Soal soal tentang konstitusi dan dasar Negara

1. Prinsip- prinsip dasar dalam kehidupanbernegara yang menjadi sumber hokum bagi peraturan perundang-undangan yang ada dalam sebuah Negara adalah . . . a. Dasar Negara b. Hokum tata Negara c. UUD d. Ide-ide moral, politik dan kewarganegaraan 2. Yang bukan merupakan fungsi pancasila sebagai dasar Negara Republik Indonesia adalah dasar. . . a. Dan sumber hokum nasional b. Berdiri dan tegaknya Negara c. Kegiatan penyelenggara Negara d. Partisipasi warga Negara e. Pembatasan hak-hak asasi manusia 3. Kesamaan ajaran pancasila dengan liberalism tampak dari pandangan bahwa . . . a. Hak milik setiap orang harus diakui dan dijamin oleh Negara b. Individualitas manusia lebih penting ketimbang aspek social manusia c. Kebebasan adalah hal yang paling utama dalam kehidu pan manusia d. Semua alat produksi yang ada dalam suatu Negara harus dikuasai oleh Negara e. Keanekaragaman dalam masyarakat harus ditekan seminimal mungkin 4. Pokok ajaran sosialisme yang sejalan dengan ajaran pancasila adalah. . . a. Negara harus memelopori upaya penghapusan hak milikn pribadi b. Negara harus menjamin perlindsungan hak-hak kaum buruh c. Pemerintah Negara haruusndijalankan oleh diktatur proletariat

Kaum buruh harus melakukan perjuangan melawan kelas atas dan menengah e. . Suatu konstitusi disebut kaku apabila . Perubahan dilakukan oleh badan legislative sehari-hari d. . . Pada umumnya konstitusi berisi ketentuan tentang. Hanya mengatur hal-hal yang pokok saja b.d. . . . Jawaban a dan c benar 8. a. konstitusi/ UUD berfungsi sebagai sarana . a. Menentukan kekuasaan pemerintah c. Semua peraturanperundang-undangan dalam suatu Negara harus tidakmbertentangan dengan konstitusi karena konstitusi berkedudukan sebagai hukum yang paling. Mudah menyesuaikan dengan perkembangan jaman c. Dasra Negara pancasila c. Perubahannya tidak dapat dilakukan oleh badan legislative sehari-hari 7. . . Kuat c. a. a. Jawaban a. Perlindungan hak asasi manusia d. Tinggi . Tidak mudah menyesuaikan dengan perkembangan jaman e. Di Negara demokrasi. Mengikat b. Jawaban a dan c benar e. Membatasi kekuasaan pemerintah b. Menjamin hak-hak asasi warga Negara d. Semua alat Negara dipergunakan untuk mewujudkan komunisme 5.b dan c benar e. Pembagian kekuasaan Negara b. Semua jawaban di atas benar 6.

Dsasar Negara pancasila c. Kelima 12. Amandemen UUD 1945 b. Konstitusi merupakan penjabaran dari dasar Negara d. Bentuk Negara kesatuan tetap dipertahankan c.Pasal 28-A UUD 1945 merupakan penjabaran dari pancasila sila. Pertama b.d. Bagian penbukaan UUD 1945 tak akan diubah b. Keempat e. Ketentuan penting dalam penjelasan di masukkan ke dalam pasal UUD 1945 d. . Bentuk Negara kesatuan e. Dasar Negara merupakan penjabaran konstitusi c. Perubahan dilakukan dengan mengganti aturan lama dengan yang baru . .Hubungan antara dasar Negara dengan konstitusi adalah .Berikut ini yang bukan merupakan kesepakatan dasar MPR dalam mengamandemen UUD 1945 adalah a. PemerintAH daerah 10. . . . . Dasra Negara samadengan konstitusi e. a. Mendasar e. Konstitusi merupakan sumber bagi dasar Negara b. Kedua c. Dasar Negara tidak berhubungan dengan konstitusi 11. a. Ketiga d. a. Lengkap 9. Pasaal 37 ayat 5 UUD 1945 secara tegas melarang dilakukannya perubahan terhadap ketentuan UUD 1945 yang mengatur tentang. Batas-batas wilayah Negara d.

e. . . a. a.System pemerintahan Negara Indonesia termaktub dalam . Sila ketiga diuraikan dipasal 1 d. Penjelasan UUD 1945 14. Ke 3 d. . Tap MPR NO XV/MPR/1998 e. Ke 1 b. Sila keempat diuraikan dipasal 30 e. Tap MPR no XII/MPR/1998 c. . Sila kedua diuraikan dipasal 28 c.Tujuan Negara Indonesia termuat dalam pembukaan UUD 1945 alenia. Sila kelima diuraikan dipasal 27 . Ke 2 c. Ke 4 e. . System pemerintahan presidensial tetap dipertahankan 13. a.Salah satu contoh uraian/ penjabaran dasar Negara pencasila yang terdapat dikonstitusi/ UUD1945 adalah. Pembukaan UUD1945 b. Ke 5 15. Batang tubuh UUD 1945 d. . Sila pertama diuraikan dipasal 29 b.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful