. Tata letak yang paling umum dari surat bisnis dikenal sebagai format blok. Surat Wizard dapat digunakan untuk mengambil banyak menebak dari bisnis format surat. Oleh karena itu. Anda harus membayar perhatian khusus ke format dan font yang digunakan. Anda menyatakan ini Enclosures hanya dengan mengetik satu baris di bawah penutup. gaya semi-blok. untuk tanggal dan penutupan. dan paling sedikit digunakan.

selalu mempertimbangkan audiens Anda. Dalam beberapa situasi.. Anda juga dapat menggunakan format yang kurang umum. Yang berlaku umum font Times New Roman. Ketika memilih font. Untuk gaya ini. Anda mungkin ingin menggunakan Times New Roman. walaupun font lain misalnya Arial dapat digunakan. Baca Tanda baca setelah salam dan penutupan . yang dikenal sebagai tanda baca terbuka. ukuran 12. Anda memiliki sedikit lebih banyak kebebasan saat memilih font. . Namun.menggunakan titik dua (:) setelah salam (tidak pernah tanda koma) dan koma (. Jika Anda menulis untuk perusahaan yang konservatif.) setelah penutupan.Font Faktor penting lain dalam pembacaan surat adalah font. jika Anda menulis untuk perusahaan yang lebih liberal. tanda baca dikecualikan setelah salam dan penutup.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful